Rabu, 26 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Peserta Grand Final MSI Master Overclocking Arena 2012

Posted:

CHIP.co.id - Event overclocking Internasional tahunan yang diadakan oleh MSI (Micro Star International) kembali digelar tahun ini. Setelah melewati beberapa fase kualifikasi sebelumnya, kini ajang bertajuk MSI Master Overclocking Arena tersebut sudah memasuki babak grandfinal. Sama seperti tahun sebelumnya, babak grandfinal akan diselenggarakan di Taipei, Taiwan pada tanggal 28 September 2012 mendatang. CHIP kembali mendapat kesempatan untuk dapat meliput acara tersebut.

Siapa saja mereka yang menjadi peserta yang juga merupakan jagoan overclocking dunia tersebut? Ada 16 tim dari beberapa Negara berbeda. Masing-masing tim tersebut terdiri dari dua peserta. Berikut adalah para pesertanya:

Ingin tahu lebih lengkap mengenai MSI MOA 2012? Simak berita selanjutnya, hanya di chip.co.id.

 

Multipolar Terjun ke Cloud Computing di Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT Multipolar Technology hari ini mengumumkan langkah mereka untuk terjun ke dunia cloud computing di Indonesia (25/9). Hal ini terungkap dalam acara Multipolar Solution Day 2012 yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta.

"Saat yang tepat, mengingat sudah maraknya Cloud Computing. Selain itu, infrastrukturnya (di Indonesia) pun sudah memungkinkan,” ujar Jip Ivan, Direktur PreSales, PT Multipolar Technology.

Untuk turun ke dalam wilayah ini, Multipolar mengadakan kerja sama dengan Ramco Systems dan Qumu. Ramco Systems merupakan sebuah perusahaan piranti lunak yang berfokus pada platform cloud enterprise. Sedangkan Qumu, merupakan sebuah perusahaan yang memiliki fokus pada penyediaan solusi lengkap enterprise webcasting dan video management.

Multipolar sendiri akan menggunakan model Software as a Service (SaaS) dalam bisnis cloud computing di Indonesia ini. Mengapa? Menurut Harijono Suwarno (Presiden Directur PT Multipolar Technology), model SaaS merupakan yang paling mudah dipakai dan aman.


(Richaldo Hariandja)

Wi-Fi ZoneFlex 7982 dan ZoneFlex 7321

Posted:


CHIP.co.id - Ruckus ZoneFlex 7982 dan ZoneFlex 7321 Wi-Fi memiliki kapasitas lebih besar dan sangat mudah digunakan, terutama untuk lingkungan yang high-density.  Menggabungkan berbagai teknologi yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal, mengurangi interferensi/gangguan RF, dan memungkinkan setiap ZoneFlex AP untuk beradaptasi dengan perubahan alami sinyal Wi-Fi dari setiap perangkat selular yang terhubung. Keduanya juga memiliki masing-masing keunggulan yang berbeda.

Ruckus ZoneFlex 7982 memiliki akses poin three-stream 802.11n yang memadukan berbagai polarisasi secara dinamis dengan adaptive antenna arrays dan teknologi transmisi beamforming yang akan memberikan peningkatan kinerja, sinyal, dan daya terima Wi-Fi 4 kali lebih baik bagi setiap pengguna.

ZoneFlek 7982 ini cocok untuk lokasi-lokasi padat seperti hotspot untuk bandara, stadion, sekolah, hotel, mall, dan tempat-tempat dengan lingkup publik yang besar. ZoneFlex 7982, berbasis chipset three-stream yang berkinerja tinggi.  Seri ini merupakan generasi terbaru Atheros, yang mampu mendukung hingga 500 klien user secara bersamaan.

ZoneFlex 7982 juga menawarkan kinerja hingga 4 kali lebih cepat, dan peningkatan signal 4dB, sehingga lebih sensitif dalam penerimaannya dibandingkan dengan akses poin lainnya.

Sedangkan, ZoneFlex 7321  merupakan akses poin dual-stream 802.11n paling terjangkau di industri dan sangat cocok untuk pasar yang sedang berkembang dengan penggunaan AP yg minimal. Tidak hanya melayani kebutuhan layanan internet mobile yang meningkat pesat, tapi juga efisien, sehingga mendorong keseimbangan atas biaya yang lebih rendah terhadap kinerjanya.

ZoneFlex 7321 berukuran sangat ringan (7oz./198gm.) maupun kompak (5”Lx 5”Wx1”H/ 13cm L x 13cm D x 2.8cm H). ZoneFlex 7321 dapat mendukung hingga 256 pengguna secara bersamaan, dan menghadirkan sebuah kinerja baru di pasar Wi-Fi. Sebagai solusientry-level 802.11n AP yang paling terjangkau dan kaya fitur dibidangnya, ZoneFlex 7321 merupakan dual-band yang ideal untuk penggunaan AP sederhana dengan cakupan lebih kecil seperti hotspot untuk UKM, dan kantor-kantor di daerah-daerah maupun di negara berkembang yang membutuhkan solusi handal dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk ZoneFlex 7982 dibandrol seharga sekitar Rp10 juta, dengan jarak jangkau maksimal 100 meter persegi. Sedangkan untuk ZoneFlex 7321 dibandrol seharga Rp3 juta, dengan jarak jangkau maksimal 60 meter persegi.

(Aulia Trisna)

Solusi Converged Cloud HP untuk Asia Pasifik dan Jepang

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - HP hari ini mengumumkan solusi baru HP Converged Cloud yang ditunjukan khusus kepada perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang (APJ) untuk memfasilitasi penggunaan awan (cloud) dan mempermudah distribusi guna meningkatkan inovasi dan ketangkasan bisnis (25/9).

HP Converged Cloud adalah portofolio pendekatan dan solusi hybrid pertama dalam industri TI berdasarkan arsitektur yang mencakup lingkungan private cloud, managed cloud dan cloud umum serta dalam lingkungan TI tradisional.

Termasuk dalam penawaran HP Converged Cloud baru untuk APJ ini adalah solusi HP CloudSystem Quick Start Kit dan HP CloudSystem yang memungkinkan para CIO untuk secara cepat menggunakan model tersebut tanpa menambahkan kerumitan dan risiko ke lingkungan TI mereka.

Solusi tersebut dikembangkan berdasarkan HP CloudSystem, sebuah unsur penting dari portofolio HP Converged Cloud yang menyediakan platform lengkap, terpadu dan terbuka sehingga memungkinkan perusahaan dan penyedia jasa untuk membangun dan mengelola layanan di lingkungan private cloud, managed cloud dan cloud umum.

"HP Converged Cloud terbaru yang dikembangkan oleh HP ini menyuguhkan layanan yang mudah untuk menciptakan infrastruktur cloud yang telah dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis. Dengan pengelolaan siklus hidup infrastruktur yang telah didukung oleh kelengkapan cloud, klien akan mengalami peningkatan ketangkatan bisnis dan pegurangan biaya kepemilikan secara total hingga 56%," ungkap I Gede Putrawan, Solution Manager Network Consulting & Support Enterprise Business HP Indonesia.

Perusahaan yang tengah beralih ke lingkungan hybrid dapat memanfaatkan solusi cloud yang ditawarkan oleh HP, guna untuk peningkatan bisnis untuk mempercepat waktu pemasaran dan mendorong inovasi yang dikembangkan di perusahaan.

Karena perihal di atas, HP pun memperluas solusi spesifik cloud tersebut untuk industri yang dapat disesuaikan, seperti;

Otomotif, HP Dealer Management System with Microsoft Dynamics yang memungkinkan para dealer kendaraan meningkatkan efisiensi operasional dengan informasi real-time berkenaan dengan penjualan dan layanan.

Jasa Keuangan, HP CloudSystem Solution for Infosys Finacle Lite yang digunakan bank untuk mengotomatisasi fungsi penting agar mampu meningkatkan kemampuan bank dalam menaggapi kebutuhan pelanggan.

Energi, HP CloudSystem Solution for Landmark Upstream Oil & Gas untuk tim di lokasi terpencil dalam bekerja sama dalam mengeksplorasi sumber daya menggunakan antar muka pengguna yang bersifat grafis.

Sektor Publik, HP CloudSystem Solution for ABM Knowledgeware's MAINet yang menyediakan pengelolaan informasi real-time untuk meningkatkan pengelolaan departmen, lingkungan kantor, kantor divisi dan kantor-kantor bidang lainnya bagi para staf pemerintah kota di sektor umum.

Outsourcing, HP CloudSystem Solution for Newgen OmniFlow yang menawarkan pengelolaan alur kerja setingkat kualitas yang dimiliki perusahaan besar untuk mengotomatisasi, mengendalikan, dan memantau proses.

Manukfaktur, HP CloudSystem Solution for Engineering IT (EIT) untuk tim teknik di bidang produksi, otomotif, dirgantara dan industri berteknologi tinggi untuk berkolaborasi secara visual dalam mengerjakan desain teknik dan projek secara efektif di beberapa lokasi melalui jaringan internet.

Ruckus Wireless Buka Kantor di Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - Ruckus Wireless, salah satu penyedia sistem wireless terkemuka di dunia, hari ini (25/09) mengumumkan secara resmi pembukaan kantor pertamanya di Indonesia. Kantor sederhana Ruckus Indonesia ini bertempat di Equity Tower, Sudirman, Jakarta.

Pembukaan kantor di Indonesia ini merefleksikan kepercayaan Ruckus di pasar Indonesia dan keyakinannya untuk tumbuh menjadi penyedia solusi sistem wireless tercanggih untuk Internet mobile dalam jangka panjang. Hal ini juga menggambarkan optimisme Ruckus terhadap peluang pertumbuhan di pasar Indonesia untuk sistem Wi-Fi seiring dengan peningkatan pesat akan konektivitas nirkabel lewat perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet.

"Mengingat pertumbuhan yang berkelanjutan dari penggunaan internet nirkabel di Indonesia, kami melihat korporasi dan operator membutuhkan solusi Wi-Fi yang andal untuk memenuhi kebutuhan konektivitas pengguna. Dengan adanya kantor perwakilan baru di Indonesia, berbagai sistem Wi-Fi Ruckus yang canggih dan mudah dalam pemasangannya menjadi mudah diakses di seluruh Indonesia, "ungkap Sakuto Tamtama, Manager Country Ruckus Indonesia.

Beberapa perusahaan terkenal di Indonesia yang telah menggunakan produk Smart Wi-Fi dari Ruckus Wireless di antaranya,  Marriot Hotel Group, Shangri-la Hotels and Resorts, Mulia Hotel, Astra Graphia, Tim SAR Indonesia, CBN, Telkom, Telkomsel dan Indosat. Ruckus sendiri sudah berekspansi di Indonesia sejak tahun 2008

 

(Aulia Trisna)

Ruckus Luncurkan Smart Wi-Fi Indoor Terbaru

Posted:


CHIP.co.id - Ruckus, perusahaan penyedia router Wi-Fi, meluncurkan produk Wi-Fi Indoor terbaru di bilangan Kuningan, Jakarta, hari ini (25/09). Ruckus mengumumkan solusi akses poin Smart Wi-Fi dengan menawarkan 2 pilihan Wi-Fi. Router berkemampuan three-stream, ZoneFlex 7982, dan ZoneFlex 7321, dengan kemampuan dual-stream. Keduanya dipercaya dapat  terjangkau untuk operator telekomunikasi dan perusahaan yang menginginkan kinerja nirkabel yang lebih baik.

Wi-Fi ini memiliki kapasitas lebih besar dan sangat mudah digunakan, terutama untuk lingkungan yang high-density.

“Ruckus ZoneFlex 7982 dan ZoneFlex 7321 diharapkan dapat meningkatkan pasar Wi-Fi kelas atas maupun low-end. Dengan ini, Ruckus akan menjadi penyedia solusi Wi-Fi terkemuka di industri dengan jajaran produk untuk indoor maupun outdoor. Dengan menawarkan kinerja, desain, dan harga yang bersaing untuk operator telekomunikasi dan korporasi,” ungkap Satuko Tamtama, Manager Ruckus Indonesia.

Ruckus ZoneFlex 7982 dan ZoneFlex 7321 menawarkan kinerja yang konsisten dan menjaga kestabilan koneksi, termasuk dalam lingkungan yang banyak penggunanya dalam waktu bersamaan (high capacity), khususnya perangkat smartphone yang terus berpindah lokasi.

“Ruckus memiliki solusi dan teknologi Smart Wi-Fi terbaik untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kapasitas internet bergerak. Dengan inovasi-inovasi teknologinya, memberikan perusahaan kemampuan untuk memperoleh sekaligus kinerja,  keandalan dan jangkauan dengan biaya, waktu implementasi hingga total biaya kepemilikan (total cost of ownership) yang lebih kompetitif di pasar. Ini menjadikan ZoneFlex sangat ideal untuk channel dan pelanggannya,” kata Erwin Kuncoro, DirekturVirtus Technology Indonesia.

ZoneFlex 7982 dan ZoneFlex 7321 mengintegrasikan berbagai teknologi yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal, mengurangi interferensi/gangguan RF, dan memungkinkan setiap ZoneFlex AP untuk beradaptasi dengan perubahan alami sinyal Wi-Fi dari setiap perangkat selular yang terhubung.

ZoneFlex 7982 mampu digunakan oleh 500 user secara bersamaan, sedangkan ZoneFlex 7321 dapat digunakan untuk 200 lebih user, secara bersamaan.

Harga yang dibanderol untuk satu unit Wi-Fi ini pun tidak jauh dengan kualitasnya. Untuk ZoneFlex 7982 dibandrol seharga sekitar Rp10 juta, dengan jarak jangkau maksimal 100 meter persegi. Cocok untuk lokasi yang menjangkau banyak user, seperti hotel, mall, bandara, dan lain-lain. Sedangkan untuk ZoneFlex 7321 dibanderol seharga Rp3 juta rupiah, dengan jarak jangkau maksimal 60 meter persegi. Cocok untuk ruang lingkup yang lebih kecil, seperti coffe shop, restaurant, perpustakaan, dan lainnya.

(Aulia Trisna)

WD Ciptakan Hard Drive Hybrid Berukuran 2,5 inci

Posted:


CHIP.co.id - WD, anak perusahaan dari Western Digital Corp, hari ini mengumumkan sedang melakukan uji coba hard disk drive 5 mm yang menampilkan teknologi hibrid. WD telah mengembangkan hard drive cukup tipis untuk diintegrasikan ke dalam notebook tertipis saat ini, yang menyediakan penyimpanan berkapasitas tinggi dan kekokohan saat menampilkan instant-on dan kinerja aplikasi yang mirip dengan client solid state drives (SSDs) terbaru.

“Perangkat bergerak menjadi semakin kecil, tipis, ringan, dan lebih responsif,” kata Matt Rutledge, Vice President Client Storage Solutions WD. “Bekerja dengan mitra-mitra teknologi, WD telah mengembangkan hard drives 5 mm yang memungkinkan penyimpanan kapasitas tinggi dengan kinerja unggul dan harga superior yang memungkinkan pelanggan-pelanggan kami untuk memperluas penawaran mereka.”

Dengan efisiensi volume perangkat sebagai perhatian utama bagi para pembuat system, WD mulai mengirimkan hard drive 7 mm untuk notebook tipis di awal tahun ini (dalam sejarahnya, hard drive notebook standar adalah hard drive 9,5 mm). Hard drive hibrid WD 5 mm akan memungkinkan komputer tertipis di pasar memiliki kapasitas hingga 500 GB, memanfaatkan lebih sedikit volume dibandingkan dengan hard drive 9,5 mm saat ini dengan biaya yang hanya sepersepuluh dari SSD yang memiliki kapasitas serupa.

Teknologi Hibrid dan Penyimpanan Client Tiered

Teknologi hibrid inovatif WD memadankan penyimpanan flash MLC NAND untuk throughput data menyerupai SSD  dan respons instant-on dengan cakram magnetik untuk penyimpanan dengan kapasitas tinggi dan efisien. Sama seperti dengan praktek sistem perusahaan multi-juta dolar, teknologi hibrid WD memanfaatkan konsep dari penyimpanan bertingkat/tiered storage.

Data yang sering diakses (atau biasa disebut ‘data panas’) dikelola menggunakan NAND flash berkecepatan tinggi untuk memastikan waktu respons yang cepat, sementara data yang jarang diakses (data dingin) berada pada cakram magnetik yang kuat. Desain bertingkat  hard drives hibrid tersebut, dibandingkan dengan solusi-solusi dual-drive/drive ganda terkini, juga memberikan kelebihan redundansi kepada pengguna. Cakram magnetic mem-back up semua files yang ada dalam NAND, melindungi pengguna dari pemakaian NAND yang tak dapat dihindari dan menjaganya untuk  menangani lebih banyak data panas.

Teknologi hibrid WD bekerja sama dengan operating sistem PC  untuk memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh teknologi hibrid yang ada saat ini, saat meminimalkan  penggunaan NAND agar memungkinkan penggunaan MLC NAND dengan biaya yang lebih murah.

Hard drive hibrid yang mengombinasikan NAND flash dan cakram magnetik, menyederhanakan integrasi elemen penyimpanan untuk pelanggan OEM dan menyediakan sejumlah manfaat bagi pengguna akhir: kinerja unggul, respons, konsumsi energi yang rendah, toleransi operating shock yang lebih baik, dan perlindungan data. Dan tidak seperti desain dual-drive, teknologi hibrid WD menyediakan desain unit tunggal homogenitas yang telah lama dicari produsen  sistem OEM dari industri penyimpanan.

Mazda Gelar Kontes Foto Keluarga di IIMS 2012

Posted:

CHIP.co.id - Bagi Anda para penggemar dunia otomotif, jangan sampai terlewat gelaran International Indonesia Motor Show 2012. Gelaran ini menampilkan berbagai tren terbaru dari dunia otomotif.

Nah, saat Anda berkunjung ke IIMS 2012, jangan lewatkan pula kontes foto bertajuk "Mazda Biante Family Photo Contest". Untuk mengikutnya juga amat mudah. Anda cukup berkreasi melalui foto yang menampilkan keceriaan keluarga Anda bersama produk terbarunya, Mazda Biante. Kemudian, kirimkan foto tersebut via Twitter ke akun @chipfotovideo dan @MazdaMotorId. Jangan lupa cantumkan pula hashtag #ZoomZoomQuiz.

Anda berkesempatan untuk mendapat berbagai hadiah menarik yang telah disiapkan. Hadiah-hadiahnya yaitu Samsung Galaxy Tab 10.1, Samsung Galaxy Tab 7.0, dan BlackBerry Curve 9320.

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Mazda dan CHIP Foto Video (CFVD). Jangan lewatkan kesempatan ini. Semoga Anda beruntung.

Canon PhotoMarathon 2012 Kembali Digelar

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Canon PhotoMarathon Indonesia (CPMI), ajang fotografi terbesar di Indonesia yang merupakan bagian dari Canon PhotoMarathon Asia sebagai ajang fotografi terbesar di Asia, akan kembali digelar untuk keempat kalinya.

Tahun ini, CPMI akan diselenggarakan di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya (7 Oktober 2012 di Parkir Timur Plaza Surabaya), Yogyakarta (14 Oktober 2012 di Benteng Vredeburg), dan Jakarta (20 Oktober 2012 di Plaza Arsipel, TMII). Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat foto Indonesia untuk ikut menjadi bagian dari ajang bergengsi ini.

Ajang fotografi akbar ini tidak hanya menargetkan peserta dari kalangan fotografer profesional, tetapi juga diperuntukan bagi para peserta dari ragam usia dan profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, para pengemar foto dan fotografer pemula. Meskipun ajang fotografi ini diselenggarakan oleh Canon, tetapi tak menutup kemungkinan pengguna kamera merk lain untuk ikut acara ini. Karena Canon tidak membatasi ajang ini hanya untuk pengguna kamera Canon saja.

Untuk mendaftarkan diri Anda, tinggal klik www.canon-asia.com/photomarathon. Selain pengalaman lomba, para peserta pun akan mendapatkan ilmu foto yang berharga dari sesi seminar yang akan dibawakan oleh para fotografer senior sekaligus mengekspresikan dan berbagi kemampuan visual fotografi di ajang ini melalui sesi foto model sambil menikmati berbagai hiburan dan permainan menarik sepanjang acara.

“Canon PhotoMarathon Indonesia merupakan ajang yang ditunggu-tunggu para pencinta fotografi di Indonesia. Tidak hanya bentuk lombanya yang unik dan berbobot, namun ajang ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi para pecinta foto, apalagi acara-acara yang dihadirkan pun turut menghibur dan menambah pengetahuan para peserta,“ ujar Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT. Datascrip.

Merry Harun saat memberikan penjelasan kepada media

Dewan juri yang akan didaulat untuk memilih para pemenang di Jakarta dalam kompetisi akbar ini terdiri dari: David Yeo (Canon South & South East Asia Regional Headquarter), Ferry Ardianto (Fotografer Profesional), Ray Bachtiar Dradjat (Fotografer Profesional), Anton Ismael (Fotografer Profesional), Dudi Sugandi (Jurnalis) dan Norbert Auryn (Fotografer Profesional).

Pengalaman Baru Berbelanja Ultrabook di Ultrabook City

Posted:


CHIP.co.id - Intel Indonesia memperkenalkan Ultrabook City yang ditujukan untuk konsumen agar dapat mengenal lebih dekat lagi teknologi terbaru Ultrabook. Ultrabook City akan berlangsung di Atrium Utama Senayan City, Jakarta pada tanggal 26-30 September 2012.

“Ultrabook City merupakan pengalaman baru berbelanja dengan sentuhan lifestyle, menampilkan koleksi premium Ultrabook, sambil mengedukasi konsumen akan fitur-fitur dan keunggulan Ultrabook melalui beragam kegiatan yang menyenangkan. Kami yakin acara semacam ini akan semakin mendekatkan Ultrabook dengan konsumennya di Indonesia," kata Santhosh Viswanathan, Chief Representative Intel Indonesia.

Saat memasuki Ultrabook City, setiap pengunjung akan mendapatkan sebuah E-Post card  yang dapat dilengkapi dengan stempel dari sembilan zona di pengalaman Ultrabook City. Setiap E-post card yang sudah lengkap, dapat ditukarkan untuk mendapatkan hadiah menarik saat pembelian Ultrabook. Intel juga akan memberikan Ultrabook gratis bagi pengunjung yang berhasil mendapatkan Ultrabook dari sistem laser security.

Di Ultrabook City, pengunjung dapat merasakan menjadi model sampul depan majalah Ultrabook dengan berpose di sebuah layar ramping, memegang sebuah Ultrabook. Dengan memanfaatkan perangkat Ultrabook, pengunjung juga bisa berkonsultasi gaya rambut melalui aplikasi tata- rambut, dan juga menciptakan musik mereka sendiri layaknya seorang DJ. Hasil foto dan karya musik mereka tadi akan diberikan kepada pengunjung sebagai hadiah kenang-kenangan dari Ultrabook City. Pengunjung dapat pula mencoba pengalaman unik speed dating pada  waktu-waktu tertentu dan bisa bersantai sambil browsing internet gratis di Ultrabook Café.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan berita-berita terbaru, dapat turut serta dalam diskusi interaktif mengenai fashion, fotografi dan kesehatan,  yang akan dipandu oleh pakar dari masing-masing bidang, seperti Barli Asmara, Adi Surantha, Evelyn Pritt dan Jenny Poespita dari White Lotus.  Jangan lewatkan acara fashion show hasil kerjasama dengan desainer Barli Asmara yang akan menampilkan koleksi bulan Mei & Juni terbarunya. Para fashion bloggers juga akan diundang untuk turut hadir dan memberikan ulasanannya di blog mereka masing-masing.

Sebanyak sepuluh merk terkemuka seperti Acer, Axioo, Asus, Dell, HP, Lenovo, Sony, Samsung, Toshiba, dan Fujitsu- akan menampilkan lebih dari 20 model Ultrabooks. Untuk memudahkan pengunjung menentukan pilihan Ultrabook yang sesuai dengan kebutuhan mereka, Sahabat Intel Anda, beberapa ahli teknologi akan hadir, siap memberikan masukan akan spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. Pengunjung juga bisa membeli Ultrabook dengan harga yang terjangkau, pada waktu-waktu tertentu dengan mengikuti peraturan yang akan diumumkan pada saat acara berlangsung.

Foto-Foto Nokia Asha 308 dan Asha 309

Posted:

(Asha 308)

CHIP.co.id - Nokia baru saja meluncurkan Asha 308 dan 309, anggota baru dari keluarga Asha Touch. Nokia Asha 308 muncul dengan fitur dual SIM, sedangkan A 309 dengan single SIM. Kedua perangkat seharga Rp1 juta-an tersebut mampu menjelajahi internet dengan cepat karena teknologi Nokia Xpress Browser, yang mengkompresi data sehingga pengguna bisa menikmati akses internet 90 persen lebih efisien.

Nokia Asha 308 dan Asha 309 merupakan perangkat jaringan 2G yang menampilkan layar WQVGA 3 inci, lebih dari satu tampilan muka, radio stereo, pengeras suara dan dukungan kartu microSD sampai dengan 32GB. Nokia Asha 309 yang single SIM juga dilengkapi WiFi. Sayangnya, saat peluncuran petinggi Nokia tak menyampaikan lebih detail mengenai spesifikasi teknis kedua perangkat tersebut. 

(Asha 309)

Berdasarkan pengalaman sekilas CHIP saat mencoba Asha 308 dan A309, kesan yang muncul tak terlalu jauh dibanding ponsel lain  sekelasnya. Anda harus menyesuaikan dengan layar sentuh yang sangat sensitif, sehingga kadang-kadang aplikasi tertentu terbuka meski kita tadinya hanya hendak memilih-milih aplikasi yang akan dibuka.

Nokia Luncurkan Asha 308 dan Asha 309, Seharga Rp1 Juta-an (Live Report)

Posted:

CHIP.co.id - Nokia mengadakan acara di Hotel Four Seasons, Jakarta pukul 10.00 pagi ini. Sampai sekarang belum jelas apa yang akan diluncurkan karena dalam undangan kepada para jurnalis, Nokia hanya menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan inovasi baru dalam perangkat mobile.

Berdasarkan informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya, Nokia tidak akan meluncurkan Lumia 920 atau Lumia 820 di Jakarta, tetapi hanya Nokia Asha. Hal ini diperkuat oleh pernyataan CEO Nokia Stephen Elop beberapa waktu lalu tak lama setelah ia mengunjungi pusat penjualan barang elektronik di Roxy.

Berdasarkan pemantauan CHIP, lokasi peluncuran masih ditutup kain hitam. Nokia tampaknya ingin mengemas acara peluncuran sebagus mungkin, dan mengundang rasa penasaran para jurnalis.

(Ballroom Hotel Four Seasons yang menjadi lokasi acara Nokia masih ditutup kain hitam)

(Sambutan untuk media yang melakukan registrasi)


10.54: Acara dibuka dengan penampilan kelompok kesenian Betawi, Keroncong Tugu, yang kompak berbaju putih dan bercelana panjang motif batik. Beberapa petinggi Nokia sudah duduk rapi di jajaran kursi paling depan. Sedangkan panggung didominasi warna biru laut.

 

10.59. Nah, ini dia, Martin Chirotarrab, Presiden Direktur Nokia Indonesia mulai tampil di panggung dengan "Selamat Pagi, piye kabare." Dia menegaskan Indonesia sangat penting bagi Nokia. Oleh karena itu, bagi Nokia sukses di Indonesia berarti sukses secara global. Beberapa poin penting yang dia sampaikan, antara lain Nokia Store yang kini diunduh 3 juta kali per pekan, memiliki 45.000 konten lokal Indonesia bekerja sama dengan 60 universitas.

11.08. Timo Toikkanen, EVP Nokia mobile phones tampil ke panggung. Dia menerangkan tiga kategori produk; first, feature, dan smart. "Tidak semua orang menginginkan smartphone," katanya. Nampaknya ini pernyataan tersirat bahwa nokia tak akan meluncurkan smartphone Lumia 920 atau Lumia 820 hari ini.

(Timo Toikkanen)

11.18. Jussi Nevanlinna, VP Product Mobile naik ke panggung meluncurkan produk Nokia secara global. Dia memaparkan penjualan Nokia Asha 306, Nokia Asha 311, dan Nokia 305 secara global, yang tergolong sukses. Asha memiliki beberapa kelebihan yang sangat disukai orang, antara lain, kemampuan browser yang cepat dan terhubung dengan Nokia Cloud.

11.22. Nah, ini dia! yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Jussi secara resmi meluncurkan Nokia Asha 308, dan Asha 309. Jussi mengatakan, Asha 308 menggunakan dual SIM yang bisa diganti tanpa perlu mematikan perangkat, tapi tak memiliki fitur WiFi. Sedangkan Asha 309 menggunakan single SIM dan fitur WiFi. Produk yang diluncurkan hari ini dalam tiga pilihan warna, yakni silver, gold, dan hitam. Keduanya juga memiliki slot microSD yang sudah diisi memory 2GB, dan bisa diupgrade hingga 32 GB.

(Asha 308)

(Asha 308)

Jussi menjelaskan, kelebihan produk baru tersebut  adalah, smarter internet, yang menawarkan internet berkecepatan tinggi, lebih irit dalam konsusmsi data karena Nokia membenamkan teknologi kompresi data. Hal ini akan membuat konsumsi daya baterai juga lebih irit, termasuk tentu saja; pengeluaran Anda untuk membayar tagihan data kepada provider telepon.

Jussi mengklaim waktu standby Asha mencapai 42 hari! "Itu melebihi harapan pengguna berkali-kali," katanya. Teknologi kompresi data ini juga menguntungkan operator karena memungkinkan mereka menampung lebih banyak pelanggan.

Nokia Asha 308 dan 309 bisa digunakan untuk hiburan dan menggunakan beragam aplikasi dari Nokia Store. Beberapa game yang bisa dimainkan termasuk game klasik, Tetris dan Pacman. Pengguna juga bisa mendengarkan musik dan menonton video yang tombolnya ditempatkan secara default di home screen.

"Kami telah menanamkan komunikasi modern ke dalam Asha, seperti Gmail, seluruh jejaring sosial utama; seperti Facebook dan Twitter. Ketika saya katakan semua, itu benar-benar semua. Karena Asha juga mendukung jejaring sosial seperti Weibo di China," ujar Jussi.

11.38. Kelton Lynn, Mobile Business Development Twitter Corporation, mengambil alih panggung sekitar 2 menit menjelaskan kerja sajama Twitter dengan Nokia, khususnya pengembangan produk keluarga Asha.

11.40. Jussi kembali dengan menjelaskan keunggulan Nokia Maps di Asha yang bisa diunduh secara gratis. Nokia secara rutin memperbaharui peta tersebut untuk menjaga keakuratannya sebab tiap hari bisa saja ada perubahan jalan atau penambahan objek-objek tertentu di sebuah lokasi.

Nokia Asha 308 dan 309 akan dibanderol seharga USD99 secara global. "Di sini di Indonesia kami akan menjualnya seharga kurang dari Rp1000.000, itu harga yang fantastis," kata Jussi.

11.44. Acara presentasi selesai. Sekarang saatnya joget dan having fun.

11.54. Acara tanya jawab dimulai. China adalah pasar terbesar, Indonesia berada di posisi kedua, lalu kenapa Asha 308 dan 309 diluncurkan di Indonesia? "Indonesia mempunyai tempat spesial di hati kami, Indonesia pasar yang sangat-sangat penting," kata Timo diplomatis.

Apakah Lumia 920 juga akan diluncurkan di Indonesia?

"Ya, kita akan meluncurkan Lumia 920 di sini," kata Martin tanpa menyebutkan jadwal pastinya.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar