Selasa, 28 Juni 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


One Stop IT Event di Computer Festival 2011

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Computer Festival (Compfest) 2011 merupakan sebuah One Stop IT Event sebagai karya dari para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Comfest 2011 diadakan pada 24-26 Juni yang mengambil lokasi di tiga tempat, yaitu fX Lifestyle X'nter Atrium, @america Pacific Place Mall dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Depok (24/6).

Compfest 2011 mengadakan berbagai acara seperti seminar, workshop, exhibition, dan entertainment. Seminar Compfest 2011 mengundang beberapa pembicara yang ahli pada bidang IT, mengangkat tema Open Source, Web, Android, dan lain-lain. Workshop Compfest 2011 diadakan dua kali, yaitu pada saat pre-event di SMA wilayah Jabodetabek dan pada saat main event, dimana pada workshop ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu amateur, intermediate, dan advanced.

Acara exhibition pada Compfest 2011 mengundang berbagai komunitas yang ada di Indonesia, seperti komunitas forum, open source, research, fasilkom, dan juga diadakan Game Design Competition. Untuk sesi entertainment, ditujukan kepada pengunjung untuk memberikan hiburan pada main event Compfest 2011.

Opera

Opera Indonesia hadir menyemarakkan acara Compfest 2011 yang berada di dekat panggung utama. Pada kesempatan ini, Opera memperkenalkan browser dengan versi terbarunya yang memiliki berbagai kemampuan terbaru. Opera Indonesia pun menggelar berbagai cinderamata seperti kaos, stiker, dan dan berbagai bentuk berlogo Opera.

Pada boot Opera, CHIP juga menemukan sebuah papan ketik yang sangat interaktif. Papan ketik ini merupakan sebuah CPU mini yang digabungkan dalam sebuah perangkat. Dengan menghubungkan papan ketik yang diberi nama WebBox ke layar TV, maka dengan mudah pengguna dapat melakukan browsing melalui TV. WebBox memiliki port simcard yang dapat berfungsi sebagai akses internet. Sehingga para pengguna yang ingin mengakses internet dengan cepat dan mudah, hanya memerlukan WebBox yang dihubungkan ke TV. Sayangnya, perangkat ini belum hadir di pasar Indonesia seperti yang dituturkan oleh Opera Indonesia.

Robotic - Revecto

 

Siapa yang tidak mengenal bentuk robot yang hadir dengan gerakannya yang kaku namun memiliki kecerdasan dalam melakukan berbagai aktivitas yang dapat membantu aktivitas manusia? Kali ini CHIP bertandang ke salah satu boot pada acara Compfest 2011. Fendi selaku mahasiswa Teknik Komputar Universitas Indonesia yang masih duduk dibangku kuliah Semester 4 menginformasikan kehadiran robot yang memiliki nama Revecto.

Revecto merupakan istilah dari bahasa Perancis yang berarti mimpi, harapan dan kemenangan. Revecto pernah memperoleh juara III pada ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011, Divisi Berkaki Tingkat Nasional yang diadakan di Grha Sabha Pramana pada 11-12 Juni lalu dari Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Revecto sempat menarik perhatian para pengunjung yang hadir di acara Compfest 2011, dimana proses pembuatannya cukup memakan waktu sekitar 6 bulan. Ide utama merupakan kata kunci dari Revecto, dimana untuk mendapatkan ide dan desainnya memakan waktu selama 3 bulan, dan sisanya untuk proses implementasi dan penyempurnaan. Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong rumit, bahkan beberapa sensor utama yang digerakkan di sisi depan, diimport langsung dari negara tetangga. Sebagai perintah untuk melakukan gerakkan, dibuat dengan bahasa pemrograman C yang ditanamkan ke dalam memori robot.

Revecto mampu bergerak dengan lincah dan cepat, dan menggunakan tenaga baterai. Revecto dapat bergerak dengan gerakan yang cepat, mendekati para pengunjung yang hadir ke boot ini. Revecto bahkan dapat memiliki kemampuan meniup api, CHIP melakukan uji coba, dimana korek api yang dinyalakan sejauh 50 cm dapat digapai Revecto dengan mudah. Revecto mendekati sumber api, dan secara otomatis akan meniup sumber api dengan mengaktifkan kipas kecil yang berada di sektor depan.

Komunitas Mozilla Indonesia (KUMI)

Komunitas pecinta browser Firefox yang berdiri pada tahun 2004 hadir memeriahkan acara Compfest 2011. Berkembang dengan pesat hingga lebih dari 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Komunitas ini pun mendapat dukungan penuh dari Mozilla, yang pada kesempatan ini menampilkan berbagai informasi menarik seputar browser Firefox, terlebih lagi bahwa browser ini pada beberapa hari lalu telah hadir dalam versi 5 sebagai versi terbaru dari Firefox.

Komunitas ini mengambil nama KUMI dimana nama tersebut merupakan icon dari browser Firefox. Setiap tahunnya, icon tersebut hadir dalam nuansa baju daerah dari berbagai wilayah Indonesia. Untuk Anda yang sempat hadir pada bootnya, akan mendapatkan beberapa cinderamata seperti stiker, gelang, hingga pin Firefox.

Untuk Anda pengguna browser Firefox yang ingin bergabung dan mengetahui berbagi informasi terkini mengenai Firefox di Indonesia, Anda dapat mengakses situs  http://www.mozilla.web.id.

Novel Menentukan Hati Karya Zara Zettira ZR

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Anda penggemar novel? Sepertinya Novel karya Zara Zettira ZR terbaru dapat mengisi waktu luang Anda dalam mendalami apa kata hati Anda. Pesan "Tentukan hatimu sekarang, sebelum semuanya terlambat" merupakan pesan yang tersirat dari novel Zara Zettira ZR dengan judul "Menentukan Hati." Talkshow cerita di balik Menentukan Hati yang mengambil cover depan Anang Hermansyah dan Ashanty, mengambil tempat di IndoChine, fX Lifestyle X'nter, Jakarta (24/6).

Hadir pada acara talkshow adalah (dari kiri ke kanan) Mayong Suryo Laksono selaku moderator dalam beda buku, Zara Zettira ZR, Anang Hermansyah bersama Ashanty, Hannie Kusuma selaku Pemimpin Redaksi Majalah Pesona dan Yuki Anggia Putri selaku Editor Esensi Erlangga.

Novel ini bercerita tentang seorang wanita yang sudah merasa puas dengan kehidupan yang dimilikinya, Thalia. Ia cantik, sukses dalam karier, orang tua dan teman yang menyayanginya. Ia pun tidak merasa membutuhkan pendamping dalam hidupnya. Zona nyaman Thalia terusik ketika sang ibu terus mendesaknya untuk menikah karena mengingat umur Thalia yang sudah di ambang 30 tahun. Bahkan, sang ibu sudah memiliki seorang calom menantu yang menurutnya cocok untuk menjadi suami anaknya. Pria itu adalah Theo, teman Thalia sejak masih kecil, yang tinggal di Amerika. Bagai gayung bersambut, Theo pun ternyata mencintai Thalia. Thalia pun mencintai Theo, tetapi ia bimbang, sebagai sahabat ataukah kekasih hatinya?

Kemudian datang Aldo, teman lamanya yang kini menjadi bosnya. Ternyata Aldo pernah menyimpan rasa kepada Thalia dan rasa itu tidak benar-benar padam dilekang waktu. Kebersamaan yang terjalin membuat mereka berdua nyaman dan Aldo pun ingin menjadi cinta sejati bagi Thalia. Bagaimana dengan Thalia?

Thalia harus memilih antara Theo atau Aldo. Ataukah Thalia akan kembali ke zona nyamannya sebagai wanita yang merasa puas dengan kehidupan yang dijalaninya sendiri? Namun pastinya, kebahagiaan hanya terasa nyata jika kita membaginya dengan orang lain yang kita cintati. Siapakah yang dipilih oleh Thalia?

Zara mengungkapkan bahwa cerita ini telah ditulisnya sejak beberapa tahun silam, dan tanpa sengaja menemukannya kembali pada tahun 2009. Zara telah mengenal Anang sejak lama, dan menurutnya ini merupakan takdir yang merupakan kesengajaan dari Yang Di Atas bahwa saat dirinya mendengarkan lirik lagu Menentukan Hati, dan seketika itu pulalah ia teringat akan karyanya yang belum diterbitkan. Dengan menyakinkan Anang untuk memberikan nafasnya pada novel ini, maka hadirlah karya "Menentukan Hati" untuk para pembaca tercintanya.

Untuk Anda yang sepertinya menyukai novel seputar percintaan dan dalam kebimbangan akan hati Anda, karya Zara Zettira ZR terbaru ini merupakan bacaan yang sesuai dalam menentukan hati akan apa yang akan Anda lakukan.

XL Raih Penghargaan dari Majalah SWA

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - PT Axiata Tbk (XL) kembali meraih pengakuan dari masyarakat telekomunikasi. Pada kesempatan kali ini, XL meraih 3 kategori di ajang penghargaan SWA 100 Indonesia Best Wealth Creators 2011 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA. XL meraih penghargaan 1st Ranking of Indonesia Best Public Companies 2011 Based on WAI (Wealth Added Index) Method untuk kategori Telecommunication Services, ASEAN Best Public Companies 2011 based on WAI (Wealth Added Index) Method, dan Indonesia Best Public Companies 2011 Based on WAI (Wealth Added Index) Method (24/6).

Pemeringkatan 100 perusahaan terbaik di Indonesia dalam SWA 100 tahun 2011 ini menggunakan metode Wealth Added Index atau WAI, yang memungkinkan  para pengelola perusahaan memadukan kinerja masa sekarang (Current Operating Value) atau COV, dan ekspektasi di masa depan (Future Growth Valie) atau FCH dengan kebutuhan pembiayaan dan return minimum yang diharapkan pemegang saham (required return). Penghargaan diterima secara langsung oleh Hasnul Suhaimi selaku President Direktur XL dan Febriati Nadira selaku Head of Corporate Communications XL.

Sementara di ajang penghargaan PR Program & People of The Year 2011 yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing Mix, XL juga meraih 3 penghargaan yaitu kategori CEO untuk Hasnul Suhaimi, kategori Spoke Person untuk Febriati Nadira, serta kategori Marketing PR Program untuk program XL NetRally. Hasnul Suhaimi dan Febriati Nadira dinilai panitia sebagai narasumber yang mampu menjalin dan menjaga hubungan baik dengan media. Adapun program XL Network Rally dipandang unik, interaktif, dan melibatkan partisipasi komunitas yang menjadi peserta program NetRally.

Sementara pada 13 Juni lalu, XL juga menerima penghargaan dari Frost & Sullivan Asia Pacific ICT Award untuk 3 kategori terbaik. Pada Frost & Sullivan Asia Pacific ICT Awards 2011, XL meraih penghargaan the Wireless Service Provider of the Year, Service Provider of the Year, and CEO of the Year atas nama Hasnul Suhaimi. Penghargaan tersebut diterima XL setelah melalui serangkaian tahap penilaian, antara lain evaluasi pada pertumbuhan pendapatan, market share, keunggulan dan inovasi pada produk-produk baru, akuisisi pelanggan, serta strategi bisnis dan pasar.

Pada ajang Indonesia Cellular Award 2011 yang diselenggarakan oleh Tabloid Sinyal dan Dyandra Promosindo, XL meraih 4 kategori terbaik yaitu The Best Data Package, The Best Customer Growth, The Best Operator GSM, dan The Best BlackBerry Service. Penghargaan Best GSM Operator dinilai berdasarkan rapor XL selama selama tahun 2010 dalam sejumlah aspek, yaitu promosi dan marketing, inovasi produk dan konten, pertumbuhan pelanggan, performa jaringan, dan layanan pelanggan.

Lenovo Official Technical Partner DBL 2011-2012

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Lenovo mengumumkan keterlibatannya sebagai Official Technical Partner pada ajang Development Basketball League (DBL) periode 2011-2011. DBL merupakan kompetisi bola basket pelajar terbesar di Indonesia dan Lenovo akan digunakan sebagai komputer resmi yang mendukung pertandingan bola basket DBL di 9 kota pada tahun 2011 dan 23 kota di tahun 2012 mendatang (23/6).

Selain kedua pertandingan itu, Lenovo juga menjadi Official Technical Partner pada acara DBL East Java Series 2011-2012, DBL World Camp 2011-2012, DBL International Challenge 2011-2012 dan DBL Junior 2011-2012. Lenovo juga akan menyediakan dana untuk mendukung panitia DBL dalam menyelenggarakan pertandingan bola basket di kota-kota tersebut.

Lenovo bekerjasama dalam DBL dalam menyediakan PC dengan mesin terbaiknya untuk perangkat lapangan DBL, yang bertujuan agar dapat meningkatkan koordinasi pertandingan dan diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penonton. 

Dukungan Lenovo untuk DBL memperluas komitmen perusahaan untuk secara aktif mendukung berbagai aktivitas olah raga di seluruh dunia. Sejak 2006, Lenovo telah menjadi pendukung teknologi pada Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino, Italia dan Olimpiade Beijing 2008, dengan menyediakan` perangkat keras komputasi dan solusi untuk mengelola koordinasi Olimpiade di pusat komando dan event lapangan. Lenovo saat ini adalah partner teknologi untuk tim McLarens di Formula Satu. Partisipasi aktif perusahaan dalam event-event olahraga dunia terkemuka  telah memperkuat brand Lenovo di pasar dunia

BSA Dukung Pembentukan Direktorat Penyidikan Untuk Penegakan Hukum Terhadap Pembajakan Software

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Business Software Alliance (BSA) pada hari ini mengadakan pelatihan tentang pembajakan piranti lunak bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang berada di bawah naungan Direktorat Penyidikan, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) Kementerian Hukum dan HAM RI. Acara ini mengambil tempat di Hotel Borobur, Jakarta (27/6).

Pelatih tentang pembajakan piranti lunak ini merupakan bentuk dukungan nyata BSA terhadap dibentuknya Direktorat Penyidikan sebagai bagian dari strategi nasional untuk memberantas berbagai pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia. Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, S.H. MH. FCBArb. selaku Direktur Jenderal HKI mengatakan bahwa pemberantasan pembajakan merupakan salah satu tujuan utamanya dalam memberantas pembajakan pirantu lunak di Tanah Air, dengan dibentuknya Direktorat Penyidikan, diharapkan dapat memaksimalkan fungsi PPNS dalam menegakkan Undang-undang HKI di Indonesia.

Ahmad juga mengungkapkan pentingnya bagi PPNS untuk mengetahui dan memiliki kompetensi untuk menjalankan penyidikan dan  penuntutan terhadap semua jenis pelanggaran HKI, mengingat kompleksnya tindak pidana HKI ini. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu PPNS memberantas software bajakan secara lebih efektif untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

BSA yang beberapa waktu lalu telah memberikan Piagam HKI Untuk Perusahaan Pengguna Piranti Lunak Berlisensi, tidak ada hentinya berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia dalam memotivasi terciptanya inovasi dan perkembangan. BSA berpendapat bahwa dengan mengurangi tingkat pembajakan piranti lunak maka hal ini akan menarik minat investasi, membuka akses pasar baru bagi produk legal, memperkuat industri TI melalui peningkatan kegiatan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), memajukan pertumbuhan ekonomi, dan tentunya akan menciptakan berbagai lapangan kerja baru.

Donny A. Sheyoputra selaku juru bicara BSA Indonesia mengungkapkan kegembiraannya dan memberikan dukungan penuh kepada Direktorat Penyidikan dalam menenggakkan Undang-undang hak Cipta. Donny percaya bahwa dengan adanya program pelatihan pengembangan kapasitas bagi PPNS akan sangat berguna dalam meningkatkan efektivitas mereka dalam menegakkan hukum.

Pada kesempatan yang sama, Donny juga menyerahkan tanda mata kepada Fathlurachman S.H., M.M selaku Direktur Direktorat Penyidikan DJHKI.

Menurut hasil studi terbaru yang dilakukan oleh firma riset terkemuka untuk industri TI yaitu International Data Corporation (IDC) dan diumumkan oleh BSA, tingkat pembajakan software komputer di Indonesia naik satu poin pada tahun 2010 menjadi 87%. Ini menempatkan Indonesia dalam daftar 20 negara dengan tingkat  pembajakan software komputer tertinggi di dunia. Studi Pembajakan Software Global 2010 memperkirakan, nilai komersial pembajakan  software yang di-instal di komputer di Indonesia mencapai rekor tertinggi yaitu US$1,32 milyar. Angka ini secara stabil meningkat sejak pertama kali diadakannya studi ini pada 2003.

Untuk informasi dan dukungan masyarakat dalam mengatasi pembajakan di Indonesia serta mengirimkan laporan publik, BSA mengoperasikan jalur telepon hotline melalui 0800-1-BSA-BSA/0800-1-272-272 atau situs di www.bsa.org/indonesia.

Monitor Sehat dan Ramah Lingkungan dari Envision Series

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - PT Datascrip pada kesempatan kali ini mengumumkan peluncuran jajaran produk monitor yang telah hadir di pasar Indonesia yaitu monitor Envision by Gigabyte Group (27/6).

Monitor Envision hadir dengan pilihan teknologi LCD dan LED layar lebar dengan rasio aspek 16:9. Monitor ini dilengkapi dengan teknologi Eco Friendly LED sehinga mampu menampilkan gambar yang jelas, disamping itu monitor ini aman dan bebas dari material halogen dan Merkuri sehingga tidak merusak daya penglihatan pengguna saat pemakaian dalam waktu lama. Envision juga memiliki konsumsi daya yang efisien sehingga mampu menghemat 40% konsumsi listrik karena tidak menghasilkan CO2.



Monitor Envision memiliki teknologi Gamma Contrast Booster yang mampu menampilkan warna natural. Teknologi Full HD yang mampu menghasilkan gambar secara tajam dan jernih, serta Dynamic Color Boots yang mampu membuka dua tampilan sekaligus hadir pada Envision untuk kenyamanan penggunanya.

Monitor Envision hadir di pasar Tanah Air untuk penggunaan Small Office atau Home Office. Envision telah hadir sejak pertengahan bulan Juni melalui dealer resmi PT Datascrip dan produk ini memiliki garansi selama tiga tahun untuk service dan satu tahun untuk panel.

Eric Schmidt, Google Bicara di Bali Juli 2011

Posted:

CHIP.co.id - Eric Schmidt, Google's Chairman akan hadir dan menjadi pembicara di Bali, Juli 2011. Kehadiran Eric Schmidt adalah dalam rangka berbicara tentang "Bagaimana Kewirausahaan Bisa Mengubah Masa Depan Bangsa", sebuah topik yang akan disampaikan olehnya  pada acara Regional Entrepreneurship Summit yang diadakan oleh asosiasi Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEP Indonesia) 22 hingga 24 Juli 2011 di Nusa Dua, Bali. Selain Eric Schmidt, Sekretaris Negara Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton dijadwalkan hadir pada acara tersebut.

Eric Schmidt, Google's Chairman - Sumber foto: Google

Pertemuan tingkat ASEAN yang bertema Emerging Entrepreneurs: The Next Big Chapter ini merupakan kelanjutan dari Entrepreneurship Summit di Washington, Amerika Serikat pada 2010 yang diselenggarakan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Global Entrepreneurship Program (GEP) adalah inisiatif global yang diprakarsai Presiden Obama dan saat ini dipandu oleh Hillary Clinton dengan tujuan mempromosikan kewiraswastaan sebagai pilar kunci pengembangan ekonomi negara-negara berkembang. Di Indonesia, GEPI dibentuk secara formal pada Januari 2011 dan didukung oleh 13 orang pebisnis Indonesia terkemuka. Ketua kehormatan GEPI adalah Jakob Oetama dari Kompas Gramedia dan Ir.Ciputra dari Grup Ciputra. Ketua GEP Indonesia adalah Chris Kanter dari grup Sigma Sembada.

GEP Indonesia memiliki sasaran sebagai katalisator bagi kewirasusahaan di Indonesia dengan program kemitraan untuk merangsang pertumbuhan inovasi dan perkembangan usaha secara global. Patut dicatat oleh Startup lokal, satu diantara enam program kerja GEP Indonesia adalah mendukung pendanaan para startup di Indonesia. 

Info tentang Regional Entrepreneurship Summit bisa disimak pada link ini: RES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar