Selasa, 18 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Avaya Meluncurkan IP Office 8.1 untuk UKM Indonesia (Live Report)

Posted:


CHIP.co.id - Avaya, perusahaan penyedia sistem komunikasi bisnis, meluncurkan Avaya IP Office 8.1, solusi unified communication unggukannya untuk usaha kecil dan menengah (UKM), di Indonesia. Bertempat di kantor perwakilan mereka di Wisma BNI 46, Selasa (18/9), acara peluncuran turut dihadiri Endang Rachmawati, Country Director Avaya Indonesia dan baru akan dimulai beberapa saat lagi.

Avaya IP Office 8.1 ditujukan untuk perusahaan-perusahaan dengan lima hingga 1.000 pengguna untuk meningkatkan produktivitas, meraih efisiensi layanan pelangan dan bersaing dengan efektif.

Acara dibuka Endang dengan menjelaskan alasan Avaya membuka kantor di Indonesia, dan keunggulan produk Avaya dibanding kompetitornya. Saat ini Avaya memimpin di pasar aplikasi contact center di Asia Pasifik dengan pangsa pasar sebesar 19,5 persendan mendominasi pasar Automated Call Distribution di Asia Pasifik dengan pangsa pasar sebesar 48,5 persen. Avaya juga penyedia IP PBXs ketiga terbesar di Indonesia, dengan pangsa pasar 19,4 persen dan pangsa pasar keseluruhan sebesar 14,6 persen di pasar Enterprise Telephony Indonesia.

(Endang Rachmawati)

Selanjutnya diisi oleh Ray Teske, Managing Director Avaya ASEAN dengan penjelasan lebih rinci mengenai IP Office 8.1.

(Ray Teske)

Poin-poin penting penjelasan Ray antara lain, jumlah UKM di ASEAN lebih dari 96 persen dari seluruh jumlah perusahaan, 85 persen menggunakan pekerja domestik, kontribusi terhadap GDP mencapai 54 persen, dan angka ekspor 31 persen. Tantangan UKM ke depan, kata Ray, terutama dari sisi finansial, cost control, dan akses terhadap teknologi yang ditandai dengan; kapasitas terbatas dalam manajemen teknologi dan pengetahuan.

"Bagaimana kita bisa menolong  UKM untuk terus bertumbuh?" katanya.

Ray kemudian menawarkan IP Office 8.1 sebagai salah satu solusi untuk mengurangi biaya pengeluaran UKM."Ini adalah kotak yang sangat sederhana, mudah di-install, dikonfigurasi dan digunakan," katanya.

IP Office diklaim digunakan oleh 7,5 juta orang di seluruh dunia sejak diluncurkan pada tahun 2002 lalu. Apa IP Office ini sebenarnya, dan bagaimana ia bisa menjadi solusi jitu untuk UKM?

IP Office memungkinkan pengguna iPad, iPhone, dan juga tablet Android untu melakukan video conference dan video communication. Salah satu keuntungan video conference adalah kita seolah-olah meeting dalam satu ruangan.

Solusi video conference Avaya menghasilkan kualitas gambar berkualitas HD. Selain itu, IP Office juga bisa digunakan untuk presentesi power point, sehingga akan mengurangi biaya, dan mempermudah pengambilan keputusan di mana pun pekerja UKM berada, sekalipun misalnya tengah berada di luar negeri, atau kafe.

"Kalau misalnya perusahaan punya cabang di tengah hutan Kalimantan sana asal ada koneksi Internet, tetap bisa terhubung asal punya devicenya. Ini sangat bagus untuk Indonesia dengan sangat banyak pulau. Bagus untuk SMB karena bisa pakai device apa aja dan simple, " ujar Endang menambahkan.

(Demo video conference)

"Penggunaan video conference ini sangat gampang. Anda enggak perlu punya gelar Phd," kata Ray.

Endang menimpali, Avaya sangat optimistis atas pasar Indonesia yang terdiri-dari banyak pulau. Satu UKM bisa saja memiliki kantor cabang di area terpencil, sehingga mereka membutuhkan perangkat yang bisa menekan biaya operasional.

Tepat pukul 15.03, acara ditutup dengan sesi tanya-jawab langsung antara jurnalis dan Endang, serta Ray.

 

 

Indonesia, Pasar Teknologi Superpower di Asia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Indonesia, sebuah negara dengan lebih dari 250 juta jiwa yang menempati ribuan pulau, telah menjadi sensasi dunia dengan pertumbuhan ekonominya. Memegang gelar sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar di nomor 4 di dunia, dan terbesar ketiga di twitter, Indonesia telah mendapatkan perhatian dari perusahaan teknologi global yang mencari kesempatan untuk berada di pasar Indonesia.

Beberapa analis bahkan menempatkan Indonesia sebagai “the next big thing” dalam hal pasar teknologi, tokoh di balik SparxUp 2012, Konferensi Technologi terbesar di Indonesia, sependapat dengan pernyataan tersebut. Chairman Rama Mamuaya telah berjejaring dengan banyak sekali pihak yang tertarik untuk berada di pasar Indonesia yang luar, pasar mobile ataupun internet dan apa pun yang berkaitan dengan keduanya.

“Kami ingin membawa pembicara-pembicara terbaik dari International dan juga pembicara lokal untuk mengisi kesenjangan pengetahuan di antara mereka, kami percaya apabila kesenjangan pengetahuan ini telah diatasi, industri teknologi di Indonesia bisa lebih cepat untuk maju,” ujar Mamuaya.

Teruhide Sato, Group CEO of Netprice Japan mennyampaikan “dalam setiap domain di bisnis Internet, seperti marketplace, payment, comparison, B2C, Online Ad, affiliate, community, O2O, games dan lainnya, kami akan melihat kesempatan yang sama, bahkan jauh lebih baik lagi 5 tahun ke depan dengan besarnya jumlah generasi muda, dan kelas menengah yang terus bertambah”. Sato akan hadir di SparxUp 2012 untuk membawakan presentasi keynote dengan tema ekspansi pasar, secara spesifik di Indonesia.

Blaast, perusahaan teknologi mobile berbasis di Finlandia memprioritaskan Indonesia untuk peluncuran produk terbarunya. “Indonesia muncul sebagai salah satu negara superpower di Industry Mobile, kombinasi dari 240 juta populasi penduduknya yang muda dan sangat antusias terhadap teknologi  dan infrastruktur yang terus berkembang menempatkan indonesia sebagai negara Mobile pertama yang sangat menarik.  Tersimpan kesempatan yang sangat besar pada pasar ponsel non smartphone saat ini, begitu pula dengan demokratisasi yang terjadi di pasar Smartphone yang semakin dekat. Alasan inilah yang menjadikan kami memprioritaskan Indonesia” ucap CEO Blaast, Joonas Hjelt, salah satu pembicara keynote di Conference SparxUp 2012.

Tabulet Beat Duos

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Mengikuti tren tablet di pasar nasional saat ini, merek dalam negeri Tabulet mengeluarkan perangkat baru dengan nama Beat Duos dengan dimensi favorit 7 inchi. Tampilannya serupa dengan tablet pada umumnya, dan mirip dengan tablet keluaran Tabulet yang sebelumnya.

Tapi kali ini tampak lebih stylis dengan body lebih tipis dan bobot lebih ringan. Balutan Lux UV Body berwarna DimGrey (abu-abu kecoklatan) dan ketebalan hanya 8 mm membuat Beat Duos nyaman digunakan secara mobile.

Antara cover dan layar, terdapat lis hitam mengitari layar sekadar penegas batas, dan selain itu layar pada Tabulet Beat Duos ini menggunakan Anti-Glare Screen dengan ukuran resolusi 800 x 400 pixel.

Logo Tabulet di bagian belakang ditemani motif garis-garis. Tabulet menyajikan Beat Duos dengan bantuan empat kaki penyanggah (empat sudut belakang) sebagai pemberi jarak ketika Anda menaruhnya di permukaan datar.

Anda tidak akan menemukan tombol fisik untuk Home, Back, dan Menu di body, karena tombol tersebut berupa virtual di dalam layar. Keberadaan slot microSD terletak di samping.

Tombol power dan kendali volume ada di samping kanan, sedangkan lubang charging, kabel data, dan HDMI, serta jack audio 3,5mm di samping kiri.

2 Juta iPhone 5 Ludes dalam Waktu 24 Jam

Posted:

(Apple)

CHIP.co.id – Apple secara resmi mengumumkan bahwa pre-order iPhone 5 telah menembus angkat 2 juta hanya dalam waktu 24 jam. Jumlah ini dua kali lebih banyak dibanding rekor pre-order iPhone 4S yang hanya mencapai 1 juta.

Dalam pernyataan resminya, Jumat (17/9), Apple mengatakan permintaan terhadap iPhone 5 melebihi pasokan awal dan ketika sebagian besar dari pre-order akan dikirimkan kepada pelanggan pada 21 September, banyak juga yang dijadwalkan akan dikirimkan apda bulan Oktober.

"Pre-order iPhone 5 telah memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh iPhone 4S dan respons pelanngan terhadap iPhone 5 sangat fenomenal,” kata Philip Schiller, senior vice president of worldwide marketing Apple. “iPhone 5 adalah iPhone terbaik yang pernah ada, produk terbagus yang pernah kami buat, dan kami berharap pelanggan menyukainya seperti kami.”

Dari New York dilaporkan, puluhan orang sudah mulai menginap di depan Apple Store untuk menjadi yang pertama mendapatkan iPhone 5 saat penjualan resmi 21 September nanti. Sebagian dari mereka juga bertindak layaknya calo dengan tarif USD40-USD150 bagi Apple Fanboy yang tak ingin antre untuk mendapatkan smartphone terbaru itu.

(Greg Sandoval/CNET)

Saham Apple Tembus USD700

Pengumuman Apple mengenai angka penjualan iPhone 5 disambut positif oleh pelaku pasar di Wall Street. Akibatnya, harga saham Apple sempat menyentuh level USD700 sebelum akhirnya ditutup di kisaran USD699,80 per lembar. Hal ini membuat Apple sekali lagi sebagai perusahaan paling berharga di muka bumi dengan nilai kapitalisasi USD654,82 miliar. Pasar juga masih mengantisipasi peluncuran iPad Mini yang kabarnya diluncurkan berbarengan dengan iPhone 5 pekan lalu. Namun, agaknya iPad Mini baru akan diluncurkan bulan depan.

Anak Muda, Teknologi dan Politik

Posted:


CHIP.co.id – Teknologi memang tak identik dengan orang muda. Tapi di tangan anak muda, teknologi bisa bisa menjadi medium efektif untuk menyampaikan aspirasi, termasuk dukungan politik, dalam wajah yang sama sekali berbeda dibanding yang pernah ada selama ini. Tengok saja video karya parody CameoProject atas lagu One Direction guna mendukung pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, yang sudah ditonton satu juta kali lebih di situs YouTube.

Selain kocak, pesan yang disampaikan melalui lagu itu sangat menempel di ingatan penontonnya. Metode CameoProject menyampaikan dukungan membuat cara lain, misalnya; memasang spanduk di sepanjang jalan, dan gang-gang sempit di Jakarta, baliho bergambar senyum calon gubernur-wakil gubernur yang dibuat-buat, menjadi terkesan sangat kuno. Belum lagi jika flash mob kotak-kotak di Bundaran Hotel Indonesia, Sabtu (16/9) lalu dimasukkan dalam daftar. Jika dilihat sekilas, gerakan seperti ini tampak sepele, dan paling-paling hanya berdampak kepada generasi muda atau kelas menengah yang melek teknologi.

Tapi ceritanya kemudian berbeda ketika media massa konvensional, terutama televisi yang penetrasinya jauh hingga kamar pribadi kita, ikut memberitakan fenomena tersebut. Jangkauan informasi dukungan itu seketika berlipatganda, bahkan hingga ke tingkat masyarakat yang paling gagap teknologi sekali pun. Sudah biasa kan, kita melihat warga yang tinggal di kolong jembatan sekali pun memiliki televisi?

Selain YouTube atau jejaring sosial Facebook dan Twitter, medium lain yang juga tak ketinggalan dimanfaatkan Jokowi-basuki dan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli untuk kepentingan politik adalah game. Jokowi-Basuki meluncurkan game "Selamatkan Jakarta," sementara Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli mengekor dengan game "Bersatu Jakarta."

Saya yakin, inisiatif yang berasal dari anak-anak muda ini, tak akan berhenti di Pemilukada DKI Jakarta saja, tetapi juga menular ke daerah lain, bahkan hingga ke pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 mendatang. Keterlibatan aktif generasi muda yang kerap dianggap apolitis nyatanya turut mengubah lanskap demokrasi di negara ini, meskipun barangkali tujuan awalnya hanya berkomunikasi dengan anak muda dengan bahasa anak muda pula. Alasannya penularan itu sederhana saja, karena jumlah pemilih muda di berbagai daerah sangat signifikan dalam memenangkan kandidat yang bertarung menjadi pemimpin.

Di belahan dunia lain, khususnya di Amerika Serikat, penggunaan jejaring sosial sebenarnya juga masih relatif baru. Kita ingat pada tahun 2008, Barack Obama mempelopori pengumpulan dana kampanye melalui Twitter dan Facebook. Langkah itu masih dilanjutkan hingga pemilihan umum kali ini. Baik Obama maupun Mitt Romney juga membuat aplikasi iOS yang memungkinkan pengguna langsung mendonasikan sumbangan.

Dari sudut lain, kita melihat pemanfaatan teknologi informasi oleh yang muda tak melulu untuk hiburan, kejahatan, pornografi, pendidikan atau menyebarkan bahasa 4l4y. Mereka juga mampu menjadikannya sebagai saluran aspirasi politik; bukan dalam bahasa kaku manipulatif, tetapi gaul, kocak, menyenangkan tanpa harus kehilangan makna.

My AppsZil Kembangkan Industri Konten Mobile Lokal dan Regional

Posted:


CHIP.co.id - Setelah diluncurkan di Malaysia Juni lalu, My AppsZil (Asia) Sdn Bhd akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia pada 17 September 2012. Bertempat di DILO Mall of Indonesia, Jakarta, My AppsZil (Asia) Sdn Bhd bersama UbiNuri Inc dari Korea Selatan, memperkenalkan rangkaian produk resmi mereka kepada media.

My AppsZil Sdn Bhd didirikan atas kerja sama antara My AppsZil dengan pihak Ubi Nuri Inc dari Korea Selatan. Kolaborasi ini bertujuan untuk memasarkan merek toko aplikasi "AppZil" secara regional di Asia Tenggara dan Asia.

Perusahaan ini merupakan apps store independen pertama di Asia. Perusahaan ini berdiri secara independen dalam manufaktur besar telepon selular dan perusahaan telekomunikasi, yang menerbitkan dan mendistribusikan aplikasi dari pengembang aplikasi di seluruh dunia. My AppsZil Sdn Bhd mempunyai program untuk mendorong industri konten mobile dalam negeri dan regional, melalui konten seperti aplikasi, game, musik, dan video.

"Misi kami adalah membuat para pengembang aplikasi My AppsZil (Asia) Sdn Bhd menjadi mitra terbaik dalam mendistribusikan aplikasi mereka di pasar lokal dan regional. Untuk pengguna ponsel, kami ingin menawarkan aplikasi terbaik dan dapat diandalkan di dunia kepada mereka,” ungkap Vincent Tan, CEO My AppsZil.

Menurut My AppsZil Asia, pasar aplikasi android mulai menjalani pertumbuhan eksplosif. Ini merupakan kabar baik bagi para pengembang aplikasi, terdapat potensial yang besar terhadap penjualan Android. Seperti yang kita tahu, saat ini Android merupakan pemimpin pasar di segmen smartphone. Android setidaknya menguasai 45% dari pangsa pasar di Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi My AppsZil untuk memperluas jaringan perusahaan.

Menurut pihak My AppsZil, pasar harus didasarkan pada lokalitas, dan pengembang aplikasi membutuhkan sentuhan lokal. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan industri konten mobile secara lokal, dan regional.

Model bisnis My AppsZil Asia adalah untuk melokalisasi hosting dan layanan pembayaran di setiap negara, serta menyediakan dukungan pelanggan lokal untuk masalah operasional dan teknis. Selain itu, My AppsZil juga akan membantu pengembang dalam memastikan bahwa aplikasi yang dirancang sesuai dengan permintaan, dan terpenting sesuai dengan budaya lokal.

Sebagai penerbit, My AppsZil Asia juga akan membantu pengembang lokal untuk memasarkan produk mereka secara global dan menawarkan akses mudah tiada henti pada pusat fasilitas untuk aplikasi lokal.

(Au)

iPhone 5 Pecahkan Rekor Penjualan

Posted:


CHIP.co.id – Meski diejek oleh Samsung dan para iHaters, penjualan iPhone 5 tetap fantastis. Salah satu operator terkemuka di Amerika Serikat, AT&T, Senin (17/9) pagi waktu setempat baru saja mengumumkan bahwa penjualan preorder iPhone 5 mengalahkan semua rekor iPhone seri sebelumnya. Meskipun, perusahaan tersebut tidak menyebutkan berapa angka yang dimaksud.

“AT&T menciptakan rekor penjualan iPhone 5 sepanjang pekan ini, membuatnya menjadi iPhone dengan penjualan tercepat yang pernah ditawarkan perusahaan. Pelanggan memesan iPhone dari AT&T lebih banyak dibanding seluruh model sebelumnya, baik sejak hari pertama preorder dan selama sepekan,” demikian pernyataan resmi AT&T.

Pernyataan AT&T sejalan dengan fakta di lapangan yang menunjukkan pada Apple Fanboy sudah mulai berkerumun di depan Apple Store di beberapa kota, termasuk New York. Padahal, penjualan baru akan resmi dibuka tanggal 21 September mendatang. Mereka rela berkemah semalaman di depan Apple Store di jalan 5th Avenue.

 

(Au)

Panelis Termuda Asia Game Business Summit 2012 Berasal dari Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pengembang game dari Bandung, Agate Studio, diundang untuk berpartisipasi pada acara game show terbesar di Asia, Tokyo Game Show (TGS) 2012. Acara yang berlangsung mulai tanggal 20 - 23 September 2012 ini akan diramaikan oleh banyak publisher, developer, dan juga pengamat game di seluruh dunia.

Warga negara Indonesia turut mendapat kehormatan dengan menjadi panelis di ajang Asia Game Business Summit 2012 yang merupakan rangkaian acara TGS 2012. Dia adalah Shieny Aprilia, COO Agate Studio yang akan memberikan pandangannya dalam diskusi bertema, "A New Era of Boundary-less Social and Mobile Games?! What Game Businesses Will Survive in Asia?"

"Kebetulan Agate Studio dipercaya untuk mewakili Indonesia mengisi bangku panelis Asia Game Business Summit 2012, dan kemudian Agate pun menunjuk saya untuk menyebarkan informasi perkembangan industri game di Indonesia yang sedang bertumbuh cepat," ungkap Shieny.

Shieny mengaku sangat bangga, dan senang dapat mengisi bangku panelis di acara yang bertaraf internasional tersebut. Di antara ketiga panelis yang berasal dari; Jepang, Cina, dan Korea Selatan, Shieny merupakan panelis paling termuda.

"Menjadi panelis paling muda di event ini merupakan satu kesempatan yang sangat membanggakan. Karena saya dapat sepanggung dan talkshow bareng dengan senior-senior hebat di game industri internasional," jelasnya.

Selain menjelaskan tentang analisis tren game mobile dan social game di Indonesia, Shienly juga akan mengungkapkan perbedaan pasar game di Tanah Air, dan juga masa depan bisnis game di sini, dalam tiga tahun ke depan. Untuk menjadi panelis yang baik, Shienly telah mempersiapkan bahan-bahan yang akan diperbincangkan di hadapan peserta.

"Persiapan saya menjelang event ini adalah mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya, karena ini tidak hanya misi mengenalkan Agate Studio secara global saja, tetapi misi untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah Internasional," kata Shieny.

TGS 2012 sendiri merupakan pameran game yang digelar setahun sekali di Jepang yang berlangsung sejak tahun 1996. Acara ini menjadi kesempatan bagi pengembang game untuk memamerkan judul yang belum dirilis atau yang masih digarap.

Itulah sebabnya, TGS 2012 menjadi salah satu acuan dalam industri game dunia karena menjadi referensi utama mengenai game yang akan beredar beberapa bulan kemudian.

Berdasarkan situs resmi TGS, terdapat dua studio game Indonesia yang diundang, yakni Altermyth dan Agate Studio yang akan meramaikan TGS 2012. Kedua studio game tersebut akan menempati seksi Asia New Stars Area.

AMD dan Primagama Sajikan Pelatihan Perakitan PC Online Gratis

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Untuk meningkatkan kewirausahaan di masyarakat, produsen prosesor komputer dunia, AMD mengadakan kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Primagama untuk memberikan pelatihan online dan Sertifikasi Perakitan Personal Computer secara gratis, melalui website pembelajaran online, Primagama Plus.

Menurut Hermawan Sutanto, Country Head AMD Indonesia, bentuk kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan Primagama adalah akan memberikan pelatihan dan sertifikasi perakitan PC online secara gratis dengan 2 tingkat kemahiran. “Jika peserta telah mengikuti pelatihan secara online, untuk mendapatkan sertifikat, mereka harus bisa lulus tes online dari Primagama,” jelas Hermawan.

Pelatihan ini memiliki dua tingkat yaitu dasar dan mahir, di mana tingkat mahir melengkapi optimalisasi perakitan. Pelatihan tingkat dasar terbagi ke dalam tiga kategori yakni Pengetahuan Dasar Komputer, Panduan Pemilihan Komponen dan Panduan Kategori Perakitan. Sedangkan pelatihan tingkat mahir mengacu kepada peningkatan kerja grafis dengan teknologi AMD Eyefinity, AMD CrossFireX, dan AMD Dual Graphics.

Direktur Marketing & Pengembangan Bisnis Primagama Hari Nuryanto mengatakan, kerjasama ini merupakan yang pertama kalinya di mana intitusi pembelajaran di Indonesia meluncurkan konten Teknologi Informasi dengan fokus memberikan pelatihan perakitan PC untuk mendorong kewirausahaan dengan menggunakan teknologi AMD.

“Pelatihan ini disajikan secara online dan tanpa bayar agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang berada di Indonesia ataupun di luar negeri,” ungkap Nuryanto.

“Pelatihan online dapat diikuti melalui situs www.primagamaplus.com. Bagi mereka yang telah mengikuti pelatihan online, bisa mengambil ujian untuk mendapatkan sertifikat dari Primagama Plus dan AMD Indonesia di mana sertifikat ini bisa menjadi modal bekerja atau berwirausaha,” jelas Nuryanto.

Primagama telah berkarya selama 30 tahun di Indonesia, memiliki 756 cabang di seluruh Indonesia, dan telah membimbing lebih dari 1 juta siswa. Primagama merambah akses online untuk jangkauan lebih luas melalui Primagama Plus yang telah memiliki konten kurikulum sesuai dengan kurikulum nasional dari tingkat SD hingga SMA/SMK.

AMD Indonesia menyambut baik kerjasama dengan Primagama ini karena pemberdayaan masyarakat di bidang teknologi informasi secara tepat melalui pelatihan dapat berkontribusi positif bagi masyarakat itu sendiri. “AMD Indonesia berkomitmen untuk turut serta meningkatkan daya saing dan produktivitas masyarakat sehingga mampu membantu mereka memulai usaha sendiri. Kekuatan entrepreneurship yang kuat merupakan modal dasar ekonomi Indonesia untuk bisa berkembang lebih jauh,” pungkas Hermawan.

Untuk mengakses video pembelajaran perakitan komputer bersama AMD, Anda dapat mengunjungi situs resmi amd.primagamaplus.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar