Minggu, 21 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Mirip Twitter, Pheed Pilihan Menarik untuk Penjual Konten

Posted:


CHIP.co.id - Tampilan Pheed, yang baru berumur beberapa hari, sangat mirip dengan Twitter. Fitur-fitur seperti Timeline, Trending, termasuk penggunaan tanda pagar, juga ditemui ditemui di jejaring sosial ini. Bedanya, di bagian Timeline Pheed, kita bisa memilih konten bermutu yang kita cari, dari teks, audio, foto, video, dan broadcast. Jika Twitter membatasi teks hanya 140 karakter, Pheed membatasi hingga 420 karakter.

Saat membagikan foto, Pheed juga menyediakan opsi copyright atas foto-foto tersebut. Jika opsi tersebut dipilih, setiap foto yang diunggah akan dilengkapi watermark nama pengguna.

Seperti disebutkan sebelumnya, Pheed memungkinkan penggunanya mengenakan biaya terhadap konten yang mereka bagikan. Tarifnya pun beragam mulai dari USD1,99 sampai USD34,99 per klik, atau USD1,99 sampai USD34,99 per bulan. Menariknya, pengguna akun bisa memilih tarif sesuka mereka, dan konten sepenuhnya menjadi milik mereka.

Sementara Pheed mengambil keuntungan dengan cara mengambil separuh dari pendapatan pengguna, yang meliputi biaya bandwidth dan storage, proses pembayaran, dan tentu saja keuntungan Pheed.

Menurut saya, selain bermanfaat untuk artis, Pheed juga bisa dimanfaatkan media baru dengan membagikan konten bermutu secara premium. Dengan demikian, hambatan-hambatan distribusi hingga daerah terpencil bisa diatasi dengan lebih mudah. Namun, sejauh ini agaknya yang paling memadai adalah dalam bentuk foto, audio atau video karena ruang untuk teks masih sangat terbatas. Tantangan lainnya adalah sistem pembayaran yang hanya tersedia dalam bentuk kartu kredit dan paypal.

(Salah satu video review CHIP. Pheed memungkinkan Anda mengunggah langsung file video atau dari link eksternal seperti YouTube)

Keunggulan Pheed tentu saja pada tampilannya sebagai jejaring sosial, yang jauh dari kesan kaku dan serius, serta memungkinkan media menjual foto, audio, video satu per satu atau secara keseluruhan. Demikian juga dengan fotografer profesional. Tak mengherankan sejumlah pekerja di bidang kreatif, termasuk artis Hollywood sudah ramai membuka akun Pheed premium. Misalnya Miley Cyrus, Ashley Tisdale, David Guetta, Paris Hilton, Chris Brown, dan Slash. Meski saat dibuka, beberapa dari mereka belum mengeluarkan konten sama sekali, seperti di bawah ini.

Bagi Anda yang sekadar iseng mendaftar agaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal. Saat mendaftar dengan akun Facebook, ada pemberitahuan bahwa Pheed bisa membaca daftar kontak di e-mail dan mengirim surat atas nama pengguna. Bisa jadi, seluruh teman-teman yang pernah Anda hubungi melalui e-mail, atau teman Anda di Facebook, Twitter, akan mendapat ajakan menggunakan Pheed. Hal ini misalnya, juga terjadi pada LinkedIn yang sangat menjengkelkan itu.

Sesudah mendaftar, Pheed secara otomatis memasukkan pengguna ke dalam kategori tertentu yang masih bisa disesuaikan dengan selera Anda. Tertarik mengetahui lebih lanjut? Langsung saja kunjungi di sini dan sampaikan komentar Anda.

Pheed, Alternatif Twitter yang Mencuri Perhatian Artis Hollywood

Posted:


CHIP.co.id - Anda jenuh dengan Facebook atau Twitter? atau gemar mengutak-atik sesuatu yang baru? Jika ya, Anda layak mencoba Pheed. Didirikan oleh perusahaan rintisan digital atau startup, Pheed adalah jejaring sosial yang baru berumur beberapa hari. Meski demikian, Pheed langsung merebut perhatian 350.000 pengguna, termasuk sejumlah selebritas Holywood, seperti Miley Cyrus, Ashley Tisdale, David Guetta, Paris Hilton, dan Chris Brown. Apa pasal?

Berbeda dengan Facebook dan Twitter, Pheed memungkinkan penggunanya mengenakan biaya terhadap konten yang mereka bagikan. Konten itu termasuk teks, foto, audio, video, dan siaran langsung. Pheeders, sebutan untuk pengguna Pheed bisa memilih opsi apakah konten mereka dibagikan secara gratis atau berbayar, baik melalui iuran bulanan atau per konten.

Tarifnya pun beragam mulai dari USD1,99 sampai USD34,99 per klik, atau USD1,99 sampai USD34,99 per bulan. Menariknya, pengguna akun bisa memilih tarif sesuka mereka, dan konten sepenuhnya menjadi milik mereka. Sementara Pheed mengambil keuntungan dengan cara mengambil separuh dari pendapatan pengguna, yang meliputi biaya bandwidth dan storage, proses pembayaran, dan tentu saja keuntungan Pheed.

Dengan sistem seperti ini, Pheeders lebih fokus memproduksi konten bermutu, ketimbang meraup sebanyak-banyaknya follower seperti di Twitter. CEO Pheed, O.D.Kobo menganggap bahwa sudah saatnya memperkenalkan konten online yang bermutu dengan memberi kekuasaan dan platform secara langsung kepada penyedia konten. Dia yakin jika ada pilihan untuk menguangkan, pengguna akan termotivasi membuat konten berkualitas. Apakah konser dari ruang tamu atau studio seseorang, stand-up comedy dari dapur, wawancara pada pay-per-view, atau pertandingan tinju. Apa yang dilakukan dan bisa diperoleh pengguna nyaris tak terbatas.

Apa yang membuat selebritas tertarik?
Mari kita lihat apa yang dilakukan Miley Cyrus. Dia baru-baru ini meluncurkan hasil rekaman suaranya di Pheed. Hasilnya, hanya dalam beberapa saat, konten tersebut menarik 10.000 pengunjung. Untuk artis di Indonesia, pertanyaannya memang agak klasik, berapa orangkah dari 5 juta lebih follower Agnes Monica atau 4 juta lebih follower Sherina Munaf mau membayar untuk melihat konten istimewa dari artis pujaannya?

Waktulah yang akan menjawab. Beberapa analis menyampaikan optimisme Pheed mungkin sukses jika tetap fokus pada keunikan mereka.

Berdasarkan penelusuran CHIP, cara registrasi ke Pheed sangat sederhana karena pengguna bisa log in dengan akun Facebook.

Internet Indonesia Terlelet Se-Asia Pasifik

Posted:


CHIP.co.id - Baru-baru ini Akamai merilis laporan mengenai kecepatan internet di beberapa negara Asia Pasifik. Hasilnya? Indonesia masih masuk negara terburuk se-Asia Pasifik. Oleh sebab itu, Anda tak usah tergiur modem yang menawarkan kecepatan selangit karena tak akan banyak gunanya.

Berdasarkan laporan tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-127 dengan kecepatan rata-rata 0.8 Mbps pada Q2 2012 ini. Masih menurut laporan yang dikeluarkan Kamis lalu (18/10) ini, peringkat pertama diduduki oleh Korea Selatan. Negeri pengekspor K-Pop ini masih yang tercepat dengan kecepatan 14.2 Mbps, disusul Jepang di peringkat kedua dengan kecepatan 10.7 Mbps.

Bahkan, di Asia Tenggara pun kita masih kalah dari Thailand, Malaysia, Vietnam, bahkan Filipina. Negara-negara tersebut masih mengungguli Indonesia dengan kecepatan (secara berurut) 3.1, 2.2, 1.6, dan 1.2 Mbps.

Patut dilihat langkah apa yang akan diambil pemerintah untuk mengejar ketertinggalan ini. Semoga Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring tak hanya pintar membikin pantun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cross Mobilephones Luncurkan Smartphone Android 800 Ribuan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Cross Mobilephone resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya, A8T. A8T diluncurkan di Negev Cafe, Jakarta, jumat lalu (19/10).

“Hari ini secara resmi kami memperkenalkan CROSS A8T yang memiliki desain full bar,  layar 3.5 inchi,” ungkap Janto Djojo, Direktur Marketing CROSS Mobilephone.

Janto menambahkan untuk kenyamanan dan eksklusivitas, pada bagian  back cover CROSS A8T di desain sedemikian rupa dengan tekstur bergerigi sehingga tidak licin saat digenggam. Bahan casing belakang terbuat dari material plastik yang dikelilingi list stainless steel. 

Kemudian pada bagian atas terdapat  microUSB port untuk kabel data dan charging. Bagian bawah terdapat audio jack 3.5mm. Sedangkan sisi kiri terdapat  on/off sekaligus lockscreen dan tombol volume. Adapun TV analog terdapat pada bagian pojok kiri bawah yang mampu menampung sekitar 35 channel.

Dengan mengusung OS Android,  CROSS A8T  memberikan kenyamanan untuk para penggemar mobile game.  Terdapat banyak  aplikasi game seperti Angry Monkey, Angry Birds,  Turbo Fly 3 dll. Keunggulan lainnya adalah  keberadaan FM Transmitter.  Cara kerjanya seperti  profil A2DP pada Bluetooth.  CROSS A8T  juga didukung dengan fasilitas  WiFi Tethering dan portable hotspot dan  dapat dijadikan  sebagai modem. Namun, terlebih dahulu  harus menginstal aplikasi dari CD driver.

Pada bagian kamera terdapat  kamera 3 megapixel, dilengkapi fasilitas Picture Size, Timer, Quality, White Balance, Scene Mode, Face Detection, dan berbagai Effect seperti Grey scale dan sepia. Cross A8T akan dibanderol seharga Rp899.000.

Spesifikasi:

  • Dimensi 115x60.5 x 12 mm
  • Berat : 117 gram
  • Sistem Operasi : Android 2.3.6
  • Prosesor : ARMv6
  • Memori : Internal 164 MB, RAM 200 MB
  • Eksternal : micro SD
  • Layar : 3.5 inchi
  • Kamera : 3 Mp
  • Fitur : TV, Musik, Game, internet
  • Baterai : Lithium Ion 1500 mAh.

Yahoo Angkat Kaki dari Korea Selatan

Posted:

(CEO Yahoo Marissa Mayer)

CHIP.co.id - Yahoo memilih angkat kaki dari Korea Selatan, sebagai bagian dari upaya mereka untuk kembali menjadi raksasa internet di seluruh dunia. Yahoo mengumukan hal tersebut, Jumat (19/10) kemarin, mengatakan bahwa mereka akan menutup operasional di Korea Selatan pada akhir tahun ini.

Sayangnya, perusahaan pimpinan Marissa Mayer itu tidak menjelaskan secara rinci alasan kepergian mereka, namun hanya mengindikasikan bahwa langkah ini merupakan respons terhadap "upaya untuk merampingkan operasional dan memfokuskan sumber daya kami untuk membangun bisnis global yang lebih kuat yakni menyusun pertumbuhan jangka panjang dan kesuksesan."

Yahoo sudah beroperasi di Korea Selatan sejak 1997. Tim Yahoo, yang memiliki sekitar 200 karyawan, menyediakan konten editorial dan menangani usaha periklanan perusahaan di negara itu. Pangsa pasar Yahoo di Korea Selatan terus menurun seiring dengan berubahnya perilaku pengguna yang mulai beralih menggunakan portal Web, seperti Naver dan Daum.

"Operasional di Korea menghadapi tantangan pertumbuhan selama beberapa tahun belakangan yang saat ini membuat skala bisnis kami sangat sulit," kata Yahoo.

Pelantikan Jokowi, Pencarian Terpopuler Pekan Ini

Posted:

(Tribunnews)

CHIP.co.id - Pencarian terpopular di Google minggu ini dari berbagai berita, baik nasional atau selebritas.  Berikut adalah 10 pencarian terpopular Google  Indonesia sepanjang minggu 12 - 18 Oktober 2012.

1) Pelantikan Jokowi
Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, mantan Wali Kota Surakarta, di selenggarakan hari Senin lalu. 


2) CPNS Kemenkumham
Animo untuk menjadi pegawai negeri sipil di Kementerian Hukum dan Hak Asasi  Manusia ternyata cukup tinggi.  Daftar yang lulus seleksi CPNS Kemenkumham dikeluarkan minggu lalu.  

3) Maddi Jane
Seorang gadis Amerika, Maddi Jane sudah mengunggah beberapa lagu cover di YouTube dan menjadi salah satu bintang di situs video sharing tersebut.  Lagu yang dinyanyikan termasuk dari Taylor Swift, Jessie J, Adele dan lainnya.

4) Big Bang
Superstar K-Pop group Bing Bang mengadakan konsernya di Jakarta minggu lalu.  Bagaimana reaksi para fans?

5) Translate Inggris Indonesia
Ternyata banyak juga mencari penerjemah untuk bahasa Inggris ke Indonesia.  Kenapa tidak gunakan translate.google.com saja?

6) KPK vs Polri
Konflik antara kepolisian Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi terus menjadi bahan pencarian bagi pengguna internet Indonesia.  Apakah kasusnya terus berlanjut?

7) Video Coboy Junior
Video Boyband Indonesia ini menjadi bahan pembicaraan minggu lalu.  Mungkin ada video baru?

8) Mila Kunis
Bintang film yang cantik ini menjadi Esquire Magazine’s Most Sexiest Women.  Tapi ternyata dia juga membintangi sebuah iklan lucu di tahun 90-an untuk Lisa Frank, peralatan sekolah untuk anak-anak muda.
 
9) Batavia Air
Batavia Air batal di beli oleh Air Asia, tapi kedua perusahaan penerbangan ini akan menjalin kerja sama dalam bentuk lain.  

10) Novel Baswedan
Masih mengenai kasus KPK vs Kepolisian, bagaimana status Novel Baswedan, penyidik KPK yang dituduh sebagai pelaku penganiayaan?  Banyak juga pengguna internet Indonesia yang ingin tahu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar