Rabu, 19 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Pasar PC Indonesia Menurun 6,5 Persen

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - International Data Corporation (IDC) Asia / Pasific Quarterly PC tracker melaporkan pasar PC Indonesia menurun sebesar 6,5% dan 3.6% year-on-year (YOY) yang mengakibatkan penurunan 2Q12 sebesar 1,3 juta unit.

Penurunan ini terutama disebabkan oleh penurunan permintaan segmen komersial, yang merosot 22% secara berurutan. Proyek sektor publik pun ikut tertunda, terutama di ruang pendidikan.

Sedangkan di sektor swasta, juga terjadi penurunan pembelian karena mereka masih menunggu volatilitas nilai tukar Rupiah terhadap Dollar yang sedang meninggi.

"Akibat dari keterlambatan proyek komersial ini, maka pasar PC di Indonesia di 2Q12 menderita, karena banyak penawaran sektor publik yang tertunda karena revisi anggaran dan fluktuasi mata uang," jelas Deddie Sionader, Client Devices Market Analyst IDC Indonesia.

Deddie melanjutkan, "Pengalihan market ke tablet dan ke pasar ponsel juga telah mempengaruhi penjualan PC, karena sekarang ini pangsa pasar konsumen di Indonesia telah dialihkan ke arah perangkat smartphone dibandingkan ke PC. Hal ini telah dibuktikan, oleh target penjualan meroket yang didapatkan oleh sektor tablet media dan smartphone dibandingkan PC selama pameran IT, seperti FKI."

ZTE Mulai Pasarkan Ponsel Quad-Core, Grand Era U985

Posted:


CHIP.co.id - ZTE Corporation mengumumkan dimulainya penjualan Grand Era U985, ponsel quad-core, di China pada pameran PT/EXPO COMM CHINA 2012. Dalam acara tersebut, produk-produk canggih yang dipamerkan mencakup smartphone, tablet PC, serta data cards dan chip-chip berkecepatan tinggi.

Ponsel Grand Era U985 diperkuat oleh prosesor Nvidia Tegra 3 dengan empat inti (quad-core) yang teknologinya setara dengan sebuah PC, serta beroperasi di platform mutakhir, Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Keunggulan lainnya terletak di kemampuan akselerasi 3D, kamera HD 8 Mega piksel berfitur BSI AF serta layar retina HD dengan resolusi 1280x720.

Namun hal yang paling menarik perhatian adalah fakta bahwa ini merupakan ponsel quad core tertipis yang ada saat ini. Ketebalan rata-rata hanya mencapai 8.6mm, dan 7.9mm di area tertipis tubuhnya. Tidak hanya itu, Grand Era mengunggulkan hardware kelas atas serta standar proteksi keamanan perangkat lunak yang disebut "Palm Manager”, yang dikembangkan khusus oleh ZTE.

“Grand Era adalah kunci pembuka gerbang menuju era quad-core untuk smartphone-smartphone keluaran ZTE,” kata He Shiyou, Wakil Presiden Eksekutif ZTE. “Kami yakin bahwa produk ini akan mendatangkan dampak yang meluas dalam industri ini, baik di dalam maupun di luar negeri.

Rangkaian produk quad-core Grand Era lain juga dipamerkan ZTE dalam acara tersebut, termasuk Grand Era V985 serta Grand Era LTE. Ada pula produk-produk terminal dual HD upscale dengan prosesor dual-core, seperti contohnya Grand V970 dan Grand U930.

Lewat terobosan tersebut, ZTE yakin akan mampu untuk semakin mengokohkan keberadaannya di Indonesia. “Semenjak peluncuran ZTE Skate bulan Agustus kemarin, kami telah menerima respons yang luar biasa,” lanjut He Shiyou. “Jika rangkaian produk Grand Era dapat hadir di Indonesia nantinya, kami optimistis masyarakat Indonesia akan menyambutnya dengan antusias.”

ROG TYTAN CG8890, PC Desktop untuk Gaming dari ASUS

Posted:


CHIP.co.id - ASUS meluncurkan PC Desktop ROG TYTAN CG8890, dengan prosesor Intel® Core™ i7-3960X menggunakan liquid cooling dan Turbo Gear, produk yang memungkinkan overclocking instan CPU 6-core untuk mencapai kecepatan maksimum 4,2 GHz.

Hadir dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX 690 terbaru yang dapat menampilkan pada display hingga empat monitor, dan SSD SATA3 128GB ganda pada mode RAID 0 yang memberikan kecepatan akses data empat kali lebih cepat daripada HDD biasa. Kualitas audio juga semakin ditingkatkan dengan sound card ASUS Xonar DX, menghasilkan audio yang 35 kali lebih jernih daripada onboard audio codec, sehingga gamer dapat menentukan posisi lawan dengan lebih baik.

PC case dengan eksterior poligon aerodinamis yang canggih dilengkapi dengan indikator overclocking pada grill bagian depan, berupa pendaran LED berwana biru dan merah. Dengan pendingin 10-way venting dan liquid cooling CPU membuat CG8890 layaknya sebuah pendingin berukuran besar dengan sistem pelepasan panas dan aliran udara yang sangat efisien untuk memberikan kestabilan yang luar biasa meski digunakan dalam kondisi yang paling ekstrem.

Dengan satu klik, CG8890 dapat secara instan melakukan overclock CPU 6-core yang digunakan, tersedia tiga pilihan, dengan indikator DEFCON dan pendaran cahaya LED di grill pada bagian bawah berwarna biru dan merah.

  • Startup mode: logo ROG + grill pada bagian bawah dengan cahaya warna biru, CPU overclock hingga 3,8GHz.
  • Turbo Gear mode: logo ROG + grill pada bagian bawah dengan cahaya warna merah, CPU overclock hingga 4,0GHz.
  • Turbo Gear extreme mode: logo ROG + grill pada bagian bawah dengan cahaya warna merah, CPU overclock hingga 4,2GHz.

Pada pilihan Turbo Gear mode, chassis secara otomatis bertransformasi dan membuka panel samping dan atas sehingga terlihat kipas yang tangguh berwarna merah yang mengeluarkan udara panas, sedangkan aliran udara dingin masuk dari sisi samping,  sehingga memperpanjang umur pakai seluruh komponen di dalamnya. Lubang ventilasi tambahan yang dirancang dengan cermat di samping chassis juga membantu proses pendinginan secara keseluruhan, melengkapi digunakannya liquid cooling pada CPU untuk pendingin yang efisien dan tidak bising. Dengan 10-way venting yang canggih dan liquid cooling, CG8890 diklaim sebagai PC desktop paling ideal untuk sesi game yang demikian lama.

Spesifikasi:

  • Model Name: CG8890
  • OS: Genuine Windows® 7 Home Premium 64 bit
  • CPU: 2nd generation Intel® Core™ i7 Extreme Processors
  • Chipset: Intel® X79
  • Graphics: NVIDIA® GeForce® GTX690 4GB DDR5 / NVIDIA® GeForce® GTX680 2GB DDR5
  • Memory: 4GB up to 16GB, Dual Channel DDR3 at 2133Mhz - 4  x DIMMS
  • Storage: Up to 15TB(HDD) & Up to 256GB (SSD)
  • CD/DVD Drive: Tray-in 24X  SuperMulti DVD burner, Tray-in Blu-ray Combo, Tray-in Blu-ray writer
  • Secondary CD/DVD Drive: Yes
  • Interface:
    • Front IO Port: 1 x 16-in-1 Card Reader, 1 x Microphone, 1 x Headphone, 2 x USB 2.0, 2 x USB 3.0
    • Rear IO Port: 1 x PS/2 keyboard/mouse combo port(s), 2 x eSATA 6Gb/s, 1 x LAN (RJ45) port(s), 4 x USB 3.0, 6 x USB 2.0 (one port can be switched to ROG Connect), 1 x Optical S/PDIF out, 1 x 8 channel Audio I/O, 1 x Clear CMOS button(s), 1 x ROG Connect On/ Off switch(es)
  • Power Supply: Peak 900W
  • Dimension (mm): 300 x 530 x 630 mm
  • Weight (kg): 32.4kg
  • Software: Trend Micro Titanium Internet Security Trial; Office 2010 starter; nero 9 Essentials; PowerDVD; Microsoft Pack; Adobe Reader; Adobe Flash Player; Bupdater
  • ASUS Utility: ASUS AI-SUITE II; ASUS Easy Update; ASUS AI Manager; ASUS Backup Wizard; ASUS Instant On; ASUS Q-fan; ASUS@Vibe; ASUS AI Charger+; System Level Up; ASUS WebStorage

Jony Ive Rancang Kamera Khusus untuk Leica

Posted:


CHIP.co.id – Desainer senior produk-produk Apple, Jonathan Paul “Jony” Ive akan merancang kamera edisi khusus untuk Leica seri M. Petapixel, Selasa (18/9), melaporkan, keterlibatan perancang iPod, iPhone, dan MacBook itu dikonfirmasi langsung oleh pemilik Leica, Andreas Kaufmann.

Kamera tersebut tampaknya akan menjadi edisi terspesial dari edisi spesial Leica karena hanya akan diproduksi satu unit. Sebelum Jony, Leica juga pernah membuat edisi khusus rancangan Hermes, Audi, dan Neiman Marcus. Belum ada informasi kapan kamera tersebut akan tersedia karena prose rancangannya sendiri belum selesai.

Tujuan pembuatan kamera ini sendiri bukan untuk komersil, melainkan amal bekerja sama dengan vokalis U2, Bono.

ITB dan RIM Umumkan Penerima BlackBerry Research Scholarship

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sebagai bagian dari program kerja sama Research In Motion (RIM) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membuat BlackBerry Innovation Center yang berfokus pada pengembangan aplikasi mobile, sebanyak 30 mahasiswa yang berpotensi tinggi akan diberikan beasiswa riset Mobile Computing.

Sejauh ini, delapan beasiswa telah diberikan untuk mahasiswa tingkat Magister dan Doktor, dan tahun ini akan ada tambahan 10 mahasiswa Magister dan 12 mahasiswa Sarjana tingkat akhir yang akan diberikan beasiswa. Beasiswa meliputi biaya pendidikan di ITB dan juga uang insentif riset selama masa studi mereka di BlackBerry Innovation Center ITB. Selain itu, mahasiswa pascasarjana juga diberikan fasilitas komputer jinjing dan perangkat smartphone BlackBerry.

Selama bekerja di BlackBerry Innovation Center, selain mengikuti kurikulum pendidikan yang diselenggarakan oleh ITB, setiap penerima beasiswa juga akan menerima pelatihan pengembangan aplikasi BlackBerry untuk mendukung proyek penelitian mereka. Proyek riset akan difokuskan agar memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Indonesia melalui aplikasi mobile, seperti sistem pelayanan kesehatan secara mobile, smart transit / transportation, smart mobile learning, smart logistics, dan lain-lain, dalam kerangka smart city atau smart society.

Selain itu, para mahasiswa juga akan diberikan bekal tentang kewirausahaan. Misi utamanya adalah untuk membangun kemampuan kewirausahaan para mahasiswa dan memberikan dorongan untuk mengembangkan pengetahuan dan memberikan kesempatan penciptaan bisnis-bisnis baru yang inovatif.

"Sebagai korporasi yang menjadi bagian dari masyarakat, RIM memiliki komitmen di Indonesia dan ingin berinvestasi kembali ke masyarakat dalam bentuk inisiatif jangka panjang. Kolaborasi kami dengan ITB, yang pada akhirnya akan membantu mendorong Indonesia untuk menjadi terdepan dalam industri mobile, adalah contoh bagus. Para 30 penerima beasiswa akan dilengkapi dengan teknologi terbaru dan pendidikan yang akan membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk merintis karir dan memulai usaha di sektor ini," kata Hastings Singh, Managing Director RIM Asia Selatan.

Delapan penerima beasiswa yang telah ditetapkan untuk Program Magister adalah Ardhian Ekawijan, Dicky Arinal, Puspoko Ponco Ratno, dan Rizky Ario Nugroho.  Sedangkan penerima beasiswa Program Doktor adalah Iqbal Rahmadian Pamungkas, Oktariani Nurul Pratiwi, Susetyo Bagas Bhaskoro, dan Iksan Nur.

"Para penerima beasiswa tersebut telah menunjukkan kinerja dan kepribadian yang sangat baik, catatan akademis yang mengesankan, dan memiliki motivasi di bidang pengembangan perangkat lunak mobile dan kewirausahaan," kata IGB Baskara Nugraha dari ITB mengenai kriteria penerima beasiswa.

Printer Pintar Docuprint Seri 255 dan Seri 355 dari Fuji Xerox

Posted:


CHIP.co.id – Fuji Xerox menawarkan produk-produk terbaru yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan duplex printing, wireless connection pada DocuPrint P255 dw. Fitur-fitur tersebut juga dapat ditemukan pada DocuPrint M255 z, ditambah dengan adanya fitur duplex copying/scanning.

Tidak ketinggalan dua printer monokrom terbaru seri DocuPrint 355, Docuprint P355 d yang hanya memiliki fitur duplex, dan Docuprint M355 df yang hanya memiliki fitur duplex dan fax. Untuk Docuprint P355 db masih belum dijelaskan spesifikasinya pada saat peluncuran.

DocuPrint P255 dw dan DocuPrint M255 z
Pada DocuPrint P255 dw dan DocuPrint M255 z, memiliki kemampuan wireless workgroup sharing tanpa adanya biaya infrastuktur tambahan. Fitur fixed drum berarti kedua printer ini hanya memiliki satu jenis bahan habis pakai yang perlu diganti untuk setiap unitnya, hal ini membuat hemat biaya kepemilikan.
 
Fitur hemat biaya lainnya antara lain fungsi built-in duplex, yang memungkinkan penguna untuk memotong biaya dalam membeli kertas hingga setengahnya dengan menggunakan fitur pilihan mencetak di kedua sisi kertas, sementara dual pack toner membantu untuk meminimalisir biaya cetak per halaman. Pada mode toner save, akan memberikan pilihan untuk menyesuaikan tingkat kepekatan yang diinginkan.
 
Desain yang kompak dan ringan dari DocuPrint P255 dw dan the DocuPrint M255 z membuat kedua printer ini ideal digunakan UKM atau kantor rumahan, di mana keduanya hanya membutuhkan ruang yang sangat minim, bahkan dapat diletakkan di atas meja.
 
Kedua printer ini juga memberikan kemudahan penggunaan dan fungsi-fungsi yang optimal untuk UKM atau pun home industry. Ukurannya yang kecil ternyata sangat bertolak belakang dengan fitur-fiturnya yang canggih, yaitu:

  • Kecepatan mencetak hingga 30 halaman per menit,
  • Cetak Duplex (bolak-balik otomatis) sebagai fitur standar
  • Kualitas cetak luar biasa- peraih penghargaan S-LED technology and DELCIS
  • DELCIS (Digitally-Enhanced Lighting Control Imaging System) memungkinkan diperolehnya hasil cetak yang tajam, akurat dan profesional, dengan resolusi 1200x1200 dpi
  • Mencetak dari berbagai aplikasi – dapat mencetak dari Postscript 3 compatible, PCL5e, dan PCL6 sehingga pengguna dapat mencetak dokumen-dokumen yang mereka butuhkan
  • Jaringan nirkabel - Built-in 10/100 Base TX networking dan fungsi jaringan memungkinkan kelompok kerja terhubung dengan mudah
  • Multiple Operating System support yang memungkinkan printer DocuPrint P255 dw and DocuPrint M255 z mendukung sistem operasional Windows, Mac, dan Linux untuk kemampuan fleksibilitas maksimum di tempat kerja
  • Scan langsung ke USB memory  yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data hasil scan dengan mudah dan cepat tanpa membutuhkan komputer


DocuPrint P355 d dan DocuPrint M355 df
DocuPrint P355 d dan DocuPrint M355 df menawarkan fungsi jaringan yang canggih untuk kelompok kerja yang sibuk. Printer DocuPrint M355 df menyediakan kemampuan multifungsi dan fungsi sekelas enterprise untuk UKM.

Kedua printer ini memiliki kecepatan mencetak 35 halaman per menit, dan halaman pertama akan dicetak hanya dalam waktu enam detik dari keadaan ready mode. Dengan resolusi 1200 x 1200 dpi, 533 MHz processor, dan 256 MB memory, serta didukung Adobe Postscript 3, printer dapat menghasilkan cetakan yang tajam dan akurat dengan kecepatan tinggi.

Produk printer terbaru ini menawarkan kapasitas penyimpanan kertas sebanyak 250 lembar kertas dan mampu mencetak di berbagai jenis kertas, dari kertas tebal hingga karton, bahkan amplop, ataupun label.

Printer-printer ini juga dilengkapi dengan fitur cetak duplex (cetak bolak balik otomatis) untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi limbah kertas. Dengan toner berkapasitas tinggi, yaitu 10,000 lembar, pelaku bisnis UKM dapat mengurangi biaya operasional dan waktu tidak akan terbuang karena sering mengganti katrid.


Printer multifungsi DocuPrint M355 df menawarkan fungsi print, copy, scan, dan fax dari satu alat printer. Printer multifungsi ini juga dilengkapi dengan Optical Character Recognition (OCR) serta kemampuan untuk mencetak langsung dari alat USB (flashdisk). DocuPrint M355 df juga memiliki fitur duplex auto document feeder (DADF) untuk kemudahan mengkopi dua sisi, memindai dua sisi, bahkan mengirim fax dua sisi .

Dua model printer ini juga memiliki fitur enskripsi data untuk melindungi data terkirim melalui jaringan. Printer DocuPrint M355 df juga memiliki fitur Secure Print and Secure Fax yang cocok untuk menahan dokumen rahasia dalam antrian hingga pemilik pekerjaan memasukan nomor pin pada panel kontrol.

Untuk printer DocuPrint M255 z dan DocuPrint M355 df juga dilengkapi dengan software DocuWorks 7.3 untuk mentransformasikan printer menjadi sebuah “meja digital’” di mana pengguna dapat mengatur, mencari, mengedit, membagi, dan mengamankan dokumen digital ke dalam berbagai format, dari desktop ke komputer.
 

(Aulia Trisna)

Fuji Xerox Luncurkan Printer Pintar untuk UKM

Posted:


CHIP.co.id – Fuji Xerox Ltd memperkenalkan 5 printer monokrom terbaru, DocuPrint P255 dw, DocuPrint M255 z, DocuPrint P355 d, dan printer multifungsi Docuprint M355 df, serta disusul dengan printer Docuprint P355db di Jakarta, Selasa (18/9). Kelima printer ini mengkombinasikan kinerja yang tinggi dan efisiens, dengan kualitas hasil cetak yang sangat tinggi dan hemat.

Kelima printer ini juga dilengkapi dengan fitur duplex sebagai standar. Untuk Docuprint P255 dw dan Docuprint M255 z memiliki fitur jaringan nirkabel.
Laporan dari IDC menyebutkan bahwa tahun 2012 pasar printer laser di Indonesia diprediksi terdiri-dari 90 persen printer monokrom dan 10 persen printer warna. 

“Melihat tingginya kebutuhan pasar akan printer laser monokrom, Fuji Xerox meluncurkan printer monokrom DocuPrint P255 dw, DocuPrint M255 z, serta tiga printer monokrom terbaru seri DocuPrint 355, yang diharapkan dapat memberikan solusi terhadap masalah cetak mencetak dan kebutuhan UKM akan printer monokrom fungsi tunggal dan multifungsi yang dapat meminimalkan biaya dan meningkatkan produktivitas”, ungkap Vincent Sim, General Manager ASEAN-Fuji Xerox Printer Channel.

“Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 100 UKM, diperoleh hasil bahwa cetak bolak balik dan konektivitas tanpa kabel merupakan fitur yang paling dibutuhkan untuk menunjang produktivitas kerja para pelaku UKM. Fuji Xerox mengadakan survey internal. Hasilnya, 31 persen dari responden menjawab duplex printing sebagai fitur yang paling diperlukan, sedangkan 26 persen menjawab wireless connection dan 17 persen menjawab duplex copying/scanning. Fuji Xerox Printer Channel juga yakin bahwa printer multifungsi akan terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan UKM di Indonesia” ungkap Teddy Susanto, Sales Country Manager Fuji Xerox Printer Channel Indonesia.

Oleh karena itu, Fuji Xerox menawarkan produk-produk terbaru yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan duplex printing, wireless connection pada DocuPrint P255 dw. Fitur-fitur tersebut juga dapat ditemukan pada DocuPrint M255 z, ditambah pula dengan adanya fitur duplex copying/scanning, membuatnya menjadi lengkap. Tidak ketinggalan dua printer monokrom terbaru seri DocuPrint 355, Docuprint P355 d yang hanya memiliki fitur duplex, dan Docuprint M355 df yang hanya memiliki fitur duplex dan fax. Namun, untuk Docuprint P355 db belum dijelaskan spesifikasinya pada saat peluncuran.

Printer-printer terbaru ini juga telah dilengkapi dengan teknologi konservasi lingkungan terkini untuk mengurangi kerusakan ligkungan dan menghemat energi. Semua model juga dilengkapi dengan Toner Hemat Energi yang dikembangkan oleh Fuji Xerox. Toner EA-Eco telah dirancang untuk meleleh pada temperatur yang rendah dibandingkan dengan alat terdahulu, yang berarti printer menggunakan panas lebih sedikit dan lebih hemat listrik. Toner ini juga mengurangi emisi karbondioksida sebesar 35 persen .

Semua priter tersebut akan tersedia melalui jaringan authorized channel partner dan reseller sejak 18 September 2012. Harga retail DocuPrint P255 dw ditawarkan Rp1.929.000, dan DocuPrint M255 z seharga Rp3.629.000. Sedangkan, DocuPrint P355 db, DocuPrint P355 d, dan DocuPrint M355 df, akan ditawarkan dengan harga retail Rp2.929.000, Rp3.899.000 dan Rp5.379. 000.
 

(Aulia Trisna)

ASEAN-Microsoft Kerja Sama Melatih Pengusaha Muda

Posted:


CHIP.co.id – ASEAN Foundation mengumumkan kerja sama dengan Microsoft dalam program pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Microsoft mengeluarkan dana USD300.000 untuk membiayai program ini. Program pelatihan tersebut akan fokus pada aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi terbaru, dengan sasaran pengusaha muda yang berusia 16 – 25 tahun.
 
Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Makarim Wibisono mengatakan, “Visi dari program pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan dan persaingan di antara pengusaha mikro di Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam saja, tapi kesuksesannya juga diharapkan akan menggiring pelaksanaan proyek serupa di masa yang akan datang pada negara ASEAN lainnya. Melalui kolaborasi kami dengan Microsoft, ASEAN Foundation siap membantu masyarakat di seluruh wilayah dengan menyadari peluang yang lebih besar melalui perbaikan akses terhadap teknologi informasi.”

Tracey Fellows, President of Microsoft Asia Pacific, juga menambahkan, “Kami bangga dengan peluncuran program yang merupakan pertama kalinya bagi Microsoft di kawasan ini, dan suatu langkah maju dalam hubungan kemitraan jangka panjang yang telah kami jalani dengan ASEAN Foundation. UKM merupakan tulang punggung dari banyak negara di kawasan ini. Melalui kemitraan ini, kami ingin memberdayakan generasi muda untuk memulai bisnis usaha mereka sendiri atau menciptakan sendiri peluang mereka. Bantuan ini mencerminkan keyakinan kami akan kemampuan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup serta pengembangan sosial dan ekonomi di setiap Negara,”.

Program pelatihan ini diharapkan akan membantu pengusaha muda mewujudkan potensi mereka melalui kegiatan-kegiatan, di antaranya:

Pengembangan dan pendistribusian kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat khusus untuk membantu mereka mengerti penggunaan teknologi, secara efektif dapat mendukung dan meningkatkan bisnis mereka. Misalnya, pengembangan dan penyaluran pada kurikulum Information and Communications Technology (ICT).

“Training of Trainers (ToT)” untuk membantu komunitas dalam memperluas jangkauan pelatihan kurikulum di seluruh wilayah.

Pemilihan beberapa pengusaha muda berbakat untuk turut serta dalam program inkubasi e-business, dimana akan disiapkan program dan bimbingan khusus saat para pengusaha muda tersebut menerapkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai perangkat pemasaran dalam operasi bisnis mereka.
 
Program pelatihan ini rencananya akan dijalankan pada 4 negara, antara lain Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Masing-masing negara memiliki beberapa pembagian wilayah dan Organisasi Rekanan. Total pembagian wilayah menjadi 8 lokasi yang tersebar di masing-masing negara, seperti berikut. 
 
Indonesia: Sumatera Barat, Jawa Barat (Bandung), Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat
Organisasi Rekanan: SOS Children Villages Indonesia

Thailand: Bangkok, Chiang Mai
Organisasi Rekanan: The Research Center of Communication and Development Knowledge Management (CCDKM) dan SukhothaiThammathirat Open University

Filipina: Metro Manila
Organisasi Rekanan: Go Negosyo

Vietnam: Hanoi
Organisasi Rekanan: Vietnam Chambers of Commerce and Industry (VCCI)
 
 Peluncuran program ini merupakan tonggak penting dalam menanggulangi jumlah pengangguran yang meningkat, terutama di kalangan anak muda. Menurut makalah yang diterbitkan pada awal September oleh Organisasi Buruh Internasional, jumlah anak muda yang menjadi pengangguran di Asia Tenggara dan Pasifik diperkirakan akan meningkat dari 13,1% pada tahun ini, menjadi 14,2% pada tahun 2017 nanti. Untuk itu, program ini diharapkan dapat meningkatkan potensi generasi muda untuk memulai bisnis usaha mereka sendiri atau bahkan dapat menciptakan sendiri peluang mereka, khususnya melalui perbaikan akses terhadap teknologi informasi.
 
Proyek percontohan ini diharapkan 2 tahun ke depan akan menjangkau lebih dari 20.000 pemuda, pelajar, dan wanita di Indonesia, Thailand, Filipina, serta Vietnam.
 
Hubungan kemitraan antara ASEAN Foundation dan Microsoft sendiri dimulai sejak tahun 2005 lalu, dan telah menghasilkan pengembangan kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk petani di daerah pedesaan, dan menyalurkan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi  untuk UKM, serta menjangkau lebih dari 50.000 orang di Indonesia.

(Au)

Telkom-Edimax Hadirkan Pengawasan Real Time untuk Konsumen Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Di sela-sela peluncuran kampanye terbaru Taiwan Excellence 2012, Telkom Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Edimax. Perjanjian hubungan kerjasama ini terjadi dalam rangka menyediakan fitur IP kamera, "Plug and View" untuk layanan Speedy Monitoring.

Dengan kemudahan fitur "Plug and View" dari Edimax pada Speedy Monitoring, maka Telkom Indonesia mentargetkan 10.000 pengguna dalam tahun pertama implementasinya.

"Telkom Indonesia sangat senang dapat bekerja sama bersama Edimax dalam menghadirkan fitur "Plug and View" Speedy Monitoring bagi konsumen Indonesia untuk kemudahannya mengakses informasi video secara real time," ujar Achmad Sugiarto, Executive General Manager Multimedia Division PT Telkom Indonesia.

Speedy Monitoring adalah cara mudah untuk memantau dan merekam video di dalam serta di luar ruangan yang bisa diakses melalui browser web atau aplikasi mobile di smartphone, tablet dan PC.

Fitur "Plug and View" Speedy Monitoring yang ada di kamera Edimax Plug and View mempermudah proses instalasi pertama kali, sehingga konsumen di Indonesia dapat mengawasi dan mengamankan rumah, tempat usaha, keluarga, hewan peliharaan, serta aset lainnya pada saat mereka sedang berada di lokasi yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Edimax "Plug and View" dan Speedy Monitoring System dari Telkom, silahkan mengunjungi monitoring.telkomspeedy.com.

TAITRA Umumkan Peserta Final SmartTEST! dari Indonesia

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Pada kesempatan yang sama saat peluncuran video "Celebrate the Bond" di XXI Plaza Senayan, Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA) juga mengumumkan peserta Indonesia yang akan bertanding di final kompetisi SmartTEST! di Taipei, 16 Oktober 2012.

Kompetisi yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu ini, telah merangkul konsumen dari Indonesia, India, Vietnam, dan Cina untuk mengenal lebih dekat mengenai kampanye Taiwan Excellence dan juga merek-merek dari Taiwan.

Kompetisi ini mencari peserta yang paling pandai dari setiap negara dengan menawarkan total hadiah uang tunai serta produk senilai USD100.000. Untuk di Indonesia sendiri, TAITRA telah menunjuk tiga orang juara nasional yang nantinya akan diterbangkan ke Taipei untuk berlomba di final SmartTEST!, bersama peserta lainnya.

Setelah 8 tantangan di round 2, termasuk 4 online voting dan 4 tantangan offline, Taiwan Excellence dengan bangga mengumumkan bahwa Willyanto berhak mendapatkan gelar "The SmarTEST!" di Indonesia. Dia telah memenangkan USD5.000 dan tiket jalan-jalan gratis ke Taiwan. Runner up, Hendri Tan dan juara ketiga, Eldy, juga mendapatkan hadiah tablet dari Acer dan tiket jalan-jalan ke Taiwan.

Mereka akan tiba di Taiwan pada Oktober 2012 mendatang untuk bertanding dengan tim China, India, dan Vietnam untuk final The SmarTEST!. Kompetisi final telah menunggu dan waktunya mendukung tim nasional bersama-sama!

Selamat kepada pemenang Tim Indonesia! dan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia!

Taiwan Excellence Rayakan Tiga Tahun Hubungan Erat dengan Konsumen Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini kampanye Taiwan Excellence 2012  telah memasuki tahun ke-tiga, untuk merayakannya mereka meluncurkan video iklan layar lebar terbaru berjudul, "Celebrate the Bond". Video bertemakan hubungan erat antara Taiwan dan Indonesia tersebut akan diputar di teater Cinema XXI tertentu di Jakarta mulai 19 September hingga 18 Oktober 2012.

Iklan yang menampilkan Duta Kampanye Taiwan Excellence, Cathy Sharon ini menghadirkan beragam cerita tentang merek-merek Taiwan yang telah menjadi bagian dari kehidupan banyak konsumen di Indonesia.

"Saya senang sekali di tahun ketiga ini saya didaulat dan dipercaya kembali menjadi Duta Kampanye Taiwan Excellence 2012, di tahun ini terdapat beragam produk terbaru yang semakin melengkapi teknologi terkini yang mendukung kinerja dan kehidupan masyarakat dunia, dan Indonesia," ungkap Cathy Sharon, saat ditemui di tengah-tengah peluncuran iklan layar lebar "Celebrate the Bond", di XXI Plaza Senayan, Selasa, 18 September 2012.

Kampanye yang diorganisir oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT), Ministry of Economic Affairs (MOEA), Taiwan, dan diimplementasikan oleh Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA), sejak kemunculannya di tahun 2010, mereka memiliki misi untuk memperkenalkan merek-merek mutakhir Taiwan yang inovatif, handal, dan terjangkau kepada konsumen Indonesia.

"Merayakan hubungan erat antara Taiwan dan Indonesia, tahun ini kami menampilkan video kampanye terbaru yang semakin mengenalkan produk-produk Taiwan di masyarakat Indonesia," kata Walter Yeh, Executive VP TAITRA.

Sejak tahun 2010, dalam kampanye pertamanya, TAITRA mulanya hanya mengenalkan 19 merek Taiwan di pasar Indonesia, tetapi kini di tahun 2012 sudah terdapat 39 merek yang bergabung dalam menciptakan gaya hidup berkualitas.

Beberapa merek Taiwan yang telah dikenal lekat oleh masyarakat Indonesia, seperti; HTC, Acer, BenQ, dan Asus. Selain merek-merek tersebut, ternyata dengan adanya kampanye dari TAITRA merek-merek Taiwan lainnya akan terus bersinar dan mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat Indonesia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar