Jumat, 21 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Asus Padfone 2 Diluncurkan 16 Oktober

Posted:


CHIP.co.id - Pabrikan asal Taiwan, Asus, mengirimkan undangan untuk pembukaan Padfone 2, suksesor produk ambisius Padfone mereka, perangkat ini dapat berpindah-pindah mode dari smartphone, tablet, dan laptop.

Berdasarkan gambar yang dipublikasikan oleh situs “Notebook Italia”, acara ini akan akan diadakan pada tanggal 16 Oktober, diadakan serempak di Taipei dan Milan.

Dari benchmark yang bocor baru-baru ini, dikatakan bahwa Padfone 2 akan hadir dengan dilengkapi prosesor quad-core Snapdragon S4, tetapi tidak banyak hal lainnya yAng diketahui mengenai perangkat ini – gambar pancingan yang muncul dalam undangan hampir menyerupai bagian dari Padfone seri sebelumnya.

Thermaltake Ttesports CHAO Series Dracco

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ttesports CHAO merupakan Headset stylish yang mengandung budaya, fashion dan juga teknologi. Produk Thermaltake Series Dracco ini memiliki tampilan gaya hidup yang tinggi, dengan analogi yang terdapat pada logo Naga Tempur Thermaltake, yang merupakan simbol akan kekuatan, sehingga berkesan berani dan mengandung nilai budaya.

Headset ini dating dengan card box yang memiliki tampilan yang dapat dilihat isi dari luar kotak.

Dari segi penampilan, Ttesports CHAO ini memiliki penampilan yang sangat menarik apabila Anda memakainya dikerumunan orang. Karena Ttesports CHAO ini didesain dengan warna yang cerah.

Logo Naga Tempur Thermaltake yang melambangkan kekuatan dapat Anda temui di kedua sisi luar earcup.

Ttesports CHAO ini juga terdapat engsel yang dapat diputar 180 derajat untuk melipat earcup, sehingga Headset ini mudah untuk dibawa kemana-mana.

Ttesports CHAO menggunakan interface kabel  yang dilapisi emas untuk menghindari distorsi suara.

Multiply Digitalisasi Indonesia International Motor Show 2012

Posted:


CHIP.co.id - Multiply.com merilis versi online dari Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang diadakan oleh Gaikindo di PRJ Kemayoran.  Sebagai pameran yang terus berinovasi, IIMS pun melihat kesempatan untuk mengembangkan kehadirannya bukan hanya secara offline, namun juga secara online untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas. Indonesia International Motor Show 2012 versi virtual dapat dikunjungi di http://multiply.com/marketplace/IIMS.

Mengadopsi ide dasar dari Shopfest yang diadakan pada bulan Mei dan Agustus 2012 lalu, IIMS memiliki beberapa fitur dan kegiatan yang tetap memungkin pengunjung versi virtual IIMS untuk merasakan ambians pameran otomotif terbesar di Indonesia dari laptop atau tablet dari kenyamanan rumah, kantor ataupun lokasi lainnya.

Menghadirkan beberapa booth virtual dari beberapa brand ternama, antara lain  Mercedes Benz Truck, Mazda, Kia, Daihatsu, Ford, Mitsubishi, Isuzu, Man Truck, Hino, Hyundai, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, Toyota, Honda, BMW, Audi, VW, Chevrolet dan Tata, pengunjung tetap dapat melihat produk otomotif yang beragam.

Bagi penggemar drifting, Achilles menampilkan beberapa video formula drifting yang memacu adrenalin.  Di IIMS versi virtual tersebut, para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mengantri secara virtual beberapa produk aksesori otomotif yang menarik, mulai dari  Pioneer AVH 4450 BT seharga Rp \4.250.000, Alpine CDA 117 E seharga Rp4.250.000, Helm Zeus Z210 seharga Rp200.000, Broquet (The Fuel Catalytic) seharga Rp2.100.000 dan Garmin Nuvi 3450 LM seharga Rp2.700.000.

Penawaran eksklusif tersebut hanya tersedia melalui http://multiply.com/marketplace/IIMS mulai dari tanggal 20 hingga 30 September 2012.  Selain itu, para pengunjung pun dapat melihat galeri foto dari IIMS terdahulu.

Memasuki tahun keduapuluh, Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan diadakan mulai 20 hingga 30 September 2012 adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia.  Menghadirkan 35 brand otomotif, tema IIMS untuk tahun ini adalah “Eco Mobility”.

Banyak Keluhan, Apple Rekrut Pengembang Perbaiki Apple Maps

Posted:

(CNET)

CHIP.co.id – Menyusul banyaknya berita negatif dalam review terhadap aplikasi Apple Maps di iOS 6, Apple telah bersiap untuk memperbaikinya, bahkan sebelum aplikasi ini dirilis. Apple pada minggu lalu memasang iklan lowongan pekerjaan untuk software engineer untuk bekerja di kantor mereka di Santa Clara Valley, California, khususnya untuk Apple maps, yang diklaim sebagai “program pemetaan terbaik yang pernah ada di platform mobile mana pun.”

Apple berharap dapat menggunakan pengembang baru untuk menangani aplikasi peta mereka “ke tingkat selanjutnya, dengan Apple Map yang berbasis vektor, navigasi turn-by-turn, dan 3D.”


Kebanyakan dari lowongan adalah untuk keterampilan yang berbeda, tetapi mereka memberikan gambaran akan apa yang difokuskan Apple dalam menyatukan team dari software engineer untuk meningkatkan Apple map.

Beberapa dari pekerja yang baru dikontrak ini akan berfokus untuk mengembangkan bagaimana aplikasi ini menggambarkan jembatan layang model 3D, menyajikan dataran, dan menggambarkan jalanan. Berdasarkan deskripsi pekerjaan, diperlukan pengetahuan C++ dan “tekhnik shader tingkat lanjut” dengan penekanan pada pembuatan peta yang dapat bekerja di platform dengan hardware yang berbeda.
Sementara sebagian lainnya akan bekerja dalam membuat “penerapan teknik penggambaran secara real-time, menciptakan inovasi dan fitur baru, memecahkan masalah tantangan algoritma, dan memperbaiki masalah yang ada.”

Peran lainnya adalah “menemukan/memperbaiki masalah performa, menciptakan alat pengukur performa, memantau performa dari waktu ke waktu, dan memecahkan masalah dalam performa. Seperti diketahui, Apple meninggalkan Google Maps sejak memperkenalkan iOS 6 12 September lalu.

 

(Richaldo Hariandja)

Sony Perkenalkan PlayStation 3 Super Slim

Posted:


(Credit: SCEA)

CHIP.co.id - Sony baru saja merilis PlayStation 3 Super Slim dalam acara Tokyo Game Show, Rabu (19/9), yang 20 persen lebih kecil dan 25 persen lebih ringan dari model Slim yang ada. PS3 Super Slim berukuran 11,4 inci, lebar 2,36 inci, dengan tinggi 9,05 inci.

PlayStation 3 sudah meninggalkan slot disc-loading dan akan beroperasi menggunakan diss tray. Selain itu, PS3 Super Slim hanya memiliki dua port USB yang menghadap ke depan, tidak ada port IR inframerah untuk komunikasi remote control.

PS3 Super Slim akan tersedia dalam dua bundel terpisah. Pertama, akan dijual pada 25 September  seharga USD 270, yang akan mencakup hard drive 250GB dan paket salinan game Uncharted 3 bersama dengan DLC untuk permainan Dust 514. Kedua, Super Slim akan dirilis 30 Oktober seharga USD300, yang dikemas dalam hard drive sebesar 500GB dan salinan game Creed III Assassin.

PS3 Slim 160GB saat ini masih dijual seharga USD250 dan tetap merupakan versi termurah di pasar, meskipun kita harus menunggu dan melihat apakah akan terjadi penurunan harga juga.

Walaupun secara fungsional identik dengan PS3 versi sebelumnya, desain PS3 Super Slim ini hanya berberat 2,1 Kg – kurang dari setengah berat versi yang sekarang ada, 4,9 Kg – dan dengan ukuran sekitar 29 x 6 x 23 cm di titik terlebarya.

Power Supply PS3 Super Slim telah dikurangi menjadi 190W, turun dari 250W dalam PS3 Slim, walaupun belum jelas berapa kapasitas daya yang akan dipergunakan saat menjalankan konsol ini (versi sebelumnya cenderung menghabiskan 120 hingga 140 watt saat memainkan game).

Versi terbaru ini juga akan memiliki hard drive yang dapat dilepas, berdasarkan keterangan dari Sid Shuman, Manager of Social Media di Sony.

Fitur ini diberitahukan oleh Shuman lewat Twitter pada siang ini “ya, telah dikonfirmasi mengenai hal itu. Anda dapat menukar hard drive nya seperti model sebelumnya.”

 

(Aulia Trisna/Richaldo Hariandja)

Aplikasi Peta Lumia 920 vs Samsung Galaxy S III, dan iPhone 5

Posted:


CHIP.co.id - Nokia, salah satu produsen ponsel terbesar di dunia membuat sebuah benchmarking mengenai aplikasi peta. Ponsel yang di-benchmarking antara lain Lumia 920, Samsung Galaxy S III, dan iPhone 5. Lalu, bagaimanakah hasilnya?

Berdasarkan sebuah benchmarking yang dilakukan Nokia tersebut, terlihat bahwa Lumia 920 memiliki berbagai kelebihan yang tak dimiliki kompetitornya tersebut. Misalnya dalam hal ketersediaan peta offline. Nokia mengklaim bahwa aplikasi peta di Lumia 920 dapat dibuka dalam kondisi offline. Sedangkan pada kompetitornya, Nokia juga mengklaim Galaxy S III tidak terlalu dapat dibaca secara offline, dan pada iPhone 5 bahkan tidak dapat dibuka sama sekali.

Bagaimanakah perbandingan lainnya? Nokia menyajikan dalam gambar berikut ini.

Sedangkan untuk cakupan peta di berbagai negara, Nokia juga menyajikan perbandingannya pada gambar berikut ini.

Nokia Lumia 920 (gambar biru)

Samsung Galaxy S III (gambar biru)

iPhone 5 (gambar biru)

Dua Warna Baru Sony PS Vita

Posted:

Tokyo, CHIP.co.id - Sony Japan baru saja mengumumkan dua varian terbaru warna Play Station portable, PS Vita ke pasar dunia.

Direncanakan, dua warna terbaru PS Vita; "Biru Cosmic" dan "Sapphire Merah", akan segera meluncur di pasar sekitar tanggal 15 November 2012. Dua warna terbaru PS Vita ini dibanderol harga 29,980 Yen, atau sekitar USD383,15.

Tidak hanya meluncurkan dua varian warna terbaru PS Vita, Sony Japan juga mengabarkan bahwa mereka akan memberikan penawaran beragam pilihan "Free Games", dan juga penyimpanan game di cloud storage sebesar 1 GB.

Layanan AXIS BlackBerry Unlimited untuk Jemaah Haji Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - AXIS memperkenalkan penawaran khusus Layanan roaming BlackBerry unlimited di Arab Saudi dengan tarif tak tertandingi. Dengan penawaran ini, pelanggan dapat memilih layanan BlackBerry Unlimited Harian hanya Rp9.999, Paket Mingguan Rp49.999, dan tersedia pula layanan BlackBerry Unlimited Bulanan Rp179.999.

“AXIS terus membuktikan komitmennya untuk menyediakan layanan yang terjangkau kepada pelanggannya, termasuk saat musim Haji. Penawaran khusus selama musim haji dari AXIS memberikan tidak hanya kemudahan secara menyeluruh namun juga layanan komunikasi yang fleksibel dan terjangkau, baik telepon, SMS, layanan BlackBerry Unlimited, maupun data, pelanggan AXIS bebas memilih layanan yang paling sesuai untuk terus terhubung dengan keluarga dan kerabatnya selama menjalankan ibadah Haji,” kata Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan.

“Dengan dukungan dari Saudi Telekom Company (STC), penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Arab Saudi, AXIS yakin dapat menyediakan layanan komunikasi yang tidak hanya murah namun juga berkualitas," tambah Daniel.

Berbagai kemudahan dan manfaat lebih dari layanan komunikasi lengkap, hemat, dan berkualitas yang ditawarkan AXIS selama musim haji 2012:

  • Layanan BlackBerry Unlimited roaming yang fleksibel, tersedia dalam 3 pilihan dengan tarif paling hemat: Rp9.999 per hari, Rp49.999 per minggu, dan Rp179.999 per bulan
  • Layanan data berkualitas dengan harga terjangkau Rp9 per Kb
  • SMS hanya Rp499 per SMS
  • Kemudahan isi ulang pulsa selama di Arab Saudi menggunakan voucher pulsa SAWA yang tersedia di gerai STC dan toko-toko lain di Arab Saudi, hanya dengan mengetik *155*kode voucher
  • GRATIS layanan konten Haji yang berisi berbagai tips dan informasi berkaitan dengan persiapan pelaksanaan ibadah Haji. Konten dapat diakses melalui UMB *123*8*4*1*2#


Berbagai layanan suara dengan tarif paling hemat:

  • Telepon ke Indonesia dari Arab Saudi: Rp4.999 per menit
  • Telepon ke nomor lokal di Arab Saudi: Rp2.599 per menit
  • Menerima telepon di Arab Saudi: Rp3.599 per menit
  • Telepon dari Indonesia ke Arab Saudi dengan kode akses layanan internasional 01012 966 6 : Rp1.399 per menit


Selain kemudahan Jemaah Haji Indonesia berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia di atas, AXIS juga menawarkan layanan GRATIS asuransi jiwa dengan nilai pertanggungan Rp2.000.000, hanya dengan mendaftar melalui SMS: HAJInama#tanggal lahir#kloter#daerah asal, kirim ke 9987. Pelanggan dapat memperluas pertanggungannya hingga Rp100.000.000 dengan tambahan premi Rp49.000 dan mendaftar melalui SMS: ELINama#tanggal lahir#no.KTP#kode voucher. Voucher dapat diperoleh di gerai dan booth AXIS di embarkasi haji.

Virus Gangnam Style Merajai Intel

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sepertinya virus "Gangnam Style" yang dipopulerkan oleh musisi dan rapper pop Korea, PSY, telah merajai dunia.

Selain telah merajai para pecinta K-Pop di Indonesia, 100 Top Music Chart Billboard, kini virus Gangnam Style telah merajai vendor chipset fenomenal di dunia, Intel.

Diambil dari situs jejaring sosial Facebook resminya, Intel meluncurkan sebuah foto dimana terdapat icon Intel sedang asik bergoyang ala, Oppa Gangnam Style.

Mengambil latar di sebuah stable yang sangat bercirikan Gangnam Style, icon Intel ini terlihat lucu dan unik, menggunakan kacamata geek-nya, celana biru, dan kaos putih berlogo Intel.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk salah satu orang yang terkena virus Gangnam Style juga? Jangan mau ketinggalan goyangan penuh fenomenal PSY ini ya.

Keluhan Utama Pemilik Ultrabook

Posted:

(Insaf Albert Tarigan/CHIP)

CHIP.co.id – Laporan terbaru dari FixYa menyebutkan, para pemilik ultrabook menghadapi berbagai persoalan teknis, mulai dari daya tahan baterai sampai kualitas layar yang buruk. Sebagai contoh, pemilik MacBook Air paling banyak mengeluhkan memory yang rendah, thermal shutdown, di mana komputer otomatis mati jika terlalu panas. Beberapa pemilik juga mengeluh karena MacBook Air susah direparasi dan kualitas speakernya jelek.

(FixYa)

Untuk mengatasi thermal shutdown, FixYa menganjurkan pengguna MacBook Air memastikan ventilasi tidak tertutup, menurunkan kecerahan layar, mengistirahatkan laptop tersebut selama 30 menit, tidak membiarkannya terkena cahaya matahari langsung dalam waktu lama, dan jangan sampai mengisi ulang baterai hingga melebihi 100 persen.

Lenovo Thinkpad X1 Carbon juga banyak dikeluhkan karena daya tahan baterai, touch pad inkonsisten, kemampuan melakukan banyak pekerjaan saat bersamaan yang rendah, dan performa lambat. Produk IdeaPad mereka juga menghadapi isu yang sama, termasuk performa Wi-Fi, kualitas layar butuk, suara kipas berisik, dan terlalu panas.

Untuk membantu menjaga daya tahan baterai ThinkPad X1 Carbon, FixYa menganjutkan pengguna menurunkan kecerahan dan resolusi layar, membawa charger, dan jangan menjalankan terlalu banyak aplikasi saat bersamaan. Persoalan Wi-Fi, kualitas layar, dan panas juga menjadi problem utama pengguna Dell XPS 14z, Asus Zenbook Prime, Acer Aspire Timeline Ultra M5, dan Vizio Thin+Light.

Microsoft Luncurkan Windows Server 2012 di Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft resmi umumkan ketersediaan software terbarunya, Windows Server 2012. Windows Server 2012 merupakan landasan dari OS Cloud, yang menyediakan satu platform yang konsisten di seluruh komputasi awan baik pribadi, hosted, dan publik.

"Warisan unik Microsoft dalam sistem operasi yang paling banyak digunakan, aplikasi, dan layanan cloud, memposisikan Microsoft untuk memberikan OS Cloud berdasarkan Windows Server dan Windows Azure. Hal ini dapat membantu pelanggan mencapai sebuah datacenter tanpa batas," ujar Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Microsoft membangun Windows Server 2012 dari cloud up, menerapkan pengalaman operasi pusat data global yang mengandalkan ratusan ribu server untuk memberikan lebih dari 200 layanan komputasi awan. Windows Server 2012 juga memperluas definisi dari sistem operasi server, dengan kemajuan baru yang signifikan dalam virtualisasi, jaringan penyimpanan, dan otomatisasi.

Beberapa pelanggan yang selama ini telah menggunakan piranti lunak dari Microsoft menyambut baik kehadiran Windows Server 2012. Dondy Bappedyanto, GM PT Infinys System Indonesia mengungkapkan bahwa sebagai penyedia layanan komputasi awan, perusahaannya membutuhkan sistem operasi yang andal dalam sisi stabilitas, serta dapat membantu dan mempermudah perusahaannya dalam mendukung pelanggannya sehari-hari.

"Dengan fitur-fitur terbarunya (Windows Server 2012) yang tidak hanya sangat cloud oriented, tetapi juga sangat administrator friendly. Sehingga benar-benar dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas layanan komputasi awan kami," ujar Dondy.

Perusahaan Minyak dan Militer Kian Sering Jadi Target Spionase Siber

Posted:


CHIP.co.id – Para peneliti baru saja menemukan kampanye spionase siber yang dilancarkan terhadap perusahaan minyak besar Filipina, organisasi militer Taiwan dan perusahaan energi Kanada, serta target di Brazil, Israel, Mesir dan Nigeria.

Peneliti keamanan dari Counter Threat Unit Dell SecureWorks, Silas Cutler mengatakan, malware yang disebut “Mirage” itu membuka backdoor di komputer yang menunggu instruksi dari penyerang.

Korban secara hati-hati ditargetkan dengan apa yang disebut e-mail “spear-pishing” dengan lampiran yang dirancang agar terlihat dan berperilaku layaknya dokumen PDF. Namun, dokumen tersebut sebenarnya adalah file yang bisa berjalan sendiri yang akan membuka file PDF yang tertanam di dalamnya untuk melepaskan trojan Mirage. Sesudah menginfeksi, trojan ini kemudian menyamarkan komunikasi “phone home” agar menyerupai Google Searches dengan menggunakan Secure Socket Layers (SSL) agar tidak terdeteksi.

Para peneliti CTU mampu mengambil alih domain yang digunakan dalam kampanye yang tak lagi terdaftar atau telah kedaluwarsa dan mereka menggunakannya untuk membuat “sinkhole” yang dirancang untuk menerima seluruh komunikasi dari komputer yang terinfeksi. Dengan berpura-pura menjadi server pengendali mereka mengetahui bahwa ada 80 alamat IP unik yang terinfeksi, melibatkan sebanyak 120 komputer individual.

“Analisis lebih dalam terhadap permintaan phone-home dan hubungannya dengan situs jejaring sosial memungkinkan peneliti CTU untuk mengidentifikasi individu yang terinfeksi Mirage. Korbannya selevel eksekutif manager keuangan perusahaan minyak Filipina,” demikian laporan CTU.

Peneliti tak bisa menyebutkan data apa yang diincar para penyerang, tetapi tidak sulit untuk berspekulasi karena Filipina kini mengincar hak eksplorasi minyak dan gas di Laut China Selatan. Tidak jelas siapa otak di balik serangan tersebut, namun Direktur Riset Malware di Dell SecureWorks, Joe Stewart yakin mereka “Didanai dengan baik dan sangat aktif.”

Meski menolak menyebut dalang serangan itu, dalam laporannya peneliti CTU mengatakan software proxy yang digunakan dalam beberapa server pengendali dibuat oleh kelompok hacker China yang disebut “Honker Union of China.”

“Kami memotong rantai komando mereka, jadi kami tidak tahu dokumen apa yang mereka cari,” kata Stewart. “Biasanya itu informasi yang kompetitif.”

Para peneliti juga yakin siapa pun yang bertanggung jawab atas aksi spionase ini juga terlibat dalam aksi serupa awal tahun ini yang menargetkan kementerian, perusahaan minyak, kedutaan besar, lembaga keselamatan nuklir dan lembaga lainnya di Vietnam. Alamat IP pengendali yang digunakan dalam serangan Mirage dimiliki oleh China Beijing Province Network, demikian juga alamat IP yang digunakan dalam malware “Sin Digo” yang disebarkan sebelumnya.

Ini Dia Pembeli iPhone 5 Pertama di Dunia

Posted:

 (Joe Hanlon/CNET)

CHIP.co.id – Dua orang kakak beradik asal Australia, James dan Tamsyn Vohradsky menjadi orang pertama di dunia yang memiliki iPhone 5, setelah perangkat buatan Apple itu resmi dipasarkan 20 September kemarin.

Saat keluar dari Apple Store di George Street, Sydney, sambil menggenggam kotak iPhone 5 berwarna putih dan hitam, keduanya disambut dengan sangat meriah oleh puluhan jurnalis, dan disoraki oleh pegawai Apple yang kompak berseragam biru. Berdasarkan zona waktu, Australia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan iPhone 5.

(ZDnet)

Seperti biasa, karena para Apple Fanboy sudah berkerumun sebelum toko dibuka, penjualan iPhone 5 juga diawasi oleh aparat keamanan setempat. Ketika pintu dibuka pada pukul 08.00, James Vohradsky keluar pertama kali dari toko, dan dengan ekspresi penuh kesenangan menenteng iPhone 5 warna hitam, diikuti oleh kakaknya, Tamsyn yang memilih warna putih.

Kata BBM Resmi Masuk Collins English Dictionary

Posted:


CHIP.co.id - BBM, nama lain untuk aplikasi populer BlackBerry Messenger, telah resmi memasuki ranah vernakular modern, dengan diumumkannya  bahwa nama itu telah dimasukkan dalam edisi terbaru Collins English Dictionary.

Masuknya nama BBM ini mencerminkan popularitas yang luar biasa untuk layanan global BBM. Dari asal-usul sederhana sebagai alat bisnis, saat ini BBM digunakan oleh lebih dari 56 juta orang di seluruh dunia, dengan 70% dari pengguna melakukan 'BBMing' setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga dan rekan kerja.  Di Indonesia, sebagai negara yang sering disebut sebagai ‘BlackBerry Nation’, dimana BlackBerry mendominasi pasar smartphone, BBM merupakan aplikasi instan messaging yang paling digemari dan paling banyak digunakan.

Pengumuman dari Collins tersebut memperkuat referensi budaya-budaya baru pada 'BBM', seperti baru-baru ini dari sprinter Jamaika, Usain Bolt. Beberapa saat setelah memenangkan medali emas di 100 meter Olimpiade  London 2012, pemegang rekor dunia ini memberikan wawancara televisi dan ia berkata: "Yang saya harus lakukan adalah berterima kasih kepada beberapa orang yang memberi ucapan selamat melalui BBM saya dan itu cukup banyak". Artis musik seperti Tinie Tempah dan Sean Kingston  bahkan menyebutkan BBM dalam lagu-lagu mereka yaitu  'Miami to Ibiza' dan, yang sangat pas berjudul 'BBM'.

"Dimasukkannya BBM ke dalam Collins English Dictionary berarti mengakui statusnya sebagai salah satu jaringan yang paling populer di dunia jaringan sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, istilah 'BBM' telah melampaui asal teknologi untuk menjadi merek yang merupakan bagian dari bahasa sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia. Layanan itu sendiri terus berkembang, dengan kemampuan dari para 'BBMers' untuk berbagi konten, membuat grup dan bahkan memasang pembaruan status ke situs jejaring sosial seperti Facebook® dan Twitter® dari aplikasi BBM langsung. Kami merasa terhormat bahwa kata yang digunakan sehari-hari oleh jutaan pelanggan kami telah resmi diterima ke dalam bahasa Inggris," ujar T.A. Mc Cann, Wakil Presiden BBM dan Komunitas Sosial RIM.

HTC Luncurkan 2 Ponsel Windows Phone 8

Posted:

CHIP.co.id – Setelah menghabiskan sebagian besar dari dua terakhir dengan fokus terhadap  Android, HTC baru saja mengumumkan dua ponsel andalan baru berbasis Windows Phone 8, yaitu HTC 8X dan HTC 8S, Rabu (20/9).

HTC mengikuti langkah Samsung yang terlebih dahulu mengeluarkan Samsung Ativ S dalam perhelatan IFA di Berlin akhir Agustus lalu.  Seperti One X, perangkat Windows Phone 8 terbaru HTC tersebut menggunakan desain premium, bahkan 8X juga menggunakan spesifikasi yang tinggi.

HTC 8X akan dipasarkan secara resmi dalam pilihan empat warna seperti logo Windows 8; biru, hitam, merah, dan kuning, pada awal November mendatang. HTC 8X sekilas terlihat berkelas dengan layar 4,3 inci berbobot 130 gram, LCD 2 720 HD, prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 1GB, storage16GB, dan mendukung komunikasi jarak dekat (NFC). Sementara di bagian belakang terdapak kamera 8MP dan flash, serta kamera depan 2,1MP dengan lensa f/2.0 dan sensor BSI untuk pengambilan gambar di mana cahaya tergolong rendah. Jika melihat spesifikasinya, HTC 8X akan berhadap-hadapan langsung dengan Nokia Lumia 920.



Adapun HTC 8S memiliki layar WVGA 4 inci, berbobor 133gram dengan prosesor Snapdragon S4 dual-core 1GHz, RAM 512MB, dan storage 4GB. Kedua perangkat ini juga sudah dilengkapi Beats Audio untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Bedanya, HTC 8S belum dilengkapi kamera depan untuk melakukan panggilan video. Hanya terdapat kamera belakang berkemampuan 5MP dengan aperture f/2.8 dan lensa 35mm yang bisa merekam video 720p. HTC 82 juga dilengkapi slot microSD, dan akan dijual dalam empat pilihan warna, yaitu Domino, Fiesta Red, Atlantic Blue, and High-Rise Gray.

Iklan Kreatif dengan Teknologi Vuforia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pernahkah Anda melihat sebuah kampanye pemasaran atau iklan yang menyarankan untuk men-tap gambar di sebuah media dengan smartphone Anda? Setelah Anda men-tap gambar yang ada di media iklan tersebut sesuai yang disarankan, Anda bisa melihat sebuah gambar mati berubah hidup di dalam smartphone.

Tidak usah terkejut. Ini bukan seperti koran Daily Prophet yang dimiliki warga sihir di film Harry Potter, di mana gambarnya bisa bergerak-gerak karena kekuatan sihir. Hal seperti tadi mungkin terjadi karena kemajuan teknologi, salah satunya buatan Qualcomm, yakni Vuforia. Qualcomm juga merupakan pembuat prosesor Snapdragon (S1, S2, S3 dan S4) yang kini diadopsi oleh mayoritas pembuat smartphone di dunia, termasuk Samsung, Nokia, HTC, dan lain-lainnya.

Vuforia menghadirkan gambar hidup melalui teknologi Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata hasil proyeksi benda-benda maya dalam waktu yang nyata.

Hal inilah yang menjadikan AR sebagai teknologi kreatif yang cukup diminati saat ini, apalagi dalam menghadirkan kampanye iklan yang kreatif. Aplikasi AR merupakan terobosan menarik yang dapat digunakan para penjual untuk menyampaikan misi iklan produk mereka.

Dalam menghasilkan teknologi AR yang baik, sudah pasti membutuhkan software development kit (SDK) yang dapat mendukung terciptanya aplikasi AR di pasar. Untuk itulah Qualcomm menghadirkan Vuforia sebagai mata digital untuk perangkat mobile yang digunakan dalam menampilkan teknologi AR di dalam smartphone.

Vuforia menggabungkan teknologi Computer Vision untuk menghadirkan gambar sederhana dalam objek 3D secara realtime di dalam smartphone.

Objek virtual yang diaplikasikan oleh Vuforia, kemudian ditangkap dan diorientasikan gambar secara real-time, sehingga prespektif pemirsa pada objek sesuai dengan perspektif pada target gambar bergerak di dalam dunia nyata.

Jadi, dengan memindai QR code yang telah teraplikasi dengan teknologi AR, maka dengan segera smartphone Anda akan mengaplikasikan gambar 2D yang mati tadi, mampu bergerak secara virtual menjadi video atau model 3D.  Saat ini terdapat 400 model smartphone dan tablet yang sudah dilengkapi software Vuforia, yang telah tersebar di seluruh dunia, dan mungkin saja salah satunya hadset Anda sendiri.

Qualcomm Vuforia SDK


Untuk menciptakan iklan yang kreatif menggunakan aplikasi AR, penjual harus memperkerjakan para pengembang yang telah pakar mengaplikasikan teknologi AR ke dalam media virtual yang sudah ada.

Untuk mengembangkan aplikasi AR, sudah pasti para developer tersebut membutuhkan Software Development Kit (SDK). Untuk itulah beberapa bulan lalu, Qualcomm memperkenalkan teknologi Qualcomm Vuforia SDK yang dapat pengembang gunakan untuk menciptakan sihir virtual.

SDK Vuforia juga mendukung berbagai jenis kampanye pemasaran 2D dan 3D. Teknologi ini mampu dijalankan karena Vuforia telah menyediakan Application Programming Interfaces (API) di C++, Java, Objective-C, dan .Net languages yang terkonferensi dengan Unity Game Engine.

Vuforia SDK sudah dapat berjalan di smartphone yang telah dilengkapi dengan ARMv6 atau 7 prosesor FPU. Sementara ini aplikasi tersebut baru berjalan di iPhone (4/4S), iPad, dan Android phone dan tablet yang menjalankan Android OS versi 2.2 ke atas.

Jika masih penasaran dengan teknologi lengkap Qualcomm Vuforia, Anda tidak perlu takut untuk bertanya-tanya ke para ahli yang berasal dari Qualcomm Expert. Anda dapat bertanya di Facebook Fanpage mereka, "3G Banget Community" atau akun Twitter @3GBanget, sekarang juga!

(Adv)

Samsung Resmi Gugat iPhone 5

Posted:


CHIP.co.id – Samsung Electronics betul-betul menindaklanjuti ancamannya terhadap Apple dengan mengajukan gugatan hukum terkait iPhone 5 ke Pengadilan San Jose, Distrik California. Kepastian mengenai hal tersebut dilansir Reuters, Kamis (20/9) dengan melampirkan berkas gugatan Samsung.

Meski sudah menyampaikan ancaman sebelumnya, langkah Samsung tersebut termasuk mengejutkan karena iPhone 5 yang pre-ordernya sudah menembus 2 juta unit dalam waktu 24 jam, baru akan dirilis perdana 21 September besok.

Dalam salinan berkas gugatan, Samsung mengatakan kedua belah pihak selalu mengubah berkas gugatan mereka tiap kali salah satu dari para pihak mengeluarkan produk baru, dengan menambahkannya sebagai objek gugatan dengan tuduhan pelanggaran paten. Hal ini misalnya sudah dilakukan Apple terhadap Galaxy Tab 10.1, dan sistem operasi Jelly Bean. Akibat gugatan Apple, Galaxy Tab 10.1 kini dilarang dijual di Amerika Serikat untuk sementara.

“Samsung mengantisipasi bahwa mereka akan mengajukan, dalam waktu dekat, mosi untuk mengubah gugatan dengan menambahkan iPhone 5 sebagai produk yang diduga melanggar paten. Pada 12 September 2012, Apple mengumumkan bahwa mereka akan merilis iPhone 5 pada 21 September 2012. Berdasarkan informasi yang ada saat ini, Samsung memperkirakan bahwa iPhone 5 akan melanggar paten Samsung seperti ditegaskan dalam gugatan sama halnya dengan model iPhone lainnya. Samsung berencana mengajukan mosi untuk mengubah gugatan dengan menyertakan iPhone 5 segera setelah memiliki kesempatan yang wajar untuk menganalisis perangkat tersebut,” demikian Samsung.

Siapakah yang akan menang kali ini? Akankah Pengadilan San Jose kembali menghukum Samsung USD1 miliar? Kita tunggu saja.

Haji 2012, Telkomsel Luncurkan Paket Hemat

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Memasuki musim Haji 2012, Telkomsel kembali menghadirkan layanan komunikasi dengan tarif paling hemat dan ragam layanan paling lengkap bagi pelanggan yang beribadah Haji di Tanah Suci. Kini pelanggan kartuHalo, simPATI, dan Kartu AS tidak perlu mengganti simcard selama di Tanah Suci karena tarif Telkomsel yang berlaku sudah setara dengan tarif lokal Arab Saudi berkat kerjasama dengan operator Zain Arab Saudi.
 
Untuk melakukan panggilan telepon ke Indonesia maupun negara lain, pelanggan hanya dikenakan Rp5.000 per menit dan panggilan ke nomor lokal Arab Saudi hanya Rp1.000 per menit. Sedangkan menerima panggilan telepon dari mana pun hanya Rp3.000 per menit. Untuk berkirim SMS ke negara mana pun, pelanggan cukup membayar Rp500 per SMS, serta gratis menerima SMS dari semua operator.
 
Pelanggan juga dapat terhubung dengan berbagai informasi selama berada di Tanah Suci dengan memanfaatkan tarif hemat layanan data Rp100/ 10kb untuk pemakaian internet dan BlackBerry, dengan pembayaran maksimum Rp20.000 per hari (APN BlackBerry) dan Rp50.000 per hari (APN non BlackBerry).
 
Menurut Head of Marketing Communications Group yang juga sekaligus sebagai Ketua Komite Haji Telkomsel 2012 Irlamsyah Syam, ”Pada musim Haji tahun 2011 lalu, pengguna layanan Telkomsel di Tanah Suci berjumlah 75 persen dari total jamaah Haji Indonesia. Beragam paket hemat layanan komunikasi terus kami hadirkan guna membantu kenyamanan silaturahmi dengan keluarga dan kerabat di Tanah Air.”
 
Tersedia paket unlimited BlackBerry Telkomsel yang menyajikan tarif hemat Rp150.000 untuk 10 hari, Rp300.000 selama 20 hari, dan Rp500.000 untuk 40 hari. Kebutuhan pelanggan terhadap layanan data selama di Tanah Suci juga menjadi prioritas. Telkomsel menyediakan paket internet hanya dengan Rp350.000 yang bisa digunakan selama 10 hari, paket Rp700.000 untuk 20 hari, dan paket Rp1.000.000 selama 40 hari.
 
Untuk menikmati ragam paket hemat layanan data, paket unlimited BlackBerry, dan paket promo layanan komunikasi Haji lainnya, pelanggan dapat menghubungi *123# secara GRATIS yang dapat diakses baik saat di Tanah Air maupun ketika sudah berada di Tanah Suci. Selain promo tarif hemat, Telkomsel juga menyajikan paket bundling handset khusus yang berisi content Islami dengan harga terjangkau Rp290.000. Bagi pelanggan yang mengaktifkan simcard bundlingnya hingga 30 November 2012 akan mendapatkan bonus 100 TELKOMSELPoin.
 
Telkomsel menyediakan akses call center 1111 (GRATIS telepon dari Arab Saudi) yang beroperasi selama 24 jam dan merupakan call center layanan haji pertama di Indonesia. Di samping itu, Telkomsel juga membuka posko pelayanan pelanggan dan customer service berbahasa Indonesia di Mekkah dan Madinah.

Posko Haji Telkomsel di Mekkah berlokasi di RM Tasneem Hotel Grand Zam Zam Tower, sedangkan posko Madinah terletak di Hotel Al Andalus. Dengan mengunjungi posko tersebut, pelanggan mendapatkan beragam layanan kebutuhan komunikasi seperti ganti kartu, aktivasi SLI/ International Roaming, blokir, buka blokir, aktivasi 3G, penjualan paket perdana dan juga voucher pulsa prabayar.
 
Pengisian ulang voucher prabayar sendiri dapat dilakukan dengan menghubungi *133*kode voucher#. Di samping itu, pengisian pulsa di Tanah Suci juga dapat dilakukan melalui T-Cash dengan mengakses *828# atau via SMS dengan mengetik: pulsanomor HPnominal pulsaPIN T-Cash lalu kirim ke 2828.
 
Dalam menghadirkan layanan komunikasi di Arab Saudi, Telkomsel menggandeng Zain sebagai mitra khusus layanan Haji. Pelanggan paskabayar maupun prabayar Telkomsel dapat memilih network operator Zain secara manual. Contoh manual setting untuk ponsel Nokia: Menu à Setting à Phone Setting à Network Selection à Manual à Zain à OK. Pastikan nama operator setempat yang muncul di layar ponsel adalah Zain atau Zain KSA atau Zain SA atau KSA 04 atau 420 04.
 
Telkomsel juga kembali memberi kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan 15 Paket Umroh Gratis. Pelanggan Telkomsel yang menggunakan kartuHalo, simPATI, dan Kartu AS selama di Arab Saudi dan melakukan penukaran 100 TELKOMSELPoin hingga periode 31 Desember 2012 berpeluang ikut serta dalam Program Rejeki Haji Telkomsel Ibadah ini.
 
Pada penyelenggaraan Haji tahun ini, Telkomsel juga bekerjasama dengan RRI Pro 3 FM dalam hal pemberian informasi terkini seputar ibadah Haji, yang disiarkan juga di RRI Pro 1, 2, dan 4 FM. Tidak hanya live report dari Arab Saudi yang di-relay ke 210 stasiun radio di Indonesia, tetapi juga live streaming di Tanah Suci selama musim Haji berlangsung.

Casio Gandeng CLOT Hadirkan Arloji untuk Kawula Muda Dunia

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - Casio Computer Co, Ltd hari ini mengumumkan arloji terbatas menyambut G-Shock ulang tahun ke-30 yang dirancang khusus oleh CLOT, G-Shock DW-6900CL-4.

CLOT yang diciptakan sebagai perusahaan gaya hidup generasi muda Asia dan seluruh dunia, berkolaborasi meluncurkan jam tangan G-Shock DW-6900CL-4 yang berwarna merah superior.

Dalam rangka menyambut ulang tahun G-Shock yang ke-30, Casio beberapa minggu yang lalu telah mengenalkan tiga varian arloji berwarna merah elegan; FROGMAN GF-8230A, MUDMAN G-9330A, dan DW-6390A, kali ini meluncurkan DW-6900CL-4 yang memiliki desain CLOT yang khas dan transparan.

"Kami memilih bekerja sama dengan CLOT karena ingin menghadirkan inovasi hebat bagi kaula muda dunia yang tidak pernah berhenti memberikan inspirasi bagi kami," ungkap Hiroshi Nakamura, Senior Managing Director and General Manager Senior, Casio Computer Co Ltd.

Lenovo Perkenalkan Notebook IdeaPad S300 dan S400

Posted:


CHIP.co.id – Bertempat di Bellagio Boutique Mall, Mega Kuningan, Rabu (19/9), Lenovo untuk pertama kalinya memperkenalkan IdeaPad S300 dan S400 di Indonesia. Keduanya memiliki tampilan layar HD, S300 berukuran 13,3 inci, sedangkan untuk S400 tampilan layar berukuran 14 inci. Kedua Lenovo IdeaPad ini juga dilengkapi berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Mengusung tema “S For Style”, kedua Lenovo IdeaPad terbaru ini menonjolkan konsep stylish dari sebuahnotebook. Karena itu, fisiknya dibuat tipis dan ringan dengan bobot 1,8 kg, dan tebal kurang dari 23 mm. Agar lebih stylish, IdeaPad S300 dan S400 ini hadir dengan 3 pilihan warna menyala serta sentuhan metalik yang modis. Lenovo IdeaPad S300 hadir dengan pilihan warna pink dan abu-abu, sedangkan S400 hadir dengan warna merah dan abu-abu. Ini merupakan wujud dari sebuah gaya dan performa.

“Kali ini yang kita tonjolkan adalah notebook stylish dengan banyak pilihan warna yang menyala. Memiliki ketebalan kurang dari 23 mm saja, dan juga memiliki bobot tidak lebih dari 2 kg,” ungkap Helmy Susanto, Distribution Manager Lenovo Indonesia.

Selain menonjolkan performa yang stylish, kedua notebook ini juga memiliki beberapa fitur, seperti Quick Start yang dapat mengakses aplikasi yang sering dipakai dalam 10 detik, Touch Gesture yang memungkinkan Anda menggunakan sentuhan 4 jari untuk menggambar, membaca, bermain, dan lainnya secara bersamaan. Tidak ketinggalan, daya tahan baterai hingga 5 jam dengan teknologi Lenovo Energy Management 7.0.

Notebook ini ditenagai processor Intel Core i3. Memiliki memori 4 GB DDR3, dan storage 500GB HDD. Mendukung Intel HD Graphics, USB 2.0 dan USB 3.0, dengan 2in1 card reader. Kedua notebook S300 dan S400 ini juga dilengkapi webcam 0.3Mp HD, speaker stereo dan Dolby Audio.

Untuk bocoran harga, Lenovo IdeaPad S300 diperkirakan akan dibandrol seharga Rp4.199.000,00, sedangkan S400 seharga Rp4.699.000,00. Pada 21 September nanti, kabarnya kedua notebook stylishini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia.
 
(Aulia Trisna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar