Jumat, 09 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Perpanjang Masa Pakai Barang Elektronik Anda!

Posted:

CHIP.co.id - Jangan biarkan perangkat elektronik Anda yang mahal menjadi kadaluwarsa sebelum waktunya! Gunakan saja beberapa trik sederhana dan software terpilih berikut ini.

Masa pakai perangkat elek­tronik, seperti PC, HP, atau kamera digital relatif singkat. Perangkat tersebut biasanya akan me­nunjukkan tanda-tanda kerusakan setelah digunakan selama 2-3 tahun. Reparasi bukan solusi terbaik karena ongkosnya tidak sebanding dengan harga produk bekasnya. CHIP menunjukkan bagaimana cara Anda melakukan perawatan, upgrade, dan update firmware secara tepat agar perangkat selalu dalam kondisi "OK".

Perangkat elektronik biasanya mengalami kerusakan pada komponen ter­tentu saja, contohnya baterai ponsel (HP) atau notebook. Daya tahan baterai pada kedua perangkat tersebut biasanya berkurang akan terus berkurang. Komponen elektronik motherboard atau hard disk pun rentan rusak dibandingkan perangkat lainnya.

Karena setiap tipe perangkat dan komponen di dalamnya membu­tuhkan perlakuan perawatan berbeda, CHIP membuat tabel yang menunjukkan komponen yang ada pada perangkat dan langkah perawatannya yang penting. Notebook memiliki komponen terbanyak dan rentan rusak sehingga perlu diperiksa secara rutin. Notebook memiliki berbagai komponen PC (dengan ukuran lebih kecil), seperti hard disk, LCD, komponen input, dan baterai yang dikemas dalam casing kompak de­ngan sistem pendinginan yang kompleks. Sebagai perangkat mobile, tidak jarang notenook mengalami benturan, getaran, dan perlakuan fisik lainnya saat di perjalanan. Situasi yang lebih ekstrem dijumpai pada smart­­phone. Di dalamnya terdapat banyak komponen, bahkan komponenya lebih mini daripada notebook. Agar smart­­­phone tidak mudah rusak, pema­kaian­nya pun harus hati-hati, misalnya tidak meletakkannya di bawah sinar ma­ta­hari secara langsung. Selain lebih rentan secara fisik, ada "risiko" lain dari smartphone, yaitu sifatnya yang cepat me­ngalami kedaluwarsa karena pesatnya perkembangan teknologi. Namun, fenomena ini masih bisa Anda atasi dengan melakukan firmware update.

Meskipun perangkat TV, PC desktop, atau printer tidak serentan notebook dan smart­phone, Anda pun bisa membuatnya lebih awet dengan konfigurasi yang tepat dan penggunaan yang optimal. Untuk itu, anda bisa menyimak penjelasan CHIP cara memperpanjang masa pakai (lifetime) setiap perangkat elektronik tersebut.

Executive Bankers Workshop: Minimizing Risk in Implementing E-Transaction Banking

Posted:

CHIP.co.id - Keamanan kerap menjadi isu yang penting dalam transaksi elektronik. Keamanan dalam bertransaksi elektronik tidak hanya menjadi perhatian konsumen, namun juga bagi penerbitan kartu (ATM atau Debet). Sebagai usaha pencegahan, Bank Indonesia melalui Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 13/DASP pada 18 Oktober 2011 yang mengatur tentang implementasi penggunaan teknologi chip dan penggunaan Personal Identification Number (PIN) pada kartu ATM atau debet di Indonesia. Regulasi ini mengatur bagaimana penerbit kartu harus menggunakan chip dan PIN untuk proteksi dan mencegah terjadinya penipuan dalam bertransaksi elektronik.

Berdasarkan SEBI tersebut, Telkomsigma menyelenggarakan Executive Bankers Workshop bertajuk Minimizing Risk in Implementing E-Transaction Banking. Narasumber workshop interaktif ini berasal dari berbagai latar belakang peran dalam bisnis penerbitan kartu, seperti regulator, korporasi, dan konsultan. Workshop ini dihadiri oleh eksekutif perbankan dan multi finance, lembaga penerbit kartu, yang menggunakan salah satu solusi Telkomsigma: Integrated Technology Management (ITM).

Pada sesi pertama, Sukarelawati Permani, Accounting and Payment System of Bank Indonesia, membahas regulasi Bank Indonesia serta standar-standar yang harus dipenuhi dalam proses implementasi SEBI tersebut. "Belum semua negara telah menerapkan teknologi chip di kartu Atm dan debet," ujarnya. "Batas waktu migrasi dari kartu magnetic strip menjadi kartu berteknologi chip adalah pada 31 Desember 2015. Sehingga mulai awal 2016, transaksi dengan kartu magnetic strip sudah tidak bisa lagi," tambahnya.

Sesi kedua diisi oleh IT Consultant asal Amerika Serikat, Tristan (Euronet) yang memaparkan bagaimana perbandingan negara-negara yang sudah lebih dulu mengimplementasikan peraturan serupa, seperti di Eropa dan Amerika. Kemudian, pada sesi ketiga, dilanjutkan oleh Navyta Siregar (Telkomsigma) yang menjelaskan strategi lembaga penerbit kartu untuk dapat melihat peluang transaksi elektronik sebagai salah satu pemasukan bagi perusahaan, tidak hanya dari isu proteksi dan keamanan.

Tipis dan Ringan dari Motorola RAZR Dual-Core 1.2GHz

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Motorola Mobility pada hari ini meluncurkan Motorola RAZR baru dengan desain sangat tipis dan ringan yang memiliki layar 4,3 inci Super AMOLED Advanced. Ponsel pintar ini hadir dengan akses alumunium dengan bahan lapisan serat KEVLAR dan layar Corning Gorilla Glass splash-guard coating. Acara peluncuran ini mengambil lokasi di Luv Bar City Loft Citywalk, Jakarta (8/12).

Motorola RAZR menggunakan prosesor dual-core 1.2 GHz dengan Android 2.3.5 berkapasitas RAM 1 GB DDR2 SDRAM/16 GB onboard yang menawarkan antarmuka super cepat dengan kemampuan multitasking. Pengguna dapat memainkan musik yang bersamaan dengan membuka akun email dan melihat foto tanpa jeda. Motorola RAZR memiliki dimensi 69 x 131 x 7,1 mm dengan bobot 127 gram dan memiliki ketahanan baterai 1750/1780mAh non-removable.

Robert van Tilburg selaku Senior Regional Sales Director, South Asia, Motorola Mobility mengatakan,"Motorola RAZR hadir dengan nuansa desain yang seksi, trendi, dan ramping dengan kemampuan super cepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna di pasar Indonesia."

Motorola RAZR dilengkapi dengan aplikai MotoCast yang memungkinkan Anda memutar atau mengunduh konten dari PC ke ponsel sehingga konten pribadi Anda dapat diakses setiap saat. Dukungan kamera HD 720p di sisi depan dipadu dengan kamera 8 megapixel di sisi belakang mampu memberikan hasil video HD 1080p dan foto resolusi besar.

Pada Motorola RAZR disematkan fitur Smart Actions yang mampu mematikan dering ponsel saat Anda bekerja, mengubah pengaturan Bluetooth dan GPS setibanya Anda di rumah untuk menghemat pemakaian baterai, atau mengirim SMS secara otomatis saat Anda tidak sempat menjawab panggilan telepon.

Motorola RAZR akan tersedia mulai 17 Desember mendatang di toko Erafone dan outlet resmi dengan harga Rp 5.990.000,-.

Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook Telah Hadir di Indonesia

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Hanya berselang waktu 1 minggu sejak CHIP melakukan preview Lenovo IdeaPad U300s, kini produk ultrabook terbaru dari Lenovo ini telah hadir di pasar Indonesia. Mengusung tema ultrabook yang dipadu antara desain dan kinerja, Lenovo U300s hadir dengan prosesor Core i7 generasi ke-2 i7-2677M yang diluncurkan di Fcone, FX Lifestyle X’enter, Jakarta (7/12).

Lenovo IdeaPad U300S ultrabook yang hadir dengan dukungan Intel, bersama Intel Turbo Boost Technology 2.0, dapat melakukan boot up hanya dalam waktu 10 detik dengan Enhanced Experience 2.0 RapidDrive SSD Technology. Hadir dengan ukuran layar HD 13,3 inci 16:9 bersama  memori sebesar 4GB DDR dan media penyimpanan SSD hingga 256 GB.

IdeaPad U300S memiliki ketebalan hanya 14,9 mm yang dibuat berdasarkan cangkang alumunium satu keping untuk menciptakan produk yang ramping dan ringan. Bahan alumunium ini akan memberikan nuansa rapih dan menawan, dari sisi layar hingga bagian body yang menghasilkan bobot ringan kurang dari 1,36 Kg.

Sandy Lumy selaku Country General Manager, Lenovo Indonesia mengatakan,"Terinspirasi oleh penampilan sebuah jurnal dan kemewahan dari para fashionista, kehadiran IdeaPad U300s dari Lenovo merupakan perpaduan bentuk perangkat IT mobile yang tipis, ringan dan memberikan kinerja maksimal."

Lenovo IdeaPad U300S tersedia dengan 2 warna pilihan yaitu Graphite Grey atau edisi terbatas Clementine Orange yang memberikan warna trendi. Warna ini dibuat melalui proses elektolisa dan sandblast untuk menciptakan lapisan sempurna tahan goresan. Pemaparan mengenai spesifikasi U300s dilakukan oleh Cung Cien dari Lenovo Indonesia.

Walaupun memiliki bobot yang ringan dan ramping, namun IdeaPad U300s mampu memberikan ketahanan baterai untuk jangka waktu penggunaan hingga 8 jam penuh, atau mampu bertahan selama 30 hari kondisi standby. Lenovo IdeaPad U300S ultrabook telah hadir dipasar Indonesia dengan harga USD$1699.

Berita Terkait : Tipis, Ringan, dan Cepat dari Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook

Canon Rilis Jajaran Scanner di Penghujung Tahun 2011

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Canon baru saja meluncurkan 8 produk printer Canon Pixma, menjelang di penghujung tahun, Canon kembali meluncurkan produk terbarunya pada mesin pemindai portable P-215 dan trio mesin pemindai berkecepatan tinggi yaitu DR-C125, DR-M140, dan DR-M160 (6/12).

Hadir pada acara peluncuran ini (foto dari kiri-kanan) Marselinus Tjhai selaku Marketing Executive Canon Consumer System Product Division, Monica Aryasetiawan selaku Division Manager Canon Consumer System Product Division, Yordan Aqsha selaku Customer Support Executive Canon Division dan Natar Adri selaku Pakar Manajemen Dokumen yang dilakukan di kantor Datascrip, Kawasan Niaga Selatan, Bandar Kemayoran, Jakarta.

Canon P-215

Pemindai yang hadir dalam bentuk kompak dan mudah dibawa kemana saja, P-125 memberikan kemudahan kepada penggunanya, termasuk tidak memerlukan instalasi aplikasi maupun driver pada komputer. Fitur High-SPeed 1-pass duplex scanning dan USB Powered memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan dokumentasi ataupun backup dokumen ke bentuk digital.

Canon P-215 memiliki dimensi 285 x 95 x 40 mm dengan bobot 1 Kg. Fitur Plug-n-scan dengan piranti lunak CaptureOnTouch Lite memberikan kemudahan yang mampu memindai dokumen dengan cepat dan mudah. Fitur USB powering hanya memerlukan daya yang minim, bahkan dengan terhubung ke port USB 3.0 pada komputer Anda, pemindai ini akan memberikan kecepatan maksimum yang sekaligus mendapatkan daya melalui port tersebut.

Dibekali dengan piranti lunak CaptureOnTouch Lite, menjadikan pengguna tidak perlu lagi menggunakan piranti lunak lain saat proses memindai dokumen. P-125 memberikan kecepatan 15 ppm / 30 ipm yang mampu memindai dokumen dengan daya tampung 20 lembar A4 pada bakinya. Terdapat feeder khusus untuk memindai plastic card dengan ketebalan berbeda dari dokumen kertas pada umumnya, sehingga memudahkan pengguna saat memindai kartu identitas berbahan plastik. Canon P-215 hadir dipasaran dengan kisaran harga USD$500.

Trio Pemindai Handal

Canon meluncurkan trio terbaru Document Scanner dari segmen Workgroup Scanner dengan tipe DR. Keunggulan dari tiga tipe ini merupakan Compact High Speed Scanne yang didesain untuk memberikan kecepatan tinggi dalam proses memindai dengan kualitas terbaik untuk unit kerja kecil dan menengah.

Canon DR-C125

 

Mesin pemindai ini bekerja pada sistem operasi Windows maupun Mac OS yang hadir dengan arsitektur desain ramping. Bentuk DR-C125 yang hemat tempat, memiliki mekanisme baki masuk dan keluarnya kertas yang menerapkan sistem U-turn path. Sistem ini memberikan kemudahan dimana dokumen kertas yang dimasukkan dari baki atas akan keluar setelah selesai dipindai ke baki yang berbeda, namun dengan arah yang sama ke atas. Tidak hanya dokumen kertas ukuran A4 atau kartu nama, DR-C125 dapat memindai dokumen dengan ketebalan yang tidak umum seperti kartu identitas berbahan plastik. Canon DR-C125 hadir dipasaran dengan kisaran harga USD$1100.

Canon DR-M140 dan DR-M160

Kedua mesin pemindai yang hadir untuk sistem operasi Windows, memberikan kemudahan pula saat memindai dokumen maupun kartu identitas berbahan plastik seperti DR-C125. Bahkan DR-M140 memiliki mekanisme Dual-ejection yang berarti mekanisme keluar dapat dipilih antara U-turn path ataupun Straight-path. Pada sektor kecepatan, DR-M140 dapat memindai 40 halaman dalam waktu 1 menit dan 80 halaman bolak-balik per menit, sedangkan DR-M160 dapat memindai 120 halaman bolak-balik pe menitnya. Canon DR-M140 hadir dengan kisaran harga  USD$1800 sedangkan DR-M160 dengan kisaran harga USD$2500.

Ubah Ide Menjadi Hal Positif dari Lenovo Do Network

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Lenovo mengumumkan peluncuran Do Network di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada para insan Indonesia untuk mengubah ide besar mereka menjadi hal positif. Dibuat berdasarkan kampanye "For Those Who Do", Do Networks memperluas keberadaan Lenovo untuk menghubungkan semua tim proyek dengan orang lain dalam komunitas yang dapat memberikan saran serta mengembangkan keterampilan dan keahlian untuk keberadaan Indonesia. Acara peluncuran Do Network mengambil lokasi di Mad for Garlic, Grand Indonesia, Jakarta (2/12).

Do Network berfokus kepada ruang online dimana warna negara Indonesia yang memiliki pemahaman sama dapat berkumpul untuk saling berbagi dan mendiskusikan ide yang mereka sukai, dan membentuk tim proyek untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah rencana yang dapat diimplementasikan secara nyata. Untuk membantu menggerakkan tim proyek ini. Lenovo menyediakan sumber daya penting berupa mentor dan teknologi, serta hadiah uang sebagai dana awal untuk merealisasikan proyek terbaik menjadi karya nyata. Dengan target untuk umur 21 hingga 25 tahun, seyogyanya Do Network akn menghasilkan bentuk yang berasal dari jiwa para pelajar yang selalu bereksplorasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain di Indonesia, Do Network juga hadir di Rusia dan India, dan di setiap negara, masing-masing dari ke-10 finalis terbaik akan menerima perangkat Lenovo yang nilainya hingga US$2.000. Untuk pemenang utama di setiap negara, akan menerima dana sebesar US$25.000 untuk melanjutkan pengerjaan proyek ke dunia nyata.

Do Network akan terdiri dari empat putaran kontes yang masing-masing berlangsung selama 90 hari, dengan tema dan tantangan tematis yang berbeda pada setiap putaran. Empat putaran kontes mencakup, sbb:

  1. Pendidikan Portabel
  2. Kemacetan
  3. Produk = Kemajuan
  4. Kategori Beragam

Sandy Lumy selaku Country Manager Lenovo Indonesia berkata,"Lenovo merupakan perusahaan yang memfokuskan pada tindakan nyata, dan kami menciptakan teknologi yang menarik bagi orang-orang yang tidak hanya bermimpi, tapi juga bekerja dan meraih prestasi."

Dharmayanti Kusuma selaku In-Country Marketing Specialist Lenovo Indonesia juga menambahkan"Hasil ide menjadi sebuah realita dari kegiatan Do Network dapat berupa perangkat keras maupun piranti lunak yang dihasilkan oleh Anak Bangsa."

Hingga saat ini, Do Network menghasilkan 26 proyek dan akan terus bertambah. Do Network telah mendapatkan dukungan dari Onno W. Purbo selaku pakar TI terkemuka Indonesia; Budiputra selaku blogger terdepan dan mantan country editor Yahoo Indonesia; dan Nurdin Nurdiansyah selaku peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Para mentor ini akan memainkan peranan penting dalam memberikan tantangan, memandu para tim proyek selama kontes dan akan jadi bagian dari proses seleksi untuk memperoleh 10 finalis terbaik.

Di akhir acara, Onno menambahkan,"Saya gembira dapat menjadi bagian dari Do Network Lenovo dan saya sangat percaya bahwa perpaduan dari kerja keras dan keterampilan para Mentor, tim proyek dan Lenovo akan menghasilkan proyek besar yang akan mengispirasi kaum muda Indonesia lainnya untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat luas."

Putaran pertama Do Network akan ditutup pada 4 Maret 2012, untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs http://donetwork.lenovo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar