Rabu, 10 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Opera Mobile 12.1 untuk Android Sudah Bisa Diunduh

Posted:


CHIP.co.id - Opera meluncurkan Opera Mobile 12.1 terbaru untuk Android di Google Play Store. Meskipun dibuat khusus untuk empat chipset yang berbeda, ARM v5 dan v7, MIPS dan X86, perambah Opera Mobile 12.1 tetap ringan karena Anda hanya akan mendapat versi yang cocok untuk chipset di ponsel Android atau di tablet Anda. Opera Mobile 12.1 diklaim lebih ringan dan ramping.

Selain itu, ada juga fitur pengamanan baru untuk mendeteksi ketika Anda membuka situs mencurigakan atau digunakan untuk kegiatan terlarang. Opera Mobile pun mendukung standar web, memastikan pengalaman berselancar dalam ponsel Anda sedekat mungkin dengan pengalaman berselancar dengan menggunakan desktop.

 Dalam Opera Mobile, beberapa fitur yang sebelumnya hanya dapat dilihat di layar komputer, seperti:

SPDY. Protokol SPDY membuat halaman web menjadi lebih efisien. Twitter dan Gmail adalah dua pengadopsi pertama protokol SPDY. Rumor menyebutkan bahwa SPDY akan diucapkan “spø-ddi” dalam bahasa Norwegia.

WebSockets: Dengan WebSockets, perambah di ponsel Anda akan mendapatkan akses teratas ke server web, memperbaiki komunikasi dua arah antara perangkat ponsel Anda dan server web untuk aplikasi.

Fitur CSS: dukungan baru untuk animasi CSS dan Flexbox memungkinkan pengembang web untuk menjadi lebih kreatif dalam desain dan layout situs web mereka.

Lebih banyak HTML5: Opera memasukan HTML5 seperti HTML5 Drag and Drop dan HTML5 Clipboard API ke dalam Opera Mobile 12.1. Fitur-fitur ini membantu para pengembang web untuk terkoneksi lebih baik di peralatan berselancar dan seperti contohnya akses isi clipboard seperti tulisan dan gambar.

Samsung Galaxy S III Mini Dirilis Besok

Posted:

(Samsung)

CHIP.co.id - Samsung akhirnya mengkonfirmasi bahwa mereka akan merilis Samsung Galaxy S III Mini pada 11 Oktober besok di Jerman. Hal tersebut disampaikan langsung oleh JK Shin, head of Samsung Mobile Communications.

Galaxy S III Mini memiliki layar 4 inci, sama dengan iPhone 5. Langkah Samsung tergolog tidak biasa karena umumnya smartphone Android kelas premium cenderung memiliki layar 4,5 inci atau lebih.

Shin tidak mengungkap secara detail tentang perangkat tersebut, walupun dia mengatakan bahwa hal itu didorong meningkatnya permintaan perangkat 4 inci di Eropa. Meski berukuran lebih kecil, Galaxy S III Mini bukan termasuk kelas pemula karena fiturnya akan sama dengan Galaxy S III.

"Kami akan merilis Galaxy S III 4 inci pada tanggal 11 di Jerman," kata Shin. "Banyak sekali permintaan terhadap perangkat 4 inci di Eropa. Beberapa orang menyebutnya perangkat level pemula, tapi kami menyebutnya mini."

Pengumuman Samsung ini hanya berlangsung tak lama setelah para jurnalis ramai memberitakan bahwa Apple juga akan mengumumkan iPad Mini pekan ini.

Memilih Modem yang Tepat

Posted:

(ZTE MF70/CHIP)

CHIP.co.id - Pilihan modem di pasar kian beragam. Kita yang awam dengan teknologi sering kali bingung memilih yang betul-betul sesuai kebutuhan. Seorang pemain game tentu berbeda kebutuhannya dengan jurnalis, arsitek, banker, mahasiswa, atau pebisnis online. Selain dari sisi kecepatan, kita juga dihadapkan kepada modem yang kaya fitur, misalkan bisa sebagai WiFi access point sekaligus router, dan mengkoneksikan beberapa perangkat nirkabel, sehingga para pengguna bisa saling berbagi file.

Persoalan kecepatan sampai kini agaknya masih menjadi iming-iming utama yang ditawarkan para vendor. Kalau kita perhatikan iklan di televisi, billboard, poster, selebaran, dan brosur, kecepatan modem biasanya ditulis secara menonjol; 21 Mbps, 14 Mbps, 3,6 Mbps (kata up to biasanya ditulis kecil) atau slogan lainnya, seperti anti-lelet, nyambung teruss. Biasanya orang -apa pun pekerjaannya- cenderung memilih modem yang kecepatannya paling tinggi, dengan harapan tentu saja bisa mengakses internet tanpa terputus. Pertanyaanya, apakah harapan itu tercapai?

Jawabannya tentu tergantung pengalaman masing-masing orang. Namun, menurut pengalaman saya, kecepatan yang ditawarkan modem itu sama sekali tak berguna karena sebenarnya semuanya tergantung pada kualitas sinyal penyedia jaringan telekomunikasi. Tak usah bayangkan kita sedang berada di pedalaman hutan Kalimantan sana, di belantara gedung Jakarta saja tidak semua sinyal provider telekomunikasi baik. Sering kan, sinyal smartphone Anda tiba-tiba hilang ketika berada di sudut ruangan gedung tertentu?

Itu pula yang saya alami ketika menghadiri acara peluncuran modem ZTE MF70 di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (10/10) siang. ZTE MF70 menggabungkan fungsi modem 3G sekaligus WiFi router. Secara teori, seperti disebut Susanto Sosilo, Director of Device Division ZTE Indonesia, MF70 mampu menjelajahi internet dengan kecepatan mencapai 21,6 Mbps. "Selain itu, ZTE MF70 menawarkan kemampuan yang belum dimiliki oleh modem jenis lain, yaitu kemampuan untuk mengkoneksikan hingga 10 perangkat nirkabel," katanya.

ZTE MF70 yang diperkuat empat prosesor bikinan Qualcomm, juga memiliki slot microSD hingga 32 GB. Pengguna bisa menyimpan dan mengakses file di modem dengan atau tanpa password tertentu. Caranya cukup mudah, hanya dengan menancapkan MF70 ke portal USB yang dialiri listri, misal pada komputer, power bank atau portable charger dengan konektor standar USB, pengguna bisa langsung menggunakan MF70 sebagai hotspot dan pusat berbagi pakai file. Perangkat ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows 7, Windows XP, Windows Vista, Linux, dan Mac OS X tanpa membutuhkan instalasi driver.

Dengan menggandeng Telkomsel Flash sebagai mitra, ZTE membanderol MF70 seharga Rp599 ribu. Pada saat peluncuran, pihak ZTE mengoperasikan empat unit MF70 yang diberi kode, A, B, C, dan D. Karena membawa MacBook, saya sempat mencoba mengakses keempat modem tersebut secara bergiliran dari jarak sekitar tiga meter. Hasilnya sungguh mengecewakan. Bahkan di dalam gedung di Jakarta Pusat pun, kecepatan yang dijanjikan hingga 21Mbps itu tak bisa tercapai. Kecepatan unduh dan unggahnya bahkan tak pernah mencapai 100Kbps, kadang-kadang 0B, dan hasil akhirnya saya susah sekali mengakses situs berita.

Karena penasaran, saya sempat meminta dua orang teman di samping dan di depan saya untuk mengakses internet menggunakan keempat modem itu secara bergiliran pula, melalui smartphone dan tablet mereka. Hasilnya ternyawa sami mawon. Padahal, ketika itu pengguna yang mengakses MF70 tak sampai 10 orang, batas maksimum yang dipromosikan ZTE.

Sebagai perbandingan, saya menancapkan modem Huawei milik saya, berkecepatan hingga 3,6Mbps yang juga menggunakan Telkomsel Flash. Hasilnya tetap sama leletnya. Seperti disebutkan di atas, persoalannya bukan semata-mata pada modemnya, tetapi chipset provider mana yang kita gunakan.

Saya jadi teringat, dalam satu diskusi di FX Plaza beberapa waktu lalu, founder Cloud Indonesia Alex Budianto ditanya tentang kecepatan internet di Indonesia oleh salah satu peserta. Mendengar pertanyaan itu Alex tertawa, dan bingung bagaimana solusi agar kecepatan akses internet di Indonesia bisa tinggi. Saking tidak stabilnya koneksi internet, Alex mengaku sampai harus mempunyai empat modem dengan provider yang berbeda-beda. "Dan kadang semuanya lelet, enggak tahulah solusinya apa, menterinya juga lagi sibuk bikin pantun," katanya.

Sebagai kesimpulan, saya menyarankan lebih baik membeli modem yang biasa-bisa saja, dan pilih provider telepon yang sinyalnya relatif paling stabil di daerah Anda. Anda punya pendapat lain? mari berbagi dengan pengguna lainnya di kolom komentar di bawah.

Menjelang Indocomtech dan Jakarta Game Show 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Para penggemar Teknologi Informasi (TI) dan para gamers di Indonesia saat ini tengah menantikan acara pameran TI terbesar di Tanah Air, Indocomtech dan Jakarta Game Show (JGS) 2012. Pameran ini akan digelar selama lima hari mulai tanggal 31 Oktober – 4 November 2012 di Jakarta Convention Center (JCC), tepatnya di area Hall A, Hall B, Cendrawasih, Main Lobby dan Plenary Hall.

Pameran yang diselenggarakan oleh Yayasan Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo, kali ini mengambil tema “Connect to the Future”, menggambarkan bahwa teknologi ICT (Information and Communication Technology) atau TI dan komunikasi telah berhasil memenuhi berbagai kebutuhan manusia, hingga merambah ke hal-hal yang bahkan tidak terbayangkan sebelumnya.

Selain pameran produk teranyar dari para produsen komputer dan gaming di Indonesia, salah satu hal yang ditunggu-tunggu masyarakat adalah program andalan yang akan hadir selama pameran berlangsung.

Dwi Putri Winahyu, Manager IT Division Dyandra Promosindo mengungkapkan bahwa dengan bersinerginya pameran Indocomtech dan Jakarta Game Show 2012 akan menjadi ajang yang tepat bagi semua penggemar gadget dan gamers, “Selain berbagai update teknologi dan produk terbaru yang belum ada di pasaran, masyarakat bisa mendapatkan berbagai hiburan  dari program acara yang kami selenggarakan selama lima hari pameran,” terang nya.

Indocomtech Award 2012

Berkaca dari reputasi Indocomtech sebagai salah satu influencer bagi pengunjung setianya, Yayasan Apkomindo bersama Majalah InfoKomputer akan menyelenggarakan program andalah terbaru pada Indocomtech 2012, Indocomtech Award 2012. Sebuah penghargaan resmi terhadap produk-produk terbaik yang dipamerkan di acara Indocomtech 2012, dan dapat menjadi acuan bagi para pengunjung dalam menentukan produk pilihan terbaik untuk dibawa pulang.

Akan ada tujuh penghargaan untuk Best Product pada Indocomtech Award 2012, yang terdiri dari kategori Notebook, Ultrabook, Smartphone, Tablet PC, Printer All-in-One, Networking, dan Aksesoris.

Sistem penilaian untuk Best Product Award menggunakan matriks dengan 3 parameter utama, yakni:
Inovasi : Bagaimana sebuah produk memanfaatkan teknologi terbaru yang memberikan nilai tambah kepada pengguna dibanding produk sejenis;

Kegunaan : Bagaimana sebuah produk memberikan kemudahan pakai kepada pengguna; serta

Performa : Bagaimana sebuah produk memberikan menggunakan teknologi terbaru yang memberikan peningkatan kinerja kerjanya.

Best Product Award  terbuka untuk semua produk yang akan dipamerkan dalam Indocomtech 2012, kemudian produk dan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya akan dinilai oleh tiga orang dewan juri, yakni Wisnu Nugroho, Managing Editor InfoKomputer, Deny Adi Prasetyo, Ketua Lab Pengujian InfoKomputer, dan Cakrawala Ginting, Wakil Lab Pengujian InfoKomputer.

Tidak hanya untuk kategori produk, Indocomtech Award juga diberikan kepada individu yang kontribusi signifikan terhadap perkembangan industri teknologi informasi di Indonesia. Special Award  sendiri terbagi dalam 2 kategori, yaitu Person of the Year yang merupakan penghargaan terhadap individu di bidang teknologi informasi yang mencatat prestasi spesial sepanjang tahun 2012, serta Lifetime Achievement Award, penghargaan terhadap individu yang memberikan kontribusi penting dalam perkembangan industri teknologi informasi. Produk-produk terbaik yang memperoleh penghargaan Indocomtech Award 2012 akan dipamerkan di area khusus Indocomtech 2012, dan pemenangnya sendiri akan diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2012 di ajang Indocomtech 2012.

Indonesian Fighting Games Championship (IFGC)

Perhelatan Jakarta Games Show (JGS) 2012 yang akan hadir bersamaan dengan penyelenggaraan Indocomtech 2012, akan mengisi seluruh area plenary JCC. JGS 2012 yang merupakan hasil kerjasama Dyandra Promosindo dengan Majalah Hotgame dan Digitalife, kembali akan menampilkan berbagai publisher dan developer game terbaik nasional maupun dari luar negeri. Beberapa publisher pun bersiap meluncurkan produk terbarunya. Tak hanya itu, berbagai program acara dan kompetisi juga dipersiapkan pihak panitia, satu program seru yang sangat menarik bagi para gamers adalah Indonesian Fighting Games Championship (IFGC).

Mengusung misi untuk membangun komunitas yang solid dan mampu berlaga di ajang internasional,

Advance Guard, sebuah komunitas pencinta games fighting di Indonesia menyelenggarakan program IFGC sebagai salah satu program unggulan di JGS 2012. Berlangsung selama pameran JGS, IFGC akan menghadirkan 4 sesi mulai dari Coaching Clinic, Minigames, Interviews, dan Turnamen tiga permainan terpopuler saat ini, yaitu Tekken Tag Tournament 2 Unlimited (TTT2U), Persona4 Arena (P4A), serta Ultimate Marvel vs Capcom 3 (UMVC3). Masing-masing kompetisi yang berdurasi 60 menit  tesebut  akan menyisakan 3 pemain terbaik sebagai juaranya.

Dunia video games di JGS 2012 tidak melulu menjadi area remaja maupun orang dewasa. Pada pameran kali ini anak-anak pun menjadi prioritas panitia. Mencoba merangkul gamers dari seluruh segmen usia,  JGS 2012 mencoba memenuhi fantasi anak-anak dengan game Animal Kaiser.

Game Arcade berbasis kartu yang populer di kalangan anak-anak berusia 4-10 tahun, ini adalah game pertarungan penuh khayalan dengan binatang sebagai karakter utama. Di Indonesia, Animal Kaiser ternyata juga mendapat respons positif, salah satu kelebihan game ini, yaitu ketika selesai bermain, kartu Animal Kaiser yang keluar dari mesin game dapat dikoleksi atau dimainkan kembali dengan kekuatan berbeda.

Khusus di JGS 2012, anak-anak penggila Animal Kaiser dapat menunjukan kebolehan mereka di area khusus pada booth Majalah XYKids yang bekerjasama dengan Namco Bandai .

Computer Festival 2012 Selenggarakan Seminar IT Skala Nasional

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Computer Festival  (CompFest) 2012 adalah salah satu acara besar berskala nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASILKOM UI) di bidang teknologi informasi. Memasuki tahun keempatnya ini, CompFest 2012 mengusung tema “ATOMIC” yang merupakan singkatan dari Advancing the Atmosphere of Innovation and Education. Untuk tahun ini CompFest 2012 memiliki empat rangkaian acara yaitu Competition, Roadshow, Seminar, dan Expo.

Salah satu rangkaian acara dari Computer Festival 2012 yang dinanti-nantikan adalah Seminar CompFest 2012. Sesuai dengan tema CompFest tahun ini, maka topik-topik seminar akan dipenuhi dengan pembicaraan tentang inovasi-inovasi teknologi baik di bidang game development, telecommunication network, social media maupun di bidang-bidang seperti digital marketing dan online business. Seminar CompFest 2012 akan diadakan pada tanggal 13 – 14 Oktober 2012 dan bertempat di Auditorium Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia Lantai 6. Seminar CompFest tahun ini memiliki tema tersendiri yaitu “Innovation of Future Technology for Developing Human Needs”.

Seminar pertama berjudul “IT Innovation in Security and Efficiency of E-Commerce Transaction for Indonesian Local Business” akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 10.00-12.00 WIB. Seminar berdurasi 2 jam ini akan diisi oleh William Tanuwijaya, Co-Founder serta CEO Tokopedia.com, dan Aria Rajasa, CEO GantiBaju.com serta CEO tees.co.id. Seminar ini akan dipandu oleh Natali Ardianto, inisiator StartUp Lokal Community.

Seminar kedua berjudul “Innovation of Sentiment Analysis Technology in Developing Social Media”. Seminar ini akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 13.00-15.00 WIB. Seminar mengenai sentiment analysis ini akan diisi oleh Roby Muhamad, peneliti di bidang jejaring sosial, narasi, dan kecerdasan kolektif (teori demokrasi), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia serta Co-Founder Akonlabs.com, dan Enda Nasution, managing director di SalingSilang.com. Seminar ini akan dipandu oleh Hisar Maruli Manurung, dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Seminar ketiga berjudul “Innovation of Open Base Transceiver Station as Telecommunication Solution”. Seminar ini akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 16.00-18.00 WIB. Seminar yang membahas teknologi berbasis open-source ini akan dibawakan oleh Onno W. Purbo, praktisi IT ahli di bidang ini dan dipandu oleh Mutiara Aisyah, konsultan web administrasi dari World Bank.

Seminar keempat yang berjudul “Innovation of Augmented Reality Mobile Games in Indonesia” akan diadakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 10.00-12.00 WIB. Seminar yang berkaitan kuat dengan mobile games ini akan dibawakan oleh Narenda Wicaksono, Developer Manager Lead Nokia dan Aditia Dwiperdana, Academy Guild Master Agate Studio. Seminar ini akan dipandu oleh Putra Setia Utama, pendiri dan penulis di TeknoJurnal.

Seminar kelima yang berjudul “Innovation of Gamification as a Part of Digital Marketing” akan diadakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 13.00 WIB. Seminar ini akan dibawakan oleh Thomas Joseph, direktur PT Future Mediatrix dan akan dipandu oleh Rhein Mahatma, Pendiri StartUpBisnis.

Seminar keenam berjudul “Innovation of Cloud Computing to Support Indonesia's UKM”. Seminar ini akan dilangsungkan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 16.00 WIB. Seminar ini akan dibawakan oleh Bimo Purbo, Solution Development Group Head TelkomSigma dan Shashidhar Savkur, Managing Director PT Hewlett-Packard Indonesia. Seminar ini akan dipandu oleh Alex Budianto, koordinator CloudIndonesia.

Keenam seminar ini bersifat GRATIS (FREE) dan terbuka untuk umum dengan kapasitas peserta di setiap seminar sebanyak 200 orang. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan www.compfest2012.com/seminar.  Pendaftaran hanya akan dibuka hingga tanggal 11 Oktober 2012. Calon peserta seminar diwajibkan untuk mengisi kolom motivation statement saat mendaftar!

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website Computer Festival  2012 di www.compfest2012.com , like Facebook Page Computer Testival 2012 di www.facebook.com/CompFest,  dan follow twitter Computer Festival 2012 di @CompFest.

Samsung Galaxy Note II World Tour di Jakarta (Live Report)

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Samsung menggelar acara Samsung Galaxy Note II World Tour, yang bertempat di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta. Pada perhelatan ini, Samsung memperkenalkan 3 sekaligus perangkat terbarunya; Samsung Galaxy Note II, Samsung Galaxy Camera, dan Samsung Ativ Smart PC.

Tunggu informasi selanjutnya.

Genius DeathTaker, Mouse Gaming yang Mudah Dioprek

Posted:


CHIP.co.id - Genius kembali luncurkan gaming mouse andalannya, DeathTaker. Mouse ini termasuk dalam jajaran GX Gaming dari Genius.

DeathTaker memiliki sembilan tombol yang dapat diatur setting-annya. Genius juga menyertakan Scorpion UI yang memungkinkan Anda untuk mengatur hingga 55 keys dalam 5 profil berbeda. DeathTaker dilengkapi dengan on-board memory yang berguna untuk menyimpan setting tersebut. Terdapat berbagai pilihan warna backlight yang dapat diubah sesuai keinginan, hingga 16 juta warna.

DeathTaker juga dilengkapi dengan over-clocking SCGii engine yang dirancang untuk games MMO dan RTS. Anda dapat mengatur axis X dan Y dari 100 hingga 5700 dpi. Terdapat pula sistem pemberat yang dapat dilepas sebanyak 6 buah, dengan berat masing masing 4.5 grams yang difungsikan untuk mendapatkan keseimbangan.

Genius menggunakan high-quality braided cable dengan gold-plated USB connector pada DeathTaker. Genius juga menjamin Anda tidak perlu khawatir dengan gangguan selama bermain.

IMO Hadirkan Smartphone Dual Core Seharga Dua Jutaan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Media Tek, perusahaan produsen semi-konduktor fabless untuk solusi komunikasi nirkabel dan multimedia digital, bersama Telkomsel, dan IMO hari ini mengumumkan kelanjutan kerja sama strategis mereka untuk menghadirkan platform dual-core kaya multimedia yang secara khusus dikembangkan untuk smartphone dengan harga di bawah dua juta rupiah untuk para pengguna di Indonesia.

Dengan kerja sama tersebut, pengguna telepon seluler (ponsel) di Indonesia dapat menikmati pengalaman yang lebih dari smartphone dengan harga terjangkau. Selain itu, produsen perangkat lokal pun akan memperoleh keuntungan dari berkurangnya waktu penyediaan produk ke pasar serta biaya pengembangan yang lebih murah.

“Rangkaian solusi smartphone dari MediaTek membuka kesempatan bagi operator telekomunikasi seperti kami. MediaTek menghadirkan ponsel yang bertenaga dan terjangkau ke pasar Asia Tenggara, sehingga mengurangi hambatan untuk masuk ke pasar,” jelas Adhi Putranto, Head of Core Product Marketing Division Telkomsel. “Seiring dengan pertumbuhan smartphone di pasar ponsel di Indonesia, chipset terbaru dari MediaTek ini sangat sesuai untuk membantu kami menjawab permintaan masyarakat Indonesia dengan memperkuat ponsel berharga terjangkau dengan solusi turnkey advanced.”

Platform MediaTek MT6577 menggabungkan arsitektur aplikasi prosesor dual-core yang telah banyak digunakan pada smartphone premium saat ini. MediaTek MT6577 saat ini telah digunakan oleh smartphone keluaran pelanggan global MediaTek, seperti smartphone IMO S88 Discovery dan tablet ORION. Model smartphone pertama dengan chipset ini kini telah tersedia di Indonesia, dan akan disusul oleh 10 model lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

“IMO senang dapat bekerja sama dengan MediaTek di Indonesia. Kami menantikan dampak signifikan dari kerja sama ini bagi pasar lokal, yaitu keterjangkauan dan ketersediaan smartphone,” kata Sarwo Wiguno Wargano, Presiden Direktur IMO.

Didorong oleh tekanan kuat dari pasar negara berkembang untuk produk berbiaya efektif, smartphone diperkirakan akan mendorong mayoritas penjualan ponsel global pada 2013. GFA Asia, sebuah perusahaan peneliti pasar, baru-baru ini melaporkan bahwa penjualan ponsel di Asia Tenggara bertumbuh secara eksponensial selama setahun terakhir dengan total 118 juta unit ponsel terjual dalam periode tersebut, dengan peningkatan penjualan sebesar 56% di Indonesia.

MT6577 menghadirkan aplikasi prosesor dual-core 1GHz CortexTM-A9 dari ARM, modem 3G/ HSDPA MediaTek yang telah teruji, serta menjalankan sistem operasi terbaru Android 4.1 Jelly Bean. Chipset ini dapat mendukung pengalaman multimedia yang kaya    dengan kamera 8 Mega Pixel, video playback sampai dengan 1080p Full-HD dan tampilan beresolusi tinggi sampai dengan resolusi 720p (1280x720). Bagi penggemar game, MediaTek MT6577 telah memungkinkan rekanan seperti Gameloft dapat menawarkan produknya dan berjalan maksimal di platform ini, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

“Dengan MT6577, kini konsumen di Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari perangkat berperforma-tinggi dengan harga terjangkau. Solusi smartphone dari MediaTek telah diterima dengan sangat baik oleh para pelanggan dan pengguna di seluruh dunia,” jelas Dr. Finbarr Moynihan, General Manager of Business Development MediaTek.

“MT6577 membawa level kinerja dan pengalaman pengguna yang lebih baik ke keluarga smartphone MediaTek, yang sebelumnya hanya tersedia pada perangkat kelas atas (high-end). MediaTek bangga menjadi perusahaan terdepan yang memungkinkan kebebasan memilih smartphone.”

Samsung Luncurkan Smartphone Galaxy Music

Posted:

(Samsung)

CHIP.co.id - Samsung Electronics baru saja meluncurkan smartphone Galaxy Music, perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 dengan audio khusus dan fitur musik. Smartphone tersebut muncul dengan dua speaker stereo, dan built-in radio.

Galaxy Music juga dilengkapi fitur Sound Alive untuk membuat suara bas lebih dahsyat, nada, memperjelas suara dan secara otomatis menyesuaikan kualitasnya sesuai tipe musik. Ada juga fitur Sound Retrieval System yang menambah efek tertentu terhadap musik dan mencoba mereproduksi surround sound 5.1 dengan hanya dua speaker.

Guna memuaskan pengila musik, Samsung menyematkan tombol khusus pada Galaxy Musik yang bisa dipencet untuk mempercepat akses terhadap audio player. Smartphone terbaru ini dirancang untuk level pemula dengan layar QVGA 240x320 pixel, internal memory 512 MB, storage 4GB, dan slot microSD yang bisa menambah storage hingga 32GB. Sebagai pelengkap, Samsung menambahkan kamera 3MP di bagian belakang. Galaxy Music akan muncul juga dalam versi dual-SIM.

Sayangnya, belum ada keterangan harga ponsel tersebut sampai saat ini.

Angry Birds Star Wars Meluncur 8 November

Posted:


CHIP.co.id - Kabar gembira bagi penggemar game Angry Birds. Rovio akan segera merilis versi baru yang disebut Angry Birds Star Wars pada 8 November mendatang. Game tenar tersebut akan tersedia untuk bermacam platform termasuk iOS, Android, Mac, PC, Windows Phone 8 bahkan Windows 8.

Berdasarkan keterangan Rovio, game ini akan menampilkan tokoh ikon dari Star Wars.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inikah Wujud iPad Mini?

Posted:

(cnet)

CHIP.co.id - Rumor mengenai rencana Apple meluncurkan iPad Mini kian kencang mendekati peluncuran yang dipercaya berlangsung awal November mendatang. Hal ini mirip seperti jelang pengumuman Apple mengenai iPhone 5 tanggal 12 September lalu.

Rumor terbaru muncul dari peneliti situs berita 9to5mac, Sonny Dickson yang memposting foto iPad Mini ke akun instagramnya malam ini. Berikut penampakannya:

(cnet)

Indonesia Game Show 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Setelah sukses diadakan empat tahun lalu, pameran game Indonesia Game Show (IGS) 2012, kembali diselenggarakan oleh Mediatama Binakreasi, Rapture Gaming dan Gamestation.

Acara yang akan berlangsung tanggal 12 - 14 Oktober 2012 di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta. Tahun ini, pameran game yang menargetkan 20.000 pengunjung selama tiga hari ini akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti mobile gaming competition, seminar, talk show, dan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

"Event IGS 2012 akan mengajak para gamer lebih mengenal lebih jauh industri game Indonesia. Terdapat total 79 booth, 39 perusahaan game, dan 24 game developer yang akan hadir di event ini," ujar Wendy Hendra dari Gamestation.

Rencananya, IGS 2012 akan mengadakan acara utama, yakni kompetisi e-sport game yang diakui di dunia Internasional; World Cyber Game (WCG) 2012 road to China, Electronic Sport Cyber Game (ESWC) 2012 road to Paris dan The Game Expo (TGX) 2012 road to Malaysia.

Selain e-sport game utama, IGS juga mengajak para gamer untuk datang bertanding dalam kompetisi yang diadakan oleh game publisher dan sponsor seperti Shadow Company dari Qeon Interactive, Durabily Contest yang disponsori oleh Intel Indonesia.

"Rapture Gaming selaku panitia akan mengadakan kompetisi game kelas dunia yang dapat diikuti oleh para gamers di Indonesia," jelas Herman NG, CEO Rapture Gaming.

Yang menarik dari IGS 2012 juga terdapat Talkshow istimewa dari pembuat game populer "Crash Bandicot", "Sakura Wars", dan "Kingdom Hearts", Shuji Utsumi dari Q Entertaiment yang membahas perkembangan di dunia game saat ini.

ROG Overclocker Pecahkan Empat Rekor Dunia

Posted:

Tampak kepulan asap liquid cooling saat anggota tim sedang "bekerja"

CHIP.co.id - Sekelompok overclocker profesional mengunjungi kantor pusat ASUS untuk memecahkan rekor dunia benchmarking. Menggunakan motherboard ROG Maximus V Extreme, processor Intel Core i7-3770K,  dan liquid cooling yang berlimpah, tim ini berhasil memecahkan rekor di empat kategori, yaitu CPU clock speed: 7,1843GHz, SuperPi 1M: 5,094 detik, SuperPi 32M: 4 menit 43 detik, dan PiFast: 10,16 detik.

Para overclocker terkemuka di dunia berkumpul di ASUS HQ dalam rangka untuk menghasilkan prestasi dengan memecahkan rekor dunia. Kali ini para pesertanya adalah Smoke dan 12 (anggota dari dari TeamRU), Hazzan (peserta dari Indonesia, sebelumnya juga telah ambil bagian dalam acara ROG Absolute Zero), Piwor, juga maestro professional hardware dari ROG yaitu Andre Yang dan Shamino.

Dalam ajang pemecahan rekor kali ini menggunakan sejumlah pendingin ekstrem liquid helium dan liquid nitrogen, dan berhasil meraih catatan rekor CPU clock speed 7,1843GHz menggunakan Intel® Core™ i7-3770K. Catatan hasil benchmark SuperPi 1M, 5,094 detik menjadi rekor dunia terkini, juga prestasi rekor baru untuk SuperPi 32M dengan catatan waktu 4 menit 43 detik. Dan ditambah lagi dengan prestasi para overclocker ini yang berhasil memecahkan rekor PiFast, dengan catatan waktu benchmark 10,16 detik.

Sebagai jantung dari ajang overclocking ini adalah motherboard ROG Maximus V Extreme untuk processor Intel® LGA 1155/Z77. Motherboard ini hadir dilengkapi dengan fitur overclock yang kaya, seperti antara lain OC Key untuk hardware level system overclocking, Subzero Sense, sensor temperatur untuk suhu di bawah 0°C yang ekstrim, VGA Hotwire untuk overvolting graphic card pada hardware level.

Penasaran untuk melihat pemecahan rekor tersebut? CHIP.co.id berikan videonya, berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mozilla Firefox 16 Sudah Bisa Diunduh

Posted:

(screenshot)

CHIP.co.id - Mozilla Firefox 16 akan diluncurkan 10 Oktober besok. Namun, bagi Anda yang sudah tidak sabar mencoba, sudah bisa mendapatkan versi terbaru untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux di alamat berikut ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/firefox/releases/16.0. Berikut screenshot saat CHIP upgrade dari Firefox 15.

Namun, jika Anda memilih menunggu pengumuman resmi, pastikan browser Anda membuka situs firefox.com. Anda juga bisa mengecek di Mozilla blog. Menurut beberapa pengamat, perubahan terbesar pada aplikasi tersebut adalah dukungan terhadap seluruh sistem operasi desktop.

Firefox 16 untuk Mac OS X juga medukung VoiceOver secara default, perbaikan seputar JavaScript, Toolbar baru untuk pengembang, error count untuk Web Console, command line baru, CSS3 animations, dan lain-lain.

Yuk, Ikuti Kompetisi Pengembangan Aplikasi di Platform Android!

Posted:

CHIP.co.id - Event Appmazinc: Mobile Apps Camp menyelenggarakan kompetisi pengembangan aplikasi mobile di platform Android. Kompetisi yang dibuka sejak tanggal 21 September yang lalu, mencari aplikasi yang inovatif, kreatif, fungsional, dan original yang dapat mendemonstrasikan penggunaan perangkat mobile menggunakan SDK di Qualcomm Developer Network (QDevNet), berfokus pada SDK Vuforia (Augmented Reality) dan FastCV (Computer Vision). Penilaian akan didasarkan pada desain, usability, serta kecanggihan teknologi yang dihasilkan.

Program ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan aplikasi di perangkat smartphone yang sekarang sudah sangat populer. Kompetisi ini bertujuan untuk merekrut bakat-bakat terbaik dalam menciptakan aplikasi mobile dengan teknologi terkini, yang dapat memanfaatkan kemampuan handset 3G yang didukung oleh chipset Snapdragon dari Qualcomm dan tentunya dengan target pasar yang relevan di Indonesia.

Kompetisi yang didukung penuh oleh Qualcomm Snapdragon ini memberikan hadiah sebesar total Rp25 Juta, ditambah pendampingan bisnis dengan mitra bisnis Qualcomm. Kompetisi ini akan ditutup pada tanggal 11 November 2012, di mana pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara puncak Appmazinc Conference di tanggal 17 November 2012.

Jadi, bagi para pengembang aplikasi mobile segera manfaatkan momen dan tantangan ini sebagai ajang pembuktian kualitas aplikasi mobile di Indonesia. Cukup siapkan proposal singkat mengenai produk aplikasi mobile yang akan dilombakan dalam ajang Appmazinc ini. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan membuka halaman informasi kompetisi Appmazinc di sini http://appmazinc.com/competition/.

Windows 8 Overview

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Microsoft akan merilis secara resmi sistem operasi baru, Windows 8, pada 26 Oktober nanti, bersamaan dengan tablet Surface yang sudah lama ditunggu-tunggu. Sebelum merilis versi aslinya, Microsoft terlebih dahulu memperkenalkan seri percobaan di situs mereka secara gratis. Apakah Anda sudah mencobanya?

Jika belum mencoba, tetapi penasaran ingin mengetahui fitur-fitur, dan pengalaman menggunakannya, CHIP.co.id menghadirkan video overview mengenai sistem operasi yang juga bisa digunakan tablet dan smartphone tersebut. Ini merupakan seri pertama. Selanjutnya kami akan mengahdirkan video lain yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk beralih dari Windows 7 ke Windows 8. Selamat menikmati.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resident Evil 6, Banyak Aksi Menarik yang Mengesankan

Posted:


CHIP.co.id - Kegelapan, dan rasa mencekam yang sangat menakutkan. Itulah yang terekam di benak para gamer jika mendengar kata Resident Evil.

Game ini akan kembali hadir dengan nama Resident Evil 6 yang memiliki tiga jalan cerita yang dilakoni oleh tiga karakter berbeda di tempat yang berbeda. Namun, ketiganya akan berujung pada sebuah cerita yang sama. Ketiga karakter tersebut adalah Leon S. Kennedy yang berada di kota Tall Oaks, Amerika Serikat; Chris Redfield yang ada di China; dan Jake Muller di Edonia, Eropa Timur. Setiap karakter akan didampingi oleh karakter pendukung.

Pengembang game Resident Evil 6 ini menjelaskan bahwa hadirnya tiga jalan cerita dan tiga karakter utama tersebut akan menjadikan game ini memiliki durasi permainan yang cukup panjang, bahkan bisa mencapai hingga 30 jam. Untuk memainkannya, Anda harus memilih karakter yang akan dimainkan. Jika Anda hanya memainkan salah satu karakter yang ada, waktu permainan tentunya tidak akan sepanjang saat bermain Resident Evil 5.

Gameplay Resident Evil 6 dibuat lebih cepat dan mengalir. Dijanjikan oleh pengembangnya, game ini lebih banyak menampilkan aksi menarik yang mengesankan. Anda bisa menembak sambil bergerak, melakukan sliding, berguling atau berlindung, dan melakukan serangan jarak dekat. Setiap perpindahan antar cutscene saat Anda beraksi akan terlihat lebih halus dan sempurna. 

Game yang akan dirilis pada bulan Oktober 2012 ini menceritakan kondisi setelah 10 tahun peristiwa Resident Evil: Operation Raccoon City. Saat itu, Presiden Amerika Serikat berencana mengungkap kebenaran peristiwa Racoon City. Namun, Leon S. Kennedy menemukan presiden telah terinfeksi dan menjadi korban serangan bioteroris. Sementara itu, anggota BSAA, Chris Redfield tiba di Cina yang juga sedang mengalami serangan bioteroris yang terus menyebar ke seluruh dunia.

Medal of Honor: Warfighter, Rasakan Pengalaman Perang yang Agresif

Posted:


CHIP.co.id - Game Medal of Honor: Warfighter terinspirasi dari peristiwa nyata. Pengembang game ini mengutamakan keotentikan cerita dari sudut pandang prajurit di kehidupan nyata. Dalam game ini, Anda berperan sebagai Preacher, Mother, dan Voodoo.

Dikisahkan, Preacher telah kembali ke kota tempat tinggal keluarganya setelah bertahun-tahun mengikuti perang. Namun, keluarganya telah terpecah dan istrinya pun ingin meninggalkannya. Belum selesai menyelamatkan pernikahannya, Preacher harus kembali bertugas.

Saat menghadapi sebuah pertempuran, Anda sebagai prajurit akan merasakan pengalaman berperang yang agresif.  Anda juga akan  menghadapi berbagai skenario pertempuran, seperti membebaskan sandera dari pasukan Abu Sayyaf atau menghancurkan organisasi Al-Shabaab di pantai Somalia. Semua misi tersebut adalah bagian kecil dari tugas besar, yaitu mencari bahan peledak yang dampaknya tidak sekecil bentuknya. 

Mode multiplayer game ini tidak hanya menampilkan pasukan khusus dari Amerika Serikat saja. Ada sekitar 12 unit pasukan khusus yang berasal dari 11 negara, seperti SAS dari Inggris, SASR dari Australia, KSK dari Jerman, dan GROM dari Polandia. Feature lainnya adalah ketersedian untuk memilih berbagai alternatif jalannya permainan. Misalnya, Anda dapat memilih senjata yang akan digunakan ketika akan mendobrak pintu. Setelah mendobrak pintu, Anda bisa melempar granat atau flashbang. Dalam game ini, Anda diberikan kebebasan untuk membuat permainan menjadi lebih variatif.

Medal of Honor: Warfighter ini telah menggunakan teknologi engine yang sama seperti pada game Battlefiield 3, yaitu Frostbite 2 Engine. Dengan engine tersebut, kualitas visual game ini sudah bisa dipastikan akan sangat memukau dan mampu menampilkan gambar yang terlihat sangat detail. Sudah tidak sabar ingin memainkan game ini? Medal of Honor: Warfighter akan dirilis pada tanggal 23 Oktober 2012 .

External DVD Writer ASUS SDRW-08D3S-U, Pasangan Serasi bagi ASUS ZENBOOK

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Internal DVD-RW pada sebuah notebook merupakan hal yang cukup penting untuk dapat menikmati musik ataupun film melalui piringan kaset DVD. Akan tetapi, produk ASUS pada ZENBOOK yang merupakan Ultrabook yang berdesain sangat ramping ini tidak terdapat perangkat internal DVD-RW. Maka dari itu, ASUS mengeluarkan produk external 8X DVD-Writer ASUS SDRW-08D3S-U untuk menangani masalah tersebut.

Dengan desain yang ramping, ASUS SDRW-08D3S-U merupakan external 8X DVD writer yang ideal untuk ZENBOOK. Fungsi Drag and Burn membantu pengguna untuk melakukan burn disc hanya dengan tiga langkah mudah. Teknologi ATP memastikan kualitas disc terbaik, sedangkan 256-bit encryption untuk menjamin keamanan data.

Tampilan depan pada ASUS SDRW-08D3S-U ini didesain menyerupai permukaan ASUS ZENBOOK. Sehingga DVD Writer ini sangat cocok apabila dipasangkan dengan ASUS ZENBOOK.

ASUS juga menyediakan alat penyangga untuk membuat DVD Writer ini dapat berdiri dengan tegak, yang dapat dipasangkan pada bagian bawah DVD Writer.

ASUS SDRW-08D3S-U ini membutuhkan sumber daya melalui media kabel usb 2.0 yang dapat menggunakan dua buah cabang untuk memperkuat daya.

Mengapa Apple Gemar Menuntut Perusahaan Lain?

Posted:


(Apple)

CHIP.co.id - Anda yang mengikuti berita mengenai sengketa hukum pelanggaran hak paten antara Apple dan Samsung di sejumlah pengadilan di Amerika Serikat dan Eropa mungkin bertanya-tanya, "Kenapa sih Apple seneng banget nuntut perusahaan lain?" Jika demikian, pertanyaan Anda sama dengan saya, dan barangkali ribuan orang di luar sana.

Jika ditelisik lebih jauh, persoalan tuntut-menuntut karena pelanggaran hak paten ini rupanya bukan dominan dilakukan Apple. Harian The New York Times, Minggu (7/10) lalu memberitakan, jumlah tuntutan paten yang diajukan ke pengadilan distrik Amerika Serikat meningkat hampir tiga kali lipat tiap tahun dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Pada tahun 2010 saja terdapat 3.260 kasus.

Microsoft telah menuntut Apple dan Research in Motion; Research in Motion telah menuntut Visto, perusahaan teknologi mobile; pada bulan Agustus, Google, melalui Motorola, menuntut Apple, karena merasa Siri melanggar patennya. Tuntutan itu baru dicabut Google pekan lalu. Semua perusahaan raksasa ini juga sudah dituntut beberapa kali oleh perusahaan lain.

Kembali ke Apple, mengapa perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini sangat agresif mematenkan seluruh temuannya, dan agresif menuntut siapa pun yang melanggar?

Rupanya hal tersebut tak terlepas dari pengalaman pahit Apple tak lama setelah Jobs merilis iPod tahun 2006. Ketika itu, Apple harus membayar denda USD100 juta karena melanggar paten "perangkat pemutar musik portabel" milik Creative Technology. Sesudah kasus itu, Jobs bersumpah untuk mematenkan seluruh penemuan Apple, termasuk seluruh teknologi iPhone.

Para insinyur Apple dipanggil ke acara bulanan yang disebut "sesi pengungkapan penemuan," di mana mereka akan menggambarkan hal-hal yang sedang mereka kerjakan dan seorang pengacara akan menentukan apakah hal tersebut bisa dipatenkan atau tidak. Menurut salah seorang mantan pengacara Apple, bahkan ketika para insinyur itu tahu bahwa ide mereka tak bisa dipatenkan, mereka tetap mengajukan permohonannya.

Tujuannya untuk mencegah perusahaan lain mematenkan ide tersebut.  Jadi, tak mengherankan, dalam satu dekade terakhir, jumlah permohonan paten Apple tiap tahun terus meningkat hingga 10 kali lipat, dan mereka telah menerima lebih dari 4.100 hak paten sejak 2001.  Selain itu, Apple juga ingin melindungi temuannya yang didapatkan berdasarkan riset bertahun-tahun, dan menelan dana besar.

Fitur "slide to unlock" di perangkat iPhone yang terkesan sepele itu dipatenkan Apple karena mereka butuh waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakannya. "Perusahaan lain tak boleh mencurinya," kata salah seorang  mantan petinggi Apple. "Karena itu pulalah sistem paten ada."

Anda mungkin masih ingat, ketika iPhone pertama kali diperkenalkan tahun 2007, Steve Jobs berkata pada para hadirin Macworld, "boy kami sudah mematenkannya."

Sejak saat itu pula Apple menuntut banyak perusahaan smartphone yang dianggap mencontek teknologi mereka, seperti HTC dan Samsung. Kepada The new York Times, Apple mengatakan, "Apple selalu mempertahankan inovasi. Untuk melindungi temuan kami, kami mempatenkan banyak teknologi baru dalam produk-produk inovatif. Sangat jarang kami menempuh jalur hukum atas sengketa paten, jalur hukum adalah pilihan terakhir. Kami pikir perusahaan harus memimpikan produk mereka sendiri daripada sengaja mencontek punya kami, dan pada Agustus lalu juri di (pengadilan) California membuat kesimpulan yang sama."

Menurut The New York Times, kadang perusahaan seperti Apple tak punya pilihan lain selain menuntut rivalnya secara hukum. Jika Apple diam, mereka akan melihat perusahaan lain menambang dollar dari teknologi temuan mereka sendiri. Tidak adil bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar