Rabu, 21 Desember 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Windows 8 Buatan Sendiri

Posted:

Klik Gambar untuk Lebih Jelas

CHIP.co.id - Windows 8 developer preview sudah dirilis. Versi finalnya diperkirakan akan muncul paling cepat satu tahun lagi. Bagi yang tidak ingin meng-install-nya tetapi  penasaran dengan feature Windows baru, CHIP akan membantu Anda.

Windows 8 dirancang dengan menggunakan basis Windows 7. Pernyataan ini di­sampaikan Microsoft pada acara Worldwide Partner Conference yang diadakan tahun ini di Los Angeles.  Dengan pernyataan tersebut, CHIP mencoba untuk merealisasikannya, juga de­ngan basis Windows 7.

Dengan program-program khusus, CHIP akan menambahkan fungsi mekanisme proteksi biometrik, pengelolaan pengguna yang lebih baik, desain Metro baru yang tepat bagi layar sentuh atau PC tablet, dan masih banyak lagi. Semuanya dijalankan dari Windows 7. CHIP juga tunjukkan bagaimana cara menjalankan Windows "baru" ini pada PC tablet murah. Semuanya dapat dilakukan tanpa risiko.

Metro: Tampilan sentuh untuk tablet

Agar Windows 8 tampil bagus pada layar sentuh dan tablet, Microsoft menggunakan desktop baru. Untuk menjalankan program, pengguna cukup menyentuh tile-nya. Tampilan Metro ini meniru Windows Phone 7. Dengan program desktop-modding Rainmeter dan add-on Omnimo 4 Anda dapat menggunakan tampilan Metro ini di Windows 7.

Install program ini dan jalankan terlebih dulu Rainmeter. Setelah itu ekstrak file Zip Omnimo 4 dan jalankan file "Setup.rmskin" yang ada di dalamnya. Pada menu setting, pilih tema "Windows 8 Start Screen" di bagian tengah dan resolusi gambar.

Setelah proses install selesai, tampilan baru Windows dapat langsung dijalankan. Untuk mengatur tampilan ini (fine-tuning), klik kanan desktop dan pilih "WP7 | Background | bg.ini". Dengan cara ini, Anda memiliki akses pada desktop Windows 7. Selanjutnya, Anda dapat menyembunyikan icon desktop dan memilih latar belakang satu warna untuk tampilan Metro.

Apabila Anda membutuhkan tile tambahan seperti untuk Media Player, ekstrak Omnimo Add on Pack dan install file-file Rainmeter yang ada di sana. Selanjutnya, klik kanan pada tile dan pilih kembali "WP7 | Background | bg.ini". Kini, desktop Metro Anda siap digunakan.

Namun sayang bila tampilan Metro digunakan untuk pengoperasian dengan mouse. Pada layar sentuh (touch screen), agar Windows bekerja lebih cepat Anda hanya perlu menyentuh tile. Anda bisa menggunakan PC tablet berbasis Windows 7. Di PC tablet, Anda dapat meng-install tampilan Metro. Sebaiknya, copy seluruh program pendukung di USB flashdisk atau SD card lalu install program tersebut di PC tablet.

Tambahan: Feature desktop lainnya

Windows 8 tidak hanya mendapat desktop baru. Konsep Ribbon juga diperluas untuk panduan pengguna yang lebih baik. Selain itu, ada juga pengelolaan peng­gu­na yang dapat diakses dengan mudah. Integrasikan feature berguna ini ke dalam Windows 7 dengan Taskbar UserTile dan sebuah .NET-script.

Menu Ribbon direalisasikan Windows melalui elemen-elemen kendali .NET (WinForms Control). Sebuah koleksi elemen ini ditawarkan sebagai program demo oleh Foss Software dengan nama Elegant Ribbon (download dari prof.uis.com). File tersebut berisi beberapa contoh dalam bentuk file EXE. File ini  memiliki fungsi-fungsi yang biasa dibawa menu Ribbon.

Apabila Anda menguasai Visual Basic, dengan sebuah source-code yang juga disertakan dalam file demo, Anda bahkan dapat memprogram sendiri aplikasi de­ngan kendali Ribbon. Namun, dengan menjalankan file-file EXE saja, Anda sudah mendapatkan gambaran ribbon bar.

Integrasi menu Ribbon ke dalam sebuah program seperti Windows Explorer tidak dapat dilakukan dengan versi demo ini. Namun, Anda dapat menggunakan file manager STDU Explorer yang sangat mirip Windows Explorer dan membawa feature yang sama (dengan tampilan Ribbon-nya).

Pengelolaan pengguna yang lebih cepat dapat diintegrasikan dengan mudah dalam Windows 8. Ekstrak arsip "Usertile_a4.7z" (download dari www.chip.de) ke desktop dan jalankan file "Usertile.exe". Di kanan bawah dalam taskbar kini tampak sebuah tile untuk akses yang lebih cepat ke UAC.

Sistem: Banyak program berguna

Sebuah sistem operasi baru biasanya juga membawa program baru di dalamnya untuk meningkatkan fungsi yang sudah ada sebelumnya atau menambah kemampuan Windows. Windows 8 menawarkan empat hal baru kepada penggunanya.

TASK MANAGER: Windows 8 mendapat sebuah Task Manager baru yang menawarkan pengaturan layanan dan proses yang lebih fleksibel. Anda bisa merasakan task manager seperti Windows 8 melalui Auslogics Task Manager. Program ini memberikan informasi yang luas, seperti informasi keamanan program. Melalui program ini, Anda juga dapat mengutamakan sebuah proses dari aplikasi yang berjalan dengan menu konteks. Hal ini bisa Anda temukan di bagian "Applications".  Anda juga bisa mengakses Control Panel dari menu tools.

MENGATASI MASALAH SECARA OTOMATIS: Di Windows 8, sistem akan memperbaiki setiap masalah yang ada pada hardware dan software secara otomatis. Untuk feature ini, Microsoft menggabungkan fungsi perbaikan masalah yang ada di Maintenance Center dengan layanan service Fixit dan Windows Live.

Layanan seperti itu bisa Anda rasakan sekarang jika Anda memiliki sebuah Live-ID. Kunjungi fixitcenter.support.microsoft.com dan klik "Sign in" . Pada halaman berikutnya cantumkan data pengguna Live-ID Anda dan klik "Sign In". Dengan begitu, Anda masuk ke area Microsoft Cloud yang dirancang khusus untuk Fixit.

Di halaman "Find Solutions" Anda dapat menemukan berbagai patch untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di PC. Contohnya, jika Windows tidak mengenali sebuah hardware, Anda dapat mengklik "Hardware and Driver" untuk mencari solusinya.

APLIKASI UNTUK WINDOWS: Program  Microsoft Reader merupakan program baru di Windows. Pembaca PDF yang dibuat sederhana ini adalah aplikasi pertama yang dikembangkan Windows berdasarkan standar AppX yang tidak tergantung platform. Windows 8 "buatan" CHIP ini tidak bisa menawarkan aplikasi AppX sebe­narnya. Anda dapat mengintegrasikan Sumatra PDF Reader ke dalam tile di desktop Metro Windows. Dibutuhkan Omnimo Panel Creator untuk mewujudkannya.

Install Foxit Reader Sumatra PDF Reader. Buka folder instalasi program dalam Windows Explorer. Klik kanan "SumatraPDF.exe" dan pilih "Send To | Desktop (Create Shortcut)".

Kini, jalankan Panel Creator dari Omnimo. Klik pada tanda plus dan drag shortcut untuk Sumatra ke bidang biru "Drop File here’" lalu klik "Create Panel!". Prosedur ini juga berfungsi untuk aplikasi lain.

VIRTUAL DRIVE: Membuat virtual hard disk (VHD) dalam Windows 7 memang cepat dan mudah, tetapi tidak ada tombol untuk menjalankannya. Dengan VirtualBox dan Panel Creator, Anda dapat membuat elemen semacam itu pada desktop Metro.

Apabila Anda sudah membuat sistem virtual (XP misalnya) dengan VirtualBox, klik kanan saja pada PC virtual tersebut dan pilih "Create Shortcut on Desktop". Selanjutnya, Anda bisa membuat tile-nya dengan langkah yang sama pada Sumatra PDF Reader.

Revolusi EMC di Tahun 2011 dan Prospek 2012

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - EMC Corporation yang merupakan perusahaan yang berkonsentrasi penuh di pasar storage, pada awal tahun telah meluncurkan berbagai inovasi baru dengan menghadirkan 41 produk baru, menghadirkan VNX dan VNXe series, hingga meraih Record Breakers, kali ini kembali hadir dengan memaparkan seputar industri yang telah terjadi di 2011, juga menjelaskan akan prospek di tahun 2012 mendatang. Kilas balik yang terjadi di tahun 2011 dan berbagai propek yang akan hadir di tahun mendatang, dijelaskan oleh Adi Rusli selaku Country Manager EMC Indonesia di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta (16/12).

Adi mengatakan,"Pertumbuhan pesat terjadi di beberapa sektor, seperti pada lingkup keamanan, backup hingga DRC, juga pada komputasi awan dimana EMC mengambil peran besar kepada service provider IT baik private dan publik cloud. Big Data juga merupakan engine pertumbuhan kami di tahun 2011."

EMC melihat pergeseran paradigma di tahun 2011 dimana perusahaan enterprise semakin menyelaraskan operasi bisnis dan infrastruktur teknologi di seluruh dunia dengan mengadopsi berbagai kemudahan dari komputasi awan. Data Besar (Big Data) yang berkembang pesat menjadi lebih mudah dilakukan pengaturannya dengan penggunaan komputasi awan, termasuk dengan efisiensi biaya pada sektor perangkat keras dan keperluan secara real-time. Fenomena pengadopsian komputasi awan di Indonesia terlihat sejak awal tahun 2011 dimana pengadopsian private cloud banyak diminati oleh industri manufacturing dan perbankan.

Selain itu, dampak bencana alam yang terjadi di tahun ini seperti di Selandia Baru, Jepang dan Thailand menegaskan akan pentingnya peningkatan akan pemulihan bencana yang diperlukan dengan cepat dan mudah. Sehingga tidak mengherankan juga penggunaan komputasi awan, memberikan kemudahan dalam hal Disaster Recovery Center (DRC).

Adi juga mengungkapkan akan prospek yang terjadi di tahun 2012 mendatang, dimana penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter yang terhubung dari perangkat bergerak akan mengakibatkan pertumbuhan informasi dunia yang eksponensial."Cloud menjadi sesuatu yang normal dan mendasari IT transformasi, kehadiran cloud-sosial media-mobile akan terkonvergensi," tutur Adi.

Informasi sosial yang pada masa lalu tidak terlalu dipusatkan oleh perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya, sekarang menjadi sesuatu yang harus diperhatikan dengan seksama, bahkan pada era penggunaan media sosial, sudah tidak sedikit yang mendapatkan keuntungan dari bisnis atas penggunaan ini. Era dimana informasi merupakan aset yang sangat penting dan harus dikelola serta dianalisa dengan baik untuk mendapatkan data yang akurat dalam mengambil langkah yang strategis untuk perkembangan perusahaan.

Penggunaan komputasi awan di tahun mendatang menjadi sesuatu yang normal dan umum, baik pada perusahaan berskala besar, hingga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sedang berkembang, sehingga EMC melihat bahwa permintaan pelanggan yang semakin tinggi dan kritis, selalu hadir dengan menawarkan solusi teknologi informasi yang terintegrasi bagi para pelanggannya. Di kuartal 1 pada tahun mendatang, EMC juga akan menghadirkan beberapa solusi dan produk baru yang tentunya akan semakin memberikan pilihan dan kemudahan kepada masyarakat Indonesia.

Berita Terkait:
EMC Luncurkan Inovasi Storage Terkini di Awal Tahun
Symmetrix VMAX dari EMC Mendukung 5 Juta Mesin Virtual
EMC Rambah Sektor Publik dan akan Hadirkan 41 Produk
EMC Record Breakers di Tahun 2011
EMC VNXe dan VNX Unified Storage Hadir Di Dunia

Ultrabook Acer Aspire S3 Raih Penghargaan Teknis dan Desain di CES 2012

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Kehadiran Ultrabook Acer Aspire S3 pada bulan September lalu, yang menggabungkan kemampuan instan dari sebuah tablet dengan kemampuan produktivitas notebook, mendapatkan Penghargaan Teknis dan Desain pada ajang Inovasi CES 2012. Para juri yang terdiri dari perancang desain industri independen, teknisi dan perwakilan media hadir untuk memberikan penilaian teknis dan desain terbaik terhadap produk-produk elektronik konsumen dalam 32 kategori produk berbeda. Produk Ultrabook Aspire S3 berhasil mengkombinasikan bermacam teknologi guna dan menarik perhatian juri pada CES 2012.

Acer merupakan vendor PC pertama yang meluncurkan ultrabook di Indonesia dengan menghadirkan bentuk ultra-thin dan ultra-light serta powerful. Ultrabook berukuran 13.3 inci diperkuat dengan Intel Core generasi kedua serta memiliki fitur premium Acer Green Instant On untuk meningkatkan daya tahan baterai yang sanggup bertahan hingga 50 hari dan Acer Instant Connect untuk akses internet lebih cepat, memungkinkan pengguna tersambung ke dunia maya hanya dalam waktu 2.5 detik.

Produk-produk yang masuk nominasi dinilai berdasarkan beberapa kriteria berikut:

  • Kualitas teknis, berdasarkan spesifikasi teknis dan material yang digunakan
  • Estetika dan kualitas desain
  • Tujuan penggunaan/ fungsi produk tersebut dan nilai kegunaaannya
  • Keunikan/ fitur-fitur baru yang dianggap menarik bagi konsumen
  • Bagaimana desain dan inovasi produknya dibandingkan dengan produk lain di pasaran

“Kami bangga bahwa ultrabook terbaru dari Acer memperoleh penghargaan bergengsi inovasi CES, dimana ultrabook kami menawarkan komputasi instan bagi para pengguna modern dengan mobilitas tinggi,” ujar Jason Lim selaku President Director, Acer Group Indonesia.

Symantec Ungkapkan Tren Keamanan di Tahun 2012

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Tahun 2011 akan segera berlalu, seiring dengan tercatat dalam sejarah sebagai tahun ancaman mobile. Akhirnya kita akan melihat tahun 2011 sebagai tahun yang mendapatkan berbagai serangan dengan target khusus, dengan banyaknya sertifikat digital legal yang dibajak. Untuk itulah, demi menyambut tahun 2012 yang beberapa lagi akan tiba, Symantec mengungkapkan beberapa tren keamanan yang diungkapkan langsung oleh Raymond Goh selaku Regional Technical Director, System Engineering Symantec di Marche, Grand Indonesia, Jakarta (15/12).

1. Ancaman yang semakin canggih mengincar organisasi

Ancaman serangan Duqu pada beberapa waktu lalu sangat mengkhawatirkan dimana ancaman ini mengumpulkan data intelijen dan aset perusahaan seperti komponen pabrikan dalam lingkungan kontrol industri. Penyerang dibalik Duqu mencari informasi seperti dokumen desain yang dapat membantu mereka melancarkan serangan ke fasilitas industri di masa yang akan datang. Duqu pada esensinya adalah perintis bagi Stuxnet di masa depan.

2. Penggunaan perangkat bergerak semakin meningkat, perketat keamanan  data pada perangkat

Tercatat oleh Gartner, dimana penjualan ponsel pintar akan melebihi 461 juta pada akhir tahun, melebihi pengiriman komputer PC. Jika digabungkan penjualan ponsel pintar dan tablet, tercatat sebanyak 44% lebih besar dibandingkan dengan pasar PC pada akhir 2011 ini.

Ledakan ini menarik perhatian para penjahat dunia maya, mulai hadir dalam bentuk malware yang bertujuan untuk mempermalukan penggunanya, hingga malware yang memanipulasi tagihan tarif premium, malware pencuri informasi pengguna. Penggunaan ponsel pintar dan tablet tidak hanya pada lingkup personal, namun telah menggabungkan data personal dengan infrastuktur perusahaan, sehingga secara tidak langsung, informasi yang dipegang pengguna mencakup lingkup yang luas.

Pengadopsian tablet secara cepat pada pengguna yang dapat berefek pada rentannya kehilangan data perusahaan, harus dikaji lebih maksimal dalam mengamankan data, seperti menggunakan anti virus pada perangkat bergerak dengan Norton Mobile Security.

3. Munculnya gelombang serangan dengan target khusus

Laporan bulan November Intelligence dari Symantec menunjukkan bahwa serangan dengan target khusus semakin lazim di tahun 2011. Perusahaan besar dengan jumlah karyawan lebih dari 2500, menerikan serangan terbanyak, sebanyak 36,7 serangan diblokir setiap hari, sedangkan perusahaan kecil dan menengah dengan jumlah karyawan kurang dari 250, sebanyak 11,6 serangan setiap harinya.

Symantec baru-baru ini menemukan serangkaian serangan dengan nama kote "Nitro" yang menargetkan perusahaan swasta yang berhubungan dengan penelitian, pengembangan dan fabrikan bahan kimia dan bahan canggih. Total sebanyak 29 perusahaan di sektor kimia dan 19 perusahaan yang bergerakd i berbagai sektor, terutaman pada sektor pertahanan telah menjadi target serangan ini. Tujuan serangan tersebut untuk mengumpulkan kekayaan intelektual berupa dokumen, desain dan proses manufaktur.

4. Hacker dan ancaman malware yang memanfaatkan sertifikat SSL

Publisitas dan kegusaran publik mengenai pelanggaran yang berkaitan dengan SSL seperti DigiNotar dan Comodo mencapai jumlah tertinggi dalam sejarah di tahun 2011. Ancaman-ancaman malware semakin banyak berasal dari sumber-sumber yang menggunakan SSL Certificate yang dicuri maupun dipalsukan oleh penjahat cyber.

Teknologi DigiNotar bukan link yang lemah, justru serangan tersebut menekankan kebutuhan perusahaan untuk semakin memperkuat infrastruktur Certificate Authorites yang lebih kuat untuk operasional bisnis dan proses otentifikasi. Pemiliki situs web harus mengimplementasikan perlindungan lebih baik terhadap rekayasa sosial, malware dan malvertising.

Putih Klasik dari Blackberry Bold 9900 dan Curve 9360

Posted:



CHIP.co.id - RIM mengumumkan kehadiran dua produk terbaru dari Blackberry dengan nuansa putih klasik pada Blackberry Bold 9900 dan Blackberry Curve 9360. Pilihan warna putih klasik ini telah hadir sejak 15 Desember lalu dipasaran, sehingga memberikan pilihan warna kepada pengguna Blackberry (19/12).

Blackberry Bold 9900 dan Curve 9360 yang hadir dengan sistem operasi Blackberry 7, hadir dengan desain yang penuh gaya dan menawarkan berbagai fitur menarik. Blackberry 7 memberikan pengalaman baru dengan menjelajah internet melalui generasi terbaru browser Blackberry, serta Blackberry Messenger yang dapat menjalankan berbagai rangkaian aplikasi serta tampilan resolusi tinggi.


Blackberry Bold 9900 merupakan evolusi dari seri Blackberry Bold, hadir sebagai Blackberry tertipis, menawarkan kombinasi dari performa keyboard QWERTY dan layar sentuh terintegrasi diantara desain khas BlackBerry Bold.

Blackberry Curve 9360 hadir dengan harga yang terjangkau, mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap, serta mudah dalam koneksi  melalui jejaring sosial. Dukungan  kamera 5 megapixel dengan flash dan perekaman video, memberikan kemudahan Anda saat merekam momen penting dan dapat dengan mudah membaginya melalui jejaring sosial.

Mulai saat ini dan seterusnya, pelanggan yang membeli ponsel Blackberry dari mitra resmi Blackberry akan mendapatkan garansi selama 24 bulan. Pelanggan pasti akan mendapatkan "Peace of Mind" dengam membeli ponsel Blackberry, dimana akan mendapatkan label SIRIM dan label Brightstar yang terletak pada bagian baterai di belakang ponsel tersebut.

Untuk  mendapatkan garansi resmi 24 bulan, pelanggan perlu mendaftarkan ponsel BlackBerry miliknya di  www.brightstarcorp.com.my/24monthsblackberry/ dalam kurun waktu dua minggu dari tanggal pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar