Senin, 01 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Telkomsel Hadirkan Info Lengkap Liga Inggris di Ponsel

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel menghadirkan aplikasi BPL Mobile Telkomsel yang berisi layanan info lengkap Barclays Premier League (BPL) Liga Inggris. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses informasi lengkap seputar klub dan pemain yang bermain di Liga Inggris, ragam berita terkini, serta berlangganan ringtone dan Nada Sambung Pribadi (NSP) lagu fans club dari tim favorit Liga Inggris.

Menurut Head of Strategic Business Plan Division Telkomsel Marina Kacaribu, “Aplikasi ini merupakan one stop info service untuk mengakses informasi lengkap Liga Inggris kapan pun dan di mana pun pelanggan berada. Sebagai official mobile partner BPL Liga Inggris, Telkomsel akan terus melengkapi ragam layanan konten sepakbola ini sebagai wujud perhatian kami kepada masyarakat penggila sepakbola di Indonesia.”

Aplikasi menarik ini dapat dinikmati pengguna Android melalui Google Play atau Play Store. Pengguna jenis tipe ponsel lainnya seperti BlackBerry, Windows Phone, dan Symbian juga bisa mengakses aplikasi ini via website http://duniabola.co.id. Sedangkan bagi pengguna iOS iPhone, BPL Mobile Telkomsel mulai tersedia di iTunes pada pertengahan Oktober 2012.

Dengan mengunduh aplikasi BPL Mobile Telkomsel, pelanggan akan mendapatkan konten GRATIS seputar informasi jadwal dan hasil pertandingan, statistik pemain dan klub pilihan, susunan pemain, info klasemen, serta berbagai foto terkini. Pelanggan juga bisa mengikuti polling dan kuis seputar BPL Liga Inggris, serta berinteraksi via jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Pelanggan dapat berlangganan video cuplikan pertandingan hanya dengan Rp2.000 selama 7 hari. Selama periode berlangganan, pelanggan bisa mengakses seluruh video pertandingan terutama cuplikan terjadinya gol dan aksi penyelamatan gawang. Di samping itu, pelanggan juga dapat mengunduh ringtone (Rp2.000 per konten) dan mengaktifkan NSP (Rp3.000 per 7 hari) lagu fans club dari tim favorit Liga Inggris.

Selama periode promo, Telkomsel memberikan GRATIS akses paket data internet bagi pengguna simPATI dan Kartu As untuk mendapatkan info dan konten Liga Inggris melalui aplikasi BPL Mobile Telkomsel versi Android dan iPhone hingga 29 Oktober 2012.

PC Tablet Hybrid Panasonic CF-AX2

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - Panasonic baru saja mengumumkan PC Tablet Hybrid, Panasonic CF-AX2.PC Tablet terbaru dari Panasonic ini merupakan laptop portable yang kadang bisa dijadikan laptop dengan docking keyboard, dan juga bisa dijadikan tablet.

Didukung dengan prosesor Windows 8, CF-AX2 mampu merekam 10 finger touchscreen dan sudah menyokong kemampuan LTE dan juga WiMax.

Panasonic meluncurkan PC Tablet berukuran 11.6 inci (1366x768) ini dengan prosesor Core i7-3517U dan 4GB RAM serta 128GB SSD. Sedangkan untuk konektivitasnya, Panasonic menyematkan USB 3.0, WiFi ABGD, Bluetooth 4.0, HDMI, SDXC dan 720p Web Camera.

Rencananya, CF-AX2 akan mulai dipasarkan di Jepang pada tanggal 26 Oktober 2012, dengan harga pasaran yang disarankan sekitar 160.000 Yen (Rp19.669.523) hingga 250.000 Yen (Rp30.733.470.67).

Penggunaan Mobile Web Opera di Amerika Serikat Meningkat 40 persen

Posted:


Oslo, Norwegia, CHIP.co.id - Amerika Latin telah menjadi daerah pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, hal ini ditujukkan dengan adanya peningkatan penggunaan mobile web.

Laporan dari the State of the Mobile Web mengungkapkan bahwa terdapat kenaikan pengguna Opera Mini pada smartphone hingga 34% di kisaran Bulan Juli 2012..

Bulan ini State of the Mobile Web memfokuskan penelitian pasar ke negara-negara Amerika Latin. Smartphone tampaknya mengalami peningkatan signifikan di wilayah Amerika Latin, seperti yang ditemukan di wilayah Asia Pasifik dalam laporan State of Mobile Web bulan lalu.

“Tiga Besar”, Facebook, Google dan Youtube, mendominasi lanskap dunia web Amerika Latin, serta Asia Pasifik. Pada kenyataannya, disemua kawasan di Amerika Latin yang menggunakan Opera Mini, tiga besar ini mendominasi 10 domain teratas mereka.

Di bulan Agustus, jumlah pengguna Opera Mini dan Opera Mobile meningkat lebih dari 209.9 juta dalam basis global. Dibandingkan dengan Agustus 2011, gabungan Opera Mini dan Opera Mobile meningkat lebih dari 40% dalam satu tahun. Jumlah halaman yang dilihat naik 53% dari Agustus 2011 ke Agustus 2012 dan penggunaan data meningkat 79% dalam periode yang sama.

Untuk fokus pasar di Brazil, di bulan July 2011 hingga July 2012, State of the Mobile Web mereview peningkatan penggunaan Opera Mini dari 13% menuju ke 29%. Kenaikan ini diyakini ada sangkut pautnya dari penggunaan smartphone Android yang berkembang pesat di sana.

Kinerja RIM Membaik di Kuartal Kedua

Posted:

(Reuters)

CHIP.co.id - Research in Motion, perusahaan pembuat smartphone BlackBerry, berhasil memangkas kerugian pada kuartal kedua tahun ini menjadi USD235 juta atau 45 sen per lembar saham. Pencapaian ini lebih baik dari ekspektasi para analis di Wall Street yang memperkirakan RIM akan rugi 46 sen per lembar saham, dan jauh membaik dibanding kuartal pertama di mana perusahaan asal Waterloo, Kanada itu merugi USD518 juta.

Namun, hal ini masih memprihatinkan jika dibandingkan dengan pencapaian RIM pada periode yang sama tahun lalu, ketika mereka masih untung USD329 juta, atau 63 sen per lembar saham. Menurut Wall Street Journal, pendapatan RIM terus menyusut sejak tahun lalu.

Pada kuartal kedua tahun 2011, pendapatan RIM masih mencapai USD4,2 miliar. Tahun ini, pendapatan RIM hanya USD2,9 miliar, naik tipis dibanding kuartal pertama sebesar USD2,8 miliar. Meski tipis, kenaikan ini mengejutkan para analis yang justru memperkirakan pendapatan RIM akan anjlok ke level USD2,5 miliar.

Laporan keuangan ini segera berdampak positif terhadap harga saham RIM, yang ditutup naik 18 persen di level USD8,45 per lembar. RIM saat ini masih berupaya keluar dari lingkaran kematian dengan bekerja keras menyiapkan BlackBerry 10, yang diperkirakan akan diluncurkan Januari tahun depan. Berdasarkan presentasi CEO RIM Thorsten Heins, dalam acara BlackBerry Jam di San Jose, Amerika Serikat, Selasa (25/9) lalu BlackBerry 10 berbeda sama sekali dengan seri sebelumnya.

RIM secara drastis mengubah tampilan, dengan menyajikan apa yang mereka sebut sebagai Flow, Peek, dan Hub. Pembahasan selengkapnya mengenai ketiga fitur tersebut akan kami bahas selanjutnya.

Indosat Suarakan Nasionalisme di LA Lights Java Soulnation 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Ajang LA Java Soulnation yang digelar pada tanggal 28-30 September 2012 berlangsung sangat meriah dan terlihat semakin banyak dipadati oleh para pecinta musik yang ingin menikmati musik berkualitas dari musisi-musisi yang mengisi acara ini, baik dari lokal maupun internasional.

Selama pagelaran musik LA Java Soulnation ini , Indosat stage telah disemarakkan oleh beberapa musisi lokal maupun internasional yang sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta dan penikmat musik seperti Calvin Jeremy, Soulmate, Shandy Sandoro, Hercules & Love Affairs, Stereocase, Valerius, Bone Thugs N-Harmony, dan Bayu Risa.

Selain menikmati musik yang disuguhi, para pengunjung yang berada di Indosat stage juga terlihat sangat antusias menikmati layanan Indosat internet terbaru hanya dengan mengaktifkan layanan internet Indosat Super WiFi untuk memenuhi kebutuhan internet terutama kebutuhan social media mereka. Koneksi untuk menggunakan layanan ini sangat mudah, karena tidak harus menggunakan username ataupun password. Cukup mengaktifkan fitur Wifi pada perangkat yang digunakan, maka dengan sendirinya layanan data akan berpindah dari layanan mobile ke layanan WiFi.

Tepat pada tanggal 30 September 2012 yang lalu, Indosat menyemarakan LA Lights Java Soulnation 2012 dengan perayaan Sing Along terbesar di Indonesia, sebagai penutupan gerakan "Soul of The Nation". Aksi Sing Along terbesar ini, telah mengajak ribuan anak muda Indonesia untuk menyanyikan lagu "Padamu Negeri" bersama dengan Raisa.

"Jujur aku senang sekali dengan hasil ini. Bukan saja karena angkanya yang fantastis, tapi juga karena semakin banyak generasi muda yang sadar dan peduli terhadap bangsanya. Sampai dengan tanggal 30 September 2012, sudah ada 2.287 video yang ter-upload dan 2.841 pledges," ujar Raisa Andriana, 'Soul of The Nation' icon.

Gerakan dari ribuan anak muda bangsa ini juga tercatat dalam rekor MURI sebagai Gerakan Sing Along Digital terbesar di Indonesia.

Turut menyemarakan kemeriahan "Soul of The Nation", Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer Indosat mengungkapkan aksi terusan dari Indosat; "Gerakan "Soul of The Nation" ini merupakan salah satu upaya Indosat untuk mendukung komitmen dalam menyuarakan nasionalisme. Tidak berhenti sampai di sini,  Indosat terus berupaya mengembangkan Layanan Indosat Super WiFi dengan menambahkan lokasi hotspots menjadi 30.000 hotspots sehingga kemudahan digital akan lebih dapat dinikmati bagi para pelanggan Indosat dan akan semakin mudah untuk menyuarakan dan mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama membangun Indonesia.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang Indosat Super Wifi, dapat mengakses di http://www.indosat.com/superwifi

Smartfren Bangun Warnet untuk Sekolah Anak Jalanan (SAJA)

Posted:


CHIP.co.id - Smartfren kembali melaksanakan program Corporate Social Responsibility-nya, “Smartfren Untuk Indonesia”, dengan memprakarsai pembangunan fasilitas warung internet (warnet) di Sekolah Anak Jalanan (SAJA) di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.

Lewat program ini, Smartfren menghadirkan akses internet untuk anak-anak dan masyarakat sekitar di Jalan Petak Asem no 29, RT 007/05, Penjaringan, Jakarta Utara. Kehadiran fasilitas terbaru ini melengkapi peluncuran Warnet Sekolah sebelumnya yang telah didirikan Smartfren di Parung Panjang pada bulan Maret 2012. Pada Juni 2012, Warnet Sekolah juga hadir di Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang, Bekasi, serta di Kampung Pulo Citeureup pada Juli 2012.

“Kehadiran program CSR 'Smartfren Untuk Indonesia' menjadi pembuktian komitmen kami bahwa layanan telekomunikasi yang mumpuni dengan harga terjangkau selayaknya dapat dinikmati semakin banyak orang. Smartfren terus berupaya menghadirkan nilai tambah dan berkontribusi untuk masyarakat, salah satunya lewat pembangunan fasilitas Warnet Sekolah ini," ujar Henky S. Chahyadi, Vice President Program Smartfren Untuk Indonesia. "Kami bekerja sama dengan pihak sekolah supaya murid-murid yang notabene dari kalangan menengah ke bawah dapat belajar dengan lebih maksimal berkat layanan internet berikut unit pendukung yang kami berikan."

Tampak luar Sekolah Anak Jalanan (SAJA)

Pada pelaksanaan program kali ini, selain memberikan gratis koneksi internet tanpa batas selama setahun, Smartfren juga memberikan peralatan yang diperlukan untuk instalasi warung internet termasuk tiga buah laptop bagi kegiatan edukasi anak-anak didik. Tidak hanya itu, Smartfren juga memberikan beberapa unit HP ZIP serta HP Xstre@m sebagai alat komunikasi pendukung tenaga pendidik. 

Tampak dalam Sekolah Anak Jalanan (SAJA)

“Kami berterima kasih dan bersyukur atas kontribusi yang diberikan Smartfren untuk anak-anak didik di SAJA. Sekolah ini awalnya sangat sederhana, namun kini SAJA tumbuh dan berkembang, salah satunya berkat dukungan berbagai pihak termasuk inisiatif positif Smartfren ini,” tutur Reinhard Hutabarat selaku Kepala Sekolah Anak Jalanan (SAJA).

SAJA didirikan sejak tahun 2001 oleh organisasi non-profit, Yayasan SAJA. Visi yayasan ini adalah untuk memberdayakan komunitas lewat pendidikan serta memiliki misi untuk menyediakan pendidikan yang setaraf dan tanpa dipungut biaya untuk komunitas miskin dan marginal. Sebagian besar peserta didiknya berasal dari golongan tak mampu yang bekerja di sektor informal seperti: pedagang asongan, kuli angkut barang, penarik becak, atau supir.

Pada awal berdirinya, SAJA menampung 70 murid dengan 2 guru dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dan berlokasi di kolong jalan tol Gedong Panjang, Jakarta Utara. Setelah pemerintah DKI Jakarta membersihkan area tersebut dari pemukiman liar dan semacamnya, sekolah ini pun pindah ke rumah sewaan seharga lima belas juta per tahunnya di alamat yang sekarang dihuni. Hingga kini, SAJA telah berkembang dengan 133 peserta didik, 4 guru, serta 1 kepala sekolah.

WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia

Posted:


CHIP.co.id - WeChat, layanan komunikasi sosial yang tersedia untuk berbagai perangkat smartphone, Jumat lalu (28/9) mengumumkan kesuksesan yang diraihnya semenjak pertama hadir untuk diminati masyarakat Indonesia. Aplikasi ini mengklaim telah merangkul lebih dari 200 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, hampir setara dengan total populasi Indonesia. Popularitas WeChat ditunjang oleh fitur-fitur inovatif produknya yang diklaim dapat memungkinkan para penggunanya untuk menambah teman baru, menjalin koneksi, serta berbagi momen-momen penting mereka dengan mudah dan menyenangkan.

Fitur Moments

Dalam pasar Indonesia sendiri, aplikasi ini diklaim mampu bersaing dengan produk-produk yang telah ada sebelumya dengan mengunggulkan fitur-fitur uniknya, yang meliputi Location-based Services atau LBS; ‘Moments’, fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi saat-saat spesial mereka dengan kerabat; serta fitur yang mengutamakan audio-video seperti ‘Video Calling’ dan voice messaging (‘Hold to Talk’).

Fitur Video Call

“WeChat bukan sekadar aplikasi instant messenger untuk ponsel, tetapi lebih merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk memperkenalkan cara berkomunikasi yang baru di mana para penggunanya dapat saling terkoneksi lewat fitur-fitur menarik, di antaranya hold-to-talk voice messaging, video chat, photo sharing dan shake to find friends,” jelas Dennis Hau, ketua pusat produk internasional Tencent International Product Business Group. “Masyarakat menginginkan sebuah platform yang mampu mewadahi semua fitur tersebut demi meningkatkan pengalaman mereka dalam berkomunikasi secara sosial. Lewat WeChat, kami yakin bisa memenuhi semua keinginan tersebut.”

Salah satu faktor penentu lain adalah lanskap penggunaan perangkat seluler di Indonesia yang sangat variatif. Masyarakat semakin lama semakin menuntut keberadaan sebuah platform yang tidak akan membatasi lingkup sosial mereka. Mereka mengharapkan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk chatting serta berbagi pengalaman tanpa terbatasi OS, harga, maupun merk perangkat mereka. Selain itu, menurut data dari IDC, Android adalah platform yang paling banyak disukai dengan pangsa pasar sebesar 52%. Ini merupakan hasil dari semakin populernya ponsel layar-sentuh.

Fitur Hold To Talk

WeChat dapat digunakan dalam berbagai platform smarphone. Aplikasi itu kini sudah tersedia untuk Android, iOS (termasuk iPhone dan iPad), Windows Phone, dan OS Symbian. Fitur-fitur unik yang WeChat tawarkan untuk dinikmati para penggunanya misalnya:

  • Location-based Service (LBS): Dengan menggunakan akselerometer yang tersedia di dalam perangkat masing-masing, dipadukan dengan GPS dan fitur lain, para pengguna dapat saling bertukar informasi seperti foto dan alamat kontak dengan pengguna WeChat lainnya. Location-based Service yang telah terintegrasi dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman maksimal dalam menggunakan media sosial. Fitur ini khususnya sangat mempermudah pengguna untuk memperluas jaringan sosialnya dengan cara mempertahankan koneksi dengan teman di daerah sekitar mereka maupun dengan cara menemukan dan menjalin pertemanan dengan orang-orang baru, lewat cara yang nyaman dan aman.
  • Look Around: Dibantu aplikasi ini, pengguna dapat menemukan teman-teman baru atau tetap terhubung dengan anggota komunitas WeChat yang lain.
  • Hold To Talk: Fitur unik ini merupakan cara baru untuk saling berkirim pesan suara (voice messaging) hanya dengan satu sentuhan. Hold to Talk dapat menjadi alternatif pengganti sambungan telepon, mengingat fitur ini gratis dan tidak akan menghabiskan pulsa pengguna. Pengguna WeChat di Indonesia yang seringkali mengkhawatirkan biaya pemakaian biaya telepon mereka dapat memaksimalkan penggunaan fitur ini tanpa harus terus menerus mengisi pulsa saat memerlukan percakapan panjang lewat ponsel mereka.
  • Video Call: Dengan WeChat, para pengguna dapat saling berinteraksi dengan lebih nyata melalui video call. Serupa dengan Hold to Talk, pengguna tidak perlu mengeluarkan pulsa tambahan untuk menggunakan fitur ini, sekaligus dapat menjadi alternatif yang lebih baik dari sambungan telepon biasa.
  • Moments: Para pengguna WeChat dapat menghadirkan momen-momen (‘Moments’) spesial mereka melalui gambar dan teks dan membagikannya hanya dengan teman-teman terpilih sehingga kerahasiaan konten tersebut akan tetap terjamin. Pengguna juga dapat memperkenankan teman-teman mereka untuk memberi komentar maupun me-“like” konten yang mereka unggah. Momen-momen paling berkesan dapat dibagi dengan orang-orang terkasih hanya lewat beberapa langkah mudah.

Fitur-fitur tersebut tentunya hanya sedikit dari banyak keunggulan WeChat. Para pengguna juga dapat menikmati sesi group chat dengan banyaknya pilihan emoticon beranimasi serta emoji, background yang bisa diubah sesuai keinginan, serta mini game Rock-Paper-Scissors atau gunting-kertas-batu. Tidak seperti aplikasi konvensional dan statis lainnya, fitur-fitur WeChat dapat diperluas di kemudian hari dengan menggunakan plug-in system sebagai pemanja tambahan bagi para penikmat messenger service di mana pun berada.

CHIP Melakukan Perawatan Server Berkala

Posted:


CHIP.co.id - Para pembaca setia CHIP.co.id, sejak Sabtu pagi ini hingga beberapa jam ke depan, kami akan melakukan perawatan server berkala. Untuk sementara akses ke situs CHIP dan Forum CHIP akan terganggu. Perawatan berkala ini kami lakukan semata-mata untuk kenyamanan Anda semua. Terima kasih atas pengertiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar