Rabu, 14 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Revolusi di Internet

Posted:

CHIP.co.id - Arsitektur web yang masih mengadopsi teknologi awal tahun 90-an kini menghambat kinerja browser generasi baru dan lebih mudah diserang. Teknologi baru akhirnya muncul dan mampu membuat web lebih cepat dan lebih aman.

Daniel Bernstein dan Jeff Hodges adalah penggerak revolusi. Yang mereka kerjakan sangat berarti bagi setiap orang yang ingin menggunakan Internet dengan aman dan cepat.

Mereka meneliti jalur web yang lama, seperti protokol TCP dan HTTP. Jalur alternatif temuan mereka akan menyingkirkan masalah terbesar dan membuat Internet siap untuk masa depan dengan web yang semakin interaktif.

Protokol lama menghambat kinerja web modern layaknya lubang di tengah jalan tol. Selain itu, hacker amat mudah memata-matai password atau me­ngen­dalikan browser dengan serangan cyber yang semakin canggih.

Bernstein, Hodges, dan rekan-rekannya kini berupaya mencapai tingkat keamanan yang lebih baik dan transfer data yang lebih cepat. Nama protokol yang baru adalah DNSCurve, CurveCP, HSTS, dan SPDY. Untuk hasil yang optimal, produsen browser dan pengelola web server harus mendukung teknologi baru tersebut.

Untuk memahami mengapa setiap pengguna akan menikmati revolusi ini, kita harus meneropong masalah-masalah protokol data aktual. Transfer data di web – komunikasi antara pengguna dan website berlangsung dalam tahapan yang telah ditetapkan dengan segala kelemahannya.
Sebuah ‘TCP-Handshake’ membangun koneksi ke website dan di sini CurveCP akan melindungi dari serangan. Selanjutnya, konten web akan ditransfer, ini akan diubah dengan­ HSTS.

Transfer melalui HTTP juga terbatas secara teknis. Di sini, Google ingin meningkatkan kecepatan dengan SPDY. Namun sebelum koneksi ke website terbangun, DNS harus menemukan alamat IP dari URL yang dimasukkan. DNSCurve bertugas mencegah hacker memanipulasi penerjemahan alamat ini.

DNSCurve: Tidak ada lagi phishing

Sebuah URL terdiri atas tiga bagian, yaitu protokol yang digunakan (http://), nama domain (www.chip), dan top-level-domain (.co.id). Jika URL dimasukkan ke dalam address bar di browser, browser akan menampilkan website yang dimaksud. Untuk itu, URL membutuhkan alamat IP website yang didapatkan dari server DNS.

Biasanya, server DNS menyampaikan IP Address tanpa enkripsi. Metode ini  sangat berbahaya. Jika hacker mampu mengubah IP Address, Anda bisa diarahkan ke website phishing. Tujuannya adalah untuk mencuri data login Anda. Serangan yang disebut DNS-spoofing ini sangat berbahaya.

Upaya pertama mengamankan per­min­taan DNS adalah melalui DNSSEC (Domain Name System Security Extension) yang mulai digunakan pada tahun 2005 dan mengenkripsi informasi domain di server-server DNS. Namun, jalur paket DNS antara PC pengguna dan server DNS tetap tidak terenkripsi. Bagi para pakar TI, kondisi ini menunjukkan bahwa DNSSEC telah gagal.

Alternatif yang dikembangkan Daniel J. Bernstein dari University of Illinois adalah DNSCurve. Proses ini mengamankan transfer nama domain dan IP Address dengan mengenkripsi permintaan dan jawaban pada ujung-ujungnya, ya itu di dalam sistem operasi client DNS dan server DNS.

Bila Anda mengetikkan URL www.website.com, client DNS mengirimkannya ke server sebagai www.123456789.website.com. Angka-angka tersebut adalah Public Key. Hanya server DNS yang dapat mendekripsi permintaan itu karena hanya server itulah yang memiliki kunci pribadi (Private Key) yang dibutuhkan.

Pada jalur sebaliknya, server mengirimkan IP Address yang bersangkutan dengan metode enkripsi yang sama dan asal paket data juga diverifikasi. Hacker yang menyadap data yang ditransfer tidak dapat memanfaatkannya.

Banyak server DNS telah mendukung teknologi baru ini. Selain keamanan, DNSCurve juga memiliki kelebihan, yaitu tidak membutuhkan revolusi server dan hanya perlu meng-install sebuah software untuk menggunakannya. Pertanyaannya, kapan Windows mendukung teknologi ini dalam client DNS-nya?

CurveCP: Mengenkripsi dengan Curve

Curve CP mengenkripsi transfer data pada titik akhirnya. Dengan prinsip ini, Daniel Bernstein juga ingin merevolusi protokol transportasi. Protokol ini menghubungkan browser dengan website dan mengirimkan data dalam dalam bentuk paket. TCP yang selama ini digunakan telah berusia 19 tahun dan tidak terenkripsi, sehingga mudah dimanipulasi dengan malcode.

Karena itu, CurveCP juga mengandalkan enkripsi asimetris antara browser dan webserver. Hanya penerima yang dapat mendekripsi dengan Private Key. Prinsip yang sama digunakan dalam enkripsi PGP untuk lalu-lintas e-mail. Namun, metoda yang digunakan CurveCP berbeda. Kurva  CurveCP menggunakan metode Eliptis Sistem Krypto Curve 25519.

Di balik nama yang rumit, tersembunyi kalkulasi logaritma sebuah kurva eliptis. Dalam prakteknya, enkripsi ini menggunakan kunci yang jauh lebih singkat daripada metode enkripsi asimetris lainnya. Sebagai perbandingan, kunci Curve 25519 sepanjang 160 Bit sama amannya dengan kunci RSA sepanjang 1.024 Bit. Namun, kelebihan dalam sistem keamanan ini ada harganya dibandingkan transfer data tanpa enkripsi. Akan tetapi, menurut Bernstein, kecepatannya hanya 1,15 kali lebih lambat daripada protokol TCP. Selain itu, meski enkripsinya rumit, kinerja CPU juga tidak terbebani.

CPU modern dapat dengan mudah memproses 10 juta kunci dalam waktu kurang dari 10 menit. Peselancar web tercepat pun tidak akan mampu membuka 16.600 website/detik.

Google adalah penyedia browser pertama yang mengaplikasikan teknologi ini ke dalam versi pengembangan terbaru Chrome. Rencana ini pun menimbulkan perdebatan seputar pengganti protokol TCP yang sudah kuno. Karena CurveCP ingin menggantikan salah satu pilar dasar web, mau tidak mau, produsen browser lainnya juga harus mendukung.

Namun ketika dikonfirmasi, Google tidak membeberkan rencana yang jelas. Sekarang ini hanya pengelola software-library NaCl (Networking and Cryptography Library) yang menguji metode ini. Bila pengujian yang dilakukan membuktikan kelebihan transfer data yang aman, CurveCP akan menghadapi tantangan berikutnya.

HSTS: Dipaksa demi keamanan

Sebuah alternatif untuk koneksi web yang aman adalah HTTP Strict Transport Security (HSTS) yang sekarang telah digunakan oleh para pengelola website. Selama ini, koneksi terenkripsi dapat dikenali melalui tampilan ‘https’ dalam kolom URL browser. Namun, kebanyakan pengguna melupakan ‘https’ ini ketika memasukkan URL atau langsung menyimpan website biasa sebagai Favorite.

Di dalam website yang secara opsional mendukung keduanya (misalnya Facebook), pengguna dapat memilih untuk login melalui https yang aman atau http yang lebih terbuka bagi pencuri password. Man-in-the-Middle (hac­ker di antara pengguna dan server) seringkali memanfaatkan celah tersebut untuk menyadap identitas pengguna. Meskipun begitu, kesalahan tidak sepenuhnya berada di tangan pengguna. Sebagian website hanya mengenkripsi halaman login. Selanjutnya, pengguna diteruskan ke sub-website yang tidak dienkripsi.

Berbasis plugin Firefox ForceHTTPS, sebuah tim yang dipimpin Jeff Hodges (dulu bertanggung jawab atas keamanan informasi di PayPal) mengembangkan mekanisme HSTS. Tugas mekanisme ini mencegah koneksi tidak aman. Server website menetapkan setiap koneksi ke pengguna harus terenkripsi  jika browser mendukungnya. Tak soal, apakah pengguna memasukkan https atau http dan bergerak di sub-website yang mana. Pemaksaan ini tidak dapat dihindari – kemungkinan terburuknya, website tidak ditampilkan.

Pemaksaan ‘https’ berakar di dalam header protokol data situs web dengan baris ‘Strict-Transport-Security: max-age=123456789; include SubDomains’. Parameter ‘max-age’ menetapkan dalam detik berapa lama koneksi https berlangsung. Kemudian, ‘Include SubDomains’ berarti setiap sub-website juga dienkripsi.

Kelebihan HSTS lainnya adalah mencegah hacker mencuri session-cookies yang berisi data login atau melakukan hal-hal lainnya atas nama pengguna. Jika halaman login yang terenkripsi langsung mengantar ke sub-halaman yang tidak terenkripsi, hal semacam itu dapat dengan­ mudah dilakukan.
Pemaksaan keamanan HSTS pada awalnya terkesan aneh. Akan tetapi, metode ini membantu memberi rasa aman pada pengguna. Sekarang, jaminan keamanan beralih kepada pengelola website. Pengguna tidak perlu lagi memeriksa kolom URL, apakah koneksinya aman  atau tidak. Namun, tidak setiap website demikian.

Setidaknya, banyak pengelola website seperti layanan pembayaran PayPal, pe­nge­lola password LastPass, atau Android market telah menggunakan HSTS. Produsen browser juga menyusul. Chrome dan Firefox (mulai versi 4) juga mendukung HSTS. Dalam Chrome website-website HSTS disimpan dalam sebuah daftar yang dapat Anda perluas.

JIka Anda ingin berselancar dengan aman menggunakan Chrome, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Masukkan ke dalam kolom URL ‘chrome://net-internals’ lalu pindah lah ke tab ‘HSTS’. Tambahkan sebuah URL di bawah ‘Add Domain’ dan tandai ‘Include SubDomains’. Dalam pengujian, upaya ini berhasil sangat baik. Di Facebook, kami berselancar di sana dengan koneksi terenkripsi.

Skype 2.6 Terbaru untuk Android

Posted:

Setelah mengakuisisi Skype di bulan Oktober, Microsoft yang berjanji untuk terus mendukung mereka dalam mendevelop platform. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi Skype 2.6 terbaru untuk ponsel berbasis Android.

Aplikasi yang sudah dapat diunduh di Android Marketplace ini, menyuguhkan pengalaman terbaru pengguna untuk saling berkirim video atau foto ke sesama pengguna Skype lainnya. Kabar baiknya, layanan ini juga dapat bekerja pada koneksi WiFi dan jaringan 3G atau 4G.

Bagi Anda pengguna ponsel Android yang telah dilengkapi dengan prosesor NVDIA Tegra 2, versi Skype terbaru tersebut juga memberikan kualitas video yang lebih baik dan juga daya kerja baterai lebih lama.

Lensa Zoom 4.2x untuk Olympus Pen

Posted:

Olympus baru saja meluncurkan lensa zoom terbaru untuk generasi kamera Olympus PEN yakni Olympus M.Zuiko Digital ED 12-50mm F3.5-6.3 EZ yang mampu memberikan aksi zoom halus untuk foto atau video yang lebih mudah.

Lensa yang memiliki kemampuan dalam memberikan fleksibilitas, portabilitas dan memaksimalkan kinerja Olympus Pen ini, memiliki zoom ratio of approximately 4.2x yang dapat memungkinkan fotografer menangkap moment secara detail. Dalam mode makro, lensa ini menyuguhkan kepekaan fokus antara 8 hingga 20 inci close up dengan pembesaran gambar maksimal 0.72x.

Rencananya, Olympus mulai memasarkan produk ini dipertengahan bulan Januari 2012 dengan perkiraan harga USD 499,99.

Menguji Performa 11 Board Intel Z68

Posted:

CHIP.co.id - Intel sudah cukup lama memperkenalkan chipset terbarunya. Sekarang, tiba saatnya CHIP mengetahui lebih jauh performa motherboard dengan chipset Intel Z68. CHIP telah menguji 11 board yang beredar di tanah air. Bagaimana hasilnya?

Semenjak diperkenalkan kepada publik pada awal Januari 2011 lalu oleh Intel, sedikitnya saat ini terdapat enam chipset yang beredar untuk prosesor LGA 1155 Sandy Bridge. Chipset yang dimaksud adalah B65, H61, H67, P67, Q67, dan Z68.

Chipset Z68 merupakan chipset terakhir yang dipublikasikan oleh Intel pada bulan Mei kemarin. Chipset ini merupakan gabungan antara chipset H67 dan P67 yang telah diluncurkan terlebih dahulu. Z68 disebut-sebut sebagai gabungan antara H67 dan P67 karena seluruh feature yang ada di kedua chipset tersebut dapat Anda temukan di Z68. Chipset ini menggabungkan kemampuan menggunakan on-die graphics pada Sandy Bridge serta optimalisasi graphics processor yang terdapat pada H67. Selain itu, Z68 turut memiliki feature over­clocking prosesor seperti yang terdapat di chipset P67 dan graphics processor pada chipset H67.

Sejak diluncurkan pada Mei lalu, Z68 sudah terbebas dari masalah yang pernah menimpa chipset H67 dan P67 revisi B2. Kedua chipset versi awal tersebut bermasalah pada port SATA yang mengakibatkan data di hard disk yang terhubung melalui port SATA tidak dapat diakses. Selain menggabungkan seluruh feature yang ada di chipset H67 dan P67, Anda dapat menemukan feature unggulan lainnya pada chipset Z68 ini, seperti SSD caching (Intel Rapid Storage Technology) dan Lucid Virtu. Setelah melakukan pembahasan yang mendalam mengenai chipset Z68, kali ini CHIP berinisiatif untuk melakukan tes perbandingan. Terhitung ada 11 board Intel Z68 yang hadir di CHIP Test Center.

Tes perbandingan ini dilakukan agar Anda dapat memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta mengetahui performa dan feature masing-masing board.

Peserta tes perbandingan

Dalam tes perbandingan kali ini, CHIP kedatangan sebelas motherboard ber-chipset Z68. Para peserta tes perbandingan tersebut adalah ASRock (Z68 Extreme4 Gen3, Z68 Pro3-M, Fatal1ty Z68 Gen3), ASUS (MAXIMUS IV GENE-Z, P8Z68-VPRO), BIOSTAR (TZ68A+), GIGABYTE (Z68XP-UD3R, Z68XP-UD3-iSSD), MSI  (Z68A-GD65 (G3), Z68A-GD80 (G3)) dan VVIKOO (VI Z68 PRO).

Seluruh board yang datang ke CHIP Test Center hadir dengan berbagai feature unggulan masing-masing untuk meme­nuhi kebutuhan komputasi sehari-hari Anda. Feature yang umumnya ditemukan, antara lain feature penghemat daya dan USB Charge.

ASRock Fatal1ty Z68 Professional Gen3

ASRock Fatal1ty Z68 Professional Gen3 tampil sebagai salah satu peserta yang mengambil konsep gaming motherboard bersama dengan ASUS Maximus IV Gene-Z. Board ini memiliki form factor ATX de­ngan dimensi 30,5 cm x 24,4 cm. Sentuhan warna merah dan hitam yang menghiasi permukaan produk ini semakin memperkuat tema gaming yang diusung.

ASRock Fatal1ty Z68 Professional Gen3 masih memiliki beberapa feature unggulan khas motherboard ASRock seri Fatal1ty lainnya, seperti Fatal1ty Mouse port. Feature ini mampu mengubah polling rate mouse Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan software F-Stream. Selain itu, dengan bantuan aplikasi F-Stream, Anda juga dapat melakukan overclock dan monitoring terhadap komponen PC Anda.

Beberapa feature unggulan lainnya adalah Dual LAN dan dukungan konfigurasi multi-GPU Quad SLI / Quad CrossFireX. Hal lain yang unik dari ASRock Fatal1ty Z68 Professional Gen3 adalah penggunaan Graphical UEFI . Dalam tampilan BIOS-nya, terdapat background wajah Johnathan Wendel (Fatal1ty).

ASRock Z68 Extreme4 Gen3

Perwakilan pertama dari ASRock dalam tes perbandingan kali ini adalah ASRock Z68 Extreme4 Gen3. Motherboard ini merupakan salah satu peserta yang tampil dengan balutan warna serba hitam bersama dengan Gigabyte Z68XP-UD3R.

Motherboard ini hadir dengan dua slot PCI-Express 3.0 x16 dan sebuah slot PCI-Express 2.0 x16 sehingga mampu mendukung konfigurasi multigraphics card hingga Quad SLI dan Quad CrossFireX. ASRock Z68 Extreme4 juga telah dilengkapi de­ngan teknologi Advanced V8 + 4 Power ­Phase Design dan kapasitor solid sehingga mampu memaksimalkan kemampuan overclock-nya.

Motherboard ini juga memiliki beberapa feature unggulan khas ASRock seperti XFast LAN yang mampu meningkatkan kecepatan jaringan ethernet Anda. Feature lainnya yang dimiliki motherboard ini adalah Dr. Debug yang bertujuan untuk membantu Anda  dalam mengatasi masalah yang ada di motherboard ini. Sebuah front USB 3.0 panel yang disertakan dalam paket penjualannya menjadi daya tarik tersendiri bagi motherboard ini.

ASRock Z68 Pro3-M

ASRock Z68 Pro3-M memiliki form factor micro-ATX dengan dimensi yang kecil,  yaitu sebesar 24,4  x 24,4 cm. Dimensi produk ini kurang lebih sama dengan ASUS Maximus IV Gene-Z. Dimensinya yang kecil menyebabkan pemasangan HSF berukuran besar sedikit sulit.

Untuk urusan expansion slot, motherboard ini hanya menawarkan satu slot PCI-Express 2.0 x16. Hal ini tentunya akan menggagalkan rencana untuk memba­ngun sistem dengan konfigurasi multi-GPU (SLI ataupun CrossFireX). Kemudian, Anda akan melihat port display yang lengkap, yaitu D-Sub, DVI, HDMI, dan Display Port pada bagian backpanel-nya. Untuk urusan storage, terdapat dua buah port USB 3.0, tiga port SATA2, dua port SATA3, dan sebuah port e-SATA2.

Meskipun masuk ke dalam kategori low-end, ASRock Z68 Pro3-M tetap dipersenjatai dengan sejumlah feature unggulan khas ASRock, seperti XFast USB yang mampu meningkatkan kecepatan transfer-rate USB 3.0. Tidak ketinggalan, ASRock Z68 Pro3-M telah menggunakan UEFI ­BIOS sehingga mampu mendukung penggunaan hard disk dengan kapasitas 3 TB atau lebih.

ASUS Maximus IV GENE-Z

Seperti sudah tradisi, ASUS kembali menghadirkan seri ROG (Republic of Gamer) di tiap peluncuran chipset baru. Kali ini, produk ROG dihadirkan dengan menggunakan chipset Z68. Berbekal nama Maximus IV GENE-Z, produk terbaru ini hadir de­ngan faktor bentuk micro-ATX.

Dengan bentuk yang kecil, board ini hanya menggunakan sebuah port HDMI sebagai konektor output gambar dari Intel HD Graphics. Walaupun Maximus IV GENE-Z memiliki ukuran  yang kecil, ASUS turut mempersenjatai produk terbarunya dengan dua buah port PCI-E 16x (8x + 8x). Board ini mendukung konfigurasi multi-GPU SLI atau CrossFireX.

Lay-out dan desain board ini masih terlihat menarik seperti seri ROG lainnya. Perpaduan warna merah dan hitam membuat produk ini terlihat menarik. Anda jangan tertipu dengan ukuran board ini, feature dan performanya tidak kalah de­ngan produk lainnya yang mengikuti tes perbandingan kali ini.

ASUS P8Z68-V PRO

Produk kedua dari ASUS yang datang adalah P8Z68-V PRO. Hadir dengan warna biru di hampir seluruh heatsink-nya, produk ini menghadirkan feature yang tidak kalah dengan Maximus IV GENE-Z yang notabene lebih “berkelas”.

Feature BT GO dapat ditemukan di P8Z68-V PRO. Feature BT GO ini mencakup Folder Sync, BT Transfer, BT Turbo Remote, BT-to-Net, Music Player, Shot and Send, dan Personal Manager. Dengan BT Turbo Remote, Anda yang memiliki smartphone berbasis Android, Windows Mobile, Symbian dan iOS, dapat meng-overclock sistem melalui smartphone tersebut.

Untuk urusan performa, produk ini berhasil mendapatkan skor 265 pada SysMark 2007. Selain itu, produk ini menghadirkan sebuah bundle yang sama dengan dua motherboard ASRock, yaitu sebuah USB 3.0 header. Kehadiran bundle ini tentunya memberikan nilai tambah tersendiri untuk konsumen.

BIOSTAR TZ68A+

Pada tes perbandingan motherboard kali ini, BIOSTAR turut menyertakan salah satu board-nya. Dengan desain yang terlihat minimalis, produk yang menggunakan warna putih dan merah ini memiliki harga yang paling terjangkau.

Jika Anda melihat board ini secara sekilas, akan terlihat dimensi board yang tidak biasa. Pasalnya, BIOSTAR menghadirkan produknya dengan form factor ATX, namun dengan sisi lebar yang lebih kecil satu sentimeter.

Anda akan menemukan dua buah port PCI-e 16x (8x + 8x) pada TZ68A+. Walaupun memiliki dua buah port PCI-e 16x, produk ini hanya mendukung satu standar multi-GPU saja, yaitu CrossFireX.
Memiliki harga jual yang paling terjangkau tidak berarti board ini memiliki kualitas yang kurang. Hal ini dibuktikan dengan diselesaikannya berbagai tes yang CHIP bebankan. Anda dapat membandingkan skor pada tabel yang ada di halaman berikut.

GIGABYTE Z68XP-UD3-iSSD

Salah satu produsen ternama di bidang motherboard, turut mengikutsertakan produknya dalam tes perbandingan kali ini. Datang di menit-menit akhir, produk ini cukup membuat CHIP penasaran. Pasalnya, CHIP melihat tulisan “Intel mSATA 20 GB SLC SSD Onboard” pada dusnya.

Setelah dikeluarkan, rasa penasaran CHIP cukup terjawab. Pasalnya, terdapat sebuah modul yang mirip dengan modul WI-FI pada notebook model terbaru, hanya fungsinya saja yang berbeda. Penyertaan SSD ini dilakukan dengan tujuan mempermudah konsumen yang ingin membangun sebuah sistem Sandy Bridge beserta dengan feature SSD Caching-nya.

Selain itu, GIGABYTE turut menyertakan feature unggulannya, seperti Dual BIOS, Ultra Durable 3, Dynamic Energy Saver 2, Cloud OC, dan lainnya. Tidak hanya sampai di situ, GIGABYTE turut menyertakan sebuah feature baru yang diberi nama Touch BIOS – Hybrid EFI Technology.

GIGABYTE Z68XP-UD3R

GIGABYTE Z68XP-UD3R tampil sebagai perwakilan kedua dalam tes perbandingan kali ini. Tampil dengan balutan warna serba hitam, motherboard ini dibekali dengan segudang feature, seperti On/OFF Charge, EZ Smart Response, Driver MOSFET, Ultra Durable 3, Turbo XHD dan Dynamic Energy Saver 2.
Salah satu keunikan yang CHIP temui pada motherboard ini adalah BIOS-nya. Produk ini memiliki feature Hybrid EFI Technology yang diberi nama Touch BIOS.Feature ini berfungsi untuk melakukan pengaturan BIOS melalui sistem operasi. Sayangnya, motherboard ini masih menggunakan interface BIOS model tradisional, belum menggunakan UEFI BIOS. Meskipun begitu, board ini sudah mendukung penggunaan hard disk sebesar 3 TB atau lebih.

Masih berbicara tentang BIOS, Z68XP-UD3R masih dipersenjatai dengan ­DualBIOS seperti kebanyakan seri motherboard GIGABYTE lainnya. Dengan Du­al­BIOS, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika BIOS utama mengalami masalah.

Untuk urusan performa, motherboard ini memiliki performa yang tergolong baik. Berdasarkan pengujian PCMark 7, board ini mampu memperoleh skor 3601. Penggunaan teknologi Solid Capasitor, Driver MOSFET, dan 8 Phase Power menjadikan motherboard ini memiliki du­kungan overclock yang tergolong baik.

MSI Z68A-GD65 (G3)

Produk selanjutnya yang CHIP uji dalam tes perbandingan kali ini adalah MSI Z68A-GD65(G3). Motherboard ini memiliki beberapa feature unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri, seperti Control Center Instant OC yang mampu membantu Anda dalam meng-overclock dan memonitor status komponen PC Anda secara real-time. Board ini turut menggunakan komponen “Military Class” yang diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik.

Penggunaan PCI-Express Gen 3 juga menjadi salah satu nilai tambah tersendiri. Ketersediaan dua buah slot PCI-Express 3.0 x16 memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi SLI dan CrossFireX. Untuk menunjang konfigurasi multi-GPU tersebut, MSI menyertakan sebuah SLI bridge dalam paket penjualannya. Tidak ketinggalan, sebuah Front USB 3.0 panel dapat Anda temukan dalam kemasannya.
Feature lain yang tidak kalah menariknya adalah penggunaan UEFI BIOS yang dinamakan Click BIOS II oleh MSI. Teknologi Super Charge memungkinkan Anda untuk men-charge perangkat mobile Anda di port USB motherboard ini meskipun pada saat PC berada dalam kondisi mati.

MSI Z68A-GD80 (G3)

Peserta tes berikutnya merupakan perwakilan pertama dari MSI, yaitu Z68A-GD80 (G3). Sekilas, penamaan pada produk ini tidak berbeda dengan produk yang telah diperkenalkan sebelumnya. Namun, per­ubahan dari (B3) menjadi (G3) tentunya memiliki arti. Dengan perubahan nama menjadi (G3), produk ini telah menggunakan slot PCI-E 16x generasi ketiga.

Pembaruan line-up ini karena MSI yang pertama kali menghadirkan motherboard dengan slot generasi ketiga. Sehingga, seluruh line-up produknya diperbarui dengan menggunakan slot PCI-E Gen 3.0.
Masih mengusung komponen yang disebut-sebut memiliki grade militer, MSI Z68A-GD80 (G3) terlihat sama seperti produk MSI lainnya, yaitu menggunakan paduan warna hitam pada board dan biru pada heatsink.

Feature overclock masih dijadikan sebagai “senjata” utama untuk produk MSI. Hal ini terlihat dari berbagai feature pendukung overclock, seperti OC Genie dan Voltage Check Point.

VVIKOO VI Z68 PRO

Melengkapi tes perbandingan motherboard kali ini, VVIKOO (baca: wico) mengirimkan satu perwakilannya ke CHIP Test Center, yaitu VVIKOO VI Z68 PRO. Bila diperhatikan secara seksama, tampilan fisik dari motherboard terlihat mirip dengan motherboard Jetway Hi09-Z. CHIP berkesimpulan bahwa board ini menggunakan OEM dari Jetway.

Board ini memiliki dimensi lebar yang tergolong kecil sehingga Anda mungkin tidak bisa menggunakan HSF prosesor yang besar. CHIP mengalami sedikit kendala sewaktu memasang HSF Cooler Master V6 GT di board ini. Pasalnya, kipas kedua tidak dapat dipasang karena terbentur dengan RAM.

Hal lain yang cukup mengecewakan dari board ini adalah penggunaan BIOS-nya. Pasalnya VVIKOO masih menggunakan interface BIOS model tradisional, berbeda dari para peserta lainnya yang rata-rata menggunakan UEFI BIOS. Meskipun begitu, menu overclock yang ditawarkan oleh motherboard ini tergolong lengkap.

VVIKOO mampu melewati sejumlah pengujian dengan lancar dan memper­oleh nilai yang tergolong standar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian SysMark 2007 yang mendapat poin 259.

Kesimpulan: Z68 Bukan Hanya Sekedar Penggabungan H67 dan P67

Platform Z68 dapat dikatakan sebagai platform terbaik saat ini untuk menemani prosesor Sandy Bridge. Dengan segudang feature, Z68 saat ini telah menggantikan P67 dari segala aspek. Seluruh aspek performa yang dimiliki Z68 sudah lebih baik dibandingkan P67. Anda tidak akan me­nemukan masalah yang pernah me­nimpa P67 revisi B2. Hal ini dikarenakan seluruh chipset Z68 hadir dengan revisi B3.

CHIP TIP CHOICE

ASRock Fatal1ty Z68 Professional Gen3

Produk dari ASRock ini berhasil mendapatkan award CHIP TIP CHOICE setelah melewati seluruh pengujian dengan hasil yang memuaskan. Dengan performa yang nyaris paling cepat, Fatal1ty Z68 Professional Gen3 hadir dengan perlengkapan yang paling banyak dalam tes perbandingan kali ini.
Selain itu, produk ini unggul dalam hal dokumentasi. Hampir semua yang dibutuhkan pengguna telah disediakan dalam paket penjualan produk ini. Oleh karena itu, de­ngan keunggulan di sisi perlengkapan dan dokumentasi, Fatal1ty Z68 Professional Gen3 layak untuk mendapatkan CHIP TIP CHOICE award.
Disamping perlengkapan dan dokumentasi, produk ini memiliki performa terbaik kedua setelah GIGABYTE Z68XP-UD3-iSSD.

CHIP BEST PERFORMER

GIGABYTE Z68XP-UD3-iSSD

CHIP BEST PERFORMER merupakan award yang diberikan untuk produk yang mendapat hasil tertinggi dalam seluruh pengujian performa yang dilakukan. Bermodalkan SSD 20 GB dan feature Intel Rapid Storage Technology, GIGABYTE Z68XP-UD3-iSSD berhasil mendapatkan award tersebut.

CHIP TIP VALUE

BIOSTAR TZ68A+

CHIP TIP VALUE merupakan award yang diberikan untuk produk yang memiliki rasio harga berbanding performa terbaik. BIOSTAR TZ68A+ merupakan motherboard yang memiliki performa baik, serta harga yang terjangkau. Oleh karena itu, produk ini pantas mendapatkan CHIP TIP VALUE.

Klik gambar untuk lebih jelas

 

Sumber: Majalah CHIP 10/2011

TrendLabs Dapat Sertifikasi ISO 20000

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - TrendLabs, dukungan teknis global dan pusat Riset & Pengembangan (R&D) Trend Micro, diberi sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 20000 pada November 2011, dengan sertifikat no.103 155 11004, untuk ketaatannya pada keunggulan layanan TI dari Malware Information, Detection, Cleanup dan Technical Support Services.

Sertifikasi di capai melalui dedikasi dan kerja keras dari tim TrendLabs dan mitra konsultan professionalnya, yakni ECCI dari Philippina. TrendLabs dinyatakan sesuai dengan ISO 20000 oleh badan sertifikasi terkemuka asal Jerman, yakni TUV Rheinland, yang memiliki kantor di 490 lokasi di 61 negara di kelima kotinen.

Sertifikasi tersebut merupakan bukti bahwa Trend Micro telah mendemontrasikan praktek-praktek terbaik dalam industri dan secara terus menerus memonitor dan meningkatkan kualitas dari layanan dan dukungan fungsi yang diberikan. Hal ini dikembangkan untuk melihat praktek-praktek terbaik yang digambarkan dalam kerangka kerja ITIL (IT Infrastructure library).

“Dengan didapatkannya proses ISO 20000 Service Management, kami memberikan proteksi terhadap ancaman secara mulus serta dukungan layanan pada pelanggan kami,”  kata Alan Chen, Trend Micro Senior Director for Core Technology.

 

 

Berpetualang Bersama Kathy si Sexy Witch

Posted:


Bandung, CHIP.co.id - Beberapa waktu lalu disela peluncuran game "Smash Mania", Agate Studio juga memperkenalkan game bertema petualangan, Sexy Witch.

Sexy Witch sendiri merupakan game side-scroller adventure dengan design menarik dan gameplay yang simple, hanya dengan menekan satu tombol untuk bermain langsung dari ponsel Nokia Anda. Bersama Kathy yang menjadi tokoh utama game Sexy Witch, Anda akan diajak berpetualang untuk memecahkan misteri di dunia magis venefica secara menyenangkan.

Hebatnya lagi, game yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu secara offline di Nokia Apps sejak bulan November ini, ternyata sudah resmi diunduh sebanyak kurang lebih 100.000 dan dua negara yang banyak mengunduh aplikasi tersebut terdapat dari Thailand dan Vietnam. Makanya, tidak heran pada saat launching Nokia Asha 303, Sexy Witch menjadi aplikasi game lokal yang mendapatkan highlight dari Nokia, karena menjadi salah satu finalis di kompetisi create for millions di kategori touch application yang diselenggarakan oleh Nokia.

Untuk mengunduh game "Sexy Witch" asli Indonesia ini, Anda dapat mengunduhnya di Nokia Store versi berbayar (Adventure Mode) http://store.nokia.com/content/213094 maupun versi gratis (Endless Mode) di http://store.nokia.com/content/219893. Tetapi sayangnya nih, game ini baru bisa dimainkan di ponsel Nokia seri 40 dan Nokia Asha 303.


Kopetisi Game Sexy Witch untuk Memperoleh Ponsel Nokia

Sebagai reward kepada para pemain, Agate juga mengadakan kompetisi mencari pemain dengan score tertinggi untuk game Sexy Witch, selama periode 11 Desember – 11 Januari 2012.

Terdapat tiga handphone terbaru dari Nokia yang dapat diperebutkan pada kompetisi ini. Bagi pemain yang telah mengunduh aplikasi game Sexy Witch berbayar atau Adventure Mode, terdapat dua ponsel Nokia 500 dan Nokia C2-03 yang dapat diperebutkan. Sedangkan bagi pemain dengan vitur gratis atau Endless Mode, dapat memenangkan Nokia C2-03.

Untuk mengetahui jumlah score tertinggi, Anda dapat melihatnya di : http://www.agatestudio.com/sexywitchcompetition/

Qualcomm Integrasikan Snapdragon S4 dengan Ice Cream Sandwich

Posted:



CHIP.co.id - Qualcomm pada 30 November hinggga 1 Desember 2011 menghadirkan acara Industry Analysts Summit 2011 yang menginformasi mengenai berbagai evolusi teknologi wireless yang akan hadir dalam masa mendatang. Qualcomm membahas mengenai berbagai inovasi, Evolusi Teknologi Wireless, Solusi dari Produk Qualcomm baik perangkat keras dan perangkat lunak, portfolio Snapdragon, peranan kepemimpinan modem, lingkungan M2M, dan Atheros serta kemajuan Qualcomm.

Di antara berbagai perangkat bergerak yang akan hadir dalam masa mendatang, terlihat salah satu tablet yang menggunakan prosesor Snapdragon S4 yang hadir dengan menggunakaan sistem operasi (OS) Android 2.3 Gingerbread. Google pada beberapa waktu lalu telah meluncurkan kehadiran OS terbarunya Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich, sehingga Qualcomm menggunakan tablet yang telah menggunakan Snapdragon S4 ini dengan mengintegrasikan OS Ice Cream Sandwich.

Tidak hanya bekerja dengan menanamkan source code ke dalam tablet itu, namun sepenuhnya dioptimalkan dengan kemampuan prosesor Snapdragon S4 yang saat ini masih dalam proses pengembangan. Prosesor Snapdragon S4 berukuran 28 nm yang mampu bekerja pada jaringan 3G/4G dari Qualcomm menghadirkan kinerja CPU terbaru dengan frekuensi berkisar 1,5 GHz hingga 2,5 Ghz per inti core yang mendukung multiproses simetris asinkron untuk keseimbangan optimal kinerja dan efisiensi daya.

Prosesor ini juga memiliki kinerja modem terbaik yang mendukung model multimode/global LTE terintegrasi penuh yang pertama dalam industri kisaran frekuensi dan jalur yang terluas, termasuk dukungan multimode penuh untuk standard EV-DO dan HSPA.

Pada dukungan kinerja grafis pun tetap menghadirkan kualitas terbaik, dengan GPU Andreno berkinerja tinggi dan dapat diprogram untuk mendapatkan video berkualitas tertinggi dan kualitas game setara dengan kualitas pada konsol.

Efisiensi daya terbaik yang mengintegrasikan erat dari komponen terbaik di kelasnya dengan penggunaan mesin yang bertenaga sangat efisien. Seperti DSP Hexagon yang dapat diprogram penuh dari Qualcomm yang mampu menghasilkan sistem efisiensi daya yang tinggi. Opsi konektivitas juga menyertakan GPS, Bluetooth, WiFi, dan FM terintegrasi.

Dengan prosesor Snapdragon S4 generasi masa depan, konsumen akan merasakan banyak manfaat dari internet berkecepatan tinggi yang terintegrasi penuh dalam perangkat bergerak. Prosesor Snapdragon S4 menggabungkan kinerja dan masa pakai baterai yang luar biasa dengan teknologi inovatif untuk era perangkat bergerak terbaru.

Bagaimana kehadiran prosesor Snapdragon S4 dari Qualcomm yang akan hadir pada berbagai perangkat bergerak termasuk ponsel pintar dan tablet? Kita nantikan saja kehadiran prosesor Snapdragon S4 pada masa mendatang yang akan hadir pada berbagai merk tentunya.

Program Intel Teach di Seluruh Dunia Capai 10 Juta Guru

Posted:



Bandung, CHIP.co.id - Menyusul diresmikannya kerjasama strategis dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 6 Oktober lalu di Bandung, Intel Indonesia kembali memperkuat dukungannya dengan memberikan donasi 50 unit Classmate PC (CMPC) yang kepada kepada pihak UPI pada hari ini. Inisiatif ini resmi menandai pencapaian 10 juta guru yang telah dilatih Intel di bawah program Intel Teach di seluruh dunia (13/12).

Hadir pada acara ini (foto kiri-kanan) Harry K Nugraha selaku Intel Indonesia Director of Strategic Business Development menerima plakat dari Prof. Dr. Dadang Sunendar M.Si selaku Pembantu Rektor IV UPI.

Limapuluh unit CMPC yang diterima oleh UPI, akan digunakan oleh calon guru untuk menerapkan kegiatan percontohan belajar mengajar 1:1 eLearning di laboratorium UPI.

Intel Teach merupakan program pengembangan profesi yang menargetkan guru sekolah K-12. Program  ini memberikan fasilitas dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan para guru untuk mengintegrasikan pengguna Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar di kelas. Program Intel Teach ini juga selaras dengan visi dan objektif dari Depdiknas Republik Indonesia dalam hal untuk mendorong dan melatih penggunaan TIK dalam pendidikan.

Di bawah program Intel Teach dan Intel Education Initiative, kerjasama Intel Indonesia dan UPI bertujuan untuk meningkatkan kemapuan guru dan calon guru dalam mengintegrasikan teknologi kedalam proses belajar mengajar. Intel Education Initiative telah dimulai di Indonesia sejak pertengahan tahun 2007, dan hingga kini telah terdapat 57 ribu guru yang sudah mengikutir pelatihan Intel Teach.

Harry mengatakan,"Intel Education Initiative memiliki fokus untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar melalui penggunaan teknologi yang efektif, agar sektor pendidikan yang mencakup para pendidik dan siswa di Indonesia tentunya dapat meningkatkan daya saing mereka. Peranan guru sangat penting dalam membentuk karakter para calon pemimpin masa depan bangsa ini."

Firman Apriandi, seorang pengajar di SD Negeri Cisolok mengungkapkan  setelah mengikuti program Intel Teach,"Banyak sekali manfaat yang saya rasakan setelah mengikuti program pelatihan Intel Teach. Kami berharap Intel memberikan pelatihan lanjutan agar pengetahuan kami dalam memanfaatkan TIK dan keterampilan mengajar dapat semakin meningkat."

Realisasi dari kesepakatan strategis ini direncanakan akan berlangsung selama empat tahapan. Tahapan pertama akan dimulai dengan pelatihan guru dan implementasinya untuk sesama guru dan murid melalui pelatihan Getting Started. Pada tahapan kedua, pengembangan pelatihan Essential Course dan implementasinya. Tahapan ketiga, implementasi akan pembelajaran berbasis proyek dan evaluasi program. Tahapan terakhir adalah proses integrasi kurikulum.

Bentuk Mungil Kapasitas Besar dari Kingston Data Traveler Micro

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Kingston kali ini menghadirkan flashdisk terkecil yang dapat diletakkan berdampingan dengan PC tablet ataupun notebook berukuran ramping, yaitu Data Traveler Micro. Flashdisk berukuran kecil ini memiliki kapasitas sebesar 16 GB yang tentunya memudahkan Anda untuk menyimpan berbagai file penting ke dalam Data Traveler Micro ini (13/12).

Data Traveler Micro ini memiliki dimensi 25.6mm x 16.7mm x 8.4mm yang tersedia juga untuk kapasitas 8 GB. Flashdisk ini kompatibel dengan standar spesifikasi USB 2.0d dengan bobot 4 gram.

Tropico 4, Simulasi untuk Mengelola Sebuah Negara

Posted:


Spesifikasi minimum: Windows XP SP3 (32-bit), Vista/7 (32 or 64 bit) | Prosessor: 2 GHz Dual Core | Memory: 1 GB (XP), 2 GB (Vista/7) | HDD: 5 GB | VGA: Shader Model 3.0 (Geforce 6600 or higher, Radeon x1600-Series), 256 MB, DirectX 9.0c

CHIP.co.id - Saatnya Anda menjadi seorang presiden di sebuah negara di Kepulauan Karibia! Hal itu bisa Anda lakukan di dalam game bertajuk Tropico 4. Dalam game tersebut, Anda akan menjadi seorang pemimpin diktator yang memiliki kekuasaan penuh untuk mengatur jalannya pemerintahan dan berbagai kegiatan ekonomi yang berlangsung di dalam negara tersebut.

Suksesnya sebuah negara tergambar dari keseimbangan ekonomi yang baik.

Tropico 4 merupakan game versi lanjutan dari seri Tropico 3 yang menyajikan simulasi pembangunan kota. Anda diminta untuk menjalankan roda pemerintahan di kepulauan Anda sendiri sehingga menjadi negara yang sukses, mulai dari tahun 1950 hingga era Perang Dingin berakhir, yaitu di tahun 1980-an.

Di setiap pulau, game ini telah menyediakan sebuah istana dan pelabuhan di salah satu sisi pantainya. Pelabuhan tersebut berfungsi sebagai sarana perdagangan  ekspor dan impor. Pulau yang akan Anda kelola memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk memakmurkan negara, seperti pertanian, peternakan, pertambangan, perikanan, dan pariwisata.

Untuk memenuhi produksi pangan bagi warganya, Anda harus membangun banyak ladang pertanian, peternakan, dan juga dermaga untuk nelayan. Di lahan pertanian, Anda bisa mengarahkan penduduk untuk menanam pisang, pepaya, nanas, jagung, kopi, tembakau, dan tebu. Selain untuk mencukupi kebutuhan pangan warganya, sumber makanan tersebut juga dapat diekspor sebagai salah satu sumber penghasilan negara.

Setiap membangun lahan pertanian pastikan tanahnya subur dan pekerjaannya cukup agar produksinya dapat maksimal.

Anda juga dapat membangun pabrik untuk memproduksi berbagai komoditi yang dapat diekspor, seperti funiture, senjata, atau industri pengalengan ikan. Pabrik-pabrik ini biasanya akan mengambil bahan baku dari pertanian atau pertambangan. Jika pulau Anda tidak memiliki sumber daya tersebut, Anda bisa mengatur pabrik untuk menggunakan bahan baku hasil impor dan tentunya lebih mahal.

Sumber penghasilan lainnya adalah pariwisata. Anda harus pintar mendatangkan para turis untuk berlibur ke pulau Anda. Dengan banyaknya turis yang datang, Anda akan menghasilkan banyak uang. Untuk itu, Anda perlu membangun hotel dan menyediakan wahana hiburan, seperti rollercoaster dan aqua park.

Migrasi Windows: Upgrade dengan Mengamankan Sistem

Posted:

CHIP.co.id - Pada bagian terakhir dari artikel Migrasi Windows: Pindahkan Windows Ke PC Baru Tanpa Install ini, CHIP membahas tentang cara memindahkan sistem operasi dan aplikasi dari PC lama Anda ke PC baru yang disebabkan karena dukungan untuk Windows versi lama yang telah dihentikan, sehingga mau tak mau Anda harus melakukan upgrade sistem ke versi Windows yang lebih baru.

Upgrade dengan Mengamankan Program

Jika Anda beralih ke sistem operasi yang berbeda, ambillah aplikasi dan konfigurasinya dari Windows yang lama. Untuk itu, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi Lapink PCmover dan O&O Migration Kit.

Dukungan untuk Windows XP ditetapkan untuk waktu yang lama, sementara sejak 2010 tidak ada lagi dukungan untuk Vista tanpa Service Pack. Pengguna mau tidak mau harus ber­alih ke Windows 7. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli PC baru atau upgrade sistem operasi yang lama.

Pembelian baru: Pindah ke PC Windows 7

Ganti PC lama dengan yang baru dan PCmover dapat membantu Anda dalam proses pergantian ini. Tools ini dapat memindahkan aplikasi, file-file, dan konfigurasi secara otomatis ke sistem yang baru.

Pertama-tama, instal PCmover di komputer baru. Kemudian, periksalah setelah dijalankan melalui Tools di wizard, apakah update tersedia dan pilihlah salah satu opsi tersebut sebagai pembawa "migrasi”. Kini, klik pada "New Computer" dan tentukan "metode koneksinya". Tools ini dapat mengirimkan data Anda melalui jaringan, media penyimpanan eksternal, atau melalui kabel USB. Jika PCmover telah menyelesaikan inventarisasi pada PC baru, Anda dapat kembali ke PC lama.

Pada unit ini, Anda juga bisa memilih "Migrasi" dan “Old Computer". Jika Anda ingin mentransfer semua aplikasi dan konfigurasinya, pilihlah "Complete Migration". Selanjutnya, pilih "Connection method". Masukkan media yang sama seperti pada PC baru. Sebagai pilihan berikutnya, wizard pada migrasi lengkap akan mempunyai peranan penting. Pada tahap akhir, PCmover menyimpan semua aplikasi dan file-file dalam sebuah transportasi file yang khusus dengan nama "Moving Van".

Setelah proses ini selesai, perpindahan mulai berlangsung: Transfer data melalui kabel jaringan. Jika kedua PC diaktifkan, urutan langkah-langkah dalam Wizard PCmover pada PC yang lama akan lancar. Jika sebaliknya, Anda menggunakan drive eksternal untuk proses perpindahan, Anda bisa menghentikannya. Selanjutnya, jalankan PCmover dan pilih "New computer | via a storage medium" dan klik "Next" sampai wizard meminta nama file dari Moving Van. Lalu, masukkan path ke file transportasi pada drive eksternal. Berikutnya, konfirmasi beberapa dialog keamanan dan tunggu sampai selesai.

Test: Tool lama di Windows baru.

Sekarang Anda masih perlu melakukan pemeriksaan, apakah semua pengaturan telah dikirim dengan benar dan apakah aplikasi yang lama akan bekerja dengan­ baik pada Windows 7.

Masalah jarang terjadi, tetapi PCmover mempunyai keterbatasan pada waktu Anda meng-copy file musik yang dilindungi dan software yang memiliki proteksi copy yang sangat canggih. Driver hardware pada prinsipnya tidak mentransmisikan bantuan migrasi. Program yang sudah lama dapat dijalankan pada modus kompatibilitas Windows 7. Untuk itu, klik pada ikon dari aplikasi yang terkait dan pilih "Properties". Masukkan dalam Register "kompatibilitas" XP sebagai sistem operasi. Jika program ini masih tetap tidak jalan, abaikanlah semuanya.

Migrasi Windows: Mengambil Data Melalui Jaringan

Posted:

CHIP.co.id - Pada bagian ketiga dari artikel Migrasi Windows: Pindahkan Windows Ke PC Baru Tanpa Install ini, CHIP membahas tentang cara memindahkan sistem operasi dan aplikasi dari PC lama Anda ke PC baru sekaligus mengganti hard disk melalui sistem jaringan.

Mengambil Data Melalui Jaringan

Jika Anda perlu mengganti PC pada jaringan, backup terlebih dahulu data-data penting yang ada menggunakan versi lengkap Ocster Backup Bisnis. Sebuah log cadangan akan membantu Anda mengembalikannya pada PC yang baru.

Selain hard disk, sewaktu-waktu PC klien di jaringan juga dapat mati. Aplikasi Backup Ocster Bisnis memberikan kontrol terpusat dari proses membuat cadangan yang tersedia pada PC berbeda. Dengan begitu, Anda dapat memeriksa sebelum mengganti klien di jaringan mela­lui pemantauan jarak jauh. Hal ini penting untuk mengetahui dukungan sistem saat menajalankan sebuah proses jika diperlukan nanti. Bagaimana cara melakukannya? Baca boks di bawah ini.

Klik Gambar Untuk Lebih Jelas

Anda dapat menyimpan cadangan pada hard disk eksternal, drive jaringan, atau dienkripsi dan dikompresi pada drive online yang disediakan oleh Ocster. Untuk penyimpanan 10 GB, Ocster memasang tarif sebesar US$ 4,99. Anda dapat menghindari biaya lainnya dengan menggunakan memory web yang sudah ada. Dalam hal ini, Anda tetap memerlukan proses enkripsi seperti yang telah dijelaskan pada halaman sebelumnya dan memberikan lokasi drive lokal seperti yang telah ditentukan oleh True-Crypt. Karena bersifat khusus, untuk pembaruan sistem terdapat dua skenario yang berbeda.

Game Smash Mania untuk Ponsel Nokia

Posted:

Bandung, CHIP.co.id - Kini bermain game di ponsel Nokia bisa menjadikan tubuh kita sehat. Karena, beberapa waktu lalu, Agate Studio baru saja meluncurkan game terbarunya, yakni "Smash Mania". Game yang diperuntukan bagi pengguna ponsel Nokia tersebut bertemakan badminton, dapat dimainkan dengan mengayunkan ponsel Nokia, seperti kita mengayunkan raket ketika main badminton sungguhan.

Untuk memainkan game virtual tersebut, dibutuhkan energi untuk melakukan serve dan smash pada shuttlecock yang terlihat pada layar ponsel dalam game "Smash Mania"layaknya bermain badminton sungguhan.

“Kini bermain badminton dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun karena raket, shuttlecock maupun lapangan tersedia dalam ponsel Nokia-mu," jelas Nikki Dibya Wardhana, Product Manager Smash Mania.

"Smash Mania" bisa diunduh di Nokia Store dengan link berikut http://store.nokia.com/content/224832 langsung di handset Nokia yang menggunakan sistem operasi MeeGo seperti N9. Bagi Anda yang menggunakan headset Nokia bersistem operasi Symbian Belle seperti Nokia 603, Nokia 700, Nokia 701, game tersebut juga dapat diunduh langsung di http://store.nokia.com/content/212787.

Meniti Karir sebagai Atlit Badminton secara Virtual

Untuk memainkan Smash Mania pun cukup mudah. Anda dapat memilih tiga fitur permainan, pertama "Quick Match", dimana pemain dapat bermain secara single player atau multi player dengan bantuan teknologi Near Field Communication (NFC).

Fitur yang kedua, pemain juga dapat meniti karir menjadi seorang pemain badminton profesional di fitur kedua, yaitu "Career" yang disertai dengan cerita menarik didalamnya. Kemudian, fittur selanjutnya adalah Tournament dimana kita dapat mengikuti kompetisi badminton untuk memperebutkan "Smash Mania Cup".

Selain NFC, game ini juga menggunakan teknologi semi Augmented Reality yang menggabungkan objek di dunia nyata dengan objek di dunia virtual sehingga tampak menjadi satu dunia seperti yang terlihat pada lapangan badminton dan shuttle cock dalam "Smash Mania" yang seolah-olah ada di dunia nyata.

Migrasi Windows: Online PC Kloning dari Segala Penjuru

Posted:

CHIP.co.id - Pada bagian kedua dari artikel Migrasi Windows: Pindahkan Windows Ke PC Baru Tanpa Install ini, CHIP membahas tentang cara memindahkan sistem operasi dan aplikasi dari PC lama Anda ke PC baru sekaligus mengganti hard disk melalui Internet.

Online PC Kloning dari Segala Penjuru

Melalui  sebuah koneksi Internet yang cepat, Anda bisa mendapatkan salinan dari PC lama ke hard disk baru secara online. Selain itu, Anda tidak hanya dapat bermigrasi ke sistem baru, tetapi juga memperbaiki data yang bermasalah.

Pengguna notebook harus membuat cadangan data mereka secara online. Jika notebook beserta hard disk eksternal dicuri, pengguna dapat memanfaatkan sistem restore yang tersimpan secara online. Sebelum Anda menyimpan data penting di Internet, Anda harus mempersiapkan keamanannya.
Faktor yang paling penting, Anda membutuhkan ruang yang cukup untuk proses kloning. Untuk partisi yang kecil dan bebas biaya, Windows Live SkyDrive dapat Anda gunakan sebagai pengganti yang cocok (http://explore.live.com/skydrive).

Untuk menyelesaikan proses kloning, Anda dapat menggunakan tools Paragon Backup & Recovery. Selain itu, Anda juga dapat melakukan modifikasi lebih lanjut seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa fungsi yang ditawarkan dalam program tersebut untuk melakukan proses kompresi data dari arsip cadangan. Hindarilah proses upload dan download yang lama. Sebagai alternatifnya, Anda juga dapat mengkloning komputer lama menjadi sebuah mesin virtual lalu meng-upload-nya. Sebelum Anda meng-upload file kloning yang dihasilkan, ada baiknya file tersebut perlu Anda proteksi dengan cara di enkripsi menggunakan aplikasi keamanan data, seperti software TrueCrypt.

Migrasi Windows: Kloning Mempertahankan Windows XP

Posted:

CHIP.co.id - Ada PC baru di depan Anda. Namun, bagaimana Anda mendapatkan data pribadi, sistem operasi, dan aplikasi dari PC yang lama? Tidak perlu stres, Anda pun dapat memindahkan sistem operasi beserta aplikasinya ke "rumah yang baru".

CHIP menunjukkan empat skenario yang akan dibagi menjadi empat artikel, untuk memindahkan sistem operasi dan aplikasi dari PC lama Anda ke PC baru serta dan sekaligus mengganti hard disk.

Bahkan, memindahkan Windows ke SSD pun bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menggunakan tools yang disebutkan dalam artikel ini dan lakukan yang lain selagi prosesnya berjalan.

Kloning Mempertahankan Windows XP

Salinan bootable dari hard disk lama dapat ditransfer dengan tools backup atau melalui virtualisasi pada komputer baru. Dengan begitu, Windows beserta aplikasinya langsung dapat Anda gunakan.
PC dengan Windows 7 sudah tersedia. Tetapi, Anda tidak ingin menghapus partisi XP dari PC yang lama. Untuk itu, Anda memerlukan salinan yang sama dari partisi XP yang juga berisi sistem operasi untuk memulai boot sector yang diperlukan.

Untuk mengkloning PC lama (secara fisik), Anda dapat meng-install Paragon Backup & Recovery. Anda hanya perlu sekali registrasi kemudian memulai prosesnya dengan memilih "Backup Wizard". Selanjutnya, pilih partisi untuk mengkloning dan aktifkan "Backup Setting". Pada window dialog berikutnya, pilih "Backup Archive | Compression Degree". Selanjutnya, pilih “No compression" dan pastikan di bagian "Copy and Backup", opsi "Partition Sector-To-Sector Editing" telah dipilih. Hard disk adalah sebagai drive tujuan yang ideal. Jika Anda tidak memilikinya, pilih drive alternatif berupa DVD atau Blu-Ray disk. Terakhir, masukkan deskripsi lalu jalankan proses backup-nya.

Membuat ruangan: Mengatur partisi

Jika proses kloning telah selesai, transfer partisi ke PC baru. Jika ingin menggunakan sistem operasi yang lebih modern, buat partisi baru untuk XP dan integrasikan keduanya ke dalam menu boot manager. Langkah pertama, install tools dari Paragon ke PC baru. Anda masih dapat menggunakan "Product Key" dan "Serial Number" yang telah digunakan. Kemudian, mulai program kloning dengan memilih "Open Advanced Interface". Paragon Backup & Recovery sekarang menampilkan window baru dengan partisi yang diperlukan. Apakah Anda memiliki ruang hard disk yang belum dipartisi dan berukuran besar? Jika ya, klik tombol kanan mouse dan pilih "Create Partition". Ukurannya harus mendekati partisi XP yang dikloning. Jika PC baru hanya memiliki satu Windows partisi yang besar, Anda perlu mengecilkannya terlebih dahulu. Untuk itu, gunakanlah aplikasi MiniTool Partition Wizard.

Jika Anda telah memiliki partisi untuk kloning XP, klik menu Backup & Recovery lalu pilih "Restore the logical drive from backup”. Kini, pada wizard melalui "Go to file view" pilih file, seperti XP-Klon.pbf dan ikuti petunjuk selanjutnya. Terakhir, copy hasil kloning dengan "mengeksekusinya" pada sistem baru.

Pada dasarnya, sekarang Anda dapat menjalankan PC lama menggunakan boot manager Windows. Sistem operasi lama ini terdaftar di tools Paragon sebagai 'Microsoft Windows'. Tetapi, karena entri ini terlalu umum, Anda harus meng­ubahnya dengan EasyBCD. Melalui tools tersebut, klik "Edit Boot Menu" dan pilih entri yang akan digunakan. Kini, ubah namanya, misalnya 'Windows XP' via "Rename". Simpan melalui "Save Settings" entri yang diubah dalam boot manager.

Potong Pulsa untuk Beli Aplikasi BlackBerry

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Indosat kembali menggandeng RIM untuk layanan pembelian aplikasi BlackBerry App World untuk pelanggan Indosat BlackBerry. Layanan yang mulai dipopulerkan sejak Senin (12/12) lalu tersebut, merupakan cara baru untuk melakukan pembelian aplikasi BlackBerry App World yang dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan prabayar dan pascabayar Indosat.

Selama  ini aplikasi BlackBerry App World hanya bisa dibeli dengan mata uang dollar Amerika dan menggunakan kartu kredit atau paypal sebagai alat pembayaran. Dengan adanya layanan ini, pelanggan BlackBerry Indosat Mobile bisa membeli aplikasi BlackBerry di BlackBerry App World dengan mata uang Rupiah yang akan masuk ke dalam tagihan bulanan. Sedangkan untuk pelanggan Indosat prabayar, dapat langsung memotong pulsa pelanggan jika saldo mencukupi.

“Kami berharap layanan ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam menikmati berbagai aplikasi BlackBerry App World dengan mata uang Rupiah sebagai bagian dari gaya hidup mereka,” demikian yang disampaikan oleh Laszlo Barta, Director & Chief Commercial Officer Indosat.

Untuk membeli aplikasi App World dengan mata uang Rupiah, pada BlackBerry pelanggan masuk ke menu BlackBerry App World, kemudian pilih menu “My Account” dan pelanggan akan diminta untuk memasukkan BlackBerry ID yang telah dimiliki sebelumnya, kemudian klik login untuk proses otentikasi. Jika belum memiliki BlackBerry ID, pelanggan diminta untuk klik “Create a BlackBerry ID” atau ke http://id.blackberry.com/id/.

Bila login BlackBerry ID sudah sukses, pelanggan diarahkan menuju pilihan “Payment Options” dan pilih “Bill through Indosat”. Setelah itu klik “Next”, maka akan muncul pop up notifikasi bahwa pilihan pelanggan telah disimpan. Selanjutnya semua kurs mata uang akan berubah menjadi Rupiah dan proses pembelian aplikasi akan dilakukan melalui pulsa prabayar maupun pascabayar Indosat.

Untuk menikmati BlackBerry App World, pelanggan harus memiliki BlackBerry App World minimal versi V3.0. Dan untuk mengetahui versi BlackBerry App World, pelanggan masuk ke aplikasi App World dan pilih menu “My World”, kemudian login BlackBerry ID, maka akan tampak versi lackBerry App World. Untuk informasi lengkap Layanan BlackBerry App World silakan kunjungi www.indosat.com/appworld.

Diskon 75% Beli Aplikasi BlackBerry

Untuk memberikan pelanggan Indosat pengalaman membeli aplikasi di App World dengan cara potong pulsa prabayar atau tagihan pascabayar, Indosat memberikan discount up to 75% untuk 12  aplikasi favorit di App World sampai 17 Desember 2011.

Ada pula discount 12 aplikasi menarik itu dapat diunduh dari website Indosat di www.indosat.com/appworld atau pelanggan juga dapat langsung download melalui handset BlackBerry dari http://bit.ly/uJ5zhb?r=qr.

Media Hiburan dan Pendukung Pekerjaan dari Monitor Super LED LG IPS225V

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - PT LG Electronics Indonesia kembali menghadirkan monitor PC terbarunya dari jajaran seri LG Monitor Super LED yaitu LG IPS225V. Monitor LED berukuran 21.5 inci hadir di penghujung tahun 2011, memberikan kebebasan kepada penguna untuk menggunakan sebagai media hiburan ataupun perangkat pendukung pekerjaan keseharian pengguna. Terdapat fitur pengaturan tingkat hue dan saturation yang memberikan kenyamanan mata pengguna (12/12).

Monitor LG IPS225V menghadirkan warna yang menawan dengan kecepatan waktu respon 5 mili detik, dimana tingkat kecepatan ini memastikan tayangan gambar dinamis akan memberikan kenyamanan mata tanpa adanya distorsi. Penerapan teknologi IPS pada LG IPS225V menawarkan keleluasaan sudut pandang sangat lebar hingga 178 derajat, dimana kualitas warna akan tetap terjaga baik saat pengguna melihat dari posisi berbaring maupun duduk atau berdiri.

LG IPS225V dibekali fitur dual package dengan tiga keistimewaan utama. Pertama, fungsi dual monitor yang memungkinkan berkerja melalui satu PC yang tersambung dengan dukungan dua monitor, sehingga tiap monitor akan mampu menampilkan program yang berbeda sekaligus. Keistimewaan kedua, dimana monitor LED ini mampu menampilkan lebih dari satu program pada saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua. Terakhir, dimana efisiensi kerja dapat dirasakan dengan adanya Dual Web, dimana pengguna dapat menayangkan dua situs bersamaan dalam satu layar secara bersamaan yang tampil secara proposional meskipun format setengah layar.

Pada sisi penghematan daya, hadir dengan lima tahapan unik, yang tetap memastikan tayangan gambar dengan kualitas yang mengesankan. Pada tahap awal, monitor akan berkerja menganalisis gambar dan menentukan tingkat kecerahan. Analisis ini digunakan sebagai perintah untuk meredupkan pencahayaan lampu LED yang secara otomatis mengurangi daya yang dibutuhkan. Hasil ini akan memproses lapisan berisi celah bukaan yang tepat di jajaran lampu LED membuka lebih besar untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih tinggi. Pada akhir proses, hadirnya chip inovasi F-engine dari LG yang akan menyempurnakan tayangan gambar melalui fungsi Real Color Management. F-engine ini bertugas untuk meningkatkan pewarnaan untuk dapat beradaptasi dengan tingkat kecerahan yang nyaman bagi mata melalui teknologi Adaptive Color Enhancer yang terdapat di dalamnya.

Monitor Super LED LG IPS225V hadir dengan tampilan anggun bersama dengan penyangga ramping yang didominasi warna hitam pekat dengan permainan aksen garis bernuansa metal gelap. Hadir dipasar Indonesia dengan kisaran harga Rp 2.400.000,-.

Angry Birds Seasons Christmas

Posted:



CHIP.co.id - Bulan Desember identik dengan perayaraan Natal untuk umat Kristiani. Untuk menyemarakkan acara tersebut, Rovio sebagai developer game Angry Birds tidak ingin melewatkannya, bahkan membuat  25 level yang memberikan tantangan menarik kepada gamer ponsel pintar.

Game Angry Birds Seasons Christmas dibuka dengan lagu natal bernuansa jazz ringan yang semakin mengentalkan suasana natal. Pada game ini mengambil judul Wreck The Halls yang menghadirkan 25 level untuk menantang Anda, dimana setiap harinya akan terbuka satu per satu level tersebut hingga 25 Desember mendatang pada level puncaknya.

Sekumpulan babi hijau lucu dan menggemaskan dengan topi natal ala sinterklas, menunggu untuk Anda hancurkan. Dengan melontarkan burung-burung yang sudah Anda kenal pada game Angry Birds, termasuk hadirnya burung orange yang dapat mengembungkan badannya.

Game Angry Birds Seasons Christmas menghadirkan nuansa salju sesuai dengan tema natal yang semakin memberikan keceriaan saat Anda memainkannya. Namun keceriaan Anda akan berubah menjadi sebuah rasa penasaran yang cukup tinggi, tatkala para babi hijau yang lucu tersebut tetap berdiri tegar pada posisinya, dikarenakan jumlah burung yang Anda lontarkan cukup terbatas, sehingga skill Anda sangat diuji saat memainkannya.

CHIP mencoba beberapa level dan cukup mengalami kesulitan, karena level demi level selalu hadir dengan tantangan yang unik, baik dengan jumlah babi hijau yang cukup banyak, juga harus selalu menyusun strategi jitu untuk merontokkan semua kayu penopang babi-babi tersebut.

Game ini hadir pada platform iPhone/iPod, AndroidiPad dan Symbian untuk Anda yang ingin memainkannya, lakukan update aplikasi pada Angry Birds Seasons dan secara otomatis game bernuansa natal ini akan hadir untuk Anda.

Selamat mencoba dan Selamat Bermain Angry Birds bernuansa Natal!

CHIP Desember 2011

Posted:

CHIP Desember 2011 menghadirkan tema Gadget Pilihan yang menghadirkan beragam pilihan gadget yang cocok sebagai hadiah di akhir tahun. Terdapat juga ulasan AMD Llano, Notebook Homeserver, Game Developer Lokal dan yang tak boleh dilewatkan adalah Uji Performa 11 Motherboard dengan chipset A75.

CHIP Desember 2011

CFVD Desember 2011

Posted:

CHIP Foto Video Digital Desember 2011 kali ini menyajikan tema utama The Ultimate Buyer's Guide 2012, beserta dengan beberapa topik menarik seperti Samsung NX200, Sony NEX C3, dan Bercerita Melalui Pergerakan Kamera.

CHIP Foto Video Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar