Selasa, 04 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Video review Sony Xperia ion

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Pada akhir Juli lalu, CHIP.co.id telah memberitakan mengenai kehadiran Sony Xperia ion. Smartphone teranyar Sony ini telah mendukung jaringan LTE yang, sayangnya, belum berguna di Indonesia.

Kini, kami berikan ulasan lebih mendalam mengenai smartphone yang dibanderol seharga Rp5,5 Juta ini, khusus untuk Anda para CHIPers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Snapdragon S2, Prosesor yang Bisa Diandalkan

Posted:

CHIP.co.id – Menjelajahi web dengan pengalaman terbaik merupakan dambaan setiap orang. Saat tengah asyik menyelesaikan pekerjaan, misalnya, Anda kadang ingin melakukannya sambil mendengarkan musik secara online, lalu tiba-tiba mengupdate status Facebook atau “nyampah” di Twitter, atau menonton berita penting via live streaming. Tentu mood bagus bisa hilang sesaat jika perangkat yang Anda gunakan: smartphone, tablet atau lepatop tiba-tiba ngadat karena mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu, penting memastikan smartphone di genggaman Anda sudah memiliki prosesor yang mumpuni untuk menunjang semua kebutuhan dan gaya hidup Anda seperti Snapdragon S2. Snapdragon S2 mampu menjawab kebutuhan ini karena membuat prosesor all-in-one, yang mengintegrasikan semua komponen terbaik pada satu chip tunggal berukuran 45nm. Perangkat yang menggunakan Snapdragon memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak daripada yang mereka pikir dapat dengan seluler—tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya baterai.

Keunggulan Snapdragon 2 terletak pada rancangannya yang sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal dengan pengisian lebih jarang. Bagi Anda dengan mobilitas tinggi tentu jarang memiliki waktu lama untuk sekadar mengisi ulang baterai smartphone. Anda membutuhkan smartphone berkemampuan tinggi, tetapi komponen-komponen di dalamnya tidak menyedot baterai secara boros saat mengerjakan perintah Anda. 

Dengan prosesor Snapdragon S2, Anda bisa mendapatkan konektivitas super cepat, sehingga cocok untuk video streaming, gaming atau menjelajahi jejaring sosial. Prosesor single core hingga 1,4GHz dengan peningkatan GPU, buatan Qualcomm ini akan membawa Anda ke level baru dalam menonton video HD dalam browser, pengalaman gaming yang kaya, gambar dan video berkualitas terbaik, streaming film dalam 720p HD dengan audio sejernih kristal.

Hal ini mungkin karena modem di dalam Snapdragon S2 sudah di-upgrade untuk melipatgandakan kecepan dowload hingga 14,4 Mbps, dan mendukung kamera hingga 12 megapixel. Snapdragon S2 juga menggunakan Graphics Processing Unit Adreno 205 yang menawarkan performa dua kali lebih bagus dari pendahulunya. Teknologi wireless radionya juga mendukung jaringan GSM (GPRS, EDGE), W-CDMA/UMTS (HSDPA, HSUPA, HSPA+), MBMS, dan CDMA2000 (1xRTT, 1xEV-DO Rel.0/Rev.A/Rev.B, 1xEV-DO MC Rev.A, SV-DO).

Snapdragon S2 di antaranya sudah tertanam di Nokia Lumia 900, BlackBerry Torch, BlackBerry Bold 9900/9930, HTC Radar, Nokia Lumia 710, Samsung Galaxy Note, Sony Ericsson Xperia Mini, Samsung Galaxy W, Samsung Omnia W, LG Optimus Sol E730, Motorola Pro+, Samsung Exhibit II 4G, Nokia Lumia 800 dan lainnya. 

Bagaimana pengalaman Anda mengeksplorasi multimedia menggunakan smartphone yang menggunakan Snapdragon S2 tersebut? Coba bagikan di Facebook Fanpage 3G Banget Community atau akun Twitter @3Gbanget. 


Beragam Fitur Terbaru di Nokia Lumia 820

Posted:


CHIP.co.id - Nokia Lumia 820 segera diperkenalkan 5 September mendatang bersamaan dengan sang kakak (Nokia Lumia 920). Sebelumnya, telah muncul bocoran mengenai desain smartphone ber-OS Windows Phone 8 ini. Smartphone 4,5 inci ini, dikatakan oleh situs The Verge akan dipersenjatai dengan berbagai fitur yang menarik.

Seperti Lumia 920, Lumia 820 juga dapat menggunakan charger wireless yang dapat mengisi ulang daya tanpa menyambungkan kabel ke Lumia Anda. Selain itu, Lumia 820 juga memiliki cover belakang yang dapat diganti dengan warna lain layaknya Lumia 710. Fitur yang diberi nama Xpress-on Cover ini, pertama kali muncul di Nokia 5110 yang dirilis pada 1998 silam.

Lumia 820 juga memiliki kapasitas memori sebesar 8 GB. Selain itu, Nokia memberikan slot microSD sebagai memori eksternal. Kita nantikan saja kabar berikutnya, hanya di CHIP.co.id.

Nokia Lumia 820 dan 920 Meluncur dengan Charger Wireless

Posted:


CHIP.co.id - Nokia Lumia 820 dan 920 segera diperkenalkan pada 5 September mendatang. Kabar yang beredar mengatakan bahwa Lumia terbaru ini akan disematkan sebuah charger wireless.

Dilansir dari situs The Verge, bentuk charger wireless ini telah bocor di internet. Adalah @evleaks yang membeberkan bentuknya di twitter. Akun twitter ini telah beberapa kali membocorkan kabar mengenai beberapa produk, seperti saat membeberkan bentuk tablet HTC beberapa waktu lalu.

Pada gambar tersebut, menunjukkan charger tersebut sedang mengisi daya Lumia. Panjangnya kurang lebih sama dengan ukuran Lumia tersebut. Terdapat pula sebuah kabel tunggal yang tersambung entah ke mana (mungkin ke sebuah port USB).

Bruce Willis Segera Gugat Apple?

Posted:


CHIP.co.id - Apple sepertinya memang tak akan terlalu jauh dari ranah hukum. Baru-baru ini, santer terdengar bahwa Bruce Willis akan segera menuntut Apple. Aktor film The Expendibles 2 ini mempermasalahkan hak milik koleksi musiknya di iTunes.

Bruce Willis merasa dirinya memiliki hak atas semua konten musik yang dibelinya secara legal melalui iTunes Store. Dan ingin mewariskan seluruh koleksi musiknya kepada anak-anaknya, Rumer Scott dan Tallulah.

Namun, keinginannya terganjal dengan peraturan yang dibuat Apple bahwa "Anda tidak dapat memberikan hasil donwload Anda kepada orang lain". Atas pernyataan Apple tersebut, Bruce Willis khawatir hak milik koleksi musiknya akan kembali ke Apple.

Meskipun begitu, hal ini segera dibantah oleh sang istri, Emma Hemming melalui kicauannya di twitter.

 

 

Pertanyaan yang terjadi pada masalah ini adalah, "Apa yang terjadi pada musik digital setelah Anda wafat?". Hal ini tidak diketahui pasti. Semoga dengan kejadian ini, kita dapat mengetahui jawabannya.

Kenang Vokalis Queen, Angry Birds Berubah Jadi Freddie Mercury

Posted:


CHIP.co.id – Para penggemar band legendaris asal Inggris, Queen, khususnya sang vokalis Freddie Mercury, pasti senang dengan inovasi terbaru Rovio pada karakter burung dalam game terlaris mereka, Angry Birds. Rovio mengubah karakter burung menjadi Freddie, lengkap dengan kumis dan jenggot, serta mengenakan mahkota yang kerap dipakai Freddie saat konser.

Hal ini merupakan bagian dari perayaan Freddie For A Day. Selain membuat karakter khusus, video, Rovio bekerja sama dengan The Mercury Phoenix Trust juga menjual beberapa t-shirt Freddie Mercury Angry Bird. The Mercury Phoenix Trust didirikan sejak 1992 oleh personel Queen Brian May dan Roger Taylor, bersama manajer Queen Jim Beach, untuk mengawasi uang yang dikumpulkan untuk kesadaran terhadap penyakit AIDS. Freddie For A Day, yang dirayakan tiap tahun pada 5 September, bermaksud untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mendanai perang terhadap AIDS.

Sekadar informasi, 5 September merupakan kelahiran Freddie Mercury pada tahun 1946. Vokalis dengan suara bertenaga dan mampu menjangkau 4 oktaf lebih itu meninggal karena AIDS pada 24 November 1991.

"Freddie for a Day adalah cara yang bagus untuk menghormati semangat Freddie yang flamboyan dan menyenangkan sekaligus memberikan pesan penting, dan kami senang bisa membantu mereka dengan gaya Angry Birds kami sendiri,” kata CEO Rovio Peter Vesterbacka.

“Musilk Queen telah bertahan karena suatu alasan, karena kreativitas dan kegembiraannya menular ke seluruh fans dari berbagai usia, dan kami senang membantu kenangan Freddie dan musiknya tetap hidup untuk fans dari generasi baru.” 

Kaos edisi terbatas, yang menggambarkan Freddie Mercury Angry Bird, akan tersedia secara resmi di toko resmi Angry Birds dan Bravado. Sebagian dari penjualannya akan disumbangkan untuk The Mercury Phoenix Trust.

 

 

Canon Raih 4 EISA Award 2012-2013

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Empat produk Canon berhasil meraih penghargaan European Imaging and Sound Association (EISA) 2012-2013. Produk Canon yang dianugerahkan penghargaan dari EISA pada periode ini adalah kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III, kamera digital saku Canon PowerShot G1 X, camcorder Canon LEGRIA HF M52, dan printer inkjet profesional Canon PIXMA PRO-1.

Canon EOS 5D Mark III: European Advanced SLR Camera 2012-2013


Canon EOS 5D Mark III dipuji dewan juri EISA atas kemudahan penggunaannya, kualitas profesionalnya baik sebagai kamera foto maupun film, serta peningkatan kinerjanya yang signifikan dibandingkan pendahulunya, EOS 5D Mark II yang legendaris. Kamera ergonomis yang dibekali dengan sensor CMOS 22MP ini menurut para juri EISA mampu menghasilkan gambar yang sangat bagus, baik dalam kondisi normal maupun di kondisi yang sangat minim cahaya. Canon EOS 5D Mark III dikenal dengan kecanggihannya dalam mengabadikan gambar berkualitas dengan kecepatan enam frame per detik pada mode continuous shooting speed, serta desain bodi kokohnya yang dirancang untuk digunakan di segala medan.

Canon PowerShot G1 X: European Compact Camera 2012-2013


Menurut para juri EISA, kualitas gambar yang dihasilkan oleh PowerShot G1 X telah mencapai tingkatan yang mampu bersaing dengan kamera DSLR. Fitur-fitur yang ada di dalamnya dinilai sangat menarik untuk sebuah kamera dengan bodi yang sedemikian ringkas. Sensor berkualitas tinggi yang digunakan membantu menekan noise tetap rendah sekalipun pada penggunaan ISO tinggi. Prosesor gambar DIGIC 5 yang handal memegang peranan penting dalam mengurangi noise pada gambar dan memproses gambar beresolusi 14.3 MP dengan 14-bit pada kecepatan tinggi. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan oleh EISA, kemampuan pembesaran 4x kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang terbaik di kelas kamera kompak. Sementara fitur image stabilizer yang menggunakan teknologi hybrid IS yang biasa ditemukan pada beberapa lensa profesional Canon, terbukti sangat efektif menjamin gambar tetap tajam di berbagai kondisi.

Canon LEGRIA HF M52: European Camcorder 2012-2013


Camcorder HD keluaran terbaru dari Canon ini dinilai mampu memberi keleluasaan bagi pengguna untuk merekam film yang mengagumkan dengan teknologi fokus berkecepatan ultra dan penstabil gambar yang bekerja efektif. Dengan kapasitas memori hingga 32GB, camcorder ini bisa merekam hingga tiga jam dengan kualitas gambar terbaik. Dan ketika menggunakan kartu memori eksternal dari tipe SD hingga SDXC, pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan keterbatasan kapasitas penyimpanan hasil rekaman. Selain itu, adanya fitur Wi-Fi memberi kemudahan pengguna untuk mengunggah langsung ke dunia maya maupun perangkat lainnya. Juri EISA juga mencatat kualitas gambar luar biasa dari Canon LEGRIA HF M52 yang dihasilkan oleh teknologi sensor CMOS HD Pro dari Canon.

Canon PIXMA PRO-1: European Photo Printer 2012-2013


Menurut para juri EISA, printer dengan kapasitas 12 cartridge ini menjadi pilihan yang sempurna untuk hasil cetak yang mengagumkan. Printer ini ditujukan untuk kalangan fotografer pemula maupun profesional. Tidak hanya sempurna dan konsisten dalam rendering warna, namun dengan adanya lima tinta monochrome menjadikan hasil cetakan hitam-putih menjadi lebih detail.  Menurut juri EISA, PIXMA PRO-1 merupakan printer dengan teknologi terkini yang memberikan kualitas yang sangat baik serta biaya operasional yang relatif rendah.

“Penghargaan EISA ini merupakan salah satu bukti keunggulan produk-produk Canon di industri pencitraan digital mulai dari perangkat input hingga perangkat output. Canon selalu berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dari waktu ke waktu,” ujar Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT. Datascrip.

EISA Award merupakan penghargaan tahunan di mana pemenangnya dipilih oleh lebih dari 50 majalah terkemuka di bidang elektronik, fotografi, video, audio dan home theater, dari 19 negara di Eropa. Semua juri bekerja secara terpisah, namun tetap dalam naungan European Imaging & Sound Association.

EISA Award memberikan penghargaan kepada produk-produk yang dirilis di Eropa dalam kurun waktu 12 bulan terakhir serta dianggap mewakili kategorinya. Penghargaan ini telah diberikan sejak tahun 1982. EISA Award tahun 2012-2013 ini merupakan penghargaan tahun ke-31 yang diberikan kepada produk-produk unggulan di seluruh dunia. Secara total, Canon telah dianugerahi 56 penghargaan EISA dalam kurun waktu 27 tahun terakhir, termasuk selama 24 tahun secara berturut-turut Canon dianugerahi penghargaan ini setiap tahunnya.

Selain EISA Award ini, Canon EOS 5D Mark III juga dinobatkan sebagai “Best Video DSLR in 2012” dan Canon PowerShot G1 X yang meraih “Best Expert Compact Camera in 2012” dari Technical Image Press Association (TIPA) pada bulan April 2012.

Windows 7 Kuasai Pasar OS Desktop

Posted:


CHIP.co.id – Windows 7 berhasil merajai penjualan sistem operasi komputer desktop dengan pangsa pasar sebesar 42,76 persen pada Agustus lalu. Menyusul di belakangnya adalah Windows XP sebesar 42,5 persen, Windows Vista 6,15 persen, Mac OS X 10.7 sebesar 2,45 persen, Mac OS 10.6 sebesar 2,38 persen, dan lainnya 3,74 persen.

Data ini dirilis Netmarketshare, Senin (3/8) kemarin. Namun, tidak semua orang setuju dengan hasil penelitian ini. SatCounter melaporkan Windows 7 melampaui penjualan Windows XP hampir setahun lalu, dan sekarang menempatkan pangsa pasar Windows 7 secara keseluruhan di atas 50 persen.

Menurut Netmarketshare, Windows 8, yang previewnya sudah tersedia sejak awal tahun ini, baru memiliki 0,23 persen pangsa pasar. Secara keseluruhan dominasi Microsoft dalam pasar sistem operasi desktop jauh meninggalkan para pesaingnya dengan penguasaan 92 persen.

Namun, ada kabar baik untuk Apple karena pada bulan Agustus Mac OS X berhasil mengalahkan Windows Vista. Jika penjualan seluruh versi Mac OS dogabungkan, pangsa pasarnya mencapai 7,11 persen, sedangkan Vista hanya 6,15 persen.

USGS Pantau Gempa Bumi via Twitter

Posted:


CHIP.co.id - Masih ingat Gempa bumi sebesar 7,6 Skala Richter yang menimpa Filipina beberapa hari lalu? Ternyata Twitter turut berperan memberi peringatan kepada US. Geological Survey tak lama setelah kejadian, sehingga lembaga ini mengeluarkan peringatan tsunami yang dampaknya juga sampai ke Indonesia.
 
Situs microblogging yang memiliki lebih dari 140 juta pengguna ini memberikan informasi kepada USGS sekitar satu menit tujuh belas detik setelah bencana terjadi, seperti yang dikatakan oleh Paul earlie, seismolog dari USGS dalam sebuah wawancara telepon kepada Bloomberg.

Situs media sosial, seperti Twitter telah memainkan peranan penting dalam menumbuhkan kesadaran dan mengkoordinasi respon terhadap bencana alam, termasuk gempa bumi di Haiti pada 2010 dan tahun lalu di Jepang yang menyebabkan rusaknya reaktor nuklir di Fukushima. Ilmuwan USGS memperhatikan tweet yang menyebutkan kata “earthquake” dan padanannya di bahasa-bahasa lain.
 
“Dalam beberapa kasus, Twitter memberikan kepada kami pantauan bahwa telah terjadi gempa sebelum bisa dideteksi oleh gelombang seismik,” ujar Earle.
 
Sistem untuk mengawasi Twitter, dinamakan Tweet Earthquake Dispatch, sangat efektif di beberapa wilayah terpencil, di mana USGS tidak memiliki instrumen untuk mengukur aktifitas seismik. Di Indonesia sejumlah lembaga seperti BMKG dan PMI juga memanfaatkan Twitter untuk menyebarkan informasi gempa bumi atau menyalurkan bantuan kepada korban.

(Ric)

Google Siapkan Tablet Nexus 7 Versi 3G?

Posted:


CHIP.co.id - Perang di dunia komputer tablet memanas di penghujung akhir liburan musim panas di Amerika Serikat atau sekitar 21 September ini.

Dengan banyaknya pilihan baru dari Samsung, Asus, Lenovo, Dell, dan lainnya, serta Kindle Fire terbaru dari Amazon dan kemungkinan akan rilisnya iPad Mini dari Apple, Google kemungkinan juga akan membuat tablet Nexus 7 versi 3G karena saat ini baru tersedia versi WiFi.
 
Paul O’Brien dari situs teknologi MoDaCo memulai sebuah thread di dalam postingannya pada hari Sabtu lalu yang mengatakan bahwa Google akan menawarkan versi 3G dari Nexus 7 dalam waktu enam minggu. Dia mengatakan, “Aku menyukai Nexus 7 ku, tetapi aku sangat berharap ada versi 3G dari perangkat ini. Dan menurut sumber kami yang mengetahui persoalan ini– harapanku segera terwujud!”

“Tak banyak yang bisa dikatakan, versi 3G dari Nexus 7 akan segera datang, tanpa perubahan hardware. Asus saat ini sedang meningkatkan produksi dalam persiapan peluncuran dalam enam minggu, dengan tanggal dan tempat peluncuran pastinya masih belum dikonfirmasi.”
 
Nexus 7 dengan versi 3G merupakan hal yang masuk akal untuk memperluas fungsi tablet di luar area hotspot WiFi. Fitur 3G akan diterima dengan baik khususnya secara internasional, yang lebih tergantung pada konektivitas seluler.

(Ric)

Diperlakukan Buruk, Samsung Minta Maaf kepada Blogger

Posted:


CHIP.co.id - Samsung mengatakan bahwa perlakuan yang tidak seharusnya kepada blogger di IFA 2012 merupakan sebuah “kesalahpahaman” dan meminta maaf atas “perilaku buruk yang tidak semestinya” tersebut.
 
Seperti diberitakan kemarin, perusahaan asal Korea Selatan itu menerbangkan sejumlah blogger teknologi mobile asal India untuk menghadiri IFA di Berlin, Jerman yang masih berlangsung saat ini. Namun, sesampainya di IFA, para blogger diancam tidak diberikan tiket pulang ke negaranya jika tidak mempromosikan produk-produk Samsung.

Salah satu blogger, Clinton Jeff dari New Delhi mengaku sebelum memenuhi undangan Samasng dia sudah menegaskan bahwa dia hanya akan menghadiri konferensi sebagai reporter, dan tidak akan melakukan promosi untuk suatu perusahaan. Samsung pun dikabarkan tidak memiliki masalah dengan itu.

Dalam sebuah pernyataan, Samsung menimpakan kesalahan kepada koordinator dari program Mob!lers tech blogger dan mengatakan bahwa mereka tidak pernah berniat untuk memaksa para blogger untuk melakukan promosi:
 
“Samsung Mob!lers merupakan komunitas sukarela pengguna aktif perangkat mobile Samsung, yang telah ditawari kesempatan untuk berpartisipasi di acara pemasaran kami di seluruh dunia. Dalam acara ini, semua aktivitas yang mereka jalankan berdasarkan sukarela. Tidak ada aktivitas yang dipaksakan atas mereka.”
 
“Kami menyesal ada kesalahpahaman antara koordinator Samsung Mob!lers dan blogger terkait, kami tahu dia kurang mendapat penjelasan mengenai bentuk kegiatan Samsung Mob!lers di IFA 2012. Kami telah berusaha untuk tetap berhubungan dengan dia.”
 
“Kami menghargai kebebasan para blogger untuk mempublikasikan berita-berita mereka.”
 
(Ric)

Empat Hal yang Anda Pasti Tidak Tahu Tentang Chrome

Posted:


CHIP.co.id  - Apakah Anda tahu Google membayar hacker untuk mencoba men-crack Chrome? Melalui Program Vulnerability Rewards Program untuk Chrome?

  • Google memberikan penghargaan moneter dan pengakuan publik kalau ada peneliti keamanan atau hacker melaporkan kerentanan aplikasi kepada mereka. Dengan cara ini, para hacker memiliki insentif untuk menemukan dan melaporkan bug, dan Google dapat memperbaikinya sebelum dapat dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab di web.
  • Chrome tidak hanya untuk komputer laptop dan desktop lagi. Sekarang Anda dapat menelusuri web dengan menggunakan Chrome pada berbagai perangkat mobile Android atau IOS. Dan jika Anda menggunakan Chrome di beberapa perangkat, tab yang terbuka secara otomatis dapat disinkronisasikan pada semua perangkat. Jadi, kalau Anda harus meninggalkan komputer dan beralih ke smartphone atau tablet, Anda dapat langsung mengakses halaman yang sama. Tidak bisa menyelesaikan artikel yang sedang dibaca dengan laptop Anda?  Buka tab yang sama pada tablet atau ponsel setelah Anda masuk bis!
  • Tim Chrome terobsesi dengan kecepatan. Salah satu trik Google untuk membuat browsing web lebih cepat dengan Chrome adalah pre-render. Ketika Anda mendarat pada sebuah halaman Web, Chrome secara otomatis akan memeriksa semua link pada halaman tersebut dan mengambil informasinya pada proses latar belakang. Jadi, ketika Anda mengklik pada link berikutnya, chrome sudah mulai mengambil halaman tersebut, dan akan membukanya hampir seketika.
  • Apakah Anda tahu bagaimana Chrome mendapat namanya? Browser Chrome dirancang supaya website bisa tampil cemerlang.  Sejak awal, desain filosofi Google untuk antarmuka pengguna adalah "Fokuskan pada konten, bukan ‘krom'".  Dalam terminologi desain, "krom" mengacu pada bagian non-halaman web atau antarmuka browser - toolbar, tab dan tombol.  Ini adalah salah satu bagian dari alasan Google untuk memilih 'Chrome' sebagai nama browser mereka. 

BlackBerry Bold 9790 Berwarna Putih

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ini dia penampilan teranyar BlackBerry Bold 9790 yang memiliki casing berwarna putih elegan.

Diluncurkan pertama di Indonesia pada bulan November 2011, BlackBerry Bold 9790 atau yang memiliki nama beken, Bellagio atau Onyx 3, adalah BlackBerry kelas Bold yang memiliki desain dan bentuk tertipis jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, 9700 dan 9650.

Dari sekilas mata memandang, memang terjadi perbedaan besar dari desain casing Bellagio yang berwarna hitam dan putih. Tetapi jika Anda melihatnya lebih saksama, warna putih yang identik dengan kata-kata bersih ini, memang terlihat lebih anggun dibandingkan dengan casing terdahulunya.

Bellagio yang memiliki dimensi 110 x 60 x 11.4 mm, selain memiliki desain casing yang anggun, juga memiliki bobot ringan, yakni 122 gram.

BlackBerry Bold 9790 menggunakan Sistem Operasi BlackBerry OS 7 yang dapat memberikan tampilan antar muka yang lebih baik dan lebih menarik.

Sebenarnya, dari segi desain dan fitur yang terdapat di BlackBerry 9790 White Edition tidak terlampau berbeda dengan BlackBerry 9790 Black Edition. Tetapi, semuanya kembali kepada Anda, Research In Motion hanya memberikan opsi kepada para pengguna setianya di Indonesia untuk berpaling dari BlackBerry lamanya, ke handset terbaru ini yang lebih elegan warnanya.

Nokia Dikabarkan Tengah Menyiapkan Lumia "Glory"

Posted:


CHIP.co.id - Seiring dengan rencana Nokia untuk meluncurkan dua ponsel baru untuk menambahkan jajaran Lumia Windows Phone Rabu (5/9), perusahaan asal Finlandia itu juga tengan menguji coba perangkat lain. The Verge melaporkan, Nokia tengah menyiapkan handset dengan kode Lumia “Glory” yang memiliki layar 4 inci.

Handset tersebut didesain sebagai pengganti ponsel kelas bawah Lumia 610 “Tango” Windows Phone dan akan disertai dengan Windows Phone 7.8 dan spesifikasi rendah seperti prosesor 800 MHz dan 256MB RAM yang khas ditemukan di ponsel Windows Phone Super Low-end ini.

The Verge yakin ponsel ini akan duluncurkan Desember mendatang, tapi ketersediaannya di pasaran belum bisa dipastikan. Adapun perangkat yang diluncurkan Rabu ini disebut-sebut sejumlah media adalah Lumia 920 dan Lumia 820.
(Ric)

Tampilan iPhone 5 di Tangan Bintang Pop Taiwan

Posted:


CHIP.co.id - Dilansir dari situs teknologi papan atas di Hong Kong, Sina Tech, seorang bintang pop Taiwan, Jimmy Lin, sedang asik menggunakan iPhone yang berbentuk tidak seperti iPhone 4 atau 4S pada umumnya. Apakah dia telah memegang gadget teranyar dari iPhone?

Jimmy Lin yang sedang berkunjung ke redaksi Sina Tech tiba-tiba mengeluarkan gadget teranyarnya yang memiliki bentuk sedikit aneh. Ketika ditanya, penyanyi dan juga aktor itu berkomentar bahwa penampakan iPhone 5 memang lebih panjang dan memiliki bodi aluminium yang hampir sama dengan iPad.

"Penampilan iPhone 5 memang berbeda ya, ia memiliki jack headphone yang berada di bawah ponsel, berdampingan dengan speaker dan docking port yang lebih kecil," ungkapnya di blog pribadi Jimmy.

Selain menampilkan bentuk dan penampilan yang lebih aneh, dari gambar tersebut dapat diketahui bahwa iPhone 5 memiliki bodi lebih panjang dan tipis dengan kelengkapan layar 4 inci. 

Apakah penampilan ini benar-benar penampilan iPhone 5 yang rencananya akan keluar tanggal 12 September 2012 ini? Kita tunggu saja kabar selanjutnya di CHIP.co.id.

Baidu Investasikan USD1.6 Miliar untuk Cloud Computing Center

Posted:


Beijing, CHIP.co.id - Situs pencarian terbesar di China, Baidu, baru saja menginvestasikan uang 10 miliar yuan (USD1.6 miliar) untuk pengembangan bisnis mereka, cloud computing center.

Rencananya, pengembangan Baidu untuk menginvestasikan uang mereka ke cloud computing center, memang bertujuan untuk mendorong para penggemar setianya mengakses teknologi cloud computing melalui mobile phone mereka. Saat ini di China sedang booming jumlah pengguna internet dari mobile phone.

Baidu yang baru-baru ini dikabarkan telah meraup keuntungan finansial sebesar 5.256 Miliar Yuan,  masih menjadi situs pencarian terbesar di China.

 

Mahal, Penetrasi Penjualan Ultrabook Hanya 5 Persen

Posted:


CHIP.co.id - Masa depan laptop, seperti diharapkan Intel lewat platform Ultrabook-nya, menjangkau konsumen sedikit lebih lambat daripada yang diharapkan industri PC. Menurut penelitian pasar oleh Barclays, Ultrabook hanya mencapai sekitar 5 persen dari penjualan laptop di kuartal kedua 2012.

Jumlah itu hanya setengah dari harapan para pabrikan PC. Para analis pasar sudah mencoba mencari alasan rendahnya penjualan ini. Tidak diragukan lagi bahwa kesuksesan tablet dan antisipasi terhadap Windows 8 turut berperan, tetapi persoalan harga Ultrabook yang realtif mahal agaknya menjadi alasan nomor satu.

Analis dari Sterne Agee Vijay Rakesh mengatakan kepada AllthingsD bahwa 75 persen dari Ultrabook yang terjual di toko online Best Buy seharga USD950 atau lebih. Meskipun banyak model dari hybrid tablet/Ultrabook yang menggunakan Windows 8 diperkenalkan di IFA minggu lalu, informasi mengenai harganya masih minim. Mengingat fungsi mereka yang canggih, perangkat ini mungkin akan terus berada di harga USD1.000, jika tidak melampauinya.

Masih ada Ultrabook yang harganya mendekati USD700, tetapi mengingat bahwa banyak orang tidak ingin menghabiskan lebih dari USD500 untuk sebuah laptop baru, masih banyak cara untuk memotong harga. Intel bekerja keras untuk membantu pabrikan dalam memotong harga – seperti merancang perangkat yang lebih murah, mengganti kerangka logam yang mahal dengan kerangka lastik yang masih agak kaku namun murah – dan mereka telah menggunakan hybrid SSD/ hard drive storage pengganti SSD murni untuk mendorong Ultrabook dengan harga yang lebih rendah.

Tetapi ada satu komponen yang nampaknya tidak membuat Intel menggantinya dengan harga yang lebih rendah, yaitu prosesor mereka sendiri yang mereka gunakan untuk menghidupi Ultrabook. Businessweek melansir bahwa prosessor Intel sendiri telah menyumbang 25 persen dari harga total Ultrabook, dan tidak ada indikasi bahwa perusahaan tersebut akan memotong harga tersebut untuk mitra pabrikan mereka.
 
Dengan kian banyaknya Ultrabook yang muncul di pasaran, produksi dari bagian-bagiannya akan meningkat, harga pada akhirnya akan jatuh, dan penjualan akan meningkat. Sial bagi industri PC, proses tersebut tidak terjadi dengan cukup cepat. Bagaimana dengan Anda, apakah menurut Anda harga Ultrabook juga masih relatif tinggi? Berikan komentar Anda di bawah ini.

(Ric)

SONY NEX-5R, Generasi Penerus SONY NEX

Posted:

Berlin, CHIP.co.id - Jika Anda menggemari produk raksasa Sony, sudah pasti Anda mengenal dengan seri kamera mirrorlens mereka, NEX. Memperpanjang fortofolio seri kamera andalnya, Sony baru-baru ini meluncurkan generasi penerus SONY NEX, yakni; SONY NEX-5R.

SONY NEX-5R yang memiliki bentuk tidak berubah banyak dari seri NEX sebelumnya, hadir dengan kelengkapan 16.1 megapixel Exmor APS HD CMOS sensor yang memiliki kemampuan layaknya kamera DSLR profesional. Apalagi dengan kelengkapan teknologi BIONZ, maka Sony NEX-5R andal digunakan untuk mengambil Full HD Video (1080/60p).

Meskipun memiliki desain dan teknologi yang tidak berbeda jauh dengan seri camera NEX sebelumnya, SONY NEX-5R kali ini hadir dengan fitur baru, teknologi autofocus "Fast Hybrid AF". Dengan teknologi tersebut, maka pengguna dapat menggabungkan pengambilan gambar yang cepat ketika mengabadikan moment yang bergerak.

Diperkenalkan di IFA 2012, SONY NEX-5R rencananya akan dipasarkan di pasar Amerika Serikat dengan harga mulai dari USD650 hingga USD750.

Spesifikasi SONY NEX-5R:

  •     16.1MP CMOS sensor
  •     ISO 100-25600
  •     Top-plate control dial
  •     Dedicated Fn button
  •     Wi-Fi for connection via Wi-Fi networks or to smartphones
  •     Proprietary in-camera apps
  •     Touch-screen display
  •     Electronic First Curtain shutter
  •     1080p 60p HD movies in AVCHD (50p on PAL region models)

 

Toshiba Ultrabok S955 Hadir di Bulan Oktober 2012

Posted:


CHIP.co.id - Ini dia penampakan dari Ultrabook terbaru Toshiba. Memiliki bodi tipis ala Ultrabook, Toshiba S955 hadir dengan layar besar, 15.6 inci (1366 x 768).

Dilengkapi dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8, Toshiba Ultrabok S955 juga hadir dengan prosesor Intel Ivy Bridge i5 ULV CPU. Untuk kapasitas Ultrabooknya, Toshiba menyematkan RAM mulai dari 8GB hingga 750GB HDD.

Diperkenalkan di IFA 2012, rencananya, Ultrabook terbaru ini akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat awal Oktober 2012.

Mencari Ultrabook Terbaik

Posted:


CHIP.co.id - CHIP menguji delapan Ultrabook terbaru yang telah beredar di tanah air. Ultrabook apakah yang terbaik? Cari tahu lebih lanjut melalui artikel tes perbandingan yang telah CHIP lakukan.

Kebutuhan akan sebuah perangkat komputer portabel telah ada sejak lama. Hal tersebut mendorong para produsen PC untuk berinovasi dengan menghadirkan berbagai bentuk perangkat portabel, seperti notebook, sub-notebook, netbook hingga tablet PC.

Keempat perangkat tersebut memiliki berbagai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, notebook memiliki performa paling baik di antara perangkat portabel lainnya namun memiliki ukuran dan bobot yang cukup besar, serta daya tahan baterai yang umumnya tidak terlalu lama. Hal tersebut mendorong Intel sebagai produsen prosesor terbesar untuk menghadirkan ­perangkat baru yang disebut Ultrabook.

Intel mendefinisikan Ultrabook sebagai perangkat komputer portabel yang ringan, bertenaga, serta memiliki daya tahan baterai lebih dari 5 jam sehingga Intel menyebutnya sebagai next generation notebook. Sejak diumumkan tahun 2011 lalu, beberapa produsen PC sudah merilis produk Ultrabook.

Pada April 2011, serbuan Ultrabook generasi pertama mulai terlihat. Sekitar setahun berikutnya, Ultrabook generasi kedua diluncurkan. Platform yang diberi nama Chief River ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan platform Huron River (Ultrabook generasi pertama), yaitu penggunaan prosesor Intel Core Series generasi ketiga, penggunaan port USB 3.0, kecepatan transfer storage minimal 80 MB/s, serta memiliki feature Intel Management Engine versi 8 atau lebih tinggi.

Peningkatan performa cukup terasa dengan digunakannya Intel Core Series generasi ketiga yang telah menggunakan Intel HD 4000. Dengan banyaknya Ultrabook generasi kedua yang beredar di Indonesia, maka CHIP semakin mantap untuk menghadirkan artikel tes perbandingan yang pastinya telah ditunggu oleh Anda, pembaca setia CHIP.

Pengujian dilakukan terhadap Asus UX21A, Asus UX32VD, Dell XPS 14 L421X, HP Envy 4-1013TX, HP Envy Spectre, Lenovo IdeaPad U310, Lenovo IdeaPad U410, Samsung NP530U4C-S01ID. Untuk melihat hasilnya, silakan baca selengkapnya di Majalah CHIP edisi September di loper terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar