Rabu, 12 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


2 Blok Terakhir Frekuensi 3G untuk Siapa?

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di Restoran Sere Manis, Jakarta, LPPMI menggelar diskusi yang bertajuk "Babak Pamungkas Frekuensi 3G" (12/9). Diskusi ini membahas mengenai dua blok terakhir di spektrum frekuensi 2,1 GHZ.

"Frekuensi 3G di dua blok tersisa seharusnya diperuntukkan bagi operator yang paling membutuhkan dan dengan mekanisme yang tepat. Idealnya, pemenangnya tidak hanya satu agar lebih meratakan kepemilikan frekuensi," ujar Sutrisman, GM Corporate Legal , XL Axiata.

"Sewajarnya akan ada satu atau dua pemenang. Sehingga pemerintah dapat konsisten dengan tujuan metode 'beauty contest'. Jika tidak, sebaiknya ditender saja. Ini penting, karena spektrum sangat mahal. Pemerintah juga harus mempertimbangkan kemampuan finansial industri," ungkap Daniswara Pandina, Head of Regulatory Telkomsel.

Bagi Anda yang belum tahu, saat ini sedang terjadi perebutan dua blok terakhir di spektrum frekuensi 2,1 GHz. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan batas akhir untuk tender yaitu pada akhir September ini.

Sebelumnya, frekuensi 3G di spektrum 2,1 GHz yang memiliki total rentang pita 60 MHz ini terbagi atas 12 blok kanal (tiap kanal 5 MHz). Sejak 2009 lalu, sebanyak 10 blok telah teralokasi untuk berbagai operator. Adapun 10 blok kanal yang sudah digunakan antara lain:

  • Blok 4 dan 5 - Telkomsel
  • Blok 7 dan 8 - Indosat
  • Blok 9 dan 10 - XL Axiata
  • Blok 2 dan 3 - Axis
  • Blok 1 dan 6 - Hutchinson (3)

Sebagai tambahan, jaringan nirkabel dengan teknologi 3G telah memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan jumlah pengguna layanan broadband. Pada triwulan pertama 2012, kontibusi pengguna broadband tersebut di Indonesia telah mencapai 107,35 Juta (Telkomsel 40 Juta, Indosat 31,2 Juta, XL 27,9 Juta, Axis 4,25 Juta, dan Hutchinson 4 Juta).

EMC Ajak Mitra Kerjanya Menuju Hybrid Cloud Computing

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Saat ini, teknologi komputasi awan (hybrid cloud computing) makin gencar disuarakan oleh EMC, selaku salah satu penyedianya. Dalam acara EMC Forum yang digelar di Hotel Shangrila, Jakarta, EMC mencoba mengajak dan memimpin pelanggan serta mitranya dalam perjalanan menuju hybrid cloud computing. Acara ini juga dihadiri David Wirt selaku Vice President, Gobal Services Asia Pasific & Japan EMC dan Adi Rusli selaku Country Manager EMC Indonesia.

Menurut EMC, komputasi awan kini merevolusi proses TI dengan memungkinkan kita untuk menjalankan TI sebagai layanan atau IT as-a-Service (ITaaS) untuk mendorong efisiensi yang maksimal. Dengan mengerahkan sumber daya elastis, departemen TI dapat secara signifikan mengurangi biaya untuk peranti keras dan memudahkan penyediaan serta pemindahan aplikasi.

(Ki-Ka) David Wirt dan Adi Rusli saat sesi foto

Awan privat (private cloud) adalah tempat untuk memulai, karena dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan Anda. Bukan hanya itu, awan privat menggunakan prinsip-prinsip yang sama dengan awan publik: sederhana, elastis dan mendorong pelayanan sendiri atau self-service.

Penyedia layanan membuat pilihan baru untuk TI. Di saat kebanyakan orang berpikir tentang penyedia komoditas infrastruktur sebagai layanan atau Infrastructure-as-a-Service (IaaS), ada penyedia layanan khusus yang mulai berkembang. Penyedia layanan ini akan memberikan layanan yang sangat terspesialisasi untuk industri, geografi atau aplikasi tertentu. Dengan memanfaatkan infrastruktur awan hibrida yang otomatis, organisasi dapat memvirtualisasi aplikasi yang kritikal akan misinya, memindahkan aplikasi yang sudah ada ke infrastruktur visual tanpa gangguan serta memberikan efisiensi dan kelincahan yang lebih besar.

TI harus menyediakan model komputasi pengguna akhir yang baru, agar mereka dapat tetap mempertahankan kontrol atas informasi dan akses, sembari memungkinkan pengguna untuk memilih perangkat mereka sendiri. Menurut EMC, ini adalah layering atau pelapisan baru TI: Infrastruktur Awan Hibrida Otomatis, Platform Aplikasi Baru dan Platform Komputasi Pengguna Akhir Baru. Layering baru ini memerlukan keamanan menyeluruh (end-to-end) dan manajemen di semua lapisan.

Setiap smartphone menciptakan informasi dalam skala besar yang ditransmisi melalui situs jejaring sosial dan aplikasi tertanam. Informasi ini – lokasi, video dan foto – menciptakan peluang baru untuk perusahaan dalam mendapatkan wawasan baru dan mengubah bisnis mereka. Data besar menciptakan peluang yang luar biasa ini untuk mengubah bisnis, tetapi skala dan signifikansi data besar tersebut meminta pendekatan yang baru.

Ketika perusahaan fokus untuk mengubah strategi digital mereka dan cara TI akan mendukung mereka, pada saat yang sama lansekap ancaman juga akan berubah. Ancaman baru tidak lagi datang dari para penjahat yang mematikan situs. Mereka bisa saja para kriminal professional, hacker dan negara- negara nakal yang mencari informasi spesifik.

Sikap perusahaan terhadap keamanan harus berubah dari mencegah pelanggaran menjadi berasumsi bahwa keamanan akan dilanggar dan untuk melindungi aset-aset yang paling penting.

Untuk Raih Sukses, iPhone 5 Harus Revolusioner

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Apple Inc. meluncurkan iPhone pertamanya pada tahun 2007 yang lalu dan berhasil mengubah wajah perangkat bergerak. Dilengkapi dengan inovasi visionaris yang tidak hanya dari sisi perangkat keras tapi juga pengalaman penggunanya secara keseluruhan, Apple Inc. mampu menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan raksasa seperti Nokia Corp dan Research in Motion.

Selama bertahun-tahun, platform-platform yang saling berkompetisi seperti Android dan Windows Phone telah terinspirasi oleh fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform iOS, dan telah memimpin di beberapa area yang berbasis teknologi komunikasi jarak dekat (NFC) seperti Google Wallet, dan pengisian baterai ulang nirkabel dari Nokia. Saat ini, Android mendominasi pasar ponsel cerdas global dan Samsung telah berhasil mengalahkan dominasi Apple sebagai vendor ponsel cerdas global. Dengan diluncurkannya iPhone terbaru, Apple berniat untuk membalikkan keadaan dan kembali menjadi pemimpin pasar ponsel cerdas global.

iPhone terbaru diprediksi akan memiliki layar yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, kamera yang lebih baik, dock connector yang lebih kecil serta mendukung teknologi jarak dekat (NFC), yang diperkirakan juga akan dibenamkan di perangkat-perangkat berbasis iOS di masa mendatang, di samping fitur-fitur revolusioner lainnya. Layanan tambahan (add-ons) untuk ekosistem Apple dengan nilai tambah yang terbilang unik seperti peluncuran Siri yang telah dilakukan untuk iPhone 4S juga diprediksi akan kembali dilakukan Apple.

Menurut Pranabesh Nath, Research Manager, ICT Practice - Asia Pacific, Frost & Sullivan, produk Apple yang memiliki pendapatan terbesar masih didominasi iPhone.

“Peluncuran iPhone 4S di pasar yang tengah mengharapkan kehadiran iPhone 5 telah menimbulkan kekecewaan bagi para penggemar produk Apple. Namun hal ini tidak menghentikan demam iPhone 4S yang ditunjukkan dengan rekor penjualannya yang cukup tinggi, dan dapat kita perkirakan penjualan iPhone 5 akan mencapai 1.5 hingga 2 juta unit dalam 24 jam pertama, dibandingkan dengan penjualan 4S yang mencapai 1 juta dalam kerangka waktu yang sama. Hal ini dapat terjadi berkat antisipasi penggemar berat produk-produk Apple sejak tahun lalu, dan pergeseran besar dari segi platform dan fitur-fitur baru yang digembar-gemborkan."

Kompetitor-kompetitior seperti Microsoft, Nokia, Motorola telah berusaha menjadi pusat perhatian dengan meluncurkan produk-produk baru beberapa minggu sebelum peluncuran iPhone terbaru oleh Apple, namun upaya tersebut diprediksi tidak akan efektif karena pasar secara demografis tengah menunggu kemunculan produk-produk Apple terbaru.

“Ketika beberapa pihak ragu bahwa Apple telah menciptakan sesuatu, Apple telah membuktikan bahwa mereka telah mampu menciptakan sebuah pengalaman dari penggunaan perangkat bergerak keras dan lunak serta belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh produsen-produsen lainnya dan hal ini jelas perlu diacungi jempol,” ungkap Pranabesh.

“Tidak ada seorang pun yang dapat menampik kenyataan bahwa Apple merupakan satu-satunya vendor dengan fokus yang jauh melampaui fitur perangkat keras dan mampu menciptakan ekosistem secara menyeluruh untuk perangkatnya. Dengan membentuk ekosistem yang tangguh dan dilengkapi dengan pilihan konten, aplikasi serta layanan yang melimpah, Apple telah berhasil memikat jutaan end user, yang selalu ingin memiliki produk-produk Apple terkini. Namun, vendor-vendor lainnya, juga tengah membangun ekosistem mereka sendiri. Pengembangan aplikasi-aplikasi Android dan munculnya toko aplikasi Google Play dapat mengancam pertumbuhan Apple,” papar Abhishek Chauhan, Senior Consultant, ICT Practice - South Asia & Middle East, Frost & Sullivan.

Pasar ponsel cerdas telah berubah dari pasar yang dikendalikan oleh perangkat menjadi pasar yang didorong oleh layanan dan aplikasi, di mana ponsel cerdas menjadi platform utama untuk menandai kepemilikan layanan/aplikasi, termasuk fokus yang tidak kalah penting terhadap perangkat tablet PC.

Beberapa tren mulai mengarah pada tren ini, dimana vendor-vendor platform utama seperti Microsoft dan Google telah mempersiapkan diri untuk meraih dominasi melalui platform mereka yang didukung oleh kemitraan yang kokoh antara Microsoft dan Nokia, dan akusisi Motorola oleh Google, serta peluncuran layanan yang mirip dan bersaing dalam hal konten, aplikasi dan layanan seperti musik, film, ebooks, dan lain-lain.

“Hal ini mengarah pada pembentukan segmentasi pasar di mana kita akan memiliki dua tipe pemain utama –mereka yang mengandalkan penjualan perangkat sebagai sumber utama pendapatan dan mereka yang menggunakan penjualan perangkat sebagai faktor pendorong bagi layanan dan aplikasi yang dikembangkan. Sementara kebanyakan pemain pasar berusaha bergeser ke kategori pemain kedua, Apple beserta kompetitornya, Google dan Amazon telah masuk ke dalam kategori kedua. Di sisi lain, Samsung masih mengandalkan pendapatannya pada penjualan perangkat kerasnya,” kata Pranabesh.

Ia melanjutkan, “ Untuk jangka panjang, tren ini akan berakibat pada penurunan pendapatan bagi Samsung seiring dengan munculnya kecenderungan perangkat sebagai komoditas dan strategi yang terfokus pada penjualan perangkat keras akan berujung pada turunnya pendapatan. Sayangnya, permainan litigasi sebagai upaya untuk merebut pangsa pasar dengan lebih cepat masih akan terus berlanjut, hal tersebut juga menandakan ketatnya kompetisi di segmen pasar ini. Tren ini tidak memberikan keuntungan bagi konsumen karena berakibat pada terbatasnya pilihan produk bagi mereka.

Selain Google, ancaman yang lebih besar bagi Apple dari segi layanan aplikasi untuk jangka waktu panjang, adalah Amazon. Amazon telah memiliki jumlah besar dalam hal e-konten dalam bentuk ebooks, musik dan film. Peluncuran Kindle Fire dan Kindle Fire HD telah melejitkan posisi Amazon sebagai pemilik platform keempat terbesar di samping Apple, Google dan Microsoft.

“Dalam beberapa waktu ke depan, bukan mustahil kita akan menyaksikan peluncuran ponsel cerdas milik Amazon, yang merupakan titik konsumsi konten terbesar. Namun hal ini tergantung pada sejauh mana Amazon ingin membawa strategi platformnya dalam hal kontrol dan perolehan keuntungan. Microsoft diprediksi juga akan meningkatkan portfolio layanannya begitu platform Windows 8 diluncurkan dan kemungkinan dapat menjadi pesaing yang kuat dari sisi konsumen maupun perusahaan,” ungkap Pranabesh.

Ia menambahkan, “Dalam jangka panjang, masing-masing kompetitor akan bersaing untuk merebut basis pengguna secara keseluruhan dan persaingan ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan fokus untuk memperoleh pendapatan dari layanan aplikasi menjadi lebih penting.”

“Banyak yang menunggangi kesuksesan dari iPhone terbaru, dan tidak diragukan lagi bahwa peluncuran iPhone 5 juga akan mendulang kesuksesan. Namun demikian, tingkat kesuksesannya bergantung pada penerimaan pasar terhadap produk tersebut di luar dari pemerimaan para penggemar Apple sendiri. Dilarangnya peredaran produk Samsung akan menjadi stimulus bagi perusahaan yang berpusat di Cupertino, namun sukses yang sesungguhnya bergantung pada kemampuan iPhone 5 untuk menjadi produk yang revolusioner daripada hanya sebagai produk yang bersifat evolusioner,” tutup Abhishek.

iPhone 5 Akan Tingkatkan PDB AS 0,33 Persen

Posted:


CHIP.co.id – Peluncuran iPhone 5 diperkirakan akan berdampak luas, tak hanya terhadap Apple, tetapi juga memberi efek positif bagi perekonomian Amerika Serikat. iPhone 5 yang diprediksi bakal terjual jutaan unit hanya dalam beberapa hari akan meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat, membantu pertumbuhan ekonomi antara seperempat dan setengah persen poin pada kuartal keempat tahun 2012.

Angka-angka ini berasal dari sebuah laporan Michael Feroli, chief U.S economist untuk JP Morgan, kepada klien JP Morgan. Dalam laporan berjudul, "”Can one little phone impact GDP?”, Feroli menguraikan betapa Apple bisa menambah PDB negara dengan 0,33 persen.

Feroli menjelaskan, jika Apple menjual 8 juta unit seharga USD600 per ponsel dalam tiga bulan, ukuran pemerintah terhadap PDB akan tumbuh sebesar USD400 per smartphone (USD200 akan digunakan untuk biaya impor). Penjualan sebanyak itu akan menghasilkan USD3,2 miliar selama bagian terakhir tahun ini, atau per tahun mencapai USD12,8 miliar.

Menurut Feroli, meskipun perkiraan ini cukup besar, hal ini lebih masuk akal. iPhone 4S sangat sukses saat diluncurkan bulan Oktober lalu dan ada alasan untuk yakin bahwa peluncuran iPhone 5 akan lebih besar.

Sementara, Brian White dari Topeka Capital memperkirakan harga saham Apple melonjak ke angka USD1.111, naik dari rekor USD680 setelah peluncuran iPhone 5.

(Au)

Jelang Peluncuran iPhone 5, iPhone Bekas Banjiri Pasar

Posted:

(Cnet)

CHIP.co.id – Menjelang peluncuran iPhone 5 di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, yang tinggal beberapa jam lagi, para pengguna ramai-ramai membanjiri pasar dengan menjual iPhone lawas mereka, dan siap-siap untuk upgrade.  eBay dan Craigslist penuh dengan iPhone bekas, dan perusahaan yang khusus dalam pembelian perangkat mobile bekas dikabarkan lebih sibuk dari sebelumnya melayani penawaran iPhone bekas.

Berdasarkan laporan US Today, NextWorth, perusahaan yang juga khusus membeli ponsel bekas mencatat kenaikan signifikan terhadap permintaan penawaran dalam kurun waktu tiga minggu belakangan. Sejak tanggal 17 Agustus sampai dengan 6 September permintaan untuk penawaran meningkat 610 persen dibanding periode yang sama sebelum peluncuran iPhone 4S.

Hal ini mungkin terjadi karena banyak pemilik iPhone tidak meng-upgrade iPhone 4 ke 4S karena perangkat tersebut tidak terlalu jauh berbeda. Namun, dengan rumor iPhone 5 yang memiliki bentuk, tampilan, dan dock connector yang sangat berbeda, banyak orang mungkin siap untuk mengganti smartphone mereka.

Saat ini di eBay, ada lebih dari 6.000 iPhone 4 bekas dijual, dan iPhone 4S sekitar 4.000 unit. Menurut USA Today, setengah dari penawaran NextWorth adalah untuk model iPhone 4, sedangkan iPhone 4S hanya 20 persen.

Meskipun kehadiran iPhone baru membuat antusias banyak pengguna, masih ada orang yang menilai  versi lama masih cukup layak digunakan karena kemajuan smartphone telah melambat. Jadi, tidak perlu khawatir, tak seperti beberapa tahun lalu, model iPhone tahun lalu tidak akan terlihat ketinggalam zaman.

(Au)

iPhone 5 Hampir Tiba, Apa yang Anda Harapkan?

Posted:


CHIP.co.id – Penantian itu hampir berakhir. Apple sudah secara resmi mengumkan konferensi pers pada 12 September hari ini di San Francisco, mengkonfirmasikan rumor selama berbulan-bulan lamanya. Dan undangan kepada jurnalis meninggalkan sedikit keraguan bahwa acara tersebut akan menjadi ajang pengenalan iPhone 5 (atau nama apa pun yang akan digunakan oleh Apple terhadap generasi keenam iPhone ini).
 
Jarang sekali ada produk yang pernah begitu sering dianalisis, dirumorkan, dan dibocorkan seperti smartphone generasi selanjutnya dari Apple ini. Tak ada hari, atau bahakan jam, berlalu tanpa rumor sarung, layar, konektor jack, bahkan headphones iPhone 5.

Apakah semua kehebohan telah ditumpahan, atau ada sesuatu yang benar-benar berbeda yang belum datang? Inilah rundown, mengenai semua rumor, dari apa yang diharapkan orang terhadap iPhone 5, seperti dirangkum dari Cnet, Rabu (12/9).
 

Nama: iPhone 5 atau new iPhone?
Jika nama iPad terbaru dijadikan sebagai indikasi,  -“The New iPad”- maka sangat mudah menentukan nama handset Apple selanjutnya, yakni “The New iPhone. Masalahnya, dalam undangan yang dikirim Apple terdapat angka 12 besar yang bayangannya membentuk angka 5. Tidak seperti acara iPhone Oktober lalu, di mana fokus dibagi menjadi dua, apakah akan ada iPhone 4S atau iPhone 5 (atau bahkan keduanya), tahun ini telah disepakati bahwa tampilan dan rasa dari iPhone terbaru akhirnya akan menjawab semua ekspektasi terhadap desainn dan fitur pada tahun 2011.
 
Desain baru
Ingat bagaimana besarnya masalah saat perubahan desain iPhone 4? Demikian juga dengan iPhone 5, butuh kerja keras yang sama untuk membuat  desain yang kompak dan bahkan lebih ramping. Sejauh ini, dari beberapa foto yang dibocorkan ke Internet, desain iPhone 5 akan lebih panjang (jika bukan lebih lebar) daripada iPhone 4S.

Dengan rancangan berwarna duotone dan kembali ke model metal black akan membuat tampilan iPhone sama sekali baru dan belum pernah ada sejak model aslinya dirilis pada tahun 2007, tetapi dari seluruh tampilan iPhone 5 yang terlihat sejauh ini cenderung evolusioner daripada revolusioner, mirip dengan perubahan iPhone menjadi iPhone 3G.
 
Layar: lebih panjang dan ramping
Tampaknya sudah pasti layar iPhone 5 akan lebih dari layar iPhone saat ini yang sebesar 3,5 inci, dan mendukung aspek rasio yang berbeda. Layar dengan resolusi 640x1.136 pixel akan menyediakan baris icon lebih luas pada layar home, aplikasi-aplikasi dengan ruang layar yang lebih terlihat di atas keyboard virtual, dan video HD  dengan sedikit letterboxing dalam mode landscape.
 
Layar ini akan diproduksi menggunakan teknologi “in-cell”, sebuah metode dalam membuat layar sentuh all-in-one yang lebih  ramping tanpa membuat layer tambahan. Atau ini bisa jadi merupakan sebuah proses baru. Layar yang dihasilkan akan memungkinkan untuk iPhone yang lebih ramping, memperbaiki kejernihan gambar, dan memungkinkan untuk memperpanjang daya tahan baterai.

Yang paling penting, layar yang lebih besar akan membantu iPhone terbaru mengimbangi arus smartphone Android dengan ukuran super yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, layar 3,5-inchi yang dimiliki iPhone terlihat benar-benar kecil jika dibandingkan dengan smartphone seperti Galaxy Nexus 4,65 inci atau Galaxy S3 berukuran 4,8-ini.
 
Dock connector baru
Gambar-gambar dan maket terbaru menunjukkan apa yang telah diromorkan beberapa bulan belakangan bahwa iPhone 5  akan memiliki konektor yang sama sekali baru dengan 8 pin, mengakhiri era konektor 30 pin pada iOS.

Port yang lebih kecil akan memakan tempat yang lebih sedikit, yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas baterai tanpa menambah ukuran perangkat secara keseluruhan. Lagipula port dengan 30 pin meninggalkan ruang terbuka yang lebar yang gampang kemasukan debu dan kotoran lainnya.

4G LTE
Ketiadaaan teknologi supercepat 4G LTE dalam seri iPhone yang ada saat ini merupakan sebuah kekurangan mencolok, dan sekaranglah waktunya untuk memperbaikinya. Perubahan The New iPad atau iPad yang kini sudah mendukung 4G merupakan tonggak bersejarah, tidak hanya untuk mempercepat akses, tetapi juga pada daya tahan baterai saat dalam mode 4G. Meskipun, seperti diketahui, penggunaan teknologi 4G LTE akan membuat Apple di bawah bayang-bayang ancaman gugatan hukum oleh Samsung Electronics.
 
Tentu saja, 4G LTE dapat mempengaruhi provider secara drastis. Di Indonesia provider kita beru berkutat pada jaringan 3G yang jangkauannya juga masih sangat terbatas di kota-kota besar. Hal ini akan membuat konsumen di Tanah Air dirugikan karena mereka mengeluarkan uang tambahan untuk teknologi yang sebetulnya tidak berguna.

Prosesor baru?
Selama ini Apple selalu memperbaharui prosesor tiap generai iPhone sejak iPhone 3G. Prosesor A6 bisa saja sudah menggunakan empat inti atau quad-core; apabila benar, maka ini akan menjadi sebuah kelebihan daripada CPU yang digunakan di iPad generasi ketiga, yang menggunakan prosesor A5X (dengan CPU dual-core dan grafik quad-core).

Akankah hal itu terjadi, atau adakah kemungkinan bahwa iPhone terbaru akan memperkecil prosesor A5X , dengan tenaga yang sama, tetapi dengan kemasan yang lebih padat (dan kemungkinan lebih efisien dalam pemakaian energi)?
 
iOS 6
Versi terbaru iOS merupakan bagian dari fitur iPhone 5, namun akan menguntungkan beberapa model iPhone sebelumnya. Diuraikan di acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2012, iOS 6 memiliki banyak fitur baru yang tersedia untuk iPhone 4S dan beberapa model iPhone lama. Tetapi Apple mengindikasikan bahwa beberapa fitur unggulan dalam iOS terbaru -seperti Siri dan beberapa fitur unggulan akan hanya tersedia di dalam model iPhone dan iPad terbaru.
 
Peluncuran resmi iOS 6 akan dijelaskan pada acara 12 September nanti, dan kemungkinan besar debut OS ini akan terjadi sebelum iPhone terbaru dipasarkan. Diharapkan bahwa Maps terbaru mereka dengan navigasi turn-by-turn juga akan sorotan dalam event iPhone terbaru ini sekali lagi.



Siri
Generasi terbaru Siri akan lebih banyak kaitan dengan aplikasi-aplikasi. Akankah Siri lebih mudah digunakan? Kemampuan untuk menjalankan aplikasi via Siri mungkin akan dapat berjalan dengan baik saat mengendarai mobil. Apple juga mendiskusikan Eyes Free, sebuah teknologi yang sedang dibuat agar mobil mengambil manfaat konektivitas Siri selama 12 bulan ke depan, di WWDC. Detail yang lebih konkrit lagi mengenai Eyes Free dengan iPhone terbaru mungkin akan diketahu pada event ini.
 
NFC?
Passbook, aplikasi terbaru di iOS 6 yang akan bekerja layaknya dompet mobile, menyebabkan beberapa orang percaya bahwa NFC, atau Near-Field Communication, sebuah teknologi yang bertumbuh dan muncul di smartphone lain, akan hadir di iPhone 5.
 
Kamera baru?
iPhone telah membuat tiga lompatan berturut-turut dalam teknologi kamera dengan iPhone 3GS,iPhone 4, dan iPhone 4S; hanya sedikit orang yang mengeleuhkan kualitas kamera iPhone. Jadi, mungkin hanya akan ada penambahan fitur seperti multiburst, multifocus yang lebih baik, atau flash yang lebih baik.

Anda sendiri, fitur apa yang Anda inginkan ada di iPhone 5?


(Ric)

Intel Rilis Haswell, Prosesor Generasi ke-4 Tahun Depan

Posted:


CHIP.co.id – Intel secara resmi menyampaikan informasi tentang prosesor Intel Core  generasi ke-4 yang lebih hemat daya “Haswell”, akan mulai tersedia pada tahun 2013 mendatang. Executive vice president and general manager of Intel Corporation's Mobility Group, David (Dadi) Perlmutter mengatakan hal tersebut dalam acara Intel Developer Forum di San Francisco, Selasa (11/9).

Perlmutter mengungkapkan, Intel telah berhasil mengurangi daya idle pada platform keluarga prosesor Intel Core generasi ke-4 sesuai mikroarsitektur generasi berikutnya yaitu "Haswell", hingga lebih dari 20 kali lebih baik dibandingkan generasi ke-2. Penghematan daya ini dibarengi dengan kinerja komputasi yang luar biasa dan tetap responsif. Disampaikannya juga bahwa sesuai perencanaan mereka, mulai tahun 2013 Intel akan menambahkan jajaran baru prosesor yang lebih hemat daya, berbasiskan mikroarsitektur yang sama.

Kedua produk baru tersebut akan menegaskan fokus perusahaan yang secara agresif mendorong penurunan konsumsi daya untuk memperpanjang daya tahan baterai, dan mendorong beragam desain baru bagi perangkat mobile, sementara tetap menghadirkan prosesor dengan peningkatan kinerja prosesor, grafis dan kemampuan multimedia yang prima.

"Keluarga prosesor Intel Core generasi ke-4 dan jajaran baru prosesor hemat daya kami akan mengantarkan dunia menuju era inovasi komputasi mobile yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Perlmutter.

"Fokus kami untuk mewujudkan prosesor dengan daya yang lebih rendah sementara tetap memiliki performa yang luar biasa sebagaimana prosesor kami dikenal merupakan dasar yang penting seiring pergeseran fokus dari sekedar kecepatan prosesor semata-mata pada tahun 2001. Sebagai hasilnya, Anda akan melihat pelanggan kami dapat menampilkan desain convertible yang lebih ramping dan trendi, serta menyajikan pengalaman radikal lintas spektrum varian perangkat mobile. "

 

Intel Penggagas Berbagai Perangkat Mobile dan Desain Convertible

Sejak Intel menciptakan dan berinvestasi dalam ekosistem Ultrabook pada tahun lalu, gerakan ini telah menginspirasi inovasi yang luar biasa dalam bidang komputasi personal. Ada lebih dari 140 desain Ultrabook berbeda ada dalam rencana pengembangan. Sebagian dari desain tersebut merupakan jenis convertible sementara 70 model di antaranya kini telah hadir dipasaran dengan memanfaatkan prosesor Intel Core generasi ke-3.

Ultrabook dan berbagai PC yang mengunakan keluarga prosesor Intel Core generasi ke-4 22nm akan hadir di 2013 mendatang. Pada saat itu pengguna akan dapat menikmati keunggulan grafis Intel HD, berbagai instruksi baru untuk enkripsi dan kinerja yang lebih cepat, fitur keamanan baru yang berbasis perangkat keras dan prosesor berdaya idle sangat rendah sehingga memungkinkan daya tahan baterai yang lebih panjang.

lebih mendorong inovasi komputasi mobile, prosesor hemat daya Intel yang berbasis mikroarsitektur “Haswell” akan memperluas cakupan roadmap dari Intel. Dengan hanya membutuhkan 10watt untuk beroperasi, prosesor ini akan memungkinkan desain Ultrabook, convertible, dan tablet yang semakin tipis dan ringan, sementara tetap memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik.

Beralih membahas spektrum mobile, Perlmutter mengungkap bagaimana Intel memiliki pilihan produk terbaik untuk semua kebutuhan mobile. Tidak lama lagi generasi terbaru dari prosesor Intel Atom (kode “Clover Trail”) akan hadir sebagai system-on-chip (SoC) baru yang secara khusus dibuat untuk Windows 8. Dibuat berbasiskan teknologi Intel 32nm, prosesor ini mampu menjalankan tablet dan convertible ringan dengan daya tahan baterai yang hebat dan disertai teknologi always-on dalam desain yang ramping.

Perlmutter juga mengungkapkan berbagai keunggulan perangkat Windows 8 yang berbasis Intel. Sejumlah fitur baru yang diberikan mulai dari peningkatan kemampuan multimedia, solusi keamanan untuk enterprise, dan dukungan bagi bermacam aplikasi yang telah dibuat untuk prosesor Intel. Hal ini berarti menjaga nilai investasi software dari divisi IT dan para konsumen.

“Kami yakin Windows 8 berbasis arsitektur Intel akan memberikan pengalaman, kinerja dan kompabilitas yang terbaik lintas platform komputasi,” ungkapnya.
(Au)

IBM Perkokoh Portofolio Komputasi Teknis untuk Pelanggan Enterprise

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Agar komputasi teknis lebih mudah digunakan, IBM mempercanggih portofolio platform perangkat kerasnya dengan beragam piranti lunak untuk menciptakan solusi-solusi terintegrasi. Dengan solusi tersebut maka IBM dapat membantu perusahaan-perusahaan untuk secara lebih cepat meraih manfaat dari aplikasi-aplikasi beperforma tinggi yang membutuhan banyak sekali daya komputasi dan data.

Selain itu, IBM berkomitmen untuk mempertahankan dukungan untuk sistem-sistem non-IBM dengan mitra-mitra Komputasi Platform yang ada.

Untuk memperkokoh komputasi teknis pelanggan enterprise, IBM memperbarui portofolio produk mereka:

  • Jajaran IBM Platform Symphony, sebuah grid manager yang kini diintegrasikan dengan kerangka kerja piranti lunak MapReduce untuk mewujudkan performa dan throughput yang lebih cepat untuk beban kerja Big Data dan analitik dalam sebuah lingkungan Grid. Model berbagi sumber daya Platform Symphony membuatnya lebih hemat biaya untuk memperluas lingkungan analitiknya sesuai kebutuhan. 
  • IBM System x Intelligent Cluster terintegrasi dengan piranti lunak IBM Platform HPC untuk menyederhanakan penyebaran kluster, mewujudkan hasil secara lebih cepat dan meningkatkan produktifitas agar pelanggan dapat berfokus pada riset dan analisa, bukan pada pengelolaan infrastruktur TI mereka.
  • Portofolio High Performance Computing (HPC) Cloud milik IBM diperluas dengan penawaran IBM Platform Cluster Manager yang baru dan IBM Platform LSF untuk menyajikan sebuah himpunan sumber daya awan bersama yang tersedia dari mana saja, membuatnya lebih mudah untuk menciptakan dan mengelola awan HPC. IBM Platform Cluster Manager yang baru memungkinkan pelanggan untuk memprovisikan kluster hanya dalam hitungan menit, dan secara otomatis dan dinamis mengelola lingkungan kluster, termasuk IBM Platform Computing dan pengelola beban kerja non-IBM.

Penguatan komputasi teknis pelanggan enterprise IBM yang ditujukan untuk mengatasi lonjakan Big Data di perusahaan, agar pelanggan dapat mejalankan usahanya tanpa ada halangan dan hambatan hanya karena masalah storage.

“Solusi-solusi penyimpanan dan sistem canggih yang kami umumkan hari ini memiliki performa, efisiensi dan inteligensia untuk mengatasi masalah Big Data. Inilah komputasi pintar yang memungkinkan pelanggan-pelanggan kami untuk mengatur dan manganalisa data yang mereka miliki agar mereka dapat lebih memahaminya dan melayani pelanggan dengan lebih baik," jelas Fetra Syahbana, Country Manager, IBM Systems & Technology Group, IBM Indonesia, saat ditemui di Bengawan Signature Restaurant, Selasa, 11 September 2012.

Portofolio Utama IBM untuk Mengatasi Masalah Big Data

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Untuk mendorong inisiatif mengatasi permasalahan Big Data lebih jauh, IBM mengumumkan berbagai kecanggihan baru untuk beberapa produk utamanya. Misalnya, IBM menambahkan Real-time Compression ke dalam IBM Storwize V7000 maupun ke dalam IBM System Storage SAN Volume Controller (SVC), sistem virtualisasi penyimpanan IBM yang terkemuka di industri.

Tidak seperti sistem penyimpanan tradisional yang hanya memadatkan data “aktifitas ringan” atau data yang tidak terlalu sering diakses, Real-time Compression pada sistem Storwize V7000 dan SVC memadatkan data aktif hingga 80 persen, sehingga meningkatkan total kapasitas penyimpanan efektif hingga lima kali lipat. Selain Real-time Compression, IBM juga menambahkan dukungan clustering 4-arah untuk sistem blok Storwize V7000, sehingga melipat-gandakan kapasitas sistem maksimal hingga 960 drive atau 1.4 petabyte.

“IBM menyadari perlunya untuk mulai menerapkan pendekatan yang strategis dan lebih pintar dalam mengelola data yang volumenya kian membengkak melalui inteligensia built-in, otomatisasi, dan awan, untuk meningkatkan performa, kehandalan dan nilai ekonomisnya,” jelas tutur Fetra Syahbana, Country Manager, IBM Systems & Technology Group, IBM Indonesia.

IBM juga meningkatkan efisiensi dan performa beberapa sistemnya, termasuk: 

  • IBM System Storage DS3500 yang dirancang untuk UKM, dan DCS3700 yang dirancang dengan densitas tinggi untuk lingkungan komputasi berperforma tinggi, kini dilengkapi kemampuan Enhanced FlashCopy yang mampu menghasilkan 50 persen lebih banyak jumlah snapshot dan dirancang untuk mempercepat proses backup; dan thin provisioning yang membantu meningkatkan tingkat penggunaan penyimpanan disk dan mengurangi biaya penyimpanan dengan mengatur agar himpunan-himpunan penyimpanan yang tidak terpakai digunakan seperlunya untuk aplikasi yang membutuhkannya.
  • IBM Tape System Library Manager (TSLM) adalah sebuah piranti lunak baru yang memperluas dan mempermudah penggunakaan perpustakaan tape IBM TS3500 dengan menyediakan sebuah pandangan terkonsolidasi atas perpustakaan-perpustakaan yang ada. TSLM mendukung berbagai generasi drive serta media berbasis LTO dan kelas enterprise untuk menyimpan data dalam sebuah penyimpanan tape yang dapat dikelola dari sebuah titik melalui IBM Tivoli Storage Manager.
  • IBM Linear Tape File System (LTFS) Storage Manager adalah sebuah piranti lunak baru yang memiliki kemampuan lifecycle management untuk berkas-berkas multimedia, seperti video berukuran besar untuk pelanggan-pelanggan yang menggunakan perpustakaan tape IBM LTO 5 dan IBM LTFS Library Edition. Akibatnya biaya lisensi pengarsipan video dan biaya kaset video dapat berkurang drastis.
  • Kecanggihan baru untuk IBM Tivoli Storage Productivity Center (TPC) Suite memuingkinkan perusahaan untuk mengelola kebutuhan penyimpanan Big Data secara lebih baik. Dengan antarmuka pengguna baru yang berbasis Web, TPC dapat secara radikal merubah cara para manajer TI memandang dan mengelola infrastruktur penyimpanan mereka. 
  • Hal baru lainnya pada TPC adalah pengintegrasian IBM Cognos, yang memiliki kemampuan pembuatan laporan dan model intuitif, sehingga pelanggan dapat secara mudah membuat laporan ad-hoc dan laporan terkostumisasi yang berkualitas tinggi agar keputusan yang diambil juga lebih baik. TPC menawarkan paket yang lebih sederhana dengan kemampuan pengelolaan, penemuan, konfigurasi, performa dan replikasi yang komprehensif hanya dengan satu lisensi. 

Selain kecanggihan-kecanggihan baru ini, IBM akan mengembangkan pendekatan Smarter Storage lebih jauh lagi di waktu mendatang ketika IBM mengumumkan rencananya untuk memperluas kemampuan IBM Easy Tier ke direct-attached, server-based SSD untuk membantu pelanggan mengkoordinasikan migrasi data antar sistem disk dengan server. IBM Easy Tier secara otomatis memindahkan data ke penyimpanan yang paling sesuai, termasuk beragam tier disk dan SSD, berdasarkan kebijakan dan kegiatannya.

Portofolio Baru IBM, Pintar Mengatasi Masalah Big Data

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - IBM mempercepat inisiatif Komputasi Pintarnya dengan mengumumkan serangkaian kecanggihan performa dan efisiensi baru untuk sistem penyimpanan dan komputasi teknisnya dalam mengatasi masalah Big Data.

Sebagai bagian dari upaya Komputasi Pintar IBM yang berkesinambungan, IBM mengumumkan sebuah pendekatan strategis untuk merancang dan mengelola infrastruktur penyimpanan dengan tingkat otomatisasi dan inteligensia yang lebih tinggi, kecanggihan baru untuk meningkatkan performa beberapa sistem penyimpanan utama dan Tivoli Storage Productivity Center Suite.

Selain itu, IBM juga mengumumkan penawarannya pertamanya yang dilengkapi piranti lunak hasil akuisisi Platform Computing di awal tahun ini. Penawaran ini dimaksudkan untuk membantu lebih banyak pelanggan kelas enterprise dalam menggunakan komputasi teknis untuk meraih lebih banyak hasil dengan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan sumber daya komputasi besar untuk memproses data yang jumlahnya kian bertambah.

“Saat ini, perusahaan-perusahaan sudah harus memiliki planning untuk mengelola data yang semakin bervolume besar dan semakin rumit,” tutur Fetra Syahbana, Country Manager, IBM Systems & Technology Group, IBM Indonesia.

“Solusi-solusi penyimpanan dan sistem canggih yang kami umumkan hari ini memiliki performa, efisiensi dan inteligensia untuk mengatasi masalah Big Data. Inilah komputasi pintar yang memungkinkan pelanggan-pelanggan kami untuk mengatur dan manganalisa data yang mereka miliki agar mereka dapat lebih memahaminya dan melayani pelanggan dengan lebih baik," jelas Fetra, saat ditemui di Bengawan Signature Restaurant, Selasa, 11 September 2012.

Perusahaan-perusahaan harus membangun dan mengembangkan infrastruktur penyimpanannya untuk merespon kondisi sosial, ekonomi dan bisnis yang berubah-ubah. Ini penting untuk mewujudkan viabilitas jangka panjang. Untuk melakukannya dengan benar, mereka membutuhkan pendekatan penyimpanan yang lebih pintar, sebuah pendekatan yang mengeksploitasikan inteligensia otomatis untuk meningkatkan efisiensi, tingkat penggunaan dan performa sistem penyimpanan mereka, selain mengurangi biaya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan IBM dan IDC terhadap lebih dari 300 CEO global, lebih dari 50% pengeluaran perusahaan-perusahaan yang paling efisien adalah untuk proyek-proyek baru yang mentransformasikan bisnis mereka. Dengan mengimplementasikan teknik-teknik seperti virtualisasi, de-duplikasi, tiering dan pembuatan katalog otomatis, para pemimpin TI akan dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan arsitek-arsitek mereka memprovisikan penyimpanan hingga 50 persen dan mengurangi biaya hingga 20 persen.  

Dengan mengelola lebih dari 256 petabyte data yang dimiliki pelanggan-pelanggannya, IBM telah mengembangkan sebuah portofolio produk dan teknologi selama beberapa tahun terakhir, dengan mengumumkan sebuah pendekatan formal yang melatarinya, yaitu IBM Smarter Storage.

Adapun portofolio terbaru dari IBM yang pintar mengatasi permasalahan Big Data yang menjadi bayang-bayang menyeramkan enterprise, yakni IBM menambahkan Real-time Compression ke dalam IBM Storwize V7000 maupun ke dalam IBM System Storage SAN Volume Controller (SVC), sistem virtualisasi penyimpanan IBM yang terkemuka di industri. 

Tidak seperti sistem penyimpanan tradisional yang hanya memadatkan data “aktifitas ringan” atau data yang tidak terlalu sering diakses, Real-time Compression pada sistem Storwize V7000 dan SVC memadatkan data aktif hingga 80 persen, sehingga meningkatkan total kapasitas penyimpanan efektif hingga lima kali lipat. Selain Real-time Compression, IBM juga menambahkan dukungan clustering 4-arah untuk sistem blok Storwize V7000, sehingga melipat-gandakan kapasitas sistem maksimal hingga 960 drive atau 1.4 petabyte.

Melalui pendekatan ini, pelanggan dapat merancang infrastruktur penyimpanan yang memanfaatkan berbagai teknologi canggih, seperti Real-time Compression dan automated tiering agar mereka dapat meningkatkan performa sistem-sistem mereka secara lebih cepat dan dengan biaya yang lebih rendah.

Dell PowerEdge 12th, Optimalkan Kedinamisan Infrastruktur Cloud

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Dell mengumumkan inovasi teranyarnya dalam PowerEdge 12th generation servers yang memungkinkan para pelanggan untuk secara cepat mengambil keuntungan dari pengembangan-pengembangan utama dalam Windows Server 2012 dari Microsoft Corp.

Pelanggan server generasi ke-12, Dell PowerEdge, dapat mengoptimalkan kedinamisan infrastruktur virtualisasi yang disediakan oleh Windows Server 2012 Hyper-V untuk scale dan mengamankan workloads, secara efektif biaya melakukan virtualisasi pada data center mereka, mengelola infrastruktur secara efisien, dan membangun lingkungan cloud.

“Selama dekade ini, Dell telah bekerja dengan Microsoft untuk memberikan solusi-solusi nyata dalam tantangan-tangan pelanggan.  Kemitraan yang kuat ini telah menghasilkan inovasi-inovasi yang mempercepat sistem-sistem implementasi dan provisi, dan sekarang dengan memonitor agent-free melalui OpenManage Integration Suite untuk Systems Center 2012,” kata Pieter Lydian, Managing Director, Dell Indonesia.

Secara menyeluruh,  Dell PowerEdge 12th dibuat untuk virtualisasi dengan adanya dukungan memori besar dan peningkatan throughput IO, server generasi ke-12 PowerEdge memungkinkan pelanggan untuk memaksimalkan platform virtualisasi secara komprehensif yang ditawarkan dalam Windows Server 2012. Hal ini akan membantu administrator TI untuk menciptakan kedinamisan data center dan infrastruktur cloud yang memberikan beban pekerjaan, jaringan dan solusi storage yang fleksibel.

“Dengan memenangkan penghargaan, server terakhir Dell PowerEdge generasi ke-12, pelanggan dapat mengambil keuntungan dengan cepat dari peningkatan peletakan batu pertama dari Microsoft Windows Server 2012, seperti server-server PowerEdge dengan high-density yang memungkinkan peningkatan skalabilitas baru dari cluster-cluster yang ada dan Windows Server Hyper-V," jelas Pieter.

Pengelolaan Streamline Infrastruktur TI 

Pengelolaan server yang terdapat pada Dell PowerEdge, Integrated Dell Remote Access Controller (iDRAC) 7 with Lifecycle Controller, menyederhanakan pengelolaan perangkat keras dan mengintegrasi secara mulus dengan System Center 2012 yang menawarkan efisiensi dan produktivitas TI yang ditingkatkan dalam lingkungan virtual dan fisik Windows Server 2012.

Windows Server 2012 dan pelanggan Dell PowerEdge dapat mengimplementasikan, update, monitor dan memelihara server-server Dell secara otomatis di lingkungan fisik dan virtual melalui pengintegrasian OpenManage dengan Microsoft System Center.

Dell Lifecycle Controller Integration unik sehingga memungkinkan  agent-free, otomatis, remote, satu ke banyak BIOS dan melakukan update firmware server melalui konsol System Center Configuration Manager (SCCM), yang tidak tergantung pada operating system (OS) dan hypervisor.

PowerEdge dapat diupdate  dengan performa hingga mencapai 11 kali lebih cepat dan dalam 81 persen langkah lebih sedikit dari server-server HP dibandingkan dengan OS dari multi-vendor dan lingkungan hypervisor.

Logitech Perkuat Bisnisnya di Manado dan Indonesia Timur

Posted:


Manado, CHIP.co.id - Logitech kembali menegaskan komitmennya untuk terus memperluas jaringan bisnisnya di Indonesia dengan melakukan penetrasi pasar di kota-kota penting di Indonesia Timur, yakni fokus dikembangkan di Ibu Kota Sulawesi Utara – Manado.

Di kota yang terkenal dengan gaya hidupnya yang senantiasa menuntut hadirnya produk-produk berkualitas tinggi serta memiliki desain yang berkelas, Logitech menawarkan beragam produk aksesorisnya yang siap memenuhi ekpektasi dari beragam sisi – kualitas, desain hingga tren baru.

“Logitech menghadirkan produk dengan performa prima dan desain berkelas. Untuk itu, dengan karakteristik produk khas Logitech, tepat kiranya kami menyasar Manado sebagai salah satu pasar utama kami di Indonesia, karena kota ini sudah terkenal sebagai salah satu barometer gaya hidup berkelas di negeri ini," ujar Kurniadih Sutanto, Country Manager Logitech Indonesia.

Kurniadih menambahkan, selain desain cantik dan performa andal, produk-produk unggulannya yang sudah dihadirkan secara wireless, menjadikan Logitech optimis akan tingginya tingkat penerimaan pasar di Manado.

Produk-produk yang baru saja diperkenalkan di Indonesia, seperti Logitech Ultrathin Keyboard Cover, Logitech Mini Boombox, Ultimate Ears Noise-Isolating Headset vi dan vm series, Logitech Wireless Headset H600, Logitech Speaker System Z906, Logitech Touch Mouse M600, hingga Logitech Wireless Mini Mouse M187, kini sudah bisa diperoleh di Manado.

Begitu pula dengan keberadaan produk-produk unggulan Logitech yang selama ini sudah menjadi primadona di pasar dunia berkat inovasinya seperti Logitech Wireless Solar Keyboard K750 – keyboard super hemat energi betenaga surya dapat dinikmati oleh masyarakat Manado.

“Beragam produk dari Logitech untuk mendukung produktivitas plus gaya hidup berkelas siap untuk dimiliki dan dijadikan sahabat terbaik bagi masyarakat Manado dan sekitarnya. Dari wireless solar keyboard serta wireless mouse andal dan keren untuk mendukung aktivitas bekerja ataupun belajar, atau Ultimate Ears dan wireless headset yang siap menemani aktivitas kebugaran – jogging, fitness, atau sekadar rileksasi mendengarkan musik favorit dengan kualitas audio memuaskan, hingga Logitech Mini Boombox si mini bersuara maksi dan Logitech Ultrathin Keyboard Cover yang akan menjadikan iPad Anda sebagai perangkat yang tidak saja siap untuk media sosialisasi digital namun juga untuk mendukung produktivitas berkat keyboard cover yang menyertainya,” jelas Kurniadih.

Untuk mendukung lancarnya pendistribusian dan ketersediaan barang di Manado, Logitech didukung oleh reseller-reseller dan toko-toko IT serta aksesoris di Manado dan sekitarnya.

Hitachi Data Systems Dukung Microsoft Windows Server 2012

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Hitachi Data Systems Corporation, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hitachi, Ltd., mengumumkan dukungan untuk Microsoft Windows Server 2012 yang baru.

“Kami sangat senang atas dukungan Hitachi Data Systems terhadap Windows Server 2012 yang ditargetkan bagi pelanggan enterprise kami. Microsoft Corporation berharap keahlian dan keandalan HDS akan membantu pelanggan mewujudkan nilai dari peluncuran Windows Server 2012," ungkap Mike Schutz, General Manager, Product Marketing, Windows Server dan Tools, Microsoft Corporation.

Hitachi Data Systems dan Microsoft telah bekerja sama dalam proyek ini sejak awal 2010 untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang terbaik dan dukungan penuh saat pembangunan datacenter perusahaan.

“Dengan solusi teknologi informasi yang terdepan yang disediakan oleh HDS dan Microsoft Windows Server 2012, pelanggan kini bisa menempatkan dan mengelola aplikasi Microsoft di lingkungan infrastruktur yang always-on, selalu siap. Para pelanggan kami telah siap meluncurkan Windows Server 2012 pada lingkungan TI produksi mereka dengan rencana untuk memperluas skala baik bagi aplikasi Microsoft Windows maupun Linux," jelas Jim Beckman, Vice President, Alliances, Hitachi Data Systems.

Hitachi Virtual Storage Platform (VSP), Hitachi Unified Storage (HUS), dan Hitachi Compute Blade kini telah memiliki sertifikasi penuh untuk mendukung Windows Server 2012. Sistem operasi Windows Server 2012 menyediakan infrastruktur agar  pelanggan HDS dan Microsoft bisa mendistribusikan dan menjadi host bagi aplikasi Microsoft Windows dan Linux.

“Windows Server 2012 dirancang dan dibangun di sekitar infrastruktur Cloud. Hal ini menawarkan sejumlah teknologi maju dan kemudahaan penggunaan bagi pelanggan yang diluncurkan bersamaan dengan produk Microsoft,” tutur Schutz.

Dukungan Hitachi Data Systems terhadap Windows Server 2012

Microsoft Windows Server 2012 menetapkan fondasi untuk penerapan solusi Hitachi di atas Microsoft Private Cloud Fast Track. Solusi-solusi tersebut mengombinasikan solusi komputasi dan storage Hitachi dengan infrastruktur jaringan yang sesuai standar industri serta Windows Server 2012 Hyper-V dan piranti lunak System Center 2012.

Solusi-solusi tersebut menawarkan integrasi sempurna dengan System Center Virtual Machine Manager 2012 dengan migrasi mesin virtual secara live dan transparan. Mereka juga mendukung sumber daya komputasi dan storage untuk provisi mesin virtual secara cepat dengan dukungan penuh bagi System Center Orchestrator 2012.

Skalabilitas Microsoft Windows Server 2012 dengan clustering Hyper-V dan Microsoft memungkinkan HDS memberikan dukungan hingga 64 noda dan ribuan mesin virtual pada solusi cloud Hitachi, yaitu solusi infrastructure-as-a-service (IaaS) dan platform-as-a-service (PaaS) untuk menjawab tantangan permintaan saat ini.

Microsoft Private Cloud Fast Track memiliki penawaran yang lebih baik dengan kemampuan untuk mengukur ratusan terabit dengan performa dan kesiapan penuh, yang didukung oleh infrastruktur Hitachi.

Aplikasi Microsoft dapat bermigrasi antara mesin virtual yang terpasang pada data center yang sama atau data center yang berbeda dengan gangguan minimum, sehingga memungkinkan penerapan dukungan atas aplikasi kritis pada platform x86.

Google Selenggarakan Google Day Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - Bagi Anda fans Google dan tech enthusiast, bersiaplah! Google akan mengadakan pertemuan acara tahunan pertama g|Indonesia (Google Day) di Balai Kartini Jakarta pada 26-27 September 2012 mendatang.

Hari pertama diutamakan bagi para profesional pemasaran, webmaster serta wiraswasta, dengan fokus pada presentasi teknis dan non-teknis produk-produk Google.  Hari kedua disiapkan bagi para mahasiswa dan pengajar, dengan fokus pada program universitas yang disponsori Google serta program-program magang.

Gelaran g|Indonesia bukan hanya tentang Google, tapi juga menampilkan bakat lokal Indonesia. Jika Anda telah membuat atau membangun sesuatu yang keren dengan menggunakan produk Google, jelaskan pada saat pendaftaran dan Anda mungkin dapat kesempatan untuk memberikan presentasi di g|Indonesia. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan dilakukan secara online melalui link ini: https://sites.google.com/site/gIndonesia2012.

Pada tanggal 27 September juga diadakan GDG DevFest Indonesia, sebuah acara komunitas yang menghubungkan pengembang Indonesia dengan pengembang advokat serta insinyur Google.  Acara ini termasuk beberapa sesi perkenalan dan tingkat menengah mengenai praktek terbaik (best practices) menggunakan teknologi Google seperti App Engine, Web Services, HTML5 dan Android. Pendaftaran untuk acara ini gratis melalui link: http://devfest.gdgjakarta.org/home.

g|Indonesia dan GDG DevFest Indonesia merupakan bagian dari upaya Google Inc. yang lebih luas untuk membantu membangun inovasi di seluruh web.  Dengan produk pengembang dengan standar web terbuka serta lisensi open source, kita dapat membantu memajukan dunia web ke masa depan.  API (Application Programming Interface) Google sudah mencapai jutaan orang, dan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi apapun di atas produk serta platform yang sudah ada.

Apple Siap Digugat Samsung Terkait iPhone 5

Posted:

(Techcrunch)

CHIP.co.id - Apple tampaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk menangkis kemungkinan gugatan Samsung Electronics atas teknologi 4G LTE, yang kabarnya akan disematkan dalam iPhone 5. The New iPhone atau iPhone 5 sendiri baru akan diluncurkan 12 September besok di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco.

Harian Korea Selatan, Chosun Ilbo, Selasa (11/9) melaporkan, Apple sudah memborong banyak sekali paten yang terkait dengan teknologi generasi keempat LTE sebagai persiapan atas kemungkinan munculnya gugatan Samsung.

Gugatan tersebut merupakan serangan balik raksasa elektronik Korea Selatan tersebut membalas kekalahan mereka di Pengadilan Distrik San Jose, California, Amerika Serikat, Agustus lalu. Ketika itu, juri mendenda Samsung sebesar Rp9 triliun.

LTE standard patents yang terdaftar dengan European Telecommunications Standards Institute menunjukkan bahwa Apple tidak memiliki paten LTE tahun lalu, tapi sekarang mereka sudah membeli 318 paten atau 4,9 persen dari total paten LTE. Dengan langkah ini, menurut Korea Intellectual Property Office (KIPO), Apple kini masuk jajaran top 10 pemegang paten LTE.

Adapun Samsung, berada di posisi puncak dengan memegang 819 paten LTE atau sekitar 12,7 persen, diikuti oleh perusahaan paten Amerika Serikat InterDigital dengan 780 paten (12,1 persen). Sedangkan Huawei dari China memegang 402 paten atau 6,2 persen.

Apple hanya mengembangkan 44 dari 318 paten LTE miliknya, dan sisanya dibeli dari Nortel dan Freescale tahun lalu. Perusahaan penegak paten Rockstar Bidco, di mana Apple memegang saham mayoritas, memiliki 116 paten LTE lainnya, sehingga secara keseluruhan Apple memiliki 434 paten.

“Ini menunjukkan bahwa Apple telah mengambil langkah-langkah strategis untuk membeli hak kekayaan intelektual untuk mempersiapkan potensi sengketa hukum sebelum merilis smartphone LTE mereka,” ujar salah seorang pejabat KIPO.

Petinggi Nokia Akan Selidiki Video Palsu Lumia 920

Posted:


CHIP.co.id - Petinggi Nokia akan melakukan investigasi terkait video palsu Lumia. Situs Business Week mengabarkan bahwa Nokia akan berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan berjanji akan menyelesaikan kasus ini secara cepat dan adil.

Nokia sebenarnya tidak mengklaim bahwa video tersebut diambil dengan Lumia 920. Namun, tidak adanya informasi yang lengkap menyebabkan video ini seperti menyesatkan. Hal ini karena mereka yang telah melihat video itu menjadi berasumsi bahwa video tersebut direkam menggunakan Lumia 920.

"Terkait video ini, kami (Nokia) tidak bermaksud untuk menyesatkan. Namun, ada beberapa pihak yang salah menilai dengan tidak mencantumkan 'disclaimer'," ujar Sarah Sheehan, Juru Bicara Nokia.

Nokia telah menugaskan pihak terkait untuk menginvestigasi masalah ini. Hingga kini, masih belum terungkap siapa yang harus bertanggung jawab atas kasus yang memalukan bagi Nokia ini.

Kesialan sepertinya masih menaungi Nokia. Mulai dari penjualan perangkat yang kurang memuaskan, PHK besar-besaran, harga saham yang merosot, dan terakhir, video palsu Lumia yang menambah panjang daftar kesialan Nokia dalam beberapa tahun terakhir. Dengan peluncuran Lumia 920, sebenarnya Nokia berharap dapat menaikkan kembali pamor mereka.

American Airlines Ganti Buku Petunjuk Penerbangan dengan iPad

Posted:


CHIP.co.id - Maskapai penerbangan American Airlines akan menjadi maskapai pertama yang semua pilotnya mengganti buku petunjuk penerbangan manual dengan iPad. Maskapai penerbangan tersebut mengumumkan, Senin (10/9) lalu bahwa mereka telah menerima persetujuan dari Federal Aviation Administration untuk “menggunakan iPad di cockpit selama fase penerbangan.”
 
Semua pilot terbang dengan tas perlengkapan yang berisi informasi penerbangan yang diperlukan, grafik navigasi, dan bahan acuan ketika mereka mengudara. Amercan Airlines mengubah tas perlengkapan baru ini dengan iPad, sebuah “tas penerbangan elektronik.” Mengganti buku petunjuk penerbangan menjadi iPad akan menghemat biaya pengeluaran maskapao tesebut sebesar USD1,2, karena iPad jauh lebih ringan dari tas perlengkapan yang sebelumnya digunakan pilotnya, seberat 35 pon atau sekitar 17,5 kg.
 
“Dengan persetujuan FAA ini, kami akan dapat menggunakan iPad untuk sepenuhnya menyadari manfaat program Electronic Flight Bag kami, termasuk memperbaiki lingkungan kerja bagi pilot kami, mengurangi ketergantungan kami terhadap produk kertas, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam pesawat kami,” ujar vice president American Airlines Kapten John Hale dalam sebuah pernyataan. “Kami melengkapi orang-orang kami dengan sumberdaya terbaik dan hal ini akan membuat pilot kami terbang lebih efisien.”

American Airlines memulai program pilot iPad mereka di tahun 2011 saat FAA mengabulkan penggunaan tablet dalam beberapa penerbangan. Di bulan ini, semua pilot armada Boeing 777 akan mulai menggunakan iPad. Maskapai tersebut berharap semua armada akan disetujui untuk program Electronic Flight Bag pada akhir tahun ini. American Airlines mengatakan bahwa mereka akan menghentikan semua revisi terhadap grafik navigasi dan buku petunjuk penerbangan manua pada tahun 2013.

Program ini bisa diperluas ke tablet lainnya juga, ujar maskapai tersebut, “Apabila tablet lainnya diizinkan oleh FAA mereka akan dievaluasi sebelum digunakan.”
 
Selain untuk pilot, iPad juga akan diberikan kepada pramugari dalam waktu dekat. Maskapai penerbangan ini sedang menguji seberapa jauh tablet dapat mempermudah kerja pramugari dengan mendapatkan lebih banyak informasi tentang konsumen penerbangan dan kebutuhan perjalanan mereka.
 
“Kami sedang memfokuskan untuk membangun American Airlines yang baru di mana teknologi dan inovasi menjadi pokok dalam mengembalikannya sebagai pemimpin di industri penerbangan dan layanan konsumen yang luar biasa,” ujar Maya Leibman, Chief information Officer American Airlines.

(Ric)

Western Digital Perkenalkan My Passport for Mac dengan USB 3.0

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Western Digital (WD) senin lalu (10/9) mengumumkan penambahan antar muka USB 3.0 pada produk hard drive portable, My Passport for Mac, dan menambah kapasitas hingga 2 TB untuk pengguna komputer Mac. My Passport for Mac dengan USB 3.0 memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kecepatan transfer tinggi dari USB 3.0 saat menghubungkan drive tersebut ke komputer MacBook Air dengan antar muka tersebut secara cepat dan mudah.

Dengan terus menyajikan desain yang ramping dan tipis, drive My Passport juga menjadi favorit di antara pengguna dan pekerja profesional yang menjadikan keamanan dan keselamatan sebagai prioritas dalam pemilihan drive portabel, ini yang menjadi alasan mengapa My Passport for Mac menyertakan fitur proteksi password dan enkripsi hardware untuk melindungi konten dari akses dan penggunaan tanpa izin. Drive My Passport for Mac juga kompatibel dengan Apple Time Machine untuk backup yang mudah untuk lebih melindungi file berharga.

“Konsumer mobile saat ini sedang mencari akses yang cepat, aman, praktis dan andal untuk mengakses dan memindahkan file digital mereka ,” ujar Ralf San Jose, Director Product Marketing Consumer Storage Products WD. “My Passport for Mac dengan USB 3.0 menambahkan kenyamanan koneksi USB yang sangat cepat yang menyertakan fitur-fitur keamanan yang dibutuhkan pelanggan mobile saat berada jauh dari rumah."

My Passport for Mac diklaim akan jadi favorit di antara pengguna Mac yang sering melakukan perjalanan ke tempat terbuka dan lokasi untuk bertualang. Selain itu, ketika digunakan untuk ke luar dan bertualang, My Passport for Mac dapat disimpan dengan aman di dalam WD’s Nomad rugged case untuk perlindungan dari kotoran, debu, lembab, dan akibat lainnya.

My Passport for Mac memberikan garansi 3 tahun dan tersedia di WD store, www.wdstore.com , juga di distributor dan retailer resmi. Harga yang disarankan untuk My Passport for Mac adalah USD80 untuk 500 GB, USD107 untuk 1 TB, dan USD184 untuk 2 TB.

Samsung Siap-Siap Gugat iPhone 5

Posted:


CHIP.co.id – Apple belum secara resmi mengeluarkan iPhone 5 yang kabarnya akan mendukung jaringan super cepat 4G LTE. Namun, rival abadinya dari Korea Selatan, Samsung Electronics sudah berancang-ancang mengajukan gugatan pelanggaran hak paten konektivitas jika Apple benar-benar membuat iPhone 5 bisa mengakses jaringan 4G LTE.
 
Mengutip sumber anonim dari Samsung, harian The Korea Times melaporkan, Senin (10/9), bahwa Samsung memutuskan akan mengambil langkah hukum secepatnya terhadap Apple di Eropa, dan bahkan juga AS yang menjadi target utama mereka.
 
Langkah Samsung ini muncul setelah media ramai melaporkan pada Senin laku bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone 5 dengan disertai fitur 4G LTE di Korea Selatan, dan bahwa Apple telah memiliki persetujuan dengan provider lokal untuk merilis iPhone yang memungkinkan koneksi LTE ini di pasar Korea Selatan untuk frekuensi komunikasi domestik.
 
Sumber The Korean Times mengatakan sepertinya Apple tidak akan mengeluarkan iPhone terbaru mereka menggunakan jaringan lama third-generation (3G).
 
“Apple mengklaim bahwa paten menyangkut 3G yang telah ada merupakan standard essential patents (SEP) berdasarkan komitmen awal kami terhadap syarat FRAND (Fair, reasinabke, and non-discriminatory). Tetapi lain cerita ketika Anda membicarakan tentang paten LTE. Hal ini merupakan hal yang baru dan bernilai tinggi,” ujar sumber tersebut dalam sebuah artikel.
 
Seorang eksekutif industri yang menolak disebutkan namanya dalam berita tersebut mengatakan, SK Telecom dan KT (provider lokal di korea) akan menghadapi kesulitan dalam strategi penjualan mereka terhadap iPhone 4G LTE karena serangan hukum ini.

Pada Agustus lalu, Samsung diperintahkan oleh Juri di Pengadilan San Jose, California, AS untuk membayar denda USD1,05 Miliar untuk pelanggaran paten desain Apple. Apple kemudian menindaklanjuti kemenangan itu dengan permintaan agar pengadilan melarang penjualan delapan produk Smartphone Samsung, sebagai penambahan atas pelarangan tablet Galaxy 10.1 sebelumnya.

(Ric)

Windows 8 Picu Tren Perangkat Hybrid

Posted:


CHIP.co.id - Kehadiran sistem operasi Windows 8 tinggal menghitung hari. Namun, kehadirannya telah memicu hadirnya tren baru. Tren ini pun telah terlihat pada gelaran IFA 2012 lalu yang dilangsungkan di Berlin, Jerman. Tren ini tak lain dan tak bukan adalah perangkat hybrid (gabungan antara laptop + tablet).

Saat gelaran tersebut, berbagai produsen IT terkemuka seperti berlomba-lomba untuk memperkenalkan perangkat hybrid-nya yang menggunakan Windows 8. Bahkan, Microsoft sendiri telah memperkenalkan perangkat hybrid-nya sendiri, yaitu Surface pada Juni lalu.

Setelah sebelumnya Ultrabook telah mendominasi tahun 2012 ini. Maka jangan heran bila perangkat hybrid akan lebih mendominasi di tahun 2013 mendatang. Inilah beberapa perangkat hybrid yang CHIP.co.id prediksi akan menjadi bintang pada akhir tahun 2012 atau awal tahun 2013 mendatang.

Dell XPS Duo 12


Dell XPS Duo 12 merupakan sebuah notebook yang dapat diubah bentuknya menjadi tablet. Uniknya, perangkat ini memiliki layar (tablet) yang dapat diputar untuk mengubahnya menjadi bentuk notebook atau sebaliknya.

Perangkat ini memiliki layar berukuran 12,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080. Prosesor Intel Core i7 akan dibekali pada perangkat ini, dan akan diluncurkan sekitar Oktober 2012 mendatang.

HP Envy x2


HP ikut meramaikan pasar perangkat dengan memperkenalkan HP Envy x2. Envy x2 memang memiliki bentuk layaknya notebook. Namun, layarnya dapat dilepas dan berubah bentuk menjadi sebuah tablet.

Layarnya berukuran 11,6 inci (1366 x 768) dan memiliki bobot yang kurang lebih hanya 0,7 kg. Untuk otaknya, Envy x2 menggunakan Intel Atom Clover Trail. Perangkat ini juga menawarkan fasilitas NFC. Ada berbagai pilihan untuk kapasitas, yaitu 32 GB dan 64 GB. Terdapat HD webcam, kamera belakang beresolusi 8 M, dan dukungan Beats Audio.

Sony Vaio Duo 11


Perangkat ini memiliki bentuk seperti sebuah notebook. Dan apabila layarnya digeser, akan berubah menjadi perangkat tablet.

Vaio Duo 11 memiliki layar berukuran 11,6 inci dan menggunakan Intel Ivy Bridge sebagai otaknya. Sedangkan untuk GPU, perangkat ini menggunakan model HD Graphics 4000.

Microsoft Surface


Surface memiliki dua versi, yaitu Surface for Windows 8 RT dan Surface for Windows 8 Pro. Untuk versi RT, perangkat ini memiliki tebal hanya 9,3 mm. Dan versi Pro, sedikit lebih tebal yaitu 13,5 mm. Perbedaan mencolok lainnya yaitu dari kapasitas (32/64 GB untuk versi RT dan 64/128 GB untuk versi Pro).

Perangkat inilah yang CHIP.co.id perkirakan akan menjadi bintang di 2013. Kita tunggu saja apakah tren ini akan bertahan lama, atau akan ada tren baru lagi yang muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar