Jumat, 16 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Sepuluh Pencarian Unik Tertinggi dari Yahoo! Indonesia di 2011

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini, Yahoo! Inc, perusahaan media digital mengumumkan pencarian yang paling unik dan menarik di Indonesia. Ini adalah bagian dari kilas balik ahir tahun, untuk menginformasikan mengenai tren teratas tahun ini berdasarkan aktivitas jutaan pengunjung unik setiap bulan pada jaringan pencarian melalui Yahoo (15/12).

Berikut adalah 10 pencarian unik dan menarik teratas di Indonesia pada tahun 2011

1. Norman Kamaru
Norman Kamaru (baca berita:Goyang India Polisi Muda di Yahoo! News) mencuri perhatian ketika berjoget mengikuti sebuah lagu India di pos jaga. Norman tidak hanya berhasil menghibur koleganya yang sedang sedih, tapi juga ratusan juta warga Indonesia yang rupanya menyukai sosok polisi jenaka.

2.  Crop Circle
Kegemparan muncul ketika sebuah sawah di Sleman, Yogyakarta, menampilkan pola aneh, yang menurut sebagian orang, dibuat oleh UFO. Sekumpulan mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada mengaku bertanggungjawab atas pembuatan pola tanaman ini, meski tanpa penjelasan lengkap.

3. Gerhana Bulan
Secara  umum,  berbagai  fenomena  astronomi  selalu  menarik  untuk  dilihat  oleh  manusia, termasuk gerhana bulan. Yang menarik dari gerhana bulan pada 16 Juni 2011 lalu adalah, ini gerhana bulan terlama sepanjang sejarah. Selama 100 menit, orang dapat melihat berbagai tahap perubahan warna gerhana bulan total tersebut. Lamanya periode gerhana ini disebabkan oleh posisi bulan dekat dengan pusat bayangan bumi.

4. Cuti Bersama
Kebijakan pemerintah yang satu ini selalu ditanggapi abu-abu. Awalnya cuti bersama adalah cara pemerintah untuk mengurangi tingkat bolos pegawai negeri sipil. Mereka dipaksa mengambil cuti saat  ada tanggal  libur  yang  berdekatan. Hal ini mencerminkan bahwa efektivitas jam kerja pelayan publik belum jadi prioritas para pelaksana negara dan mereka yang menjalankan pemerintahan.

5. Sindikat SMS Mama
Polisi Indonesia akhirnya menangkap sekitar 177 orang asing yang berasal dari Taiwan dan Cina atas tuduhan penipuan lewat pesan pendek (SMS). Modus mereka adalah dengan berpura-pura menjadi ibu si penerima pesan pendek dengan nomor sementara, kemudian meminta penerima SMS untuk mengirimkan pulsa ke nomor tersebut. Dengan adanya 220 juta nomor ponsel di Indonesia, sudah pasti modus kriminal ini meresahkan para penerima SMS.

6. Bahtera Nuh
Faktor yang membuat Bahtera Nabi Nuh menjadi salah satu pencarian populer pada 2011 karena ada berita yang menyebutkan sisa-sisa kapal raksasa ini ada di puncak Gunung Ararat, Turki. Setidaknya, ada formasi seukuran bahtera di puncak gunung yang terlihat lewat foto Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1949.

7. Harga Emas
Investasi yang paling menguntungkan bagi masa depan selalu menjadi pencarian populer. Pengguna jasa perbankan dan keuangan mulai sadar bahwa tabungan dan deposito saja tidak cukup untuk menjadi bekal hari tua nanti. Masyarakat kini memiliki  kesadaran lebih tinggi untuk berupaya mendapatkan  keuntungan berlipat dari uang yang mereka tanamkan. Setelah obligasi pemerintah Indonesia (ORI) sempat dikampanyekan, untuk sementara, emas menjadi komoditas investasi yang populer.

8. Wabah Ulat Bulu
Pada 2011, berbagai wilayah di Indonesia terkena bencana berupa wabah ulat bulu. Dalam jumlah besar mereka memenuhi tanaman dan pepohonan di Probolinggo, Malang, Denpasar, Pasuruan, Jombang, Bandung, Yogyakarta, sampai Bekasi. Ulat bulu merusak tanaman dan berpotensi menyebabkan gatal-gatal pada manusia. Langkah pembasmian menggunakan pestisida pun kemudian dilakukan.    Padahal ini ternyata menimbulkan efek samping, karena dianggap sebagai langkah instan dan kurang tepat dalam jangka panjang untuk mengatasi wabah ulat bulu.

9. Nikah Massal Senayan
Sebanyak 4.541 pasangan menikah secara massal pada Juli 2011 lalu di Istora Senayan, Jakarta. Mereka berasal dari kelompok agama yang berbeda, terdiri dari 3.112 pasangan beragama  Islam,  1.248  dari Kristen Prostestan,  96  Katolik, 25 Buddha, 12 Hindu, serta 8 Konghucu.
Acara pernikahan massal bagi penduduk miskin ini diadakan oleh sebuah stasiun televisi lokal dan diklaim sebagai acara serupa dengan jumlah peserta terbesar di dunia.

10. Klub Istri Patuh
Sejak  muncul di pemberitaan media, Klub Istri Patuh asal Malaysia ini selalu mengundang kehebohan akan aktivitasnya. Dalam buku panduannya, klub ini menyebutkan perempuan hanya bisa memuaskan 10 persen keinginan seksual suami. Karena itulah mereka menganjurkan agar suami melakukan hubungan badan dengan semua istrinya secara bersamaan.

Aplikasi Ringan Resource bagi Pengguna Linux

Posted:

CHIP.co.id - Apa pun nama programnya, yang penting pekerjaan saya bisa selesai dengan cepat dan tepat! Anda dapat menyimak beberapa aplikasi alternatif yang relatif "enteng" dan "layak" digunakan berikut ini.

Aplikasi alternatif di Linux sebenarnya sangat banyak. Fakta ini mungkin disebabkan dampak positif open source dan adanya kolaborasi ala komunitas. Orang menjadi tergerak untuk mengimplementasikan idenya sebagai suatu solusi suatu masalah. Wujudnya bisa berupa feautres dalam berbagai aplikasi.

Seiring berkembangnya Linux, berbagai features ini kian kompleks dan beragam. Konsekuensinya adalah aplikasi menjadi semakin "rakus" memori dan lambat. Jadi, sebenarnya bukan hanya aplikasi Windows atau Macintosh saja yang mengalami problem "kegemukan", Linux pun mengalaminya. Berbagai distro modern, semacam Fedora 15, Ubuntu 11.04, atau OpenSuSE 11.3 juga memiliki problem serupa karena membutuhkan persyaratan minimal RAM sebesar 512 MB dan prosesor Pentium IV agar lancar digunakan. Padahal, tidak semua orang saat ini memakai komputer dengan spesifikasi tinggi. Untuk itu, perlu aplikasi alternatif yang hemat RAM, cepat dieksekusi, dan responsif. Program alternatif tersebut juga cocok bagi pengguna Linux yang ingin mengoptimalkan sistem Linux-nya.

Penjelasan kali ini didasarkan pada dis­tro Mint 9 Isadora yang memiliki koleksi program yang realtif lengkap (karena berbasis distro Ubuntu yang populer). Pemakai distro lain juga tetap bisa mengadopsi aplikasi atau program yang sama dengan repository masing-masing.

A. Alternatif Open Office atau Libre Office: Abiword dan Gnumeric

Semua pengguna Linux biasanya telah mengenal Open Office. Bahkan, pengguna Windows atau Mac sekalipun bisa jadi juga mengunakan Open Office. Hal ini karena Open Office dirilis untuk beberapa platform sekaligus dan semuanya dikelola dengan baik.

Namun, tahukah Anda ukuran paket setup Open Office? Kurang lebih sebesar 220 sampai dengan 250 MB. Ini hanya perkiraan kasar dari paket Open Office 3.2.0 milik penulis dari repository Linux Mint 9. Alternatifnya untuk pengolah kata, ada Abiword dan Gnumeric sebagai aplikasi spreadsheet. Dua program ini sering disebut masuk dalam paket GNOME office, walaupun sebenarnya tidak ada istilah atau paket bernama GNOME Office

Abiword versi terbaru sudah mampu membaca dokumen Microsoft Office sampai dengan versi 2007 (format XML) berikut dokumen ala Open/Libre Office. Hal yang sama juga didukung oleh Gnumeric. Abiword bahkan menyertakan kemampuan untuk menyimpan (ekspor) file sebagai format PDF dan Postscript.

Anda dapat meng-install Abiword dan Gnumeric dengan mengetik:

# aptitude install abiword
# aptitude install gnumeric

Catatan: Abiword tidak secara sempurna mengimpor dokumen Open Office yang mengandung gambar. Bahkan saat pe­ngu­jian, komputer penulis sempat mengalami hang yang cukup mengganggu.

Seperti juga Open Office Calc, Gnumeric juga mendukung format file Lotus 1-2-3 dan Quattro Pro dan CSV (Comma Separated Value). Kemampuan ini tentunya menguntungkan bagi pengguna yang dulunya terbiasa menggunakan dua aplikasi lama yang sempat populer di Indonesia di era 80-an dan awal 90-an.

B. Web Browser: Midori dan Dillo

Pesaing terkuat popularitas software office open source mungkin bisa dibilang adalah browser open source. Tidak percaya? Anda bisa menanyakannya ke sebagian pengguna komputer, siapa yang belum pernah mencoba Firefox? Browser yang tidak open source pun juga tergolong populer. misalnya. Belakangan ini mungkin sebagaian pengguna juga mulai menyukai browser Google yaitu Chrome.

Browser-browser tersebut memiliki kemampuan yang terbilang sangat lengkap. Dukungan dan koleksi add-on-nya pun sangat lengkap, mulai dari Flash yang terbilang umum sampai yang agak khusus, misalnya pemblokir iklan. Namun, terkadang Anda hanya membutuhkan browser, misalnya Dilo, yang kebu­tuhan RAM-nya kecil tetapi dapat membuka halaman web secara sederhana. Tidak perlu dukungan HTML terbaru dan tidak perlu plugin yang bermacam-macam. Browser Dillo tidak mendukung javascript. Pilihan lainnya adalah Midori yang memiliki sedikit bermasalah (kurang komatibel) de­ngan beberapa website, misalnya Google Mail. Anda dapat meng-install Midori pada distro Debian atau turunannya de­ngan perintah:

#aptitude install midori

Aplikasi Dillo bisa Anda dapatkan pada PPA (Personal Package Archieve) di https://launchpad.net/~d.filo­ni/+ar­­chive/dil­lo+ ssl/+packages. Penulis memilih cara sederhana, yaitu men-download file .deb secara manual sesuai versi distro (Mint 9 setara dengan Ubuntu 10.04 Lucid). Lalu, penulis meng-install-nya dengan perintah:

$ sudo dpkg -i dillo_2.2-0+dillo1_i386.deb


Pengalaman penulis menggunakan Midori terbilang unik. Tipe halaman dinamis berbasis AJAX tidak ditampilkan sempurna. Sebagai gantinya, Anda diharapkan beralih ke mode basic HTML milik Gmail. Begitu juga saat zoom-in di salah satu website berita lokal, huruf dan layout tidak proporsional sehingga terlihat sedikit kacau. Namun, secara keseluruhan Midori berfungsi dengan sangat baik.

C. Terminal Emulator: evilvte dan mrxvt

Pengguna Linux tingkat lanjut sepertinya sulit dilepaskan dari penggunaan perin­tah berbasis teks. Bagi mereka, program console atau disebut juga terminal emulator sangat penting artinya. Pilihannya biasanya adalah Konsole dan Gnome Terminal. Dari namanya, Anda bisa menebak bahwa yang pertama adalah bagian dari KDE dan yang kedua bagian dari GNOME.

Dua program ini menawarkan features yang berguna, seperti multi-tab, activity monitoring, penangkapan URL, dan lainnya. Sayangnya, dua program tersebut tidak bisa dilepaskan dari library GNOME dan KDE. Akibatnya, konsumsi RAM-nya relatif besar. Pilihan alternatifnya adalah terminal emulator evilvte dan mrxvt. Keduanya relatif hemat resource (prosesor dan memori). Hasil cek memori saat masing-masing membuka 5 tab adalah:

mrxvt              :  3816 kilobyte
evilvte           
: 10008 kilobyte
gnome-terminal     : 12628 kilobyte
Konsole            : 22396 kilobyte

Beberapa tombol shortcut utama pada evilvte dan mrxvt relatif sama:

Ctrl-Alt-T         = buka tab baru
Ctrl-Page Up       = pindah ke tab sebelah kiri tab yang saat ini aktif
Ctrl-Page Down     = pindah ke tab sebelah kanan tab yang saat ini aktif


Sedikit catatan untuk evilvte versi 0.4.5-1 bawaan Ubuntu 10.04 atau turunannya, terminal emulator ini terkadang bisa "menghilang" atau terhenti dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan program screen sebagai shell sehingga Anda dapat me-ng-attach ulang dengan mudah.

Google Chrome 15 Mengalahkan Internet Explorer 8

Posted:

CHIP.co.id - Google Chrome 15 mengalahkan Internet Explorer 8. StatCounter melansir Chrome 15 menjadi browser terpopuler di dunia untuk pertama kalinya berdasarkan perhitungan mingguan. Berita ini dirilis StatCounter pada Kamis, 15/12/2011 lalu. 

Chrome 15, menurut StatCounter Global Stats, menguasai pasar browser sejumlah 23,6 persen dibandingkan Microsoft Internet Explorer (IE) 8 sejumlah 23,5 persen. IE masih memimpin pasar browser secara global jika dikumpulkan seluruh versinya, dimana Chrome berada di posisi kedua, mengalahkan Firefox di bulan November.

Jika diamati per hari, sejak awal Oktober, banyak orang lebih memilih menggunakan Chrome 14 dan 15 saat akhir pekan, dibandingkan menggunakan IE 8. Menurut data tersebut, sepertinya orang lebih memilih Chrome saat akhir pekan di rumah tetapi saat hari kerja menggunakan browser yang tersedia di kantor. 

Di Amerika Serikat, IE 8 tetap menjadi browser terpopuler dibandingkan Chrome 15 sementara sebaliknya di Inggris, Chrome 15 lebih populer dibandingkan IE 8.

Hasil dari StatCounter Global Stats tersebut berdasarkan agregasi data yang dikumpulkan dari sampe yang memiliki lebih dari 15 milyar page view per bulan (4 milyar berasal dari Amerika Serikat). Data tersebut berasal dari jaringan StartCounter yang memiliki lebih dari 3 juta website.

Sumber berita: http://gs.statcounter.com/

Transcend Luncurkan Kartu Memori SDHC Class 10 UHS-1

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Transcend kembali menghadirkan kartu memori  Transcend SDHC Class 10 UHS-1 yang ideal untuk penyimpanan data dan multimedia berukuran 8 GB atau 16 GB. Spesifikasi Class 10 yang memberikan kecepatan dan kinerja maksimal dari UHS-1, menjadikan kartu memori Ultra High Speed (UHS) ini sangat cocok untuk para fotografer dan videografer (15/12).

Dikembangkan oleh Secure Digital (SD) Card Association sebagai bagian dari spesifikasi SD versi 3.01, Ultra-High Speed Class 1 (UHS-1) merupakan kategori kartu tercepat yang tersedia saat  ini. Kartu SDHC Class 10 UHS-1 terbaru memiliki kecepatan transfer empat kali lebih cepat dibandingkan dengan Class 10 tanpa UHS-1, kecepatan transfernya hingga 85MB/detik ketika dikoneksikan dengan perangkat yang kompatibel dengan UHS-1. Sehinggat, kartu ini sangat direkomendasikan untuk kamera digital kelas profesional atau video kamera digital kelas profesional yang bertujuan merekam gambar secara berturut-turut dengan kecepatan tinggi dan video full HD.

Kartu Transcend SDHC Class 10 UHS-1 dengan kapasitas 8GB atau 16GB, mampu untuk menyimpan video selama 2 jam dan 40 menit dengan kualitas tinggi 1920x1080 format AVCHD pada tingkat kompresi 13Mbps. Selain itu, dengan sedikit penurunan dalam pengaturan kualitas, kartu yang sama berukuran 16GB dapat merekam  video berdefinisi tinggi hingga 6 jam penuh.

Kartu memori ini juga hadir dengan piranti lunak Transcend RecoveRX yang merupakan aplikasi yang sangat efektif untuk restore file yang terhapus atau hilang secara tidak sengaja. Kartu  memori UHS-1 terbaru yang direkomendasikan untuk digunakan dengan kartu Transcend RDF8 USB 3.0 atau RDF1 ExpressCard Reader.

Huntkey, Universal Notebook Adapter yang Easy Carry

Posted:

Adaptor yang didapat dari paket penjualan notebook bisa membuat Anda merasa jengkel. Bagaimana tidak? Setelah bersusah payah mencari notebok dengan dimensi yang kecil dan mempunyai berat yang ringan, biasanya Anda menemukan adaptor charging yang besar dan berat. Namun, saat ini masalah tersebut sudah dapat diatasi. Dengan hadirnya Huntkey Universal Notebook Adapter, Anda dapat dengan mudah membawa adaptor charging Anda jauh lebih mudah.

CHIP kedatangan dua buah Universal Notebook Adapter dari Huntkey dengan ukuran yang ramping, yaitu Huntkey 65W dan Huntkey 90W yang akan diulas pada saat ini.

Dikarenakan daya yang lebih besar, dari segi penampilan Huntkey 90W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Huntkey 65W.

Huntkey  90W Slim: 145 mm x 71 mm x 16 mm

Huntkey 65W Slim: 120 mm x 59.4 mm x 16.5 mm

Dilihat dari segi desain Huntkey 90W memiliki desain dengan sebuah LED berwarna biru yang berbentuk lingkaran pada bagian kiri dan sebuah kalimat ‘Huntkey’ dan ‘POWER YOUR DREAM’ pada bagian kanan.

Sedangkan pada Huntkey 65W memiliki desain dengan sebuah LED kecil berwarna biru yang terdapat pada sisi bagian adapter dan pada bagian tengahnya terdapat lingkaran yang didalamnya terdapat kalimat ‘Huntkey’.

Kelebihan yang terdapat pada Huntkey 90W ini memiliki switcher daya listrik yang terdapat pada bagian belakang, adapter ini memungkinkan untuk switch-ing daya listrik dari 15V-17V dan 18-20V.

Dan juga terdapat port USB yang dapat digunakan untuk menge-charge perangkat lainnya, seperti handphone dan lainnya.

Selain itu, kabel listrik penghubung adaptor charger ke listrik pada kedua produk Huntkey ini juga mempunyai bentuk yang simple dan ringan, tidak seperti kebanyakan kabel yang ada dalam paket standar penjualan notebook.

Dalam paket penjualan pada kedua produk Huntkey ini, Anda akan mendapatkan sebuah tempat penyimpanan adaptor charger yang terbuat dari kain yang halus sehingga Anda tidak perlu khawatir charger serta kabel Anda akan tercecer atau berantakan di dalam tas.

Selain itu Huntkey telah menyiapkan berbagai macam adapter yang dapat digunakan pada setiap jenis notebook yang terdapat pada kedua produk ini.

Office 365 Aplikasi Bisnis Berbasis Cloud

Posted:

CHIP.co.id - CHIP Meet Up kali ini digelar bersama PT Microsoft Indonesia mengulas lebih dalam aplikasi bisnis berbasis cloud, Office 365. Dihadiri lebih dari 50 peserta, CHIP.co.id kembali menggelar CHIP Meet Up yang kelima. Mengulas lebih dalam tentang layanan aplikasi cloud computing terbaru dari Microsoft, yaitu Microsoft Office 365, CHIP Meet Up kali ini menggandeng PT Microsoft Indonesia.

Digelar pada tanggal 28 November 2011 bertempat di  Auditorium Microsoft Indonesia, Jakarta, CHIP Meet Up yang kelima ini terlihat lebih berbeda dibandingkan CHIP Meet Up sebelumnya. Mengapa? Karena CHIP Meet Up kali ini pesertanya didominasi oleh kalangan IT Profesional dan Network Administrator. Hadir sebagai pembicara utama dalam acara ini adalah Felix Wira Putera selaku Solution Specialist PT Microsoft Indonesia dan acara ini dipandu secara langsung oleh Alexander Louiciano selaku  Editor CHIP.co.id


Diskusi online Office 365

Alexander menjelaskan bahwa acara CHIP Meet Up yang digelar bersama Microsoft Indonesia ini sudah digagas cukup lama. Pada akhirnya, acara ini bisa digelar satu hari sebelum diluncurkannya Microsoft Office 365 untuk pengguna di tanah air. Untuk selanjutnya, kegiatan mengupas tuntas Microsoft Office 365 ini tidak hanya berhenti sampai di CHIP Meet Up kali ini, tetapi akan terus berkelanjutan. Untuk itu, peserta yang hadir dapat mengakses secara langsung Forum CHIP.co.id untuk melihat beberapa hal yang akan digelar oleh CHIP.co.id bersama Microsoft Indonesia. Salah satu kegiatan tersebut adalah forum diskusi online yang akan dimoderatori langsung oleh Microsoft Indonesia. Ditambahkan oleh Alexander, dengan adanya forum diskusi online tersebut, peserta diskusi atau member CHIP.co.id (CHIPers) bisa menggali lebih dalam layanan Office 365.

Empat feature utama

Sebagai pembicara utama, Felix memaparkan bahwa layanan Microsoft Office 365 merupakan pengembangan dari aplikasi Office yang ter-install di PC dan hingga saat ini masih banyak digunakan, seperti MS Office 2003, 2007, dan 2010. Sederhananya, Microsoft Office 365 adalah layanan online berupa aplikasi bisnis yang berbasis Cloud. Tujuan dari layanan aplikasi ini adalah memberikan kemudahan kepada setiap penggunanya untuk bekerja sama dan berkolaborasi menggunakan dokumen, e -mail, konferensi via web, dan berbagi jadwal di kalender.

Layanan Office 365 menyediakan empat feature utama yang semuanya terintegrasi secara penuh. Tidak hanya itu, keempat feature tersebut juga akan memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, berkomunikasi, serta berkolaborasi dengan rekan-rekan dalam tim kerja yang ada. Keempat feature tersebut adalah Exchange Online, SharePoint Online, Lync Online, serta Office Professional Plus.

Exchange Online yang berbasis pada teknologi Exchange Server 2010 akan fokus mengatur dan menyimpan semua e-mail pengguna dalam sebuah mailbox, menyimpan daftar kontak, dan mengatur jadwal meeting dengan para relasi. SharePoint Online berguna untuk mengelola dokumen pengguna saat berkolaborasi dengan rekan kerja, termasuk pembagian tugas, menyusun jadwal, hingga berbagi informasi lainnya.

Lync Online adalah versi online dari Lync Server 2010, Dengan Lync Online, banyak hal yang dapat pengguna lakukan bersama rekan-rekan dalam tim kerja. Mulai dari komunikasi sederhana dengan bantuan pesan instan berbasis teks hingga melakukan panggilan berbasis audio dan video.  Sedangkan, Microsoft Office Professional Plus memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Office versi desktop. Bedanya terletak pada sisi instalasi yang dikemas secara online. Pengguna bisa langsung login ke layanan Office 365 lalu memilih paket aplikasi yang ingin di-install. Selanjutnya, pengguna tinggal menggunakan aplikasi Office tersebut, baik dalam kondisi online maupun offline.

Penulis: Eko Lannuardy

BenQ Luncurkan Duo Kamera Super Zoom 21x

Posted:

CHIP.co.id - BenQ meluncurkan duo kamera digital-semipro terbarunya di Indonesia, BenQ GH 600 dan BenQ GH 700 yang sama-sama memiliki kemampuan super zoom 21x.

"Dengan peluncuran GH-seri ke pasar Indonesia, BenQ telah mencapai posisi baru dalam industri kamera," kata Lee Kim Huat, Managing Director BenQ Singapore Pte Ltd. "Kami yakin menjadi salah satu dari 5 pemain top di akhir 2012," kata Lee menambahkan penjelasannya.

BenQ GH 600


Kamera ini menggabungkan kepraktisan kamera saku dengan kecanggihan kamera DSLR, seperti efek pencitraan. GH 600 menawarkan lensa super zoom 21x, 16 MP, sensor CCD, lensa 25mm wide-angle, sistem Optical Image Stabilizer (OIS), 460k layar LCD 3 inch, serta berbagai pilihan mode pemotretan.

GH 600 juga dapat digunakan untuk mengambil video HD 720p, 30 fps dengan zoom untuk gerakan tak terputus yang cepat baik dari jauh atau dekat. Kamera ini dilengkapi pula dengan tombol perekaman akses langsung untuk merekam seketika sehingga tak ada momen yang terlewatkan.

GH 600 juga memiliki berbagai pilihan mode seperti Mode LOMO yang menambahkan efek artistik, Mode Fisheye yang menciptakan efek distorsi pada film, serta Mode Web Auction yang dapat menggabungkan empat foto dan menyajikannya dalam tata letak bergaya kolase.

BenQ GH 700


GH 700 adalah pilihan kamera bagi penggemar fotografi yang mengininginkan peningkatan kualitas dari sekadar kamera saku, karena kamera ini memiliki super zoom 21 x dengan sensor CMOS BSI untuk kinerja yang unggul dalam cahaya rendah.

Kamera ini juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p Full HD, 60 fps dengan zoom dan audio surround sound. Layaknya GH 600, kamera ini juga memiliki tombol perekaman akses langsung. Kamera ini juga memiliki lensa wide-angle 25mm, layar LCD 460k 3 inch, fungsi OIS, super makro 1 cm, serta HDR III.

Kedua kamera ini tersedia dalam warna hitam dan akan mulai di pasarkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2011. Untuk informasi lebih lanjut, klik www.BenQ.com.

300 Juta Handphone Samsung Terjual di Seluruh Dunia

Posted:


CHIP.co.id - Samsung Electronic Co., Ltd, mengumumkan hasil penjualan ponsel tahun 2011 secara global mencapai 300 juta unit, ini merupakan yang pertama kali bagi Samsung dalam sejarahnya.

“Kami sangat bangga atas tonggak penjualan yang berhasil memecahkan rekor dan telah melampaui target tahunan yang diumumkan pada awal tahun ini, angka ini merupakan bukti daya tarik pada ponsel Samsung yang memikat konsumen di seluruh dunia,” kata JK Shin, President and Head of Samsung’s Mobile Communication Business.

Hasil penjualan Samsung di 2011 adalah penjualan tersukses untuk kategori produk handset sepanjang sejarah. Produk unggulan Samsung adalah produk-produk GALAXY terutama GALAXY S dan GALAXY SII, kedua smartphone memberikan kontribusi terbesar dalam kesuksesan penjualan produk handset Samsung, sekaligus mendorong popularitas smartphone GALAXY di kalangan konsumen sebagai ponsel yang diakui di dunia.

GALAXY SII yang diluncurkan pada tahun 2011 juga merupakan rekor penjualan baru bagi Samsung dengan hasil penjualan 10 juta unit lebih, penjualan tercepat dari sebuah perangkat mobile dalam sejarah perusahaan.

Sementara itu, portofolio smartphone Samsung Bada sendiri terus mendapatkan momentum penjualan di seluruh dunia, penjualannya yang meningkat pada tahun 2011 setelah peluncuran versi Bada terbaru 2.0. Tahun ini, Samsung mengumumkan tambahan baru yang menarik untuk portofolio smartphohe Bada Wave, termasuk dalam produk unggulan Wave 3 yang saat ini telah tersedia di Eropa dan terus meningkat penjualannya di setiap peluncuran.

Selain itu, Samsung juga menembus batasan inovasi untuk kategori ponsel dengan mengeluarkan GALAXY Note, sebuah perangkat mobile pertama di dunia yang menampilkan layar 5,3 HD Super Amoled yang mempertahankan semua portabilitas dengan memperkenalkan user-interface yang menggabungkan teknologi layar sentuh dan pena (S-Pen) canggih.

12 Teropong Keamanan di Tahun Naga Emas 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Ada banyak hal menarik yang perlu diperhatikan oleh para pekerja keamanan TI di 2012 nanti, trend tumbuhnya pasar smartphone, tablet dan ultrabook, serta cloud, menjadi fokus utama keamanan data di 2012. Sistem dan teknologi akan semakin canggih, tetapi penjahat pun akan lebih canggih, karena itu penting bagi Anda untuk bersiap menghadapi trend ini. Riset keamanan yang dilakukan oleh Raimund Ganes, CTO Trend Micro, perusahaan untuk keamanan internet dan cloud, memberikan prediksinya.

Pertama: Bersiaplah di Era BYOD

Meskipun masih banyak perusahaan yang merasa tidak nyaman dengan  “konsumerisasi TI”, keamanan dan insiden pelanggaran data di 2012 akan memaksa perusahaan untuk menghadapi era Bring-Your-Own-Device (BYOD).

Era BYOD tidak bisa dihindarkan seiring dengan berkembangnya peranti mulai dari ultrabook hingga tablet, hingga data yang disimpan tak bisa lagi sepenuhnya dikontrol oleh admistrator TI, kemungkinan hilangnya data melalui penggunaan peranti pribadi ini akan meningkat.

Kedua: Amankan Data Center

Tantangan nyata yang akan dihadapi pemilik data center di tahun depan adalah semakin kompleksnya keamanan untuk sistem virtual, fisik dan cloud. Serangan ditargetkan pada mesin virtual dan layanan pada komputasi cloud.

Platform virtual dan cloud tetap ada celah untuk diserang. Hal ini tentunya akan menjadi beban bagi tenaga IT untuk mengamankan data mereka, selama mereka mengadopsi teknologi ini. Mengamankan server virtualisasi adalah hal utama, dimana kejahatan pencurian data bisa terjadi melalui sistem yang rentan.

Ketiga: Serangan di Smartphone dan Tablet

Pertumbuhan pesat dari smartphone, melalui Android, dan hadirnya tablet, diperkirakan juga tak luput dari serangan di 2012. Dengan angka pertumbuhan dari contoh-contoh malware yang baru saat ini, Trend Micro memprediksi akan melihat lebih dari 100 ribu trojan jahat yang muncul di Android hingga Desember 2012 apabila angka pertumbuhan tersebut terus melaju.

Keempat: Celah di Aplikasi Mobile

Munculnya banyak pasar aplikasi di beberapa sistem operasi smartphone, membuat penjahat cyber bisa memanfaatkan jalur ini. Saat ini, penjahat menggunakannya sebagai aplikasi malicious. Bisa jadi karena developer mengalami salah pengkodean sehingga celah ini dimanfaatkan penjahat. Atau, si penjahat sengaja membuat aplikasi yang setelah didownload dan diinstal merugikan pengguna.

Kelima:Botnet Masih Ada

Botnet, alat kejatahan cyber tradisional, akan berkembang sebagai respon terhadap tindakan yang diambil oleh industri keamanan. Botnet menjadi lebih kecil, tapi akan lebih mudah dikelola sebagai media penyebaran malware ke komputer visitor, pencurian password (scam), mass-email ke ratusan ribu alamat (spam), mencuri data website anda (theft), penipuan pay-per-click (abuse) dan membuat IP server anda diblacklist oleh berbagai layanan.

Keenam: Serangan yang Tidak Biasa

Target serangan hackers akan ditujukan pada target yang tidak biasa, seperti pada produsen sistem kontrol industri, dan peralatan medis untuk mengambil data intelijen dan aset dari beberapa perusahaan. Threat seperti STUXNET, atau Duqu, yang sempat menyusup ke dalam reaktor nuklir Iran, akan kembali muncul dengan target serangan yang tidak diduga.

Ketujuh: Kejahatan Cyber Makin Kreatif

Penjahat dunia maya kedepannya akan menemukan cara yang lebih kreatif bukan saja dalam hal melakukan pencurian data, tapi juga untuk bersembunyi dari penegakan hukum.

Kedelapan: Awas Serangan dari Kelompok Hacker

Tahun 2011 ini ditandai dengan kehadiran kelompok hacker Anonymous dan Lulzsec, yang berhasil mengacak dan menghancurkan data dunia maya. Sony dan Playstation Network sempat merasakan serangan mereka. Biarpun sebagian kelompok ini telah ditangkap, mereka yang masih bebas tetap melancarkan kampanye serangan terhadap institusi tertentu.

Kesembilan: Informasi Pribadi tak Lagi Rahasia

Tahun depan seiring dengan banyaknya pengguna social media dari anak-anak muda, kini data-data yang dulu bersifat rahasia seperti alamat email, alamat rumah, dan nomor telepon pribadi pun, kini bisa dengan mudah diumumkan melalui akun social media mereka. Dan ini tentunya, tanpa mereka sadari akan menjadi prospek ideal bagi kejahatan cyber.

Kesepuluh: Serangan Social Engineering Ditargetkan ke UKM

2012 diperkirakan teknik social engineering untuk mendapatkan data-data pribadi  semakin beragam,  dan menyusup juga sektor UKM. Dimana sektor ini pun terkadang luput dari pengawasan, tentunya dengan memanfaatkan kelemahan manusia, bukan alat dan sistemnya.

Kesebelas: Alat Cybercime Makin Canggih

Kini alat untuk melakukan cybercrime akan semakin canggih, termasuk dari aktor intelektual dan penyandang dana dari serangan. Kegiatan dari Advanced persistent threat (APT) agents: Sebuah organisasi dengan pemasok dana yang bertujuan untuk mencuri kekayaan intektual perusahaan atau bahasa awamnya data-data perusahaan akan bertambah.

Duabelas: Lonjakan Malware

Kehilangan data yang disebabkan karena infeksi malware akan meningkat tahun depan. Pada 2011 ini saja per Januari hingga Juli 2011 saja kenaikan malware android dibanding 2010 adalah 1410%, serta tiap detiknya terbentuk 3,5 threat baru.

Menjelang AXIS So-Me Playground

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hanya tinggal sehari lagi menjelang pesta media sosial terbesar di Indonesia, So–Me Playground persembahan AXIS. Acara media sosial yang paling ditunggu-tunggu, So-Me Playground, akan diadakan di 8 kota besar di Indonesia untuk menghadirkan keceriaan pada semua pengguna media sosial yang ingin merasakan dunia online di dunia offline, pada 17 Desember 2011 serentak di Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Semarang dan pada 18 Desember 2011 di Bandung, Medan, Bali, dan Pekanbaru.

Jum’at ini (16/12), perwakilan tokoh ternama situs-situs media sosial terkemuka di dunia seperti Nick Gibbons (Direktur Facebook Asia Pacific) dan Ken Chang (Direktur Komersial Asia Pacific Microsoft Advertising & Online) dari Windows Live (MSN) akan mulai berdatangan di Jakarta menjawab keinginan pengguna media sosial di Indonesia untuk dapat berjumpa langsung dan mendapatkan informasi menarik dari orang-orang di belakang kesuksesan media sosial platfrom. Lebih jauh, Satya Witoelar (Co-Founder & Lead Designer) dari Yahoo Koprol akan juga berpartisipasi di acara ini.

“Saya sangat bersemangat, So-Me Playground hanya tinggal dua hari lagi dan saya dengan suka cita mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi di acara media sosial terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia. AXIS menghadirkan tokoh lokal yang luar biasa dan tokoh penting dari seluruh dunia untuk memfasilitasi komunitas online belajar dan berbagi tentang manfaat berkomunikasi melalui media sosial,” kata Daniel Horan, Chief Marketing Officer AXIS.

Melalui So-Me Playground, AXIS akan memberikan kesempatan pada seluruh pengguna media sosial untuk menikmati pengalaman baru dimana semua hal yang telah mereka dapatkan di dunia maya akan dihadirkan offline langsung di hadapan mereka. Gerai-gerai interaktif yang besar dari 10 situs media sosial terbesar seperti Facebook, Twitter, Yahoo!, dan Windows LIVE! (MSN) akan menggelar pameran selama acara.

So-Me Playground adalah acara untuk semua. Seluruh pengguna media sosial yang menggunakan jaringan telekomunikasi apapun dapat berpartisipasi di acara ini, hanya dengan meng-klik “LIKE” di halaman Facebook Fan AXIS http://www.facebook.com/AXISgsm untuk tiket masuk GRATIS, hanya perlu ‘klik’ saja!

Berbagai artis dan grup band ternama di Indonesia akan tampil di acara ini, termasuk GIGI, Andra & The BackBone, Naif, ADA Band, Endah N Rheza dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih jauh tentang So-Me Playground, silakan mengunjungi www.axisworld.co.id.

Rumah123 Mudahkan Konsumen Mencari Properti

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Mencari tempat tinggal yang layak huni di masa sekarang sepertinya bukan menjadi sebuah kesulitan dan tidak memerlukan waktu yang lama. Kehadiran situs Rumah123.Com memudahkan konsumen dalam mencari tempat hunian seperti rumah, apartemen, perumahan baru, tanah, ruko, hingga perkantoran. Diakuisisi oleh iProperty.com menjadikan keberadaan Rumah123 menjadi portal properti nomor 1 di Indonesia.

iProperty.com hadir dengan tujuan menggabungkan investor di wilayah Asia Tenggara, sehingga keberadaan situs Rumah123.com selain mencakup wilayah Indonesia, juga dapat memberikan informasi lokasi dan tempat hingga cakupan Asia Tenggara.

Ditemui di Wisma Bumi Asih, Ragunan, Jakarta Selatan, Bapak Handy Chang selaku Manager Marketing Komunikasi Rumah123.Com mengatakan,"Kemudahan pencarian properti di masa kini melalui situs kami, memberikan kepastian dan efisiensi waktu. Informasi yang kami hadirkan dengan sejumlah foto, luas tanah ataupun luas bangunan, area atau lokasi yang dicari, memberikan akurasi di era yang serba instan ini."

Melalui situs Rumah123.Com, konsumen dapat dengan mudah memasukan data yang diperlukan, dan dengan cepat akan ditampilkan berbagai pilihan yang sesuai. Konsumen dapat dipastikan mendapatkan informasi yang valid, dan dipastikan juga informasi yang dihadirkan sangatlah up-to-date, karena properti yang hadir pada situs ini telah melewati berbagai pengecekkan sebelumnya, mulai pengecekkan lokasi, foto, dan berbagai kriteria lain yang diperlukan untuk memastikan keakuratan data oleh para agen.

Handy juga mengatakan bahwa saat ini tercatat lebih dari 70 ribu list yang hadir pada situs Rumah123 dan dapat dipastikan listing tersebut valid dan tidak ada duplikat data. Pengunjung yang hadir pada situs ini sebanyak 900 ribu per bulan, dimana situs ini menggandeng sejumlah agen properti, tercatat sebanyak 6000 agen properti di Indonesia.

Handy juga menginformasikan untuk wilajayah Jabodetabek, lokasi yang sering dicari adalah wilayah Depok, Cibubur, Kelapa gading, Bekasi dan BSD. Dalam waktu dekat, Rumah123.com juga akan hadir melalui aplikasi Blackberry dengan investasi sebesar 80-100 juta, yang tentunya kehadirkan aplikasi ini akan semakin memudahkan konsumen dalam mendapatkan properti yang sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Selain di Jakarta, Rumah123 juga memiliki kantor cabang di Bali, Surabaya, Semarang, Bandung dan Medan. Selain itu, kehadiran situs Rumah123.Com dengan dukungan iProperty.Com memberikan kemudahan pabila konsumen ingin mencari di luar Indonesia, tentunya cakupkan Asia Tenggara. Diprediksi pada tahun 2012 mendatang, pengunjung pada situs ini akan meningkat 2 kali lipat.

Untuk Anda yang mencari properti, tentunya kehadiran situs Rumah123.Com akan memberikan kecepatan dan ketepatan akan properti yang Anda cari. Kita nantikan juga kehadiran situs ini yang akan segera hadir melalui aplikasi di perangkat Blackberry dalam waktu dekat.

Motorola XOOM Dukung Sistem Pendidikan Paperless di Ukrida

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Buku pelajaran yang selalu dibawa oleh para pelajar ke ruangan belajar, terkadang menjadi beban yang memberatkan isi tas. Kini mahasiswa dipermudah dengan memaksimalkan kecanggihan teknologi terkini dengan penggunaan tablet ramping Motorola XOOM ke dalam kelas. Penggunaan tablet di Universitas Krida Wacana (UKRIDA) di Jakarta memberikan cara baru dalam cara belajar sekaligus memaksimalkan kemudahan teknologi terkini. Melalui inisiatif E-Learning, UKRIDA menjadi salah satu institusi pendidikan lanjutan pertama yang merintis pendidikan tanpa kertas dengan penggunaan tablet Motorola XOOM berbasis Android 3.2 Honeycomb (15/12).

Langkah progresif ini membuat UKRIDA berinisiatif untuk merubah penggunaan buku teks tradisional dengan menghadirkan tablet Motorola XOOM ke dalam ruang kelas. Tujuan program ini juga menggunakan tablet ini sebagai perangkat utama interaksi antara staf akademis dengan para mahasiswa, serta memperioritaskannya melebihi komputer pribadi. Para mahasiswa dan dosen akan menggunakan Motorola XOOM untuk berbagai aktivitas, seperti mengirim email, menjelajahi internet, mengedit dokumen, spreadsheet, presentasi, hingga evaluasi ujian.

Dr. Aristarchus Sukarto selaku Rektor UKRIDA mengungkapkan,"Konsep baru E-Learning menggunakan perangkat tablet ini memberikan kemudahan mahasiswa dalam komunikasi antar dosen dengan mahasiswa, juga hal-hal mengenai materi kuliah yang dapat dengan cepat diakses melalui perangkat ini. Di masa mendatang, mahasiswa kami tidak perlu lagi membeli buku pelajaran, atau bekerja melalui komputer, mereka cukup mengunduh semua materi ke dalam tablet dan melakukan aktivitas pembelajaran disana."

UKRIDA berencana menyediakan Motorola XOOM untuk seluruh mahasiswa dan dosen dengan harga bersubsidi, dimulai dengan 600 unit awal di bawah Program E-Learning. Rencana berikutnya adalah melanjutkan program ini untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir yang berjumlah sekitar 5.000 mahasiswa beserta para dosennya.

"Kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan UKRIDA dalam usaha mereka memajukan dunia pendidikan," ucap Robert van Tilburg selaku senior regional sales director untuk Motorola Mobility di Asia Selatan.

Tablet Motorola XOOM memberikan kinerja cepat berkat penggunaan prosesor dual-core 1 GHz serta RAM sebesar 1 GB. Tablet ini memberikan pengalaman kepada penggunanya dengan hadirnya sistem operasi Android Honeycomb yang ditampilkan pada layar lebar HD 10.1 inci resolusi 1280x800 pixel.

Motorola XOOM dipasok oleh rekanan lokal Motorola yaitu PT Harrisma Informatika Jaya. UKRIDA mengharapkan program ini dapat diaplikasikan secara menyeluruh pada tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar