Sabtu, 06 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Sang Juara Sparxup Award 2012: DapurMasak.com dan Dilacak.com

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Selain Hackathon, Sparxup Award 2012 juga mengumumkan aplikasi terbaik dari 13 pemenang kompetisi startup di Sparxup 2012. Juri Sparxup 2012, antara lain Edi Taslim dari Kompas.com, Shinta Dhanuwardoyo dari Nusantara Ventures, William Henley dari IndoSterling Capital, dan Aulia Masna dari DailySocial.

Akhirnya, setelah penjurian yang juga menilai bisnis sebagai salah satu kriteria, terpilihlah dua startup terbaik. Juara 1 ajang kompetisi startup adalah DapurMasak.com. Untuk Juara 2-nya, terpilihlah Dilacak.com.

(KI-Ka) Tim DapurMasak.com dan Dilacak.com

DapurMasak.com berhak atas uang tunai Rp150 Juta dan hadiah dari sponsor. Sedangkan Dilacak.com, berhasil menggondol uang tunai sebesar Rp50 Juta, dan hadiah dari sponsor.

Selamat kepada para pemenang.

Ini Dia Pemenang Ajang Hackathon Sparxup 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Selesai sudah gelaran Sparxup Award 2012. Dihelat di Plaza Bapindo, Jakarta, terpilihlah yang terbaik dari para kontestan Sparxup Award 2012, baik gelaran Hackathon maupun Startup Competition.

Dari kegiatan Hackathon, akhirnya terpilihlah Top 4 aplikasi yang mendapatkan sebuah smartphone Nokia Lumia 710. Selain Top 4 aplikasi terbaik, tentu saja ada sang juara yang berhak menyandang gelar "Hackathon King", dan mendapat uang tunai sebesar Rp10 Juta. Terakhir, ada juga penghargaan khusus dari Evernote kepada aplikasi yang berbasis API dari mereka. Dan berhak atas uang tunai sebesar USD500.

Inilah sang juara di gelaran Hackathon:

Top 4 :

  • Taxify
  • Store Q
  • Diary Travel
  • Travelogger

Penghargaan Khusus dari Evernote:

  • Taxify

Hackathon King:

  • Taxify

Selamat kepada para pemenang. Kita tunggu saja gebrakan yang akan dilakukan oleh pemenang Hackathon Sparxup 2012 ini.

WD Meluncurkan Hard Drive Berkapasitas 4 TB

Posted:

(Storagereview)

CHIP.co.id - WD, perusahaan Western Digital mengumumkan tengah memperluas penawaran penyimpanan kelas enterprise dengan meluncurkan hard drive baru WD RE SAS dan WD RE SATA dengan kapasitas hingga 4 TB, terbesar di pasar saat ini.

Akan segera tersedia dalam kapasitas 1 TB, 2 TB, 3 TB dan 4 TB untuk nearline SAS dan 2 TB, 3 TB dan 4 TB untuk SATA, hard drive 3,5 inci WD RE SAS dan WD RE SATA untuk memenuhi permintaan lingkungan bisnis penting konvensional yang terus bertambah, memenuhi persyaratan kapasitas besar, kinerja tinggi komputasi awan, dan scale-out.

“Mengingat kebutuhan yang tak ada habisnya di seluruh segmen pasar, WD menawarkan antarmuka SAS dan SATA untuk hard drive WD 4 TB RE untuk memberikan dukungan  terbaik  bagi awan pribadi dan publik,” kata Doug Pickford, senior director  business marketing enterprise business unit WD.

“WD terus menjadi pelopor terutama di segmen pasar kapasitas 3,5 inci, dan WD RE SAS dan SATA 4 TB didesain, diuji, dan dioptimasi untuk penyimpanan enterprise dan aplikasi, memungkinkan kapasitas yang lebih tinggi hingga 33% dibandingkan dengan produk sebelumnya, dan kapasitas raw hingga 2,4 PB dalam rak tunggal perusahaan.”

Brett Roscoe, general manager dan executive director, PowerVault dan data management solutions, Dell Storage menambahkan, dengan drive hard disk 4 TB 7.200 baru dari WD, seri Dell PowerVault MD3 Array akan memberikan pelanggan kapasitas yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

“HDDs 4 TB baru dalam rangkaian MD3 Dense  yang baru diumumkan akan memungkinkan pelanggan untuk menyimpan lebih banyak data dalam form factor kompak, dengan penyimpanan data hingga 240 TB dalam rangkaian  yang padat dan tunggal dan maksimum 720 TB menggunakan single MD3 Dense array dan dua cakram 60 MD3 expansion closure.”
Fitur –fitur hard drive WD RE SAS dan WD RE SATA baru termasuk:

Dual port, konektivitas penuh duplex: Ideal untuk topologi perusahaan yang penting  bagi bisnis.
1.4M jam MTBF / 1,2M jam MTBF: Memberikan keunggulan tertinggi selama 24x7 dan pelaksanaan tugas hingga 100%, masing-masing untuk WD RE SAS dan SATA.

Ramah Lingkungan: Memenuhi RoHS, komponen minim halogen.

Teknologi ramp load NoTouch™: Recording heads tidak pernah menyentuh media cakram, memastikan keausannya dan media kurang secara signifikan  serta perlindungan in transit yang lebih baik untuk drive.

Dual Stage Actuation (DSA) dan Rotary Acceleration Feed Forward (RAFF™): Terbaik di kelas operasional dan kinerja saat drive sedang digunakan dalam chassis multi-drive rawan getaran.

Kapasitas Tertinggi: Sempurna untuk solusi-solusi penyimpanan perusahaan dengan kapasitas maksimum seperti scale out, penyimpanan awan,  RAID arrays, dan NAS; penyimpanan yang tersedia sebesar 2,4 PB (dengan 10 4U, 60 bay penutup).

Keunggulan Terbaik: platform 5-disk, 800 GB per platter, antar muka SAS, laju transfer sebesar 6 Gb/sec untuk kinerja tinggi 24x7.

Smartphone LG Nexus Diluncurkan Bulan Depan?

Posted:


CHIP.co.id - Situs berita MoDaCo, Jumat (5/10),  mengungkapkan sedikit informasi mengenai smartphone LG Nexus, yang kabarnya akan diluncurkan pertengahan November mendatang. Pendiri MoDaCo Paul O'Brien mengatakan, LG Nexus memiliki True-HD IPS screen 1280x768, dan prosesor tercepat bikinan Qualcomm, Snapdragon S4, dan RAM 2GB. 

LG Nexus juga dilengkapi baterai yang tak bisa dicopot, storage 8GB dan 16GB tanpa slot microSD. Diperkirakan layar LG Nexus akan sama dengan Optimus G, yakni 4,7 inci. Fitur andalan lain dari LG Nexus adalah wireless charging, yang belum pernah ada dalam versi Nexus sebelumnya. LG Nexus juga kabarnya akan diluncurkan bersama sistem operasi Android terbaru 4.2.

Selain LG, Samsung juga beberapa hari ini dirumorkan akan merilis Galaxy Nexus 2 tahun ini. Namun, belum ada konformasi dari perusahaan asal Korea Selatan itu.

 

Apple Mengenang Setahun Wafatnya Steve Jobs

Posted:

 

JAKARTA, chip.co.id, Demikianlah sebuah pesan yang disampaikan oleh CEO Apple, Tim Cook, di halaman muka website apple.com, mengenang satu tahun wafatnya seorang sosok yang telah mengubah Apple menjadi perusahaan yang dikenal di mata dunia saat ini, Steve Jobs.

Tidak hanya itu saja, saat membuka laman apple.com, anda akan melihat sebuah video yang berisi kenangan-kenangan akan Steve selama ia berada di Apple. Dapat terlihat beberapa gambar-gambar masa lampau sewaktu Steve masih memegang iMac berukuran kotak, iPod pertama kali diluncurkan, sampai pada peluncuran perdana iPhone. Apple juga mencuplik kutipan pernyataan Steve yang selalu dikenang orang hingga kini, pada saat ia memperkenalkan produk baru Apple. 

Tak bisa dipungkiri bahwa Steve Jobs telah banyak memberikan inspirasi bagi banyak orang maupun bagi perkembangan dunia IT. Banyak testimoni yang mengutarakan bahwa Steve Jobs telah "mengubah" dunia IT dan lifestyle saat ini. "Remembering Steve", sebuah kanal sharing yang dimuat di http://www.apple.com/stevejobs/ mengungkapkan betapa banyak orang yang tersentuh akan semangat dan kreativitas Steve.

Semoga dengan mengenang sosok Steve ini, kita dapat lebih belajar untuk terus berkreasi dan memberikan dampak yang positif bagi dunia. Terima kasih Steve, semoga Anda beristirahat dengan tenang.

Inilah 13 Pemenang Sparkup Award 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Gelaran Sparxup Award 2012 segera menuju titik puncaknya. Kemarin (4/10) ke-13 startup pemenang Sparxup Award 2012 telah mempresentasikan karyanya di hadapan juri. Dan hari ini (5/10), ke-13 pemenang startup ini akan disaring lagi hingga didapatkan pemenang utamanya.

Ingin tahu ke-13 pemenang Sparxup Award 2012? CHIP.co.id berikan sneak peak mengenai startup mereka.

Pulsk.com
Sosial konten platform. Dengan jargon "Share something WOW", Pulsk membuat Anda dapat saling berbagi konten dengan orang lain layaknya 9gag.

Temananak.com
Website media edukasi untuk anak, dan berguna untuk orang tua. Terdapat berbagai konten menarik, seperti origami, berbagai gambar, dan lain-lain. Intinya, dengan startup ini, para orangtua dapat mengajarkan sang anak untuk berbagai hal yang menarik.

Dapurmasak.com
Yang terpenting dari situs ini sebenarnya bukanlah resep masakan, tetapi dapat juga melakukan "recook" layaknya retweet atau reblog atau melakukan berbagi pengalaman memasak. Bisa dibilang ini merupakan social media dalam dunia masak-memasak. 340 resep (sekitar 150 me-recook), 3.000 member. Sekitar 3 bulan lagi, situs ini akan diluncurkan ke dalam versi mobile. Untuk melakukan "perlindungan hak cipta" mengenai originalitas resep yang masuk, terdapat moderator (ada 5 orang) untuk mengecek apakah resep tersebut asli (fotonya) atau bukan. Untuk foto, terdapat fitur baru "Filter" untuk melakukan retouch foto.

Mailbird
Sebuah aplikasi email berbasis Windows. Aplikasi ini bisa dibilang seperti Outlook atau Thunderbird. Membuat tampilan email layaknya sebuah conversation.

Vealvree
Sebuah tool berbasis internet untuk membantu calon pasangan suami istri untuk menyiapkan pernikahan mereka.

GarudaGames
Sebuah startup yang menyediakan berbagai game untuk platform iOS.

Faunia Rancher
Sebuha game yang berbasis perkebunan, layaknya farm frenzy/harvest moon. Game ini juga memiliki fungsi layaknya sebuah tamagotchi. Anda dapat merawat dan memelihara monster.

ShoppingMagz
Sebuah e-magz yang di-combined dengan e-commerce. E-magz ini juga cukup inovatif dengan menggabungkan berbagai konten seperti flash, video, dan lain-lain. Terdapat pula store untuk Anda membeli berbagai barang yang dijual di sana.

Tiket.com
Sebuah startup yang berfokus untuk solusi tiketing baik untuk travelling, konser, dll.

Trackpacking.com
Sebuah startup yang terinspirasi dari bincang-bincang sang founder dengan komunitas backpacker indonesia. Bisa dibilang ini merupakan tempat untuk sharing sesama backpacker.

Dilacak.com
Sebuah startup yang berguna untuk dapat melacak berbagai kendaraan. Bisa digunakan oleh berbagai perusahaan, misalnya perusahaan delivery untuk mengecek di manakah armada yang bertugas sedang berada secara real time. CHIP.co.id sangat tertarik dengan startup ini. Pasalnya, Anda juga dapat men-track orang terkasih, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Harpoen.com
Sebuah social network yang berbasis lokasi, layaknya foursquare. Social network ini memiliki tampilan home yang unik, layaknya sebuah radar, dan menampilkan berbagai tags yang berada di sekitar kita (yang menggunakan Harpoen tentunya).

Myedisi.com
Sebuah startup yang bergerak di bidang penerbitan. Para penerbit dapat mempromosikan edisi terbaru melalui myedisi.com. Majalah CHIP juga telah menggunakan myedisi.com untuk mempromosikan edisi terbarunya. Tahap pertama, myedisi.com akan menjadi sosial media untuk para penerbit memamerkan edisi terbarunya.

Kira-kira, siapakah yang akan menjadi pemenang utama? CHIP.co.id sendiri tidak bisa menebak. Bagaimana dengan Anda, CHIPers? Kita nantikan seiapa pemenang utamanya malam ini. Nantikan di CHIP.co.id untuk mengetahui pemenang utamanya.

Tuangkan Ide Street Art Anda di Open Spaces dari Google

Posted:

 

Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini (5/10), Google Indonesia memperkenalkan sebuah proyek terbarunya yang dinamakan Open Spaces. Open Spaces merupakan sebuah wadah untuk Anda yang ingin menuangkan ide berupa street art (seperti grafiti, tagging, dan lain-lain) yang diciptakan asli oleh Indonesia, dan untuk Indonesia.

Melalui Open Spaces, Anda dapat menuangkan berbagai ide seni dalam bentuk sebuah gambar yang dibuat di situs http://openspaces.co.id. Di situs ini, Anda membuat sebuah karya seni layaknya menggunakan aplikasi Paint di Windows. Bedanya, berbagai tools yang disediakan didesain amat mirip dengan yang digunakan oleh para pelaku street art. Uniknya, terdapat fitur yang dapat menampilkan karya Anda di berbagai gedung yang telah disediakan. Nantinya, Google akan memilih karya terbaik yang akan "digambar" pada tembok di gedung yang telah Google sediakan. Tentunya secara legal, karena Google telah meminta izin untuk melakukan hal tersebut.

"Ide dari proyek Open Spaces ini adalah untuk membantu para "artist untuk mendapatkan apresiasi atas karyanya. Tentunya kita tak mau melanggar hukum dengan membuat street art di jalanan yang tanpa izin," ujar Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia.

Untuk demo session, Google menghadirkan Sanchia, seorang artist yang dulunya merupakan seorang street artist. 

Saat ini, Open Spaces hanya tersedia di web browser. Mengapa? Karena Open Spaces menggunakan teknologi HTML 5 yang (saat ini) tersedia di web browser. Meskipun diciptakan oleh Google, Anda juga masih dapat membukanya via browser lain. Tentu saja, Krishna mengatakan bahwa pengalaman yang terbaik untuk mencoba Open Spaces adalah melalui Chrome (karena browser milik Google, tentu saja).

Sayangnya, Open Spaces belum dibuka untuk umum. CHIP.co.id termasuk yang beruntung untuk dapat mencoba Open Spaces terlebih dahulu. Mau tahu bagaimana hasil street art yang CHIP.co.id ciptakan? Lihat gambar di bawah.

 

Hari Ketiga Sparx Up Award 2012 (Live Report)

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini Sparx Up kembali menghadirkan konferensi yang bertema XXX: eXplore, eXecute, eXpand. Menghadirkan beragam pengguna yang bergelut di dunia start up, Sparx Up 2012 Conference mengajak Anda mengikuti perkembangan industri ini dari orang-orang yang sukses dari lokal dan internasional.

10.00 WIB Menunggu konferensi dibuka

10.15 WIB Rama Mamuaya, panitia Sparx Up 2012 memberikan kata sambutan untuk membuka konferensi bertaraf internasional. "Selamat datang di konferensi Sparx Up 2012 yang bertaraf Internasional, karena kami di sini menghadirkan para pembicara yang telah sukses di industri Start Up dari Indonesia dan juga Internasional," ungkapnya.

10.20 WIB Keynote: Joonas Hjelt (Exploring Indonesia's low end market). Pasar Indonesia yang sebagian besar menggunakan feature phone, membuat Blaast tertarik untuk melebarkan sayap di sini. "Pasar Indonesia yang  berkembang dengan sangat baik, membuat kita tertantang untuk menyediakan aplikasi yang dapat digunakan para pengguna Feature Phone. Blaast adalah aplikasi satu untuk segudang aplikasi, mempermudah kelas menengah ke bawah untuk menikmati aplikasi yang biasanya tidak ada digunakan di feature phone."

Selain menyenangkan, ada juga banyak masalah. Misalnya, sebanyak 90% pengguna data di sini selalu mengecek pulsa mereka, kualitas konektivitas data sangat mengecewakan, dan banyak di antara pengguna feature phone  yang kehilangan banyak pulsa karena harus terputus koneksi internet berkali-kali. Blaast Apps dirancang sangat ringan dan nyaman digunaka agar masyarakat di Indonesia dapat menikmatinya dengan mudah.

Setelah sukses meluncurkan aplikasi Blaast bersama dengan Nokia dan XL, Joonas Hjelt pun mengatakan, di bulan November nanti, akan menghadirkan aplikasi yang dapat digunakan di smartphone Android. "Karena pasar Indonesia berkembang sangat baik, kami berencana untuk mengembangkan aplikasi Blaast di Android. Kami pun juga memberikan kesempatan kepada para developer di Indonesia untuk bergabung dengan kami," ungkap Joonas Hjelt.

10.55 WIB Keynote: Ivan Hudyana (Executing E-commerce). Blibli.com Toko Online dengan sensasi belanja online store ala mall memberikan warna terbaru bagi para konsumer di Indonesia yang suka belanja, tetapi tidak memiliki waktu yang banyak untuk datang ke Mall.

Ivan Hudyana mendirikan start up Blibli.com, memberikan perubahan terbaru bagi bisnis e-commerce di Indonesia.

"Anytime, Anywhere Shopping itulah moto dari Blibli.com. Kami menyuguhkan pasar e-commerce yang berbeda dengan yang lainnya. Seperti tagline kami, kami menjangkau para pelanggan kami di mana dan kapan saja mereka ingin berbelanja," ungkap Ivan.

"Penawaran terbaru dari Blibli.com yang kami tawarkan adalah apabila pelanggan berbelanja jam 4 pagi, maka tepat saat pagi hari dalam waktu dua jam ke depan, benda yang mereka pesan telah ada di depan mata," tambah Ivan.

Ivan juga mengungkapkan pasar e-commerce di Indonesia itu sangat unik. Belum banyak orang yang terbiasa menggunakan internet untuk berbelanja karena pikiran mereka masih konvensional, bahwa membeli produk harus di Mall. Sebagai penggiat bisnis e-commerce, Ivan pun menambahkan; "Jika ingin tetap eksis di bidang ini, para penggiat e-commerce harus pintar-pintar memberikan sesuatu yang beda bagi para pelanggannya."


11.20 WIB Panel: Executing Tech Business in Indonesia: Hendrik Tio, Ferry Tenka, Roy Simangunsong, Yoga Nandiwardhana, Ivan Hudyana. Moderated by: Aulia Masna.
"Pasar e-commererce di Indonesia itu jika ditelaah lebih lanjut memiliki pangsa pasar yang besar, karena di sini penduduk yang sebanyak 240 juta orang belum semuanya melek internet. Jika kita lihat beberapa tahun ke depan, dan semakin berkembangnya teknologi smartphone di Indonesia, sudah pasti akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet, dan di sanalah kita sudah berada dan menjaring market sebanyak-banyaknya," ungkap Hendrik Tyo, CEO Bhinneka.com.

Mengambil tema tentang Executing Tech Business di Indonesia,  kelima panelis tersebut mengungkapkan tren pasar di Indonesia yang semakin membesar, dan dapat menjadi investasi yang menguntungkan bagi para investor yang ingin berkembang.


11. 45 WIB Keynote: Willix Halim. Freelancer.com sebagai penyedia tenaga outsourcing, mempertemukan para pelaku proyek online dengan para tenaga kerja ahli di dunia.

"Sejak bulan Mei 2009, Freelancer.com sebagai penyedia layanan outsourcing, mendukung produktivity para entrepreneurs mengembangkan visi mereka menjadi reality," ungkap Willis.

"Meskipun baru berusia muda, tetapi perkembangan pengguna kami sangat menjanjikan, kami telah merekam bahwa pengguna Freelancer.com telah mencapai 4.300.000 dari 234 negara, dan sudah membantu merealisasikan misi para enterpreneur kreatif sebanyak 2.500.000," tambah Willis.

Dengan total 150 pekerja yang tersebar di Sydney, London, Manila, dan Buenos Aires, Freelancer.com optimistis, Indonesia akan menjadi market yang potensial bagi mereka.

12.00 WIB Break of Sparx Up 2012 Conference.


13.25 WIB Keynote: Zane Adam - Microsoft Cloud. Menjelaskan lebih lengkap tentang teknologi Microsoft Azure. "Dengan teknologi cloud, maka para penggiat industri online dapat menikmati kemudahan investasi dan pengembangan teknologi di atas awan.

14.00 WIB Panel: Emerging Market Expansion. Akshay Patil, Troy Malone, Zane Adam, Willis, Noritaka Kobayashi. Moderated by: Ryu Kawano Suliawan.

Dengan mengangkat tema Emerging Market Expansion, para panelis yang telah berpengalaman sukses membesarkan market bisnis industri online berskala global, seperti; Foursquare, Evernote, Gree, dan Microsoft Cloud. Lagi-lagi lima panelis ini mengungkapkan bahwa pasar Indonesia adalah pasar yang sangat pontensial untuk lebih dijelajahi.

Selain membandingkan pasar Indonesia dan global, kelima panelis ini juga memfokuskan diri dalam ekspansi perusahaan mereka di Indonesia.

"Pasar di Indonesia itu sangat unik. Kami melihat peruntungan di negara yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 240 juta orang ini masih banyak yang dapat diolah. Apalagi, Evernote yang tidak pernah mempromosikan secara langsung produknya, ternyata telah mampu meraih pengguna sebanyak lebih dari 280 ribu orang, dari data ini kami pun optimistis bahwa pengguna kami akan semakin meningkat hingga akhir tahun ini," ungkap Troy Malone, GM APAC, Evernote.

"Kalau yang saya pelajari dari market Indonesia, kita berencana untuk melokalisasi produk kita di sini, caranya bagaimana? Salah satunya adalah kita telah menunjuk Country Manager yang telah bergelut merangkai pasar di Indonesia," tambah Wilix Halim, Freelancer.com.

15.15 Keynote: Teruhide Sato (Expanding to Indonesia). "Indonesia, negara yang sangat menjanjikan untuk memulai suatu industri. Jika dibandingkan dengan industri di Jepang, negara ini memiliki banyak sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi industri yang lebih menjanjikan," ungkap Teruhide Sato selaku Group CEO Netprice Japan.

Saat presentasi, Teruhide memberikan contoh industri start up yang telah sukses dari Jepang. Yang pertama dia berikan contoh adalah Rakuten, market leading pasar e-commerce di Jepang ini ternyata awalnya di tahun 2000 hingga 2004 tidak hanya mengembangkan Rakuten saja, tetapi mereka juga punya proyek sampingan, seperti infoseek dan mytrip.com. Selama kurun waktu tersebut, pasar e-commerce ini banyak mengalami jatuh bangun dan akhirnya Rakuten yang memulai pasar global di tahun 2008, yang membuat mereka berkembang seperti saat ini.

Kemudian ada CyberAgent. JikaAnda penggiat game di Facebook, pasti pernah mendengar permainan Ameba Pico, Yup! CyberAgent adalah developer dan publisher game yang telah merenggut hati banyak penikmat game social media di Jepang dan seluruh dunia pastinya, karena menampilkan tokoh-tokoh berbadan chibi yang imut. Tetapi, sebelum CyberAgent sesukses hari ini, sejak tahun1998 mereka juga pernah mengalami pasang surut, tetapi tetap bertahan hingga saat ini.

Kemudian ada DeNA, mobile publisher terbesar di Jepang ini, sejak tahun 1998 telah menghasilkan beberapa aplikasi unggulan untuk pasar mobile, mulai dari bidders online market place dan travel, payment, online travel, mobile e-commerce hingga akhirnya mobile game seperti saat ini.

"Dari kisah sukses di atas, kita dapat mengambil sedikit yang dapat ditelaah dan dipelajari. Salah satunya adalah, belajar dari kisah sukses orang lain dan membaca kebutuhan market yang ada di sekitar Anda (lokal). Misalnya saja Rakuten yang menyediakan konten berbelanja bagi masyarakat Jepang dan akhirnya mereka dapat mengespansi diri ke lingkup global, karena pertama mereka mengutamakan kebutuhan lokal mereka. Dengan mempelajari kebutuhan lokal, maka kita dapat mulai meraba kebutuhan pasar global mulai dari lingkup terkecil hingga ke besar," jelas Teruhide.

15.45 WIB Panel: Exploring Indonesian Market. Reza Prabowo, Fachry Bafadal, Dondy Bappedyanto, Italo Gani. Moderated by: Antonny Liem

Setelah mempelajari pasar Jepang, akhirnya di penghujung acara Sparx Up 2012 Conference terdapat empat panelis yang mencurahkan kisah sukses mereka di dunia start up Indonesia. Dimoderatori oleh Antonny Liem, diskusi panel terakhir ini terasa akrab di telinga peserta konferensi dari Indonesia, karena pada dasarnya mereka yang telah bergelut di industri start up pasti sudah kenal dengan keempat panelis tersebut. Tetapi karena masih hal yang baru bagi para peserta konferensi dari luar Indonesia, otomatis diskusi panel terakhir tersebut membuat mereka semakin penasaran dengan pasar Indonesia.

Mengambil tema Exploring Indonesian Market, keempat panelis menceritakan kisah sukses pasar dimulai dari Reza Prabowo yang sukses dengan RaveWarrior Studio dan Fowab, Fachry Bafadal dengan 1bit Media dan Bancakan 2.0, Dondy Bappedyanto selaku General Manager, Infinys Cloud System, dan Italo Gani Inbound Marketing. Mereka mengungkapkan, pasar Indonesia itu pasar yang sangat bervariasi dan menarik untuk diselami, karena tidak ada negara lagi di dunia yang unik seperti Indonesia.

16.35 WIB Finish Sparx Up 2012 Conference.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar