Kamis, 22 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Seminar Nasional UAV Technology

Posted:

CHIP.co.id - Grup Robot, Institut Teknologi Telkom dan Globalindo Technology Service Indonesia menghadirkan sebuah Seminar Nasional UAV bertema “National Seminar on UAV, Technology and Its Applications”. Seminar ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 24 Desember 2011 di Gedung Serba Guna Institut Teknologi Telkom, Bandung.

Sekilas tentang UAV

UAV merupakan sebuah sistem pesawat tanpa awak yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai jenis misi penginderaan jarak jauh berbasis video maupun foto/still image. Misi yang bisa diemban meliputi surveillance, reconnaisance, monitoring, patroli udara, foto udara resolusi tinggi. UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dikenal sebagai pesawat terbang tanpa awak atau dikenal juga dengan istilah UAS (Unmanned Aircraft System) di Amerika. UAV didefinisikan sebagai pesawat terbang tanpa pilot, menggunakan gaya aerodinamik untuk terbang, baik secara mandiri (otomatis) dengan bantuan autopilot atau dikemudikan jarak jauh dengan bantuan remote control, dan dapat membawa muatan senjata atau tidak.

Pembicara

Pada seminar yang akan diselenggarakan, pembicara utama adalah Bapak Endri Rachman, Dipl.-Ing., seorang lulusan Teknik Penerbangan dari universitas terkemuka TU Braunschweig (Jerman). Ia merupakan mantan Pegawai PT IPTN yang telah terlibat dalam beberapa proyek diantaranya pesawat N250 dan N2130, dengan tugas menrancang logika autopilot dan sistem kendali pesawat Fly-by wire Flight control system. Sejak tahun 1999, ia bekerja di sebuah universitas penelitian terkemuka di Malaysia, Univerisiti Sains Malaysia, sebagai pengajar dan peneliti dalam bidang UAV dan Autopilot.

Penemuan Small Flight Control Simulator (Ironbird) of F-16 mengantarkan Endri Rachman meraih penghargaan tertinggi medali emas pada pameran Malaysian Technology Expo 2006. Pemerintah Sudan pun sudah melirik penemuan itu. Selain itu ia juga telah mendapat beberapa penghargaan dari Inggris dan Jerman, untuk produk penelitiannya dalam bidang UAV seperti Flight simulator for UAV, Hardware In The Loop Simulator (HILS) for Unmanned System, dan Handlaunched UAV.

Pak Endri juga sudah mendisain dan membuat prototype UAV, seperti UAV Kujang, Keris, dan Bumerang. UAV tersebut bisa digunakan untuk pemantauan kebakaran hutan, pemantauan bencana tsunami, tanah longsor, pencarian korban kecelakaan, lalu lintas maritim, pencarian kandungan mineral bawah tanah, sampai pesawat mata-mata militer. Ia juga adalah pendiri dan direktur PT Globalindo Technology Services Indonesia (GTSI), sebuah perusahaan pembuat UAV yang didirikannya pada tahun 2007 dan bermarkas di Jalan Sarijadi–Bandung. Saat ini, PT GTSI banyak bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi UAV.

Gadget Akhir Tahun

Posted:

CHIP.co.id - Akhir tahun oleh sebagian orang digunakan untuk memberikan sebuah bingkisan kepada rekan kerja atau keluarga tercinta. Tidak ada salahnya untuk kali ini, Anda memberi sebuah bingkisan hadiah akhir tahun berupa produk IT atau gadget yang menarik. Seperti apa bingkisan hadiah akhir tahun rekomendasi CHIP?

Acer Aspire S3

Untuk Anda yang menyukai komputer portabel dengan desain menarik serta tipis, Acer Aspire S3 cocok dengan kriteria tersebut. Selain memiliki desain menarik, Acer Aspire S3 memiliki daya tahan baterai yang tergolong baik, bobot yang ringan (1,3 kilogram), Acer Instant Connect, dan Acer Instant-On. Feature Instant Connect membuat ultrabook ini dapat terhubung dengan­ jaringan wireless secara instan dan 4x lebih cepat dibandingkan notebook lainnya. Selain itu, feature Instant-On yang dimiliki membuat Aspire S3 dapat dihidupkan dalam waktu kurang dari 2 detik saja! Acer Aspire S3 menggunakan prosesor Intel Core i3/i5 generasi kedua. Prosesor Intel Core i-series generasi kedua menawarkan performa yang lebih cepat dan memiliki manajemen daya yang lebih baik. Selain itu, Acer Aspire S3 juga menawarkan pengalaman menarik lainnya dalam urusan daya dibandingkan produk-produk sebelumnya.
HARGA: MULAI DARI RP 7.299.000

Kingston DT Ultimate 3.0 G2 32GB


Di era modern ini, media penyimpanan data portabel sudah menjadi satu kebutuhan yang penting. Hal ini tidak saja berlaku untuk Anda para orang tua yang telah bekerja, namun juga untuk para pelajar. Flashdisk kerap kali dijadikan pilihan untuk penyimpanan data portabel karena dimensi fisik yang kecil bila dibandingkan dengan hard disk portabel. Atas dasar itulah, CHIP memilih Kingston DT Ultimate 3.0 sebesar 32 GB sebagai salah satu kandidat untuk kado di akhir tahun ini. Flash disk ini memiliki performa yang baik. Hal tersebut terlihat dari kecepatan baca sebesar 130 MB/s dan kecepatan tulis hingga 80 MB/s pada mode USB 3.0 sehingga cocok digunakan untuk sarana pertukaran data yang berukuran besar.
HARGA: RP 875.000

Logitech F710

Musim liburan tentunya sangat dinantikan oleh Anda sekeluarga. Jika Anda sekeluarga tidak memiliki rencana untuk bepergian, tidak ada salahnya berlibur di rumah dan bermain game bersama keluarga. Untuk menambah pe­nga­laman bermain game, tidak ada salahnya mempertimbangkan sebuah gamepad. Penggunaan gamepad sebagai alat bantu akan menambah pengalaman bermain game Anda sekeluarga, terlebih ketika gamepad yang digunakan sudah tidak memiliki kabel. CHIP memilih Logitech F710 karena faktor harga dan feature yang dimiliki.  Anda sekeluarga tidak akan direpotkan dengan kabel yang melintang ketika sedang bermain.
HARGA: Rp 350.000

Apple iPod Touch 4th Gen 64 GB


Hingga saat ini, Apple telah menghadirkan empat buah varian dari iPod. Varian yang paling akhir dan tercanggih adalah iPod Touch generasi ke-4. CHIP mempertimbangkan produk ini sebagai kado yang cocok karena harga yang semakin terjangkau dan juga berbagai feature yang dimiliki. Dengan berbagai feature yang dimiliki, iPod Touch terbaru ini memiliki potensi besar sebagai salah satu pengusir rasa bosan di mana saja. Anda dapat mendengarkan lagu, memutar video favorit, bermain game, membaca e-book, berselancar di Internet, dan berbagai hal lainnya.
HARGA: Rp 3.800.000

Samsung Galaxy SII


Smartphone yang satu ini masih tergolong baru di Indonesia. Dengan spesifikasi layar Super AMOLED, resolusi 480 x 800, 16 juta warna, prosesor dual-core ARM Cortex-A9, Mali-400MP GPU dan kamera 8 megapixel, Samsung Galaxy SII dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Sistem operasi Android yang digunakan merupakan versi 2.3 atau yang lebih dikenal dengan Gingerbread. Dimensi layar yang digunakan tergolong besar, yaitu 4,3 inci, akan sedikit menyulitkan Anda untuk menyimpannya dalam saku. Namun, layar berukuran besar akan memudahkan Anda dalam bernavigasi dan membuatnya nyaman untuk browsing di Internet, serta memutar film.
HARGA: Rp 5.299.000

Mari Nyanyi Lagu Anak di Marinyanyi.com

Posted:

CHIP.co.id - Bertempat di XXI Lounge, Plaza Senayan, Rabu (21/12/2012) lalu, diluncurkan sebuah situs portal download lagu anak Indonesia yang bernama marinyanyi.com. Situs ini lahir dari keprihatinan terhadap keadaan musik anak di Indonesia.

"Kita sering melihat anak-anak menyanyikan lagu dewasa seperti Cherrybelle, 7 Icons, Letto, dan lain-lain. Tapi sudah jarang yang menyanyikan lagu anak-anak," ungkap Djito Kasilo, salah satu pencipta lagu di marinyanyi.com.

Saat ini terdapat 58 lagu di situs ini yang dapat diunduh secara gratis. Selain itu, kita juga dapat memesan lagu anak dengan menyertakan materi lagu tersebut. Kemudian kita tinggal menunggu beberapa hari hingga lagu tersebut selesai digarap.

Cara memesan lagu di marinyanyi.com

"Belilah CD kosong, isilah dengan lagu-lagu dari situs ini, lalu bagikan secara gratis ke TK, SD, panti asuhan yang membutuhkan," ujar Djito Kasilo.

(Ki-Ka): Seno M. Harjo, Djito Kasilo, Tere, Kak Nunu

Dalam acara peluncuran ini, hadir beberapa tokoh di dunia musik antara lain Seno M. Harjo dari Anugrah Musik Indonesia (AMI), Tere (penyanyi yang sekarang menjabat anggota DPR Komisi X), serta Kak Nunu. Acara ini juga dihadiri oleh para ibu yang membawa serta anak-anaknya sebagai bentuk dukungan terhadap situs ini. Diakhir acara, Kak Nunu bersama Tere mengajak semua pengunjung untuk menyanyikan satu lagu anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar