Kamis, 11 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Galaxy Camera, Kamera dengan Kualitas Smartphone

Posted:


CHIP.co.id - Pada gelaran Samsung Galaxy Note II World Tour 2012 Jakarta kemarin (10/10), Samsung turut merilis Galaxy Camera. Samsung mengklaim bahwa kamera ini diciptakan untuk memenuhi perubahan cara kita berkomunikasi.

"Dulu, terdapat berbagai fitur yang dimiliki kamera digital, tetapi tidak dipunyai smartphone, dan begitu sebaliknya. Untuk menjawab hal tersebut, Galaxy Camera diciptakan," ujar Andre Rompis, Vice President Mobile Business PT Samsung Indonesia.

Galaxy Camera diklaim dapat membuat fotografi yang menakjubkan bagi kehidupan yang dinamis. Anda tak perlu lagi harus mengorbankan kualitas gambar jika ingin mengedit dan berbagi foto secara langsung. Kualitas lensa 16 megapiksel-nya telah memiliki zoom hingga 21x. Untuk urusan layar, Galaxy Camera memiliki layar berukuran besar 4,8 inci HD Super Clear LCD.

Untuk koneksi, terdapat jaringan 3G dan WiFi. Sayangnya, meskipun Anda dapat menyematkan micro SIM Card di dalamnya, Anda tidak dapat melakukan panggilan suara dengan Galaxy Camera. Hal ini bisa disiasati dengan menelpon via aplikasi ketiga, misalnya Skype.

Semua fitur-fitur yang terdapat di Galaxy Camera dapat Anda nikmati dengan merogoh kocek sekitar Rp5,5 Jutaan. Galaxy Camera akan mulai tersedia sekitar akhir Oktober ini. 

Spesifikasi Samsung Galaxy Camera:

  • Sensor Kamera: 16,3 effective megapiksel, 1/2.3" BSI CMOS
  • Lensa: f2.8, 23mm, 21x optical zoom
  • Layar: 4,8 inci, 308 ppi, HD Super Clear Touch Display LCD
  • ISO: Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
  • Jaringan: 3G (HSPA+, 21 Mbps), 850/900/1900/2100 MHz
  • Konektivitas: Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooh v 4.0
  • Prosesor: 1,4 GHz Quad Core
  • OS: Android 4.1 Jelly Bean
  • Memori: 8 GB (internal), memory slot micro SDSC, micro SDHC, micro SDXC
  • Dimensi: 128,7 x 70,8 x 19,1 mm
  • Baterai 1.650 mAh (awet sekitar 6 jam)
  • Berat: 305 gram

Bermasalah, Firefox 16 Ditarik Kembali

Posted:


CHIP.co.id - Hanya sehari setelah diluncurkan, Mozilla menarik kembali Firefox 16 karena diduga menemukan lubang keamanan serius dalam perambah web baru tersebut.

"Kerentanan tersebut bisa membuat situs berbahaya berpotensi menentukan pengguna web mana yang telah berkunjung dan mengakses URL atau URL parameter," ujar  Michael Coates, Direktur keamanan Mozilla.

Meski demikian, Anda yang sudah terlanjur migrasi dari Firefox 15 ke Firefox 16 tidak usah khawatir berlebihan karena sampai saat ini belum ada bukti bahwa kerentanan itu sudah dimanfaatkan oleh penjahat siber.

"Sebagai alternatif, pengguna bisa menunggu sampai patch kami diterbitkan dan secara otomatis diterapkan untuk mengatasi kerentanan tersebut," ujarnya.

Firefox 16 yang mendukung HTML 5 baru diluncurkan kemarin, namun pengguna sudah bisa mengunduhnya sejak tanggal 9 Oktober. Firefox 16 juga memiliki fitur CSS3 Animations, Transforms, Transitions, Image Values, Values and Units, dan IndexedDB.

Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy S III Mini

Posted:


CHIP.co.id - Sebelumnya, CHIP.co.id telah mengabarkan bahwa Samsung Galaxy S III Mini akan dirilis hari ini. Smartphone ini kabarnya dihadirkan Samsung karena ukurannya yang terlalu besar untuk digunakan hanya dengan satu tangan.

Dilansir dari situs Engadget, muncul sneak peak mengenai Galaxy S III Mini tersebut. Kabarnya, smartphone ini akan memiliki layar berukuran sekitar 4 inci dengan resolusi 800 x 480. Untuk jeroannya, Samsung menanamkan prosesor STE U8420 dual core 1 GHz, dan RAM sebesar 1 GB. Terdapat pula kamera 5 megapiksel di Galaxy S III Mini.

Untuk urusan harga, Galaxy Mini S III Mini akan dibanderol dikisaran USD510. Kita tunggu saja kebenaran kabar ini.

Yuk Ikuti Tantangan Intellectual Property App Challenge

Posted:

 

CHIP.co.id - The Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Microsoft dan Intel menyelenggarakan lomba pembuatan app bertema Hak Cipta yang disebut dengan IP App Challenge.

Kompetisi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk meningkatkan kesadaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual yang seringkali terlupakan, termasuk di dalamnya hak paten, desain industri dan banyak lagi.  Tantangan utama yang dipertandingkan adalah bagaimana menarik minat dan mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual yang masih rendah.

GEPI memberikan undangan terbuka bagi para developer App membuat aplikasi untuk segala platform, baik itu Android, iOS, WP7, Windows 8 ataupun BlackBerry. Tipe aplikasi yang dipertandingkan pun bebas, mulai dari Game, Social Network, Education, e-Commerce, mapping dan sebagainya. 

IP App Challenge diperuntukkan bagi 2 kategori, student atau professional. Terdapat imbalan sebesar USD5.000 untuk pemenang tiap kategori.

Tertarik mengikutinya? Persiapkan mockup/demo aplikasi Anda selambat-lambatnya tanggal 31 Oktober. Penjurian final, dan penetapan pemenang dijadwalkan pada tanggal 29 November.

Aplikasi yang terpilih sebagai juara juga akan diberikan bantuan dan bimbingan sampai siap dilepas ke khalayak umum nantinya, bertepatan pada Hari Properti Intelektual Dunia tanggal 26 April tahun depan.

Developer yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut atau ingin mendaftarkan diri silakan kunjungi halaman http://ipappchallenge.gepindonesia.org/

 

 

Microsoft Segera Luncurkan Office untuk iOS dan Android?

Posted:


CHIP.co.id - Setelah diluncurkan Juli lalu, Microsoft Office 2013 dikabarkan segera dirilis untuk versi iOS dan Android. Berita ini dikabarkan situs The Verge berdasarkan pernyataan dari Petr Bobek, Product Manager Microsoft, di situs asal Ceko IHNED.cz.

"Selain Windows, Office juga akan tersedia pada sistem operasi lain, yaitu Windows Phone, Windows RT, Mac OS, iOS, Android, dan Symbian," ujar Petr Bobek.

Berdasarkan pernyataan di situs pula, terungkap bahwa Office 2013 dijadwalkan akan rilis bulan Maret 2013. Kemudian, untuk di perangkat Windows sendiri, Office 2012 akan mulai tersedia sekitar bulan Desember 2012. Dan Microsoft dikabarkan akan mengadakan launching di bulan Februari 2013.

Namun, belakangan muncul pernyataan resmi dari Microsoft yang mengatakan bahwa informasi yang dibagikan di Ceko tidaklah tepat. Microsoft juga menambahkan bahwa mereka belum memiliki rencana yang ingin dibagikan saat ini.

Entah mana yang benar, tetapi kabar ini tentu saja amat membahagiakan bagi pengguna perangkat iOS dan Android. Kita tunggu saja kebenarannya.

Inilah Para Juara Kompetisi Alvion (Alpha Innovation)

Posted:


CHIP.co.id - Gerry Anggacipta, mahasiswa Nanyang Technology University, dan TIM BAS-IT dari Universitas Pendidikan Indonesia akhirnya keluar sebagai juara ajang Alvion (Alpha Innovation) with MidPlaza, masing-masing untuk kategori Website Development dan Mobile Application. 

Pengumuman pemenang ini dibacakan di closing ceremony Alvion sekaligus championship dinner yang berlangsung di Bandar Djakarta, Alam Sutera (29/9). Closing ceremony dihadiri oleh para pemenang, panitia, media, dan tentunya perwakilan dari Bina Nusantara University dan MidPlaza selaku sponsor utama Alvion.

“Kami selaku panitia Alvion sangat bangga dengan para pemenang yang memiliki kreativitas dan skill yang sangat baik. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat membantu para mahasiswa yang ingin unjuk gigi dengan kemampuan mereka dalam pengembangan website dan aplikasi mobile. Semoga ke depannya acara ini dapat kami lakukan dengan lebih baik lagi,” ujar Erwin Daniel, Ketua panitia Alvion 2012.

Gerry mengembangkan Virtual Desk, yang merupakan website untuk e-learning di mana pengguna dapat mengatur sendiri jadwal belajar, materi yang ingin dipelajari dan timeline untuk pembelajaran di website sehingga menjadi ‘meja belajar’ virtual di website. 

Menyusul di peringkat dua adalah mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara, Michael dan Danry Ray dengan project-nya yaitu ‘Notepedia’. Notepedia menampilkan informasi-informasi menarik dalam bentuk notes layaknya sticky-notes dan user dapat menambahkan informasi ataupun subscribe pada pemberi informasi. Sementara untuk peringkat ketiga adalah tim Starfield dari Bina Nusantara Unversity. Beranggotakan Albert Ricia dan Hendik Prayogo, tim ini membuat website yang berisi database sekolah dan universitas untuk mempermudah pengguna yang ingin mencari informasi mengenai sekolah ataupun universitas.

Di kategori Mobile Application, Tim BAS-IT, yang beranggotakan Lailatuzzahro dan Basytyan Kardinal Pratama membuat Aplikasi ‘i-Mood’.  i-Mood merupakan aplikasi e-learning untuk smartphone. Sepertinya aplikasi e-learning memiliki nilai saing yang cukup tinggi melihat pemenang untuk kedua kategori memiliki tema yang sama, yakni e-learning. 

Juara dua kategori mobile adalah tim Floovy dari Bina Nusantara University yang beranggotakan Yoshua Norza.   Floovy adalah aplikasi chat berbasis lokasi yang dapat terintegrasi juga dengan social media tertentu. Adapun juara ketiga disabet oleh tim asal India yaitu Softcoders. Dengan ‘Perceptron’, sebuah aplikasi pendeteksi jenis racun ular dan kalajengking. 

Hadiah yang diterima untuk juara pertama kategori Website Development adalah USD1.250, untuk juara kedua USD1.000, dan untuk juara ketiga USD750. Demikian juga dengan pemenang kategori Mobile Application.

Tidak ketinggalan melalui hasil voting dari pengunjung yang hadir saat itu, juara favorit berhasil kembali diraih oleh tim BAS-IT yang juga meraih juara pertama untuk katagori Mobile Application dan menerima hadiah berupa satu unit Samsung Galaxy W.

LG Nexus 4 One X Diluncurkan 29 Oktober

Posted:


(knowyourcell)

CHIP.co.id - LG Nexus 4 One x, smartphone hasil kolaborasi Google dan LG kabarnya akan diluncurkan tanggal 29 Oktober mendatang. Harian Le Figaro dari Perancis, Rabu (10/10) memberitakan, Nexus 4 akan diluncurkan berbarengan dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean.

Mengutip sumber anonim, Le Figaro mengatakan Nexus 4 akan dijual dalam versi unlocked. Disebutkan, Google akan mengumumkan ketersediaan Nexus 4 secara rinci dalam beberapa pekan ke depan, jika semuanya berjalan sesuai rencana. Sama dengan Google Nexus 7, Nexus 4 One X juga akan dijual melalui Google Play.

Sejauh ini, beberapa situs berita menyebut LG Nexus 4 One X akan menggunakan prosesor Snapdragon S4 quad-core, buatan Qualcomm, layar HD IPS 4,7 inci. Perangkat ini juga memiliki kamera 8 megapixel yang mampu merekam video HD 1080p.

Video Overview Samsung Galaxy Note II World Tour 2012 Jakarta

Posted:

CHIP.co.id - Rabu lalu (10/10), Samsung menggelar acara Samsung Galaxy Note II World Tour di Ritz Carlton, Jakarta. Dalam acara tersebut, Samsung sekaligus memperkenalkan 3 perangkat terbaru andalannya, Samsung Galaxy Note II, Samsung Galaxy Camera, serta Samsung Ativ Smart PC.

CHIP.co.id beruntung dapat mengikuti acara tersebut. Mau tahu perjalanan kami di acara Samsung Galaxy Note II World Tour 2012 tersebut? Simak video berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Universitas Indonesia di Bedah Kampus, Break Your Limit!

Posted:


CHIP.co.id - Bedah Kampus UI merupakan sebuah acara pengenalan kampus Universitas Indonesia kepada siswa-siswi SMA. Sejalan dengan nama dan isi acara BKUI 13, peserta BKUI 13 adalah siswa-siswi SMA dan sederajat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Tahun 2012 ini Bedah Kampus sudah diselenggarakan untuk ke-13 kalinya pada tanggal 6-7 Oktober lalu. Acara Bedah Kampus UI ke-13 yang dihadiri oleh 15.000 peserta ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai fakultas apa saja yang dimiliki oleh Universitas Indonesia  hingga jurusan di masing-masing fakultas tersebut.

Acara Bedah Kampus berlangsung selama dua hari dan tahun ini sukses menghadirkan 7.500 peserta setiap harinya. Hari pertama (Sabtu/061012) merupakan pengenalan fakultas dan jurusan-jurusan IPS yang ada di UI. Pada hari pertama juga diisi dengan bincang UI yang menghadirkan Iman Usman (mahasiswa berprestasi nasional 2012), Kahardityo (Perwakilan Humas UI) dan Tere (artis) di sesi pertama. Lalu, pada sesi kedua bincang UI diisi oleh Anastasia Praditha (Top 15 Miss Indonesia 2012), Ananda Ridwansyah (kemahasiswaan UI), Satya Heragaandhi (Presiden direktur PT. Sanggar Sarana Baja), dan Tasya Kamila (penyanyi).

Pada Bincang UI ini seluruh peserta diberikaan penjelasan mengenai jalur masuk UI serta pengalaman para pembicara selama menempuh pendidikan di UI. Selain itu, dalam Bincang UI juga ditekankan bahwa siapa pun berhak masuk UI dan tidak perlu takut akan biaya pendidikan. Universitas Indonesia menjamin tidak akan mengeluarkan siapa pun dengan alasan biaya.

Kemudian, pada hari kedua (Minggu/071012) merupakan pengenalan fakultas dan jurusan-jurusan IPA yang ada di UI. Pada sesi Bincang UI di sesi pertama hadir Zaky Tifano (Juara 1 Bintang Pop UI), Ello (penyanyi), Arman Nefi (Ka. Subdit Kegiatan Penalaran, K2N, dan Pengembangan Soft Skill Mahaasiswa), Rose Mini (psikolog). Sedangkan di sesi kedua dihadiri oleh Mega Utami (artis), Dra. Kasiyah (Ka. Subdit Kesejahteraan Mahasiswa), Dipon Alam (Sekretaris kabinet Ri), dan Bona sardo (penyanyi).

Dengan diundangnya tokoh terkenal  dalam Bincang UI diharapkan seluruh peserta dapat termotivasi untuk masuk UI karena selain berkuliah, UI juga memberikan kebebasan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang apa pun.

Selain diberi kesempatan untuk berkunjung ke stand jurusan, seluruh peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan fakultas ke seluruh fakultas di UI yang mereka minati. Selama kunjungan fakultas para peserta dibimbing oleh perwakilan mahasiswa dari fakultas yang bersangkutan untuk diberikan penjelasan mengenai fakultas tersebut. Informasi yang diberikan meliputi jurusan yang ada di fakultas bersangkutan, jalur masuk, hingga biaya pendidikan.

Pengenalan fakultas dan jurusan tidak hanya dilakukan melalui kunjungan fakultas maupun stand jurusan. Selama acara berlangsung, seluruh peserta juga disuguhi oleh penampilan dari setiap fakultas. Tujuannya sama yaitu untuk memberikan gambaran secara lebih mendalam mengenai keseluruhan jurusan dan fakultas yang ada di UI. melalui penampilaan di atas stage ini, peserta diajak untuk lebih melihat langsung kreativitas dari setiap fakultas.

Dengan kembali digelarnya Bedah Kampus UI ke-13 diharapkan akan membuka pandangan siswa-siswi kelas 12 SMA mengenai pendidikan di UI. Antusiasme siswa SMA untuk masuk UI terlihat dari jumlah peserta Bedah Kampus ini yang menembus angka 15.000. Sesuai dengan tagline acara Bedah Kampus di tahun ini, ‘Break Your Limit’, Universitas Indonesia menunggu calon-calon mahasiswa yang berani untuk menembus batas.

Samsung Ativ Smart PC (Hands-on)

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Pada acara Samsung Galaxy Note II World Tour yang digelar hari ini (10/10), Samsung juga turut memperkenalkan perangkat hybrid berbasis Windows 8, Samsung Ativ Smart PC.

Mau tahu bentuk dari perangkat hybrid ini? CHIP.co.id hadirkan dalam beberapa foto berikut ini.

Jajaran Perangkat Windows 8 dari Lenovo

Posted:

CHIP.co.id - Lenovo akhirnya secara resmi merilis sejumlah notebook dengan sistem operasi Windows 8 pada hari ini di acara Consumer Electronics Show di Las Vegas. Lenovo mengikuti langkah sejumlah pabrikan lain yang ramai-ramai memperkenalkan produk terbaru mereka jelang peluncuran Windows 8 secara global oleh Microsoft pada 26 Oktober mendatang.

Lenovo IdeaPad Yoga 13 dan Yoga 11
IdeaPad Yoga 13 dibanderol seharga USD1.099 dan akan mulai dijual pada 26 Oktober mendatang. Perangkat hybrid tersebut memiliki prosesor Intel Ivy Bridge Core i5 atau i7, dengan RAM hingga 8GB, dan SSD storage hingga 256GB. Yoga memiliki multi-touch display IPS 1.600 x 900, dan kamera depan 720p untuk video konferensi. Dengan ketebalan 0,67 inci dan bobot 1,6 kg, IdeaPad Yoga 13 juga memiliki fitur USB 2.0, USB 3.0, media card reader dan HDMI output. Lenovo mengklaim baterai Yoga 13 mampu bertahan 7 jam. 



Sementara Yoga 11 memiliki prosesor ARM, dengan bobot sekitar 1KG dan ketebalan 0,61 inci, layar beresolusi 1.366 x 768 sebesar 11,6 inci. Yoga 11 dilengkapi RAM 2GB, dan storage internal 64GB, port USB 2.0 dan media card reader. IdeaPad 11 akan dijual Desember seharga USD799.

(mashable)

ThinkPad Edge Twist
Edge Twist memiliki layar 12,5 inci yang dilengkapi antigores Gorilla Glass, dan teknologi IPS untuk menghasilkan sudut pandang lebih luas. Sama dengan Yoga 13, Twist juga menggunakan prosesor Core i5 atau i7, dengan RAM hingga 8GB dan SSD 128GB atau hard drive 7.200 RPM berkapasitas 320GB atau 500GB. Usia baterai diperkirakan mampu bertahan selama 7 jam, bobot sekitar 1,2 KG, port USB 3.0, mini HDMI output dan mini Display port. ThinkPad Edge Twist akan dilego ke pasaran pada 26 Oktober seharga USD849.

(cnet)

Lenovo ThinkPad Tablet 2
Dibanderol seharga USD649, Tablet 2 berukuran 10,1 inci dengan layar IPS beresolusi 1.366 x 768, baterai 10 jam, kamera depan 2MP dan kamera belakang 8MP dengan konektivitas 3G atau 4G. Lenovo juga menawarkan keyboard tambahan dan dock dengan tiga port USB, HDMI out dan jack Ethernet.

(zdnet)



Lenovo IdeaTab Lynx
Laptop hybrid 11,6 inci tersebut ditujukan untuk konsumen umum dengan prosesr Atom Clovertrail dual core, RAM 2GB, solid-state storage 32GB atau 64GB. Uniknya, IdeaTab Lynx juga dilengkapi dock keyboard yang sekaligus berfungsi sebagai baterai berkapasitas 6.800 mAh. IdeaTab Lynx memiliki ketebalan 9,45mm, dan akan tersedia Desember mendatang dengan harga USD600 dan keyboard tambahan USD150.

(digitaltrends)

 

Samsung Galaxy Camera (Hands-on)

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Selain Galaxy Note II, Samsung juga memperkenalkan Samsung Galaxy Camera. Perkenalan ini dilakukan pada gelaran Samsung Galaxy Note II World Tour di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta.

Inilah tampilan Samsung Galaxy Camera dalam bentuk foto.

Samsung Galaxy Note II (Hands-on)

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Samsung Galaxy Note II telah diperkenalkan di Indonesia dalam gelaran Samsung Galaxy Note II World Tour hari ini (10/10). Mau tahu lebih jelas bagaimana bentuknya? CHIP.co.id hadirkan bentuknya dalam bentuk foto, berikut ini.

Samsung Galaxy Note II World Tour di Jakarta

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Samsung menggelar acara Samsung Galaxy Note II World Tour, yang bertempat di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta. Pada perhelatan ini, Samsung memperkenalkan 3 sekaligus perangkat terbarunya; Samsung Galaxy Note II, Samsung Galaxy Camera, dan Samsung Ativ Smart PC.

Sekitar pukul 12.18, Mr Yoo Young Kim selaku President PT Samsung Indonesia naik ke atas panggung untuk memberikan welcoming speech. Dia mengutarakan bahwa Indonesia, khususnya Jakarta, merupakan salah satu kota yang beruntung dapat didatangi Samsung Galaxy Note II World Tour.

"Device yang kami perkenalkan hari ini kami janjikan dapat memperkaya pengalaman Anda di dunia teknologi," ujar Yoo Young Kim.

Tibalah saat yang ditunggu, Yoo Young Kim akhirnya memperkenalkan Samsung Galaxy Note II. Para hadirin pun memberikan sambutan yang amat meriah.

Setelah Yoo Young Kim turun dari panggung, kini saatnya Andre Rompis selaku Vice President Monile Business PT Samsung Indonesia memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy Note II. Penjelasan ini diformat layaknya sebuah talk show, yang dipandu oleh sang MC, Marissa Nasution.

"Di Samsung, kami menciptakan (Galaxy) Note II untuk membantu tiap orang untuk mengeluarkan kreativitasnya secara maksimal," ujar Andre Rompis.

Seperti yang pernah dibahas di artikel ini, Samsung Galaxy Note II telah memiliki layar berteknologi Super HD Amoled sebesar 5,5 inci yang berasio 16:9. Samsung juga memangkas besarnya bazel agar Note II tampak lebih besar dan lebar. Selain itu, Note II menggunakan baterai 3.100 mAh. SPen di Note II juga lebih ditingkatkan lagi performanya. Untuk kabar lebih lanjut mengenai Note II, nantikan hanya di CHIP.co.id.

Kemudian, perangkat yang Samsung perkenalkan adalah Samsung Galaxy Camera. Andre Rompis pun kembali didaulat untuk memperkenalkan kamera digital berteknologi Android tersebut.

Terakhir, Sung Khiun selaku Directur IT Business PT Samsung Indonesia naik ke atas panggung untuk memperkenalkan Samsung Ativ Smart PC. Sebagai info tambahan, Samsung memperkenalkan dua seri dari Ativ, yaitu Samsung Ativ Smart PC dan Samsung Ativ Smart PC Pro.

Acara pun ditutup dengan sesi Product Experience bagi para media. Anda tentu ingin tahu lebih dalam mengenai tiga produk terbaru Samsung tersebut, bukan? Nantikan hanya di CHIP.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar