Rabu, 28 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Layanan Mobile Broadband Alcatel-Lucent untuk Asia Pacific Telecom Taiwan

Posted:


CHIP.co.id - Alcatel-Lucent akan membantu Asia Pacific Telecom Co., Ltd (APT), service provider terkemuka layanan Internet mobile dan fixed di Taiwan, meningkatkan layanan 3G berkecepatan tinggi dan memenuhi tuntutan pelanggannya akan video, Internet dan layanan data on-the-move.

Dukungan Alcatel-Lucent terhadap ekspansi layanan APT merupakan jaringan nirkabel pertama yang disuplai perusahaan bagi operator. Selama berjalannya kesepakatan suplai tersebut, Alcatel-Lucent akan mengganti perangkat-perangkat yang telah disuplai oleh vendor lainnya untuk APT. Sebagai tambahannya, ketika jaringannya mengalami perubahan agar dapat menyajikan layanan-layanan yang lebih beragam dan dengan kecepatan yang lebih tinggi, APT dapat menggunakan portofolio terobosan lightRadio milik Alcatel-Lucent untuk lebih meningkatkan dan membedakan layanan-layanan yang ditawarkannya.

“APT berkomitmen untuk ‘membuat perubahan yang lebih baik’ bagi pelanggan kami dan dengan bekerja sama dengan Alcatel-Lucent kami dapat mewujudkan komitmen kami, memberikan layanan mobile dan fixed broadband tanpa hambatan bagi pelanggan kami untuk memperkaya kehidupan sosial dan bisnis mereka," ujar Sophia Chiu, Pimpinan Asia Pacific Telecom Co., Ltd.

Berdasarkan perjanjian ini, Alcatel-Lucent akan memberikan solusi 3G mobile broadband yang terkemuka di pasar, yang didasarkan pada teknologi CDMA EV-DO dan teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS). Alcatel-Lucent juga akan memanfaatkan keahlian full-service nya dalam penyampaian dan integrasi dari perangkat pihak ke tiga.

"Kami gembira dapat membantu mengubah penawaran-penawaran nirkabelnya, dengan memanfaatkan solusi-solusi LTE dan 3G CDMA kami yang terkenal dan juga portofolio IMS kami. Hal ini akan membuat APT mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya sekaligus mengubah jaringan perusahaan agar dapat memberikan layanan data mobile yang lebih canggih serta pilihan-pilihan di masa depan bagi para pelanggannya," jelas Rajeev Singh-Molares, Presiden Alcatel-Lucent untuk wilayah Asia Pasifik.

2 in 1 Access di S NEXIAN Touch and Type

Posted:

 

Jakarta, CHIP.co.id - Perkembangan teknologi ponsel terus meningkat, bahkan secara teknis fungsi aksesbilitas terus dikembangkan untuk kenyamanan konsumen. Pengembangan teknologi ini seiring dengan demand pasar ditinjau dari sisi kebiasaan, kenyamanan serta ketertarikan secara fungsional. Di awal perkembangan teknologi ponsel, Anda pasti mengenal istilah keypad/keyboard yang dikembangkan pada ponsel BAR TYPE ataupun QWERTY TYPE. Keypad/keyboard ini di gunakan untuk mengetik SMS atau aksesbilitas yang di sebut TYPE keyboard. Selanjutnya teknologi aksesbilitas ini juga terus meningkat dengan lahirnya teknologi multi touch, dimana aksesbilitas dan pengetikan dilakukan dengan cara disentuh pada layar ponsel.

Secara teknis TYPE dan TOUCH  ini memiliki fungsional yang sama sebagai alat untuk pengetikan dan aksesbilitas. Penggabungan kedua teknik inilah yang sekarang sedang marak di pakai pada teknologi ponsel. Tidak ketinggalan S Nexian, juga sudah mengembangkan teknologi ini pada ponsel teranyarnya yaitu S Nexian TOUCH ‘n TYPE.

“Kami mengedepan kenyamanan bagi konsumen dengan memberikan pilihan kemudahan dan kecanggihan 2 in 1 Access pada S Nexian Touch ‘n Type. Secara simpel dapat dikatakan bahwa konsumen diberikan keleluasaan memilih menggunakan type keyboard atau menggunakan multi touch screen dan dapat juga penggabungan dari kedua teknologi tersebut," ujar Martono Jaya Kusuma, CEO Selular Group.

S Nexian Touch ‘n Type tampil sempurna dengan kombinasi 2 teknologi smart touch and easy type, di dukung oleh QWERTY keypad dan 2.8” QVGA Touchscreen LCD sehingga memberikan satu sentuhan yang menawan. Ponsel ini juga sudah di support Dual GSM 900/1800 MHz di jaringan GPRS/EDGE. Tersedia 2 warna pilihan S Nexian Touch ‘n Type yaitu Black and White, pilih warna ponsel pilihan mu dan dapatkan sensasi 2 in 1 Access with Smart Touch and Easy Type.

Satu hal juga sangat menarik dari ponsel ini adalah fasilitas Analog TV sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menonton TV dimanapun dan kapanpun. Di tambah lagi fasilitas camera 2.0 MP serta terdapat slot external memory. Harga buat hape ini juga sangat terjangkau Rp. 555.000,- (reccomended retail price).

Spesifikasi S Nexian TOUCH ‘n TYPE:

  • Network: Dual SIM Cards, Dual GSM 900/1800 MHz, GPRS/EDGE
  • Screen: 2.8” QVGA Touchscreen LCD
  • Camera: 2.0 MP
  • Support: Analog TV, FM Radio
  • Memory: Internal and External
  • Applications : Nexian Zone, Nexian Messenger, Opera, Facebook, Google Search, Yahoo! Messenger, MSN, Skype.

CHIP Timeline: Bahasa Pemrograman

Posted:

Klik Gambar untuk Lebih Jelas

CHIP.co.id - Tanpa bahasa pemrograman, kita harus menggunakan PC dengan bantuan sakelar-sakelar. Berkat kode yang ada, kini manusia dan mesin saling memahami satu sama lain walaupun PC hanya berpikir dengan angka biner, nol dan satu.

Bahasa pemrograman pertama awalnya muncul dari sebuah kemalasan. Pada tahun 1950-an, John Backus yang bekerja di IBM merasa mekanisme komputer terlalu bertele-tele. Programmer harus berkomunikasi dengan komputer melalui bahasa biner. Sistem paling canggih saat itu masih mengenal Bytes. Jika ingin bekerja dengan komputer tersebut, diperlukan rangkaian angka yang panjang sehingga terlalu rumit dan rentan munculnya eror.

Tahun 1952, Grace Hopper selaku ahli matematika yang dikontrak oleh US Navy membuat program dengan A-0-System. Program ini merekam rangkaian angka dalam bentuk perintah lalu mentransfernya menjadi bahasa mesin. Dengan Assembler, manusia dan mesin dapat "berbicara" secara langsung dalam bentuk yang sangat abstrak.

Backus masih tetap kerepotan. Ide barunya, ia menulis program yang menerjemahkan perintah-perintah ke dalam bahasa mesin. Prinsip ini disebut FORmula TRANslation (FORTRAN). Bahasa pemrograman ini mampu mengurangi 20 kali lipat jumlah perintah yang diperlukan untuk menulis sebuah program.

Melalui pemrogaman yang lebih sederhana, komputer memasuki masa gemilang di sejumlah kampus dan perusahaan. Namun, kebutuhan berubah dan bahasa pemrogaman dituntut agar lebih mudah dipelajari. Banyak perusahaan yang muncul untuk mengembangkan bahasa pemrograman dan software. Contohnya, Bill Gates sebagai pendiri Microsoft yang kemudian mengembangkan varian BASIC. Tidak lama, muncul beragam bahasa pemrograman lainnya.

Hal inilah yang menimbulkan masalah baru. Bahasa pemrograman baru tersebut tidak kompatibel dan program yang dihasilkan seringkali bermasalah. Selanjutnya, Pentagon mengusung Ada sebagai bahasa pemrograman pertama yang distandarisasi pada tahun 1983 dan kondisinya semakin baik. Tidak lama, jumlah bahasa pemrograman yang digunakan oleh Kementerian Pertahanan AS berkurang dari 450 menjadi 36 bahasa.

Bahasa baru untuk era Internet

Evolusi selanjutnya muncul bersama de­ngan­ Internet. Di sini, server dan browser menuntut adanya stabilitas, keamanan, dan accesability. Di era ini, muncul bahasa script yang dirancang untuk tugas sederhana serta mudah diintegrasikan ke dalam sistem. Hal lainnya dalam dunia pemrograman adalah esoteric language programming. Bahasa ini tidak memiliki tujuan praktis tertentu, namun mengimplementasikan konsep bahasa baru, misalnya program tanpa tampilan source code (Whitespace).

Seperti bahasa manusia, evolusi bahasa pemrograman sudah lama menggantung. Namun, beberapa bahasa masih eksis sampai saat ini. Aplikasi smartphone sebagian diprogram dengan bahasa C. Namun, pengembangan Backus masih berperan penting. Banyak cabang penelitian yang masih berbasis pada bahasa FORTRAN.

 

Sumber: Majalah CHIP 11/2011

Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk Handset LG

Posted:


CHIP.co.id - Sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang mulai dirilis di bulan Oktober tahun ini, rupanya membawa kabar gembira bagi para pengguna Android di handset LG. Pasalnya, dilansir dari Facebook page-nya, LG berjanji akan memberikan pembaharuan sistem operasi tersebut dalam dua periode, yakni:

  • Gelombang pertama, Q2 - 2012 pembaharuan akan mencakup beberapa handset LG, seperti; LG Optimus LTE, Prada phone by LG 3.0, LG Optimus 2X, LG Optimus Sol, LG my Touch Q dan LG Eclipse.
  • Gelombang kedua, Q3 - 2012 pembaharuan akan mencakup beberapa handset LG, seperti; LG Optimus 3D, LG Optimus Black, LG Optimus Big, LG Optimus Q2 dan LG Optimus EX.

Meskipun masih harus menunggu beberapa bulan lagi para pengguna handset LG Android, merasakan kemudahan multi-tasking aplikasi yang ada di Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dengan adanya pengumuman di atas, maka pengguna handset yang tercantum dapat merencanakan pembaharuan sistem operasi headset mereka, tanpa harus mengeluarkan uang lagi membeli handset terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar