Kamis, 04 Oktober 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Jepang Galakkan Hukum Anti-Pembajakan

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - Pemerintah Jepang mulai menggalakan hukum anti-pembajakan per 1 Oktober lalu. Pemerintah Jepang akan menindak tegas  mereka yang mengunduh materi yang tidak sah atau ilegal. Sanksi yang digalakan untuk para pembajak adalah hukuman penjara dan denda sebesar 2 juta yen, atau sekitar US$25.680.

Kebijakan ini ditegaskan oleh penegak hukum Jepang karena desakan Asosiasi Industri Rekaman di Jepang yang mengalami kesulitan memasarkan musik mereka, akibat pembajakan materi yang merajalela. Hingga saat ini, industri musik di negeri Sakura tersebut mengalami kemerosotan tajam sebesar 16% dibandingkan keuntungan di tahun lalu.

Selain mengenakan hukum bagi pengunduh materi ilegal, pemerintah pun juga menindak tegas para uploaders tidak resmi dengan hukuman 10 tahun penjara dan denda 10 juta yen, atau sekitar US$128.300.

Emerson Network Power Hadirkan Desain 5-in-1 untuk Manajemen Infrastruktur Data Center

Posted:


CHIP.co.id - Emerson Network Power perkenalkan dua model baru dalam keluarga produk Avocent Universal Management Gateway. Avocent Universal Management Gateway adalah komponen utama dari portofolio manajemen infrastruktur data center (DCIM) Emerson, yang menggabungkan KVM, konsol serial, rak PDU, prosesor layanan benaman dan manajemen lingkungan ke dalam satu perangkat.

Perangkat ini diklaim dapat mengurangi kerumitan yang sebelumnya dihadapi karena harus menjalankan berbagai sistem hardware untuk peringatan (alert), telemetri, sensor lingkungan serta akses dan kontrol atas perangkat yang pada akhirnya bisa mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi data center secara keseluruhan.

Model baru yang dihadirkan, Avocent Universal Management Gateway 4000 dan 6000, diklaim dapat mendukung KVM dan sensor lingkungan dan di saat yang sama memperluas dukungan untuk konsol serial dan prosesor layanan benaman. Kedua model ini juga secara signifikan meningkatkan jumlah data yang bisa dikumpulkan perangkat secara real-time (hingga 10 ribu data poin per menit) agar DCIM lebih efektif.

“Ketika digabungkan dengan DCIM software, perangkat serba guna ini memberikan kemampuan manajemen infrastruktur data center yang komprehensif dan real-time,” ujar Steve Hassell, President of the Avocent Business of Emerson Network Power. “Dan karena perangkat ini mendukung akses dan kontrol atas semua peralatan IT di seluruh area data center, Avocent Universal Management Gateway memberi konsumen pilihan untuk menggunakan produk mana yang sesuai dengan model mereka dan mengubah peralatan secara cepat tanpa harus khawatir akan merusak dan mengganti perangkat yang ada.”

Game Imut nan Menggoda, Heva Online

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Setelah sukses meluncurkan game online Shadow Company dengan tema "firts-person-shooter" beberapa waktu lalu, Qeon Interactive kembali menghadirkan game teranyarnya yang imut dan menggoda, Heva Online.

Dengan mendaulat Cherry Belle sebagai brand ambassador, game yang berasal dari Korea ini semakin terlihat  imut dan menggodanya game

"Kita menggandeng Cherry Belle sebagai brand ambassador game terbaru Qeon Interactive, karena mereka memiliki kemiripan misi yang sama dengan Heva Online, yakni menampilkan keimutan," ungkap Conrad Jiwandono, Business Development Manager Qeon Interactive.

Heva Online sendiri merupakan game online yang telah lama dipublikasikan oleh Windysoft, sejak tahun 2009 di Korea. Permainan ini dikembangkan oleh PlayBuster, salah satu developer game ternama di dunia.

Game PC - free to play dengan tema petualangan yang didesain dengan warna cerah dan memiliki banyak sistem permainan yang unik. Heva Online menampilkan grafis dan karakter yang sangat "cute" dan "imut". Selain memainkan karakter yang imut, pemain juga dapat mengoleksi beragam peliharaan atau "pet" yang nantinya dapat ditarungkan dan diadu kekuatan mereka dengan peliharaan pemain lainnya.

Setelah di Korea, game Heva Online dipublikasikan ke beberapa negara dunia, Taiwan dan Jepang, akhirnya mulai per tanggal 6 Oktober 2012, para gamer Tanah Air dapat mencoba memainkan Heva Online pada periode Closed Beta Test (CBT).

"Kami sangat bangga dapat mengenalkan game Heva Online ke masyarakat Indonesia setelah sukses dan merangkul market yang besar di Korea, Taiwan dan Jepang," ujar K.C. Kim, Executive Director Windysoft Co., Ltd.

"Saya optimis jika Heva Online akan sukses dan membawa pengalaman yang baru untuk gamer Indonesia, serta merasakan sensasi yang berbeda daripada game online lainnya," tegas Conrad.

Sparxup Award 2012 Hari Ke-2 (Live Report)

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sparxup Award 2012 memasuki hari ke-2 hari ini, Kamis (4/10). Hackathon yang merupakan salah satu agenda acaranya pun telah memasuki tahap akhir. Para peserta banyak yang belum tidur, demi meraih kejayaan di Hackathon tahun ini.

"Pesertanya hanya sekitar 5 orang yang 'tewas'. Namun, hanya sebentar saja, dan langsung melanjutkan pekerjaannya kembali. Pesertanya pun hanya sedikit yang merokok, meskipun telah disediakan tempat untuk merokok. Hal ini sangat membanggakan. Melihat para developer yang menjalani hidup sehat, tak seperti orang kebanyakan," ujar Rama Mamuaya, Chairman Sparxup Award 2012 saat diajak berdiskusi.

Sebelumnya, CHIP.co.id minta maaf bila hasil foto kurang jelas. Kami menggunakan kamera di ponsel Samsung Galaxy Y untuk mendokumentasikan acara ini.

09.58 - Detik-detik terakhir deadline. Para peserta telah banyak yang bersantai. Sepertinya sudah yakin dengan hasil kerjanya. Semoga yang terbaik akan menang.

10.08 - Deadline telah lewat! Peserta mulai diminta untuk meninggalkan "tempat kerja" mereka untuk ke tempat demo show di lantai 3. CHIP.co.id akan mengikuti sesi ini, dan menantikan hasil develop mereka semalaman tadi.

10.15 - Semua peserta dan CHIP.co.id telah berada di Ruang 310, Lantai 3, untuk melakukan sesi demo show. Rama Mamuaya memberikan sedikit penjelasan mengenai demo show.

Menurut Rama Mamuaya, ada 3 kriteria penjurian yang diperhatikan. Konsep, fungsionalitas, komplesitas teknis dari aplikasi yang dihasilkan. Tiap tim diberikan waktu sekitar 15 menit untuk memberikan presentasi dan live demo dari aplikasi yang diciptakan.

Juri terdiri-terdiri dari 6 orang yang dipercaya, yaitu:

  1. Wiku Baskoro (Daily Social)
  2. Willix Halim (Freelancer.com)
  3. Narenda Wicaksono (Nokia)
  4. Nanang (Blibli.com)
  5. Tiang Lim (Evernote)
  6. Akhsay Patil (Foursquare)

10.25 - Tim pertama maju untuk mempresentasikan aplikasinya. Paris van java, tim pertama yang membeberkan aplikasinya yang diberinama Taxify.

Taxify merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan pemesanan taksi. Diklaim dapat mempermudah pemesanan taksi, dibanding langkah biasa (telpon, dan lain-lain). Aplikasi ini dibuat menggunakan API dari Foursquare, Nokia Maps, dan Evernote.

10.36 - Tim kedua, Augmented Diary memberikan presentasi mengenai kreasinya yang bernama Squarenotes.

Aplikasi ini menggunakan API dari Foursquare dan Evernote, dan menghasilkan sebuah aplikasi yang berbasis augmented reality. Jadi, konsep dari aplikasi ini ialah saat melihat tempat yang menarik Anda dapat mencatat dan membuat foto untuk mengabadikan tempat tersebut.

10.44 - Selanjutnya, Hanief Cahya Utama membeberkan aplikasi ciptaannya yang bernama Gooyoob. Aplikasi ini diklaim dapat membantu Anda untuk meminta ataupun memberikan pertolongan kepada orang lain yang berada di daerah sekitar Anda.

Aplikasi ini menurut CHIP.co.id amat berguna bagi turis atau Anda yang tersesat di suatu daerah yang asing dan Anda tidak punya teman yang ada di dekat area tersebut. Gooyoob menggunakan API dari Foursquare.

11.09 - Selanjutnya, aplikasi ChillOut dipresentasikan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencari tempat untuk "play hard" setelah Anda "work hard" seharian.

Ada sekitar 18 kategori yang dapat dicari, yaitu bar, restoran, dan lain-lain. ChillOut menggunakan API dari Foursquare.

11.08 - Lalu, kini giliran aplikasi Baroong yang dipresentasikan. Baroong merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadi semacam panduan bagi Anda yang merencanakan perjalanan liburan.

Aplikasi ini menggunakan API dari Tiket.com, jadi Anda dapat memesan tiket pesawat, dan lain-lain. API dari Foursquare juga digunakan untuk menjadi panduan lokasinya.

11.17 - Kini, aplikasi bertajuk Foursquare Challange dikemukakan. Aplikasi ini terinspirasi dari situs 9gag.com dan reality show The Amazing Race.

Menggunakan API dari Foursquare, Anda dapat menaklukan tiap tantangan di berbagai tempat. Tantangan ini dapat berupa apa pun, dan bisa Anda ciptakan untuk "seru-seruan" dengan teman-teman.

11.30 - Sekarang sedang dipresentasikan aplikasi Try Out Plus. Aplikasi ini merupakan semacam tempat untuk melakukan try out sebelum ujian.

Terdapat berbagai paket soal tryout dari SD hingga SMA.

11.43 - Selanjutnya, presentasi dari aplikasi StoreQ. Dengfan aplikasi ini, Anda dapat berbelanja via Blibli.com melalui smartphone Anda.

Layaknya berada dalam situs e-commerce, Anda dapat memilih barang yang ingin dibeli, review, bahkan detail tentang sang penjual.

11.52 - Kini giliran tim Koteka Labs untuk maju dan memberikan presentai aplikasinya yang bertajuk, Diary Travel. Aplikasi ini semacam jurnal bagi Anda saat melakukan perjalanan.

Diary Travel dapat memberikan saran-saran mengenai tempat wisata yang patut didatangi, melihat lokasi terdekat dari tempat Anda berdiri via augmented reality, dan bahkan Anda dapat mencatatnya dalam diary yang menggunakan API dari Evernote. Tentu saja karena aplikasi ini juga berbasis lokasi, sang pengembang menggunakan API milik Foursquare.

12.02 - Terakhir, aplikasi Travelogger dipresentasikan. Aplikasi ini dapat menyediakan semacam blog untuk Anda para traveller. Anda dapat check-in via Foursquare dan menulis note via Evernote dengan aplikasi ini.

Menurut sang developer, aplikasi ini amat berguna untuk mengabadikan keindahan suatu tempat yang Anda kunjungi.

12.15 - Sesi ini telah selesai! Kini acara dilanjutkan dengan makan siang. Selamat makan siang CHIPers.

Nantikan kabar selanjutnya.

Kompetisi Programer, ACM International Collegiate Programming Contest 2012

Posted:


CHIP.co.id - Kompetisi ACM International Collegiate Programming Contest (ACM-ICPC) 2012 merupakan sebuah kompetisi programing tahunan antar berbagai universitas di dunia. Kontes ini merupakan hasil kerja sama antara IBM dan ACM (Association for Computing Machinery). Kompetisi ini sendiri berlangsung di berbagai daerah di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Untuk Indonesia, ACM-ICPC 2012 didahului dengan kompetisi Indonesia National Contest (INC) yang telah dilaksanakan secara online pada 30 September lalu. Dari kompetisi INC ini, telah terpilih Top 50 yang akan mengikuti "penyisihan" selanjutnya yang bertajuk Regional Asia Jakarta Contest. Regional Asia Jakarta Contest ini sedianya akan diselenggarakan pada 16-18 Oktober 2012 mendatang.

Inilah daftar lengkap Top 50 Indonesia National Contest

  1. Saklar Lhompat (UI)
  2. Dongskar Pedongi (Institut Teknologi Bandung)
  3. Vidina 2.0 (UI)
  4. Algorythmists (UI)
  5. TC Faster ACquiring (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  6. Pandawa (Binus)
  7. ASK (Institut Teknologi Bandung)
  8. codevege (STMIK Mikroskil)
  9. Codebringer (UI)
  10. doppelganger (Institut Teknologi Bandung)
  11. Bagong (Binus)
  12. stein (UGM)
  13. UMN-Alpha (Universitas Multimedia Nusantara)
  14. TC NatusVincere (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  15. Pandago Studio (UI)
  16. AstroTNT (UI)
  17. Cursed (Binus)
  18. Badak Depok (UI)
  19. Semar Jambi (Institut Teknologi Bandung)
  20. Untitled (Institut Teknologi Telkom)
  21. UltraC (Institut Teknologi Telkom)
  22. FailWhale (Institut Teknologi Telkom)
  23. ... (Petra Christian University)
  24. Namaste (Institut Teknologi Telkom)
  25. HEAT (University of Surabaya)
  26. TC Apa (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  27. aremar (UI)
  28. TCYongkru (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  29. Saya Sendiri (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  30. C.I.A (Satya Wacana Christian University)
  31. Hore (Binus University)
  32. STIS Alfa (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  33. ECEPT-2nd Army (Satya Wacana Christian University)
  34. WedhusQwonyol (Gadjah Mada University)
  35. H2S (Petra Christian University)
  36. Bathynomus (Ciputra University)
  37. District13 (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)
  38. UMN-Beta (University of Multimedia Nusantara)
  39. GGG (UI)
  40. Numpang Ngoding (UI)
  41. Gatotkaca (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)
  42. Training Dummy (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)
  43. FiberOptik (Satya Wacana Christian University)
  44. TC Beriman (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  45. SIP (Petra Christian University)
  46. TcAyukAja    (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  47. STIS Epsilon (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  48. AMD (Petra Christian University)
  49. TC BombCode (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  50. Numpang Makan (UI)

Nantikan kabar terbaru kompetisi ini, hanya di CHIP.co.id.

Viki Hadirkan Anime Klasik Jepang ke YouTube

Posted:


CHIP.co.id - Situs kolaborasi subtitling (teks bahasa) Viki telah membuka saluran baru di YouTube, dengan nama tezukaanime (http://youtube.com/tezukaanime). Channel ini membawa judul anime klasik seperti Astro Boy ke khalayak global. Meskipun seri animasi aslinya dalam bahasa Jepang, berkat komunitas Viki yang multibahasa, video YouTube sekarang memiliki teks bahasa sebanyak komunitas bisa memberikan kontribusi.

Saluran saat ini menawarkan 16 episode penuh dari seri ikonik tahun 80-an Astro Boy, dengan subtitel yang telah diunggah saat ini dalam bahasa Inggris, Arab, Rumania, Turki, Spanyol, Perancis, dan Jepang.  Begitu komunitas penerjemah menyelesaikan teks dalam bahasa baru, Viki akan menambahkannya ke video di YouTube. Video dalam saluran ini bisa ditonton dari seluruh dunia kecuali Jepang, Hong Kong, Taiwan, Italia dan Spanyol.

Judul animasi lainnya pada saluran Tezukaanime termasuk Jungle Emperor Leo, Black Jack, Dear Brother, The New Adventures of Kimba the White Lion, Don Dracula, dan Marvelous Melmo, dengan judul menarik lainnya segera datang. Pengguna YouTube bisa segera berlangganan ke saluran ini untuk mengetahui kapan episode baru di-upload.

Red Hat Hadirkan Solusi Komputasi Awan Terbaru

Posted:


CHIP.co.id - Red Hat mengumumkan ketersediaan segera dari rilis preview distribusi OpenStack Red Hat berbasis kerangka kerja open source OpenStack yang popular untuk membangun dan mengelola awan pribadi, publik, dan Infrastructure-as-a-Service (IaaS) hybrid. Dengan ini, Red Hat mewujudkan langkah berikutnya dalam rencananya mendistribusikan satu-satunya OpenStack siap-enterprise dalam industri dengan dukungan komersial Red Hat yang meraih award, jaringan resmi vendor hardware and aplikasi serta kepemimpinan dalam menyediakan komputasi awan open source terpercaya untuk organisasi-organisasi di dunia yang membutuhkan solusi dan dukungan kelas enterprise.

OpenStack adalah kerangka kerja open source untuk membangun awan laaS pribadi dan publik yang melengkapi portofolio solusi komputasi awan open source Red Hat. Proyek utama perangkat lunak ini adalah menyediakan layanan komputasi, penyimpanan dan pengelolaan jaringan, dengan sebuah layanan identitas bersama dan dashboard. Red Hat telah lama memberi kontribusi pada OpenStack dan secara terus-menerus meningkatkan partisipasi dan kontribusinya seiring waktu. Pada OpenStack Summit bulan April 2012, Red Hat diakui sebagai kontributor ketiga untuk OpenStack secara keseluruhan. Pada April 2012, dalam kerjasamanya dengan pemimpin-pemimpin industri lainnya, Red Hat juga mengumumkan niatnya untuk mendukung OpenStack Foundation, lembaga pengatur untuk menjaga proyek OpenStack, sebagai Platinum Member.

“Melalui keterlibatan kami dengan OpenStack yang terus berkembang, kami melihat komunitas yang terus berkembang dan kami senang bisa meraih tonggak sejarah ini sejalan dengan upaya untuk menyediakan produk kelas enterprise berbasis teknologi komputasi awan terbuka ini," ujar Brian Stevens, CTO and Vice President, Worldwide Engineering, Red Hat.

Proyek OpenStack dengan cepat berkembang menjadi solusi open source yang mampu memberikan kinerja, fitur dan fungsionalitas bagi organisasi untuk komputasi awan pribadi dan publik mereka. Pengumuman OpenStack Foundation yang akan datang mempercepat pengembangan ini, serta menyoroti kebutuhan akan dukungan komersial untuk mempercepat penggunaan oleh perusahaan. Dengan rilis preview distribusi OpenStack Red Hat, perusahaan ini mengambil langkah selanjutnya dalam komitmennya untuk menyediakan distribusi OpenStack enterprise yang terpercaya, memanfaatkan catatan panjang dalam penyediaan produk-produk open source tingkat komersial. Distribusi OpenStack Red Hat akan memperluas dan melengkapi portofolio komputasi awan hybrid perusahaan lebih dalam lagi, yang saat ini mencakup  Red Hat Enterprise Linux, Red Hat Enterprise Virtualization, Red Hat CloudFormsTM, Red Hat Storage dan Red Hat OpenShiftTM Platform-as-a-Service (PaaS).

Red Hat telah bekerja sama dengan grup awal pelanggan yang dengan kuat menyarankan rilis komersial OpenStack dari Red Hat dan merupakan bagian penting dalam memberikan umpan balik dan pengujian yang dibutuhkan untuk merampungkan rilis preview ini. Perusahaan kini berkeinginan untuk bekerja sama dengan kelompok pelanggan yang lebih besar untuk lebih jauh lagi mengembangkan distribusi OpenStack Red Hat dan penggunaanya dengan produk-produk Red Hat lain. Selain itu, Red Hat bekerja erat dengan mitra-mitra utama seperti Rackspace  untuk menyediakan awan yang didukung OpenStack dan dikelola secara penuh oleh Red Hat.

Pelanggan yang mendaftar untuk distribusi OpenStack Red Hat bisa memberikan umpan balik untuk tim OpenStack Red Hat dan berkolaborasi satu sama lain melalui alat-alat komunitas yang disediakan melalui program preview.

Distribusi OpenStack versi preview yang tanpa dukungan untuk publik berbasis Red Hat Enterprise Linux 6 bisa diunduh di www.redhat.com/tryopenstack. Rilis dengan dukungan lengkap untuk pelanggan Red Hat diharapkan akan tersedia tahun 2013.

WSJ: Apple Sudah Produksi iPad Mini

Posted:


CHIP.co.id - Harian The Wall Street Journal, Rabu (3/10) merilis bahwa Appla sudah mulai memproduksi secara massal iPad Mini. Selain mengutip perusahaan pemasok komponen untuk Apple, Wall Street Journal juga meminta keterangan dua sumber anonim yang mengetahui detail produk tersebut.

Menurut sumber-sumber tersebut, layar iPad Mini berukuran 7,85 inci, lebih kecil dari ukuran layar iPad yang kita kenal saat ini, 9,7 inci. Disebutkan pula, iPad Mini tak akan menggunakan retina display seperti iPad 3.

Menurut sejumlah analis, iPad Mini akan menjadi senjata ampuh Apple menandingi Google Nexus 7, Galaxy Tab, dan Kindle Fire.

Kemarin, blog Apple yang berbasis di Jepang, Macotakara juga memberitakan bahwa iPad Mini sudah diproduksi Foxconn di Brazil. Macotakara juga mengklaim Apple akan mengirimkan undangan peluncuran iPad Mini 10 Oktober mendatang, sedangkan acara peluncuran akan berlangsung sepekan kemudian.

AMD Luncurkan Generasi Kedua A-Series

Posted:


CHIP.co.id - AMD mengumumkan peluncuran generasi kedua dari AMD Seri A-Series Accelerated Processing Units (APU) untuk desktop, motherboard dan komputer untuk home-theater. Generasi kedua AMD Seri A-APU ini sudah bisa didapatkan secara retail atau melalui distributor. Target APU terbaru ini adalah untuk para perakit komputer (do-it-yourself PC), gamer dan para penjual yang ingin memperbarui infrastruktur komputer mereka dengan performa yang bagus, grafis berkelas, multi-core dan respons yang luar biasa karena kemampuan proses yang cepat. 

Generasi kedua untuk AMD Seri A-APU desktop, dijual mulai dari harga dari US$53 hingga US$122. Dengan harga yang kompetitif ini, APU baru tersebut menawarkan core yang lebih banyak dan lebih cepat, terbaik dalam kelas entertainment dan spesifikasi yang mumpuni teknologinya. Pengguna AMD APU juga mendapatkan akses ke AMD AppZone dan daftar aplikasi akselerasi yang komprehensif dengan memaksimalkan tenaga APU komputer secara penuh. Dengan akselerasi perangkat keras yang mendukung DirectX 11 pada AMD grafis Radeon dan teknologi AMD Eyefinity yang memberikan lebih banyak pengalaman yang mengesankan, AMD Seri A-APU ini adalah solusi ideal untuk mendukung sistem operasi Microsoft Windows 8 dan menjalankan sistem operasi Microsoft Windows 7 yang sekarang.

"AMD Seri A-APU yang baru sangat ideal untuk mereka yang mencari sebuah dekstop baru atau komputer home-theater dengan performa terdepan sesuai harga," tutur Leslie Sobon, corporate vice president, desktop and component products, AMD. "Kombinasi kecepatan memproses, mesin multi-core dan kemampuan grafis yang berkelas pada generasi kedua AMD Seri A-APU, membuatnya menjadi sebuah platform yang sangat bagus untuk gamer dan pengguna komputer."

Lebih Banyak Core, Lebih Cepat dan Lebih Bernilai

Generasi kedua AMD Seri A-APU menyediakan performa yang lebih tinggi dan kemampuan-kemampuan yang melebihi generasi pertamanya:

  1. Lebih dari 700 GFLOPs  performa komputer
  2. Frekuensi maksimal, lebih dari  4.2 GHz 
  3. Buka Central Processing Unit (CPU) dengan peranti lunak AMD OverDrive™ untuk performa overclocking ekstrem lebih dari 6.5 GHz.


Dengan teknologi CPU dan Graphics Processor Unit (GPU) AMD Turbo Core 3.0, performa generasi kedua AMD Seri A-APU dapat meningkatkan performa secara otomatis  dari core GPU dan CPU.  Pengguna komputer yang mencari cara untuk meningkatkan performa CPU mereka secara maksimal, bisa dengan menggunakan aplikasi peranti lunak AMD OverDrive untuk melakukan overclock, baik pada CPU dan GPU, dan juga meningkatkan frekuensi memori dengan memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa. 

Bermain games dan video yang lebih Bagus dengan AMD Grafis Radeon

Generasi kedua AMD Seri A-APU termasuk AMD Seri Grafis Radeon HD 7000, menyediakan performa tinggi grafis yang berkelas. APU ini melanjutkan kepemimpinan AMD dalam dunia games dengan peningkatan performa yang signifikan, baik dalam CPU Dan GPU melebihi generasi sebelumnya dan mendukung:

  1. Teknologi AMD Eyefinity- Satu-satunya teknologi multi-monitor yang mendukung satu tampilan tunggal Windows 8 melalui lebih dari empat monitor. Untuk pertama kalinya, teknologi mengesankan ini tersedia dari sebuah APU tanpa perlu adanya sebuah kartu grafis terpisah.
  2. Pemimpin industri, performa tinggi DirectX 11 rancangan grafisnya mampu memberikan resolusi penuh 1080p untuk bermain games, untuk sebuah detail gambar yang seperti hidup.  
  3. AMD Grafis Radeon Dual mendukung performa lebih dari 75% saat kartu grafis terpisah ditambahkan pada APU. Opsi dari AMD Grafis Radeon Dual ini juga menawarkan dukungan untuk DirectX 9 dan 10 untuk game-game keluaran lama dan menggunakan  AMD CrossFire Application Profiles yang baru untuk kemudahan mengikuti perkembangan terbaru. 


Lebih Mudah Memperbarui Platform

Generasi kedua AMD Seri A-APU desktop digabungkan dengan generasi mendatang "Piledriver" CPU yang dirancang bangun dengan AMD Seri Grafis Radeon HD 7000 pada infrastruktur motherboard baru FM2, untuk memberikan sebuah komputer penuh fitur dan pengalaman visual yang brilian, semuanya pada satu platform dengan kemampuan memperbarui teknologi mendatang. 

Tiga chipset berbeda tersebut semuanya tersedia pada motherboard dengan dudukan FM2, masing-masing dengan tatanan fitur berbeda: AMD A55, A75 dan A85X. Ketiga chipset ini mendukung AMD Memory Profile yang memungkinkan memori grafis dijalankan pada 1866 MHz, dengan tenaga lebih dari 266 MHz untuk performa yang lebih cepat. 

Mulai hari ini, berikut AMD Seri A-APU yang telah tersedia dari partner AMD dan retailers seluruh dunia.

Canon Luncurkan Kamera EOS M

Posted:


CHIP.co.id - Canon meluncurkan generasi kamera terbaru dijajaran EOS bernama EOS M. Sekilas, penampilan EOS M menyerupai kamera saku digital pada umumnya. Namun apabila ditelusuri lebih lanjut, kamera mungil ini memiliki teknologi legendaris EOS .

Canon EOS M telah mengusung sensor besar APS-C (22,3 x 14,9mm) seperti yang terdapat di kamera DSLR EOS serta dapat digunakan dengan lebih dari 60 pilihan jenis lensa EF dan EF-S yang tersedia di pasaran melalui bantuan adaptor. Dengan mengadopsi teknologi mirrorless, ukuran dan bobot EOS M berkurang secara signifikan. Desain ini dicapai dengan menghilangkan beberapa bagian komponen yang ada di kamera DSLR, seperti viewfinder, cermin utama, dan mekanisme penggerak cermin. Bila dibandingkan dengan kamera EOS 650D, Canon EOS M diklaim memiliki dimensi 59% lebih ramping, 33% lebih kecil, dan 55% lebih ringan.

“Canon EOS M merupakan pilihan ideal bagi siapa saja yang mendambakan kualitas foto dan performa sekelas DSLR dengan ukuran camera yang ringan dan ringkas berkat sitem mirorrless dan teknologi canggih yang ditanamkan, termasuk bagi pengguna kamera EOS yang menginginkan sebuah kamera sekunder yang ringan dan dapat menggunakan beragam lensa EF beserta aksesorinya,” ungkap Merry Harun, Canon Division Director, PT. Datascrip.

Berlawanan dengan dimensinya yang kecil, EOS M mengusung kecanggihan generasi EOS dengan sensor CMOS APS-C 18-Megapiksel yang dipadukan dengan prosesor gambar DIGIC 5. Kombinasi sempurna ini membuat EOS M mampu menghasilkan foto-foto dan video berkualitas tinggi dan rendah noise pada kondisi minim cahaya dengan kemampuan penggunaan ISO setinggi 12800 (yang dapat ditingkatkan lagi hingga 25600).

EOS M menawarkan kemudahan pengoperasian melalui LCD layar sentuh berukuran 3 inci. Untuk pengambilan gambar dalam kondisi cahaya yang ekstrim, Canon EOS M dilengkapi dengan fungsi HDR Backlight Compensation yang melakukan pengambilan gambar tiga kali berturut-turut untuk menghasilkan gambar optimal. Ada pula Multi-shot Noise Reduction untuk menghasilkan foto yang tajam dan mengurangi noise pada foto.

“Canon EOS M hadir dengan filter yang menarik dan kreatif seperti Grainy/Black and White, Soft Focus, Toy Camera, Miniature, Art Bold, Water Painting, hingga Fish-Eye effect. Dengan filter-filter tersebut kreativitas para penggunanya akan semakin terpacu dalam mengabadikan foto dari sisi yang berbeda,” ujar Sintra Wong, Marketing Manager Canon Image Communication Product Division, PT. Datascrip.

EOS M dapat pula digunakan untuk syuting video dengan kualitas Full HD. Sensor APS-C dan prosesor DIGIC 5 memungkinkan EOS M syuting video dengan menggunakan ISO tinggi untuk menghasilkan video yang detil di setiap framenya. Terdapat pula mode Movie Servo AF. Mode ini terdiri dari tiga metode yang berbeda, yaitu Face Detection + Tracking AF, FlexiZone Multi dan FlexiZone Single. Ketiganya dapat diaktifkan sekaligus, meskipun saat EOS M tidak sedang merekam.

Ada empat ragam warna pilihan yang bisa dipilih sesuai gaya penggunanya, yakni hitam, putih, silver, dan merah.

Sparxup Award 2012 (Live Report)

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Gelaran Sparxup Award 2012 segera dimulai. Perhelatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 3-5 Oktober 2012. Bertempat di Binus University, Jakarta, Sparxup Award ini juga menampilkan Hackathon, yaitu sebuah kompetisi bagi para programmer.

14.15 - Sparxup Award belum dimulai, meskipun panitia mencanangkan pembukaan pukul 13.00 karena  menunggu beberapa peserta yang masih dalam perjalanan. "Terjebak macet karena demonstrasi," ujar Rama Mamuaya.

14.19 - Kompetisi Hackathon ini akan` berlangsung mulai hari ini, hingga besok (4/10) pukul 10.00 pagi. Untuk pengumuman pemenangnya akan dilakukan, Jumat di Plaza Bapindo.

14.21 - Sparxup telah "kick off". Sesi pertama dibuka oleh presentasi Nana dari Blibli.com.

14.30 - Narenda Wicaksono dari Nokia kini "naik panggung" untuk presentasi. Dia lebih banyak membicarakan mengenai developer dan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Nokia dan Windows.

Naren juga memberitahukan bahwa di Hackathon kali ini, para peserta belum dapat menggunakan SDK Windows Phone 8. Namun hanya Windows Phone 7.5.

14.55 - Kini, Akhsay Patil dari Foursquare mengisi sesi selanjutnya. Akhsay memberikan penjelasan mengenai API dari Foursquare.



Untuk tambahan, Akhsay Patil ini baru semalam tiba di Jakarta dari New York. Dia juga baru menikah beberapa hari yang lalu, dan ikut memboyong sang istri ke Jakarta!

15.15 - Tiang Lim, perwakilan dari Evernote mengisi sesi selanjutnya dengan memberikan penjelasan mengenai Evernote.

Evernote sendiri juga akan memberikan tambahan hadiah untuk peserta yang menciptakan aplikasi berbasis Evernote terbaik, berupa uang sejumlah USD500.

15.30 - Bam! Para developer peserta Hackathon kini sudah diperbolehkan untuk mulai berkompetisi. Semoga yang terbaik akan menang.

Berdasarkan wawancara dengan Rama Mamuaya pula, terungkap bahwa untuk pemenang umum kompetisi Hackathon ini akan mendapatkan uang cash sebesar Rp10.000.000 ditambah beberapa produk dari sponsor. Dan seperti yang CHIP.co.id telah kemukakan tadi, bagi developer terbaik yang menggunakan API dari Evernote akan diberi tambahan berupa uang cash sebesar USD500! Anda pasti sedikit menyesal tidak ikut ambil bagian dari gelaran Sparxup tahun ini.

"Untuk pendaftaran, kita menerima sekitar 70 tim yang mendaftar. Setelah disaring berdasarkan ide dan syarat-syarat lain, akhirnya terpilihlah 30 tim yang mendapat kesempatan untuk ambil bagian di Hackathon," ujar Rama Mamuaya.

16.56 - Hingga saat ini, peserta Hackathon sedang serius menghasilkan aplikasi. Dan situasi ini akan berlanjut hingga pukul 10.00 esok hari (4/10). Pukul 19.00 nanti malam, peserta akan diberi kesempatan untuk makan malam dan beristirahat sejenak selama satu jam (berdasarkan agenda yang CHIP.co.id terima). Semoga dapat menghasilkan aplikasi apik yang dapat memenangi Hackathon tahun ini.

Nantikan kabar selanjutnya, hanya di CHIP.co.id.

HTC Luncurkan HTC One X+

Posted:

(HTC)

CHIP.co.id - HTC, produsen smartphone asal Taiwan, akhirnya secara resmi mengumumkan perangkat terbaru, HTC One X+. Smartphone penerus HTC One X itu hadir dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan prosesor lebih cepat ,quad-core 1,7 GHZ Nvidia Tegra 3. HTC One X+ juga memiliki storage sebesar 64GB, dan menurut HT, versi LTE lebih cepat 67 persen dibanding pendahulunya.

Di bagian software, HTC membenamkan HTC Sense 4+ yang memungkinkan pengguna memilih mode self portrait dengan facial detection melalui kamera depan. Sedangkan mode sightseeing memungkinkan pengguna mengambil snapshot hanya dengan satu klik, tanpa perlu membuka layar saat sedang terkunci. Sense 4+ juga mendukung fitur Tap dan Go terbaru, memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone mereka dengan Beat audio speaker ketika keduanya dibuka secara bersamaan.

Selain hal di atas, tidak ada perbedaan berarti antara HTC One X dan One X+. HTC One X+ akan dirilis di Eropa dan Asia Utara bulan ini. Sayangnya, dalam pernyataan resmi, HTC belum membocorkan harga gadget teranyarnya itu.

Cisco-First Media Tawarkan Koneksi Nirkabel Premium untuk Konsumen di Rumah

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Cisco kerjasama dengan First Media menghadirkan apa yang mereka sebut sebagai pengalaman koneksi nirkabel premium bagi konsumen di rumah. First Media akan menawarkan router Linksys Wireless-N bersama paket berlangganan FastNet Internet Broadband, dengan pilihan upgrade ke Linksys Smart Wi-Fi Router pada November mendatang.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, disebutkan bahwa dengan Linksys Smart Wi-Fi Router, konsumen dapat mengendalikan jaringan dan perangkat di rumah mereka melalui Smart Wi-Fi Tools dan Apps, saat berada di rumah maupun ketika sedang bepergian. Kolaborasi antara Cisco Linksys dan First Media menawarkan pilihan kepada konsumen untuk memperkuat jaringan nirkabel di rumah melalui router nirkabel Linksys dan paket FastNet Internet Broadband dari First Media.

Linksys Smart Wi-Fi Router didukung oleh platform intelligent cloud yang mempermudah cara konsumen terkoneksi internet, mengendalikan dan berinteraksi dengan perangkat yang mereka miliki, termasuk perangkat hiburan pribadi dan peralatan rumah tangga.

“Kami gembira dapat bekerjasama dengan First Media dan dapat mewujudkan koneksi di rumah bagi para konsumen di Indonesia,” kata Tang Boon Ping, Director, APAC, Cisco Home Networking. “Melalui kolaborasi ini, kami percaya dapat memberikan tawaran yang terbaik, bagi konsumen yang peduli terhadap harga maupun penggemar teknologi yang memiliki beragam perangkat dan menginginkan performa yang lebih baik pada sistem jaringan di rumah mereka.”

“Kerjasama kami bersama Cisco Linksys telah berjalan dengan sangat baik,” kata Dicky Moechtar, Corporate Sales Director, PT Link Net. “Para pelanggan Fastnet Internet Broadband memberikan tanggapan positif terhadap router nirkabel Linksys dan kami senang dapat terus bekerjasama dalam menghadirkan manfaat dan layanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan kami.”

Untuk harga dan informasi lainnya, bisa dilihat lebih lanjut di situs resmi firstmedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar