Jumat, 07 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Apple Kurangi Ketergantungan Terhadap Chip Samsung

Posted:


CHIP.co.id - Apple telah mengurangi pemesanan chip memori dari Samsung untuk generasi iPhone berikutnya. Langkah ini tampaknya dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Apple pada pesaing dan musuh hukumnya tersebut.

Seperti diketahui, meski saling gugat di pengadilan, Samsung masih menjadi pemasok utama storage DRAM dan NAND untuk iPhone, iPad, dan iPhone. Namun, Reuters mengabarkan, Apple kini telah mengurangi pemesanan dari raksasa elektronik Korea Selatan tersebut, sebagai upaya dalam diversifikasi lini pasokan.

Sementara itu, Korea Economic Daily melaporkan, Apple telah menanggalkan Samsung dari daftar pemasok chip memori untuk pengiriman pertama iPhone terbaru, mereka malah lebih memilih Toshiba, Elpida Memory, dan Korea SK Hynix.

Namun, sumber Reuters mengatakan, Samsung tetap dalam daftar Apple sebagai pemasok awal untuk chip iPhone, tetapi mereka mengurangi pemesanan dari pembuat handset lainnya, terutama dari Samsung. Sumber Reuters mengatakan, keputusan itu tidak terkait dengan perseteruan antara Samsung dan Apple di ruang sidang baru-baru ini.

Apple juga dikabarkan mencoba untuk membanguan kerjasama eksklusif dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing.Co melalui investasi sebesar USD1 miliar dalam pembuatan chip. Diduga kerjasama ini termasuk upaya menggantikan kontrak Samsung untuk prosesor A6. Kabarnya, TSMC menolak tawaran itu. Pihak TSMC beralasan, mereka tidak memerlukan modal untuk investasi dan tidak mau menjual bagian dari dirinya sendiri.

(Au)

Lady Gaga Rilis Album dalam Bentuk Aplikasi iOS

Posted:


CHIP.co.id - Kabar terbaru datang dari penyanyi fenomenal yang tak henti membuat sensasi, Lady Gaga. The Mother Monster akan merilis album berikutnya, Artpop, dalam bentuk aplikasi untuk iPad dan iPhone. Selain aplikasi, dia juga merilis albunya dalam format fisik dan digital.

Hal tersebut disampaikan Gaga dalam situs jejaring sosial Little Monsters, kemarin. Gaga mengumumkan bahwa album interaktifnya ini, direncanakan akan rilis pada musim semi (antara Maret sampai Juni) 2013 mendatang. Album aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk chatting, menonton video klip setiap lagu, musik tambahan, konten, game yang terinspirasi Gaga, informasi fashion terbaru, majalah, dan banyak lagi.

Selain untuk iOS aplikasi Artpop kabarnya akan kompatibel dengan sistem mobile dan komputer. Meskipun belum jelas apakah aplikasi ini akan tersedia untuk Android atau platform smartphone lainnya, dalam pesan pribadinya, Gaga menyarankan kepada fans untuk mulai meminta iPad sebagai hadiah Natal.

Gaga mengikuti jejak dari sesama musisi, Sting, yang meluncurkan aplikasi Sting 25. Aplikasi tersebut mencakup foto, wawancara, jurnal, dan rekaman konser Sting.

(Au)

Twitter Hentikan Pengembangan Aplikasi untuk Mac

Posted:


CHIP.co.id  - Meskipun belum ada konfirmasi, muncul kabar bahwa jejaring sosial Twitter menangguhkan pengembangan dan pembaruan aplikasi untuk Mac. Menurut sumber TechCrunch, diduga Twitter berencana untuk menghentikan semua pembangunan dan pembaruan pada aplikasi Mac tersebut.

Reporter TechCrunch, MC Siegler mengumumkan melalui Twitter, "Twitter hari ini menghubungi kami: Twitter untuk Mac telah berakhir. Mereka tidak akan langsung mematikannya, tetapi mungkin tidak ada update lagi. Selamat tinggal, teman lama...".

Sebenarnya tidak banyak yang dilakukan untuk aplikasi tersebut dalam beberapa waktu terakhir ini, update terakhir yang dilakukan adalah pada bulan Juni 2011 lalu.

Menurut Siegler, aplikasi Twitter tidak akan benar-benar menghilang, hanya saja tidak ada fitur baru yang akan ditambahkan. Hal ini signifikan karena itu berarti aplikasi Twitter akan kehilangan kompatibilitas dengan OS Mac.

Karena sudah lama tidak diperbarui, aplikasi Twitter sudah tidak mendukung MacBook Pro Retina Display terbaru atau sistem notifikasi Mountain Lion. Menurut 9to5Mac, versi Retina dari Twitter untuk Mac telah selesai, tetapi kemudian "disimpan". Masih belum jelas alasan mengapa Twitter melakukan hal ini. Twitter masih belum mengkonfirmasi kabar ini.

(Au)

Hackathon Startup Asia Bandung 2012

Posted:


CHIP.co.id - Hackathon Startup Asia Bandung 2012 merupakan sebuah acara yang dikhususkan bagi para developer startup. Acara ini merupakan gagasan TechInAsia.com.

Para developer akan berada dalam sebuah balai pertemuan selama 24 jam nonstop untuk membuat gagasan serta menuangkannya dalam bentuk startup. Namun, tiap kode program yang akan digunakan tidak dapat disiapkan sebelumnya. Alias harus disiapkan saat gelaran tersebut dimulai.

Bagi Anda para developer, gelaran ini menjanjikan berbagai manfaat yang dijanjikan oleh panitia, yaitu:

  • Tantangan - untuk menambah bumbu-bumbu persaingan, akan ada tantangan yang diberikan panitia yang bertujuan memaksimalkan kreatifitas mereka.
  • Hadiah - tentu saja tiap tantangan tersebut akan bermuara pada hadiah-hadiah yang menarik untuk diperebutkan.
  • API - akan ada daftar API yang disediakan untuk Anda (para developer) untuk menaklukan tantangan yang disiapkan.
  • Terakhir, tentu saja Anda akan bertemu orang-orang baru yang mungkin saja dapat menambah link Anda.

Berbeda dengan acara Hackathon sebelumnya, Startup Asia Bandung 2012 difokuskan untuk Hackathon selama 24 jam penuh. Startup Asia Bandung 2012 ini sedianya akan digelar pada 13-14 Oktober mendatang di Landmark Convention Hall, Bandung.

Bagi Anda para developer yang ingin ikut serta, dapat klik http://startupasia.techinasia.com/bandung2012/tickets dan memesan tiket secara gratis! Tak lupa bagi yang hanya ingin menyaksikan gelaran ini, Anda dapat memesan tiket dengan meng-klik laman web yang sama.

Ekspansi Bisnis, Microsoft Rekrut 1.000 Pekerja Baru di China

Posted:

`

CHIP.co.id - Microsoft berencana menambah 1.000 staf baru di China tahun depan, terkait rencana ekspansi binsis di negeri Tirai Bambu tersebut. Mereka akan bergabung dengan 4.500 pekerja Microsoft yang telah ada saat ini.

Langkah Microsoft ini terjadi di tengah isu pembajakan perangkat luna yang masih menjadi masalah utama di China. Para pekerja tersebut akan ditempatkan di bagian riset dan pengembangan, sales, marketing, dan service, ujar Ralp Haupter, CEO Microsoft untuk wilayah China daratan.
 
Haupter menjelaskan, ekspansi ini merupakan bagian dari keinginan Microsoft untuk menjangkau konsumen potensial di China seperti pemerintah daerah institusi publik. Raksasa software yang berbasis di Seattle ini tengah berjuang untuk membangun sebuah pijakan di pasar IT China, di mana konsumen dapat secara mudah membeli versi bajakan dari Software mereka di sana.
 
Pada Januari lalu, perusahaan ini menggugat Gome Electrical Appliances Holding, penjual elektronik rumahan terbesar di China, karena telah menginstal versi bajakan dari software Microsoft pada banyak PC.
 
Microsoft berencana untuk menaikan belanja riset dan pengembangan (R&D) di China menjadi 15 persen pada tahun depan, ujar Ya-Qin Zhang, chairman R&D Microsoft untuk wilayah Asia Pasifik. Perusahaan tersebut telah menghabiskan USD500 juta per tahun untuk pengembangan riset dan pengembangan di China.

Pekerjaan baru ini akan membuat jumlah pekerja Microsoft di China hampir sama dengan jumlah pekerja mereka di India, di mana mereka mempekerjakan 5.800 orang untuk seluruh unit bisnisnya. Microsoft juga membangun cloud computing center yang besar di Shanghai di mana mereka akan mempekerjakan sekitar 600 orang, ujar Zhang.
 
Microsoft sedang menghadapi pasar PC yang sedang stagnan, dilaporkan bahwa kerugian mereka pada kuartalan pertama sebagai perusahaan publik terjadi pada bulan Juli, meskipun pendapatan meningkat lebih besar daripada yang diperkirakan oleh analis.

(Ric)

Bing vs Google Yang Maha Kuasa, Buktikan Sendiri Hasilnya!

Posted:


CHIP.co.id – Ketika Peter Parker alias Spiderman menggunakan mesin pencari Bing dalam film terbaru The Amazing Spiderman, banyak fans mencemooh karena menurut mereka seorang mahasiswa cerdas seperti Peter pasti menggunakan Google, sama halnya dengan Tony Stark alias Iron Man, si jenius teknologi, tidak pantas memakai Bing. Banyak orang berpendapat, tidak ada mesin pencari sebaik Google sampai saat ini, bahkan menyebut Google Yang Maha Kuasa. Setujukah Anda?

Baru-baru ini Microsoft mengklaim pengguna Internet lebih memilih mesin pencari Bing dibanding Google dengan rasi0 2:1. Microsoft bahkan bersedia membuktikan hal tersebut dengan meluncurkan kampanye secara nasional di Amerika Serikat bertajuk “Bing it on", yang juga bisa diakses dari seluruh dunia. Tujuan Mini Site tersebut adalah untuk memperlihatkan bahwa hasil pencarian Bing lebih baik dari Google.

Di web Bing it on, Mesin pencarian Bing dan Google disandingkan untuk dipertandingkan sebanyak 5 ronde, dan Anda tinggal mengetikkan kata kunci pencarian lalu mencarinya dengan Bing dan Google.


"Sudah waktunya membongkar kebiasaan lama menggunakan Google,” kata General Manager Microsoft Mike Nichols. “Anda berhak mendapatkan lebih dari mesin pencari Anda.” Tak tanggung-tanggung, Microsoft juga menyiarkan tantangan ini di acara MTV Video Music Awards.

Jika penasaran dengan klaim Microsoft, Anda bisa mencobanya sendiri. Saya sendiri tadinya tak percaya dengan klaim Bing. Namun, saat mencobanya sendiri, ternyata benar. Bing lebih unggul ketimbang Google. Berikut hasil tesnya:

 

Amazon Rilis Kindle Fire HD

Posted:

(James Martin/CNET)

CHIP.co.id – Amazon secara resmi memperkenalkan versi teranyar tablet Kindle Fire yang disebut Kindle Fire HD dalam konferensi pers di Santa Monica, California, Kamis (6/9).

Tablet tersebut dijual dalam dua versi, yakni versi 7 inci seharga USD199, dan versi 8,9 inci dengan ketebalan 8,8 milimeter, storage 16GB seharga USDS299, dan USD369 untuk versi 32GB. Khusus di pasar Amerika Serikat ada juga versi AT&T yang mendukung jaringan supercepat 4G LTE seharga USD499 untuk 32GB dan USD599 untuk 64GB.

Kindle Fire HD 7 inci memiliki resolusi layar 1.280x800-pixel, sedangkan resolusi layar versi 8,9 sebesar 1.920x1.200 pixel (254ppi). Layar Kindle Fire HD sudah dilengkapi fitur teknologi Advanced True Wide polarizing filter and a fused (laminated) touch sensor untuk mengurangi silau 25 persen dengan tetap mempertahankan warna yang kaya dari seluruh sudut pandang.

Di bagian dalam Kindle Fire HD 8,9 Inci terdapat prosesor OMAP 4770, sementara versi 7 inci dilengkapi prosesor OMAP 4460 yang diklaim Amazon lebih cepat dari Nvidia Tegra 4 quad-core. Selain itu, terdapat juga kamera depan yang baru, Dolby Digital Plus, dan perbaikan pada perangkat WiFi dengan menambahkan antena dual-band 2,4GHz dan 5GHz sehingga waktu pengunduhan dan steaming lebih cepat 40 persen dibanding iPad.

Pada acara di Santa Monica, Amazon juga secara resmi memperkenalkan Kindle e-reader, Kindle Paperwhite, yang merupakang penerus Kindle Touch. Kindle Touch yang dibanderol USD199 muncul dengan resolusi layar lebih tinggi, yaitu 1,024x768 dengan 212 pixels per inci.

(Ric)

Resmi Mengakuisisi, Facebook Janji Tak Mengubah Instagram

Posted:


CHIP.co.id – Facebook sudah resmi memiliki Instagram setelah proses akuisisi dinyatakan selesai. Dalam pesan yang disampaikan, kedua perusahaan tersebut berjanji bahwa “Instagram tidak akan berubah” dan mengatakan bahwa mereka akan bekerja untuk mengembangkan aplikasi ini untuk komunitas, yang telah membagikan lebih dari 5 miliar foto di jaringan mereka sejauh ini.
 
“Seperti yang telah kami katakan dari awal, kami berkomitmen untuk membangun dan menumbuhkan Instagram secara Independen,” ujar Mike Schroepfer, Vice President of Engineering Facebook dalam pesannya. “Instagram akan terus melanjutkan layanan terhadap komunitasnya, dan kami akan membantu Instagram untuk terus tumbuh dengan menggunakan tim pengembang teknik dan infrastruktur Facebook yang kuat. Kami juga sudah tidak sabar untuk dapat bekerja sama dengan orang-orang berbakar dari tim Instagram untuk mengembangkan pengalaman mobile.”
 
Tim Instagram pun dalam finalisasi kesepakatan tersebut berjanji untuk menghadirkan Instagram yang lebih baik untuk semuanya:
 
“Apa yang membuat ini bahkan lebih menarik adalah bahwa kesepakatan kami dengan Facebook telah rampung, yang artinya kami sekarang dapat bekerja sama untuk mengembangkan dan membangun Instagram yang lebih baik bagi semua orang. Walapun tim kami akan segera pindah ke kantor Facebook, tetapi Instagram tidak akan pergi kemana-mana. Aplikasi Instagram dan fitur-fiturnya akan tetap sama seperti yang Anda tahu dan cintai, dan kami akan tetap bekerja bersama untuk membangun Instagram yang lebih baik untuk semua orang”.
 
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg membuat kesepakatan dengan Instagram dalam bentuk uang tunai USD300 juta dan saham di bawah 23 juta lembar. Penawaran Facebook terhadap Instagram bernilai USD1 Miliar ketika itu. Dengan harga saham Facebook saat ini, nilai kesepakatan tersebut menyusut menjadi USD 736,5 juta.

Instagram, salah satu aplikasi mobile dengan pertumbuhan tercepat sepanjang sejarah, melewati 80 juta pengguna dalam waktu kurang dari dua tahun. Langkah mengejutkan Facebook untuk mengakuisisi aplikasi ini menggarisbawahi keinginan Zuckerberg untuk memperluas strategi mobile jejaring sosial itu, serta melindungi fitur berbagi foto milik mereka dari kompetitor yang semakin sukses – dalam kasus ini, dengan mengakuisisinya.

(Ric)

Snapdragon S3, Prosesor Bertenaga yang Hemat Daya

Posted:


CHIP.co.id - Apa yang Anda harapkan dari perangkat smartphone dan tablet milik Anda? Tentu saja harus memiliki kinerja yang ultra-cepat, mampu melakukan berbagai kegiatan sekaligus (muti-tasking), grafis visual yang memukau, memiliki layar beresolusi tinggi, GPS yang akurat, bisa streaming film hingga 1080p HD, dan sebagainya. Namun, apakah Anda rela menikmati semua hal tersebut hanya sebentar akibat baterai yang habis?

Jawabannya, tentu saja tidak. Jika Anda menginginkan pengalaman menggunakan smartphone dan tablet yang prima serta tahan lama, pikir ulang sebelum membeli perangkat tersebut. Pastikan perangkat tersebut menggunakan Snapdragon S3 dari Qualcomm sebagai otaknya.

Mengapa? Karena Snapdragon S3 telah dirancang agar dapat memberikan apa yang Anda inginkan: kinerja yang cepat, lancar, visual menakjubkan, tangguh, dan responsif, serta tidak mengorbankan daya baterai. Snapdragon S3 memiliki CPU dual-core Scorpion hingga 1,5 GHz per core serta GPU Adreno 220 dengan dukungan untuk Flash 10 dan WebGL, yang dijamin dapat memenuhi semua keinginan Anda tanpa terjadi lag.

Bila Anda ingin menangkap berbagai momen, dukungan kamera ganda 16 megapiksel dan output stereokospik hingga 1080p akan menghasilkan gambar yang tak kalah dengan kamera profesional. Untuk merekam video? Tak perlu khawatir, perangkay Snapdragon S3 juga telah dapat merekam dan memutar video hingga 1080p HD. Suara yang dihasilkann dari proses rekaman pun akan terdengar halus dengan dukungan polifoni hingga 128 suara, Dolby 5.1 surround sound, pembersihan gema dan kebisingan yang ditingkatkan pada Snapdragon S3.

Tak lupa dengan dukungan modem yang meliputi HSPA+, CDMA2000 1X,1xEV-DO Rev A/B, GPRS, dan EDGE yang menjamin jaringan internet pada perangkat Anda tidak lelet. Update status di Facebook, ngetwit via Twitter, berbagi hasil foto di Instagram, menonton video melalui YouTube akan berjalan lancar dan menyenangkan.

Berbagai perangkat yang menggunakan Snapdragon S3 sebagai otaknya

Saat ini, sudah banyak oerangkat yang menggunakan Snapdragon S3 sebagai otaknya. Sony Xperia ion, Samsung Galaxy Tab 8.9, Samsung Galaxy Note, HTC Rhyme, Samsung Galaxy S 2 (LTE Version), Pantech Burst, Pantech Element, ZTE Optik, dan LG Spectrum, adalah berbagai perangkat yang telah dibenamkan dengan Snapdragon S3.

Apakah Anda memiliki salah satu perangkat tersebut? Mari berbagi pengalaman mengenai keunggulan perangkan berteknologi Snapdragon S3 di Facebook Fanpage 3G Banget Community dan via Twitter melalui akun @3Gbanget.

(Adv)

Toshiba Perkenalkan Notebook Entry Level Berkualitas Premium

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Anda sedang bingung mencari notebook yang pas di kantong? Toshiba Satellite C800D dapat jadi pilihan. Toshiba memperkenalkan notebook entry level ini dalam acara yang bertempat di Tartine, fX, Jakarta (6/9).

"Toshiba Satellite C800D memang merupakan salah satu jajaran notebook entry level dari kami (Toshiba). Namun Toshiba menawarkan keunggulan lain dari segi performa, serta dilengkapi pula dengan berbagai fitur yang juga dibenamkan pada seri Satellite lainnya," ungkap Devi Yoshita, Marketing Manager Toshiba Singapore (Jakarta Office).

Notebook ini merupakan entry level yang fleksibel dengan kekuatan prosesor terbaru AMD E1 (Brazos 2.0) Accelerated Processing Unit (APU) yang diklaim dapat mendukung produktivitas Anda, baik di kantor, kampus, sekolah, maupun di rumah Anda.

"Teknologi APU dari AMD merupakan pemenang Computex Best Choice Award tahun 2011 dan 2012 berturut-turut. Apabila sekali saja memenanginya, mungkin hanya kebetulan. Karena APU menang dua kali berturut-turut, berarti memang baik," ujar Victor Herlianto, Consumer Business Lead AMD.

Victor Herlianto saat memaparkan perihal Toshiba Satellite C800D

Toshiba Satellite C800D dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan Toshiba. Notebook ini memiliki ukuran layar 14 inci WXGA HD Clear SuperView LED Backlight TFT model layar widescreen diagonal HD TruBrite terbaru. Selain itu, layarnya juga memiliki teknologi Resolution + yang terinspirasi dari TV andalan Toshiba, yaitu Regza yang diklaim mampu menghadirkan gambar lebih tajam dan berwarna.

Untuk urusan audio, notebook ini dilengkapi fitur Toshiba Audio Enhancement Technology. Fitur ini menjamin telinga konsumen dapat dimanjakan dengan audio yang berkualitas dan sebening kristal, meskipun sedang berada di lingkungan yang bising. Dalam notebook ini juga tersedia HDD yang bekapasitas 320 GB. HDD ini dirancang dengan desain shock absorber untuk memberikan perlindungan lebih baik.

Notebook ini sudah tersedia di pasaran dengan harga kisaran USD389 (sekitar Rp3,7 Jutaan).

Spesifikasi

  • AMD E1-1200 APU (1.4 GHz, 1 M cache)
  • DOS
  • ATI Radeon HD 7310M GPU
  • 2048 MB DDR3 RAM
  • 320 GB (SATA) with Shock Absorber
  • DVD-Super Multi Drive RW Drive
  • TouchPad with Gesture Support
  • 14.0 inci WXGA HD Clear SuperView LED Backlight TFT (16:9)
  • WLAN 802.11 bgn, Bluetooth 4.0, 10/100 Mbps Ethernet LAN
  • Built-in Webcam with Toshiba SmartFace Technology
  • Weight: 2,12 kg
  • Colour: Matt Graphite
  • 6-cell Li-Ion Battery
  • 1-year carry-in Local Limited Waranty (parts and labour). 1-year battery (carry-in)

Hasil Foto HTC Desire V 5Megapixel

Posted:

CHIP.co.id - Kamera HTC Desire V sebesar 5megapixel autofocus sebenarnya tidak terlalu istimewa. Saat mengambil gambar terjadi shutter lag kira-kira 1 detik. Namun, LED flash cukup membantu bahkan ketika menjepret objek yang benar-benar gelap. Untuk menilainya lebih objektif, silakan Anda lihat sendiri hasil pemotretan di bawah ini, termasuk video yang saya ambil dengan resolusi maksimum 800x480 pixel. Sebagai catatan, flash kamera juga bisa dipakai sebagai senter pada malam hari dengan 3 level pencahayaan berbeda.

Foto pada malam hari dengan pencahayaan minim

Foto dalam ruangan pada siang hari dengan cahaya lampu ruangan terang dan flash kamera

Foto diambil dari dalam gedung

Foto di luar gedung

 

Foto di dalam ruangan, sore hari

 

Video:

 


 

Video Nokia Lumia 920 dan Lumia 820

Posted:

CHIP.co.id – Nokia belum tamat! Perusahaan asal Finlandia itu kembali ke persaingan smartphone high-end dengan meluncurkan Lumia 920, Rabu (5/9), berbasis Windows Phone 8 dengan warna-warni ceria, dan didukung sejumlah fitur paling berkelas saat ini.

Selain meluncurkan Lumia 920, Nokia –seperti diisukan- juga memperkenalkan Lumia 820. Lumia 820 dibuat khusus untuk kelas menengah, namun tetap dengan fitur yang menggiurkan. Berikut video resmi mengenai kedua perangkat tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review HTC Desire V

Posted:

CHIP.co.id -  Jika Anda sedang mencari smartphone Android kelas menengah dengan kemampuan yang bisa diandalkan, agaknya HTC Desire V layak dipertimbangkan. Smartphone dual-SIM GSM pertama dari HTC ini memiliki layar 4 inci, kamera 5megapixel, prosesor 1 GHz, dan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Selama pengujian, saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan tanpa ada masalah berarti, termasuk ketika sedang bermain game dengan kualitas gambar HD. Berikut review lengkapnya.

Pertama, kita tengok dulu isi kotak, yang di dalamnya terdapat charger yang sekaligus berfungsi sebagai kabel data USB, dan kabel headset. Karena CHIP dikirimi barang contoh berwarna putih, jadi tidak ada buku panduan di dalam kontak. 


Desain
Jika dipandang sekilas, HTC Desire V tampak elegan terutama karena aksen metalik di sekitar layar yang didominasi warna hitam. Meskipun penutup bagian belakangnya terbuat dari plastik -bukan polikarbonat seperti lazimnya ditemui di smartphone kelas premium- HTC Desire V tidak tampak murahan. Dengan layar 4 inci, body smartphone setebal 9,3 milimeter ini juga terasa mantap saat digenggam karena jari bisa menjangkau setiap sudutnya, serta tidak terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam saku. 

Pada bagian atas terdapat tombol untuk mengunci perangkat, yang sekaligus berfungi untuk mematikan, merestart, atau mengubahnya ke mode penerbangan, dan di sampingnya ada audio jack berukuran 3,5mm. Tombol volume terletak di sisi kanan, sedangkan port microUSB di bagian kiri.  


Layar
Selama pengujian, saya cukup puas dengan layar 4 inci beresolusi 480x800 pixel ini. Layar tampak jernih, dan masih tampak jelas meski dibuka di bawah terik matahari.

Bahkan, saya sengaja menginstall game beresolusi HD, Let’s Golf 3 yang memakan tempat hampir 800MB untuk mengetahui apakah HTC Desire V mampu menampilkan grafis dengan baik. Ternyata hasilnya lumayan bagus untuk smartphone kelas menengah.


Antarmuka
Antarmuka HTC Desire V cukup bagus, dan mudah digunakan. Kita bisa mengaturnya sesuai selere dengan mudah. Namun, bagi pemula akan perlu sedikit waktu penyesuaian menggunakan keyboard QWERTY virtual jika dalam posisi portrait. Namun, ini bukan masalah besar karena Anda bisa mengubahnya ke posisi landscape agar bisa mengetik di keyboard dengan jarak antar huruf lebih lebar.


Prosesor dan memory
Di dapur pacu HTC Desire V sudah tertanam prosesor 1GHz single-core berpasangan dengan RAM 512 MB. Selama menjelajahi Internet dan mencoba game-game berat, smartphone ini tidak pernah hang, meski tentu saja tidak secepat smartphone kelas atas seperti HTC One X. Secara keseluruhan, perpindahan dari satu menu ke menu lain, atau kembali ke home screen saat sedang membuka aplikasi, bisa berjalan dengan halus. Smartphone ini cocok jika Anda hanya membutuhkan fungsi dasar tanpa keinginan gaming berat, atau eksplorasi multimedia secara serius. Namun, saat beralih dari posisi portrait ke landscape, ada lag beberapa detik.

Storage internalnya tergolong kecil, hanya 1GHz, tapi Anda bisa memanfaatkan storage Dropbox gratis 25GB selama dua tahun. Jika tak mau repot dengan ruang penyimpanan awan, Anda bisa memilih microSD sesuai kebutuhan.

Fungsi dual-SIM
Fungsi dual-SIM sebenarnya bukan hal baru, dan jamak kita temui di smartphone buatan China. Dua SIM di HTC Desire V bisa diaktifkan secara bersamaan, tetapi yang satu akan otomatis nonaktif jika kita menerima menelepon dengan SIM yang lain. Dengan demikian, kita tak akan tahu jika saat bersamaan kita menerima panggilan ke dua SIM sekaligus. Saat mengirim pesan singkat, kita bisa memilih akan mengirim dengan SIM1 atau SIM2.


Browser Internet
Pengalaman browsing Internet sangat tergantung dari kecepatan jaringan, baik saat Anda menggunakan 3G dari vendor tertentu, maupun memanfaatkan WiFi. Oleh sebab itu, saya tak bisa berkomentar banyak karena pengalaman setiap orang akan berbeda-beda. Saat membuka portal melalui WiFi dengan sinyal kuat, aksesnya relatif cepat, kecuali web berat yang berisi banyak flash. Tapi jika membuka web versi mobile, HTC Desire V sama sekali tidak ada masalah.




Kamera
Kamera HTC Desire V sebesar 5megapixel sebenarnya tidak terlalu istimewa. Saat mengambil gambar terjadi shutter lag kira-kira 1 detik. Namun, LED flash cukup membantu bahkan ketika menjepret objek yang benar-benar gelap. Untuk menilainya lebih objektif, silakan Anda lihat sendiri hasil pemotretan di  sini, termasuk video yang saya ambil dengan resolusi maksimum 800x480 pixel. Sebagai catatan, flash kamera juga bisa dipakai sebagai senter pada malam hari dengan 3 level pencahayaan berbeda. Terdapat juga filter filter, yakni Grayscale, Sepia, Negative, Solarize, dan Aqua.



Multimedia:
Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik saat mandi, atau ketika santai di dalam kamar, HTC Desire V menyediakan radio, dan HTC Sense 4.0 yang terintegrasi dengan SoundHound dan akses ke 7digital online music store. Fitur SoundHound memungkinkan kita mengetahui lebih jauh tentang lagu yang sedang kita dengar, mencari lirik, melihatnya di Youtube, atau sekadar membaginya ke teman-teman di jejaring sosial.



Baterai
HTC Desire V mempunyai baterai berdaya 1.650 mAh yang mampu menunjang aktivitas online seharian.


Kesimpulan

Positif
Tampilan elegan dan terkesan berkelas.
Secara keseluruhan tidak terjadi lag.
Layar cukup memuaskan.

Negatif
Prosesor hanya single core.
Respons pergantian layar dari portrait ke landscape agak lambat
Kualitas suara speakernya kurang bagus.


Highlight
Secara keseluruhan, HTC Desire V cukup memuaskan untuk smartphone kelas menengah. Kemampuan dual-SIM dengan dukungan Android ICS dan fitur-fitur lainnya membuat perangkat ini lebih layak dimiliki dibanding kompetitor di kelasnya.

Power Supply Unit XIGMATEK Centauro XTK-CB-0800M

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id –XIGMATEK yang merupakan salah satu produsen power supply, kali ini merilis XIGMATEK Centauro XTK-CB-0800M. Produk ini memiliki daya 800w dan sudah memenuhi sertifikasi 80Plus bronze untuk efisiensi daya. Untuk keamanan, XIGMATEK Centauro XTK-CB-0800M memiliki sertifikasi CE, FCC, TUV, dan UL. Sedangkan untuk proteksi kelistrikan produk ini dilengkapi dengan OVP, UVP, OTP, OPP, dan SCP

Pada bagian bawah PSU, terdapat logo XIGMATEK Centauro Power Force serta kipas yang berukuran 14cm.

XIGMATEK Centauro XTK-CB-0800M mempunyai 8 port kabel modular pada bodi PSU, empat diantaranya untuk PCI-E, sedangkan sisanya berfungsi untuk peripheral IDE, SATA ataupun floppy.

XIGMATEK Centauro seri 800w ini memilki konfigurasi kabel 1x main power (20/24pin), 2x 12V (8/4pin), 4x PCI-E(6/8pin), 8x SATA, 6x Peripheral (4pin), 2x FDD (4pin) serta tidak ketinggalan 2x fan (3pin).

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan tas kecil untuk menyimpan kabel modular.

Power Supply Unit XIGMATEK Tauro XTK-TB-0700A

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – Meskipun PSU modular sudah banyak dipasaran, namun PSU non-modular juga masih diproduksi, salah satunya XIGMATEK Tauro XTK-TB-0700A. Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki daya 700w. Memiliki tingkat efisiensi diatas 85% membuatnya meraih sertifikasi 80plus bronze. Feature Active PFC juga turut hadir pada produk ini. Untuk proteksi serta keamanan, produk ini dilengkapi dengan sertifikasi keamanan CE, FCC, TUV, dan UL, serta proteksi kelistrikan OVP, OCP, UVP, OTP, OPP, dan SCP.

Pada bagian bawah PSU, terdapat kipas yang berukuran 14cm.

XIGMATEK Tauro XTK-TB-0700A memilki kabel 1x main power (20/24pin), 1x 12V (8/4pin), 4x PCI-E(6/8pin), 8x SATA, 4x Peripheral (4pin), 1x FDD (4pin).

Tidak ketinggalan, tiga buah kabel ties juga melengkapi produk ini agar kabel terlihat lebih rapi.

 

Power Supply Unit Seasonic SS-1050XM

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – Bagi Anda enthusiast user, Seasonic menghadirkan PSU X-Series untuk menghilangkan rasa haus Anda akan performa. Dengan teknologi DC to DC, Seasonic SS-1050XM memiliki daya 1050w yang dilengkapi dengan sertifikasi 80plus gold. Untuk proteksi kelistrikan, Seasonic SS-1050XM memilki feature OCP, OPP, OTP, OVP, UVP dan SCP.

Pada bagian depan, terdapat switch hybrid/normal yang berfungsi untuk mengaktifkan mode fanless.

Seasonic SS-1050XM memilki 13 port untuk memasukkan kabel modular. Produk ini memiliki konfigurasi kabel 1x main power (20/24pin), 1x EPS12V / ATX12V (8/4pin), 1x EPS12V (8pin), 6x PCI-E(6/8pin), 11x SATA, 8x Peripheral (4pin), 2x FDD (4pin).

Dengan desain full modular dan disertai pouch berbahan lembut untuk PSU sehingga mencegah lecet saat dibawa-bawa.

Pasangan Serasi Gaming Mouse GIGABYTE Aivia Krypton dengan Mouse Pad Aivia Krypton Mat

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – GIGABYTE Aivia Krypton hadir dengan gaming mouse dan gaming mouse pad yang dibungkus dalam cardbox yang cukup besar dengan banyak peralatan yang dapat digunakan untuk mengatur performa gaming mouse ini.

Gaming mouse pada GIGABYTE Aivia Krypton ini didesain untuk dapat digunakan dengan tangan kanan maupun tangan kiri dengan sensor resolusi up to 8200 dpi dan frame rate sebesar 12000 fps.

Dan uniknya, gaming mouse ini terdapat Dual-chasis yang dapat diganti alasnya sesuai dengan selera. Chasis tersebut dapat ditemukan didalam cardbox pada gaming mouse GIGABYTE Aivia Krypton.

Selain itu, GIGABYTE Aivia Krypton gaming mouse ini dapat diatur beratnya dengan pemberat yang sudah disediakan. Di dalamnya terdapat empat buah pemberat berbobot 1.8 gram dan enam buah pemberat berbobot 5.3 gram.

GIGABYTE Aivia Krypton gaming mouse terdapat sembilan buah tombol yang dapat diatur kegunaannya, dan support 70 macro setting dengan memory onboard yang terpasang pada gaming mouse ini.

Selain gaming mouse, GIGABYTE Aivia Krypton juga menyertakan gaming mouse pad khusus untuk produk ini, yaitu Krypton Mat.

Krypton Mat memiliki ukuran yang cukup besar, dengan dimensi 435 mm x 287 mm. Tidak seperti mouse pad pada umumnya, Krypton Mat didesain dengan dua sisi permukaan yang berbeda.

Sisi pertama didesain dengan bahan Hard PVC Coat pada permukaannya untuk meningkatkan presisi, sedangkan sisi satunya lagi didesain dengan bahan Fabric untuk meningkatkan performa.

Kaspersky Tunjuk Sherina Sebagai Brand Ambassador untuk Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Selain meluncurkan USB flah drive Tech Titan T-Drive Pro, Kaspersky Lab juga mengumumkan penunjukkan salah satu musisi papan atas Indonesia, Sherina, sebagai brand ambassador untuk wilayah Indonesia. Sherina bergabung dengan Jay Chou yang juga menjadi brand ambassador Kaspersky untuk wilayah Asia Pasifik.

"Kami menunjuk Sherina dikarenakan selain karena dia multi talenta, Sherina juga kami anggap dapat mewakili Kaspersky di Indonesia." ujar Jimmy Fong, Channel Sales Director SEA, Kaspersky Lab.

"Kaspersky telah dikenal sebagai anti-virus yang terbaik. Dan dapat memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya. Saya amat bangga dapat menjadi brand ambassador untuk Kaspersky," ujar Sherina.

Canon Selenggarakan Kontes Video Online

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Canon mengumumkan penyelenggaraan kontes video online tingkat regional yang memperebutkan total hadiah USD30.000. Kompetisi yang mengambil tema “Suka Drama? Kreasikan Kisah Dramamu Sendiri” ini berkaitan dengan camcorder HD LEGRIA yang baru saja diluncurkan. Kompetisi LEGRIA ini diikuti oleh 5 negara di Asia, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Siapapun dengan menggunakan alat yang dapat merekam video diperbolehkan untuk mengunggah hasil klip orisinalnya ke www.canon-asia.com/legria hingga tanggal 30 September 2012. Pada website tersebut, pengunjung dapat merasakan serunya pengalaman membuat film dan mempercantik video yang akan dikirimkan dengan dengan menggunakan simulator Cinema Style yang merupakan fitur yang terdapat pada LEGRIA HF M52/56 dan HF R36/38. Fitur tersebut membantu pengguna untuk lebih kreatif serta memberikan sentuhan dekoratif untuk video yang diunggah secara online.

“Pemenang dari masing-masing negara akan menerima paket hadiah berupa uang tunai senilai USD 2.000 dan camcorder Canon LEGRIA. Selain itu, dari 5 video terpopuler akan dipilih dua pemenang yang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai USD 5.000 dan mendapatkan kesempatan tak terlupakan seumur hidup yaitu memproduksi kembali film yang mereka buat bersama sutradara film dengan menggunakan Canon camcorder LEGRIA,” ujar Merry Harun, Canon Division Director, PT. Datascrip.

Pada microsite ini juga Anda akan menemukan hasil karya para videografer imajinatif se-Asia Tenggara yang berpartisipasi pada Canon’s Challenge. Apa pun genre yang dipilih, contoh video yang ada akan memberikan insprasi bagi Anda untuk menggunakan efek Cinema Style yang menakjubkan. Sebagai inspirasi, pada microsite ini disediakan beberapa karya para professional dari negara-negara peserta kontes ini dengan menggunakan Canon Camcorder LEGRIA.

Tahapan kompetisi:

  • Kompetisi berlangsung dari 1 Agustus 2012 hingga 30 September 2012
  • Pengiriman video ditutup:  30 September 2012
  • Kontes (voting) ditutup: 7 Oktober 2012
  • Ciptakan kreasi video drama berdurasi dua menit
  • Masuk ke www.canon-asia.com/legria
  • Klik “Submit Your Video” dan unggah video Anda.
  • Bereksperimenlah dengan Fitur Cinema Look Filters dan tambahkan Touch Decorations.
  • Isi sinopsis dan data pribadi Anda
  • Sampaikan pada dunia (serta teman-teman Anda) untuk mengunjungi website ini dan memilih video Anda.
  • Terus pantau situsnya untuk melihat seberapa banyak dukungan yang telah Anda dapat dan untuk mengetahui perkembangan terbaru dari seluruh negara peserta.

Kaspersky Hadirkan Solusi Keamanan Portabel via USB Flash Drive

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Selain meluncurkan solusi keamanan maksimal untuk tahun 2013, Kaspersky juga memperkenalkan solusi keamanan portabel yang diklaim sebagai pertama di dunia. Dalam acara yang digelar di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kaspersky bekerja sama dengan Tech Titan untuk menghadirkan solusi keamanan via USB Flash Drive tersebut yang dinamakan Tech Titan T-Drive Pro (6/9).

Tech Titan T-Drive Pro hadir dengan mesin pembersih infeksi yang diklaim berdaya amat kuat untuk melindungi dan menjaga perangkat Anda dari berbagai malware. Pendeteksi virus real-time yang menggabungkan antibodi (USB virus vaccine) dan virtual private disk dalam drive ber-password, sinkronisasi file dan on demand scanning. Produk ini juga kompatibel dengan anti-virus yang ada pada laptop maupun desktop.

"Kebanyakan organisasi dan individu mengandalkan USB untuk memindahkan file ke berbagai perangkat. Hal ini dapat membahayakan. Oleh karenanya, kini produsen USB harus dapat mengembangkan produknya dengan solusi keamanan, layaknya Tech Titan yang bekerja sama dengan Kaspersky Lab," ujar Jimmy Fong, Channel Sales Director SEA, Kaspersky Lab.

Tech Titan T-Drive Pro tersedia dalam paket 6-in-1. Paket ini mencakup USB 8GB, lisensi USB-Kaspersky Anti-Virus selama 1 tahun, lisensi Kaspersky Internet Security 3 PC's selama 1 tahun, gratis lisensi 6 bulan Kaspersky Anti-Virus for Mac, Kaspersky Mobile Security, dan Kaspersky Tablet Security, yang semuanya dapat langsung diinstal di perangkat Anda.

Produk ini pertama kali diluncurkan di Malaysia sebelum diluncurkan di Indonesia dan seluruh wilayah Asia Pasifik, Oktober mendatang dan seluruh dunia pada awal 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar