Senin, 15 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Multiply Tawarkan Diskon Samsung Galaxy Note II

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Meskipun baru diluncurkan hari Rabu pekan lalu, Samsung Galaxy Note II sudah mulai dijual melalui situs e-commerce Multiply.com mulai Senin, 15 Oktober 2012.

Multiply.com menawarkan Samsung Galaxy Note II seharga R 6.499.000, berkat diskon sebesar Rp1.000.000 melalui program istimewa Multiply Super Sale.

Potongan harga tersebut berlaku untuk pemegang kartu kredit BCA dengan bunga 0% (6 bulan). Mulai tanggal 16 Oktober 2012, Samsung Galaxy Note II dengan harga istimewa tersebut juga dapat dibeli menggunakan Kartu Kredit BNI (Visa/MasterCard) serta metode pembayaran lainnya yang tersedia di Multiply.com.

"Dengan hadirnya Samsung Galaxy Note II di Multiply.com, kami ingin memberikan kemudahan bagi penggemar gadget di seluruh Indonesia untuk turut memiliki smartphone terbaru tersebut dengan beberapa klik saja.  Dalam rangka program Multiply Super Sale yang sedang berlangsung selama bulan Oktober, kami pun memberikan harga istimewa, yaitu Rp6.499.000," jelas Andy Djiwandono, VP Marketing & Merchant Relations PT Multiply Indonesia.

YubiNeji Mengantar Tim Binus Jadi Juara 1 Hackathon Bandung

Posted:

(Oe Taisuke)

CHIP.co.id - Tim dari Binus University berhasil menjadi juara 1 StartUp Asia Hackathon Bandung 2012, yang berakhir Minggu (14/10) kemarin. Tim ini beranggotakan Raden Alviyan Jayadiars (Jurusan Sistem Informasi semester III), Juni Putra (Jurusan Komunikasi Visual Animasi angkatan 2008), dan Oe Taisuke, developer Hemplant dari Jepang. Hemplant adalah pengembang yang banyak membuat aplikasi mobile.

Dalam perhelatan Hackathon kali ini, mereka juara berkat aplikasi YubiNeji atau FingerTwister, permainan untuk platform Android yang bisa dimainkan oleh 2-4 orang secara bersamaan dengan perangkat mobile atau tablet. YubiNeji juga terintegrasi dengan jejaring sosial, sehingga pengguna bisa mengundang teman-teman mereka untuk bermain.

(Oe Taisuke)

Kepada CHIP, Taisuke yang bertindak sebagai programmer mengatakan, cara memainkan game ini cukup mudah. Pemain hanya diminta menyentuh titik-titik yang terang dengan jari mereka untuk mendapatkan poin. Namun, tantangannya adalah ketika titik yang harus disentuh kian bertambah banyak, sehingga harus menyentuh dengan 4 jari.

Mengenai keterlibatannya dalam acara Hackathon Bandung, Taisuke mengaku langsung terbang dari Jepang karena kompetisi semacam ini penting bagi perusahaan rintisan digital miliknya. Tak mengherankan, Taisuke bertekad membawa poster kemenangan timnya supaya bisa diipajang di kantor Hemplant di Tokyo.

"Saya akan memasang poster ini untuk mempromosikan perusahaan saya," katanya.

Adapun Alviyan dan Juni, seperti disinggung sebelumnya, bertindak sebagai desainer YubiNeji. Mereka fokus mengemas tampilan antarmuka, sedangkan Taisuke merampungkan sistem back-end.

More to come...

Jokowi Kuasai Trending Topic Twitter

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pelantikan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, hari ini (15/10) tak hanya dirayakan pedagang kaki lima di sekitar Balai Kota, tetapi juga kelas menengah yang biasa cerewet di Twitter.

Celoteh ribuan Tweeps mampu membuat Jokowi menjadi Trending Topic, apalagi pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta periode 2012-2017 itu disiarkan hampir seluruh televisi nasional dan JakTv. Pada umumnya, para penghuni Twitter menyampaikan harapan positif  Jokowi dan Basuki.

Twitter pun kebanjiran dengan keyword Jokowi, baik untuk mengucapkan selamat maupun berbagai media yang mengabarkan mengenai Jokowi. Tak ketinggalan sejumlah publik figur Indonesia untuk nge-twit mengenai Jokowi.

Dihimpun dari berbagai sumber, keyword Jokowi terlihat cukup menguasai Twitter sejak pukul 05.00 pagi tadi. Hingga pukul 11.50 tadi, Jokowi telah mencapai sekitar 12.000-an twit dibanding trending topics lain, yaitu #HBDDonghaeFromELFINA dan #HappyUriFishyDay.

Sedangkan untuk keyword Jokowi sendiri, dalam 1 jam terakhir (sekitar pukul 10.50-11.50), keyword tersebut telah meraih sekitar 2.600-an twit.

Selamat untuk Jokowi dan Ahok yang telah dilantik sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta periode 2012-2017. Kami tunggu janji-janji Anda berdua.

Kemeriahan Social Media Festival 2012 (Foto)

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Gelaran Social Media Festival 2012 telah usai, Minggu (14/10) kemarin. Acara  ini menyisakan banyak kenangan bagi para pengunjung.

Untuk itu, CHIP.co.id menghadirkan kembali kemeriahan Social Media Festival 2012 dalam bentuk foto berikut ini.

Kepala Sekolah SMKN 29, Sang Guru Era Baru 2012

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Di sela-sela gelaran Social Media Festival 2012 lalu, terselip satu kegiatan Guraru (Guru Era Baru) Award 2012. Acara ini merupakan gagasan dari Acer Indonesia dan telah memasuki tahun ketiga.

Guraru Award sendiri bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi, terutama blog, dalam menyebarkan ilmu dan pengetahuan. Selain itu, Guraru Award juga merupakan penghargaan kepada guru-guru terpilih yang dinilai telah memanfaatkan teknologi dengan efektif dan kreatif. Penghargaan ini diharapkan dapat terus mendorong para guru di Indonesia untuk terus menjadi bagian dari perkembangan teknologi informasi yang positif.

Dan untuk tahun ini, penghargaan yang dimulai sejak tahun 2010 ini mendapatkan pemenang baru. Dedi Dwitagama, Kepala Sekolah SMKN 29 Jakarta (dahulu STM Penerbangan), terpilih menjadi sang Guraru tahun ini. Selain Dedi, terpilih pula Yusrizal (guru elektronika di SMKN 2 Tanjungbalai) dan Amiroh (guru di SMKN 3 Jombang, Jawa Timur) yang mendapatkan penghargaan khusus dari Guraru Award tahun ini.

Selamat kepada pemenang. Semoga dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Foto-Foto StartUp Asia Hackathon Bandung 2012

Posted:

CHIP.co.id - Perhelatan StartUp Asia Hackathon Bandung 2012 resmi berakhir hari Minggu (14/10) malam dengan pengumuman para juara yang memenuhi tantangan para sponsor, dan tiga juara umum. Berikut foto-foto dari kegiatan yang berlangsung 13-14 Oktober tersebut.

(Promotion girls)

(Smile for the brighter future with XL)

(The Kotagames's Angels)

(Juri dari GEPI)

(The Softlayer' girls)

(Jui, Ki-ka, Toshihiko Suyama, Hera Laxmi Devi dan Andy Zein)

(Suasana saat kompetisi berlangsung)

(Para juara)

Tim Binus University Juara 1 StartUp Asia Hackathon

Posted:

(Ki-ka: Juni Putra, Alviyan Jayadiars, Oe Taisuke)

CHIP.co.id -  Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya juri memutuskan para pemenang kompetisi StartUp Asia Hackathon Bandung 2012. Proses penentuan pemenang berlangsung dua tahap. Pertama, para sponsor, di antaranya; XL, Softlayer, DeNA, Cacoo, Sixreps, Sent.ly, teamie, Vserv, Tiket.com, GEPI, dan Lazada menyaring 128 tim menjadi 35 finalis.

Selanjutnya ke-35 finalis menyampaikan presentasi aplikasi ciptaan mereka di depan tiga orang juri, yakni Direktur Jakarta Founder Institute Andy Zein, Senior Manager Portal dan Aset Digital PT XL Axiata, Hera Laxmi Devi, dan Direktur Pengambangan Pasar DeNA Asia, Toshihiko Suyama. Ke-35 finalis tersebut mewakili seluruh tantangan yang disuguhkan para sponsor (selengkapnya lihat di sini), mulai dari aplikasi game, belanja online, edukasi sampai perencanaan perjalanan.

Dengan berbagai pertimbangan, tiga orang juri akhirnya memilih Tim Binus University sebagai juara 1 umum, mengalahkan 600 peserta yang terbagi ke dalam 128 tiM dari seluruh Indonesia. Tim Binus beranggotakan Raden Alviyan Jayadiars (Jurusan Sistem Informasi semester III), Juni Putra (Jurusan Komunikasi Visual Animasi angkatan 2008), dan Oe Taisuke, developer Hemplant dari Jepang. Mereka berhasil menggondol hadiah uang tunai USD1.000.

Kemenangan ini sungguh mengejutkan ketiganya, karena mereka tidak termasuk pemenang kategori tantangan dari para sponsor. Tim dengan nomor tim 56 tersebut dipanggil paling terakhir oleh panitia, ketika mereka justru sudah berkemas-kemas pulang.

"Tadi sebenarnya kita mengincar hadiah DeNA, kita udah sempat down, udah siap-siap pulang. Pas lagi siap-siap, mereka berdua loncat-loncat.  Kita kaget. Bingung," kata Alviyan kepada CHIP, Minggu (14/10).

Hal senada juga diungkapkan Juni. Kata, Juni pada awalnya mereka ogah-ogahan berangkat ke acara internasional tersebut karena sebenarnya mereka tidak mengerti coding. Namun, perjumpaan dengan Taisuke membuat komposisi ini sangat pas. Alviyan dan Juni akrab dengan desain, sementara Taisuke yang terbang langsung dari Jepang mengaku hanya mengerti coding, sehingga dia meminta agar panitia mencari peserta dengan latar belakang desain.

Mereka membuat Yubi Neji (Finger Twister), aplikasi game berbasis game Twister untuk platform Android. Game menggunakan jari-jari ini dimainkan dua orang atau lebih, dengan tingkat kesulitan 4 level. Ulasan singkat mengenai game tersebut akan kami sajikan berikutnya, sekaligus dengan karya pemenang-pemenang lainnya.

Juara kedua umum dengan hadiah USD500 ditempati Edwin Lunando, Samuel Enrico Wijaya, Georgius Rinaldo dan Unggul Bhakti Muhammad. Mereka menjawab tantangan Kotagames, DeNA, dan GEPI dengan membuat aplikasi game yang memungkinkan pengguna membangun perusahaan sendiri dengan kebebasan memilih software original atau bajakan. Game yang terintegrasi dengan jejaring sosial ini juga sekaligus memenangkan kategori dari GEPI (lihat rinian tantangan dan hadiahnya di sini)

(Edwin Lunado, paling kiri)

Sementara posisi ketiga dengan hadiah USD300 diraih oleh duo alumnus Institut Teknologi Bandung; Ecky Putrady dan Dimas Tri Ciputra. Mereka membangun aplikasi untuk featured phone yang diminta Kotagames. Tim bernomor 20 ini juga memenangkan tantangan dari Kotagames, dan berhak atas hadiah 1 unit MacBook Air.

(Ecky Putrady, paling kanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar