Rabu, 01 Juni 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


ARM Bidik 50 Persen Pangsa Pasar Chip Mobile

Posted:

Taipei - CHIP.co.id - Sejak smartphone dan tablet berkembang pesat, pangsa pasar chip berbasis ARM semakin tinggi. Bahkan, perusahaan yang bermarkas di Inggris itu optimistis bisa menguasai 50 pangsa pasar dalam lima tahun ke depan.

Presiden ARM Tudor Brown mengatakan, chip buatannya akan menguasai 50 persen pasar perangkat komputer mobile pada 2015. Menurutnya, prosesor berbasis ARM terus meningkat volume produksinya bahkan diperkirakan hingga 150 miliar unit pada 2020.

"Hari ini, kami menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar. Pada akhir tahun 2011 kami yakin bisa menguasai 15 persen pasar seiring tumbuhnya tablet," ujar Tudor Brown, di sela-sela pameran akbar Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang digelar mulai Selasa (31/5/2011) hari ini dilansir situs web TG Daily.

Bahkan, ARM percaya diri untuk masuk ke parangkat berbasis Windows yang kini dikuasai Intel. Brown mengatakan, ARM akan mulai menawarkan royalti untuk embuat chip perangkat komputer dan tablet berbasis Windows mulai tahun 2012.

"Kalau ada potensi mengubah permainan, pasti terbuka untuk Microsoft. Bahkan, terbuka untuk pasar lebih besar dan membuatnya menjadi sistem operasi yang valid dan cocok untuk TV dan elektronika di otomotif," ujarnya.

Sejumlah analis dan industriawan memang telah menabuh genderang untuk memasuki era yang disebutnya post-PC atau pasca-PC. Munculnya smartphone dan tablet yang membawa pengalaman sekelas komputer ke perangkat mobile salah satu wujudnya. Komputer juga telah mulai terintegrasi ke TV bahkan mobil. Computex 2011 pun mengangkat tema pasca-PC menjadi fokus tahun ini. Banyak pimpinan perusahaan teknologi dan pengamat yang berbagi pemikiran mengenai tren tersebut di sela-sela pameran 31 Mei hingga 4 Juni 2011 di Taipei, Taiwan.

Sumber Artikel: Tekno.KOMPAS.com. | Penulis: Tri Wahono

Robot Pembersih Lantai Rumah: MSI iCleaner R500

Posted:

Taipei, CHIP.co.id - Robot pembersih lantai rumah, MSI iCleaner R500 bisa jadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan bantuan mengurangi rasa lelah membersihkan rumah. Robot buatan Micro-Star International (MSI) ini akan membantu Anda dan bekerja sendiri membersihkan remah-remah kue atau kotoran kecil lain. Tanpa diperlu diawasi, terima beres. Itulah kelebihan dari robot berbentuk bundar MSI iCleaner R500.

Ukurannya yang simpel dan tidak terlalu besar (diameter 300 mm) serta kepandaiannya menjelajah lantai rumah membuat robot pembersih debu ini menjadi produk yang menarik perhatian pengunjung pameran komputer Computex Taipei 2011, 31 Mei-4 Juni di Taipei, Taiwan.

MSI iCleaner R500 dilengkapi sebuah "mulut" yang akan mengisap kotoran kering di lantai atau karpet secara otomatis. Dengan kebatalan 5 cm, ia mampu menyelinap di bawah sofa atau kolong tempat tidur tanpa diawasi. Setiap kali membentur tembok atau benda lainnya, R500 akan berhenti dan bergerak ke sana kemari mencari ruang gerak yang lebih lega.

Saat berkeliling itulah peranti tersebut menyalan dua sapu kecil yang berputar-putar di badan bagian bawah. Koin atau benda-benda lain yang lebih besar dari lubang penyedot tidak akan masuk ke dalam mesin sehingga mesin tetap awet.

Penggunaan robot ini sebaiknya di atas permukaan datar yang kering. Jadi, jika lantai rumah basah, bersihkan lebih dulu atau tunggu sampai kering. Perangkat ini juga memiliki sensor untuk mendeteksi perbedaan tinggi lantai sehingga ia tidak akan jatuh pada tangga.

Untuk saat ini, iCleaner R500 baru dipasarkan di Taiwan dengan harga 120 dollar AS per unit. MSI berencana memasarkan produk ini ke negara lain dan semoga Indonesia termasuk di dalamnya. Masih ada satu produk sejenis, yakni iCleaner M800. Peranti ini baru diluncurkan pada akhir tahun ini.

Sumber Artikel: Tekno.KOMPAS.com. | Penulis: Laksono Hari Wiwoho

Mainboard MSI 990FXA-GD80 dan 990FXA-GD65, Chipset AMD 9-Series

Posted:

Taipei, CHIP.co.id - MSI memperkenalkan produk terbaru Mainboard MSI 990FXA-GD80 dan 990FXA-GD65. Kedua produk ini merupakan mainboard terbaru dengan chipset AMD 9-Series yang mendukung AMD Native octa-core AM3+ CPU.

Produk mainboard 990FXA-GD80 yang masuk pada kelas high-end fokus pada dua keunggulan produk yaitu komponen Military Class II dengan sertifikasi MIL-STD-810G dan teknologi OC Genie II. Produk ini menurut MSI, cocok untuk para overclocker, gaming enthusiast bahkan pengguna mainboard untuk entry-level.

Fitur yang ditawarkan pada produk mainboard MSI 990FXA-GD80 dan 990FXA-GD65 ini diantaranya:

  • Mendukung NVIDIA SLI dan AMD CrossFireX Multi GPU processing sehingga dapat meningkatkan performa tayangan 3D game dan kemampuan multi display. 
  • USB 3.0 dan native support untuk SATA 6Gb dengan peningkatan pada kecepatan perpindahan file.
  • Teknologi THX TruStudio Pro Surround sound.

 

MSI Perkenalkan MSI GT780, Kepuasan Bermain Game

Posted:

Taipei, CHIP.co.id - MSI memperkenalkan MSI GT780 pada ajang pameran komputer terbesar di Asia tahun ini, Computex Taipei 2011, yang diadakan di Taiwan. MSI memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan jajaran produk barunya, satu diantara notebook terbaru yang akan segera dilepas ke pasaran, MSI GT780. Notebook ini merupakan seri tertinggi dari MSI yang diperuntukkan bagi kalangan gamer.

MSI GT780 memiliki spesifikasi yang menarik. Sebagai gaming notebook andalan, MSI GT780 memiliki senjata utama prosesor generasi kedua Intel SandyBridge, yaitu Intel Core i7-2630QM dengan clock 2 GHz. Sebagai GPU-nya, MSI mempercayakannya pada NVIDIA GeForce GTX 560M dengan kapasitas 1,5 GB. Kemampuan dari GPU ini dirasa sudah mencukupi untuk digunakan bermain game pada layar sebesar 17.3-inci yang dimilikinya. Layar ini tidak saja besar pada dimensi, namun juga memiliki resolusi full HD 1920x1080 yang tentu sangat nyaman untuk bermain game, berselancar di internet, menonton, maupun untuk keperluan olah digital foto. Untuk menyimpan data, MSI GT780 hadir dengan dua buah hard disk berkapasitas total 1 TB. Sayangnya, MSI masih belum dapat memastikan jumlah kapasitas memori yang ada di dalamnya.

Beberapa feature unggulan yang ada pada MSI GT780 antara lain penggunaan DYNAUDIO dan Full-color backlight keyboard. Bagi Anda yang begitu mementingkan sisi suara pada sebuah notebook, DYNAUDIO memiliki performa tertinggi di kelasnya yang mampu menghasilkan detail suara yang sangat baik. Begitupun dengan Full-color backlight keyboard yang akan memberi variasi dan keunikan tersendiri karena Anda dapat mengatur sendiri warna yang diinginkan.

Pernah Digrebek, Pirate Bay Hari Ini Meng-Upgrade Server

Posted:

 

CHIP.co.id - The Pirate Bay salah satu penyedia file sharing film ilegal besar hari ini harus berakhir masa kejayaannya setelah digrebek dan diangkut servernya oleh polisi Swedia, pernyataan yang dikeluarkan tepat selasa lima tahun yang lalu oleh Kori Bernard, juru bicara untuk Motion Picture Association of America.

Dan Glickman, ketua MPAA mengatakan : "Tindakan yang diambil Pemerintah Swedia hari ini (lima tahun lalu) untuk mengingatkan bahwa tidak ada tempat yang aman bagi pecurian hak cipta pada media Internet".

Tapi situs itu kembali online tiga hari kemudian, setelah menemukan hosting di Belanda. Hari ini, setelah bermain kucing-kucingan dengan pemerintah akhirnya Pirate Bay menyewa hosting di Belanda meskipun empat pendiri situs tersebut dibayang-bayangi ancaman penangkapan, pemenjaraan dan denda jutaan dolar.

The Pirate Bay sudah berumur 8 tahun yang mendukung pembajakan online video game, film, musik dan perangkat lunak, yang digunakan sekitar 25 juta unik pengunjung menggunakan protokol BitTorrent. Torrent Freak mencatat bahwa situs ini meng-upgrade perangkat keras mereka, bertempat di sebuah gua di pegunungan yang tidak disebutkan namanya di Swedia selatan, agar tetap mampu melayani request download meskipun jumlah penggunanya terus bertambah.

Manufaktur Menjadi Semakin Personal dengan Autodesk 123D

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Autodesk 123D kini sudah tersedia dalam rilis beta publik untuk para perancang yang diberikan secara cuma-cuma. Autodesk 123D menghadrikan kepada penggunanya untuk dapat menjelajahi, belajar dan membuat model 3D. Pengguna dapat menggabungkan desain digital dengan layanan untuk membuat obyek fisik. (30/5).



Aplikasi dapat dilihat melalui situs 123D dimana pengguna dapat mencari dan mengunduh konten untuk memulai, melengkapi atau memvisualisasikan sebuah proyek, dan mengakses untuk pembelian fabrikasi personal melalui mitra Autodesk 123D. Para perancang juga dapat membeli produk-produk pra-fabrikasi untuk mengeksplorasi pencetakan 3D atau merakit model dari bahan 2D yang dipotong laser seperti kardus dimana ini merupakan hal pertama dari berbagai pilihan fabrikasi kustom yang akan segera hadir di Autodesk123D.

Mitra Autodesk Wujudkan Desain Unik

Pengguna Autodesk 123D dapat mencetak desain mereka pada printer 3D atau menggunakan layanan fabrikasi personal yang dapat dibeli yang ditampilkan pada aplikasi Make It link. Untuk menyediakan layanan ini, Autodesk membangun aliansi dengan mitra baru yang telah memiliki pengalaman luas dengan komunitas pencipta yang memiliki  kemampuan untuk membuat sebuah proyek yang unik dari rumah atau untuk dibuat di tempat lain dan kemudian dikirimkan.

Mitra saat ini termasuk adalah sebagai berikut :

  • 3D Systems — Sebuah penyedia terkemuka untuk solusi konten-untuk-cetak dan layanan kustom yang menyediakan printer 3D untuk pengguna Autodesk123D yang menginginkan membuat berbagai hal di garasi, toko, atau sekolah mereka sendiri.
  • Ponoko — Layanan manufaktur online ini menghubungkan pengguna Autodesk123D ke berbagai  outlet  fabrikasi  personal.  Platform  Personal  Factory  dari  Ponoko  memberikan akses lokal bagi para perancang ke metode fabrikasi khusus   dan berbagai bahan untuk mengubah kreasi digital 123D menjadi obyek fisik.
  • TechShop — Sebuah bengkel do-it-yourself  yang berdasarkan pada keanggotaan dan merupakan tempat para pengusaha, seniman, penemu dan perancang lainnya mewujudkan ide-ide mereka. Autodesk telah melengkapi para anggota TechShop di seluruh Amerika Serikat dengan  perangkat lunak dan pelatihan sumber daya, dan kini pengguna Autodesk 123D dapat mengakses computer numerical control (CNC) mesin giling, las, gergaji meja, bor tekan, mesin potong laser, mesin jahit dan peralatan industri tekstil dan printer 3D di TechShop.

Transcend Hadirkan USB Flash Drive JetFlash 200, 220 dan 620

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Transcend meluncurkan USB Flash Drive JetFlash 200 dalam jajaran flashdisk yang memberikan keamanan kepada penggunanya. JetFlash 200 digunakan perusahaan yang memerlukan tingkat kemanan data tinggi melalui enkripsi AES 256-bit berbasis hardware. Untuk JetFlash 220 memiliki fitur tambahan built-in ginerprint reader dan  JetFlash 620 menawarkan perangkat lunak terproteksi dengan password untuk perlindungan maksimal (25/5).

JetFlash 200: Enterprise – Class Security

JetFlash 200 menggunakan enkripsi berbasis hardware industri terkemuka dengan algoritma AES 256-bit yang memenuhi standard proses Informasi Federal (FIPS), memberikan perlindungan utama pada USB, fleksibilitas dan kontrol manajemen. Enkripsi berbasis hardware ini memastikan enkripsi kunci tidak pernah keluar dari perangkat hardware, sehingga memberikan perlindungan unggul terhadap akses yang tidak sah dan ancaman bahaya.

JetFlash 220: Sidik Jari Sebagai Kunci Utama

JetFlash 220 merupakan USB Flash Drive dengan sistem fingerprint yang ditujukan untuk pengguna yang sangat menuntut proteksi tinggi terhadap keamanan data yang ada dalam USB Flash drivenya. JetFlash 220 ini berfiturkan enkripsi berbasis hardware canggih AES 256-bit sama seperti JetFlash 200. Alih-alih menggunakan password, JetFlash 220 menggunakan fingerprint untuk melindungi data yang ada didalamnya, jika ingin menggunakan file maka diperlukan sidik jari untuk mengaksesnya. Sensor sidik jari dibuat unik sehingga hanya satu orang saja yang diperbolehkan mengakses file tersebut.

JetFlash 620: Password Proteksi File

JetFlash 620 dilengkapi dengan Transcend Exclusive JetFlash SecureDrive Software, memungkinkan pengguna untuk melindungi data penting mereka dengan menciptakan zona pribadi yang terlindungi password. Untuk kenyamanan ekstra, JetFlash 620 juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah ukuran zona pribadinya dan sering mengganti password mereka.

USB FlashDrive Transcend JetFlash menawarkan dowload gratis dari perangkat lunak Transcend Elite Software untuk backup data recovery dengan mudah, dan sinkronisasi. JetFlash 200 kini tersedia dengan harga $19 dengan kapasitas 4GB, $29 untuk model 8GB, dan $52 untuk model 16GB. Untuk JetFlash 220 hadir dengan harga mulai dari $28 untuk kapasitas 4GB, dan JetFlash 620 dimulai dengan harga $17 untuk kapasitas 4GB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar