Minggu, 28 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Badai Sandy, Google Batalkan Peluncuran LG Nexus 4

Posted:


CHIP.co.id - Google membatalkan acara peluncuran LG Nexus 4, Android 4.2, dan tablet Samsung Nexus 10 yang sedianya digelar Senin besok di New York. Google terpaksa mengambil keputusan ini karena New York tengah dilanda badai Sandy.

Jumat (26/10) lalu, Gubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan keadaan darurat dalam meanggapi datangnya topan tersebut, dan acara Google dijadwalkan berlangsung di tepi pantai yang masuk zona evakuasi.

Ini merupakan pembatalan acara yang kedua oleh Google. Tahun lalu mereka juga menunda meluncurkan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich karena menghormati meninggalnya Steve Jobs. "Kami membatalkan acara Senin pagi di New York karena badai Sandy. Kami akan memberi tahu rencana kami kepada Anda sesegera mungkin," demikian keterangan Google.

Lazada Tawarkan Preorder Google Nexus 7

Posted:

(Anandtech)

CHIP.co.id - Situs belanja Lazada.com menawarkan preorder tablet Google Nexus 7 seharga Rp2.999.000 untuk versi 16GB Wi-Fi. Tablet pertama yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean itu akan tersedia minggu pertama November 2012.

Di pasaran internasional Google Nexus 7 16GB dibanderol USD249, sedangkan versi 8GB dijual USD199. Sejauh ini, review beberapa media teknologi sangat positif terhadap Nexus 7, yang memiliki layar beresolusi 1280 x 800 pixel, 1GB RAM, dan prosesor NVIDIA Tegra 3 quad-core 1.2 GHz.

Sebelum dipasarkan Lazada, Nexus 7 hanya dijual melalui Google Play di sejumlah negara, namun Indonesia tidak termasuk dalam daftar. Lazada termasuk yang pertama menawarkan preorder ini. Mereka juga sangat agresif memasang iklan melalui Google, sehingga nyaris semua situs teknologi yang kita buka terpampang iklan Lazada, demikian juga dengan hasil pencarian di Google.

 

Koreksi: Sebelumnya judul tertulis Galaxy Nexus

Windows Phone Marketplace Mulai Diserbu Developer

Posted:

 

CHIP.co.id - Sebanyak 126.530 aplikasi telah diterbitkan di Windows Phone Marketplace dalam kurun waktu 20 bulan belakangan atau sekitar 215 aplikasi per hari. Dari jumlah tersebut, 113.170 aplikasi di antaranya bisa diunduh di 60 negara, sementara 101.517 lainnya ada di Amerika Serikat, 96.265 di Inggris, dan 92.887 di Perancis.

Pencapaian ini sangat membanggakan untuk Microsoft di tengah-tengah dominasi pasar aplikasi Android dan iOS. Jumlah pengembang aplikasi Windows Phone juga dilaporkan terus meningkat, dan kini mencapai 30.000 lebih.

Sebagai perbandingan, Android membutuhkan waktu 26 bulan untuk mencapai jumlah publikasi 125.000 aplikasi. Sementara iOS hanya butuh waktu 18,5 bulan. Namun dari jumlah total publikasi aplikasi, Windows phone Marketplace masih jauh tertinggal dibanding Google Play dan Apple Store.

Berikut ini adalah hasil pelaporan pertumbuhan aplikasi Windows Phone Marketplace:

  • 50.000 aplikasi di 27 Desember 2012
  • 60.000 aplikasi di 22 Januari 2012
  • 70.000 aplikasi di 23 Februari 2012
  • 80.000 aplikasi di 26 Maret 2012
  • 90.000 aplikasi di 30 April 2012
  • 100.000 aplikasi di 3 May 2012
  • 125.000 aplikasi di 14 Oktober 2012

Meskipun hasil tersebut memuaskan, nampaknya Windows Phone Marketplace harus berlomba-lomba mengalahkan saingan terberatnya, Apple App Store yang saat ini telah mencapai 700.000 aplikasi, Google Play Store dengan 600.000 aplikasi.

 

Rekomendasi 8 Aplikasi Windows 8 yang Harus Dicoba

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Setelah Windows 8 secara resmi dikeluarkan pada tanggal 26 Oktober 2012 lalu, Microsoft juga telah memasarkan berbagai aplikasi yang dapat diunduh untuk melengkapi kompusitas Windows 8. Terdapat delapan aplikasi yang dapat Anda unduh langsung melalui Windows Store, yakni:

1. Rowi


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Sosial
  • Developer : Hidden Pineapple, LLC

Bagi Anda yang tidak dapat hidup tanpa update status di jejaring sosial Twitter, nampaknya aplikasi ini sangat cocok dengan Anda. Rowi App yang dibuat oleh Hidden Pineapple, LLC memberikan tampilan muka nan ringan aplikasi twitter untuk menemani pengalaman Anda bersama Windows 8.

2. Cocktail Flow


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Food & Dining
  • Developer : Distinction Ltd

Apakah Anda adalah salah satu penggemar berat mencicipi minuman lezat, aplikasi yang dibuat oleh Distinction Ltd ini sepertinya sangat cocok dengan Anda. Terdapat ratusan resep minuman segar yang dapat Anda ikuti dan nikmati menemani waktu bersantai Anda.

3. BOX


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Bisnis
  • Developer : Box, Inc.

Dengan total penyimpanan gratis folder favorit Anda sebanyak 5GB, Box merupakan saingan terberat Dropbox karena aplikasi ini sudah lebih dahulu eksis di Windows Store.

4. Fresh Paint


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Entertaiment
  • Developer : Microsoft Corporation

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi dan menggunakan Windows 8, harus mengunduh aplikasi ini. Soalnya dengan fitur realistic paint engine, Anda dapat menorehkan kreatifitas tanpa batas dengan warna-warna yang ada di palet seni digital ini.

5. Pirates Love Daisies


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Games > Action
  • Developer : gskinner.com

Mencari kesenangan dengan Windows 8 device Anda? gskinner.com mencoba mengajak Anda bermain permainan bajak laut yang sedang kasmaran dengan bunga cantik bernama Daisies.

6. Doodle God Free


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Games > Puzzle
  • Developer : JoyBits Ltd

Apakah Anda adalah seorang penggemar berat akan ilmu kimia? Jika iya, aplikasi Doodle God Free akan cocok menemani waktu senggang Anda untuk mencampur-campur resep kimiawi untuk membuat bakteri sampai dengan senjata.

7. News Republic


  • Harga : Gratis
  • Kategori : News
  • Developer : Mobiles Republic

Mencari berita terhangat langsung dari perangkat Windows 8? Anda harus mengunduh aplikasi News Republic ini. Pasalnya, aplikasi ini mengajak Anda membaca 10.000 berita terhangat setiap harinya dari berbagai sumber di belahan dunia.

8. Givit


  • Harga : Gratis
  • Kategori : Video
  • Developer : VMIX Media

Video Junkie? Aplikasi ini adalah tempat yang paling tidak membosankan untuk Anda. Kenapa? Ya sudah pasti karena aplikasi ini untuk membagi video keren Anda untuk teman-teman dan keluarga.

 

Device Day: Jajaran Hardware Terbaru dengan Platform Windows 8

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Secara resmi Microsoft telah mengumumkan ketersediaan sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 8 di pasaran global pada tanggal 26 Oktober 2012. Di Indonesia hal ini ditandai dengan gelaran acara Device Day yang digelar selama tiga hari (26 hingga 28 Oktober 2012) di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Microsoft bersama sejumlah manufaktur komputer global, seperti Acer, ASUS, HP, Lenovo, Samsung, Sony, Toshiba, dan Dell dalam acara ini menghadirkan rangkaian produk notebook, ultrabook, dan tablet terbaru yang telah menggunakan Windows 8. Beberapa produk unggulan tersebut antara lain Acer Iconia W510, ASUS Vivo Tab, Dell XPS 12, HP ENVY x2, Lenovo IdeaPad Yoga, Samsung Ativ Tab, Sony VAIO Duo 11, dan Toshiba Satelite U920t.

Andreas Diantoro, Presiden Director Microsoft Indonesia menjelaskan bahwa sebagai sistem operasi tebaru dari Microsoft, Windows 8 adalah sistem operasi untuk komputasi tanpa kompromi. "Windows 8 dirancang untuk masa kini, di mana batas-batas antar perangkat yang kita gunakan untuk bekerja dengan yang di rumah telah menghilang," jelas Andreas.

Keunggulan lainnya adalah terkait dengan Windows Store yang menjadi sebuah aplikasi marketplace terbaru yang telah terintegrasi secara optimal di Windows 8. Windows Store akan tersedia dalam setiap bahasa yang ditawarkan untuk Windows 8, yaitu lebih dari 100 bahasa. Sedangkan aplikasinya tersedia di 231 negara, salah satunya Indonesia.

Acara Device Day juga dihadiri oleh bintang iklan ternama tanah air, yaitu Christian Sugiono yang juga didaulat oleh Microsoft Indonesia menjadi Peer Influencer Windows 8. Diakui Christian bahwa Windows 8 sebagai sistem operasi yang bisa dipakai untuk bekerja, dan bermain ini memiliki banyak keunggulan.

"Punya Windows 8, seperti punya pacar baru. Sebelumnya saya juga sudah memakai Windows, yang baru ini tidak susah menggunakannya. Saya sangat suka travelling, oleh karena itu saya paling sering menggunakan aplikasi untuk travel. Di dalam aplikasi tersebut tersaji berbagai informasi menarik dan juga foto 360 derajat lokasi-lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Termasuk kota-kota besar di dunia," ujar Christian.

Windows 8 akan dijual dengan harga US$69,99 hingga akhir Januari 2013. Bagi pengguna yang saat ini menjalankan Windows XP, Vista, atau Windows 7 bisa men-download Windows 8 Pro dengan estimasi harga US$ 39,99. Bagi pengguna PC atau notebook yang membeli Windows 7 antara tanggal 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013 bisa men-download Windows 8 Pro dengan harga US$14,99 melalui program Upgrade Windows yang tersedia di www.windowsupgradeoffer.com.

Author : Eko Lannueardy

 

McDonald's China Terkena Serangan Angry Birds

Posted:

 


CHIP.co.id - Sepertinya demam Angry Birds telah merasuki salah satu restoran cepat saji McDonald's yang ada di China.

Diungkapkan oleh psfk.com, restoran cepat saji yang terkenal dengan ice cream sundae ini bekerja sama dengan Rovio menghadirkan Angry Birds raksasa di restoran mereka.

Ini bukanlah hubungan kerja sama antara McDonald's dengan Rovio untuk menghancurkan geng babi hijau menyebalkan itu, tetapi mereka sengaja menghadirkan karakter Angry Birds raksasa untuk mempromosikan hadiah terbaru Happy Meal.

 

Nokia Lumia 510, Windows Phone dengan Harga Bersahabat

Posted:

 

 


CHIP.co.id - Nokia baru saja mengumumkan akan meluncurkan Windows Phone 7.5 terbarunya dengan harga yang bersahabat untuk kelas entry-level.

Nokia 510, smartphone terbaru dari Nokia yang telah dilengkapi dengan prosesor Snapdragon S1, RAM sebesar 256MB, memori internal 4GB (hadir tanpa memori eksternal), dan juga SkyDrive storage gratis sebesar 7GB, mampu menjalankan fitur sistem operasi teranyar Windows Phone 7.5 dengan baik.

Hadir dengan lima pilihan warna berbeda; red, yellow, cyan, white dan black, Nokia membanderol smartphone andalnya ini dengan harga US$199. Negara yang akan disambangi Nokia untuk meluncurkan Nokia Lumia 510 pertama kali di bulan November 2012, yakni India dan Cina, untuk Anda yang di Indonesia, sebaiknya bersabar dahulu.

Spesifikasi Nokia Lumia 510:

 

  • OS: Windows Phone 7.5 Mango
  • Processor: Snapdragon S1
  • Display: 4-inch / WVGA 800 x 480 resolution / TFT Capacitive Touchscreen
  • Memory: 256MB RAM / 4GB mass memory (no memory card slot) / 7GB free SkyDrive storage
  • Main Camera: 5 Megapixels, Autofocus
  • Battery: 1,300mAh

 

 

 

Pilih Mana, Windows 8, Windows 8 Pro atau Windows RT?

Posted:

(TheVerge)

CHIP.co.id -  Anda yang hendak migrasi dari Windows 7, Vista atau XP ke Windows 8 mungkin saja bingung menjatuhkan pilihan dari tiga versi sistem operasi yang baru saja diluncurkan Microsoft, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, atau Windows RT. Jika saat ini Anda menggunakan Windows 7 Professional atau Ultimate, Anda akan perlu upgrade ke Windows 8 Pro.

Fitur Windows 8 dan Windows 8 Pro sebenarnya nyaris sama, termasuk Windows Desktop, Start Screen baru, seluruh fitur sentuh, dan kemampuan meng-install software tradisional dan aplikasi dari Windows 8.

Namun, Windows 8 Pro memiliki fitur tambahan untuk kalangan pebisnis, seperti BitLocker drive encryption, file encryption, client-side Hyper-V, kemampuan untuk bergabung dengan Windows Server Domain, dan menjadi host Remote Desktop.

Jika Anda seorang pebisnis yang kerap menyimpan data rahasia perusahaan di laptop, sebaiknya memilih Windows 8 Pro. Seperti disebutkan dalam tips sebelum beralih ke Windows 8, Anda perlu memperhatikan spesifikasi minimum perangkat Anda seperti berikut:

  • 1GHz or faster processor
  • 1GB RAM for 32-bit, 2GB RAM for 64-bit
  • 16GB available disk space for 32-bit, 20GB for 64-bit
  • 1366 x 768 screen resolution
  • Koneksi Internet
  • DirectX 9 compatible graphics with WDDM 1.0 or higher drivers

Adapun Windows RT adalah Windows 8 versi lebih sederhana yang didesain untuk prosesor ARM. Sebelum peluncuran Windows 8 pada 26 Oktober lalu, Microsoft sudah terlebih dahulu meluncurkan tablet Surface RT.

Penggunaan Windows RT akan menambah usia baterai perangkat Anda, namun penting dicatat, dengan sistem operasi ini Anda tak akan bisa menjalankan program lama Anda. Anda hanya bisa menggunakan aplikasi dari Windows Store, dan aplikasi yang dirancang untuk antarmuka baru, bukan aplikasi desktop. Windows RT sudah sepaket dengan Office Word, PowerPoint dan Excel.

Beberapa analis sempat menyampaikan kritik peluncuran Windows RT akan membingungkan konsumen. Sebagai jawabannya, Microsoft secara khusus melatih karyawan mereka untuk menjelaskan perbedaan antara Windows 8 dan Windows RT. Microsoft juga membuatkan grafik perbedaan Windows 8 dan Windows RT. Berikut ringkasannya:

  • Windows RT hanya bisa dipakai di perangkat dengan prosesor ARM
  • Windows RT memiliko mode desktop, tapi terbatas pada software yang sudah pre-installed seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Office terbaru.
  • Baik program lama atau baru yang dirancang untuk x86/x64 tidak bisa dijalankan di Windows RT.

Beberapa perangkat yang menggunakan Windows RT selain Surface, antara lain: Dell XPS 10 Tablet hybrid, Lenovo IdeaPad Yoga 11, Samsung Ativ Tab. Jika ingin mencobanya, Anda bisa langsung membeli perangkat tersebut karena harganya relatif murah dibanding pernagkat yang menggunakan Windows 8 atau Windows 8 Pro.

Tips Sebelum Beralih ke Windows 8

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober kemarin. Anda yang sudah siap-siap beralih ke sistem operasi terbaru tersebut sebaiknya memperhatikan dulu kondisi PC Anda. Spesifikasi minimal PC untuk menjalankan Windows 8 adalah sebagai berikut:

  • Processor: 1GHz CPU or faster
  • RAM: 1GB (32-bit) or 2GB (64-bit)
  • Disk space: 16GB (32-bit) or 20GB (64-bit)
  • Graphics: DirectX 9-capable video card with WDDM driver

Sebelum peluncuran Windows 8, Microsoft juga memperbaharui Windows Store. Agar dapat menggunakannya, Anda perlu resolusi layar minimal 1.024x768 pixels, dan 1.366x768 pixel untuk mendapatkan aplikasi. Pastikan juga Anda menginstall Windows 8 Upgrade Assistant, untuk mengecek kesiapan sistem Anda menjalankan Windows 8. Jika ingin melihat secara manual, Anda bisa mengakses Windows 8 Compatibility Center untuk melihat kesiapan software dan hardware PC Anda.

Jika Windows Upgrade Assisant menandai dengan bendera item tertentu di sistem PC Anda, besar kemungkinan item tersebut sudah terlalu tua, misalnya printer, pouch pads, graphics cards, dan audio cards.

Yang tak kalah penting adalah mem-back-up seluruh data pribadi Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat upgrade. Jika Anda upgrading dari Windows XP atau Vista, anda akan harus meng-install ulang program software. Buatlah daftar program yang hendak Anda install ulang, berikut license key program-program tersebut.

Beberapa program seperti iTunes dan Adobe Photoshop, membutuhkan deauthorize atau me-non-aktifkan lisensi sebelum menginstall kembali. Pastikan Anda sudah melakukan langkah itu sebelum menginstall ulang program-program seperti Adobe.

Setelah di-install, Windows 8 bisa saja mengecewakan, dan Anda ingin beralih ke sistem operasi yang lama. Nah, untuk mengantisipasi ini, bikin dulu kloningan sistem Anda sebelum beralih ke Windows 8. Anda bisa memilih Norton Ghost, Acronis True Image, atau Clonezilla, sehingga Anda bisa kembali ke sistem sebelumnya.

Berdasarkan rilis Microsoft, harga upgrading dari Windows 7, Vista, atau XP ke Windows 8 adalah USD39,99. Jika Anda meng-upgrade laptop, Anda harus mencatat password Wi-Fi Anda. Windows 8 akan tetap mempertahankan settings Anda, file personal, dan program jika Anda upgrade dari Windows 7. Sementara jika upgrade dari Windows Vista dan XP, Anda akan perlu meng-install ulang program-program yang Anda inginkan seperti disebutkan di atas.

Anda bisa mendapatkan Windows 8 secara online dengan mengunjungi situs Microsoft. Jika ingin membeli langsung di Indonesia, Anda juga bisa mengunjungi retail resmi. Dikutip dari KompasTekno, President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, Sudah ada 500 retail melalui ribuan tokonya yang sudah memasarkan sistem operasi ini.

Windows 8 Pro dalam bentuk DVD sudah hadir di seluruh Indonesia dan dapat dibeli dengan harga 69,99 dollar AS (sekitar Rp 650.000). Harga ini untuk yang akan melakukan upgrade dari Windows lama (Windows XP, Vista, dan Windows 7).

Untuk upgrade dengan cara online, konsumen yang saat ini menjalankan PC dengan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7, berhak untuk mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 39,99 dollar AS. Penawaran ini berlaku sampai dengan akhir Januari 2013,

Sedangkan, konsumen pengguna yang perangkat dengan Windows 7-nya dibeli antara 2 Juni 2012 dan 31 Januari 2013 bisa mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 14,99 dollar AS melalui www.windowsupgradeoffer.com.

MSI G-Series, Laptop Gaming dengan Windows 8

Posted:

 


CHIP.co.id - Gembar-gembor peluncuran sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 8, seperti disambut hangat banyak vendor IT di dunia. 

Salah satu vendor IT yang menyambut baik keseriusan sistem operasi yang bersahabat dengan jari ini adalah MSI. Vendor yang identik dengan teknologi untuk para gamer ini mencoba menghadirkan produk terbarunya, MSI G-Series yang telah dilengkapi dengan Windows 8.

MSI menghadirkan empat pilihan dengan dua ukuran, yakni 17.3 inci dan 15.6 inci.

Untuk informasi lebih lanjutnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi MSI di sini.

 

Nonton Drama Korea Gratis via Youtube

Posted:

 


CHIP.co.id - Jika Anda adalah pecinta Korea Sejati (Hallyu Wave), pasti senang mendengar berita ini. Youtube baru saja menambahkan fitur andalannya, yakni menonton drama Korea terbaru, dan terpopuler dengan subtext translate secara gratis.

Channel Viki K-Drama yang memberikan fitur subtext translate ini membantu para Hallyu Wave agar semakin nyaman menonton drama Korea favorit mereka.

Anda kini sudah dapat menonton drama Korea populer, seperti; Boys Before Flowers atau Full House 2. Karena subtext translate yang ada di drama Korea ini telah dilengkapi dengan bahasa Inggris, China, Spanyol, Thailand, dan Arab.

 

Windows 8 Telah Hadir di Singapura

Posted:

 

CHIP.co.id - Microsoft serentak meluncurkan sistem operasi terbaru mereka, Windows 8 pada tanggal 26 Oktober 2012 di beberapa negara, termasuk Singapura.

Singapura mencicipi fitur teranyar Windows 8 terbaru lebih dahulu setelah Micorosoft memperkenalkannya di Loola's by Awfully Chocolate.

Selain memperkenalkan berbagai perangkat yang mendukung kemampuan Windows 8, pada hari itu Microsoft juga menghadirkan sistem aplikasi resmi ini di Windows Store, Singapura.

Setelah acara perkenalan, Microsoft menggelar penjualan pertama mereka kepada konsumen IT Singapura, tepat pada jam 12.01 malam tanggal 26 Oktober 2012. Penjualan pertama ini dilakukan di Funan DigitaLife Mall.

Ketersediaan dan harga Windows 8 Pro yang disarankan adalah US$49.99, atau Anda dapat mendownload langsung di www.windowsupgradeoffer.com seharga US$17.99. Untuk harga lisensi lengkan Windows 8, Microsoft menjualnya seharga US$89.00.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar