Kamis, 15 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Digital 2D Art-Unlimited: Vector Lineart

Posted:

Oleh: Putra Adi Setiyawan

CHIP.co.id - Bermain dengan format vector memiliki keasyikan sendiri. Format ini memiliki kelebihan karena tidak dibatasi oleh resolusi. Teknik membuat lineart dengan vector ini merupakan teknik yang paling sering saya gunakan, terutama ketika saya membuat komik atau desain kaos. Kelebihan lain format vector ini adalah dikemas ke dalam ukuran file yang relatif kecil dan hasil goresan brush yang sangat halus dan jelas. Pada kesempatan kali ini, saya meng­gunakan Apple Mac OS (biasanya saya menggunakan sistem operasi Windows). Banyak yang menanyakan kepada saya, apakah perbedaan OS seperti ini bisa menghambat pekerjaan? Saya selalu jawab tidak. Saya selalu berpesan, apapun platform dan tools-nya, bukan menjadi alasan untuk berhenti berkarya dan berkreativitas!

1. Siapkan dokumen yang akan kita gunakan untuk membuat artwork. Gunakan dokumen ukuran A4. Untuk Color-Mode, gunakan CMYK. Di sini saya menggunakan Adobe Illustrator CS5. Namun, untuk feature brush ini saya sudah mencobanya di Adobe CS3 dan tidak ada masalah sama sekali.

2. Saya akan mencoba membuat line art dari salah satu penciling yang merupakan salah satu sample page waktu saya mencoba mendapatkan pekerjaan dari Marvel. Saya sangat menyukai karakter Wolverine. Untuk melihat sejumlah artwork pencil saya, Anda bisa mengunjungi deviantart saya di http://artupida.deviantart.com.

3. Proses selanjutnya adalah membuat pencil yang telah kita buat menjadi lebih transparan. Gunakan Opacity 34%. Teknik ini biasa dilakukan oleh para Inker artist komik dengan menggunakan Lightbox. Teknik ini pun sudah lama dilakukan oleh artis profesional di luar dan dalam negeri. Namun, seiring perkembangan teknologi, sepertinya teknik manual seperti ini secara perlahan akan ditinggalkan.

4. Lock layer tempat kita meletakkan pencil tadi dengan meng-klik simbol gembok di sebelah simbol mata. Buat layer baru dan beri nama yang mudah Anda ingat. Di sini saya memberi nama layer line-art dengan "Inking". penamaan layer ini sangat penting karena ketika objek yang kita buat mulai kompleks, Anda akan mudah untuk mencari dan mengedit suatu layer tertentu.

5. Sekarang, mari kita belajar untuk membuat custom brush dan inking dengan vector. Untuk brush, sangat disarankan untuk menggunakan perangkat graphic tablet karena di dalamnya terdapat satu feature "pressure". Feature ini sayangnya tidak terdapat pada mouse biasa. Pada Adobe Illustrator CS3, feature ini tidak ada masalah sama sekali. Klik menu pallete brush dan pilih "New Brush".

6. Ketika muncul dialog box seperti di atas, pilih "Calligraphic Brush" dan tekan "OK". Proses inking atau membuat line-art secara manual, sebenarnya mirip dengan membuat kaligrafi. Alatnya pun memiliki persamaan yaitu mendukung adanya pressure garis yang variatif.

7. Setelah kita memilih "Calligraphic Brush", maka akan muncul setting brush seperti diatas. Atur parameter seperti di atas. Untuk bentuk, dibuat lebih pipih dengan angle dan diameter di atur pada pressure. Hal ini dilakukan agar setiap kali kita menekan brush maka garis yang dihasilkan akan mengikuti pressure yang kita buat.

8. Apabila perlu, Anda bisa menyimpan setting brush yang telah dibuat tadi menjadi sebuah brush library. Namun, karena biasanya saya tidak banyak menggunakan setting yang rumit dalam membuat lineart, saya jarang sekali menyimpan brush tersebut.

9. Perhatikan perbedaan karakter brush pada contoh di atas. Brush paling kanan telah menggunakan pressure sehingga otomatis akan membuat line yang kita buat menjadi lebih dinamis.

10. Sebelum mulai, terdapat setting yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Klik dua kali pada tool brush untuk me­ngaktifkan "Paintbrush Tool Options" dan menonaktifkan dua option "Fill new brush strokes" dan "Keep selected".

Jadi Smart Shopper Bersama Blibli.com

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Blibli.com secara resmi memperkenalkan tampilan barunya yang semakin membantu konsumennya untuk membuat keputusan belanja yang smart, secara tepat dan cepat. Tampilan baru Blibli.com mengusung konsep curated pages, dimana dalam satu halaman, pelanggan dapat langsung melihat perpaduan satu produk dan produk lainnya dan mempertimbangkan rekomendasi, tips, maupun review terpercaya, baik dari para ahli maupun pelanggan lainnya.

Kehadiran tampilan baru ini diharapkan menjadikan pelanggan Blibli.com sebagai smart shopper; pelanggan yang tidak hanya membeli produk, namun juga bijak dalam berbelanja berbagai kebutuhan secara online, bahkan tanpa harus beranjak mencari referensi ke website lainnya. Tampilan baru ini juga ditunjang dengan penambahan merchant line up yang semakin menjangkau luas gaya hidup masyarakat seperti The Excecutive dan Mini Cooper.

“Semua upaya pengembangan tampilan, fitur, maupun layanan yang dlakukan Blibli.com ditujukan untuk membantu pelanggan menjadi smart shopper agar pada akhirnya Blibli.com menjadi online mall yang assisting customer assisting customer, dimana pelanggan yang telah menjadi smart shopper dapat membantu pelanggan lainnya untuk juga menjadi smart shopper,” ungkap Ivan M Hudyana, Head of Marketing Blibli.com.

Untuk mewujudkan Blibli.com sebagai sahabat pelanggan yang memberikan hanya saran-saran terbaik, Blibli.com menggandeng beberapa blogger yang pakar dalam bidangnya untuk memberikan informasi yang kredibel dan menjawab berbagai pertanyaan seputar produk yang menjadi bidang keahliannya. Blogger yang digandeng diantaranya Ario Pratomo dan Bethanny Putri.

Ario Pratomo adalah seorang professional muda penyandang predikat Asia’s Best Entrepreneur Under 25 yang gemar untuk berbagi informasi seputar gadget di blog pribadinya. “Kesibukan dalam bekerja kadang menyulitkan saya dalam mencari tahu tentang kualitas suatu produk gadget,” ujarnya. “Saya berharap dengan berbagi pengalaman dalam memakai suatu produk, orang lain yang sedang ingin membeli gadget dan bingung mencari informasi bisa terbantu.”

Sedangkan Bethanny Putri adalah seorang mahasiswi yang juga gemar berbagi ide fashionnya ke dalam blog. “Bagi saya, fashion itu seperti seni, sangat luas dan beragam. Dengan saling berinteraksi, para pecinta fashion bisa berbagi ide dan mengembangkannya seluas-luasnya dan tanpa batasan,” ungkap Bethanny.

Ivan menambahkan, “Dengan menggandeng para Blogger yang juga merupakan pelanggan, Blibli.com berharap dapat memfasilitasi kebutuhan pelanggan dalam bertukar informasi dengan sesamanya dan akan tercipta next generation shopper.”

Telkomsel, TiPhone, dan Qualcomm Hadirkan TiPhone Evolution A500 Android 3G Dual Sim Card

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel bersama TiPhone Mobile Indonesia dan Qualcomm menghadirkan paket bundling Andorid 3G dual sim card TiPhone Evolution A500 dengan harga dibawah satu juta rupiah. Acara peluncuran TiPhone Evolution A500 mengambil lokasi di Negev Resto, Jakarta (14/12).

Sarwoto Atmosutarno selaku Direktur Utama Telkomsel mengatakan,"Peluncuran paket bundling TiPhone Volutiono A500 menjadi salah satu ponsel pintar yang hadir untuk masyarakat Indonesia untuk mengakomodir kebutuhan mobile lifestyle masyarakan saat ini yang ditawarkan dengan paket bundling dan harga ponsel yang terjangkau."

Garuda Sugardo selaku Direktur Utama TiPhone Mobile Indonesia berujar,"Kolaborasi antara TiPhone yang hadir dengan paket bundling Telkomsel, bersama dengan dukungan Qualcomm sebagai penyedia prosesor yang handal, diharapkan dapat menjangkau pengguna mobile internet yang menginginkan produk berkinerja maksimal dengan harga yang sangat terjangkau."

Ben Siagian selaku Senior Director & Country Manager Qualcomm Indonesia mengungkapkan,"Qualcomm memberikan dukungan penuh kepada perangkat bergerak yang menggunakan teknologi Snapdragon kami, terlebih untuk masyarakat Indonesia yang memerlukan akses cepat melalui teknologi yang kami miliki, serta paket dari Telkomsel memberikan dukungan 3G yang luas untuk para pelanggannya."

Paket bundling TiPhone Evolution A500 memberikan layanan akses internet full service berkecepatan tinggi yang didukung dengan TelkomselFlash secara cuma-cuma di bulan pertama untuk aktivitas browsing, email, dan chatting. Selanjutnya pelanggan hanya membayar paket internet seharga Rp 30.000 di bulan kedua hingga keenam. Telkomsel juga memberikan secara cuma-cuma fasilitas untuk telepon selama 1.200 menit pada pukul 00.00 hingga 17.00 di bulan pertama setelah pelanggan melakukan pengisian ulang pulsa minimum Rp 10.000,-. Pelanggan yang membeli paket ini juga akan mendapatkan secara cuma-cuma untuk akses call Skype to Skype unlimited pada dua minggu pertama.

TiPhone Evolution A500 hadir dengan layar 3,5 inci yang sudah mengadopsi sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dengan fitur Wi-Fi, Blutooth, GPS, kamera 2 megapixel, dan tersedia eksternal memori. Ponsel ini juga telah dibundling dengan Telkomsel dengan harga Rp 999.000,- yang diperkuat dengan hadirnya prosesor Qualcomm Snapdragon S1 yang memberikan kecepatan dan kualitas audio-video dengan ketahanan baterai yang bertahan lama.

Penggunaan produk bundling dalam paket TiPhone Evolution A500 didukung sepenuhnya melalui jaringan yang telah dimiliki oleh Telkomsel. Tercatat sebanyak 44.000 Base Transceiver Station (BTS) termasuk 9.000 Node B untuk BTS 3G yang siap menghadirkan mobile internet berkualitas bagi pengguna ponsel Android di Indonesia.

Solusi Pendingin Emerson Network Power Peroleh Sertifikasi Tahan Gempa

Posted:


CHIP.co.id - Emerson baru saja mengumumkan bahwa solusi pendingin PEX Liebert Emerson telah mendapatkan sertifikasi dari pusat penelitian gempa Universitas Guangzhou (Guangzhou University’s Earthquake Engineering Research and Test Center/EERTC).

Lebih dari 8.000 unit PEX Liebert telah diproduksi sejak awal diluncurkan, dimana proses perancangan dan perakitannya dilakukan di Asia. Produk ini mampu melindungi peralatan penting secara optimal melalui kontrol yang presisi atas suhu, kelembapan dan aliran udara.

Dengan keunggulan tersebut, PEX Liebert merupakan pendingin presisi tunggal bagi pelanggan yang memerlukan keandalan dan fleksibilitas serta harga terjangkau. PEX Liebert telah menjalani tiga uji tahan gempa dengan intensitas gempa hingga sembilan derajat atau setara dengan 6 – 7 skala Richter, dan alat ini tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

“Hasil tes ini hadir tepat saat perusahaan-perusahaan di Asia lebih berhati-hati dalam investasi bisnis akibat dampak buruk bencana gempa yang melanda Jepang dan Selandia Baru,” kata John Parikh, Enterprise Market Management Organization General Manager for Emerson Network Power in Asia.

Gempa bumi yang mencapai 6 – 7 skala Richter akan menyebabkan kerusakan pada bangunan, runtuhnya dinding, retak pada tanah, penyebaran keretakan di bagian sisi dan jatuhnya bebatuan. Dalam gempa pada skala ini, kehancuran yang diakibatkan bisa sedang atau parah dan orang limbung saat bergerak.

“Kejadian di Jepang dan Selandia Baru, menunjukkan pentingnya memiliki peralatan yang tahan gempa dan mengurangi kerugian finansial akibat down-time. Emerson Network Power memiliki reputasi, sebagai perusahaan yang mendapat sertifikasi PEX Liebert, menjadi credential tambahan bagi Emerson untuk menjamin Business-Critical Continuity," tambah Parikh.

Tersedia di seluruh Asia, PEX Liebert dan produk Emerson lainnya telah menjalani pengujian secara komprehensif sejak dari pabrik demi memastikan ketahanan dan kehandalannya. Emerson telah mengadopsi pengujian bagi seluruh produknya, yang tidak bisa disaingi oleh vendor lain.

Samsung Galaxy Nexus Hadiah Natal Terbaik di Tahun 2011

Posted:

CHIP.co.id - Apakah Anda masih bingung mencari hadiah Natal untuk orang terkasih? Untunglah CHIP.co.id memiliki kabar baik. Dilansir dari Verizon Wireless, bahwa mereka akan segera merilis smartphone teranyar Samsung Galaxy Nexus mulai hari ini, Kamis - 15 Desember 2011.

Smartphone Android bersistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang sudah ditunggu-tunggu para pecintanya ini, dibanderol harga ritel di luar Indonesia sekitar 299 Dollar Amerika dengan kontrak dua tahun.

Sayangnya, belum ada informasi terkait bahwa smartphone yang mampu berjalan pada jaringan LTE 4G tersebut akan dipasarkan di Indonesia. Jadi, bagi Anda yang berdomisili di Indonesia dan menginginkan Samsung Galaxy Nexus, lebih baik mengetahui beberapa fitur mengapa smartphone ini menjadi hadiah natal terbaik di tahun 2011.

Redesigned user interface, perubahan desain antar muka di smartphone ini lebih memudahkan pengguna untuk menjalankan fitur multi-tasking.

Face Unlock, menggunakan sistem state-of-the-art untuk mengenali wajah pengguna yang dapat digunakan untuk membuka menu di Samsung Galaxy Nexus.

Android Beam, memudahkan pengguna memasuki halaman HTML 5 Web Browser dan mengupload video ke YouTube.

Redesigned Camera, pada ponsel ini, Samsung dan Google menyuguhkan kamera 5MP dengan zero-shutter lag yang dapat digunakan untuk instant photo capturing, kamera depan 1.3 MP dan video capture 1080p.

People Application, bagi Anda yang memiliki banyak teman dan aktif di jejaring sosial, Samsung Galaxy Nexus mampu menyuguhkan foto update beresolusi tinggi di jejaring sosial, seperti Google+.

Google+, Anda dapat melakukan chatting dengan sesama pengguna Google+ Messenger.

Cloud Services, Anda juga dapat melakukan layanan komputasi awan untuk menyimpan email, nomor telepon, foto, musik, bookmark browser dan data lainnya. Jadi dengan layanan ini, Anda tidak perlu takut apabila data penting Anda hilang.

Google Music, aplikasi yang dipopulerkan pada bulan November yang lalu ini juga sudah dapat digunakan untuk upload musik hingga 20.000 buah ke sistem komputasi awan milik Google dan apabila Anda ingin mengunduh musik terbaru dari musisi tercinta, smartphone ini juga dapat digunakan untuk membeli musik terbaru mereka dari Android Market.

Google Mobile Services, dengan dukungan aplikasi ini Anda dapat mengakses Google Maps dalam peta 3D, Google Earth, Movie Studio, YouTube, sinkronisasi dengan Google Calendar dan 300.000 aplikasi lainnya yang dapat diunduh langsung dari Android Market.

Selain fitur yang disebutkan di atas, Samsung juga tidak lupa menambahkan prosesor dual-core 1.2 GHz, 1GB RAm dan 32 GB on-board memory yang membuat smartphone ini mampu menjalankan beragam aplikasi dengan mudah dan cepat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Nexus:

  • OS: Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • Chipset: TI OMAP 4460
  • CPU: Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9
  • GPU: PowerVR SGX540
  • Network: 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Network HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100, 4G Network LTE 700 (region specific)
  • Dimensions: 135.5 x 67.9 x 8.9 mm, Weight 135 g
  • Display: Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, Size 720 x 1280 pixels, 4.65 inches (~316 ppi pixel density), Protection Oleophobic coating
  • Memory: Card slot No, Internal 16/32GB storage, 1 GB RAM
  • Speed: HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • NFC: Yes
  • Camera: Primary 5 MP, 2592x1936 pixels, autofocus, LED flash, Secondary 1.3 MP
  • Video: 1080p@30fps
  • Battery: Standard battery, Li-Ion 1750 mAh

 

Prediksi Tren Mobile Marketing di Tahun 2012

Posted:

CHIP.co.id - BuzzCity, perusahaan media mobile yang menyediakan jaringan iklan dan layanan-layanan khusus untuk situs mobile, baru saja mengeluarkan prediksinya untuk tren mobile marketing di tahun 2012.

Menurut KF Lai, CEO BuzzCity, tahun 2011 telah menjadi tahun yang sibuk dalam industri mobile dan sudah membawa beberapa perubahan nyata. Di tahun 2012 ini, Lai menyimpulkan, terdapat 5 prediksi penting yang harus diperhatikan bagi Anda pengembang Mobile Marketing, yaitu:

Para Praktisi Pemasaran Akhirnya Dikalahi ‘fragmentation’

Menurut KF Lai, tahun 2012 adalah tahunnya saat developer dan brand akhirnya lelah menyasar Operating System atau handset tertentu untuk kampanye mereka, karena pengkhususan seperti itu menyebakan kehilangan pasaran.

“Jadikan internet mobile, secara umum, fokus utama untuk menampilkan kampanye Anda, tanpa memilih platform yang khusus. Mulai tahun 2012, berikan perhatian lebih ke format HTML5, kerana platform ini sanggup memberikan pengalaman yang kaya seperti layaknya aplikasi. Tetapi masih banyak aturan yang harus di jalani kerana, mayoritas ponsel belum mendukung teknologi ini.” kata KF Lai.

Tablet Diakui Menjadi Media dengan Penggemar Tersendiri

Ketika tablet diluncurkan,para pemerhati IT khawatir, bahwa perangkat baru itu akan menelan market PC Laptop maupun market ponsel. Ini tidak terjadi dan tidak akan terjadi. Ekosistem yang baru telah terbentuk seiring dengan kebiasaan penggunaan media baru ini. Hal ini akan lebih terlihat di tahun 2012, dimana lebih banyak lagi games dan aplikasi-aplikasi yang akan  menentukan pola konsumsi melalui perangkat tablet. 

Kupon Mobile Mencuri Perhatian.

Saat membicarakan transaksi mobile, nilai lebih akan didapatkan dari pilihan produk kupon mobile yang dikirimkan ke dompet mobile konsumen, yang kemudian kupon bisa ditebus di toko dengan menunjukan ponsel.

Mobile internet ditambah kupon dan pembayaran mobile adalah sebuah ‘winning formula’. Penting untuk membuat cara ini berbiaya efektif, agar para pengusaha retail kecil dapat menarik pelanggan dengan kupon mobile, yang akan merangsang m-commerce menjadi alat utama (mainstream).

Bisnis Kecil Menerapkan Sosial Media.

Akan lebih banyak lagi pemilik bisnis kecil yang mengambil manfaat sosial media (Facebook, Twitter, dll) guna menciptakan kehadiran di mobile dan web serta mengambil keuntungan dari m-commerce, khususnya di pasar berkembang.

Transisi M-Commerce di Pasar Berkembang.

Di Amerika Serikat, E-commerce – termasuk penjualan online, katalog dan mobile – sekarang terhitung lebih dari 40% dari total hasil penjualan di banyak sektor. Aturan yang baik melindungi konsumen dan mengesahkan bisnis serta menyarankan lebih banyak orang untuk mengakses e-commerce.

“Pasaran yang terkawal, yang merangkul kepercayaan konsumen akan dicontohi oleh mereka yang tertinggal dalam m-commerce, kerana dapat menunjukan bagaimana seharusnya m-commerce dijalankan guna menghasilkan dividen yang bagus”, kata KF Lai membicarakan perusahaan yang sudah memulai strategi m-commerce mereka lebih dahulu.

Mengakhiri pembicaraan, Lai juga menambahkan sedikit harapan perkembangan M-Commerce di Indonesia. "Kami berharap akan terjadi tren yang sama di negara berkembang seperti Indonesia, segera sesudah para regulator menghentikan segelintir penyedia layanan konten (VAS) yang dengan tidak jujur mengambil keuntungan dari celah tagihan ponsel."

HTC dan Telkomsel Hadirkan HTC Explorer dan HTC Rhyme di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - HTC Corporation dan Telkomsel menghadirkan ponsel pintar berbasis Android Gingerbread yaitu HTC Explorer dan HTC Rhyme untuk pasar Indonesia. HTC Explorer hadir dengan bentuk kompak dengan layar 3,2 inci dengan harga terjangkau, sedangkan HTC Rhyme menampilkan bentuk anggun dengan layar 3,7 inci yang memiliki keragaman ponsel warna menawan. Acara peluncuran ini mengambil lokasi di Negev Resto, Jakarta (13/12).

Agus Sugiharto selaku HTC Country Manager Indonesia membuka acara dengan mengatakan,"HTC Explorer merupakan ponsel pintar yang mudah digunakan, menempatkan pelanggan dalam kontrol dan akses cepat untuk kemudahan konten penting dan informasi. Sedangkan HTC Rhyme menyajikan pengalaman baru dan unik kepada konsumen, terutama dengan hadirnya aksesoris inovatif seperti HTC Rhyme Charm dan Docking Station."

Gideon E. Purnomo selaku Vice President Channel Management Telkomsel mengatakan,"Peluncuran paket bundling HTC Explorer dan HTC Rhyme bersama dengan Telkomsel menjadikan salah satu bentuk kerjasama HTC dan Telkomsel dalam menyediakan kebutuhan masyarakat Indonesia akan penggunaan ponsel pintar berbasis Android." Gideon juga mengungkapkan akan pertumbuhan Android di Indonesia yang berkembang pesat, tercatat sebanyak 170 ribu pelanggan pada Maret 2011 lalu yang bergerak cepat hingga ke 900 ribu pelanggan pada saat ini. Telkomsel juga menargetkan ekspansi kapasitas yang saat ini dilakukan pada 25 kota, akan menjadi 45 kota, bahkan pada tahun 2012, peningkatkan bandwidth juga akan dilakukan hingga 100 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Samudro Seto selaku HTC Head of Product Marketing HTC Indonesia memaparkan berbagai fitur yang dimiliki oleh HTC Explorer dan HTC Rhyme.

HTC Explorer

Ponsel pintar Android yang terintegrasi dengan HTC Sense, memberikan kemudahan pelanggan dalam merasakan grafis yang tajam, animasi yang lebih hidup, serta berbagai widget dan sinematik cuaca. HTC Explorer mencakup layar yang dapat dikustomisasi dan berfungsi sebagai jendela real-time ke informasi dan konten terkini, seperti update jejaring sosial, foto, cuaca, hingga update informasi saham. Kehadiran Lock Screen di tangan pengguna untuk akses cepat ke kamera, juga memberikan kemudahan saat merekam momen penting.

Fitur Smart Dial yang memudahkan pengguna saat mencari nomor telepon teman atau kerabat Anda, menjadikan pengalaman tersendiri kepada pengguna ponsel pintar Android ini. Terdapat juga fitur Smart URL yang mampu memprediksi dan melakukan koreksi saat akan mengunjungi suatu situs. Dukungan flash yang memberikan tampilan secara full web pada layar ponsel.

HTC Explorer menggunakan prosesor 600 MHz dengan memori 512 MB dengan bobot 108 gram dengan baterai. Ponsel Android ini memiliki kamera 3 megapixel dengan fixed focus untuk merekam foto dan video, dan terdapat eksternal memori microSD yang dapat ditambahkan oleh pengguna.

HTC Explorer hadir dengan warna Metallic Black dan tersedia di reseler resmi dan Grapari Telkomsel mulai dari minggu ke-4 Desember dengan harga Rp 2.499.000,- yang sudah termasuk dengan paket data unlimited cuma-cuma dari Telkomsel selama 3 bulan. Akan hadir pula casing dengan berbagai pilihan warna menarik yang dijual terpisah di kemudian hari.

HTC Rhyme

Ponsel HTC yang diperuntukkan untuk kaum hawa, hadir dengan bentuk berwarna definitif Clearwater dan dibuat dengan garis kurva ramping pada sisi belakang. Hadir dengan HTC Rhyme Docking Station yang memberikan secara otomatis mengisi kembali baterai telepon sekaligus menjadikan sebuah jam alarm dan music center.

HTC Rhyme juga hadir bersama dengan HTC Rhyme Charm yang merupakan sebuah kubus kecil dengan pemancar cahaya yang menempel pada telepon dengan kabel yang dapat disematkan pada tas Anda. Charm akan menyala ketika mendapatkan panggilan telepon masuk, sehingga memudahkan Anda untuk mendeteksi panggilan, pun ponsel berada pada tas ataupun ransel Anda.



Aksesoris lainnya yang hadir bersama paket HTC Rhyme adalah HTC Rhyme Tangle Free Headphones, yang merupakan earphone yang didesain khusus, bebas dari kerumitan kabel saat Anda mendengarkan musik. Earphone ini menggunakan kabel khusus untuk menghindari kerumitan kabel saat digunakan, juga hadir dengan bahan berkualitas tinggi.

Untuk merekam momen penting, HTC Rhyme hadir dengan 5 megapixel 28 mm lensa wide angle, juga menggunakan lensa bukaan f2.2 yang mampu menangkap momen pada kondisi kurang cahaya. Fitur lainnya adalah sweep panorama, action burst, portrait beautiful dan slow motion video.

HTC Rhyme dengan bobot 130 gram dengan beterai, menggunakan prosesor 1GHz dengan memori internal sebesar 1 GB, RAM 768 MB dan terdapat eksternal memori melalui slot microSD. HTC Rhyme dengan pilihan warna biru, putih dan coklat hadir dalam paket bersama HTC Rhyme Docking Station, HTC Rhyme Tangle Free Headphones, dan HTC Rhyme Charm. Tersedia di reseler resmi dan Grapari Telkomsel mulai dari minggu ke-4 Desember 2011 dengan harga Rp 4.999.000,- dan termasuk paket unlimited cuma-cuma dari Telkomsel selama 6 bulan.

Berita Terkait: HTC Explorer dan HTC Rhyme akan Hadir di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar