Kamis, 27 September 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Dell Rilis Versi Terbaru Sistem Fluid Data pada Storage

Posted:


CHIP.co.id - Dell mengumkan solusi baru untuk arsitektur fluid data yang dapat membantu para pelanggan mengelola dan melindungi informasi bisnis mereka secara efisien. Setelah tahun 2011 lalu memperkenalkan sistem file dell fluid, Dell meluncurkan rilis terbaru dari sistem file fluid dengan Dell compellent FS8600 NAS baru.

Integrasi dari sistem file dell fluid dengan arsitektur compellent menjadi langkah terbaru dalam menawarkan para pelanggan kemampuan file di masing-masing storage dari dell - yakni: compellent, equalLogic, dan PowerVault.

Managing Director Dell Indonesia Pieter Lydian mengatakan, Dell ingin mengubah pola pikir dengan menghadirkan sistem storage yang bisa mengkompres data agar menjadi irit. 

Dengan mengintegrasi Sistem File Dell Fluid dengan arsitektur Compellent, Dell berusaha untuk memecahkan masalah yang terjadi saat hard disk atau media penyimpanan yang semakin lama semakin penuh.

“Bahasa mudahnya adalah dengan menambahkan memori pada storage agar menjadi lebih luas dalam daya tampungnya,” kata William Tan, Senior Manager Enterprise Storage South Asia Dell.

Generasi berikutnya dari jajaran Compellent, terdiri dari SC8000 dan FS8600, dirancang untuk menurunkan biaya total kepemilikan dengan mengelola virtualisasi, kemampuan untuk memperluas block dan file data tanpa melakukan upgrade forklift. Jajaran baru ini, termasuk new 2U, 6GB SAS yang menyediakan 12 unit 3,5” atau 25 unit 2,5” disk drive per lampiran.

Dell Compellent SC8000 berdasar pada sistem operasi 64-bit Compellent Storage Center 6.0 dan generasi ke-12 bagi desain berpengalaman Dell untuk platform tangguh dengan skala yang mampu memenuhi pertumbuhan bisnis dan data.

Sebagai platform tunggal untuk kedua block dan file data, SC8000 membantu menghilangkan biaya dan kompleksitas sebagai solusi yang terpisah. Penambahan simpanan akan dicapai melalui SC8000 dengan kemajuan yang memungkinkan terjadinya efisiensi energi yang lebih besar serta kemampuan untuk beroperasi di suhu yang lebih tinggi, untuk mendukung ide-ide terbaru tersebut.

SC8000 dibuat berdasarkan arsitektur SC40 Compellent yang memberikan ketersediaan bagi pelanggan sebesar 99,999 persen di 26 juta jam operasi yang dilakukan secara terus-menerus. Solusi terpadu yang beru memungkinkan pertumbuhan bisnis dengan lingkungan penyimpanan yang handal dengan menyediakan kelincahan lebih besar bagi para pelanggan untuk memperluas bisnis dan lingkungan penyimpanan yang ada secara bersamaan.

Dell Compellent FS8600 memberikan kinerja tinggi, dengan skala penyimpanan file yang terintegrasi dengan tiering otomatis Dell Compellent untuk memungkinkan efisiensi SAN dan NAS dalam solusi tunggal. hal ini membantu memberikan kinerja tinggi dan total biaya kepemilikan yang rendah dalam satu platform yang scalable. Solusi terpadu dari Compellent ini membantu mengelola pertumbuhan data dan mengontrol skala biaya secara mulus (seamlessly) untuk automated tiered storage capacity sebesar satu petabyte dalam sebuah single namespace,

FS8600 tersedia dalam dua pilihan yang mendukung koneksi 8GB Fibre Channel dan pilihan konektivitas 1GbE atau 10GbE ke jaringan pelanggan. Solusi Compellent terbaru ini dilindungi oleh award-winning Copilot Support Team, yang mempertahankan lebih dari 96 persen peringkat kepuasan pelanggan (berdasarkan survey Dell).

Penambahan Fluid File System untuk memperbaharui EqualLogic dan powerVault
Dell juga memperkenalkan generasi kedua dari EqualLogic dan PowerVault, yakni solusi NAS, yang menampilkan File System Fluid Dell – yakni: EqualLogic FS7600 dan PowerVault NX3600 dan NX3610.

FS 7600 (1GbE) dan FS7610 (10gbE) mengintegrasikan dengan sistem baru atau yang telah ada di jajaran EqualLogic PS Series guna memberikan integrated storage scale-out bagi lingkungan berkapasitas 1GbE dan 10GbE. Storage file dan block, termasuk dukungan terbaru untuk replikasi asychronous, yang dikelola melalui EqualLogic Group Manager dan mendapat scale untuk 509TB dalam single namespace.

NX3600 PowerVault (1GbE) dan NX3610 (10GbE) adalah generasi kedua PowerVault NAS dan sistem penyimpanan terpadu yang menawarkan dukungan terbaru untuk konektivitas SAN 10GbE dan memperluas kemampuan NX3500 sebelumnya. Seperti NX3500 ini, platform NAS mengelola beban kerja file dengan file dan metadata file yang disimpan pada array MDiSCI, yang memanfaatkan single pool kapasitas disk untuk block dan file data. Satu sistemPowerVault NX3600 mendapatkan scale untuk kapasitas sebesar 576TB. Sebuah solusi dual-NX3610 mendapat scale di dua peralatan untuk mendukung hingga kapasitas sebesar 1PB dalam single namespace.

Brocade 16GB Fibre Channel Switch Terbaru

Dell memperkenalkan Brocade 6505, sebuah entry-level Fibre Channel Switch berkapasitas 16GB terbaru untuk melengkapai jajaran menengah Brocade 6510 dan Brocade 8510  SAN backbone. Bersertifikasi untuk jajaran Dell Compellent, beberapa seri yang membantu menyederhanakan pengukuran desain jaringan secara bersamaan untuk mengurangi keompleksitas jaringan, manajemen, dan biaya, serta membantu memaksimalkan kepadatan port secara keseluruhan dan pemanfaatan ruang melalui konsolidasi besar-besaran pada San terdahulu.

Dengan menggabungkan arsitektur Dell Fluid Data dengan infrastruktur Brocade Fibre Channel berkapasitas 16GB, pelanggan Compellent Dell dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kehandalan dan kesederhanaan pada lingkungan SAN untuk melindungi aplikasi dan layanan generasi berikutnya melalui virtualisasi tertinggi, dengan memaksimalkan lingkungan cloud.

(Richaldo Hriandja)

Android 4.1 Jelly Bean Hadir di Indonesia

Posted:

 

JAKARTA, CHIP.co.id - CHIP berhasil mendapatkan update resmi (OTA) Android terbaru yang sedang booming, yaitu Android Jelly Bean (Android 4.1) melalui handheld Samsung Galaxy Nexus i9250, pada 12 September lalu. Jika CHIPers memiliki Galaxy Nexus, maka Anda dapat mengecek Nomor Bentukan (Build Number) Nexus anda yang terletak di Setelan >Tentang Ponsel (Settings > About Phone). Jika Nomor Bentukan Anda adalah JRO03C.I9250XWLH2, maka seharusnya Anda telah mendapatkan notifikasi untuk pembaruan sistem.

Pada Android 4.1 Jelly Bean terdapat peningkatan kesederhanaan dan keindahan Android 4.0. Berikut pengalaman CHIP setelah menggunakannya selama seminggu lebih:

  • Penggunaan segala fitur di Jelly Bean terasa cepat, lancar, dan halus. Perpindahan antara layar depan dan peralihan antar-aplikasi sangat cepat, seperti membuka halaman dalam sebuah buku.
  • Jelly Bean meningkatkan kinerja seluruh sistem, termasuk perubahan orientasi yang lebih cepat, respons cepat bila beralih di antara aplikasi-aplikasi yang terakhir dijalankan (recent apps), dan rendering yang halus dan lebih konsisten di seluruh sistem melalui vsync dan triple buffering.
  • Jelly Bean memiliki respons sentuhan yang lebih reaktif dan seragam, membuat perangkat Anda bahkan lebih responsif dengan meningkatkan CPU perangkat seketika saat Anda menyentuh layar, dan menurunkan kinerjanya ketika tidak diperlukan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Selain melakukan pembaruan seluruh kecepatan sistem -yang juga dikenal sebagai "Project Butter" ini-, Android Jelly Bean juga menyajikan fitur-fitur baru serta peningkatan performa aplikasi-aplikasi yang ada. CHIP akan mengulas fitur-fitur ini di artikel-artikel berikutnya, tetapi kali ini kami akan sedikit memberikan intipan fitur-fitur Jelly Bean yang cukup menarik perhatian yaitu Google Now, fitur baru Google Search dan Notification.

Google Now merupakan fitur terbaru yang dipasang dalam Jelly Bean. Google Now dapat diakses dari lock-screen maupun Tombol Beranda (Home Button). Secara garis besarnya, Google Now berisi Google Search di bagian kepalanya dan dilanjutkan dengan kartu-kartu informasi yang akan diperbaharui menyesuaikan keperluan Anda. Kartu-kartu yang disediakan antara lain: Weather card, Traffic card, Transit card, Places card, Flight card, Sports card, Currency card, dan Translation Card. Anda dapat melihat fungsi fitur ini lebih jauh di tautan berikut: http://www.google.com/landing/now/. Berikut kami juga sedikit memberikan tampilan dari Google Now:

Selain Google Now, Android Jelly Bean juga memperbaharui Google Search dan Google S Voice. Google Search kali ini dipadukan dengan Google Knowledge Graph, sehingga beberapa perintah pencarian seperti pengetahuan umum, cuaca, navigasi dapat ditampilkan dalam informasi yang tepat untuk Anda.

Panel notifikasi juga mengalami sedikit perubahan. Pada Android Jelly Bean, beberapa notifikasi akan menampilkan informasi langsung, sehingga Anda dapat membaca tanpa membuka aplikasi.

Dengan masuknya Android Jelly Bean melalui Galaxy Nexus, diperkirakan update Android Jelly Bean akan segera merambah ke device-device lainnya di Indonesia. Stay tuned di CHIP.co.id untuk berita-berita pembahasan berikutnya.

 

 

Review Game Final Fantasy Dimensions

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Matrix Software selaku developer menggandeng Square Enix sebagai publisher game dari Jepang belum lama ini meluncurkan game teranyarnya, Final Fanstasy Dimensions untuk platform iOS.

Dapat diunduh gratis di iOS, game yang menyuguhkan 13 level penuh tantangan, siap mengantarkan Anda ke pengalaman bermain game Final Fantasy di tahun 1990-an. Dengan grafik 2-D pixel art yang menggemaskan, Square Enix menggandeng Matrix Software memberikan permainan khas Final Fantasy ke Apple gadget Anda.

Mengambil kisah tentang sebuah kerajaan Avalon yang dahulu kala mengalami masa kelam akan peperangan besar dunia. Untuk mengembalikan kerajaan kembali ke masa kejayaan, terdapat dua orang pemuda yang saling bertemu bertugas menyelesaikan misi mengalahkan monster-monster menyeramkan.

Mengangkat genre Role-playing game (RPG), permainan ini berfokus pada dua kelompok yang berbeda, yakni; "Warriors of Light" yang terdiri dari seorang anak bernama Sol dan teman-temannya, kemudian terdapat "Warriors of Darkness" terdiri dari anak lain bernama Nacht dan para sahabatnya.

Jika Anda pernah dan memang menggemari game Final Fantasy, sudah pasti sudah tidak asing lagi di mana permainan ini mengantarkan Anda untuk menemukan petualangan tersendiri hingga menyelesaikan misi-misi yang harus dipecahkan.

Selain mengharuskan pemain menyelesaikan permainan menggunakan taktik, game ini juga memberikan kemudahan untuk pemainnya mengatur strategi dengan menggunakan sistem pekerjaan (job). Untuk mengalahkan monster yang kuat, pemain diharuskan memiliki kemampuan yang mumpuni dengan memperkaya keterampilan setiap role player yang didapatkan setelah menyelesaikan level. Pekerjaan utama yang dapat dimainkan oleh delapan karakter utama, adalah; Freelancer, Warrior, Monk, Thief, Red Mage, White Mage, Black Mage, dan Summoner.

Meskipun dikemas di dalam platform Android ataupun iOS, game Final Fantasy Dimension akan membuat Anda terbius untuk tidak mendongak sekejap, ataupun menyelesaikan permainan yang penuh tantangan tersebut.
Dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik karena Square Enix hanya menghadirkan game ini dalam bahasa Inggris.

Karena bermodel single-player, Anda akan menguasai panggung permainan tanpa ada yang bisa mengganggu taktik-taktik brilian Anda dalam menyelesaikan misi-misi yang tersedia.

Jadi, selamat mengunduh di iTunes Store dan memainkannya tanpa kenal waktu.

Selain Maps, Pengguna iPhone Juga Kurang Puas dengan iOS 6

Posted:


(Gizmodo)

CHIP.co.id - Sebagian dari Anda mungkin sudah banyak melihat olok-olok terhadap kelemahan maps iOS 6 di Internet. Namun, berdasarkan survey TechCrunch, kepuasan pengguna iOS 6 ternyata juga menurun jika dibandingkan dengan iOS 5.

Survey terhadap hampir 16.000 pengguna iPhone di Amerika Serikat itu menunjukkan bahwa kepuasan pengguna menurun drastis jika dibandingkan survei sebelumnya terhadap iOS 4 dan iOS 5.

"Sebelumnya kami selalu melihat peningkatan kepuasan konsumen terhadap perangkat ketika mereka mengupgrade sistem operasi dari satu versi ke versi lain," kata CEO On Device Alistair Hill, kepada TechCrunch, Rabu (26/9).

Selain masalah peta, yang diklaim lebih buruk dibandingkan dengan Google Maps, sebagian orang juga mengeluh tentang cara App Store menampilkan hasil pencarian. Namun, secara keseluruhan jumlah masalah pelanggan tersebut masih relatif rendah.

Selama ini Apple dikenal sebagai perusahaan yang mampu memuaskan para pelanggannya. Pengguna iPhone bahkan termasuk pelangan yang paling puas, melebihi Android, HTC, dan pembuat smartphone lainnya.

 

(Aulia Trisna)

Mesin Pencari Khusus Situs Porno Bisa Diakses dari Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - ICM Registry, orang-orang yang berada di balik pembuatan domain .xxx, meluncurkan mesin pencarian khusus situs pornografi, Search.xxx. Berdasarkan penelusuran CHIP, situs tersebut sudah resmi beroperasi, dan bisa diakses dari Indonesia, meskipun pemerintah sudah menerapkan blokir terhadap akses pornografi.

Tampilan Search.xxx dibuat layaknya mesin pencari Google, dengan tema yang bisa diganti; dark atau light. Seperti dijanjikan CEO ICM Stuart Lawley, Rabu (26/9), mesin pencari khusus buat orang berusia 18 tahun ke atas tersebut bebas dari iklan. Pengguna bisa memilih orientasi seksual saat melakukan pencarian. Tersedia juga pencarian dalam bermacam-macam bahasa.

Adapun di bagian Quick Search, pencarian dikategorisasi berdasarkan dengan beragam pilihan. CHIP tidak bermaksud mempromosikan pornografi, tetapi hanya memberitakan fakta apa adanya.

Mesin Pencari Khusus Situs Porno Diluncurkan Hari Ini

Posted:


CHIP.co.id - ICM Registry, orang-orang yang berada di balik pembuatan domain .xxx, berencana meluncurkan mesin pencarian khusus situs pornografi. Jika tak ada aral melintang, mesin pencari tersebut akan diluncurkan malam hari ini waktu Indonesia.

CEO ICM Stuart Lawley, Rabu (26/9) mengatakan bahwa sebanyak 21 juta halaman .xxx sudah dikategorisasi dan siap ditemukan di Search.XXX.

"Ini porno, hanya porno, semua porno. Saya membayangkan, ada banyak porno sebanyak yang dibutuhkan siapa pun," katanya.

Lawley menjanjikan para pengakses situs pornografi melalui mesin pencari tersebut akan bebas dari ancaman firus karena mereka menggunakan sistem keamanan buatan McAfee. Selain itu, pengguna juga akan bebas dari iklan, dan privasinya terjaga. Berbeda dengan mesin pencari Chrome atau Safari, Searc.XXX tidak akan menyimpan riwayat pencarian.

"Pornografi itu sangat pesonal. Anda mungkin mencari waria cebol Brazil, dan Anda duduk di rumah bersama anak Anda atau istri Anda mengatakan, 'Ayo pergi liburan ke Brazil,' dan selanjutnya, mesin pencari Chrome atau Safari menunjukkan dalam riwayat pencarian bahwa Anda pernah mencari waria cebol Brazil," katanya.

Lawley menambahkan, tujuan ICM meluncurkan mesin pencari tersebut adalah untuk memberikan kemudahan dan kecepatan bagi para pengguna sekaligus bersih dari iklan yang mengganggu.

SanDisk: 2,7 Zettabyte Dikonsumsi Selama Tahun 2012

Posted:


CHIP.co.id - Menurut SanDisk, tahun ini orang akan menciptakan dan mengkonsumsi 2,7 zettabytes (ZB) konten digital. Konten-konten ini termasuk film, musik, dokumen, dan data lainnya. Ini merepresentasikan 20 kali jumlah konten digital tahun 2005.

“Memori flash memerankan peranan penting dalam memungkinkan ledakan konten karena biayanya yang rendah, penggunaannya yang meluas oleh pelanggan dan pekerja profesional,” Mario Morales, vice president, semiconductors and EMS, IDC. “Baik itu tablet yang memungkinkan pelanggan mengakses informasi saat berada di jalan atau server dibalik situs media sosial, memori flash memungkinkan adanya aplikasi paling popular saat ini.”

Konektivitas Awan

Era informasi baru saja dimulai dan dalam waktu tiga tahun semesta konten digital akan menjadi tiga kali lipat, 8 ZB, menurut IDC1. Server semakin meningkatkan penyimpanan dan pendistribusian jumlah besar informasi melalui jaringan sosial, database bisnis, layanan video streaming dan aplikasi berbasis awan lainnya. Saat konten digital berproliferasi, organisasi TI melengkapi diri mereka dengan server-server generasi berikutnya, dibantu oleh SSD untuk mengatasi peningkatan data yang pesat

“Memori flash meluas ke awan,” kata Joseph Unsworth, research vice president, Gartner.” Pusat data menggunakan solid state drive berbasis memori flash untuk menawarkan kelebihan yang menarik bagi perusahaan awan karena SSD menawarkan alat yang paling hemat untuk mendistribusikan informasi lebih cepat dalam infrastruktur yang telah ada, seringkali disebabkan karena peningkatan besar pada kinerja HDD. Hal-hal ini dan kelebihan lain adalah alasan kami mengantisipasi penjualan unit SSD enterprise untuk meningkatkan penjualan mereka sebanyak 250 persen dalam empat tahun mendatang."

Komputasi Mobile

Ponsel cerdas dan tablet yang menggunakan chip memori flash yang dibenamkan tengah mengalami ledakan dan laptop super tipis menggunakan SSD berbasis memori flash mendefinisikan kembali kategori notebook. Karena memori flash, perangkat-perangkat ini sangat responsif dan menawarkan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam form factor yang lebih kecil, ringan dan lebih tahan banting.

"Lima puluh tahun dari sekarang, orang akan melihat kembali dan menyadari bahwa memori flash adalah salah satu dari kemajuan teknologi paling penting dari jaman kita," kata Tim Bajarin, analyst dan futurist, Creative Strategies. “Untuk perusahaan di dunia, memori flash telah merevolusi bisnis mereka dari bagaimana mereka mendesain produk hingga ke cara bagaimana pelanggan menggunakannya.”

Jelajahi Keindahan Bawah Laut dengan Google Maps

Posted:


CHIP.co.id - Google menambahkan fitur foto-foto panoramik di bawah permukaan laut untuk Google Maps, Rabu (26/9). Dengan foto-foto ini, Anda tidak perlu belajar untuk menjadi seorang scuba diver untuk mengunjungi dan menjelajah enam batu karang yang paling terkenal di dunia. Sekarang, siapa pun bisa menjadi Jacques Cousteau berikutnya secara virtual dan menyelam dengan penyu laut, ikan dan manta ray di Australia, Filipina dan Hawaii.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Maps untuk mencari satu penyu laut yang berenang bersama-sama grup ikan, ikuti satu manta ray dan nikmati matahari terbenam di lautan lepas, seperti apa yang telah dilakukan oleh berbagai diver yang mengunjungi Great Barrier Reef.  Anda juga bisa belajar lebih lanjut dengan World Wonders Project, sebuah situs internet yang mengunggah konten dari berbagai situs warisan dunia (world heritage sites).

Di Pulau Apo, sebuah pulau vulkanik dan suaka kelautan di Filipina, anda bisa melihat sebuah batu koral yang sangat tua, mungkin berusia beberapa ratus tahun.  Dan di tengah-tengah lautan Pasifik, di Hawaii, anda bisa mengikuti beberapa snorkelers di teluk Hanauma, Pulau Oahu, dan berenang ke koral batu karang yang sangat besar di kawah Molokini, Pulau Maui.

Google bekerjasama dengan Catlin Seaview Survey, sebuah studi ilmiah terbesar untuk batu karang (coral reefs) di dunia, untuk menyediakan foto-foto yang luar biasa ini bagi jutaan orang lewat fitur Street View di Google Maps. Catlin Seaview Survey menggunakan sebuah kamera yang di desain khusus untuk bawah air, SVII, untuk menangkap gambar-gambar unik ini.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang marine biologist, scuba diver berpengalaman atau takut sama air, kami harap anda bisa terjun langsung dan menjelajahi dunai lautan dengan Google Maps.  Anda juga bisa melihat koleksi bawah laut kita yang lengkap, termasuk Google+ Underwater Hangout dari Great Barrier Reef. Dan anda selalu dapat menikmati foto-foto dari seluruh dunia dengan mengunjungi situs maps.google.com/streetview.

Kecanggihan Nikon Seri D4 dan D800

Posted:

CHIP.co.id – Bertempat di basecamp Nikon Team, Rabu (26/09), Nikon menjelaskan spesifikasi kamera seri terbarunya, D4 dan D800. Dua kamera super canggih ini sebelumnya telah resmi diluncurkan pada acara Fokus di JCC bulan Maret 2012 lalu. Masing-masing kamera ini mempunyai beberapa keunggulan.

(Nikon D800/Nikonsa)

Seri D4 memiliki total pixel sebesar 16.6 million dan sensor FX-format 16.2 MP dengan sensitifitas ISO yang berkisar antara 100-12800, yang merupakan posisi paling tinggi saat ini. Kamera ini juga menawarkan tiga pilihan area gambar untuk video Full HD. 

(Nikon D4/Nikonusa)

Selain itu, seri ini juga mendukung 3D Colour Matrix, serta fokus point antara 51 atau 11 fokus point. Frame per second 10/11 dengan kontinu shooting dalam format FX hingga 200 frame.  Seri D4 juga mendukung Auto ISO Control, High Dynamic Range (HDR), dan dapat meningkatkan pengaturan White Balance.

Untuk media penyimpanan, seri D4 mencakup memori XQD, memori yang lebih cepat untuk merekam gambar, dengan bentuk memori yang lebih kecil. Kamera seri ini juga dapat mentransfer file melalui LAN, serta mencakup wireless WT-5. Seri D4 juga dilengkapi LCD wide angle 3.2 inci dengan Auto Brightness, dan baterai EN-EL 18. Salah satu keunggulan lain dari seri D4 ini adalah memiliki kemampuan silent shooting mode, yang dapat mematikan suara kamera saat Anda mengambil gambar.

“Seri D4 ini diklaim kecepatannya 22 kali lebih cepat dari pendahulunya, seri D3s,” ungkap Johnny Hendarta, salah satu koordinator Nikon Team Indonesia.

Spesifikasi seri D800 tidak jauh berbeda dengan D4. Namun, beberapa perbedaan memperlihatkan D4 lebih unggul dari pada D800 ini. Seri D800 memiliki 36.3 million piksel, dan kecepatan 4 frame per second dengan format FX. Sensitifitas ISO pada seri ini berkisar antara 100-6400. Seri D800 juga mendukung Auto ISO Control, High Dynamic Range (HDR), serta dapat meningkatkan pengaturan White Balance, sama dengan seri D4.

Untuk penyimpanan, D800 memiliki dual slot card. Pada seri D800 mendukung wireless WT-4. Seri ini juga dilengkapi dengan multi baterai MB – 112. Seri D800 ini cocok untuk Anda para penggemar fotografi fesyen yang mengutamakan ketepatan warna.

Kedua kamera Nikon terbaru ini juga mendukung konektivitas Hi-Speed USB, dan audio input Stereo mini-pin jack 3,5mm. Harga yang dibandrol untuk satu unit kamera seri D4 ini berkisar antara Rp60-64 juta, sedangkan untuk seri D800 dibandrol dengan harga sekitar Rp30 juta.

(Aulia Trisna)

Nikon Team, Komunitas Para Pengguna Nikon

Posted:

(Nikon D800/Nikonusa)

CHIP.co.id -  Bertempat di ‘basecamp’ Nikon Team Mangga Dua Square, Nikon Camera mengumumkan pendirian Nikon Team sebagai wadah komunitas para pengguna kamera Nikon, Rabu (26/9). Kantor Nikon Team ini terletak di kompleks Ruko Mangga Dua Square, Jakarta Utara.

Nikon Team sendiri didirikan dengan tujuan sebagai wadah komunitas para pengguna Nikon di Indonesia, untuk menyalurkan berbagai kegiatan fotografi mereka, seperti seminar, workshop, hunting, sharing, atau kegiatan lainnya antar sesama pengguna kamera Nikon. Manfaat lain yang juga ditawarkan dalam Nikon Team, kita akan mendapat kesempatan untuk mengetahui produk Nikon yang tidak muncul di pasaran, mendapat undangan khusus untuk acara-acara yang diadakan Nikon, dan lainnya.

Sebelumnya, komunitas Nikon ini juga sudah banyak mengadakan kegiatan. Salah satunya Nikon Goes to University, sebagai edukasi fotografi untuk para mahasiswa yang mempunyai komunitas fotografi.

“Harapan saya, melalui Nikon Team ini, dunia fotografi akan lebih maju dan bermanfaat,” ungkap Johnny Hendarta, salah satu koordinator Nikon Team.

Selain pendirian Nikon Team, dalam acara ini juga diumumkan spesifikasi seri Nikon terbaru, Nikon D4 dan D800, serta Behind The Scene dari beberapa fotografer profesional, seperti Johnny Hendarta, Pinky Mirror, dan Roy Genggam.

(Aulia Trisna)

SanDisk Rayakan Hari Jadi Memori Flash ke-25

Posted:


CHIP.co.id - SanDisk, pada Senin lalu (24/9) merayakan hari jadi memori flash yang ke 25. Saat ini, memori flash terkenal sebagai teknologi transformasional yang digunakan oleh miliaran pelanggan dan bisnis ponsel cerdas, tablet, laptop super tipis, pusat data, dan perangkat elektronik lainnya.

Perusahaan seperti SanDisk, telah meningkatkan kapasitas memori flash sebesar 30.000 kali, dan di saat yang sama mengurangi biaya hingga 50.000 kali dalam dua dekade terakhir. Produk SanDisk yang pertama, 20 megabyte solid state drive (SSD), dijual dengan harga USD1.000 tahun 1991, kini hanya berharga dua sen.

Efisiensi ini telah mendorong pemakaian luas memori flash dan memungkinkan gaya hidup digital cerdas dengan akses dari mana saja dan kapan saja ke konten digital. Memori flash mendorong tiga kekuatan dibalik tren ini, yaitu komputasi mobile, konektivitas yang meluas, dan proliferasi konten digital.

“Kami memulai SanDisk tahun 1988 dengan keyakinan bahwa memori flash bisa memungkinkan keseluruhan industri untuk  memperkaya kehidupan miliaran orang,” kata Sanjay Mehrotra, President, CEO, dan co-founder SanDisk.

“Permintaan akan flash tengah mencapai puncaknya dan saat ini merupakan saat yang menggembirakan untuk memimpin industri yang memiliki potensial sangat besar untuk masa depan.”

Data Center Emerson Berhasil Meraih Virtualisasi Hingga 80 Persen

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Emerson Network Power, yang merupakan salah satu bisnis Emerson dan pemimpin global dalam hal memaksimalkan ketersediaan (availability), mengumumkan hasil dari kinerja Data Center Emerson Global selama 3 tahun. Data Center ini terletak di lokasi perusahaan Emerson di St. Louis, Missouri. Dibangun pada tahun 2009 sebagai bagian dari usaha untuk mengkonsolidasikan data center Emerson secara global, ketersediaan, kapasitas dan efisiensi data center ini bekerja di atas ekspekstasi.

Selain berperan penting dalam usaha konsolidasi Emerson, tujuan lain dari data center seluas 35 ribu kaki persegi ini (lebih dari 10 ribu m²) adalah untuk menggunakan teknologi dan praktik terbaik yang sama yang direkomendasikan Emerson Network Power kepada para kastemernya.

Praktik terbaik pertama yang digunakan adalah roadmap Energy Logic Emerson Network Power untuk memandu tiap keputusan yang diambil demi memastikan penggunaan energi yang efisien dan mengoptimalkan ruang, daya dan pendinginan. Energy Logic menggunakan cascade effect (efek aliran bawah) yang terjadi ketika konsumsi energi yang lebih rendah pada tingkat komponen dan peralatan diperbesar dengan cara mengurangi permintaan atas sistem support.

“Saat memulai proyek ini, kami memperkirakan akan mendapatkan tingkat virtualisasi sekitar 70%, namun seiring waktu kami berkembang dan terus berkonsolidasi dan ternyata berhasil meraih tingkat virtualisasi 80% atau lebih,” ujar Jake Fritz, vice president of infrastructure and operations for Emerson.

Mengikuti tahapan-tahapan Energy Logic, Emerson mengklaim, data center beroperasi dengan efisiensi 39% lebih baik di atas efisiensi rata-rata data center yang ada saat ini. Bahkan, Energy Logic berperan penting untuk menjadikan data center bersertifikasi LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) dari U.S Green Building Council.

Proyek Energy Logic awalnya bertujuan meraih penghargaan LEED Silver namun di luar dugaan, proyek ini berhasil meraih LEED Gold berdasarkan pada praktik kelestarian lingkungan, material yang digunakan, kualitas lingkungan dalam ruang, penggunaan energi dan inovasi desain. Satu contoh penting misalnya penggunaan susunan panel matahari (solar) 100-kilowatt, yang setara dengan kemampuan menerangi 18 rumah sejak panel solar ini digunakan. 

Selain melalui virtualisasi, kapasitas data center yang sangat fleksibel merupakan hasil desain data center yang menggunakan skala tiga kali lipat. Namun ruang ekstra ini belum akan digunakan dalam waktu dekat. Antara virtualisasi dan efisiensi peralatan yang ditingkatkan, ada cukup lantai ungkit (raised floor) yang bisa digunakan untuk menangani kapasitas dan ekspektasi pertumbuhan hingga 3-5 tahun ke depan  

Game Conquista Fantasia Hadir di Google Play

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - Nijibox Co. Ltd. (Nijibox), game developer dan publisher dari Jepang baru saja mengumumkan bahwa game teranyar mereka, Conquista Fantasia telah siap diunduh di Google Play seluruh dunia.

Menggandeng Funnel Inc., game Conquista Fantasia diciptakan sebagai game yang berjenis free-to-play dengan genre RPG. Mengambil tema yang berlatar belakang abad ke-20, game ini menghadirkan kemampuan unik senjata untuk mengalahkan musuh, yang disebut dengan "Automata".

Dengan Automata, pemain ditantang untuk mengalahkan musuh yang berbentuk robot tidak akan berhenti-henti mencoba untuk menghancurkan Anda. Permainan ini akan selesai apabila Anda telah menyelesaikan misi, menyelamatkan dunia dari unsur magis dan pemberontakan robot.

"Anda dapat mengunduh game Conquista Fantasia secara Gratis! melalui Google Play dari desktop atau Android smartphone," ungkap Akira Tsukakoshi, Vice President Nijibox.

Game Costume Fantasia Hadir di KotaGames

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - NIJIBOX Co. Ltd. (Nijibox), developer dan publisher game asal Negeri Sakura, Jepang, baru saja mengumumkan game teranyarnya, Costume Fantasia telah hadir di KotaGames.

KotaGames yang merupakan social gaming platform di Asia Tenggara yang telah memiliki user lebih dari 2,5 juta, bekerjasama dengan Nijibox mendistribusikan game Costume Fantasia di Indonesia.

Game Costume Fantasia adalah permainan free-to-play dimana para penggunanya dapat memainkan kartu-kartu costume girl yang menarik. Seperti permainan kartu Yu-Gi-Oh! yang saling mengadu kekuatan yang ada di dalam kartu untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Selain di pasarkan melalui social gaming platform KotaGame, Nijibox telah memasarkan game Costume Fantasia melalui Mig33 sejak Juli yang lalu. Yang membuat game Jepang ini spesial adalah, para gamer dari Indonesia dapat memainkannya dalam Bahasa Indonesia.

Menanggapi perambahan pasar Costume Fantasia dari Mig33 ke KotaGame, Akira Tsukakoshi selaku Vice President Nijibox mengatakan bahwa: "Kami ingin masyarakat Indonesia dapat memainkan game Costume Fantasia diberbagai macam device. Untuk itulah kami mencoba meraih pasar di KotaGames yang memiliki koneksi dengan telko industri, seperti XL dan Telkomsel."

Tiga Program Berbahaya Baru Berkaitan dengan Flame

Posted:


CHIP.co.id - Kaspersky Lab mengumumkan hasil penelitian terbaru yang berhubungan dengan ditemukannya kegiatan mata-mata cyber Flame yang dibiayai suatu negara tertentu. Pada saat melakukan penelitian ini, Kaspersky Lab yang bekerjasama dengan badan keamanan cyber International Telecommunication Union (ITU), IMPACT, CERT-Bund/BSI dan Symantec, meneliti secara detail beberapa server Command and Control (C&C) yang digunakan oleh pembuat Flame.

Hasil analisis atas server C&C ini menemukan fakta baru yang mencengangkan tentang Flame. Salah satunya adalah adanya jejak tiga program berbahaya yang belum ditemukan, dan bahwa pengembangan platform Flame sudah dimulai sejak 2006.

Temuan-temuan utama dari penelitian ini antara lain:

  • Pengembangan platform C&C Flame telah dimulai sejak Desember 2006.
  • Server C&C disamarkan agar terlihat mirip Content Management System biasa dan untuk menyembunyikan sifat asli proyek ini dari provider hosting atau investigasi acak.
  • Server ini mampu menerima data dari mesin atau komputer yang terinfeksi menggunakan empat protokol berbeda; hanya satu dari empat protokol ini yang melayani komputer yang diserang oleh Flame.
  • Keberadaan tiga protokol lainnya yang tidak digunakan oleh Flame membuktikan bahwa setidaknya ada tiga program jahat lainnya yang terkait dengan Flame; sifat atau perilaku mereka sampai saat ini belum diketahui.
  • Salah satu dari obyek berbahaya yang terkait dengan Flame ini saat ini masih menyebar ‘di luar sana’.
  • Ada tanda-tanda bahwa platform C&C masih dalam pengembangan; satu skema komunikasi yang bernama “Red Protocol” terlihat disebutkan tetapi belum diimplementasikan.
  • Tidak ada tanda bahwa C&C Flame digunakan untuk mengontrol malware terkenal lainnya seperti Stuxnet atau Gauss.

Kegiatan mata-mata cyber Flame pertamakali ditemukan pada Mei 2012 oleh Kaspersky Lab saat melakukan investigasi yang digagas oleh International Communication Union. Menindaklanjuti penemuan ini, ITU-IMPACT bergerak cepat mengeluarkan peringatan ke 144 negara anggotanya berikut prosedur perbaikan dan pembersihan yang tepat.

Kompleksitas kode ini dan konfirmasi adanya hubungan atau link ke pengembang Stuxnet mengindikasikan bahwa Flame merupakan salah satu contoh kegiatan cyber canggih yang disponsori oleh suatu negara. Awalnya Flame diperkirakan mulai beroperasi pada tahun 2010 namun analisis awal terhadap infrastruktur C&C Flame (mencakup setidaknya 80 nama domain yang diketahui) menyatakan Flame mulai beroperasi dua tahun sebelumnya.

Temuan dalam investigasi ini didasarkan pada analisis atas konten yang diambil dari beberapa server C&C yang digunakan oleh Flame. Informasi ini berhasil didapatkan meskipun infrastruktur kontrol Flame langsung offline begitu Kaspersky menyebutkan keberadaan malware ini. Seluruh servernya beroperasi menggunakan operating system Debian versi 64-bit, divirtualisasi menggunakan kontainer OpenVZ. Hampir seluruh kode dalam server ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pembuat Flame menggunakan ukuran tertentu untuk membuat server C&C terlihat seperti Content Management System biasa untuk menghindari kecurigaan provider hosting.

Mereka juga menggunakan metode enkripsi canggih sehingga tidak ada ada orang lain, kecuali pembuatnya, yang bisa mengambil data yang diunggah dari komputer yang terinfeksi. Analisis atas skrip yang digunakan untuk menangani transmisi data ke para korban mengungkapkan adanya empat protokol komunikasi, dan hanya satu yang kompatibel dengan Flame. Ini berarti bahwa setidaknya ada tiga jenis malware lain yang menggunakan server C&C ini. Ada cukup bukti untuk memperlihatkan bahwa setidaknya satu malware yang terkait dengan Flame masih beroperasi ‘di luar sana’ atau belum ditemukan. Program-program berbahaya ini belum ditemukan.

Hasil penting lain dari analisis yang dilakukan adalah bahwa pengembangan platform C&C Flame telah dimulai sejak Desember 2006. Ada tanda-tanda bahwa paltform ini masih dalam proses pengembangan, karena ada protokol baru bernama “Red Protocol”, yang meski belum diimplementasikan  namun ada di server C&C Flame. Modifikasi terbaru terhadap kode server dilakukan oleh salah satu programmer-nya pada 18 Mei, 2012.

“Kami belum bisa mengestimasi jumlah data yang dicuri oleh Flame, meskipun kami telah menganalisis server C&C-nya. Pembuat Flame sangat lihai dalam menutupi jejak mereka. Namun satu kesalahan dari para pembuat Flame membantu kami menemukan data lebih yaitu bahwa satu server dimaksudkan untuk disimpan. Berdasarkan hal ini, kami melihat lebih dari lima gigabyte data diunggah ke server tertentu dalam satu minggu, dari lebih dari 5 ribu komputer yang terinfeksi. Ini jelas merupakan contoh kegiatan mata-mata cyber yang dilakukan dalam skala besar,” ujar Alexander Gostev, Chief Security Expert, Kaspersky Lab.

Nokia Perkenalkan Layanan Terbaru pada Browser Internet-nya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Saat acara peluncuran Asha 308 & 309 hari Selasa lalu (25/9), Nokia juga memperkenalkan dua layanan tambahan pada platform Xpress Browser Internet. Nokia mengklaim sebagai satu-satunya cloud-based web browser yang mendukung web apps.

Web tersebut diklaim mendukung layanan berikut ini:

  • Aplikasi berbasis web Nokia NearBy membantu pengguna untuk menemukan tempat-tempat baru dengan mencari lokasi terdekat dan menyajikan pilihan-pilihan tersebut pada peta. Layanan ini juga tersedia di Nokia Xpress Browser atau sebagai sebuah fitur dalam layanan Nokia Maps.
  • Aplikasi web Nokia Life+ akan memberikan kesempatan kepada jutaan pengguna untuk mengakses konten yang mencakup pendidikan, kesehatan, dan hiburan untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka. Nokia Life+ tersedia dalam bahasa Inggris di 18 negara, dengan versi bahasa lokal tersedia di India, Cina, dan Indonesia pada kuartal keempat tahun ini. Nokia Life+ dapat diakses melalui Nokia Xpress Browser atau Nokia Store.

Kedua layanan tersebut tersedia di smartphone Asha Touch.  Selain layanan-layanan tersebut, Nokia memperkenalkan alat pengembangan berbasis Web baru yang memudahkan pengguna untuk membuat aplikasi baru.

Dengan memanfaatkan Nokia Xpress Web App Builder pengguna mampu membuat aplikasi-aplikasi baru yang menarik untuk perangkat Asha Touch, bahkan non-pengembang dapat mengubah halaman web mereka menjadi aplikasi web yang menyenangkan dan canggih untuk pengguna Nokia.

Diunduh 25 Miliar Kali, Google Play Bagi-Bagi Diskon

Posted:

(screen shot)

CHIP.co.id - Jumlah unduhan terhadap aplikasi di Google Play store telah mencapai angka 25 miliar, hanya dalam waktu kurang dari empat tahun sejak diluncurkan.

Google play, yang sampai Maret lalu masih bernama Android Market, membuat pencapaian bersejarah itu pada hari ke-1435, atau tiga tahun 11 bulan. Sebagai perbandingan, prestasi serupa dicapai Apple Store hanya dalam waktu 1.334 hari atau di bawah tiga tahun 11 bulan.

"Kami menunggu 25 miliar unduhan selanjutnya," demikian pernyataan resmi Google, Rabu (26/9).

Untuk merayakan pencapaian ini, Google akan memberikan diskon harga terhadap bermacam aplikasi populer kepada para penggunanya. Pengembang aplikasi yang turut berpartisipasi dalam program ini, antara lain Gameloft, Electronic Arts, Rovio, runtastic, Full Fat, dengan menjual aplikasi mereka hanya seharga 25 sen.

Selain itu, Google juga mempromosikan koleksi 25 film yang harus dimiliki, 25 buku yang dilarang, 25 album yang mengubah dunia, yang ditawarkan dengan harga diskon.

Berminat? kunjungi saja Google Play sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar