Senin, 10 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


PANDI Buka Pra-registrasi Domain biz.id dan my.id

Posted:


CHIP.co.id - PANDI telah memperkenalkan domain biz.id dan my.id pada Agustus lalu. Untuk tahap awal, PANDI membuka kesempatan pra-registrasi bagi pemegang merek dan pemilik nama domain .id sebelumnya. Masa pra-registrasi ini akan berlangsung pada 10 September - 12 Oktober 2012.

Domain biz.id ditujukan bagi kelompok usaha kecil, mikro, dan menengah, sementara my.id ditujukan bagi pengguna personal. Untuk mendaftarkan domain biz.id dibutuhkan identitas diri berupa KTP, SIM, atau paspor, ditambah dengan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan maupun pribadi. Sedangkan untuk mendaftarkan domain my.id hanya dibutuhkan identitas diri.

“Kehadiran domain biz.id dan my.id diharapkan dapat mengisi kekosongan domain .id bagi kelompok UMKM dan pengguna personal,” ujar Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah. “Pengusaha-pengusaha kecil yang tadinya tidak dapat mendaftarkan domain co.id karena belum memiliki legalitas perusahaan, dapat memilih domain biz.id,” lanjut Andi.

Publik dapat mendaftarkan nama domain biz.id dan my.id pada registrar-registrar PANDI mulai pertengahan Oktober 2012. “Sekarang kami lakukan dulu pra-registrasi bagi pemegang merek dan pemilik nama domain sebelumnya,” jelas Andi.

Pra-registrasi merupakan kelaziman yang berlaku secara internasional untuk rilis domain baru di Internet. “Untuk pemegang merek istilahnya periode sunrise, sedangkan untuk pemilik domain sebelumnya, istilahnya periode grandfather,” kata Andi.  “Ada registry yang memisahkan antara dua periode ini, ada pula yang menggabungkannya. Untuk efisiensi, PANDI memilih menggabungkan periode sunrise dan grandfather dengan prioritas bagi para pemegang merek,” tambahnya.

PANDI berharap para pemegang merek dan pemilik nama domain dapat memanfaatkan lima minggu masa pra-registrasi ini dengan sebaik-baiknya. “Ini juga untuk menghindari kemungkinan dispute di masa mendatang karena persyaratan dua domain baru ini relatif sangat mudah dibandingkan dengan domain co.id,” kata Andi.

Pra-registrasi domain biz.id dan my.id hanya dapat dilakukan secara online melalui laman web https://praregistrasi.pandi.or.id. Keterangan dan persyaratan pra-registrasi juga dapat dilihat pada laman tersebut.

HTC One X+ Segera Diluncurkan?

Posted:


CHIP.co.id – Rumor mengenai HTC One X+ mencuat setelah anggota XDA developer menggunakan Twitter pribadinya untuk mengirim tweet mengenai smartphone tersebut. HTC One X+ ,yang merupakan penerus smartphone premium HTC One X, dikabarkan berukuran 134 x 69,9 x 3 mm dengan berat 129 gram.

Di bagian dapur pacunya tertanam prosesor Nvidia AP37 1,6 GHz quad-core atau prosesor single core 1,7 Ghz dengan RAM 1GB, 32 GB ROM dan baterai 1800 mAH, serta sistem operasi Android Jelly Bean.

Rumor ini bukan yang pertama kalinya karena pada bulan Juli lalu juga sempat mencuat kabar serupa namun dengan spesifikasi sedikit berbeda, yakni prosesor quad-core Tegra 1,7 GHz.

Isu peluncuran HTX One X+ berkaitan dengan acara konferensi pers yang digelar perusahaan Taiwan itu pada 19 September mendatang.

Apple Akan Hentikan Produksi iPhone 3GS

Posted:


CHIP.co.id – Apple dikabarkan berencana membatasi produksi iPhone 3GS usai peluncuran iPhone 5 di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco pada 12 September mendatang. Posisi iPhone 3GS sebagai edisi pemula untuk jajaran iPhone selanjutnya digantikan iPhone 4 versi 8GB.

The Telegraph melaporkan, jika rencana ini terwujud, iPhone 4 mungkin akan ditawarkan secara gratis oleh Apple dan vendor lain ketika dipasangkan dengan kontrak USD30 per bulan. Seperti diketahui, penjualan iPhone dan smartphone lain di Amerika Serikat dan umumnya diserta kontrak setahun atau dua tahun antara pengguna dengan vendor telekomunikasi.

Mengutip sumber anonim, The Telegraph mengatakan, Apple bahkan mungkin meluncurkan iPhone 4S versi 8GB. Tiga versi iPhone 5 akan ditawarkan dengan pilihan storage yang berbeda, di antaranya variasi 16GB, 32GB, dan 64GB yang tersedia dalam iPhone 4S.


iPhone 4S 8GB dapat berfungsi sebagai alternatif lain untuk untuk konsumen. Saat ini iPhone 4 8GB dibanderol seharga USD99, sedangkan iPhone 3GS tersedia gratis dengan kontrak untuk durasi waktu tertentu.

(Au)

Apple Percantik Lokasi Peluncuran iPhone 5

Posted:

(Techcrunch)

CHIP.co.id – Apple sudah mengirimkan undangan resmi kepada para jurnalis untuk menghadiri acara peluncuran iPhone terbaru di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco pada 12 September mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam undangan tersebut Apple tidak menyebutkan secara spesifik tentang produk yang akan diluncurkan, selain angka 12 dengan bayangan angka 5.

Menjelang hari besar tersebut, sejumlah pekerja tampak sudah mulai mempercantik Yerba Buena Center for the Arts salah satunya dengan memasang banner berwarna pelangi berlambang Apple. Sampai saat ini para analis masih terus berspekulasi mengenai bentuk dan fitur baru iPhone 5. Diyakini iPhone 5 akan memiliki layar lebih besar dibanding pendahulunya, iPhone 4S yang memiliki layar sebesar 3,5 inci.

Rumor: iPhone 5 Dilengkapi Teknologi 4G LTE

Posted:


CHIP.co.id – Harian Wall Street Journal melaporkan, iPhone terbaru atau kerap disebut iPhone 5 akan mendukung jaringan super cepat 4G LTE, tak hanya di Amerika Serikat, tapi juga secara global. Saat ini perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi, seperti AT&T, Verizon, dan Sprint sudah memiliki jaringan 4G LTE, yang menawarkan akses lebih cepat dibanding 3G, meskipun menggunakan frekuensi yang berbeda.

Oleh sebab itu, banyak pengguna berharap Apple akan menyematkan teknologi 4G LTE di iPhone generasi berikutnya yang diluncurkan 12 September nanti. Sebelumnya pada iPhone 4S, Apple lebih memilih teknologi HSPA+, yang sedikit lebih cepat dibanding teknologi 3G, tetapi masih jauh di bawah 4G LTE yang 10 kali lebih cepat dibanding 3G.

Apple memang melengkapi teknologi 4G ke produk berikutnya, yakni iPad yang diluncurkan 5 bulan setelah iPhone 4S, namun masih terkendala masalah frekuensi jaringan.


Berita WSJ sebenarnya bukan isu pertama bahwa Apple akan memakai teknologi 4G karena hal serupa sudah lama diterapkan rival beratnya, Samsung Electronics.

Mesin Pencari di Kindle Fire, Amazon Pilih Bing Ketimbang Google

Posted:


CHIP.co.id – Pilihan Amazon untuk menggunakan Android sebagai sistem operasi Kindle Fire HD yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu, ternyata bukan jaminan mereka akan menggunakan Google sebagai mesin pencari default pada tablet tersebut.

John Paczkowski dari allthingsd, Sabtu (8/9) mengatakan, Amazon sudah mengkonfirmasi bahwa mereka lebih produk Microsoft, Bing sebagai mesin pencari default pada semua tipe Kindle Fire terbaru.

Pengguna yang lebih menyukai produk lain memang masih bisa mengganti pengaturan ini, namun yang jelas Amazon sudah menetapkan Bing sebagai pilihan utama.

Ini tentu saja kemenangan berarti bagi Microsoft yang saat ini sedang gigih menggusur dominasi Google dalam bidang pencarian, termasuk dengan meluncurkan kampanye “Bing it on” beberapa waktu lalu. Kabarnya, Microsoft membayar sejumlah uang untuk mendapatkan keistimewaan tersebut dengan harapan langkah Amazon akan diikuti oleh sejumlah perusahaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar