Selasa, 27 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


HTC Buka Kantor Pusat di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - HTC Indonesia akhirnya membuka kantor pusat di Indonesia setelah bergelut selama 3 tahun secara mobile. Kantor HTC Indonesia secara resmi mengambil lokasi di Gedung Veteran lantai 7, Plaza Semanggi, Jakarta seluas 174 meter persegi (21/12).

Agus Sugiharto selaku HTC Country Manager Indonesia menceritakan akan perpindahan lokasi selam 3 tahun silam ini, dimana pada akhirnya HTC memberikan ijin secara penuh dengan hadirnya kantor pusat HTC Indonesia di Jakarta. Agus mengatakan,"Beberapa kali ditolak untuk menghadirkan kantor pusat HTC di Indonesia dengan berbagai pertimbangan dari anggaran hingga lokasi. Namun akhirnya, kami secara resmi memiliki kantor pusat untuk lebih memberikan dukungan kepada para pelanggan dan media."

Kantor pusat HTC Indonesia memiliki 2 ruangan yang menarik, dengan penggunaan nama HTC Hub dan HTC Sense. Ruangan bernama HTC Hub memberikan dukungan penuh untuk penggunaan untuk media pers, sedangkan ruangan HTC Sense merupakan ruangan meeting utama. "Pada ruang HTC Sense, seluruh pembicaraan meeting haruslah bersifat make-sense," ujar Agus.

Di tahun 2011 ini, HTC meluncurkan sebanyak 10 ponsel pintar yang berbasis Android dan Windows Phone, dan ponsel pintar HTC Sensation dan HTC Wildfire S mendapatkan peringkat tertinggi pada sisi penjualan. Ponsel HTC Sensation diluncurkan pada bulan Juni, sedangkan HTC Wildfire S diluncurkan pada bulan Mei 2011.

Agus juga menambahkan,"Tentunya kehadiran jajaran ponsel terbaru HTC seperti HTC Sensation XE dan Sensation XL belum termasuk dalam penghitungan tersebut, dikarenakan masih tergolong baru dipasar Indonesia."



"Dengan hadirnya kantor pusat kami di Indonesia, kami berharap agar kehadiran ponsel HTC dapat menjadi ponsel pintar favorit dimana pada tahun 2012 kami akan menghadirkan serangkaian kampanye ke berbagai kota," ujar Agus menutup pembicaraan.

Eye Tracking, Mengendalikan PC dengan Mata

Posted:

CHIP.co.id - Setelah touchscreen dan gesture recognition, kini Eye Tracking menjadi lompatan berikutnya untuk mengendalikan PC secara penuh.

Pengendalian komputer secara langsung dan intuitif merupakan sukses baru dalam dunia IT. Setelah keyboard dan mouse yang memerlukan keaktifan pengguna, Apple memperkenalkan evolusi selanjutnya dengan interface Touchscreen pada iPad. Sementara, Microsoft Kinect memiliki orientasi yang berbeda dan memutus kontak fisik antara pengguna dengan perangkat. Langkah berikutnya sudah di depan mata, yaitu Eye Tracking. Anda tidak perlu lagi aktif bergerak dalam menggunakan komputer. Sistem ini akan mendeteksi arah mata, menentukan yang ingin Anda lakukan, lalu merespons permintaan tersebut.

Komputer yang dikendalikan oleh mata akan men-scrolling layar saat pengguna membaca halaman website tanpa harus menggerakkan tangan. Sistem ini juga menawarkan penjelasan kata atau penerjemahan kalimat begitu mata berhenti lama pada sebuah kata. Pada game 3D, pengguna dan karakter yang ada di dalam game dapat beradu pandang. Pe­ngen­daliannya melalui fungsi mata itu sendiri. Mata manusia hanya melihat fokus sekitar satu derajat dari panda­ngannya­, misalnya saat membaca. Selain itu, mata paling tidak harus menatap sebuah spot selama 50 ms untuk dapat dikenali. Pendeteksian mata bekerja dengan­ teknik yang disebut Fixations.

Eye Tracker: Beginilah perangkat bekerja

Untuk menangkap Fixations, Eye Tracker yang terpasang pada notebook atau di monitor, seperti pada Microsoft Kinect, akan memancarkan pola sinar inframerah. Nantinya, akan dilihat yang dipantulkan oleh mata. Dengan bantuan sebuah kamera, Eye Tracker menangkap refleksi ini dan menganalisisnya.

Ada dua metode penyinaran yang memberikan hasil baik sesuai dengan warna mata dan cahaya ambien. Pertama, sumber cahaya berada dekat di lensa Tracker sehingga pupil tampak lebih terang daripada iris. Kedua, sumber cahaya jauh dari lensa sehingga pupil lebih gelap daripada iris. Metode yang digunakan ditentukan oleh Eye Tracker secara otomatis pada saat kalibrasi. Di sini, Eye Tracker akan mendeteksi ukuran layar dan menentukan arah pandang mata terhadap titik-titik di monitor.

Saat digunakan, Eye Tracker merekam bidang yang langsung berada di depan monitor. Perangkat terbaru yang banyak membantu orang cacat dalam mengoperasikan komputer dapat menangkap sebuah bidang selebar 30 x 40 cm dalam jarak 50 sampai 80 cm di depan layar. Dengan Sampling-Frequency sebesar 120 Hertz, kamera menghasilkan sebuah gambar setiap 8,3 ms. Selanjutnya, perangkat mengenali pola refleksi mata sehingga ditemukan fokusnya.

Eye Tracker menentukan arah pandangan berdasarkan vektor yang dideteksi antara beberapa pantulan pupil dan iris (lihat gambar). Dengan time stamp, perangkat dapat menentukan posisi mata dan arah pandangan melalui Eye-Tracking-Software. Selanjutnya, program ini memfilter gerakan dan kedipan mata untuk menentukan fixation, yaitu lokasi pada monitor yang diperhatikan oleh mata. Pada jarak pandang 70 cm, Eye Tracker mendeteksi titik pandang berdiameter sekitar 6 mm. Dikombinasikan dengan­ konten layar terbaru, software dapat mengetahui kata atau gambar yang sedang dibaca atau dilihat.

Klik Gambar untuk Lebih Jelas

Pengendalian Lewat Mata: Kemungkinan baru

Pengendalian lewat mata sebenarnya belum dapat menggantikan peran mouse dan keyboard, tetapi hanya sebagai peleng­kap. Di sini, pengguna mengendalikan pointer dengan mata sehingga tangan­ tidak lagi sibuk. Cara ini sangat tepat untuk mengurangi gerakan otot tangan­ yang seringkali mengganggu bahu atau punggung.

Saat ini, teknologi Eye-Tracking sudah diterapkan, namun komponennya masih langka dan mahal sehingga hanya digunakan dalam bidang-bidang khusus. Eye Tracker memungkinkan orang cacat untuk berinteraksi dengan PC. Dengan­ teknologi ini, dokter bisa mendapatkan informasi, seperti gambar rontgen selama operasi dilakukan tanpa harus me­nun­da pekerjaannya. Selain itu, teknologi ini juga dapat mendiagnosis kognitif anak kecil yang tidak dapat berbicara, namun dari panda­ngan­nya dapat diketahui yang dia inginkan. Teknologi ini akan menganalisis apa dan bagaimana kita membaca.

Komputer yang dikendalikan dengan mata sudah siap diluncurkan. "Teknologi Eye-Tracking kami sudah siap diintegrasikan ke PC. Dalam beberapa tahun mendatang, teknologinya sudah lebih mungil dan ekonomis untuk komputer kebanyakan“, jelas Nicolas Pezzarossa, dari Tobii Technology Jerman, salah satu penyedia hardware dan software Eye-Tracking. Pada CeBIT lalu, Tobii menampilkan sebuah prototipe notebook. Salah satu program yang ditampilkan adalah game Asteroids. Di sini, pengunjung dapat menembak asteroid melalui mata. Paling tidak, teknologi mata tidak kalah dengan mouse, touchscreen, ataupun gesture.

 

Sumber: Majalah CHIP 11/2011

Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk Headset LG

Posted:


CHIP.co.id - Sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang mulai dirilis di bulan Oktober tahun ini, rupanya membawa kabar gembira bagi para pengguna Android di headset LG. Pasalnya, dilansir dari Facebook page-nya, LG berjanji akan memberikan pembaharuan sistem operasi tersebut dalam dua periode, yakni:

  • Gelombang pertama, Q2 - 2012 pembaharuan akan mencakup beberapa headset LG, seperti; LG Optimus LTE, Prada phone by LG 3.0, LG Optimus 2X, LG Optimus Sol, LG my Touch Q dan LG Eclipse.
  • Gelombang kedua, Q3 - 2012 pembaharuan akan mencakup beberapa headset LG, seperti; LG Optimus 3D, LG Optimus Black, LG Optimus Big, LG Optimus Q2 dan LG Optimus EX.

Meskipun masih harus menunggu beberapa bulan lagi para pengguna headset LG Android, merasakan kemudahan multi-tasking aplikasi yang ada di Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dengan adanya pengumuman di atas, maka pengguna headset yang tercantum dapat merencanakan pembaharuan sistem operasi headset mereka, tanpa harus mengeluarkan uang lagi membeli headset terbaru.

Perangkap Backup: Data Anda Belum Tentu Aman

Posted:


CHIP.co.id - Berapa lama backup dapat melindungi data Anda? CHIP menunjukkan masalah-masalah apa saja yang selalu mengintai data backup dan bagaimana menanganinya.

Serangan virus atau kerusakan pada media penyimpan dapat merusak data yang disimpan di dalamnya. Lalu, bagaimana Anda berusaha melindungi data dari keadaan yang tidak Anda inginkan tersebut? Menyimpannya pada media hard drive tidak selamanya aman karena bisa saja terjadi kegagalan mekanik pada hard drive atau terinfeksi serangan virus. Begitu juga ketika Anda mengganti hardware pada PC, program backup biasanya tidak mengenal PC Anda lagi karena menganggap PC Anda sebagai perangkat lain sehingga data tidak kembali seutuhnya. Backup online? Berarti Anda harus menyerahkan kepercayaan sepenuhnya kepada penyedia layanan.

Hanya strategi backup yang tepat yang dapat mengatasi semua masalah backup tersebut. CHIP akan membimbing Anda untuk melewati setiap masalah backup.

Perangkap Produsen: Format arsip khusus

Penyedia solusi backup professional, seperti Acronis dan Paragon, menawarkan solusi backup kepada para pelanggannya dengan format arsip eksklusif yang hanya dapat dibuka dengan program-program tertentu saja. Contohnya adalah arsip yang dibuat oleh Paragon backup & recovery dengan akhiran “pfi” yang dapat menyimpan data dalam folder rahasia, seperti “arc_16051114054442”. Membukanya dengan program lain merupakan hal yang mustahil dilakukan.

Perangkap: Ketika produsen me­ngem­bangkan layanan dan fungsi pada program backup-nya,  seringkali menjadi bumerang bagi pengguna. File backup yang sudah ada sering tidak dapat dibuka kembali dengan versi program yang lain. Jika versi terbaru dari program backup tidak kompatibel, tentu saja program tidak bisa membaca file backup yang lama. Hal yang sama berlaku jika produsen memilih format arsip yang berbeda. Untuk solusi ini, Anda bisa menggunakan recovery CD bawaan program untuk mengambil file backup yang lama.

Solusi: Program Personal Backup 5 bisa menjadi solusinya. Sebuah wizard akan membantu pengguna dalam membuat backup dari awal hingga selesai. Di wizard, Anda juga dapat menentukan penempatan file backup (tidak harus mengikuti struktur direktori aslinya). Namun, untuk partisi, program ini se­ring tidak mengembalikan ke keadaan aslinya.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan EaseUS Todo Backup untuk meng-clone partisi Windows. Pertama kali, buat proyek backup melalui "Backup | disk and partition backup". Wizard akan menanyakan partisi mana yang akan dikompresi dan meminta folder tujuan.  Pada proses yang sedang berjalan, Anda bisa memilih kekuatan file backup pada bagian "Options". EaseUS Todo Backup menggunakan sebagian arsip dengan akhiran "PDB" untuk membuat backup hard disk. Nantinya, file dapat dibuka melalui Windows Explorer melalui perintah "Tools |Mount Image". Klik "Mount" dan navigasikan file berakhiran "PDB" ke partisi yang Anda inginkan. Di langkah berikutnya, Todo EaseUS Backup akan meminta sebuah drive dalam hard disk sehingga mudah diakses dan dibaca melalui Windows Explorer. Di sini, perintah "delete" dinonaktifkan.

Perangkap Terabyte: Terlalu banyak kapasitas memori

Saat ini, sudah banyak tersedia hard disk yang berukuran raksaasa (terabyte). hard disk jenis ini lebih menguntungkan untuk proses backup. Mengapa Anda tidak membuat sebuah partisi dalam hard disk ini?

Perangkap: Apabila hard disk mengalami masalah kegagalan mekanikal pada bagian dalamnya, hilanglah data Anda selamanya. Kebanyakan recovery programs seperti PC Inspector File Recovery tidak dapat membantu jika terjadi kasus hard disk rusak. Program bantuan tidak akan mengenali media penyimpanan yang rusak. Hal yang sama juga berlaku untuk program backup profesional. Apabila Anda menemukan keadaan seperti ini, tentunya Anda hanya bisa merenungi nasib data yang disimpan dalam hard disk tersebut.

Solusi: Dua selalu lebih baik dari satu. Oleh karena itu, ada baiknya buat juga backup dalam perangkat eksternal lainnya, seperti hard disk eksternal ber-USB atau NAS (Network Attached Storage). Dengan begitu, jika terjadi masalah dalam hard disk internal, buka data yang ada di media penyimpan eksternal. Anda dapat mengambil data dengan lebih aman dan nyaman. Dengan sistem ganda ini, risiko kehilangan data dapat diperkecil.

Perangkap online: Kepercayaan bisa menjadi penyebab stres

Backup secara online memang dapat menghilangkan risiko kehilangan data secara menyeluruh. Apabila Anda menyimpan data pada layanan cloud modern seperti Dropbox atau Gigabank, Anda dapat terlindungi dari kehilangan data. Selain itu, Anda juga bisa mengembalikan data Anda ketika PC di rumah dicuri oleh penjahat. Begitu juga ketika hard disk di PC mengalami masalah berat sehingga tidak bisa mengakses data di dalamnya, Anda masih bisa mengambil data dari cloud.  Akan tetapi, bagaimana jika masalah jus­tru terjadi pada penyedia layanan cloud?

Kasus: Ribuan pengguna baik personal dan perusahaan di seluruh dunia tentu tidak lupa pada saat Paskah 2011. Saat itu, seluruh infrastruktur server cloud Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud) lumpuh. Kejadian ini menyulitkan banyak pihak. Banyak data tak ternilai hilang. Penyebab bencana adalah kesalahan routing yang sederhana pada waktu proses upgrade jaringan. Masalah ini tentunya membuat pengguna layanan harus berpikir untuk menyimpan data secara offline untuk data cadangan.

Solusi: Selain backup online, Anda juga harus membuat cadangan pada disk eksternal. Acronis True Image 11 menawarkan beberapa fungsi backup agar Anda terhindar dari kasus di atas.

Cara lainnya, Anda dapat menggunakan media penyimpan eksternal terlebih dahulu untuk menyimpan file atau data.  Selanjutnya, gunakan TrueCrypt untuk solusi selanjutnya. Install TrueCrypt ke dalam PC. Buat volume baru melalui "Create Volume". Di halaman berikutnya, tentukan jenis enkripsi. Pilih " Create an encrypted file container". Di bagian volume locations, masukkan nama file yang akan berhubungan dengan media penyimpan online.  Pilih algoritma penyimpanan yang paling kuat. Algoritma yang kuat agak memakan waktu saat proses backup. Namun, hal ini tidak menjadi masalah untuk keamanan data Anda. Tentukan juga sebuah password  untuk mengaksesnya. Selanjutnya, Anda dapat melakukan proses mount agar kontainer yang Anda buat bisa dilihat dan diakses dari Windows Explorer. Kini, copy file atau data yang sudah Anda simpan di dalam media penyimpan eksternal ke dalam kontainer. Dengan setting tertentu untuk proses sinkronisasi, layanan Cloud seperti Dropbox dapat meng-upload data yang ada di dalam kontainer ke online inbox Dropbox secara otomatis.

Apabila ada perubahan dalam kontainer, walau satu file sekalipun, layanan online akan langsung bereaksi. Dengan begitu, data menjadi lebih aman karena disimpan dalam dua tempat yang berbeda.

LG LSM 100, Scanner Berwujud Mouse

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – LG Electronics tampaknya tak pernah kehabisan ide dalam memberikan berbagai kejutan melalui kelahiran produk-produk inovatifnya. Mendekati penghujung tahun 2011, LG kembali mengejutkan publik Indonesia dengan mengumumkan kelahiran LG Mouse Scanner.

Hadir dengan seri LG LSM-100, perangkat unik besutan LG ini mengawali debut perdananya di publik secara terbatas pada gelaran IFA 2011, yang berlangsung pada tanggal 2 – 7 September 2011 lalu di Berlin, Jerman.

”Menawarkan keunikan fungsi dengan kejutan inovasi terkini di dalamnya, kehadiran perangkat ini menandai era baru sebuah scanner,” ujar Billy Tantri, IT Product Marketing – PT.LG Electronics Indonesia.

Memindai bukanlah seluruh keistimewaan yang terdapat pada LG LSM-100. Bergerak lebih jauh dari sekedar perangkat pemindai, LG LSM-100 juga dapat mengubah format berkas hasil pindaian yang akan disimpan mengikuti kebutuhan penggunanya. Diantaranya terdapat format JPEG, DOC, XLS, TIFF, PNG, PDF dan BNP.

Sepintas tampilan LG LSM-100 tak jauh beda dengan alat bantu navigasi komputer (mouse) lainnya. Ukurannya pun setara besar desktop mouse kebanyakan. Perbedaan kecil hanya terlihat dengan adanya tambahan dua tombol pada bagian samping kiri tubuhnya. Yaitu tombol scan yang berguna untuk mengaktifkan fungsi pemindaian dan tombol back sebagai konfirmasi untuk kembali pada menu sebelumnya.

Perbedaan besar baru bakal terpampang begitu membalik tubuh LG LSM-100. Pada bagian penampang dasar inilah terletak alat pemindainya. Laiknya alat pemindai (scanner), mouse inovatif ini juga lengkap dengan lensa optik beserta rangkaian perangkat pendukung di dalamnya yang bertugas untuk mengenali objek.

Kemudahan Memindai dengan LG LSM-100

Tidak perlu gusar menemui kesulitan dalam pemakaiannya. Scanner pintar dari LG ini sangat mudah dalam pengoperasiannya. Hanya dengan menekan tombol scan, pemindaian dapat langsung dilakukan dengan menyapukan ’mouse pintar’ ini pada seluruh bidang objek yang diinginkan. Persis seperti penggunaan mouse konvensional. LG LSM-100 mampu menangani pemindaian dengan luas bidang pindai mencapai ukuran A3.

Memantapkan performa LG LSM-100 sebagai perangkat pemindai, LG pun membekalinya dengan dua sensor laser berkekuatan 1200 DPI. Tugasnya untuk mengenali koordinat objek yang akan dipindai. Keberadaan dua sensor laser ini membuat hasil pemindaian tidak akan berubah meskipun terjadi pengulangan proses pemindaian pada bidang yang sama.

”Pengguna dapat memindai dengan gerakan leluasa baik ke kiri, kanan dan bahkan gerakan berputar sekalipun tidak akan mempengaruhi hasil pemindaian. Keberadaan dua sensor laser akan memastikan objek terpindai dengan baik,” tambah Billy.

Untuk hasilnya sendiri, LG LSM-100 menyediakan keluasan opsi resolusi hingga mencapai 320 DPI. Dengannya, hasil pindaian akan tampil tajam dalam detail baik berupa teks maupun gambar.

Tes Perbandingan HDD Portabel USB 3.0

Posted:


CHIP.co.id - Seberapa jauh kemampuan sebuah hard disk eksternal mampu membantu penyimpanan data Anda? CHIP memberikan solusi untuk penyimpanan data yang Anda miliki hanya dalam genggaman. Temukan pembahasannya lebih lanjut.

Perangkat hard disk portabel saat ini mengalami perkembangan pesat. Sejak diperkenalkannya interface USB 3.0 yang lebih powerful, banyak produsen hard disk portabel berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas hard disk agar mampu menampung lebih banyak data. Kendala pada masa yang lalu adalah kecepatan hard disk portabel yang lambat sehingga untuk menyimpan data dalam jumlah banyak atau ukuran yang besar akan memakan waktu lama. USB 3.0 merupakan jawaban atas masalah tersebut.

Mengapa USB 3.0?

Interface USB 3.0 dengan bandwidth mencapai 5 Gbit/s secara teori memberikan kecepatan sepuluh kali lipat dibanding dengan interface USB 2.0. Selain peningkatan performa yang fantastis, USB 3.0 juga mampu memberikan kecepatan baca dan tulis yang stabil secara simultan antara dua perangkat yang terkoneksi.Keunggulan ini tidak terdapat pada interface USB 2.0. Konsumsi daya yang digunakan pada USB 3.0 juga lebih hemat sehingga komponen pada hardware terjaga lebih baik dibanding USB 2.0. Feature idle dan sleep juga telah diterapkan pada interface USB 3.0 sehingga manajemen daya menjadi lebih baik. Interface USB 3.0 juga tetap dapat digunakan untuk perangkat USB 2.0. Kompatibilitas yang lebih baik ini membuat interface USB 3.0 akan menjadi interface universal di masa depan.

Bentuk port USB 3.0 dibuat mirip de­ngan USB 2.0 sehingga Anda tetap dapat menggunakan perangkat USB 3.0 pada PC dan notebook dengan interface USB 2.0.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, USB 3.0 juga memiliki beberapa kekura­ngan sebagai dampak dari teknologi terbaru. Panjang kabel maksimum yang dapat digunakan untuk transfer data pada interface USB 3.0 hanya 3 meter (interface USB 2.0 mendukung penggunaan kabel hingga maksimal 5 meter). Namun, Anda dapat menambahkan USB Hub  untuk mengatasi hal ini.

Selain itu, tidak semua perangkat mampu memanfaatkan secara penuh kecepatan yang ditawarkan oleh interface ini. Terdapat beberapa aspek yang memengaruhi hal ini, misalnya hard disk mag­netik yang memiliki keterbatasan pada kecepatan putaran.

Berburu media penyimpanan baru

CHIP kali ini mengadakan tes perbandingan hard disk portabel yang menggunakan USB 3.0 untuk memberikan Anda gambaran tentang kecepatan yang mampu diberikan oleh interface ini. Selain itu, momen liburan akhir tahun yang sebentar lagi akan tiba menjadi salah satu alasan pengujian ini dilakukan. Banyak orang menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan ke tempat wisata, kurang lengkap rasanya jika momentum liburan ini tidak diabadikan dengan kamera atau video.

Hard disk eksternal dengan kapasitas yang besar dan interface yang lebih baik dapat menjadi salah satu pilihan untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data Anda. Portabilitas hard disk eksternal dengan form factor hard disk 2,5 inci menjadi pilihan yang baik. Selain ukuran yang ringkas dan bobot yang ringan, hard disk eksternal tipe ini juga tidak memerlukan tambahan kabel power untuk pengoperasiannya.

Kapasitas yang tersedia saat ini juga terbilang besar, mulai dari 500 GB hingga 1 TB. Anda dapat membawa data-data yang berukuran hingga 1 TB di dalam ­genggaman. Seluruh hasil foto maupun rekaman video pada kamera atau camcorder Anda kini dapat Anda back up dengan leluasa.

ADATA Nobility NH01

ADATA Nobility NH01 memiliki desain glossy berwarna hitam yang menyerupai sebuah cermin. Sebuah logo ADATA juga tak lupa diletakkan pada bagian tengah bawah dengan desain hologram yang menambah kesan menawan hard disk de­ngan kecepatan putar 5400 RPM ini. Sa­yangnya, desain me­nyerupai cermin ini dapat meninggalkan bekas sidik jari.

ADATA juga menyertakan sebuah quick guide pada paket penjualannya. Namun sayangnya, CHIP tidak menemukan software pada paket penjualan NH01 sehingga feature-feature penting seperti keamanan data, backup, dan restore tidak akan Anda temukan pada hard disk ini. Sebagai nilai tambah, ADATA menjamin produknya dengan garansi selama tiga ­tahun.

Performa yang dihasilkan juga cukup baik. Sebagai media penyimpanan portabel, kecepatan baca dan tulis yang tinggi merupakan suatu hal penting. Dari hasil uji Atto, ADATA NOBILITY NH01 memperoleh kecepatan tulis sebesar 82.3 MB/s dan 82.4 MB/s, untuk kecepatan bacanya Sedangkan untuk hasil uji PCMark Vantage, Adata Nobility NH01 memperoleh skor sebesar 3363.

Buffalo MiniStation Stealth HD-PCT500U3 500 GB

Sama seperti seri HD-PNT500U3, Buffalo MiniStation Stealth HD-PCT500U3 juga memiliki desain yang unik. Lampu indikatornya berbentuk lurus dengan bentuk meruncing pada kedua ujungnya. Hard disk ini juga memiliki feature Buffalo Tools seperti pada hard disk sebelumnya untuk meningkatkan performanya.

Feature menarik dari produk  ini adalah Secure Lock Mobile™ yang tersedia dan berfungsi untuk melin­dungi data ­Anda. Feature ini juga mengurangi konsumsi daya dengan menghentikan kepingan di dalam hard disk ketika idle.

Di dalam hard disk juga terdapat manual bagi pengguna sistem operasi Mac. ­Buffalo MiniStation Stealth HD-PCT500U3 adalah salah satu hard disk eksternal yang telah mendukung Mac. Tentunya hal ini merupakan kewajiban suatu storage agar kompatibel untuk semua sistem operasi. Hard disk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Untuk hasil benchmark-nya, angka yang dihasilkan hard disk ini masih berada di bawah hard disk Buffalo MiniStation Plus HD-PNT500U3, yaitu sebesar 2976 pada PCMark Vantage. Pada hasil tes Atto, kecepatan yang didapat sebesar 78 MB/s untuk baca dan tulis.

Buffalo MiniStation Plus HD-PNT500U3 500 GB

Buffalo MiniStation Plus HD-PNT500U3 hadir dengan desain yang menarik. Hard disk eksternal yang memiliki kapasitas 500 GB ini memiliki lampu indikator yang terletak pada salah satu sudutnya. Uniknya, ketika Anda menghubungkan hard disk ini dengan koneksi USB 2.0, lampu indikator akan menyala berwarna hijau, sedangkan untuk koneksi USB 3.0 berwarna biru.

Anda akan mendapatkan software Drive Navigator di dalam hard disk ini. Software ini berguna untuk meng-install Buffalo Tools, Eco Manager, Picasa, dan Google Chrome. Selain itu, pada Drive Navigator juga tersedia feature untuk mengenkripsi Buffalo MiniStation Plus HD-PNT500U3.

Salah satu kelebihan produk milik Buffalo yang satu ini adalah chasis yang shockproof. Artinya, hard disk ini memiliki ketahanan terhadap gunca­ng­an. Feature ini memberikan Anda perlindu­ngan lebih terhadap keamanan data-data penting. Kelebihan lainnya adalah feature Secure Lock Manager Easy yang juga dapat Anda peroleh di dalam Drive Navigator. Untuk hasil uji test benchmark-nya, hard disk ini memperoleh skor sebesar 3041 pada PCMark Vantage. Sedangkan untuk hasil uji mengguna­kan Atto, kecepatan baca dan tulis yang didapat hampir seimbang, yaitu sebesar 85 MB/s.

Buffalo Ministation Extreme HD-PZU3 500 GB

Buffalo Ministation Extreme HD-PZU3 merupakan hard disk seri terbaru milik Buffalo dengan berbagai macam feature menarik. Produk ini memiliki desain yang canggih. Dengan desain shockproof yang telah memenuhi standar militer, hard disk ini diklaim mampu bertahan saat jatuh bebas dari ketinggian 2,3 meter.

Kabel yang fleksibel dan dapat langsung dilipat masuk ke dalam bodi merupakan salah satu nilai tambah tersendiri bagi Buffalo MiniStation Extreme HD-PZU3. Hal tersebut memudahkan Anda dalam membawa hard disk ini bepergian tanpa takut akan kehilangan kabel atau lupa membawa kabel hard disk ini.

Software yang tersedia di dalam hard disk-nya masih sama seperti hard disk ­Buffalo lainnya. Hard disk ini juga telah mendukung Time Machine™ yang berguna untuk melakukan backup secara bwekL pada sistem operasi Mac. Keamanan data Anda juga dijamin oleh Buffalo Mini­Station Extreme HD-PZU3 de­ngan sistem enkripsi 256-bit yang aman.

Hard disk ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, abu-abu, dan merah. Meskipun hasil uji PCMark  Vantage tidak berada di urutan tertinggi, kecepatan baca dan tulis hard disk inilah yang tercepat, yaitu sebesar 113 MB/s. Oleh karena itu, Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu dalam melakukan perpindahan data-data penting Anda dari dan ke dalam hard disk ini.

Hitachi Touro Mobile Pro 500 GB

Hitachi Touro Mobile Pro Hadir dengan desain berwarna hitam glossy dengan logo Hitachi pada permukaan atasnya. Desain ini juga memperlihatkan kesan permukaan yang licin. Terdapat pula warna silver yang mengitari sisi samping sehingga membuat hard disk ini terlihat semakin menarik dari sisi tampilan.

Salah satu nilai tambah yang dimiliki Hitachi Touro Mobile Pro adalah terse­dianya cloud storage sebesar 3 GB sehingga sistem keamanannya terdiri dua lapis. Sistem keaman dua lapis ini terdiri dari backup file yang ada di hard disk-nya sen­diri dan cloud backup. Berkat adanya cloud storage tersebut, Anda dapat me­ngakses file kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Kecepatan putar yang dimiliki Hitachi Touro Mobile Pro juga cukup tinggi dari hard disk eksternal pada umumnya, yaitu sebesar 7200 RPM untuk ukuran hard disk 2,5 inci. Berdasarkan hasil uji PCMark Vantage, hard disk ini mendapatkan skor yang paling tinggi dari peserta tes perbandi­ngan lainnya, yaitu sebesar 3773.

HP Portable HardDrive USB 3.0 1 TB

HP yang biasanya memproduksi printer, kali ini memproduksi storage. HP Portable HardDrive USB 3.0 1TB merupakan salah satu peserta dengan kapasitas 1 TB. De­ngan desain kotak dan tekstur glossy warna hitam membuat tampilan hard disk ini menjadi mewah. Logo HP juga turut disematkan pada bagian kiri bawah.

Anda dapat menemukan sebuah user guide yang terdiri dari beberapa bahasa di dalam HP Portable HardDrive USB 3.0 1 TB. Selain itu, juga terdapat software khusus HP Simple Save Application yang harus dijalankan dari HP Portable HardDrive USB 3.0 1 TB ini. Software tersebut berguna untuk meningkatkan performa dengan feature seperti backup dan recovery. Garansi yang diberikan oleh HP juga cukup panjang, yaitu sekitar tiga tahun.

Performa yang dihasilkan oleh HP Portable HardDrive USB 3.0 1 TB cukup baik. Namun sayangnya, hasil PCMark Vantage yang didapatkan paling rendah dari peserta tes perbandingan lainnya, yaitu sebesar 2126.

Call of Juarez: The Cartel, Western Cowboy Beralih ke Dunia Modern

Posted:


Spesifikasi Minimum: Windows XP SP3 (32-bit), Vista/7 (32 or 64-bit) | Processor: Intel Core 2 Duo 2 Ghz, AMD Athlon 64 X2 2 Ghz | Memory: 1 GB (xp), 2 GB (Vista/7) | HDD: 8 GB | VGA: DirectX 9.0c Compatible - Nvidia 8800 GT/ATI 3850

CHIP.co.id - Seri yang satu ini sedikit melenceng dari ciri khas utamanya. Namun, jalan ceritanya menarik. Game ini mengisahkan sindikat narkotika lintas negara.

Call of Juarez memiliki permainan yang sangat khas di banding game-game FPS pada umumnya. Gaya permainannya melibatkan beberapa karakter sebagai tokoh yang dimainkan sehingga pemain dapat melihat alur cerita dari berbagai sudut pandang. Hal lainnya adalah latar belakang permainan ala Wild Wild West.

Namun, Call of Juarez: The Cartel ini telah meninggalkan setting western cowboy dan beralih ke dunia modern sehingga memberikan nuansa baru untuk pen­cin­tanya. Jalan cerita kali ini mengisahkan konspirasi serta intrik dari perdagangan narkotika di perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko.

Call of Juarez: The Cartel menghadirkan tiga karakter sekaligus yang dapat Anda pilih untuk memulai permainan. Masing masing karakter memiliki latar belakang yang berbeda sehingga sepanjang permainan Anda akan menemukan jalan cerita yang berbeda pula. Ketiga karakter tersebut adalah Kimberly Evans dari FBI, Eddie Guerra dari DEA, dan Benjamin McCall dari LAPD. Tiganya dapat disatukan untuk mengusut kasus pengeboman di kantor DEA. Jelas sekali DEA memiliki hubungan erat dengan kasus-kasus obat terlarang sehingga di duga pelaku pengeboman adalah utusan  orang yang menguasai perdagangan narkotika. Untungnya, Jessica Stone anak dari korban pengeboman menyimpan informasi yang kuat dari ayahnya sehingga Anda memiliki titik terang untuk menyelidiki lebih dalam kasus ini. Selain itu, Anda juga diminta untuk melindungi Jessica selaku saksi hidup tragedi tersebut.

Karakter: Anda dapat memilih karakter hanya di awal permainan. Untuk mengganti karakter di chapter lain anda harus keluar terlebih dahulu.

Yang tidak kalah menarik, setiap karakter memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, Benjamin yang memiliki keahlian dalam menembak menggunakan pistol, revolver, dan LMG; Kimberly yang ahli menggunakan senjata sniper; dan Eddie yang ahli menggunakan senapan serbu dan shotgun.

Anda juga akan memiliki kemampuan spesial yang disebut Concentration Mode dan kemampuan spesial ini menyajikan adegan slow motion ketika Anda menembak musuh.  Feature ini dapat diaktifkan ketika Anda membunuh musuh saat bar concentration mencapai 100%. Namun,  setiap karakter memiliki concentration mode yang sama. Hal ini berbeda dengan seri sebelumnya.

100%: Aktifkan concentration mode jika sudah mencapai 100% pada bar-nya.

Tarif BlackBerry Unlimited Hemat dari AXIS

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mendapatkan respon sangat baik dari pelanggannya untuk penawaran Layanan Blackberry Terhemat, AXIS, melanjutkan penawaran tersebut hingga 31 Januari 2012. Dengan membayar Rp 100.000,- pelanggan dapat menikmati layanan BlackBerry dari AXIS selama tiga bulan lamanya.

“AXIS memahami bahwa sekitar lima juta pengguna Blackberry di Indonesia membutuhkan layanan Blackberry yang terjangkau. Hal ini yang mendasari AXIS mengeluarkan penawaran Layanan BlackBerry Unlimited Terhemat Rp100.000 untuk tiga bulan yang telah mendapat respon sangat baik dari masyarakat sejak pertama kali diluncurkan,” ujar Daniel Horan, Chief Marketing Officer AXIS.

Kartu perdana AXIS khusus yang telah dilengkapi dengan paket layanan BlackBerry unlimited terhemat telah tersedia di seluruh AXIS Shop dan gerai-gerai penjualan BlackBerry. Dengan Rp100.000, pelanggan dapat menikmati layanan BlackBerry AXIS unlimited selama tiga bulan. Pada bulan selanjutnya, pelanggan dapat terus menikmati layanan BlackBerry terjangkau dari AXIS dengan tarif Rp79.000 per bulan.

Berbagai keuntungan dapat dinikmati para pelanggan layanan BlackBerry AXIS. Diantaranya layanan Blackberry jelajah internasional ke berbagai negara di dunia seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Arab Saudi, Amerika Serikat, Swiss dan masih banyak lagi hanya dengan Rp49.000 per hari, tanpa perlu registrasi.

Layanan Blackberry AXIS juga tersedia dalam berbagai pilihan paket yang fleksibel, seperti paket Friends, Mail, dan Unlimited, yang tersedia dalam paket harian, mingguan, dan bulanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar