Sabtu, 22 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Appmazinc, Ajang Unjuk Gigi Para Pengembang Muda

Posted:


CHIP.co.id - Perkembangan industri mobile yang semakin pesat membuka peluang bagi bagi banyak pihak berbisnis di sana. Salah satu yang menjadi perhatian adalah para developer aplikasi di segala macam platform. Hal ini lah yang melatar-belakangi Kibar Kreasi untuk mengadakan acara Appmazinc: mobile apps camp 2012.
 
Dengan bekerja sama dengan Snapdragon, Kibar Kreasi akan mengadakan workshop dan pameran, di mana keduanya akan diadakan di gedung Fakultas Sastra Jepang UI. Acara yang paling besar adalah mobile apps challenge, sebuah perlombaan aplikasi mobile karya anak bangsa. Rangkaian acara ini menitikberatkan pada pelajar di Indonesia, mulai dari SMK hingga yang masih duduk di bangku kuliah.
 
Workshop yang akan berlangsung dari tanggal 4-6 Oktober dibagi ke dalam empat kelas yaitu Qualcomm, Android, Brew, dan Windows Phone. Peserta dalam masing-masing kelas dibatasi hanya 30 peserta. Adapun pameran akan diadakan pada tanggal 16-17 Oktober.
 
Yang menjadi pusat perhatian tentu saja mobile apps challenge, di mana para developer muda ditantang untuk membuat suatu aplikasi yang tidak dibatasi oleh platform apa pun, tetapi aplikasi menggunakan SDK dari qualcomm yaitu fastCV dan Vuforia.
 
Dalam roadshow yang diadakan, Jumat (21/9) malam di depok, dijelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah melihat bagaimana peluang dalam industri mobile yang saat ini sedang berkembang pesat, sehingga dengan menciptakan para wirausahawan di bidang industri mobile tentu akan menciptakan ekosistem yang baik dalam industri mobile di Indonesia.
 
Salah satu pembicara, Izak Jenie, pendiri m-saku mobile payment menitipkan pesan agar kiranya pada saatnya nanti ada sebuah “aplikasi yang dapat memperbaiki infrastruktur Indonesia.”
 

(Richaldo Hariandja)

Rakuten Tawarkan Manager Toko untuk Pebisnis Online

Posted:


CHIP.co.id - Situs belanja online, Rakuten Indonesia telah mampu menawarkan lebih dari 300.000 produk dan 300 toko dalam situsnya. Untuk meningkatkan jumlah tersebut, Rakuten menempuh berbagai cara, di antaranya seminar edukasi cara berbisnis online, dan juga menawarkan bermacam panduan secara online.

Partnership Development Manager Rakuten Indonesia Budi Susilo menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyediakan fasilitas manager toko untuk para pebisnis dan pedagang.

“Bisnis online lain umumnya mereka (pebisnis dan pedagang) independen. Kita (Rakuten) memberikan fasilitas manager toko untuk membantu para merchant dalam meningkatkan penjualan dan dalam berjualan. Fasilitas ini disebut E-Commerce Consultant (ECC). Kita mempunyai ECC sebagai keunggulan kita. Mereka akan mengontrol setiap toko yang ada di Rakuten. Dia (ECC) yang mengatur, membantu, dan mengontrol setiap toko. Mereka juga membantu mengatur tampilan display pada toko sesuai dengan keinginan merchant,” kata Budi Susilo.  

Selain kemudahan berbisnis, toko ini juga memberikan kemudahan berbelanja, khususnya di daerah dengan tingkat kemacetan seperti Jakarta ini. Konsumen tidak perlu mengahadapi macet untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Rakuten Indonesia juga menawarkan fitur Super Point Rakuten sebagai reward untuk para konsumen yang berbelanja. Dengan fitur ini, konsumen bisa mendapatkan potongan harga atau hadiah menarik lainnya saat memiliki jumlah poin tertentu. Untuk para konsumen yang sibuk, Rakuten menawarkan fasilitas pick up point, yang memungkinkan para konsumen mengambil produk yang mereka pesan di Rakuten, melalui Alfa Midi terdekat.

Produk barang yang ditawarkan Rakuten cukup beragam, seperti gadget, buku, tas, baju, makanan, bahkan alat musik, dan lainnya. Situs ini juga menawarkan barang-barang unik original dari Jepang.

“Seperti sebuah mall, ada toko baju, gadget, supermarket, dan lainnya.  Kita mau gandeng mereka (department store) semua untuk masuk, dan memudahkan masyarakat dalam hal shopping. Jadi orang tidak perlu antre, kena macet dalam perjalanan ke mall, parkir, dan segala macamnya. Hanya dengan buka iPad mereka, dan lakukan transaksi,” ungkap Budi.

“Tidak sembarang barang yang ada di sini. Barang-barang KW tidak berlaku di sini. Kita pilih yang punya hak paten sendiri. Kita lebih memilih homemade misalnya, itu kami terima,” tambah Budi.

Selama satu tahun terakhir sejak diluncurkan Juni 2011 lalu, jumlah traffic Rakuten Indonesia sudah meningkat 8 kali lipat. Situs belanja online nomor 1 yang berbasis dari Jepang ini, awalnya didirikan oleh Hiroshi Mikitani pada tahun 1997 lalu. Mengikuti perkembangannya, Rakuten Jepang menjadi situs belanja online nomor 1 di Jepang. Situs Rakuten Jepang telah menawarkan 60 juta produk dengan 35 ribu toko di Jepang. Selain di Indonesia, Rakuten juga melakukan ekspansi di Amerika, Jerman, Perancis, Thailand, Taiwan, Filipina, Malaysia, dan Inggris.

Kabarnya, November 2012 mendatang Rakuten akan menggelar Rakuten Expo yang akan mengumpulkan seluruh merchant dari Jepang dan Indonesia.

(Aulia Trisna)

Konser Noah Kuasai Pencarian Google Pekan Ini

Posted:


CHIP.co.id - Pencarian terpopular di Google minggu ini mengikuti berita-berita dari dunia hiburan, dengan banyak user-user Indonesia mencari informasi tambahan seputar konser Noah yang pertama, Gangnam Style dan lainnya.

Berikut adalah 10 pencarian terpopular Google Indonesia sepanjang minggu 14 - 20 September 2012.

1) Konser Noah
Band yang dulu memiliki nama “Peterpan” ini mengadakan konser di 5 negara dalam 24 jam hari minggu lalu.

2) Nata Naritha
Berita mengenai seleb ini menjadi topik hangat kedua yang paling di cari oleh pengguna internet Indonesia.

3) Macaulay Culkin
Pengguna internet masih penasaran tentang berita mantan bintang cilik film Home Alone yang dikabarkan telah meninggal dunia ternyata berita hoax.

4) Kate Middleton
Calon Ratu Inggris sedang menggugat sebuah majalah di Perancis karena publikasi foto-foto bugilnya sewaktu liburan di negara tersebut.

5) Toyota Noah
Mobil baru dari Toyota yang akan memasuki pasar MPV Indonesia.

6) Gangnam Style
Dunia internet masih suka music video bintang pop Korea PSY yang sekarang mencapai hampir 225 juta views.

7) iPhone 5
Handphone baru dari Apple yang  diumumkan minggu ini.

8) PON Riau
Pekan Olah Raga (PON) ke delapan belas tutup ditutup hari Kamis ini (Sept 20) di Riau.

9) Resident Evil Retribution
Film baru yang dibintangi oleh aktris Milla Jovovich buka di bioskop Indonesia minggu lalu

10) Jokowi Ahok
Pasangan calon gubernur yang unggul di perhitungan cepat Pilkada DKI hari Kamis ini.

Motorola Minta ITC Melarang Impor Mac, iPad, dan iPhone

Posted:


CHIP.co.id - International Trade Commission memutuskan untuk menyelidiki Apple atas dugaan pelanggaran paten yang diluncurkan oleh Motorola mobility milik Google. Seperti telah diperkirakan, Motorola meminta larangan impor pada hampir setiap perangkat iOS, termasuk iPhone, iPod, dan iPad. Yang lebih mengejutkan lagi, Motorola juga meminta larangan pada setiap jenis komputer Mac OS X, mereka mengklaim bahwa teknologi iMassage melanggar paten Motorola.

Secara keseluruhan, Motorola menyebutkan tujuh paten, yang diduga dilanggar oleh beberapa atau bahkan semua perangkat iOS ini: iPod Touh, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, dan seluruh dari tiga generasi iPad. Agaknya iPhone 5 akan diikut-sertakan ke dalam pengajuan aduan tak lama lagi.

Menurut Motorola, satu dari tujuh paten itu dilanggar oleh setiap komputer Mac, terutama Mac Pro, iMac, Mac Mini, MacBook Pro, dan MacBook Air. Paten ini, yang diajukan pada 2001 dan diterbitkan pada 2006, melingkupi “sebuah sistem untuk memberikan kontinuitas antara penerima pesan dan metodenya.”

Motorola menjelaskan bahwa iMessage dari Apple untuk iOS dan Mac OS X melanggar klaim dari paten yang mencakup “sejumlah messaging client  dalam sistem pengiriman pesan komunikasi untuk memberikan kontinuitas antara bermacam messaging client yang terdiri dari: messaging client pertama, untuk mendirikan sambungan komunikasi pertama termasuk sejumlah dari data klien dengan server pesan; dan messaging client kedua untuk menerima beragam data klien dari messaging client pertama dan memebangun sambungan komunikasi kedua termasuk pluralitas dari data klien dengan server pesan.”

Motorola berfokus pada bagaimana iMessage menyediakan messaging client umum antara perangkat iOS dan Mac OS X, di mana pengguna dapat melakukan “percakapan dalam perangkat OS X Mountain Lion seperti MacBook Air, dan melanjutkan percakapan tersebut di dalam perangkat lain yang menjalankan ‘iMessage’ mesagging client di software iOS 5, seperti iPhone 4S.”

Tambahan lainnya dari paten yang diduga dilanggar oleh iOS adalah kemampuan  "Geographic-temporal significant messaging"; "Markup language for interactive services and methods thereof"; "Apparatus, method and system for multimedia control and communication"; "Apparatus and method for handling dispatching messages for various applications of a communication device"; "Method and apparatus for obtaining and managing wirelessly communicated content"; dan "System and method for managing content between devices in various domains."

Motorola melakukan segala cara untuk mencegah segala jenis iklan, distribusi, atau penjualan atas produk iOS dan Mac yang diimpor ke AS. Motorola mengatakan melarang seluruh perangkat Mac dan iOS tidak akan memberikan pengaruh besar dalam konsumen AS.

Apple dan Motorola telah saling melemparkan gugatan paten di seluruh dunia, tapi kebanyakan berfokus pada smartphone dan tablet. Dengan kemenangan besar yang diperoleh Apple terhadap Samsung, Google menjadi lebih menekan dengan Motorola-nya. Nampaknya tidak mungkin Motorola akan memenangkan pelarangan impor pada perangkat iOS dan komputer Mac, tapi hal itu bisa saja terjadi apabila ada langkah berani dan menarik.

 

(Richaldo Hariandja)

 

Cari Pom Bensin Shell Terdekat dengan Shell Motorist Application

Posted:

Sammy de Guzman, GM Retail Sales & Operations Shell Indonesia

CHIP.co.id - Shell mengumumkan peluncuran Shell Motorist Application yang merupakan aplikasi mobile baru untuk para pengemudi di Indonesia. Aplikasi mobile ini merupakan inovasi terbaru dari Shell yang diterapkan untuk sistem operasi Apple dan Android yang bertujuan untuk mempermudah pengemudi saat berkendara.

Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan lebih banyak informasi berharga karena dirancang khusus untuk membantu pengendara merencanakan perjalanannya dan membantu memelihara kendaraan dengan baik.

Fungsi-fungsi dari Shell Motorist Application mencakup:

  • Peta Interaktif (interactive map) yang menunjukan lokasi pom bensin Shell terdekat. Para pengguna juga dapat mempermudah pencariannya melalui pilihan jenis bahan bakar atau melalui ketersediaan fasilitas yang ada di pom bensin tersebut.
  • Layanan perencana rute terbaru (new route planner) memungkinkan para pengemudi untuk merencanakan dan memvisualisasikan perjalanan mereka. Fitur ini dirancang guna membantu pengemudi menemukan jalan atau rute terbaik menuju tujuan sekaligus memberikan perkiraan biaya perjalanannya.
  • Sistem kalender untuk mengingatkan pengemudi (motoring reminders calendar) yang memungkinkan pengemudi dapat mengatur serangkaian pengingat untuk tiga kendaraan yang berbeda. Fitur ini termasuk pengingat waktu pembayaran pajak kendaraan dan tenggat waktu pembayaran asuransi, pengingat waktu servis kendaraan, dan pengingat pemeriksaan kendaraan termasuk tingkat angin, oli dan tekanan ban.
  • News Alert yang menampilkan berbagai promosi dan penawaran terbaru dari Shell serta berita mengenai produk.
  • Informasi mengenai Shell dan produk - produk Shell.

Untuk pertama kalinya melalui aplikasi Shell, pengemudi akan memiliki akses ke informasi terkini di 20 negara yang berbeda guna membantu dalam merencanakan perjalanan secara lebih efisien. Selain itu, pengguna aplikasi ini juga dapat mengakses informasi saat sedang mengemudi di dalam maupun luar negeri tetap diingatkan mengenai pemeliharaan kendaraan mereka dan cara terbaik untuk menggunakan fasilitas-fasilitasserta penawaran pelanggan Shell.

“Shell selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman berkendara bagi seluruh pelanggannya. Oleh karenanya, kami berkomitmen untuk menginvestasikan sumber daya dalam jumlah besar melalui penelitian dan pengembangan guna memastikan terciptanya produk-produk inovatif kami, seperti Shell Fuel Economy Formula yang baru saja diluncurkan pada bulan Januari 2012, serta beragam solusi seperti Shell Motorist Application. Dalam pandangan kami, aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia karena pengguna dapat mengakses langsung informasi-informasi terbaru yang relevan sehingga rencana perjalanan dapat berlangsung dengan lebih efisien”, ungkap Sammy de Guzman, GM Retail Sales & Operations Shell Indonesia.

Shell Motorist Application kini dapat diunduh secara gratis melalui iPhone, iPod Touch, dan Android di 20 negara berikut: Indonesia; Thailand; Belgia; Denmark; Perancis; Jerman; Italia; Luksemburg; Belanda; Norwegia; Inggris; Turki; Singapura; Hong Kong; Malaysia; Kanada; Amerika Serikat; Hungaria; Afrika Selatan dan Australia.

Review Samsung Galaxy Note 10.1

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Samsung Galaxy Note 10.1 merupakan tablet teranyar keluaran vendor asal Korea Selatan, Samsung. Tablet ini diluncurkan di Indonesia pada akhir Agustus lalu, dan mulai dijual tepat tanggal 1 September lalu. CHIP.co.id juga sempat merasakan performa tablet ini dan menyajikannya dalam bentuk preview.

Kini, untuk memuaskan Anda, kami sajikan Samsung Galaxy Note 10.1 dalam format review berikut ini. Selamat menikmati.

Desain

Tablet yang masih dilarang beredar di Amerika Serikat ini memiliki bentuk yang, seperti jajaran tablet Samsung lainnya, berbentuk kotak dengan lekukan yang cukup seksi di tiap sudutnya. Tak ada perubahan yang signifikan dari sisi desain.

Note 10.1 memiliki ukuran 8,9 x 180,4 x 261,6 mm. Cukup mengecewakan juga Samsung "hanya" memberikan material plastik pada body karena membuatnya tampak ringkih. Namun, Note 10.1 cukup nyaman dipegang karena beratnya yang 600 gram (meskipun agak besar).  Layarnya yang berukuran 10,1 inci dan beresolusi 1280 x 800 ini juga enak dipandang.

Dari fisik, Samsung memberikan slot SD card dan SIM card di bagian atas Note 10.1. Selain itu, di bagian atas juga ada jack audio 3,5 mm, tombol volume, dan tombol unlock. Uniknya, terdapat pula sensor yang dapat digunakan sebagai remote televisi. Sedangkan di bagian bawah, hanya ada jack connector USB dan microphone.

Samsung juga memberikan sebuah stylus yang ditanamkan pada pojok kanan bawah Note 10.1. Speaker juga diletakkan di bagian depan kiri dan kanan di samping layar.

Software & Performa

Note 10.1 telah menggunakan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) sebagai OS-nya. Sebagai otaknya, Samsung membenamkan prosesor Exynos 1.4 GHz Quad-core. Terdapat tiga jenis kapasitas yang diberikan Samsung, yaitu 16, 32, dan 64 GB yang masih ditambah microSD hingga maksimal 64 GB dan RAM sebesar 2 GB. 

Galaxy Note 10.1 memiliki kemampuan multiscreen yang amat berguna untuk mendukung produktivitas Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menggunakan dua aplikas berbeda sekaligus pada dua sisi saling bersebelahan secara simultan. Anda dapat melihat halaman web atau video sambil menulis atau membuat sketsa ide dengan S Pen pada bagian layar sebelahnya.

Lalu, Anda juga dapat mencari dan memotong gambar, serta menggabungkan pada sisi layar lain untuk membuat catatan pribadi. Sayangnya, baru beberapa aplikasi saja yang dapat dibuka dengan fitur multiscreen ini, yaitu S Note, web browser, video player, e-mail, gallery, dan Polaris Office. Anda juga dapat menonton video melalui fitur pop up play, yang juga dimiliki Samsung Galaxy S 3.

Stylus (S Pen) pada Note 10.1 juga telah dioptimalkan dan memiliki kalibrasi 1.024 kali lebih sensitf dibanding S Pen pada phablet Galaxy Note. Apabila S Pen dikeluarkan, maka akan secara otomatis akan muncul shortcut ke aplikasi S Note, S Planner, Crayon Physics, Adobe Photoshop Touch dan Polaris Office. Anda juga dapat menyentuh layar dua kali menggunakan S Pen untuk akses cepat S Note melalui widget-nya.

Untuk aplikasi S Note pada Galaxy Note 10.1, memiliki dukungan shape match dan formula match. Dengan fitur Shape Match, gambar lingkaran, segitiga, dan persegi dapat otomatis disempurnakan menjadi bentuk yang lebih baik. Sedangkan pada fitur Formula Match, Anda dapat menyempurnakan tulisan numerik dan persamaan matematika sesuai standar digital, sehingga memberikan hasil perhitungan yang lebih baik. Akses pencarian data faktual serta topik pengetahuan komputasi dapat dilakukan melalui WolframAlpha untuk menghitung dan menyelesaikan berbagai formula matematika, fisika, statistik, dan lain-lain.

Jika muak dengan Stylus, Anda yang gemar menggambar masih bisa menggunakan jari dengan sangat nyaman. Berdasarkan pengalaman salah satu personel CHIP, melukis dengan jari masih lebih nyaman dibanding S Pen.

Kapasitas baterainya juga cukup jumbo, dengan kapasitas sebesar 7.000 mAh. Saat CHIP.co.id menggunakannya selama 8 jam non stop (browsing, sosial media, musik), Note 10.1 masih menyisakan sekitar 15% baterai.

Kamera

Note 10.1 memiliki dua buah kamera, yaitu 5 MP Auto Focus dengan LED Flash di belakang dan 1.9 MP di depan. Secara keseluruhan, kedua kamera ini cukup standar, tetapi rasanya jarang juga Anda memotret dengan tablet di tempat umum bukan?

Positif

  • S Pen-nya sangat intuitif.
  • Layar amat memuaskan.
  • Bisa multiscreen

Negatif

  • Kamera hanya 5 MP.
  • Tidak ada prubahan desain yang signifikan.
  • Material dari plastik.

Highlight

Secara keseluruhan, performa Note 10.1 cukup memuaskan. Harga yang dibanderol oleh Samsung juga menurut CHIP.co.id sebanding dengan Note 10.1. S Pen yang dimiliki juga sangat intuitif dan amat membantu.

Harga

Rp6.999.000

Nokia Menyindir Windows Phone 8 HTC

Posted:


CHIP.co.id - HTC baru saja memperkenalkan dua Windows Phone 8 baru, yakni HTC 8X dan 8S, membuat mereka menjadi salah satu penyedia perangkat telepon dari Microsoft. Saat pihak Nokia ditanyai mengenai pergerakan HTC ini, kepala pemasaran Nokia, Chris Weber, mangatakan bahwa pengumuman yang dilakukan HTC adalah suatu hal yang “baik untuk ekosistem Windows Phone.” Namun, Weber menyindir HTC hanya melakukan rebranding atas produk Windows Phone mereka.

Dia mengatakan bahwa “Ketika pihak lain mungkin mungkin secara taktis memilih me-rebranding produk mereka, Nokia membangun franchise Lumia secara eksklusif di seluruh Windows Phone.”

Nokia bukannya memperhalus kata-kata mereka, tetapi sangat jelas pesan di situ bahwa perusahaan tersebut berkomitmen terhadap Windows Phone 8 dengan perangkat Lumia 920 dan 820 mereka yang diharapkan tiba pada awal November.

Berikut pernyataan Weber selengkapnya:

“Hari ini ada kabar yang lebih baik untuk ekosistem Windows Phone 8. Ketika pihak lain mungkin mungkin secara taktis memilih me-rebranding produk mereka, Nokia mendorong waralaba smartphone terkemuka –yang kami sebut Lumia- secara eksklusif di seluruh Windows Phone. Dengan Lumia, kami menciptakan pengalaman berbeda yang sebenarnya seperti gambar PureView, locasi dan navigasi, wireless charging dan Nokia Music. Dan kami baru saja memulainya.”

(Richaldo Hariandja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar