Jumat, 12 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


AMD Seri Z-60 APU untuk Windows 8

Posted:

Sunnyvale, California, CHIP.co.id - AMD mengumumkan kehadiran produk teranyarnya, AMD Seri Z-60 Accelerated Processing Unit (APU). Sistem operasi ini selain mampu menghadirkan performa Windows 8 yang sempurna.

AMD Z-60 adalah APU AMD yang memiliki daya paling rendah, menghadirkan performa yang belum pernah ada sebelumnya dengan fitur AMD Allday power untuk tablet yang dapat mencapai ketebalan hanya 10mm.  Merupakan kombinasi yang solid dari fitur, kinerja grafis yang mengesankan, dukungan untuk aplikasi dan tampilan antarmuka Microsoft Windows 8, serta kompatibilitas dengan Windows 7 dan sederetan aplikasi bawaan Windows, menjadikan AMD Z-60 APU sebagai solusi ideal untuk berbagai kebutuhan.

Tablet pertama yang menggunakan AMD Z-60 APU akan diluncurkan secara global pada  tahun ini bersamaan dengan ketersediaan Windows 8.

AMD Z-60 APU  hadir dilengkapi dengan fitur-fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman menggunakan tablet, termasuk teknologi AMD Start Now yang memungkinkan untuk booting dan siaga dari waktu sleep dengan cepat1, daya tahan baterai hingga delapan jam ketika menjelajah Web dan hingga enam jam ketika memutar video HD2. Kualitas visual yang mendekati kualitas nyata dihadirkan melalui APU yang telah dilengkapi dengan kemampuan grafis AMD Radeon yang dapat mendukung resolusi Full HD 1080p, output HDMI untuk tampilan eksternal, dan  kinerja gaming yang mengesankan melalui fitur DirectX11. 

Tablet dengan accelerated prosesor AMD  juga dapat memanfaatkan AMD App Zone sebagai one-stop resource untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi populer yang dapat memaksimalkan kemampuan komputasi dari APU.

Solusi Infrastruktur Terkonvergensi Hitachi Data System

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hitachi Data Systems Corporation, anak perusahaan Hitachi Ltd, menguraikan ragam portofolio dari solusi infrastruktur terkonvergensi yang memadukan server, jaringan, dan peranti lunak manajemen terbaik di kelasnya dalam satu paket terintegrasi untuk beban kerja mission-critical.

Lini Hitachi Unified Compute Platform (UCP) adalah solusi infrastruktur Cloud siap pakai yang  komprehensif dan teruji, bisa digelar dengan cepat dan mudah dikelola. Hitachi UCP baru ini berbeda dari solusi lain yang dibuat sesuai pesanan namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk uji coba dan biaya yang lebih mahal untuk integrasi. Sebanyak 11 penawaran solusi Hitachi UCP baru yang memberikan fleksibilitas dan pilihan bagi pelanggan, berdasarkan dua model infrastruktur terpadu:

  • Hitachi Unified Compute Platform Pro: Solusi prakonfigurasi dan terintegasi secara erat yang dibangun dari server dan storage Hitachi Data Systems kelas dunia serta komponen jaringan standar industri. Penawaran awal dari jajaran solusi ini adalah UCP Pro for VMware vSphere dengan fitur peranti lunak Hitachi Unified Compute Platform Director untuk manajemen dan orkestrasi VMware vCenter Server secara terintegrasi.
  • Hitachi Unified Compute Platform Select: Rangkaian solusi referensi tervalidasi yang dapat dikonfigurasikan dengan menggunakan storage, server, dan peranti lunak manajemen dari Hitachi, untuk aplikasi pada tier utama. Hitachi UCP Select juga menawarkan solusi terkonvergensi dengan server Cisco Unified Computing System (Cisco UCS). Hitachi UCP Select adalah solusi ideal untuk organisasi yang membutuhkan infrastruktur terkonvergensi yang fleksibel.


Seluruh solusi infrastruktur terintegrasi UCP Hitachi merupakan inovasi baru yang akan menjawab tantangan terkait kehandalan, ketersediaan, skalabilitas, dan performa yang dihadapi perusahaan TI saat menggunakan beragam solusi infrastruktur terintegrasi dari generasi pertama.

“Solusi infrastruktur terkonvergensi telah tersedia di pasaran, namun pada saat perusahaan dan penyedia layanan Cloud berusaha memenuhi kebutuhan aplikasi mission-critical, generasi pertama dari solusi terkonvergensi ini tidak mampu menjawab kebutuhan pelanggan,” ujar Ravi Chalaka, Vice President, Solutions Marketing, Hitachi Data Systems.

Dengan ragam pilihan solusi dari UCP, Hitachi Data Systems secara khusus dapat memenuhi kebutuhan para CIO terhadap solusi infrastruktur terkonvergensi. Kebutuhan ini termasuk mempercepat kinerja bisnis, meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan tingkat keekonomian TI pada saat awal dan setelah peluncuran, dan memenuhi SLA (Service Level Agreement).

Rangkaian solusi Hitachi yang terkonfigurasi tersebut, terdapat pula arsitektur acuan yang komprehensif dan tuntunan peluncurannya. Berikut adalah 9 solusi UCP Select baru:

  • Hitachi UCP Select for Citrix Xen Desktop
  • Hitachi UCP Select for Microsoft Exchange 2010
  • Hitachi UCP Select for Microsoft Private Cloud
  • Hitachi UCP Select for Microsoft SQL Server 2008
  • Hitachi UCP Select for Microsoft SQL Server 2012
  • Hitachi UCP Select for Oracle Database
  • Hitachi UCP Select for SAP HANA
  • Hitachi UCP Select for VMware View
  • Hitachi UCP Select for VMware VSphere

Hitachi UCP Pro untuk VMware vSphere Memberikan Otomasi

Pembangunan dan Pemantauan Infrastruktur Fisik yang diharapkan dari dalam piranti lunak VMware vCenter Management dapat dilakukan oleh Hitachi UCP  Pro. Solusi ini saling terintegrasi dengan produk storage kelas enterprise yang ada di industri, Hitachi Virtual Storage Platform  (VSP), dan Brocade Fibre Channel dan switch Ethernet, server Hitachi Compute Blade 500, VMware vSphere dan piranti lunak UCP Director.

Piranti lunak UCP Director memiliki kemampuan unik yang memberikan administrator gambaran rinci, pengelolaan dan pembangunan dari infrastruktur fisik dasar selain terhadap server virtual. UCP Director memungkinkan administrator untuk menggunakan interface user grafis VMware vCenter Server yang sama untuk membangun server, jaringan dan storage serta mengeliminir pekerjaan yang memakan waktu dan rentan untuk terjadi kesalahan.

"Hitachi Data Systems terus melakukan inovasi di jajaran solusi UCP,” kata Parag Patel, Vice Presiden, Global Strategic Alliances, VMware.

‘Penawaran solusi ini sangat penting bagi VMware karena terdapat 4 solusi berbeda yang membantu pelanggan kami bersama berbagai platform yang handal dan dapat diperhitungkan bagi penerapan migrasi aplikasi bisnis yang penting. UCP Pro untuk VMware vSphere dengan piranti lunak UCP Director menawarkan plaform mesin virtual yang berkinerja tinggi yang memfasilitasi pebisnis dengan daya respon yang sesuai. Hal ini dimungkinkan dengan kemampuan tinggi dari solusi tersebut dalam mengelola, provisioning, memantau dan memperbaiki masalah di seluruh infrastruktur – baik virtual maupun fisik – seluruhnya dari Server VMware vCenter. Solusi acuan UCP Select menawarkan fleksibilitas untuk komponen server, storage dan jaringan, dengan jaminan arsitektur yang telah diuji dan diaktifkan di awal yang dirancang untuk menangani pekerjaan yang sangat rumit.

BlackBerry Jam Asia 2012 Menuju Bangkok

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pendaftaran untuk BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok kini sudah dibuka. Acara yang akan berlangsung 29-30 November 2012 di Queen Sirikit National Convention Center di Bangkok, Thailand itu akan memberikan para developer akses ke para pakar RIM, tutorial secara langsung , laboratorium, dan sesi-sesi untuk membantu mereka membangun platform BlackBerry 10 yang baru. Untuk informasi lebih lanjut mengenai konferensi tersebut, silakan kunjungi http://www.blackberryjamconference.com/asia.

Dalam sesi pidato di BlackBerry Jam America di San Jose, California, Thorsten Heins, CEO Research In Motion (RIM), menunjukkan bahwa RIM menyampaikan visi dan janjinya tentang BlackBerry 10. BlackBerry Jam Asia 2012 ini adalah acara yang perlu diikuti oleh para developer dan mitra utama yang tertarik untuk memahami bagaimana mereka bisa membuat aplikasi dan konten untuk BlackBerry 10 dan siap diluncurkan pada kuartal pertama 2013.

Manfaat Developer Mengikuti BlackBerry Jam Asia 2012:

Developer, desainer, mitra usaha dan pemimpin industri yang menghadiri konferensi akan mendapatkan pengalaman secara langsung dengan perangkat aplikasi pengembangan terbaru untuk platform BlackBerry 10. Selama konferensi, lebih dari 40 sesi akan dipresentasikan oleh para pakar dari RIM dan anggota dari komunitas developer.

Beberapa manfaat utama untuk developer yang menghadiri BlackBerry Jam Asia:

  • Belajar bagaimana memanfaatkan pembedaan platform BlackBerry – integrasi yang mendalam dari OS, berbagi lewat sosial API, dan integrasi dengan aplikasi third-party lainnya untuk interaksi yang lancar antar aplikasi.
  • Bekerja sama dengan para ahli tentang pengkodean dan mencari jalan untuk port atau mengubah tanpa harus belajar bahasa baru, yang menjadi manfaat utama untuk platform ecosystem BlackBerry 10.
  • Kesempatan khusus untuk mengeksplorasi tools dan kemampuan aplikasi BlackBerry 10 yang baru. Platform BlackBerry 10 memimpin standar open source dan menawarkan fitur yang bisa dibangun ke dalam aplikasi yang mendorong keterlibatan pengguna dan loyalitas, antusiasme, dan kemampuan untuk berbagi aplikasi dan pengalaman aplikasi.
  • Memasuk API dan fitur baru melalui Sessions, labs , dan bertemu dan menyapa ahli secara langsung.

Seluruh Perangkat Windows 8 Sama; Mahal

Posted:


CHIP.co.id - Beberapa produsen dunia sudah mulai memperkenalkan perangkat terbaru yang menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8. Lenovo misalnya, mengungkap Lenovo IdeaPad Yoga 13 dan IdeaPad Yoga 11, ThinkPad Edge Twist, Lenovo ThinkPad Tablet 2, dan Lenovo IdeaTab Lynx. Sementara Sony baru saja memamerkan Sony Vaio Duo 11, T13, dan E14P, dan Samsung dengan Ativ Smart PC.

Sebagian perangkat Windows 8 disebut hybrid karena bisa berfungsi sebagai laptop dan tablet sekaligus. Kehadiran Windows 8 memang turut mengubah lanskap teknologi karena memicu munculnya perangkat hybrid yang belum pernah ada sebelumnya. Meski dibuat produsen berbeda, ada satu kesamaan seluruh perangkat Windows 8 yang rencananya akan beredar mulai Oktober mendatang, yakni harganya mahal.

Bob O'Donnell, analis International Data Corporation (IDC) mengatakan harga perangat Windows 8 terlalu mahal. Oleh karena itu, Bob masih ragu apakah tablet Windows 8 akan sukses di pasaran. "Lihatlat sejarah produk tablet yang harganya di atas iPad. Enggak bagus," katanya. Sebagai gambaran, tablet Windows 8 Lenovo dan Acer yang diperkenalkan pekan ini dibanderol mulai USD499 sampai USD1.099.

Lenovo IdeaPad Yoga 11 bahkan lebih parah lagi. Hanya mengusung Windows 8 RT, yang tak bisa menjalankan software versi Windows sebelumnya dijual USD799. Bahkan tablet hybrid Windows 8 seperti Acer Iconia W510, dihargai USD499. Jika ingin membeli keyboard tambahan untuk menunjang produktivitas harganya melonjak menjadi USD749.

Padahal, Iconia W510 hanya menggunakan prosesor Intel Atom yang biasanya digunakan Netbook. Bagaimana dengan tablet Microsoft Surface? Bob meyakini harganya mustahil di bawah iPad.

"Saya pikir harga Surface versi RT USD599 dan versi Intel USD999," katanya. "Jadi, pertanyaannya adalah, apakah USD599 dengan keyboard atau USD599 tanpa keyboard."

ECS Gelar Kompetisi Modmen Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Posted:


CHIP.co.id - Elitegroup Computer Systems (ECS) hari ini mengumumkan kerja sama dengan Thermaltake, G. Skill, dan berbagai mitra media lainnya untuk menyelenggarakan kompetisi Modmen PC Modding di seluruh dunia untuk pertama kalinya. Kompetisi ini akan diselenggarakan mulai tanggal 11 Oktober 2012 dan ECS akan mencari Modmen terbaik di tahun ini. Grand Prize yang akan didapat adalah pemenang modmen akan menjadi jutawan dengan mendapatkan hadiah tunai sebesar NTD$1,000,000(sekitar USD 33.333 atau 300 juta rupiah).

Untuk pendaftaran, para kontestan dapat mengunjungi website www.ecs.com.tw. Semua berkas permohonan harus dikirimkan sebelum tanggal 28 Februari 2013. Untuk mengikuti kompetisi ini, para kontestan harus memiliki tipe motherboard tertentu dengan pembelian yang dilakukan mulai tanggal 20 Oktober 2012 atau juga dapat menggunakan motherboard ECS  seri emas (Golden Board) yang telah dimiliki oleh para kontestan.

Tahapan Kompetisi

Terdapat dua tahap pada kompetisi ini. Tahap pertama akan berlangsung secara online. Peringkat 10 besar pemenang Modmen ini akan dipilih berdasarkan hasil voting yang diambil melalui online dan juga ditambah dengan penilaian dari tim MODDING ECS. Modder dengan suara terbanyak akan memenangkan uang sebesar USD1.000.

Lima pemenang terbaik ( Top 5) akan lolos untuk kompetisi tahap kedua dan juga akan memenangkan uang tunai serta hadiah-hadiah lainnya. Selain itu 5 pemenang tersebut akan diterbangkan ke Taiwan dengan akomodasi yang akan disiapkan oleh ECS untuk bersaing pada acara Computex 2013 yang diselenggarakan di Taiwan dan berkesempatan untuk memenangkan Grandprize untuk menjadi jutawan.

Selama kompetisi berlangsung, kelima kontestan akan menampilkan dan memperagakan mods mereka di stand ECS. Juri-juri yang telah terakreditasi serta penonton akan menilai dan menentukan pemenang terbaik. Pemenang Modmen dengan peringkat 6 sampai dengan 10 juga akan mendapatkan hadiah yang disponsori oleh Thermaltake dan G. Skill. Untuk informasi hadiah, dapat dilihat melalui keterangan di bawah ini :

Hadiah:

Tahap 1 – Kompetisi Modmen via Online

  • 5 pemenang utama akan mendapatkan :
    • Uang tunai US$1,000
    • 1 Chasing Thermaltake Armor Revo Gene
    • 1 PSU SMART 750W
    • 1 Frio Advanced cooler
    • 1 SHOCK headset (putih atau hitam)
    • 1 set G.skill TridentX(4x4GB)RAM
    • 1 SSD Phonix
  • Peringkat 6-10 akan mendapatkan :
    • 1 Chasing Thermaltake New Soprano Snow Edition
    • 1 PSU SMART 750W
    • 1 Frio Advanced cooler
    • 1 set G.skill RipjawsX (4x4GB)RAM
    • 1 SSD Phonix III
  • Modder dengan jumlah voting terbanyak akan mendapatkan uang tunai sebesar US$1,000

Tahap 2 - Kompetisi final Computex 2013

  • 5 top modders akan memenangkan perjalanan ke Taipei, Taiwan untuk mengikuti final pada Acara Computex 2013. (Biaya akomodasi telah disiapkan oleh ECS)
  • Grand prize, Pemenang terbaik akan menjadi jutawan dengan mendapatkan uang tunai sebesar NT $ 1.000.000 (sekitar USD 33.333 atau 300 juta rupiah)

42 Persen Orang Gunakan Laptop untuk Simpan Data Kerja dan Data Pribadi

Posted:


CHIP.co.id - Berdasarkan survei yang dilakukan oleh O+K Research untuk Kaspersky Lab, banyak pengguna laptop tidak menyadari perbedaan antara data pribadi dengan informasi yang berhubungan dengan pekerjaan dan sering kali menyimpan data pribadi dan data kerja dalam satu perangkat. Sebanyak 42% responden menggunakan laptop yang disediakan oleh perusahaan atau yang mereka beli sendiri untuk bekerja dan urusan pribadi.

Survei ini menunjukkan 27% pemilik Apple dan 25% pemilik laptop lain menggunakan perangkat mobile mereka untuk bekerja. Laptop pribadi yang tidak terlalu terlindungi dari ancaman cyber serta laptop perusahaan yang digunakan untuk kepentingan pribadi bisa menyebabkan kebocoran data rahasia perusahaan. Jika membahayakan, perangkat pribadi yang digunakan untuk bekerja dapat menyebabkan masalah di seluruh jaringan perusahaan.

Sebaliknya, ketika perangkat perusahaan digunakan di rumah, meskipun lebih rendah (15% untuk Apple dan 17% untuk laptop lain) tapi tidak mengurangi bahaya bagi data perusahaan. Hal yang sama berlaku untuk perangkat mobile dimana 1/3 responden menggunakan smartphone modern dan tablet baik untuk hiburan maupun untuk pekerjaan. Pengguna Blackberry memperoleh nilai tertinggi dimana 26% dari mereka yang membeli menggunakannya untuk bekerja sementara dimana 18% perangkat perusahaan juga digunakan untuk urusan pribadi. Kesimpulan utamanya adalah bahwa seluruh perangkat yang ada, baik PC desktop hingga perangkat seluler, digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi perusahaan.

Jadi, data perusahaan yang mana yang berisiko? Menurut O+K Research, 35% pemilik tablet menggunakan perangkat ini untuk menyimpan korespondensi yang berhubungan dengan pekerjaan dan 20% responden menyimpan data yang dibutuhkan untuk mengakses jaringan lokal perusahaan dari jarak jauh. Sebanyak 19% pengguna smartphone menyimpan password server email perusahaan dalam memori smartphone mereka. Bagi 14% responden, data yang mereka simpan dalam tablet termasuk login dan password untuk mengakses VPN dari jarak jauh. Tentu saja jika perangkat terinfeksi, hilang atau dicuri, informasi di atas menjadi hal yang berharga bagi para penipu atau penjahat cyber lain.

Untuk mengontrol penggunaan perangkat pribadi untuk hal yang berhubungan dengan pekerjaan sangatlah penting untuk mengimplementasikan kebijakan keamanan perusahaan terintegrasi dan menggunakan solusi perlindungan yang tepat. Kaspersky Open Space Security memberikan perlindungan bagi perangkat perusahaan, baik desktop maupun perangkat mobile, dan menawarkan administrasi kebijakan keamanan yang tersentralisasi.

Pengguna juga harus memikirkan cara untuk melindungi data pribadi dan data perusahaan. Cara termudah untuk perlindungan adalah menggunakan software Internet Security yang andal dalam memblokir objek berbahaya di Internet, email dan perangkat mobile. Kaspersky Internet Security 2013 memberikan sejumlah sistem perlindungan tambahan seperti teknologi Automatic Exploit Prevention,  yang dikembangkan untuk memblokir ancaman yang menggunakan kerentanan pada aplikasi terkenal. Sistem Safe Money mengamankan akses ke akun bank dan pembelian online. Kaspersky PURE menawarkan pendekatan yang lebih bisa diandalkan dan mudah digunakan untuk mengenkripsi data  penting.

Red Hat Lanjutkan Ekspansi di Kawasan Asia Pasifik

Posted:


CHIP.co.id - Red Hat mengumumkan enam pengangkatan sejumlah eksekutif di kawasan Asia Pasifik untuk mendukung minat pasar terhadap teknologi open source dan rencana pertumbuhan perusahaan di kawasan tersebut, Rabu lalu (11/10). Pengangkatan eksekutif tersebut meliputi General Manager India, General Manager kawasan Greater China, Director of Services for APAC dan tiga jabatan yang baru dibuat untuk mendukung peningkatan permintaan pasar terhadap teknologi open source – platform, komputasi awan, penyimpanan, virtualisasi dan middleware.

Arun Kumar, Senior Director of Business Development for Asia Pacific, telah dipromosikan menjadi General Manager Red Hat India. Kumar telah bersama Red Hat sejak 1999 dan bertugas dalam beberapa posisi kepemimpinan di kawasan AS dan Asia Pasifik. General Manager of Red Hat Greater China adalah Dr. Sen Ming Chang, seorang yang telah malang melintang di industri ini selama 25 tahun dan seorang figur yang terkenal di dunia open source China. Dr. Chang akan bertanggungjawab untuk mengembangkan strategi dan arahan bisnis dan penjualan Red Hat di China, Hong Kong, Macau dan Taiwan. Sachin Shridhar telah diangkat menjadi senior director of services dan akan mengelola tim Pre-Sales, Consulting (Global Professional Services) dan Training (Global Learning Services) Red Hat Asia Pasifik.

Tiga Business Unit Manager, yaitu Glenn West untuk Cloud Computing, Ryoichiro Tsuruno untuk Platform, dan Vishal Ghariwala untuk Middleware, merupakan sumber daya di APAC yang selaligus memegang jabatan sebagai Product Manager, Product Marketing Manager, dan Sales/Channels Operation.

Mengingat adanya permintaan terhadap tim spesialis teknologi untuk Asia Pasifik, ketiga BU Manager akan bekerjasama erat dengan manajer lokal dan regional untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus para pelanggan di Asia Pasifik.

“Kami optimis dengan peluang pertumbuhan di seluruh pasar Asia Pasifik. Red Hat telah tumbuh dengan baik di seluruh kawasan ini dan menyediakan solusi open source yang aman dan terpercaya untuk kalangan perusahaan dan pemerintahan,” ujar Dirk-Peter van Leeuwen, Vice President and General Manager, Red Hat Asia Pacific. “Dengan menawarkan komputasi awan terbuka hybrid yang unik dari Red Hat dan memperkuat tim di Asia Pasifik, kami akan terus menjadi pendorong bagi terciptanya berbagai teknologi dan inovasi yang lebih relevan.”

Google Masih Raja Mesin Pencari

Posted:

(cnet)

CHIP.co.id - Google kembali dinobatkan sebagai raja mesin pencarian di Amerika Serikat. Berdasarkan data ComScore, Google menguasai 66,7 persen pencarian sepanjang bulan September, naik 0,3 persen dibanding Agustus lalu. Menyusul kemudian Bing sebesar 15,9 persen, Yahoo 12,2 persen atau turun 0,6 persen dari bulan Agustus.

Penurunan pangsa pasar Yahoo sudah terjadi sejak tahun lalu, sehingga mereka harus merelakan posisi kedua kepada Bing, yang merupakan buatan Microsoft. Menurut ComScore, sepanjang September penduduk Amerika Serikat melakukan pencarian 16,3 miliar kali, turun dibanding Agustus lalu yang mencapai 17 miliar kali. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10,9 miliar di antaranya dicari di Google, dan 2,6 miliar di Bing.

Penghitungan pencarian ini diambil dari data komputer rumah dan kerja, bukan perangkat mobile. Riset lain dari Macquarie Group menunjukkan pencarian situs di desktop menurun untuk pertama kalinya di bulan September karena kian meningkatnya pencarian di perangkat mobile.

Usai Diperbaiki, Mozilla Rilis Kembali Firefox 16

Posted:


CHIP.co.id - Setelah sempat menarik kembali Firefox 16 karena menemukan celah keamanan, Mozilla kembali meluncurkan perambah web terbaru tersebut usai melakukan perbaikan hari ini.

Mozilla menarik Firefox 16 hanya sehari sesudah diluncurkan karena Gareth Heyes, seorang peneliti keamanan, menemukan kerentanan yang memungkinkan situs berbahaya mengidentifikasi situs mana yang telah dikunjungi pengguna.

Untungnya Mozilla belum menemukan bukti ada penjahat yang memanfaatkan lubang keamanan tersebut, meski demikian mereka sempat meminta pengguna mendowngrade kembali ke versi 15.0.1. Hari ini Firefox kembali dirilis dan sudah bisa diunduh, tepatnya versi 16.0.1. Segera update Firefox Anda!

Samsung Galaxy SIII Mini Resmi Diluncurkan

Posted:

(Samsung)

CHIP.co.id - Samsung akhirnya resmi meluncurkan Galaxy SIII Mini, versi lebih kecil dari Galaxy SIII secara global, Kamis (11/10) kemarin. Meski tak mengumumkan harganya, Galaxy SIII Mini diperkirakan akan lebih murah dibanding Galaxy SIII. Galaxy SIII Mini memiliki layar 4 inci Super AMOLED resolusi WVGA (800x480 pixel).

Tingkat kepadatan pixel ponsel tersebut lebih rendah dibanding seniornya, Galaxy SIII, yakni hanya 233 pixel per inci sedangkan SIII mencapai 305,96 pixel per inci. Namun, menurut ulasan sebagian besar media, layar 4 inci Galaxy SIII Mini masih tergolong bagus.

Galaxy SIII Mini memiliki tinggi 121,55 mm, lebar 63 mm, ketebalan 9,85 mm dan bobot 111,5 gram. Selain ukurannya, Galaxy SIII Mini tampak identik dengan Galaxy SIII. Di bagian jeroan, Galaxy SIII Mini menggunakan mesin yang berkekuatan lebih rendah; prosesor dual-core 1 GHz , sementara Galaxy SIII menggunakan prosesor quad-core secara global dan dual-core 1,5 GHz LTE khusus di AS.

Demikian juga pada bagian kamera. Samsung mengganti kamera belakang 8 megapixel dengan 5 megapixel dan LED flash, serta kamera VGA di bagian depan. Di bagian konektivittas, Galaxy SIII Mini bisa terhubung dengan HSPA frekuensi 14,4/5,76 900/1900/2100 dan EDGE/GPRS 850/900/1800/1900 tanpa dukungan terhadap LTE.

Fitur lainnya termasuk Bluetooth 4.0, NFC, dan 8GB atau 16GB memory yang bisa ditingkatkan hingga 32GB. Untuk menunjang kinerjanya, Galaxy SIII Mini menggunakan baterai 1.500 mAh. Berbeda dengan Galaxy SIII, Galaxy SIII Mini sudah menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Masih ada pula fitur khas Samsung lainnya, seperti antarmuka TouchWiz, S Beam, S Voice, layar pintar yang tetap menyala ketika kita melihat ke arah kamera, dan fitur berbagi dokumen foto serta video antar perangkat yang kompatibel, seperti televisi.

Foto Terbaru LG Nexus 4

Posted:

 


CHIP.co.id - Situs berita Belarusia, Onliner,  Kamis (11/10) merilis serangkaian foto LG Nexus 4. Sejauh ini, foto tersebut merupakan yang paling nyata dibandingkan dengan foto-foto yang dibocorkan situs lain.

Menurut situs tersebut, LG Nexus 4 merupakan versi baru dari LG Optimus G, dengan prosesor quad-core Snapdragon S4, RAM 2GB, layar 4,7 inci 1280x768 dan sistem operasi Android 4.1.2. Hal ini berbeda dengan rumor sebelumnya yang menyebut, LG Nexus 4 akan dijalankan Android 4.2

(Perbandingan dengan iPhone 5 di sebelah kiri, tampak Layar Nexus 4 lebih bagus)

 

 

PC Tablet Hybrid, Sony VAIO Duo 11

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PC Tablet Hybrid yang dilengkapi dengan docking keyboard sebagai pendukung tablet berlayar sentuh saat ini sedang marak berkembang di pasaran. Tetapi belum ada PC Tablet Hybrid dilengkapi dengan docking keyboard yang menyatu dengan tablet sehingga pengguna semakin mudah menggunakan fitur Windows 8.

Dengan mengubah paradigma PC Tablet Hybrid kebanyakan yang memiliki docking terpisah, kali ini Sony memberikan fitur terbaru kelengkapan docking keyboard untuk pengoprasian mobile computing teranyarnya, Sony VAIO Duo 11, yang ter-embed langsung dengan tabletnya dengan mode slate.

Memiliki dimensi 320 x 17.85 x 199 mm, Sony VAIO Duo 11 mengemas teknologi canggih dalam bentuk yang ramping dan menyuguhkan pengalaman komputasi mengesankan dari Windows 8. Memalui sentuhan dan tulisan tangan dengan digitiser stylus, dapat membuat Anda dapat menikmati, dan menciptakan beragam konten hiburan digital di mana pun Anda berada.

Dilengkapi dengan layar LCD geser dengan Surf Slider yang didesain oleh Sony, mode geser dan easy to write dengan keyboard, mempermudah Anda mengetik kerjaan yang membutuhkan texting, seperti dokumen, jelajah internet, dan juga email.

"Fitur mode slate yang ada di PC Tablet Hybrid sini telah teruji di dapur Sony untuk bertahan lama dengan pemakaiaan yang sangat tinggi, jadi Anda jangan takut untuk menggunakan perangkat ini untuk mendukung kinerja padat sehari-hari," ungkap Yusuke Murasawa, UX Communication Section Marketing Planning Department Business Operation Division VAIO & Mobile Business Group.

Berbobot 1.3 kg dan berukuran kompak, perangkat ini memiliki kekuatan baterai yang tahan lama, sekitar 5 jam pemakaian ekstrem. Tetapi, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi sehingga membutuhkan daya tahan baterai yang mumpuni, Sony juga menyediakan aksesoris tambahan berupa baterai eksternal yang dapat dengan mudah di plug-in.

"Dengan penambahan daya baterai plug-in dari Sony, aksesoris ini dapat memberikan tambahan daya PC Tablet Hybrid dalam kurun waktu 9 jam ke depan," tambah Yusuke.

Selain dilengkapi baterai yang mumpuni, perangkat yang akan diluncurkan akhir bulan Oktober 2012 ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core yang memberikan kinerja cepat. Sedangkan untuk tampilan mengesankan Sony VAIO Duo 11 dilengkapi layar 11.6 inci (1920 x 1080) OptiContrast Panel. Melalui fitur ini, maka pengguna dapat menyaksikan gambar tajam dan memproduksi warna hidup dan akurat yang penting untuk pekerjaan grafis yang intensif, tetapi juga menyuguhkan pengguna dengan sudut pandang layar yang fleksibel.

Spesifikasi Sony VAIO Duo 11:

  • Prosesor: Intel Core
  • Sistem Operasi: Windows 8
  • Memory: 4GB DR3L 1600MHz SDRAM
  • Drive: 128GB SSD
  • Layar: 29.4 cm (11.6 inci) OptiContrast Panel, Full HD (1920 x 1080) with wide (16:9) aspect ratio, capatitive touch screen,
  • Grafis: Intel HD Graphics 4000
  • Dimensi:  320 x 17.85 x 199 mm
  • Berat: 1.3 kg
  • Konektivitas: WLAN 802.22a/b/g/n, Bluetooth Ver 4.0 + HS, Ethernet, USB 3.0 with USB charge, VGA out, HDMI out,
  • External Memory: Memory Stick Duo/SD memory card combined slot
  • Speaker: stereo speaker with xLOUD
  • Camera: Full HD Web Camera (front) and 2.07 Megapiksel (behind)

 

Tiga Notebook Sony dengan Windows 8 Ramaikan Pasar Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sony, salah satu vendor terkenal dari negeri Sakura, ikut meramaikan pasar perangkat Windows 8, yang sebentar lagi akan bertandang di industri teknologi seluruh dunia.

Sony menyuguhkan Sony Vaio Duo 11, T13, dan E14P dengan fitur yang sangat nyaman untuk disentuh. Satoru Arai, selaku Presiden Direktur PT. Sony Indonesia mengatakan, "Perkembangan pasar VAIO di Indonesia yang mencapai 50% dibandingkan dengan tahun kemarin membuat kami optimistis untuk memasarkan ketiga produk berteknologi Windows 8; Sony Vaio Duo 11, T13, dan E14P ."

Rencananya, ketiga produk teranyar dari Sony ini akan mulai di pasarkan di Indonesia sejak akhir bulan Oktober atau di bulan November.

"Saat ini, selain perkembangan market VAIO yang meningkat pesat di 60 sektor di seluru dunia dan dari sekian banyak market yang berkembang baik ada di Indonesia yang dalam waktu enam bulan mampu meraih market sebanyak 15%, untuk itulah kami meluncurkan produk terbaik di sini dan juga menambahkan dealer resmi di berbagai wilayah Tanah Air agar masyarakat Indonesia semakin dekat dengan produk kami," tambah Satoru saat dijumpai di Four Season Hotel, Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2012.

Perlindungan Android Secara Gratis dari ESET

Posted:


CHIP.co.id - Anda pengguna Android? Anda pasti pernah mendengar istilah celah pada USSD- Unstructured Supplementary Service Data. Celah USSD mengakibatkan masuknya software jahat dan me-reset kembali ke settingan default seperti saat perangkat Android baru Anda beli, dan menghapus data di dalam Android secara permanen, dan itu artinya data yang Anda simpan hilang sama sekali. Sayang sekali bukan?

USSD atau Unstructured Supplementary Service Data adalah kode yang diawali dengan tanda asterisk (*), dilanjutkan dengan digits yang mewakili perintah-perintah/data, kemudian diakhiri dengan hashtag (#). Kode tersebut digunakan oleh pabrikan perangkat komunikasi dan provider komunikasi untuk membantu pengguna, salah satunya adalah untuk memunculkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) dari perangkat Anda.

ESET menghadirkan aplikasi ESET USSD Control, yang bisa didownload secara gratis di Google Play. Aplikasi ESET USSD Control akan membantu pengguna Andoid karena selain melakukan fungsi pengecekan, Perangkat USSD Control lansiran ESET ini juga akan memblok situs-situs web yang menyerang kode USSD di dalam perangkat Android. Selain itu, juga mampu berfungsi untuk memeriksa adanya malicious codes sebelum sebuah aplikasi dijalankan. Pendeknya, ESET USSD Control yang akan memastikan semua data yang tersimpan di dalam perangkat Android tersimpan dengan aman.

Cara Kerja ESET USSD Control

  • Ketika applikasi ESET USSD Control menemukan malicious code yang menyerang USSD, maka pada layar akan tampil peringatan, dan memblok perintah, seperti terlihat pada gambar disamping.
  • Pastikan ESET USSD Control disetting sebagai default dialer agar perangkat Android yang Anda gunakan terlindungi dengan lebih baik dari serangan yang mentarget USSD. Untuk melakukan settingan tersebut berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Download ESET USSD Control dari Google Play dan install di Perangkat Android.
  2. Gunakan telepon Android untuk men-tes dengan mengunjungi halaman situs ini. (Catatan:  laman tersebut hanya berisi fungsi checker dan tidak akan merubah setingan di perangkat komunikasi Android Anda).
  3. Ketika aplikasi sudah siap berfungsi, pilih “Use by default for this action” lalu pilih  ESET USSD Control.
  • Mengingat potensi kode jahat yang menyerang USSD juga bisa masuk melalui nomor telepon yang dihubungi, maka ESET USSD Control juga menyediakan fitur untuk memeriksa nomor telepon yang akan dihubungi terlebih jika menggunakan default phone dialer. Sebagai catatan, fungsi ESET USSD Control untuk melakukan scanning, dan tidak bias difungsikan sebagai buku telepon.

“Menjadi komitmen bagi kami di ESET untuk selalu memberikan system proteksi terbaik bagi penciptaan iklim komunikasi dan internet yang bersih. Untuk itu pulalah ESET USSD Control ini diluncurkan, sehingga perangkat Android yang ada di masyarakat lebih terlindungi," ujar Yudhi Kukuh, Technical Consultan ESET Indonesia.

Google Hadiahkan USD60 Ribu untuk Peretas Chrome

Posted:


CHIP.co.id - Google sepertinya amat serius dengan isu keamanan di browsernya, Chrome. Baru-baru ini, Google dikabarkan memberikan "penghargaan" sebesar USD60 ribu kepada peretas yang berhasil menemukan celah di Chrome. Google mengumumkannya pada acara konferensi keamanan, Hack in The Box, yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Penghargaan" tersebut diberikan pada kontes hacking "Pwnium". Peretas yang berhasil menyabet uang tunai sebesar USD60 Ribu tersebut ialah peretas dengan nickname "Pinkie Pie". Google pertama kali mengumumkan mengenai Pwnium sekitar dua bulan lalu, dan memberikan tenggat waktu hingga hari ini (11/10). Pinkie Pie menjadi satu-satunya peretas yang berhasil menemukan celah keamanan pada Chrome.

"Pinkie Pie berhasil mengeksploitasi celah melalui proses render dengan mengandalkan tool WebKit Scalable Vector Graphics (SVG). Karena eksploitasi ini sepenuhnya memanfaatkan bug pada Chrome untuk mendapatkan kode eksekusi, kami menilainya sebagai sebuah 'karya seni yang indah'," ujar Chris Evans, Chrome Software Engineer.

Untuk diketahui, gelaran Pwnium merupakan yang kedua kali diadakan Google. Pwnium pertama kali diadakan bulan Maret lalu di acara konferensi keamanan, CanSecWest, di Vancouver, Kanada. Gelaran Pwnium pertama ini memunculkan dua pemenang, yaitu (lagi-lagi) Pinkie Pie dan Sergey Glazunov.

Namun, Anda tak perlu khawatir Chrome menjadi tidak aman. Karena Google akan memanfaatkan gelaran Pwnium untuk mempertebal tembok keamanan di Chrome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar