Senin, 08 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


1CAK.com, Situs Humor Ala Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - Anda tahu situs 9GAG.com, bukan? Nah, 1cak.com terinspirasi dari situs yang diperkenalkan pada tahun 2008 silam ini. Meskipun terinspirasi, tetapi sang admin mengklaim bahwa 1CAK lebih menampilkan berbagai konten lokal.

Dahulu, situs ini bernama 1CUK.com. Namun, mulai 30 September silam berubah nama menjadi 1CAK. Diambil dari situs tersebut, alasan perubahan tersebut karena 1cak dapat diartikan menjadi berbagai hal, misalnya koCAK.

Untuk bergabung di 1CAK, Anda cukup menggunakan akun Facebook. Caranya pun mudah, Anda tinggal klik "Login with Facebook" yang terletak di pojok kanan atas situs tersebut. Anda juga dapat menggunakan berbagai keyboard shortcut layaknya 9GAG. Namun, saat ini baru terdapat 3 keyboard shortcut di 1CAK, yaitu J untuk menampilkan 1CAK di bawahnya, K untuk menampilkan 1CAK yang berada di atasnya (bila sudah ter-scroll ke bawah, tetapi Anda ingin melihatnya lagi), dan L untuk mem-vote 1CAK terfavorit Anda.

Memang, tampilan 1CAK hampir mirip dengan 9GAG. Namun, sesuai dengan teori marketing ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), hal ini lumrah, dan sering ditemukan di mana-mana. Terpenting ialah bagaimana konten yang ditampilkan tidak sama persis dengan 9GAG, dan lebih banyak menggunakan berbagai konten lokal. 1CAK juga menampilkan meme hasil kreatifitas sendiri. Penasaran dengan 1CAK yang menggunakan meme lokal? Lihat gambar di bawah.

Separuh Lebih Komponen iPhone 5 Berasal dari Jepang

Posted:

(ilabfactory)

CHIP.co.id - Lebih dari separuh komponen iPhone 5 ternyata buatan pabrikan Jepang. Minatake Kashio dari Formalhaut Techno Solutions, ahli membongkar dan menganalisis perangkat elektronik, menyampaikan hal tersebut setelah membeli iPhone 5 di SoftBank Mobile Co, dan memriksa kurang lebih 1.000 komponen di dalamnya.

Minatake mengatakan, iPhone 5 memiliki komponen 5 persen lebih banyak dibanding iPhone 4S. Dari seluruh komponen tersebut, Murata Manufacturing Co. menyumbang jumlah terbanyak, termasuk lebih dari 400 kapasitor. Murata sendiri merupakan raksasa pembuat kapasitor dengan pangsa pasar global lebih dari 30 persen.

iPhone 5 juga ternyata memiliki kumparan listrik dan transistor terkecil di dunia, yang dibuat khusus oleh TDK Corp. dan Rohm Co. Adapaun Qualcomm, asal Amerika Serikat dan Samsung memasok prosesor, termasuk central processing unit. Perusahaan Jepang Displau Inc juga memasok layar, selain Sharp dan LG dari Korea Selatan. Sementara sensor kamera dan baterai dibuat Sny Corp, memori dari Toshiba dan Elpida Memory.

Solusi Security untuk UKM dari Kasperksy Lab

Posted:


CHIP.co.id - Seiring dengan semakin meningkatnya ancaman cyber dan beralihnya tujuan serta skema serangan cyber ke arah finansial, apa yang bisa dilakukan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang kurang memiliki keahlian dalam hal keamanan IT in-house, untuk mengurangi risiko mereka sekaligus meningkatkan produktivitas?

Untuk menjawab tantangan tersebut, Kaspersky Lab mengumumkan peluncuran versi kedua dari Kaspersky Small Office Security (KSOS 2). Solusi update ini begitu mudah untuk dikonfigurasi hingga bisa diset-up dan dikelola dari satu PC saja tanpa harus melalui training dan memberikan keamanan optimal bagi infrastruktur komputer dan data usaha kecil, dengan dampak minimal terhadap sumber daya sistem dan harga terjangkau bahkan untuk perusahaan dengan anggaran IT yang minim.

Berdasarkan riset oleh B2B International, yang bekerjasama dengan Kaspersky Lab, 41%  perusahaan yang disurvei secara global tidak siap menghadapi ancaman cyber dan 31% pegawai IT mereka tidak benar-benar mengetahui Trojan yang ada saat ini. Survei ini menjadi pembuka mata bagi UKM di Indonesia karena 99,98% perusahaan di Indonesia merupakan UKM dan di tahun 2011, UKM memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap GDP Indonesia dan menyerap 97,3% tenaga kerja.

“UKM telah lama hanya mendapatkan produk keamanan yang merupakan penurunan dari versi produk untuk level perusahaan besar yang, meskipun memberikan perlindungan yang mumpuni, seringkali membutuhkan staf IT yang terlatih untuk mengelola jaringan atau produk tersebut. Kaspersky Small Office Security 2 dibuat secara khusus untuk UKM dan menawarkan perlindungan komprehensif sert fitur-fitur advances yang bisa dikelola dari satu PC, bahkan saking mudahnya, solusi ini bisa dijalankan oleh orang yang tidak berpengalaman. Solusi KSOS 2 ditawarkan dengan harga yang bisa dijangkau oleh perusahaan yang sangat kecil sekalipun dan oleh karena itu bisa digunakan oleh mereka,” ujar Jimmy Fong, SEA Channel Sales Director Kaspersky Lab.

“Ketika UKM berinovasi, melindungi data hak milik mereka dan menjaga agar kekayaan intelektual mereka tidak dicuri atau bocor menjadi begitu penting, sama pentingnya dengan menjaga agar jaringan mereka terlindungi dari serangan malware eksternal. Menjaga agar data terbackup dan aman menjadi sangatlah penting. Bila staf IT yang ada mengalami kecelakaan atau meninggal, maka UKM dan perusahaan kecil sangat jelas membutuhkan solusi yang mudah dikelola tanpa harus menjalani pelatihan, yang komprehensif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta bisa menyelesaikan tugas yang ada. Inilah mengapa KSOS 2 merupakan pilihan yang paling tepat bagi UKM,” jelas Fong.

Kaspersky Small Office Security 2 memberikan antivirus dan keamanan Internet yang menambah perlindungan server, back-up, enkripsi, kebijakan penggunaan Internet dan manajemen password bagi keamanan UKM. Produk ini melindungi server dan komputer yang beroperasi dengan OS Windows, yang merupakan OS pilihan bagi banyak UKM.

Fong menambahkan, UKM juga harus siap menghadapi kebocoran dan kehilangan informasi yang berasal dari dalam. KSOS 2 mencakup sistem enkripsi yang efektif: seluruh informasi rahasia perusahaan bisa dienkripsi menggunakan algoritma yang rumit demi memberikan keandalan perlindungan data yang bisa ditransfer secara aman menggunakan USB atau email dan bisa dibuka jika passwordnya benar. Kaspersky Small Office Security 2 juga memiliki Password Manager untuk menjaga agar identitas digital pengguna tetap aman, sementara fitur pengecekan (tune-up) mengoptimalkan kinerja sistem.

“Dengan Kaspersky Small Office Security 2, seluruh jaringan UKM bisa dikelola dari sebuah PC berjaringan. Menggunakan konsol administrasi, status keamanan komputer perusahaan bisa dicek, masalah yang ada bisa diselesaikan dari jauh, jaringan Wi-Fi bisa dimonitor dan rekomendasi bisa diterima untuk memperbaiki kerentanan. Selain itu, manajemen lisensi produk, pekerjaan backup dan scanning malware pada satu komputer atau lebih bisa dilakukan tanpa pengguna harus pindah dari meja mereka, karena bisa dilakukan menggunakan wizards. Ini yang kami maksud dengan mudah digunakan, tanpa harus menjalani pelatihan,” jelas Fong.

Cegah Pemborosan Waktu di Jejaring Sosial

Smith School of Business and Network Solutions, University of Maryland, melakukan survei pada tahun 2010 yang mengungkapkan bahwa karyawan perusahaan kecil (UKM) menghabiskan 24% dari waktu kerja mereka untuk membuka situs jejaring sosial. Untuk mencegah hal itu, KSOS 2 juga punya fitur Web Policy Management. Dengan fitur ini, pengusaha bisa membuat pekerja lebih produktif dengan membuat kebijakan Internet, komputer dan surat menyurat yang membantu pekerja agar lebih fokus saat bekerja dan tidak teralihkan oleh sosial media. Hal ini juga penting untuk mencegah kebocoran data rahasia.

“Kami mengembangkan produk ini khusus untuk menjawab kebutuhan perusahaan kecil, yang sebagian di antaranya tidak memiliki staf khusus IT,” ujar Fong.

“Kaspersky Small Office Security 2 menjamin perlindungan menyeluruh, dengan sumber daya sistem yang kecil dan hanya membutuhkan waktu manajemen sistem yang minimal. Solusi terupdate ini memberikan perlindungan dengan harga terjangkau tanpa harus menjadi ahli IT.”

Apple Siapkan 10 Juta iPad Mini

Posted:

(9to5mac)

CHIP.co.id - Apple dikabarkan telah meminta pemasok komponen di Asia, termasuk Taiwan, untuk membuat lebih dari 10 juta unit tablet iPad Mini pada kuartal keempat tahun ini. Jumlah tersebut dua kali lebih besar dibanding permintaan Amazon untuk membuat Kindle Fire pada kuartal yang sama.

The Wall Street Journal melaporkan, Apple yakin permintaan terhadap iPad Mini akan tinggi, meski menghadapi persaingan sengit di pasar. iPad Mini diperkirakan akan berukuran sekitar 7,85 inci, dan akan diluncurkan bulan depan.

Vice President Nokia Mundur

Posted:

(mynokiablog)

CHIP.co.id - Ilari Nurmi, salah satu pimpinan puncak Nokia mengundrukan diri, setelah peluncuran Lumia 920 dan Lumia 820 bulan lalu yang gagal memuaskan para investor. Ilari, yang dulu menjabat vice president of product marketing dan bertanggung jawab terhadap strategi smartphone Nokia, mengkonfirmasi pengunduran dirinya kepada Reuters, Jumat pekan lalu .

Tak lama sesudah itu, Ilari juga menyampaikannya secara resmi melalui akun Twitternya. Sampai kini belum jelas alasan Ilari mengundurkan diri setelah bergabung dengan Nokia selama 15 tahun.

Yang jelas, kinerja Nokia dalam beberapa tahun terakhir terus menurun. Peluncuran Lumia 920 dan Lumia 820 yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 pada 26 September lalu mengecewakan investor karena minimnya informasi yang disampaikan, termasuk harga perangkat tersebut. Situs The Verge juga sempat membongkar skandal iklan palsu mengenai kemampuan kamera PureView yang dibenamkan di Lumia 920, hingga memaksa Nokia meminta maaf kepada publik.

Di sisi lain, penjualan Windows Phone Nokia di Amerika Utara juga tak bisa dikatakan memuaskan. Pada bulan Juli lalu, Nokia hanya mengirimkan (belum tentu terjual) 600.000 perangkat ke Amerika Utara. Pengunduran diri Ilari mengingatkan kita pada jajaran eksekutif Zynga yang juga bedol desa setelah kinera perusahaan itu terus meredup. Akankah Nokia, yang dulu pernah mendominasi pasar handphone di seluruh dunia, akan tinggal nama?

Mari Berbagi Pengalaman Memasak di DapurMasak.com

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - DapurMasak.com telah berasil menjuarai gelaran startup competition di Sparxup Award 2012. Namun, apa sih sebenarnya DapurMasak.com itu?

DapurMasak.com merupakan sebuah jejaring sosial di bidang masak-memasak. Sang co-founder, Soegianto, terinspirasi dari situs CookPad dari Jepang. CookPad ini merupakan situs yang bertujuan agar generasi muda di Jepang untuk kembali memasak sendiri makanannya, menggunakan bahan-bahan dari petani di Jepang. Persis dengan CookPad, DapurMasak.com juga memiliki keinginan mulia yaitu mengajak kita, kaum muda Indonesia, untuk kembali memasak di dapur.

"Selama ini seperti sudah ada pandangan kalau memasak itu sulit, repot, dan sebagainya. Dengan DapurMasak.com, kita mau mengajak generasi muda baik pria dan wanita, bahwa masak itu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan," ujar Soegianto.

DapurMasak.com memang dirancang sedemikian rupa, untuk membuat kegiatan memasak menjadi menyenangkan. Dengan tampilan yang Anda dapat menampilkan langkah-langkah saat memasak dengan tampilan layaknya Pinterest dan Instagram. Sang co-founder juga berceletuk bahwa Dia ingin mengubah kebiasaan orang yang meng-Instagram-kan makanan sebelum dimakan, menjadi memotret langkah-langkah saat memasak.

Di DapurMasak.com juga terdapat berbagai fitur yang dapat menambah keseruan Anda memasak. Terdapat fitur CookBadges, CookPoints, dan fitur edit foto. Untuk CookBadges dan CookPoints, Anda dapat mengumpulkannya, dan (nantinya) akan mendapat berbagai hadiah yang disediakan DapurMasak.com. Dengan fitur edit foto, Anda dapat memperbaiki kualitas foto Anda, dan dapat menambahkan berbagai filter untuk mempercantik penampilannya.

Tertarik untuk gabung di DapurMasak.com? Caranya juga mudah. Cukup daftar dengan akun Facebook Anda, dan bisa juga dengan cara konvensional (sign up dengan email , dan sebagainya). Untuk info, DapurMasak.com sebelumnya telah menjadi juara di Inaicta 2012.

Tablet Windows 8, Sukses atau Mati?

Posted:


CHIP.co.id - Seorang teman yang bekerja sebagai jurnalis di salah satu televisi swasta nasional, beberapa waktu lalu meminta rekomendasi saat hendak membeli tablet. Kriteria tablet yang dia sampaikan cukup sederhana, yakni ada docking keyboardnya.

Sebagai seorang pekerja televisi dengan mobilitas tinggi, hingga kadang-kadang ke pelosok negeri, saya tahu betul teman itu membutuhkan perangkat ringkas, tapi juga bertenaga. Dia membutuhkan tablet yang memungkinkannya menulis naskah dengan leluasa, dan yang tak kalah penting mengedit dan mengupload video dengan software kelas premium.

Singkat kata, saya merekomendasikan agar teman itu membeli tablet dengan sistem operasi Windows 8. Namun tentu saja dia harus bersabar hingga tablet tersebut; baik Surface dari microsoft maupun tablet lain dari Asus, Lenovo, HP, Toshiba dan lain-lain resmi diluncurkan ke pasar 26 Oktober nanti.

Alasan saya sederhana saja, dengan kemampuan yang diinginkannya, teman saya itu paling cocok menggunakan tablet Windows 8, yang sejauh ini diketahui memiliki spesifikasi layaknya PC premium. Tak salah jika CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut tablet Windows 8 atau Windows RT adalah PC. Tengok saja Asus Iconia W700. Memiliki layar IPS 11,6 inci lengkap dengan resolusi 1920 x 1080 HD, Iconia W700 juga dilengkapi chip prosesor Intel Ivy Bridge i3 atau i5, dan storage 64GB atau 128GB.

(Iconia W700/Zdnet)

Selain itu, tablet yang dibanderol USD799,99 itu juga mimiliki kamera belakang 5 megapixel dan kemampuan merekam video 1080p, dan micro HDMI.

Bagi mereka yang ingin benar-benar menggunakan tablet lebih banyak sebagai perangkat bekerja daripada main game, tablet Windows 8 memang pilihan tepat ketimbang seluruh tablet di pasaran saat ini, baik iPad maupun Android. Satu-satunya pertimbangan sebelum memilih Windows 8, bagi teman saya itu, dan barangkali juga banyak orang, adalah harganya yang tergolong tinggi. Sejauh ini, rata-rata tablet Windows 8 dibanderol setara dengan harga ultrabook, sekitar USD800.

Lenovo ThinkPad Tablet 2, yang juga diluncurkan 26 Oktober nanti misalnya dipatok seharga USD799. ThinkPad Tablet 2 memiliki layar IPS 10,1 inci dengan resolusi 1.366x768 dan versi lengkap Office 2013 serta prosesor Intel Atom Clover Trail 1,8 GHz,

Harga itu sudah termasuk keyboard. Adapun tablet Microsoft Surface kabarnya akan dilego USD799 dan USD129 untuk cover yang sekaligus berfungsi sebagai keyboard. Nah, harga tambahan keyboard ini memang salah satu isu lainnya yang banyak disinggung oleh mereka yang skeptis terhadap masa depan tablet Windows 8.

Dengan bocoran harga yang ada saat ini, kolumnis Zdnet Steven J. Vaughan-Nichols, secara berlebihan menyebut tablet Windows 8 sudah mati. "Asus, vendor komputer level menengah, ingin USD599 untuk tablet Windows RT dengan prosesor Nvidia Tegra ARM? atau tablet Windows 8 dengan prosesor Atom seharga USD799? Oh, dan jika Anda ingin keyboard, Anda akan dikenai harga tambahan USD199?"tanyanya.

Sebagai perbandingan, dia mencontohkan Google Nexus 7, yang dianggapnya tablet terbaik yang pernah ditemukannya, hanya seharga USD250. iPad 3 dengan kemampuan super maksium hanya dijual USD829.

Kata Steven, "kalau tablet dilengkapi keyboard bukankan itu namanya laptop? tablet dengan prosesor Intel Atom, bukannya itu disebut netbook?"

Lagipula, katanya, orang enggak perlu membeli tablet Windows jika hanya ingin menjalankan aplikasi Windows, cukup tablet Android atau iPad. Ada juga pilihan lain seperti office, misalnya Google Docs yang bisa dibuka di perangkat apa pun.

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda setuju dengan pandangan Steven atau punya pendapat lain?  atau bagaimana pengalaman Anda menggunakan versi percobaan Windows 8 ?

Samsung Galaxy S III, Smartphone Terbaik 2012

Posted:


CHIP.co.id - Samsung Galaxy S III dinobatkan oleh Mobile Choice Consumer Awards 2012 di London sebagai smartphone terbaik tahun 2012, mengalahkan musuh bebuyutannya, iPhone 4S dari Apple. Hal ini sejalan dengan penjualannya di pasar yang mencapai 20 juta unit hanya dalam waktu seratus hari.

Berdasarkan data yang dirilis Technobloom, Sabtu (7/10), Galaxy S III dipilih oleh 44 persen dari 26.500 responden. iPhone 5 tidak diikutkan dalam survei karena baru diluncurkan dua pekan lalu. Sedangkan iPhone 4S yang diluncurkan dalam waktu yang tidak jauh beda dengan Galaxy S III berada di tempat kedua.

Di posisi ketiga terdapat HTC One X, dan menyusul kemudian Lumia 800, serta Sony Xperia S di posis kelima.

Satu Lagi Keluhan Pengguna iPhone 5

Posted:

(mashable)

CHIP.co.id - Satu lagi kelemahan iPhone 5 mencuat setelah resmi dijual secara global  dua pekan lalu, yakni kamera. Berdasarkan laporan beberapa pengguna, kamera iPhone 5 tidak terlalu bagus ketika digunakan memotret objek dengan cahaya matahari sangat terang karena di foto yang dihasilkan terdapat garis cahaya ungu.

Sejak ramai diberitakan media, Apple akhirnya memberikan penjelasan bahwa hal tersebut normal terjadi pada tiap kamera iPhone.

"Sebagian besar kamera kecil, termasuk kamera yang terdapat di tiap generasi iPhone, mungkin memperlihatkan beberapa bentuk kilatan di tepi bingkai ketika mengambil gambar dengan sumber cahaya yang berada di luar objek. Hal ini bisa terjadi ketika sumber cahaya diposisikan pada sudut (biasanya di luar bidang pandang) sehingga menyebabkan refleksi dari permukaan di dalam modul kamera dan ke sensor kamera," demikian penjelasan Apple.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Apple menganjurkan agar pengguna mengubah sedikit posisi kamera ketika akan mengambil gambar dengan kondisi cahaya sangat terang masuk ke dalam lensa, atau melindungi lensa dengan tangan seperti ketika kita melihat layar smartphone di bawah terik matahari

Sebelum persoalan ini, Apple juga dihadapkan pada persoalan serius tentang aplikasi peta iPhone 5 yang sangat kacau, sehingga CEO Apple Tim Cook harus meminta maaf secara terbuka. Bagaimana dengan Anda yang sudah memiliki iPhone 5, apakah ada keluhan?

Kelas Hijau ESIA di Kampung Naga

Posted:

Kampung Naga, Tasikmalaya - CHIP.co.id - PT. Bakrie Telecom, Tbk, mewujudkan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui kampanye Kelas Hijau Esia bertajuk INDONESIA MEMBACA di Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu 6 Oktober 2012.

Dilaksanakan kegiatan menggambar dan mewarnai untuk anak-anak, sekaligus penyerahan dukungan dan sumbangan buku-buku (Sembako Buku) untuk pembentukan Taman Bacaan Masyarakat di Kampung Naga. Ini merupakan salah satu wilayah dalam rangkaian INDONESIA MEMBACA, tahap pertama di 7 (tujuh) kota di Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar