Selasa, 21 Juni 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Huawei Luncurkan Tablet 7 inci Pertama Bersistem Android 3.2 Honeycomb

Posted:


Singapura, CHIP.co.id - Tepat pada hari pertama CommunicAsia 2011, yang diselenggarakan di Sands Expo and Convention Center (20/6), Huawei meluncurkan MediaPad, tablet 7 inci pertama yang dilengkapi dengan sistem operasi Android 3.2 Honeycomb.

Memiliki berat yang lumayan ringan, sekitar 390g, MediaPad menyuguhkan serangkaian perangkat berteknologi tinggi, dibalik bodi tipis setebal hanya 10.5mm. Beberapa teknologi yang mendukung tablet ini diantaranya; prosesor 1.2GHz Dual-Core, kapasitas penyimpanan microSD card slot up to 32GB, mendukung kinerja HSPA+ 14.4Mbps dan 802.11n Wi-Fi internet berkecepatan tinggi.

Untuk fungsionalitas mengabadikan moment berharga, kualitas kamera yang ada di MediaPad tidak diragukan lagi. Pasalnya tablet besutan Huawei ini memiliki kualitas kamera belakang sebesar 5 megapiksel auto fokus yang berkemampuan merekam video HD dan kamera depan sebesar 1.3 megapiksel.

MediaPad mendukung layanan data Flash 10.3 video yang membantu tablet ini memainkan beebrapa aplikasi yang telah terintalasi di dalamnya, seperti Facebook, Twitter, Let’s Golf dan Document to go. Dengan layar sentuh 7-inci IPS, MediaPad menawarkan pengalaman visual dengan port HDMI yang akan menonjolkan seluruh aplikasi foto, film dan pengalaman gaming ke dalam layar yang lebih besar.


Spesifikasi Huawei MediaPad:

• Android Honeycomb 3.2 OS

• 7-inch IPS LCD capacitive touchscreen

• 10.5mm (0.4 inches) slim, ~390g weight (0.86 pounds)

• 1.3 MP front-facing camera, 5 MP auto focus rear facing camera with HD video recording capabilities

• HSPA+ 14.4 Mbps, WiFi 11n

• Dual-core 1.2GHz Qualcomm processor

• Over 6 hours battery life

• 1080P full HD playback and HDMI port

• Flash 10.3

Toshiba Tunda Regza Tablet AT300 Meluncur di Jepang

Posted:

 

 

Tokyo, CHIP.co.id - Setelah menunggu dalam waktu yang lama, kembali para penggemar tablet di Jepang harus mengelus dada. Pasalnya, Toshiba Regza Tablet  AT300/23C yang rencananya akan dikeluarkan pada bulan Juni ini, tiba-tiba ditunda peluncurannya di rak-rak toko elektronik di Akihabara. Sebagai ganti penundaan tablet berukuran 10.1 inci tersebut, Toshiba mengumumkan akan segera meluncurkan Regza Tablet AT300/24C di bulan Juli .

Dikabarkan bahwa, tablet yang dapat dicopot baterai tersebut, nantinya akan dibanderol dengan harga 60.000 Yen (sekitar Rp 6.500.000,-) dan dilengkapi dengan sistem operasi Android 3.1 dan serangkaian perangkat handal lainnya.

Dibalut dalam bodi tipis nan elegan, tablet yang dilengkapi dengan layar 1280 x 800, juga menggunakan serangkaian perangkat berkualitas, seperti; prosesor Nvidia Tegra 2 (Dual Core 1 GHz), memori internal 16, RAM 1 GB, full-sized HDMI, USB port, dan kamera sebesar 5 Megapiksel.

 

Bouncity Asiknya Berburu ala Social Gaming

Posted:

CHIP.co.id - Awal Juni lalu, PhaseDev merilis produk terbarunya, Bouncity apps, sebuah aplikasi Location Based Services (LBS) berbasis social gaming. Bouncity sendiri berasal dari kata bounty dan city, yang pada dasarnya adalah Location Based Gaming Platform dimana pengguna dapat ‘berburu harta karun’ dari brand-brand yang berpartisipasi pada aplikasi Bouncity. Saat ini Bouncity tersedia di platform BlackBerry dan juga di website www.bouncity.com. Bouncity versi Android dan iPhone juga akan dirilis segera.

“Aplikasi ini akan merevolusioner cara merchant mendekatkan diri dengan konsumen melalui kampanye digital.” ujar Wenas Agusetiawan, CEO dari PhaseDev. Wenas mengatakan juga bahwa Bouncity dirancang sebagai jembatan komunikasi dan interaktivitas yang lebih intensif antara merchants dengan konsumen.

Bouncity pada dasarnya adalah sebuah perangkat pemasaran untuk merchants, dimana pemilik merek dapat mengumpulkan insight dan analisa data dari konsumen. Konsumen tidak akan merasa seperti  sedang menjalani survey pemasaran karena Bouncity di desain agar lebih fun dan experiential.

Bouncity juga telah bekerjasama dengan XL untuk mengkampanyekan Bouncity ke 500 ribu BlackBerry subscriber XL di Jakarta. “Kami percaya startup lokal Bouncity ini akan menuai sukses besar.” kata Warih Handono GM Mobile Data Service Channel Development PT. XL Axiata Tbk memberikan testimoninya di kesempatan terpisah.

“Kami optimis dengan produk kami ini. Melihat merchant-merchant yang sudah berkomitmen berpartisipasi di platform Bouncity ini, kami yakin kampanye merchant akan sangat sukses,” kata Dimas Surya, Chief Financial Officer Bouncity mengungkapkan pendapatnya.

Merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bouncity adalah XL, McDonalds, Domino’s Pizza, Burger King, Dairy Queen, Sour Sally, Celebrity Fitness, Bakmi GM, Warung Tekko, Erafone, iBox, Infinite, X2 Club, Tin Pan Alley, Cotonnier, INVE store, Berrindo, Cpalm, Toko PDA, Global Teleshop, Estore, Snack Muria, dan masih banyak lagi.

Ponsel Android Sensasional dari HTC Sensation

Posted:



CHIP.co.id
- Setelah beberapa waktu HTC meluncurkan ponsel pintar HTC Desire S, HTC Wildfire S dan tablet HTC Flyer, kali ini dalam waktu dekat HTC akan menghadirkan ponsel yang mengusung sistem operasi 2.3 Android Gingerbread terbarunya, yaitu HTC Sensation.



HTC Sensation hadir dengan layar terlebar yang dimiliki oleh jajaran produk HTC yaitu 4.3 inci serupa dengan HTC Desire HD. Namun menilik dari sisi ukurannya, HTC Sensation hadir dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan HTC Desire HD, tetapi HTC Sensation memiliki ukuran yang lebih tinggi.

Dukungan prosesor yang lebih cepat akan memberikan pengalaman yang menakjubkan dari kehadiran HTC Sensation. Prosesor 1.2 GHz dual core akan memberikan gerak perpindahan yang lebih cepat saat penggunaan multi-tasking oleh pengguna. Memori internal sebesar 1 GB juga ditanamkan pada ponsel pintar ini, serta RAM sebesar 768 MB memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menginstal berbagai aplikasi Android.

HTC Sensation juga akan menghadirkan fitur HTC Sense terbaru yang dimilikinya, dengan tampilan animasi yang berbeda dari jajaran ponsel HTC sebelumnya. Live wallpaper secara 3D akan hadir pada saat Anda menggunakan widget cuaca pada ponsel ini, seakan menembus rentetan awan yang menerpa wajah Anda saat widget ini diaktifkan. Untuk semakin menambah sensasi pengguna saat menggunakannya, dukungan Hi-Fi audio hadir pula yang tentunya memperkuat tema "Multimedia Superphone" dari HTC Sensation.



Kecepatan dengan prosesor dual-core pada HTC Sensation, selain memberikan peningkatan kinerja, juga diatas kertas ponsel Android ini akan memberikan daya tahan yang lebih lama dari jajaran ponsel HTC. Dukungan baterai 1520 mAh akan memberikan keleluasaan pengguna saat menggunakannya, berbeda dengan HTC Desire HD (1230 mAh) maupun HTC Desire S (1450 mAh).



Menilik dari sisi bentuknya, HTC Sensation seperti sebuah perpaduan HTC Desire HD dengan HTC Desire S, dimana ponsel pintar ini menghadirkan lengkungan pada semua sisinya, namun dengan layar yang super lebar.

Bahkan pada sektor tombol di sisi bawah, tidak terdapat ruang kosong yang berlebihan, yang memberikan tampilan elegan dan menawan pada saat Anda melihatnya, tentunya dengan disain premium untuk ponsel HTC ini. Untuk kejernihan dan kualitas pada tampilan layar, ponsel ini mengusung resolusi 540 X 960 qHD.



Kamera sebesar 8 megapixel pun ditanamkan pada ponsel pintar terbaru dari HTC ini, termasuk dengan fitur auto fokus dan tentunya dual LED Flash. Untuk memberikan kemudahan saat penguna menangkap momen bersama dengan wajah pengguna, HTC Sensation pun menghadirkan kamera VGA pada sisi depan. Untuk perekaman video, HTC Sensation memiliki kemampuan merekam momen berkualitas HD 1080p.

Bagaimana kehadirannya dan sensasionalnya dari HTC Sensation? Kita tunggu kehadirannya dalam waktu dekat yang akan segera diluncurkan pada minggu ini di Indonesia. Nantikan kehadirannya di CHIP Online untuk bahasan yang lebih detil!

FARO Focus 3D, Dokumentasi 3 Dimensi untuk Survei Sipil dan Pertambangan

Posted:


Balikpapan, CHIP.co.id - Datascrip baru saja meluncurkan FARO Focus3D, sebuah alat ukur STLS untuk mengukur dan dokumentasi 3 dimensi terkecil dan teringan di kelasnya. Dengan dimensi 24x10x10cm3 dan berat hanya 5kg menjadikan alat ini sangat mudah untuk dibawa dan digunakan oleh satu orang surveyor saja.

FARO Focus 3D dapat digunakan untuk mengukur objek dengan radius hingga 120m, dengan ketelitian milimeter dan point cloud hingga 976,000 titik per detik. Untuk dokumentasi 3D alat ini juga dilengkapi dengan kamera 70 megapixels yang sangat tajam dan jernih.

Teknologi laser scanning atau Light Detection and Ranging (LIDAR) semakin berkembang dan banyak digunakan untuk beragam aplikasi. Terminologi LIDAR biasa digunakan untuk pengukuran dengan moda pesawat atau helikopter, sementara untuk mobil atau kendaraan roda empat biasa disebut Mobile Terrestrial Laser Scanning (MTLS). Jika alatnya ditempatkan di atas tripod, biasa disebut Stationary Terrestrial Laser Scanning (STLS). 

Pada pekerjaan survei, sipil dan pertambangan, teknologi STLS pada dasarnya mengukur jarak dengan teknologi laser, sama halnya dengan menggunakan alat ukur Total Station. Bedanya, alat STLS dapat mengukur jarak hingga ratusan ribu titik per detik yang dikenal dengan point cloud. Dengan menempatkan titik kontrol pada area yang diukur, semua point cloud dapat diketahui posisinya dan memiliki koordinat X,Y dan Z seperti halnya pengukuran dengan menggunakan total station.

Tidak seperti STLS yang lain, Focus3D sudah memiliki internal battery dengan kemampuan pengukuran hingga 5 jam dan dilengkapi memori 32 GB untuk menyimpan data di slot SD atau SDHC. Penggunaan Focus3D juga sangat mudah, karena sudah dilengkapi layar touch screen dengan sistem operasi yang mudah digunakan.

Dengan harga yang dibanderol oleh Datascrip sebesar USD 94.500 per unit, mulai saat ini tim survei sipil & arsitektur, pertambangan, minyak & gas, dan tim forensik oleh TKP benda purbakala dapat menggunakan FARO Focus 3D untuk menyelesaikan projek mereka dengan sempurna.

XL Indonesia Berprestasi Award 2011

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - PT XL Axiata Tbk yang selalu mendukung berbagai kegiatan di Tanah Air, pada kesempatan kali ini kembali hadir dengan memberikan dukungan kepada warna negara Indonesia melalui program Indonesia Berprestasi Award (IB Award). Pada program ini, XL tidak hanya memberikan hadiah dan piala, namun juga mendukung pengembangan kapasitas kelembagaan kepada para peraih penghargaan agar mereka mampu memaksimalkan manfaat kerja kerassnya bagi komunitas atau masyarakat. Pada peluncuran program IB Award ini hadir Syukri Batubara selaku Dirjen Penyelengaraan Pos dan Informatika, Kementrian Kominfo bersama dengan Dian Siswarini selaku Direktur Teknologi & Layanan XL yang mengambil tempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta (20/6).

Dian Siswarini mengatakan bahwa adanya perbedaan dalam pelaksanaan program IB Award di tahun ini, dimana jika penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya dimana dilakukan pencarian insan yang berprestasi untuk diberikan apresiasi. Namun pada kali ini, XL akan mencari warga Indonesia yang berprestasi untuk diberikan pembekalan materi, pengetahuan maupun keahlian sehingga dapat mendorong hal yang bersangkutan untuk dapat lebih mengembangkan prestasi yang sudah dimiliki tersebut.



IB Award 2011 terbuka bagi setiap warga negara Indonesia dengan ketentuan usia di bawah 40 tahun yang memiliki karya inovatif, menginspirasi, serta menawarkan solusi atas permasalahan sosial dan pembangunan. Program ini terbuka untuk kandidat perorangan maupun kelompok yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kewirausahaan Sosial, serta Seni dan Budaya. Pada setiap kategori akan dipilih satu orang yang akan menerima penghargaan IB Award 2011. Selain itu, XL juga akan menetapkan 1 kelompok peraih penghargaan. Dari semua peraih perorangan dan kelompok tersebut, juri akan memilih yang terbaik di antara mereka yang akan menjadi Best of The Best.

Pendaftaran dibuka hingga tanggal 31 Juli 2011. Keterangan lebih lanjut tentang pengiriman usulan kandidat dan IB Award 2011 dapat dilihat melalui situs www.xl.co.id/ibawards. Kepada setiap peraih penghargaan, XL akan memberikan dana insentif masing-masing sebesar Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) kepada peraih penghargaan. Selain itu, XL juga memberikan piala karya seniman Dolorosa, medali dan piagam penghargaan. Kepada masing-masing peraih IB Award, XL juga masih akan memberikan pembekalan berupa pelatihan dan pendampingan selama 3 bulan untuk mengimplementasikan program yang akan dijalankan peraih IB Award. Sementara itu, untuk peraih Best of The Best (terbaik di antara 3 peraih perorangan dan 1 peraih kelompok cross category) akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp 100 juta.

Dewan Juri akan terdiri dari Prof. Dr.Umar Anggara Jenie (Ketua LIPI), DR. Ninok Leksono (wartawan senior), Adrie Subono (pengusaha), Dr. Imam B Prasodjo (Sosiolog dan penggiat masyarakat sipil), Atiqah Hasiholan (Artis dan sosialita), serta Dian Siswarini (Direktur Teknologi & Layanan XL). Dewan juri dipilih berdasarkan kompetensi mereka, dan memiliki hak mutlak untuk menentukan peraih penghargaan IB Award 2011.

Penghargaan IBA antara lain telah diberikan kepada Frederik Sitaung – seorang guru di pelosok hutan Merauke Papua yang telah mengabdi selama sekitar 20 tahun, Sudiyanto – warga Banyumas yang berhasil membuat mesin pompa air tenaga air yang sangat berguna bagi masyarakat petani pedesaan yang kekurangan pengairan, Toto Sugito – inisiator gerakan Bike to Work, Gola Gong – pendiri tempat belajar dan berkarya Rumah Dunia bagi anak-anak di Banten, Susi Pudjiastuti - pengusaha sukses asal Pangandaran yang memberdayakan dan mengangkat perekonomian nelayan di berbagai pelosok Indonesia, serta Bambang Suwerda – pendiri Bank Sampah di Bantul yang berhasil mengubah pandangan masyarakat dalam mengelola sampah.

Tahun lalu, penerima IB Award antara lain adalah Masril Koto seorang petani di Agam yang mendirikan bank petani, Eko Suprianto penari kelas dunia yang tetap mengajarkan tari tradisional Indonesia kepada anak-anak, serta Alvin Leonardo siswa SMA yang menciptakan antivirus ampuh dan dipakai di seluruh dunia. Dan masih banyak warga negara berprestasi lainnya yang telah mendapat penghargaan IBA sejak tahun 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar