Jumat, 02 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Intel Indonesia Rayakan HUT ke-15 dan Mikroprosesor ke-40

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Intel Corp. pada 40 tahun lalu memperkenalkan mirkoprosesor pertama di dunia, Intel 4004 yang merupakan pemicu untuk dimulainya revolusi digital. Selain itu, pada saat yang sama juga, Intel Indonesia merayakan HUT ke-15 dimana Intel telah mendukung misi Indonesia untuk menciptakan eknomi berbasis inovasi dan bekerja sama dengan pemerintah dan para mitra Intel untuk menghilangkan kesenjangan digital. Acara HUT Intel ini mengambil lokasi di Plaza Senayan, Jakarta (1/12).



Mikroprosesor merupakan kecerdasan yang tersembunyi serta otak dari PC, data center, ponsel pintar, tablet dan hampir seluruh perangkat lainnya yang menjadi tumpuan hidup pengguna dunia digital sehari-hari. Mikroprosesor telah membuat manusia menjadi lebih produktif dan dalam hal pekerjaan memberikan akses ke pasar dan pelanggan baru di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari perayaannya, Intel bekerjasama dengan PT Telkom, mengumumkan pemberian donasi sebanyak 300 PC Classmate (CMPC) yang dipaket dengan akses broadband nirkabel ke 10 sekolah di Pekalongan, Tangerang, Solo, dan Jambi. CMPC tersebut diserahkan oleh Debjani Ghosh selaku Director of Intel Southeast Asia, kepada Dr.Ir.Ari Santoso selaku DEA, Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan Nasional.

Kolaborasi strategis yang dilakukan Intel Indonesia mencakup ke sektor pemerintah, pendidikan hingga kreativitas dalam pemanfaatan teknologi. Pada tahun 2009, Intel Indonesia Coporation berkolaborasi dengan KADIN untuk menjadi tuan rumah sebuah seminar tentang bagaimana investasi infrastuktur TIK untuk bidang seperti broadband, kesehatan, pendidikan, dan pemerintah dapat memiliki dampak ekonomi jangka pendek dan memberikan keunggulan kompetitif jangka panjang.

Tahun 2010, Intel Indonesia dan KADIN merumuskan roadmap baru untuk TIK dan insiatif terkait. Di penghujung tahun 2010, Intel memenangkan tender yang digelar oleh Direktorat Jendral Pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk penyediaan 4100 unit komputer pada 150 Kantor Pelayanan Pajak.

Pada sektor pendidikan, Intel Indonesia telah melatih sebanyal 75.000 guru dari kota-kota di seluruh Indonesia sampai akhir 2011 melalui program Intel Teach yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat profesionalisme guru melalui dukungan teknologi komputer dan internet. Untuk melakukan pelatihan dapat mengakses situs www.teach-indonesia.co.id dan www.intel.com/education/id.

Bersama dengan HP, didukung oleh Klub Guru Indonesia (KGI), Intel memungkinkan pengadaan 13.000 unit laptop untuk guru di 18 kecamatan di Kabupaten Kutai Kertanegara, dimana inisiatif Intel yang bernaung di bawah program Satu Guru Satu Laptop (SAGUSALA).

Intel ISEF adalah kompetisi bidang ilmu pengetahuan globa terbesar untuk siswa di kela 9-12. Sejak 2010, Intel Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Pengetahun Indonesia (LIPI) dalam mengorganisir kompetisi Ilmu Pengetahun Pemuda Nasional dimana para pemanang akan dikirim oleh Intel Amerika Serikat untuk mengikuti kompetisi ISEF.



Pada sektor kreativitas, di tahun 2010, Intel Indonesia menggelar program Intel Creative Motion yang terdiri dari serangkaian sesi pelatihan di lima kota besar seperti Surabaya, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, dan Makassar. Pada bulan Oktober 2011, Intel Indonesia memperkenalkan gerakan Warnai Hidupmu yang merupakan upaya untuk memberikan inspirasi cerita yang akan memungkinkan pengguna untuk lebih menikmati dan antusias ketika menggunakan komputer dalam aktivitas keseharian. Gerakan ini menggandeng Jogya Hip Hop Foundation dan Nacy Margried.

Fakta Seputar Hari Jadi ke-40 dari Intel

  • Pada tanggal 15 November 1971, Intel menciptakan mikroprosesor pertamanya yaitu Intel 4004. Membandingkan kecepatan transistor dari mikroprosesor pertama dengan transistor generasi terakhir yang mencapai frekuensi sekitar 4GHz, seperti membandingkan pelari Usain Bolt dengan seekor siput.
  • Saat ini, biaya energi tahunan rata2 untuk menghidupkan laptop modern sekitar 25 Euro, jika konsumsi energi prosesor tidak berubah sejak tahun 1971, maka laptop masa kini akan mengkonsumsi energi sebanyak 4000 kali lebih besar dan akan menghabiskan biaya sebanyak 100.000 Euro per tahun.
  • Die pada prosesor 4004 terdiri dari 2.300 transistor dan sangat berbeda jauh dengan generasi prosesor terkini yang telah memiliki sebanyak hampir satu milyar transistor.
  • Dibandingkan dengan mikroprosesor pertama Intel, 4004, CPU Intel 32nm terkini berjalan 500 kali lebih cepat dan tiap transistor menggunakan energi 5000 kali lebih sedikit. Dalam periode yang sama, harga sebuah transistor jatuh satu per 50.000
  • Transistor awal dibuat oleh Bell Labs di tahun 1947, ukurannya cukup besar untuk bisa disatukan menggunakan tangan, sebagai perbandingan, lebih dari 100 juta transistor tri-gate 22nm dapat masuk ke dalam kepala sebuah pin dimana satu kepala pin berdiameter sekitar 1,5 mm.
  • Lebih dari 6 juta transistor tri-gate 22nm dapat masuk ke tanda titik di akhir kalimat, dimana satu tanda titik diperkirakan luasnya sekitar 1/10 mm persegi.

Targus Perkenalkan Rangkaian Produk Inovatif Mobilitas

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Targus yang telah menciptakan aksesoris mobile dengan kurun waktu lebih dari 25 tahun, kali ini menghadirkan serangkaian jajaran produk terbarunya, seperti rangkaian ransel backpack terbaru, Blue Trace Wireless Mouse, serta Protective Cover and Stand terbaru untuk Samsung Galaxy Tab (1/12).

Berdiri pada tahun 1983 dan berkantor pusat di Anaheim California, Amerika Serikat, Targus menghadirkan rangkaian Ransel tipe Terra, Expedition dan Shift yang didesain untuk melindungi notebook berukuran hingga 17 inci. Ransel ini memiliki fitur khas seperti kain penutup hujan dan bantalan tahan air untuk melindungi dalam kondisi cuaca hujan yang sering terjadi pada akhir-akhir ini di berbagai lokasi Indonesia.

Melengkapi rangkaian ini pula, Targus juga memperkenalkan 16 inci Rolling Laptop Case yang berfungsi untuk membawa berbagai keperluan untuk para profesional bermobilitas tinggi. Tidak hanya untuk melindungi notebook, namun memiliki kompartemen yang dapat digunakan untuk membawa pakaian bagi perjalan semalam.

Hadir pula mouse Targus Blue Trace Wireless Mouse yang berfungsi untuk menunjang penggunaan notebook. Mouse ini hadir dengan warna hitam mengkilap dan ergonomis, didesain untuk penggunaan jangka panjang yang dilengkapi dengan fitur penunjuk jangka hidup baterai.

Targus juga memperkenalkan aksesoris mobile untuk tablet Samsung Galaxy Tab dengan nama The VuScape Protective Cover and Stand yang memiliki rangka yang kokoh dan sangat ringan. Cover ini cocok untuk dibawa bepergian dan dapat dimasukkan ke dalam ransel ataupun tas kantor yang tentunya berfungsi maksimal dalam melindungi tablet Samsung Anda.

Untuk menambah keceriaan dalam rangka perayaan Hari Natal, Targus menawarkan paket promo yang terjangkau  dan berguna dimana konsumen akan mendapatkan secara cuma-cuma Black Stylus (AMM01US) untuk setiap  pembelian dari seri iPad 2 Cases (THZ045AP). Promo ini tersedia di beberapa toko terdekat seperti Gramedia, Paper Clip, Office 2000, Inifinte, Ibox, Electronic Solution, Best Denki, E-Store, IBK, Golden Computer, Ratu Plaza, dan Quantech.

Wacom Authorized Retail Partner Hadir di Ratu Plaza Jakarta

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Wacom Singapore Pte. Ltd bersama dengan PT Datascrip sebagai Authorized Distributor di Indonesia, pada hari ini meresmikan pembukaan Wacom Authorized Retail Partner (WARP) di Ratu Plaza yang dikelola oleh Andrew Store. Kehadiran WARP ini ini merupakan outlet resmi ke-33 di kawasan Asia Tenggara, dan ke-9 di seluruh Indonesia yang tersebar di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Denpasar (1/12).

WARP yang kali ini hadir di Ratu Plaza, sebelumnya telah hadir pula di beberapa kawasan ibukota seperti di Point Square, Gajah Mada Plaza, Harco Mangga 2, dan tentunya di kawasan Kemayoran Gedung Datascrip.

Melalui kehadiran outlet ini diharapkan Wacom melalui jaringan distribusi Datascrip dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi perkembangan industri kreatif yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Menurut laporan Studi Industri Kreatif Indonesia 2009 yang diterbitkan oleh Departemen Perdagangan RI, Industri kreatif di Indonesia, dalam rentang waktu tahun 2002 – 2008, menunjukkan pertumbuhan net trade rata-rata per tahun sebesar 11,9% dengan kontribusi terhadap nett Trade nasional sebesar 26,1%. Dari segi PDB, industri ini menujukkan pertumbuhan rata-rata 2,32% dengan kontribusi terhadap PDB nasional rata-rata dalam 6 tahun tersebut sebesar 7,8%. Sementara dari segi Kontribusi Penyerapan Tenaga Kerja Industri Kreatif masuk peringkat ke 5 nasional, dengan sumbangsih rata-rata 7,74% per tahun.

Menurut Mary Oetomo selaku Direktur Divisi PT Datascrip, ”Melalui jaringan outlet Authorized partner seperti ini, Wacom ambil bagian dengan menyediakan perangkat keras yang dibutuhkan dan melakukan edukasi bagi para pengguna.”Jeremy Hermanto selaku Division Manager PT Datascrip menambahkan,“Pada saat yang sama, kehadiran outlet resmi seperti ini menjadi pemicu pertumbuhan penjualan yang lebih besar di lokasi ini.”

Bagi pihak Wacom, keberadaan Authorized Partner merupakan sarana untuk membangun minat akan produk-produknya sembari meningkatkan penetrasi pasar dari produk Wacom. Bagi pihak Andrew Store sendiri, menyandang predikat WARP merupakan suatu kepercayaan dan dukungan penuh dari pihak Datascrip, yang merupakan nilai tambah tersendiri bagi para konsumennya.

Transcend microSDHC Class 10 dengan P3 Card Reader

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Begitu banyaknya ponsel pintar dan tablet serta kamera DSLR yang membutuhkan kecepatan tinggi dalam menyimpan data, untuk itulah kali ini Transcend menghadirkan kartu microSDHC Class 10 seri Ultimate dengan kecepatan membaca dan menulis yang sangat cepat.

Kartu microSDHC Class 10 terbaru hadir dengan dilengkapi mini card reader yang akan membuat perangkat digital Anda bekerja maksimal. Kartu microSDHC ini konpatibel dengan perangkat mobile seperti ponsel, eBook reader, tablet, kamera DSLR dan masih banyak lagi.

Bentuk microSDHC Class 10 yang kecil dan kompak dengan dimensi 11mm x 15mm x 1.0mm membuatnya mudah untuk diselipkan pada saku ataupun dompet Anda. MicroSDHC ini memiliki kecepatan baca hingga 20MB per detik dan kecepatan penulisan hingga 17MB per detik.

Spesifikasi

  • Ukuran: 11mm x 15mm x 1.0mm (microSD) dan 32.7mm x 16.0mm x 7.8mm (P3 reader)
  • Op. Voltage : 2.7V~3.6V (microSD) dan 5V (P3 reader)
  • Op. Temperature:  -25°C(-13°F) ~ 85°C(185°F) (microSD) dan 0°C(32°F) ~ 70°C(158°F) (P3 reader)
  • Daya Tahan: 10,000 insertion/removal cycles
  • Berat: 0.4 gram (microSD) dan 2 gram (P3 reader)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar