Senin, 29 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


AirDroid, Aplikasi Transfer Data untuk Android

Posted:

CHIP.co.id - Salah satu hal yang paling merepotkan saat memiliki smartphone atau tablet adalah ketika Anda ingin memindahkan data dari dan menuju perangkat lain, seperti notebook atau PC. Repot karena kita mesti membawa kabel ke mana-mana, dan tak jarang kita lupa.

Sebagai jurnalis, saya seringkali tambah repot ketika lupa membawa kabel data ketika sedang melaporkan acara tertentu secara langsung. Jika sudah begini, solusi terakhir selain meminjam kabel data teman adalah mengirim foto melalui e-mail, lalu mengunduhnya di laptop. Tentu saja tindakan ini memakan waktu lebih lama.

Namun, itu cerita lama. Kini saya tak khawatir lagi lupa membawa kabel data ketika ingin mentransfer file foto, video atau musik dari smartphone Android saya ke notebook atau sebaliknya. Mengunduh dan mengunggah file terasa sangat mudah berkat aplikasi AirDroid yang bisa diunduh langsung dari Google Play. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, berikut saya sampaikan ulasan singkatnya.

Langkah pertama, unduh AirDroid dari Google Play. Ketika selesai mengunduh, dan membuka Anda akan disambut layar seperti di bawah ini.

Anda diminta membuka alamat web.airdroid.com atau alamat IP melalui notebook atau PC. Jika halaman yang dimaksud sudah terbuka, Anda tinggal memasukan passcode atau mengarahkan kamera smartphone Anda ke QR code di halaman tersebut.

Jika ingin menggunakan QR code, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni "ekspress" untuk koneksi lebih tinggi, dan "aman". Ekspress cocok digunakan di kantor, rumah atau lingkungan terpercaya sedangkan aman cocok digunakan di tempat umum. AirDroid sudah dilengkapi panduan dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda.

Kalau sudah terhubung, Anda tinggal memilih beragam opsi untuk mengunggah atau mengunduh file dari smartphone atau tablet Anda melalui WiFi atau Tethering. Agar file lebih tertata lebih rapi, AirDroid sudah menyediakan File Manager, aplication management, serta music and video management.

Indosat Bagikan Donasi Pelanggan untuk Pendidikan dan Kesehatan

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - PT Indosat Tbk menyalurkan donasi pelanggannya melalui berbagai kegiatan sosial di bidang pendidikan dan kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia. Donasi berasal dari Program Ramadhan Penuh Berkah beberapa waktu lalu, dimana 169.724 pelanggan Indosat menyumbang dengan menggunakan Poin Senyum yang dimilikinya selama periode periode 28 Juni 2012 sampai 27 Agustus 2012.

Total dana yang terhimpun sebesar Rp540.280.209. Separuh dari dana tersebut telah mulai disalurkan Indosat sejak 18 Oktober 2012 dan berakhir pada 3 November 2012 untuk 5 wilayah di Indonesia. Sementara sisanya dikelola oleh Dompet Duafa, dalam Program Nasional lainnya.

Untuk Program Pendidikan jumlah donasi yang akan disalurkan adalah senilai Rp170 Juta . Donasi akan diberikan dalam bentuk Beasiswa Sekolah Desa Produktif. Beasiswa yang diberikan adalah berupa uang saku, alat-alat kebutuhan dasar sekolah kepada anak-anak tidak mampu tetapi berprestasi yang berada di 5 wilayah Indonesia yaitu Malang, Medan, Samarinda, Makassar dan Padang.

Masing-masing wilayah akan diberikan beasiswa kepada 10 orang anak (total 50 orang). Beasiswa diberikan selama 1 tahun yang  disertai dengan pembinaan dari para mahasiswa yang juga penerima beasiswa dari Dompet Dhuafa. Sebagai bentuk pengabdian dan imbal balik mereka kepada masyarakat dan para donatur pemberi beasiswa, akan diterbitkan sebuah buku berjudul “Inspirasi Untuk Negeri“ yang ditulis oleh para pembina & anak-anak penerima beasiswa itu sendiri.

Selain menyerahkan beasiswa untuk Sekolah Desa Produktif, Indosat juga menyerahkan donasi pada Program Kesehatan, jumlah donasi yang akan disalurkan adalah senilai Rp.100 juta. Donasi akan dilakukan dalam bentuk Operasi Katarak Massal untuk 25 orang, pemberian 100 kacamata gratis bagi anak-anak sekolah  dan pemberian alat-alat kesehatan untuk 5 sekolah di wilayah Jabodetabek yang kegiatannya difokuskan di Rumah Sakit Terpadu (RST) Dompet Dhuafa dan sekolah di daerah Jasinga- Bogor.

 

 

Rp9.500, Harga Termurah Aplikasi Apple

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Apple baru saja merilis harga aplikasi di Apple Apss Store dalam mata uang Rupiah. Selama ini, pengguna perangkat Apple membayar aplikasi yang mereka beli via kartu kredit dengan menggunakan mata uang Dollar.

Berdasarkan informasi dari situs Apple Apss Store, harga paling murah aplikasi kini bukan lagi USD0,99, tetapi Apple Rp 9.500. Selain di Indonesia, Apple juga telah melokalisasi harga aplikasi mereka ke pasar lokal di India dari Dollar menjadi Rupee.

 

Google Nexus 10, Penantang Serius iPad

Posted:

CHIP.co.id -  Langkah Apple meluncurkan iPad Mini yang secara langsung bersaing dengan Kindle Fire, Galaxy Tab, dan Google Nexus 7 dijawab Google melalui tablet Nexus 10 yang membidik dominasi iPad. Beberapa fitur tablet hasil kerja sama Google dan Samsung itu sudah mulai bocor ke Internet, termasuk hasil foto kameranya yang diunggah eksekutif Google Vic Gundotra.

(Cnet)

Sedianya Nexus 10 akan diluncurkan di New York hari ini, namun karena badai Sandy, Google menunda peluncurannya sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sebelum acara peluncuran, beberapa media sudah memuat foto perangkat Nexus 10 yang sudah menjalankan Android 4.2. Adapun spesifikasi teknisnya adalah sebagai berikut:

  • Prosesor Exynos 5250 dual-core 1.7GHz
  • Mali T604 GPU
  • 2GB RAM16GB internal storage
  • 10.1" Super AMOLED display at 2560x1600, atau 300 pixels per square inch.
  • 5MP kamera belakang, dan kamera depan yang belum diketahui resolusinya.
  • NFC

Dengan spesifikasi seperti di atas, terutama resolusi layarnya, Nexus 10 diharapkan mampu mengalahkan kecanggihan iPad

Selain Nexus 10, Google juga berencana memperkenalkan LG Nexus 4, penerus Samsung Galaxy Nexus. Sama dengan Nexus 10, berita mengenai LG Nexus 4 juga sudah ramai diperbincangkan media, terutama prototipenya yang secara tak sengaja ditinggalkan sesorang di bar di San Fransisco. Peristiwa ini mengingatkan orang pada kejadian serupa yang menimpa karyawan Apple saat membawa prototipe iPhone 4 S ke bar tahun lalu.

Kaspersky Anti-Virus 2013 Raih Penghargaan ADVANCED+ AV-Comparatives

Posted:


CHIP.co.id - Kaspersky Anti-Virus 2013 meraih penghargaan tertinggi ADVANCED+ setelah mendeteksi sejumlah besar program berbahaya dalam pengujian independen yang dilakukan oleh AV-Comparatives.

Pengujian oleh AV-Comparatives pada bulan September mencaritahu seberapa efektif produk keamanan populer mendeteksi file berbahaya saat men-scan komputer secara standar dengan koneksi Internet yang stabil. Kaspersky Anti-Virus 2013 ikut dalam pengujian File Detection bersama dengan 20 solusi antivirus lainnya dari vendor terkemuka.

Produk-produk ini harus men-scan lebih dari 240 ribu file berbahaya dan Kaspersky Anti-Virus berhasil mendeteksi 99,2% dari seluruh ancaman yang ada. Selain itu, solusi Kaspersky Lab hanya menghasilkan 5 false positive (file legal yang dianggap file berbahaya) sementara rata-rata produk lain yang diuji secara keseluruhan menghasilan sekitar 25 false positive.

Analisis akhir dari hasil pengujian menunjukkan bahwa Kaspersky Anti-Virus 2013 memberikan hasil yang bagus dalam hal pendeteksian ancaman dan jumlah false positive terkecil. Hasilnya KAV 2013 mendapatkan peringkat teratas ADVANCED+ dari para ahli independen AV-Comparatives.

“Kenyataan bahwa Kaspersky Anti-Virus 2013 mampu mendeteksi seluruh file berbahaya dan meraih pengargaan ADVANCED+ dari para ahli AV-Comparatives jelas merupakan prestasi yang mengagumkan," ujar Oleg Ishanov, Director of Anti-Malware Research Kaspersky Lab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Windows Phone 8 Gunakan Live Wallpaper/Lockscreen?

Posted:

CHIP.co.id - Jelang penlucuran Windows Phone 8 (WP8) secara resmi, muncul kabar terbaru. Diringkas dari NokiaInnovation.com, terungkap bahwa WP8 akan dilengkapi dengan fitur live wallpaper/lockscreen layaknya Android.

Dari situs tersebut juga terlihat sebuah gambar yang menampilkan contoh fitur tersebut. Terungkap bahwa Bing, ESPN, dan USA Today meng-endorse live wallpaper/lockscreen tersebut.

Hingga tulisan ini diturunkan, belum ada keterangan lengkap mengenai fitur ini. Kita nantikan saja saat perkenalan Windows Phone 8 oleh Microsoft, Senin (29/10) waktu US mendatang.

IE dan Firefox, Rival Tak Selalu Bermusuhan

Posted:


CHIP.co.id - Bersamaan dengan peluncuran Windows 8, Microsoft juga memperkenalkan Internet Explorer 10 (IE 10). Di balik perkenalan IE 10 tersebut, terselip cerita unik.

Diringkas dari The Verge, terungkap bahwa tim IE dan Mozilla Firefox selalu bertukar kue tart tiap kali salah satu di antara mereka meluncurkan versi terbaru. Menurut salah satu karyawan Mozilla, Matt Bruebeck, tradisi ini dimulai saat tim IE mengirimkan kue tart ke markas Mozilla saat mereka meluncurkan Firefox 2. Tradisi ini pun berlanjut hingga saat ini.

Dari uraian singkat di atas, terlihat bahwa rivalitas browser terbaik tak melulu menghasilkan sebuah permusuhan layaknya Apple dan Samsung. Bagaimana dengan browser lainnya?

Review IMO Tab Z6, Tablet Lokal Rasa Ice Cream Sandwich

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Kali ini, CHIP.co.id akan me-review IMO Tab Z6. Tablet ini pertama kali diperkenalkan sekitar bulan September lalu. Tablet yang dibanderol seharga 1 Jutaan ini juga telah menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Penasaran dengan hasil review kami? Simak artikel berikut.

Desain

IMO Tab Z6 didesain layaknya tablet-tablet yang ada di pasaran. Hanya berbentuk persegi panjang dan berwarna hitam yang agak monoton. Uniknya, meskipun tampilan depan berwarna hitam, IMO menyematkan penutup belakang yang berwarna putih. Tablet ini berukuran 20.5 x 11.4 x 1.1 cm.

Menurut pengukuran CHIP, Tab Z6 berukuran 6.8 inci dengan resolusi 800 x 480. Dengan spesifikasi seperti itu, layar IMO Tab Z6 cukup cerah dan jelas. Namun, jangan harap akan secerah perangkat dengan layar berteknologi tinggi (seperti Bravia Mobile, Amoled, dan lain-lain).

Layarnya pun juga telah menggunakan layar multi capacitive, tetapi performa layar sentuhnya cukup mengecewakan. Entah terlalu sensitif atau tidak, tetapi CHIP.co.id tidak terlalu nyaman saat menyentuh dan memainkan IMO Tab Z6 ini.

IMO menyematkan tiga buah tombol touch di depan layar, yaitu back, home, dan menu. Pada sisi atas, terdapat tombol fisik unlock dan volume. Sedangkan di sisi kanan tablet ini, terdapat jack audio 3.5 mm, slot micro USB, HDMI, microSD Card, dan jack charger. Yang unik dari tablet ini, yaitu terdapat sebuah slot SIM Card hotswap di bagian belakangnya, dan sebuah antena pada pojok kiri atas.

Pada box penjualan, IMO menampilkan gambar The Avengers, sedangkan di dalam kotak terdapat buku panduan penggunaan, headset, kabel USB, charger, dan kartu garansi.

Software & Performa

IMO telah membenamkan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) sebagai sistem operasinya. IMO Tab Z6 cukup mentereng untuk tablet buatan China dengan prosesor 1.2 GHz single-core. Selama CHIP.co.id mengujinya, tak ditemukan lag yang terlalu parah. Namun, bila Anda memainkankan game HD seperti Agent Dash, masih ditemukan lag yang cukup menyebalkan.

(Disclaimer: Screenshot Agent Dash diambil di perangkat lain. Karena hingga tulisan ini diturunkan, kami tidak menemukan cara untuk melakukan screen capture)

Sesuai dengan gambar di box-nya yang menampilkan The Avengers, IMO juga menyematkan game The Avengers yang diproduksi oleh Gameloft. Selain The Avengers, IMO juga mem-bundling Tab Z6 dengan berbagai aplikasi bawaan seperti game Dog VS Cat, Chess Free, Kingsoft Office, dan sebagainya.

Selain aplikasi bawaan tersebut, IMO Tab Z6 juga memiliki aplikasi serupa layaknya tablet China lainnya, yaitu Analog TV. Selama kami uji, performa Analog TV ini cukup memuaskan. Namun, Anda amat bergantung pada prinsip 3P (Posisi Penentu Prestasi) bila ingin mendapatkan gambar yang bersih.

Dengan semua hal yang terdapat di IMO Tab Z6, hasil benchmark menggunakan AnTuTu menghasilkan nilai 2914, dan menempatkannya berada di posisi tepat di atas Samsung Galaxy S. Sedangkan saat mem-benchmark menggunakan Quadrant Standard, tablet ini hanya memperoleh nilai 1722, persis dibawah Samsung Nexus S.



Kamera

IMO Tab Z6 hanya memiliki satu buah kamera yang terletak di belakang. Kamera ini memiliki resolusi 2 MP tanpa flash, dan memiliki hasil yang (menurut kami) kurang baik hasilnya. Namun, patut dipertanyakan, apakah Anda akan sering menggunakan tablet untuk memotret atau untuk keperluan lain.

Highlight

Tablet yang dibanderol sekitar 1 jutaan ini cukup sebanding dengan harganya. Maksudnya, dengan harganya membumi, spesifikasi yang ditawarkan juga ikut membumi. Namun, tetap masih harus diperhitungkan untuk Anda para pemula yang ingin menjajal tablet Android karena harganya yang cukup murah.

Beli iPad Mini atau Google Nexus 7 ?

Posted:

CHIP.co.id - Situs belanja Lazada.com menawarkan preorder tablet Google Nexus 7 seharga Rp2.999.000 untuk versi 16GB Wi-Fi. Tablet pertama yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean itu akan tersedia minggu pertama November 2012.

Di pasaran internasional Google Nexus 7 16GB dibanderol USD249, sedangkan versi 8GB dijual USD199. Sejauh ini, review beberapa media teknologi sangat positif terhadap Nexus 7, yang memiliki layar beresolusi 1280 x 800 pixel, 1GB RAM, dan prosesor NVIDIA Tegra 3 quad-core 1.2 GHz.

Anda yang tak fanatik terhadap merek tertentu mungkin saja bingung, apakah harus membeli Google Nexus 7 atau saingan terberatnya, iPad Mini yang baru saja dirilis Apple, dan akan tersedia di Singapura 2 November mendatang. Sebelum memutuskan, berikut kami sajikan beberapa fakta kedua tablet tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda.

Harga

iPad Mini 7,9 inchi versi 16GB dibanderol USD329, sementara versi 16GB WiFi dan 3G dijual USD429. Patut dicatat, konektivitas 3G merupakan salah satu keunggulan iPad Mini dibanding Nexus 7, namun harganya sudah jelas lebih mahal.

Prosesor dan Memory

Kecepatan prosesor Nexus 7 masih lebih baik dibanding iPad Mini. iPad Mini menggunakan prosesor dual-core A5 1GHz, sedangkan Nexus 7 sudah menggunakan prosesor quad-core Nvidia Tegra 1,3GHz, yang meliputi 12-core Graphics Processing Unit (GPU).

Resolusi Layar

iPad mini memiliki layar 7,9 inchi dengan resolusi 1024x768 pixel atau sekitar 163 pixel per inci. Jadi kualitasnya tak setara dengan Retina Display iPad 3 atau 4. Nexus 7 memiliki layar 7 inchi dengan resolusi 1280×800 HD atau 216 pixels per inchi.  Dari aspek ini, Nexus 7 lebih baik dibanding iPad Mini.

Kamera

iPad Mini dilengkapi kamera belakang 5 megapixel dan kamera depan 1,2 megapixel. Sementara Nexus 7 hanya memiliki kamera depan 1,2 megapixel untuk menekan harga jual.

Operating System

iPad Mini menggunakan sistem operasi terbaru iOS 6, demikian juga Nexus 7 sudah menjalankan Android 4.1 Jelly Bean yang tak kalah bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar