Rabu, 17 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Intel: Ultrabook Berlayar Sentuh Perkaya Pengalaman Pengguna

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Saat ini, Ultrabook dari Intel merupakan salah satu jagoan PC di dunia. Seiring perkembangan zaman, kini Ultrabook telah mengadopsi teknologi layar sentuh. Selain mengikuti perkembangan zaman, hal ini dilakukan demi memperkaya pengalaman penggunanya saat menggunakan OS teranyar, Windows 8.

Hari ini (17/10), Intel mengadakan diskusi yang diadakan di kantor Intel Indonesia, Jakarta. Dalam diskusi ini, hadir Santhosh Viswanathan, Chief Representative Intel Indonesia dan David Tjahjadi, Channel Platform Manager Intel Indonesia. Diskusi ini juga sekaligus membahas tren hybrid di dunia PC.

"Intel percaya bahwa teknologi layar sentuh merupakan kunci dari pengalaman menggunakan Ultrabook," ujar Santosh Viswanathan. "Hingga akhir tahun ini, akan ada lebih dari 40 varian desain dengan layar sentuh, sebagian di antaranya merupakan perangkat hybrid."

Untuk memastikan pengalaman navigasi layar sentuh yang prima, Intel juga mengumumkan kerja samanya dengan beberapa produsen utama seperti Wintek, TPK, HannsTouch, dan CANDO. Kerja sama tersebut juga dimaksudkan untuk membantu mengamankan pasokan layar sentuh bagi Ultrabook agar dapat mengimbangi pesanan.

Dalam diskusi tersebut, Intel juga memamerkan beberapa varian Ultrabook dan hybrid dari Acer. Penasaran dengan produk tersebut? Nantikan hanya di CHIP.co.id.

Harga Termurah Microsoft Surface USD499

Posted:

(Cnet)

CHIP.co.id - Microsoft akhirnya mengungkapkan harga tablet Surface, empat bulan sejak perangkat tersebut pertama kali diperkenalkan kepada publik.  Microsoft akan membuka preorder Surface secara online di Surface.com pada tanggal 26 Oktober, di mana versi Windows RT dijual mulai USD499 untuk versi 32GB. Jika ingin mendapatkan keyboard tambahan, Anda harus merogoh kocek USD100 lagi.

Sementara Surface versi 64GB dengan keyboard tambahan dibanderol USD699. Keyboard tambahan yang sekaligus berfungsi sebagai cover akan dijual secara terpisah seharga USD120 dan USD130.

iPad Mini Hadir Tanggal 23 Oktober

Posted:

(9to5mac)

CHIP.co.id - Rumor mengenai tablet iPad Mini bukan isapan jempol belaka. Apple sudah mengirimkan undangan kepada para jurnalis untuk menghadiri peluncurannya pada 23 Oktober mendatang di California Theatre di San Jose. Keberadaan iPad Mini sudah ramai diperbincangkan media sebelum peluncuran iPhone 5.

iPad Mini akan menjawab tantangan tablet berukuran 7 inci yang merajai pasar saat ini, yakni Kindle Fire, Galaxy Tab, dan tentu saja Google Nexus 7.

Dalam undangannya kepada media, Apple melampirkan tagline "We've got a little more to show you." Sebelum undangan ini resmi diedarkan Apple, situs AllThingsDigital sudah terlebih dahulu memberitakan bahwa Apple akan meluncurkan iPad mini pada 23 Oktober.

Selain iPad Mini, Apple dipercaya juga akan meluncurkan MacBook Pro terbaru berukuran 13 inci dengan layar Retina Display.

Kunjungan CHIP ke AAEON, an ASUS Company

Posted:


Taipei, CHIP.co.id - AAEON menjadi perusahaan kedua yang dituju dalam rangkaian acara Media Tour dari TAITRA. Perusahaan yang saat ini telah bergabung dengan grup ASUS, menawarkan produk dengan kelas industri berupa panel PC dan display.

Dengan jumlah pekerja sekitar 650 yang tersebar di berbagai belahan dunia, AAEON hanya memiliki dua pabrik saja, yaitu Taipei dan China. Beberapa produk PC-nya digunakan dalam industri transportasi seperti kereta, serta militer.

Dalam kunjungan eksklusif ini, CHIP turut melihat beberapa proses pembuatan dan QC (quality control). Proses pembuatan produk AAEON sama seperti perusahaan lainnya, yaitu cukup ketat. Hal ini menyebabkan para rekan media tidak dapat melihat proses produksi lebih dekat. Pelarangan ini tentunya bukan tanpa alasan. Seperti yang telah kita ketahui, komponen elektronik cukup sensitif terhadap listrik statis. Sehingga, pembatasan akses untuk yang tidak memiliki kepentingan diberlakukan dengan ketat di perusahaan ini.

Dalam foto di atas, terlihat salah seorang pekerja di sana sedang memberikan penjelasan mengenai proses produksi yang dilewati setiap produk. CHIP juga melihat beberapa proses ditujukan untuk pengujian produk. Apabila sebuah produk memiliki kecacatan, maka produk tersebut akan masuk ke bagian daur ulang.

Di ruangan inilah setiap produk AAEON diciptakan. CHIP hanya berhasil memoto ruangan ini melalui jendela yang tidak terlalu banyak.

Proses quality control dilakukan oleh beberapa pekerja. Setiap pekerja diwajibkan untuk mengenakan gelang anti-statis agar seluruh produk yang diuji tidak terkena kejutan listrik statis.

Rugged Tablet PC

Rangkaian tur yang berlangsung di kantor AAEON tidak hanya menampilkan suasana kerja dan proses produksi, serta quality control, namun juga sebuah tablet terbarunya. Produk yang diberi nama RTC-700T merupakan sebuah tablet computer yang menggunakan sistem operasi Windows 7 Pro.

Hadir dengan spesifikasi:

 

  • High resolution 400 nits TFT LCD Display
  • Anti-scratch Gorilla glass and 5-points Projected Capacitive Multi-Touch Panel
  • Intel Atom Z670 (1.5 GHz) processor
  • mSATA MLC SSD (16/32/40 GB)
  • Windows 7 (with Windows 8 support)

Apa yang membedakan tablet ini dengan tablet lainnya? Selain memiliki spesifikasi hardware di atas, RTC-700T telah lolos pengujian dan mendapatkan sertifikasi IP-65 yang berarti produk ini tahan terdapat debu dan air. Selain itu, sertifikasi MIL-STD810G turut diterima oleh produk tablet ini. Sertifikasi terakhir ini menjamin ketahanan produk terhadap getaran, jatuh dari ketinggian 120 cm, serta pengoperasian pada suhu -20ºC - 60ºC.

 

Produk dengan bobot kurang dari 700 gram ini hadir hanya lebih tebal sedikit dibandingkan pendahulunya yang menggunakan sistem operasi Android. Selain memperlihatkan produk tersebut, salah seorang pekerja turut mendemokan dengan menjatuhkan tablet tersebut hingga tiga kali! Hal tersebut dimaksudkan agar para peserta tur tidak hanya mendapatkan janji, melainkan bukti.

Pada presentasi yang diadakan di akhir acara, CHIP mendapatkan informasi mengenai penggabungan antara ASUS dan AAEON berlangsung pada tahun lalu di bulan Juni. Selain itu, AAEON turut mengungkapkan keberhasilannya membukukan total US$123.000.000 di tahun ini, atau sekitar 18% dibandingkan tahun lalu.

Facebook Gandeng Kaspersky untuk Lindungi Penggunanya

Posted:


CHIP.co.id - Kaspersky Lab mengumumkan kerjasamanya dengan Facebook yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan jejaring sosial, baik saat online maupun offline. Kaspersky Lab kini menyediakan data dengan update per menit mengenai ancaman software jahat terbaru di seluruh dunia, yang akan digunakan oleh Facebook untuk melindungi pengguna Facebook yang tidak sengaja mengunjungi laman situs-situs berbahaya.

Orang biasanya akan meng-klik tautan yang diberikan oleh teman dan kepercayaan antar teman ini dijadikan senjata oleh para penjahat cyber. URL jahat bisa secara otomatis menautkan dirinya ke kontak pribadi korbannya tanpa sepengetahuan si korban, sehingga tautan yang ada terlihat bisa dipercaya.

Kini, ketika pengguna Facebook meneruskan tautan tersebut, atau mereka meng-klik tautan yang dikirim temannya, tautan ini akan langsung dicocokkan dengan database situs berbahaya milik Kaspersky Lab. Jika tautan tersebut berada dalam daftar URL “bersifat jahat” milik Facebook, yang diperoleh dari Kaspersky Lab dan vendor keamanan lain, pengguna Facebook akan segera diberitahu dan dicegah agar tidak mengunjungi atau membuka situs tersebut. Hal ini tidak saja menghindarkan informasi pribadi pengguna dan komputer mereka dari risiko yang ada tetapi juga mencegah penyebaran tautan jahat tersebut.

Steve Orenberg, President Kaspersky Lab North America, menyatakan, “Saat Kaspersky Lab didirikan 15 tahun lalu, kita hanya bisa membayangkan bagaimana teknologi bisa menghubungkan warga dunia maya dan bagaimana besarnya pengaruh hal ini terhadap individu dan masyarakat secara keseluruhan. Misi Kaspersky Lab adalah untuk melindungi orang dan perusahaan saat mereka berhubungan secara online dan tidak ada jaringan yang mampu memimpin masa depan koneksi online seperti yang dilakukan Facebook. Kedua perusahaan ini, Kaspersky Lab dan Facebook, adalah yang terbaik dalam industri masing-masing, dan merupakan hal yang wajar jika kami bekerjasama untuk membuat Internet lebih aman bagi semua.”

Costin Raiu, Director of Global Research and Analysis Team (GReAT), Kaspersky Lab menambahkan, “Dalam 10 tahun terakhir, kami telah melihat pertumbuhan luar biasa dari jumlah informasi pribadi yang rela diberikan oleh orang secara suka rela dan para penjahat cyber tentu saja menggunakan hal ini untuk mencari untung dengan menciptakan penipuan (scam) dan program jahat yang khusus menarget jejaring sosial. Dibutuhkan kesadaran online dan teknologi keamanan tingkat tinggi untuk bisa terlindungi secara online, tidak bisa hanya salah satu saja, dan dengan bekerjasama dengan Facebook, Kaspersky Lab juga bermaksud memberikan kedua hal ini.”

Di Kaspersky Lab, lebih dari 800 pakar anti-malware di seluruh dunia bekerja sepanjang waktu untuk memerangi penjahat cyber, menganalisis lebih dari 125 ribu ancaman per hari. Menggunakan informasi dari Kaspersky Security Network – sebuah gudang data berbasis awan dari konsumen Kaspersky Lab yang secara suka rela menyediakan data real-time dari usaha penginfeksian dan kegiatan malware; para pakar Kaspersky Lab bisa menganalisis data dan membuat perlindungan per detik bagi 300 juta penggunanya yang dilindungi oleh produk dan teknologi Kaspersky Lab di seluruh dunia.

Kaspersky Lab percaya bahwa pengguna komputer yang memiliki informasi merupakan pertahanan pertama menghadapi kejahatan cyber. Selain memberikan Facebook informasi mengenai ancaman, Kaspersky Lab juga memberikan saran dari pakar, tips dan artikel informatif dalam Facebook Security page.  Pusat sumber daya ini (resource center) menjaga komunitas online agar terus mendapat informasi mengenai ancaman cyber terkini dan memberikan pengingat reguler mengenai kebiasaan browsing online yang aman. Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai layanan Facebook ini, silakan kunjungi www.facebook.com/security.

Selain saran yang tepat, Kaspersky Lab juga memberikan pengguna Facebook langganan eksklusif gratis selama enam bulan untuk produk keamanan konsumen Kaspersky Lab. Penawaran enam bulan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh Kaspersky PURE Total Security dan Kaspersky Security for Mac demi memastikan mereka memiliki perlindungan terbaik untuk komputer mereka.

Kaspersky PURE adalah produk konsumen andalan Kaspersky Lab yang memberikan tools kritikal, termasuk password manager, pengenkripsian data dan file backup manager, untuk melindungi aset digital penggunanya. Kaspersky Security for Mac melindungi pemilik Mac dari ancaman malware yang semakin banyak dan menargetkan OS X serta mencegah malware berbasis Windows agar tidak bisa menjadi infeksi laten yang menunggu untuk pindah ke PC teman atau anggota keluarga lain melalui USB atau file sharing. Penawaran ini bisa diakses melalui tab “AV Marketplace” di Facebook Security page.

Joe Sullivan, Chief Security Officer Facebook, menegaskan, “Mulai hari ini, para pengguna Facebook akan bisa mendapatkan manfaat dari keahlian dan teknologi Kaspersky yang terdepan dalam industri serta data URL jahat Kaspersky dan keberadaannya di AV Marketplace. Kami berharap kerjasama kedua perusahaan ini bisa membantu pengguna agar tetap aman saat membuka Facebook maupun tidak.”

Intel DIY PC: Cerminan Kepribadian Penggunanya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini (16/10), Intel mengadakan lokakarya tentang Video Blogging yang menggunakan komputer hasil rakitan sendiri atau Do It Yourself Personal Computer (DIY PC). Kegiatan ini bertujuan untuk mendemonstrasikan bahwa hampir semua tipe pengguna komputer dapat memanfaatkan DIY PC.

“Satu hal mendasar yang ingin Intel sampaikan adalah bahwa DIY PC ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna secara lebih luas selain kalangan desainer, fotografer dan gamers, tapi juga pelajar, pegawai dan wartawan,” kata Dhyoti Basuki, PR manager Intel Indonesia. “Dengan memilih DIY PC, kita dapat menyesuaikan pengalaman komputasi kita sesuai dengan gaya pribadi dan dana yang tersedia.”

Memanfaatkan antusiasme akan video blogging yang sedang marak, Intel mengundang peserta untuk merasakan sendiri bagaimana bekerja menggunakan DIY PC, melalui lokakarya video blogging ini. Untuk itu, Intel berkolaborasi dengan pakar spesialis TI, Dedy Irvan dan Marlin Sugama, animator terkenal yang menciptakan karakter superhero Indonesia, Si Hebring.

Mengenai video blogging ini, Marlin Sugama menyatakan, “Akhir-akhir ini banyak fakta yang menunjukan bahwa video adalah medium paling efektif untuk mendistribusikan informasi di internet. Namun masih banyak orang yang berpikir bahwa pembuatan video memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pada kenyataannya, sangat mudah membuat blog video yang cukup layak, dengan memanfaatkan gadget pribadi seperti smartphone, software sederhana dan sebuah DIY PC.”

Dimulai dengan diskusi dan sedikit demo mengenai DIY PC, peserta kemudian diajak berkreasi menggunakan smartphone masing-masing untuk membuat video pendek berdurasi 3 menit. Hasilnya kemudian disunting menggunakan DIY PC dengan prosesor Intel Core generasi ke-3.

SMK Strada Daan Mogot, Jawara Adaro Youth Animation Competition 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Adaro, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, mengadakan kompetisi animasi untuk SMA/sederajat bertajuk "Adaro Youth Animation Competition (AYAC) 2012". Sebagai tindak lanjutnya, hari ini (16/10) Adaro mengumumkan jawara dari kompetisi AYAC 2012 tersebut.

Untuk juri yang ditunjuk Adaro, yaitu:

  • Marlin Sagama, Praktisi Animasi
  • Perdana Kusuma, Dosen Multimedia FIKOM Universitas Mercu Buana
  • Junior Eka Putro, Managing Editor Majalah Hai.

Acara yang diadakan di fX Sudirman, Jakarta ini, dibuka dengan penampilan modern dance dari 3OD, sebuah grup dari SMA 30 Jakarta. Setelah itu, Marlin Sagama, praktisi animasi sekaligus salah satu juri AYAC 2012, naik ke atas panggung untuk memberikan sambutan. Sandiaga Uno kemudian memberikan sambutannya dalam acara yang dimulai pukul 13.00 ini. Sandiaga Uno sendiri merupakan direktur dari PT Adaro Energy Tbk. yang menjadi penggagas AYAC 2012 ini.

"Animasi merupakan salah satu bagian dari sektor industri kreatif yang ternyata sangan diminati dan dipilih siswa untuk ditekuni. Hal inilah yang melatarbelakangi Adaro untuk memberikan sarana bagi para animator muda untuk menuangkan ide dan kreatifitas yang mereka miliki melalui sebuah kompetisi AYAC 2012," ujar Sandiaga Uno. "AYAC 2012 juga merupakan sebuah ajang pembelajaran, menambah wawasan, dan pengetahuan bagi para siswa mengenai pertambangan batu bara, khususnya Adaro."

Tibalah saat-saat yang mendebarkan. MC mengumumkan pemenang dari AYAC 2012. Berikut daftar lengkap pemenang AYAC 2012

  • Juara I : SMK Strada Daan Mogot (Yunita Anggraeni, Eka Kurniawan, Realino Jo Ega, Defiant Kusnandar, dan Jonathan Alexander ), berhak atas hadiah Rp3.000.000,00 + 1 unit iPad + trip to Adaro Site
  • Juara II : SMAN 112 Jakarta (Surya Harta Adi dan Hani Kurniawati), berhak atas hadiah Rp2.000.000,00 + 1 unit Galaxy Tab + trip to Adaro Site
  • Juara III : SMK Satria (Rheno Pratama), berhak atas hadiah Rp1.000.000,00 + 1 unit BB Onyx 2 + trip to Adaro Site
  • Juara Harapan I : SMK Yupentek 2 (Muhammad Ilyas), berhak atas hadiah Rp500.000,00 + 1 unit BB Gemini + trip to Adaro Site
  • Juara Harapan II : SMUN 35 (Indra Malik), berhak atas hadiah 1 unit BB Gemini + trip to Adaro Site 

Pada akhir acara, ditutup oleh penampilan yang enerjik dari band Efek Rumah Kaca. Mereka menampilkan beberapa lagunya seperti Hujan Jangan Marah, Di Udara, dan Cinta Melulu. Selamat kepada para pemenang.

Lenovo Luncurkan 5 Smartphone Terbaru di Jakarta

Posted:


CHIP.co.id - Lenovo meluncurkan 5 smartphone terbaru, Selasa (16/10) malam ini di Nine Ballroom, UOB Building, Jakarta. Ke-lima perangkat tersebut, yakni Lenovo Ideaphone A60+, S880, P700i, K860, dan S560

Lenovo A60+ sebelumnya sudah dirilis di Filipina pada 8 Oktober lalu. A60+ tergolong smartphone entry-level dengan prosesor single core 1GHz, RAM 256MB, internal memory 144 MB, slot microSD hingga 32GB, layar 3,5 inci HVGA, dan sistem operasi Android 2.3.6 Gingerbread serta dual SIM card slot. A60+ dilengkapi kamera utama 2MP, yang dilengkapi fitur panorama, deteksi wajah, efek warna dan merekam video.

Sementara S880, menggunakan layar 5 inci, dengan prosesor 1GHz, 512MB RAM, sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dual SIM card slot, memory internal 4GB dan slot microSD 32GB. Lenovo membanderol S880 Rp1,9 jutaan, sedangkan A60+ sekitar Rp1 jutaan. Baterai S880 termasuk bertenaga dengan kapasitas 2550mAh.

Produk yang ketiga adalah Lenovo P700i dengan prosesor 1GHz dual core, dual SIM card slot, layar 4 inci IPS. Lenovo mengklaim baterai P700i mampu membuat perangkat ini siapa hingga 13 hari dan waktu bicara hingga 28 jam.

Sedangkan perangkat keempat Lenovo Ideaphone K860 tergolong premium berkat prosesor 1,4 GHz Exynos 4412, fitur 720x1280 pixel layar 5 inci IPS yang dapat mereproduksi warna akurat dengan sudut lihat 178 derajat. K860 dilengkapi kamera utama 8MP, memori internal 8MB.

Produk terakhir adalah Lenovo Ideaphone S560 dengan kualitas musik studio yang menampilkan teknologi Dolby Digital Plus. Di jeroannya terdapat prosesor dual core 1GHz dan kamera utama 5MP.

Dengan peluncuran kelima smartphone yang rata-rata di bawah Rp2 juta, Lenovo akan memasuki pasar yang tergolong sudah padat dengan produk-produk dari China dan Nokia Asha. Kecuali K860, yang dibanderol Rp4,4 juta, seluruh perangkat yang diluncurkan hari ini dijual di bawah Rp2 juta. Bahkan A60+ dijual di bawah Rp1 juta, setara dengan Nokia Asha A 308.

Mengenai performa, Lenovo berani menjamin produknya tidak kalah dengan ponsel dari vendor lain di kelasnya. Dengan nama besarnya, Lenovo juga menawarkan jaminan penjualan kembali yang lebih baik kepada para konsumen.

Augmented Reality Belum Banyak Disentuh Pengembang Game

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Pekan lalu, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia mengadakan acara IT tahunan, Computer Festival (Compfest) 2012.

Acara yang diselenggarakan di Perpustakaan UI sejak tanggal 13 - 14 Oktober 2012 ini mengambil tema Advancing the Atmosphere of Innovation and Education (ATOMIC).

Selama dua hari, acara Compfest 2012 dikemas dalam empat komponen utama, yakni; kompetisi, roadshow, seminar dan expo.

Sesuai dengan tema CompFest tahun ini, topik-topik seminar dipenuhi dengan pembicaraan tentang inovasi-inovasi teknologi baik di bidang game development, telecommunication network, social media maupun di bidang-bidang seperti digital marketing dan online business. Seminar CompFest 2012 tahun ini memiliki tema tersendiri yaitu “Innovation of Future Technology for Developing Human Needs”.

Terdapat enam judul tema seminar yang diangkat Compfest 2012, yakni; IT Innovation in Security and Efficiency of E-Commerce Transaction for Indonesian Local Business; Innovation of Sentiment Analysis Technology in Developing Social Media; Innovation of Open Base Transceiver Station as Telecommunication Solution; Innovation of Augmented Reality Mobile Games in Indonesia; Innovation of Gamification as a Part of Digital Marketing; Innovation of Cloud Computing to Support Indonesia's UKM.

Dari keenam seminar tersebut ada satu yang menarik, yakni "Innovation of Augmented Reality Mobile Games in Indonesia" atau yang lebih awam dimaksudkan adalah menciptakan game dengan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR  sampai saat ini merupakan pasar abu-abu yang masih belum disentuh oleh banyak pengembang game. Padahal, teknologi ini amat potensial dimanfaatkan lebih jauh.

"Iya karena untuk mengembangkan teknologi AR, para developer tidak perlu memiliki Benchmark yang mengikat mereka untuk berinovasi," ungkap Narenda Wicaksono selaku Developer Manager Lead Nokia Indonesia.

AR sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata hasil proyeksi benda-benda maya dalam waktu yang nyata.

"Teknologi AR yang masih abu-abu dan belum banyak yang mengolahnya secara seksama, sangat menguntungkan bagi developer untuk mendapatkan klien yang membutuhkan kampanye marketing produk mereka yang super kreatif," jelas Naren saat mengisi seminar, Minggu, 14 Oktober 2012.

Selain menciptakan teknologi AR untuk kampanye marketing, ternyata teknologi ini juga sangat menarik diolah menjadi sebuah game. Aditia Dwiperdana yang menjabat sebagai Academy Guild Master Agate Studio mengungkapkan peluang AR di industri game.

"Prospek industri game di Indonesia saat ini sedang disorot oleh market lokal dan internasional. Jadi, prospek game yang menggunakan teknologi AR pun menjadi potensi pasar sangat-sangat menjanjikan. Saran saya bagi developer yang tertarik memulai membuat game, teknologi AR dapat menjadi pilihan tepat untuk mengeksplorisasi kemampuan dan memasarkan game tersebut di Indonesia."

Ditambahkan Naren, industri game di Indonesia sudah banyak yang merangkul pasar lokal bahkan internasional.

"Game dengan teknologi AR hanyalah platform di mana developer bisa meningkatkan kapasitas kemampuan membuat game mereka lebih kreatif lagi. Tetapi yang perlu dicatat, mereka juga harus memiliki value ke pengguna game. Jadi, meskipun game kamu sangat-sangat canggih, tetapi tidak memiliki kegunaan untuk pengguna, sudah pasti akan sangat disayangkan pengembangannya."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar