Rabu, 01 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Lenovo Bergabung dengan EMC

Posted:


Beijing, CHIP.co.id - Lenovo dan EMC Corporation mengumumkan kemitraan luas yang meningkatkan posisi Lenovo dalam solusi server dan penyimpanan jaringan standar industri, serta secara signifikan memperluas jangkauan EMC di China dan pasar-pasar kunci lain yang tinggi pertumbuhannya.

Kemitraan baru ini diharapkan akan memacu inovasi dan R&D tambahan dalam pasar server dan penyimpanan dengan memaksimalkan talenta dan sumber daya pengembangan produk di kedua perusahaan, serta mendorong skala dan efisiensi dalam rantai pasokan masing-masing mitra.

Kemitraan ini memiliki dampak strategis yang kuat, karena memanfaatkan kekuatan dari masing-masing perusahaan, dalam tiga area utama:

  1. Lenovo dan EMC telah membentuk program pengembangan teknologi server yang akan mempercepat dan memperluas kemampuan Lenovo di segmen server standar industri x86. Server-server ini akan dihadirkan di pasar oleh Lenovo dan ditanamkan dalam sistem-sistem penyimpanan EMC yang terpilih seiring dengan waktu.
  2. Perusahaan-perusahaan ini telah mempererat hubungan OEM dan reseller di mana Lenovo akan menyediakan solusi-solusi penyimpanan jaringan dari EMC yang terdepan di industri untuk para pelanggannnya, mula-mula di China dan diperluas ke pasar-pasar global lain seiring dengan perkembangan yang berlangsung di bisnis servernya.
  3. EMC dan Lenovo berencana untuk membawa sejumlah aset dan sumber daya tertentu dari bisnis Iomega EMC ke dalam usaha patungan ini yang akan menyediakan sistem-sistem Network Attached Storage (NAS) ke usaha kecil dan menengah (UKM) dan situs-situs enterprise yang terdistribusi.

“Kemitraan ini akan membantu kami untuk sepenuhnya  menjalankan strategi PC-plus kami dengan memberi kami kemampuan back-end dan pondasi bisnis yang kuat di bidang server dan penyimpanan, selain posisi kami yang kuat di bidang perangkat," kata Yuanqing Yang, Chairman dan CEO Lenovo.

Joe Tucci, chairman dan CEO, EMC, menambahkan,”Hubungan dengan Lenovo merupakan peluang yang kuat bagi EMC untuk secara signifikan memperluas kehadiran kami di China, pasar yang sangat penting dan berkembang pesat, dan diperluas lagi ke bagian-bagian lain dunia. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Lenovo ketika kami memfokuskan energi gabungan kami untuk melayani pelanggan yang lebih luas dengan solusi-solusi penyimpanan dan server terdepan di industri.”

Dalam usaha patungan tersebut, Lenovo akan menyumbangkan uang tunai, sementara EMC akan menyumbangkan sejumlah aset dan sumber daya tertentu. Ketika resmi berdiri, Lenovo akan memegang kepentingan mayoritas  dalam usaha patungan yang baru ini.

Selama dan setelah transisi dari operasional independen ke usaha patungan, para pelanggan akan tetap mendapatkan layanan, pengiriman produk dan pemenuhan garansi yang terus-menerus. Usaha patungan ini masih harus memenuhi prosedur pendirian yang lazim, termasuk persetujuan dari regulator dan diharapkan akan tuntas pada akhir 2012.

Kemitraan yang digambarkan di sini tidak begitu berpengaruh terhadap hasil-hasil keuangan tahun fiskal berjalan.

Sony Xperia Tablet, Gabungkan Konsep Surface dan iPad

Posted:


CHIP.co.id – Situs Jerman, Mobiflip menerbitkan foto penerus Sony Tablet S yang sekilas sangat mirip dengan tablet Surface besutan Microsoft. Tablet yang lebih tipis, lebih ringan, dan lebih bertenaga itu tampaknya akan diberi nama Xperia Sony Tablet.

Terdapat sejumlah perbaikan terhadap pendahulunya, termasuk prosesor Tegra 3; Android 4.0, storage 16GB, 32GB, atau 64 GB; 3G connectivity; dan baterai 6000Mah yang lebih baik untuk browsing dengan Wi-Fi selama 10 jam.

Sony mengatakan bahwa tablet Xperia setebal 8,8mm lebih tipis 42 persen dibanding Tablet S. Yang tak kalah menarik adalah keyboard yang sekaligus berfungsi sebagai cover, persis Microsoft Surface. Sony menjadikan keyboard tersebut untuk membungkus seluruh tablet, dan lipatan di bagian belakang untuk meniadakan kebutuhan terhadap penyangga. Sony seperti menggabungkan antara ide Microsoft dan aksesori Smart Cover iPad buatan Apple. 

Keyboard cover tersebut diperkirakan akan dibanderol USD99,99, sementara tabletnya sendiri berada di kisaran USD449,99 untuk model 16GB, USD549,99 untuk 32GB, dan USD649,99 untuk model 64GB atau lebih murah USD50 dibanding iPad untuk masing-masing tipe.

Sayangnya belum ada informasi kapan tablet tersebut akan dirilis. Sony Tablet S sebelumnya diluncurkan pada kuartal ketiga 2011.

Facebook Segera Ubah Semua Profil Pengguna ke Timeline

Posted:

CHIP.co.id – Dalam beberapa bulan ke depan Facebook akan memaksa seluruh penggunanya bermigrasi ke desain profil baru yang berisi timeline pengguna. Mereka yang belum mau beralih secara sukarela akan otomatis diubah halaman profilnya.

Perubahan desain ini diluncurkan Facebook sejak Januari lalu, tetapi sebagian pengguna masih mempertahankan desain lama dengan alasan tertentu. Perubahan ke desain baru secara keseluruhan sejalan dengan rencana Facebook meluncurkan perubahan pada halaman foto yang rencananya diluncurkan September mendatang.

Sebelum akhir tahun, pengguna yang masih mempertahankan desain lama akan melihat permintaan pada halaman sesudah login yang berisi tentang perubahan ke timeline. Pengguna diberi waktu seminggu untuk mempublikasikan timeline mereka sebelum otomatis diubah dan bisa dilihat semua orang yang berteman dengan mereka.

Facebook mengatakan, perubahan otomatis ini dilakukan agar semua orang mendapatkan pengalaman yang sama. Mungkin ada motivasi lainnya juga. Timeline dilengkapi menu “Recent Activity” yang menunjukkan apps yang digunakan pengguna, untuk menarik pengembang menggunakan platform Facebook. Ada juga perubahan pada halaman foto yang mendorong orang lebih banyak mencari dan menandai.

Path, Jejaring Sosial Baru yang Menyenangkan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Apakah Anda seorang yang aktif di jejaring sosial? Jika iya, apakah Anda sudah mengaktifkan akun Path pada gadget Anda? Jikalau belum, segera aktifkan aplikasi ini di gadget kesayangan Anda.

Pasalnya, Path - aplikasi jurnal pribadi, yang diluncurkan pada bulan November 2010 ini memiliki fitur yang menyenangkan yang lebih asik dari Facebook. Meskipun belum tenar seperti Facebook, Path yang baru saja memperbaharui versi 2.5.1, telah menarik minat banyak pengguna gadget dunia karena fitur hiburan tanpa batas yang disuguhkan di dalamnya.

Ada pun fitur-fitur yang dapat Anda maksimalkan saat menggunakan Path, seperti; share foto yang dapat langsung di edit dan penambahan pilihan 9 filter unik, check in place, update status, mention ke teman, dan Nike + FuelBand route.

Ada satu yang unik dari Path, terdapat fitur yang belum ada di social media lain yakni memberitahu teman Anda sedang mendengarkan playlist musik apa atau menonton video serta sedang membaca buku apa. Anda juga dapat berbagi kegiatan di Path ke teman-teman langsung ke Facebook, Twitter, Tumblr dan Email.

Jika sudah capai memperbaharui kolom Path, Anda dapat pamitan untuk tidur kepada teman-teman. Aplikasi ini juga dapat dinikmati dalam tujuh bahasa berbeda, di antaranya; Bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Norwegia, Cina Tradisional, Thailand, Melayu, Spanyol, Jepang, Swedia, Perancis, Korea, dan Cina. Jadi, dengan kemudahan akses bahasa Indonesia, maka pengguna aplikasi ini di Tanah Air dapat mengeksplorasi Path lebih jauh.

Selain dapat dinikmati di Apple Gadget, aplikasi Path juga dapat dinikmati para pengguna Android Gagdet yang dapat diunduh di Google Play.

Hanya Beberapa Jam, 1 Juta Pengguna Mendaftar Akun Outlook.com

Posted:


CHIP.co.id – Luar biasa! Baru diluncurkan beberapa jam saja, sebanyak satu juta orang sudah mendaftarkan akun e-mail di Outlook.com, pengganti Hotmail dari Microsoft. E-mail baru tersebut banyak meminjam konsep Windows 8, terintegrasi langsung dengan Facebook, Twitter, Skype dan lain-lain. Jika momentum ini berlanjut, keberadaan Outlook jelas akan mengancam dominasi Gmail.

 

 

Twitter Perkenalkan Penggunaan Simbol Cashtag

Posted:


CHIP.co.id - Melalui pernyataannya di akun resminya, Twitter memperkenalkan simbol $ (cashtag) (31/7). Simbol $ adalah simbol ketiga yang digunakan Twitter setelah simbol @ (mention) dan # (hashtag).

Simbol ini dapat digunakan untuk pencarian informasi mengenai saham dan perusahaan. Misalnya, $GE. Maka Anda dapat mencari informasi mengenai bisnis perusahaan GE dan sahamnya, serta informasi lain yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Diharapkan, dengan dihadirkannya simbol terbaru ini, pengguna Twitter tak perlu repot untuk mencari informasi tentang perusahaan yang diinginkan.

Google Chrome 21 Dioptimalkan untuk Retina Display

Posted:


CHIP.co.id – Google baru saja merilis web browser Chrome 21 yang dilengkapi beberapa fitur baru. Bagi pengguna MacBook Pro Retina Display, Chrome terbaru tampaknya pilihan menarik karena mendukung layar beresolusi tinggi tersebut.

Chrome 21 juga dilengkapi built-in webcam and microphone support. Dengan menggunakan HTML5 getUserMedia API, browser tersebut bisa menggunakan perangkat tanpa perlu plug-in seperti Flash dan Silverlight.

Bagi mereka yang konsern terhadap keamanan, Chrome 21 juga meminta izin terlebih dahulu sebelum mendapatkan akses. Yang terakhir, perangkat Google Cloud Print sekarang muncul dalam print dialog, dan sudah terhubung dengan gamepad support. Anda bisa mengunduh Chrome 21 di sini sekarang.

 

Dropbox Dihack Lagi

Posted:


CHIP.co.id - Menjalankan sebuah layanan online secara aman bukanlah pekerjaan mudah. Selain membutuhkan biaya, layanan online juga memerlukan kewaspadaan nonstop. Ini termasuk jenis pekerjaan yang akan selalu diuji secara teratur.

Bagaimana sebuah perusahaan merespon tantangan keamanan akan mendefenisikan perbedaan antara startup yang serius dan perusahaan yang layak lulus menjadi perusahaan besar.

Pada titik ini, Dropbox bisa dikatakan sudah gagal melewati ujian. Beberapa waktu lalu, pengguna perusahaan tersebut dibanjiri spam hingga memaksa Dropbox merekrut tim ahli dari luar untuk menyelidiki insiden tersebut. Belum selesai persoalan tersebut, kini muncul lagi kasus lebih buruk yang diumumkan oleh Vice President of Engineering Aditya Agarwal di blog resmi Dropbox.

“. Kami sudah menghubungi para korban dan membantu melindungi akun mereka.

Password yang dicuri tersebut juga digunakan untuk mengakses akun pekerja Dropbox yang berisi sebuah dokumen proyek dengan alamat email pengguna. Kami percaya akses yang tidak benar inilah yang mengakibatkan spam. Kami mohon maaf mengenai hal ini, dan telah meningkatkan kontrol untuk memastikan peristiwa ini tak terulang kembali.

Menjaga Dropbox aman merupakan inti dari tindakan kami, dan kami tengah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki keamanan Dropbox Anda bahkan jika password Anda dicuri..”

Dropbox kelihatannya tidak belajar banyak dari kesalahan mereka sebelumnya. Pada Juli 2011, Dropbox malu-malu mengakui bahwa mereka secara tidak sengaha telah menerbitkan kode di websitenya yang memungkinkan setiap orang sign in ke seluruh akun Dropbox tanpa kredensial.

Pengguna Twitter Mencapai 500 Juta Akun!

Posted:


CHIP.co.id - Baru-baru ini sebuah lembaga survei, Semiocast, mempublikasikan analisis mengenai akun Twitter. Lembaga berbasis di Paris ini mengumumkan bahwa Twitter telah mencapai 500 juta pengguna.

Dalam hasil analisis tersebut, tercatat bahwa Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah akun terbanyak. Dengan lebih dari 140 juta akun, Amerika Serikat berada di atas Brazil yang berada di peringkat kedua dengan lebih dari 40 juta akun. Indonesia berada di peringkat 5 dengan hampir mencapai 30 juta akun.

Semiocast juga menganalisa bahwa sekitar 517 akun Twitter baru telah dibuat selama bulan Juni 2012 lalu. Lagi-lagi Amerika Serikat menjadi negara dengan pertumbuhan tertinggi dengan lebih dari 30 juta akun baru. Untuk masalah peningkatan jumlah akun baru ini, Indonesia menambahkan sekitar 10 juta akun baru selama bulan Juni 2012.

Semiocast juga mempublikasikan analisa mereka mengenai kicauan para pengguna Twitter. Dari hasil analisanya, Jakarta tercatat sebagai kota teraktif untuk berkicau. Sedangkan Bandung, berada di peringkat 6.

Selamat Tinggal Hotmail, Hallo Outlook

Posted:

CHIP.co.id – Microsoft, Selasa (31/7) meluncurkan platform email terbaru yang diberi nama Outlook.com yang sekaligus menggantikan layanan hotmail. Outlook.com muncul dengan tampilan baru, dan fitur baru yang memungkinkan pengguna terintegrasi dengan akun Facebook, Twitter, Gmail, Yahoo!Mail, dan sejumlah layanan lainnya.

 

Tampil dengan tiga kolom, format Outlook.com tampak sudah akrab dengan pengguna yang biasa menggunakan Microsoft Outlook, namun dengan tipografi yang sama sekali baru. Tampilan ini juga enak dilihat karena terlihat bersih dari ornamen-ornamen yang tidak relevan.

Dengan Outlook.com, Microsoft hendak mengakhiri dominasi Gmail, menempatkan layanan utama Google itu sebagai pemain lama dan lelah yang siap pensiun. Mereka menunjukkan Gmail sudah berusia 8 tahun, antarmuka dan fiturnya tidak benar-benar modern. Gmail juga tidak cocok dengan media sosial lain kecuali Google +.

Terdapat empat menu utama dalam Outlook.com yang bisa dipilih pada panel di pojok kiri atas, yakni mail, people, calender, dan SkyDrive. Pada bagian mail, Microsoft memperkenalkan schedule clean up untuk membersihkan e-mail dari alamat tertentu atau dalam jangka waktu tertentu.

 

Ketika Anda membuka halaman email, di panel bagian kanan juga terdapat menu Messaging. Jika sudah terintegrasi dengan Facebook, Twitter, Gmail atau akun lainnya, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman-teman di daftar kontak tanpa meninggalkan halaman utama email.

 

Adapun halaman people berisi daftar kontak yang bisa diimport dari akun Anda lainnya. Sementara halaman calender sama dengan layanan sejenis lainnya, yang memungkinkan pengguna melihat agenda secara online, membikin pengingat acara-acara penting atau berbagi agenda dengan teman. Uniknya, tiap tanggal juga dilengkapi perkiraan cuaca.

Bagi Anda yang memerlukan storage besar untuk menyimpan dokumen, gambar atau hal lainnya, Microsoft menyediakan SkyDrive dengan kapasitas 7GB secara gratis. Dokumen yang disimpan bisa diatur apakah bersifat pribadi atau umum serta bisa diakses melalui smartphone dengan bermacam platform.

Tablet Gantikan Perangkat Hiburan Tradisional dalam Penerbangan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Hiburan dalam penerbangan (IFE – In-Flight Entertainment) merupakan bagian penting dalam sebuah program pemasaran maskapai yang mempengaruhi penetapan harga tempat duduk berikut dengan seluruh pengalaman lainnya. Aspek hiburan merupakan bagian pelayanan jasa paling rumit yang disediakan oleh maskapai selama masa penerbangan dan membutuhkan pemeliharaan dan perbaikan secara berkala.

Menurut Ravi Madavaram, Consultant Aerospace & Defense - Asia Pacific,  Frost & Sullivan, maskapai penerbangan bintang 5,  umumnya meningkatkan IFE setiap 4-5 tahun sekali sebagai upaya untuk menyediakan layanan terbaik dan terkini di kelasnya. 

“IFE juga merupakan salah satu bagian utama dari pemeliharaan pada saat pemeriksaan ketika transit, dimana dilakukan pemeliharaan atau perbaikan sistem IFE yang terpasang di kursi penumpang. Panasonic adalah pemimpin pasar dalam sistem IFE dan telah berkolaborasi dengan berbagai maskapai,” ungkapnya.

Sedangkan, AirAsia merupakan maskapai pertama yang memperkenalkan tablet sebagai IE di Asia Tenggara dan menyediakannya  dalam paket add-on sebagai salah satu sumber pendapatan mereka.

“Hal ini akan memacu lebih banyak maskapai penerbangan berbiaya murah (low cost carrier) dan kelas premium untuk menjadikan tablet sebagai IFE. Industri penerbangan membelanjakan sekitar US$1.2 miliar setahun untuk pemeliharan fasilitas IFE. Dengan ditambahnya tablet dalam fitur layanan IFE, dinamika dari segmen ini akan berubah signifikan dalam beberapa tahun ke depan,” papar Ravi.

Ia melanjutkan, “Panasonic saat ini menjadi pemimpin pasar di segmen ini dan Samsung relatif belum dikenal. Diuntungkan dengan suksesnya tablet merek Samsung di pasaran, diperkirakan Samsung akan meraih pangsa pasar yang cukup signifikan dalam waktu dekat.”

Sebaliknya, Eugene van de Weerd, Country Director, Frost & Sullivan – Indonesia, mengungkapkan bahwa Apple dengan produk tablet iPadnya diperkirakan tidak akan meraih pangsa pasar yang signifikan mengingat kakunya kebijakan pengembangan aplikasi sehingga lambat dalam beradaptasi dengan dinamika industri ini.

Digantikannya perangkat IFE tradisional oleh tablet, seluruh rantai nilai akan mengalami perubahan besar. Hal ini akan membuka aliran pendapatan baru selain makanan, asuransi dan alokasi tempat duduk bagi penerbangan berbiaya murah dan merupakan salah satu fitur yang relatif lebih mudah untuk diadopsi.  Oleh karena itu,  proses adopsi diperkirakan akan terjadi dengan cepat. American Airlines dan AirAsia, telah mengadopsi Samsung Galaxy Tab 10.1, sementara Qantas telah mengadopsi iPad, dan bermitra dengan Panasonic dalam hal solusi eXW .

“Dinamika industri akan berubah signifikan dengan terobosan besar Samsung di pasar. Penyedia layanan, pemeliharaan dan proses teknologi juga akan berubah mengikuti dinamika industri,” tambah Ravi.

Habiskan Waktu Ngabuburit Bersama Cat A Lot

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Satu hal yang paling membosankan saat melaksanakan ibadah puasa adalah menunggu waktu berbuka (ngabuburit). Maka banyak orang di Bulan Ramadhan biasanya mengisi waktu ngabuburit mereka dengan melakukan hal yang sangat menyenangkan, seperti; jalan-jalan, naik sepeda, window shopping, hingga bermain game.

Nah, salah satu game yang sangat cocok dimainkan untuk menghabiskan waktu ngabuburit adalah Cat A Lot.


Game Cat A Lot yang diciptakan oleh social game developer asal negeri Sakura, Nijibox Co. Ltd, menyuguhkan kucing-kucing lucu berwarna-warni yang apabila di tap akan menghasilkan poin.

Dibanderol harga USD0.99, game ini akan hanya membuat Anda lupa waktu menunggu bedug Magrib mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan menghilangkan kucing-kucing yang lucu tersebut. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengunduhnya di sini!

Nijibox Perluas Bisnis di Indonesia, Hadirkan Game Costume Fantasia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Besarnya pengguna Mig33 di Indonesia yang mencapai lebih dari enam juta user, rupanya memberikan harapan besar untuk Nijibox Co. Ltd., social game developer dari Jepang, untuk melebarkan sayap bisnis mereka di sini.

Mig33 yang biasanya lebih dikenal sebagai wadah komunikasi para penggunanya untuk chatting, belum banyak yang mengetahui kalau aplikasi ini juga dapat memainkan berbagai jenis games ringan, seperti; MigWars, Warewolf, Russian Roulette, dan Rock Paper Scissor. Nijibox pun semangat untuk mengenalkan jenis permainan baru di platform Mig33, agar para komunitas tersebut mampu merasakan jenis permainan yang biasanya hanya dapat dimainkan di smartphone, dapat hadir di future phone milik mereka.

"Kami ingin mengenalkan kepada komunitas Mig33 di Indonesia, jikalau Nijibox memiliki game yang atraktif untuk future phone," ungkap Akira Tsukakoshi, Vice President Nijibox saat ditemui di kantor CHIP.co.id.

Rencananya, dalam waktu dekat Nijibox akan menghadirkan game Costume Fantasia versi Bahasa Indonesia. Costume Fantasia adalah permainan free-to-play dimana para penggunanya dapat memainkan kartu-kartu costume girl yang menarik. Seperti permainan kartu Yu-Gi-Oh! yang saling mengadu kekuatan yang ada di dalam kartu untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

"Kami mencoba mencari peluang pasar di Indonesia. Salah satu tindakan strategis yang kami lakukan adalah menghadirkan game Costume Fantasia yang hadir dengan bahasa Indonesia, sehingga para penggemar game di Indonesia dapat merasakan pengalaman bermain game yang mudah dan menyenangkan," jelas Tsukakoshi.

Nijibox yang 100% dimiliki oleh Recruit dan mengklaim memiliki 2.2 juta pengguna ini juga membuka peluang kepada para developer atau bisnis patner lokal untuk bekerja sama menciptakan industri game Indonesia yang lebih inovatif lagi.

Ina-Geoportal BIG, Google Maps Ala Indonesia

Posted:


CHIP.co.id - Ina-Geoportal BIG merupakan sebuah peta yang mencakup informasi geospasial di Indonesia. BIG sendiri merupakan akronim dari Badan Informasi Geospasial (dahulu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional).

Nantinya, peta tersebut dapat digunakan oleh para developer aplikasi smartphone untuk mengakses peta informasi geospasial itu.

"Semua pihak dapat (mengakses data Ina-Goeportal) karena ada aturan yang mengizinkan dan sekaligus memperkaya konten kami," ujar Antonius Bambang Wijanarko, Kepala Bidang Metadata Badan Informasi Geospasial, dikutip dari Antara News.

Ada 12 tipe peta yang dapat digunakan di peta Ina-Geoportal yakni Batas Administratif, Citra, Citra Label dan Nama Tempat, Jalan Utama, Topografi, OpenStreet Map, Kelerengan Rupa Bumi, Kelerengan Rupa Bumi dan Label, Relief Rupa Bumi, termasuk 3 basemap yang berasal dari peta Bing yakni Bing Maps Aerial, Bing Maps Hybird, dan Bing Maps Road.

Ina-Geoportal BIG dapat diakses dengan membuka situs tanahair.net. Sebenarnya, situs ini akan diluncurkan pada tahun 2013 mendatang. Namun, saat ini juga telah dapat diakses.

Ditemukan Exploit Zero-Day Baru dalam Software Industri

Posted:

CHIP.co.id – Seorang peneliti keamanan dalam acara Def Con hacking conference di Las Vegas mengungkapkan sejumlah exploit zero-day baru dalam sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) yang digunakan untuk antarmuka dengan mesin industri.

 


SCADA menjadi terkenal bagi para peneliti setelah ditemukan bahwa worm Stuxnet menginfeksi sistem terseut untuk merusak mesin pemutar (sentrifugal) di fasilitas nuklir Iran tahun 2010. Tapi untuk kerapuhan keamanan yang terbaru ini, peneliti Wesley McGrew menyajikan Patient Zero (pandemik) yang tidak biasa: perangkat lunak berusia 17 tahun yang dibenci secara umum, Microsoft Bob.

 

Jika Anda tak ingat Bob, mungkin itu lebih baik. Tetapi, platform gagal itu tadinya dimaksudkan untuk membuat antarmuka Windows PC lebih mudah digunakan terdiri-dari “ruang” virtual yang dihuni oleh karakter kartun sebagai pengganti desktop drag-and-drop yang biasa. Bob juga memiliki celah keamanan, seperti ketika Anda lupa password Anda, kartun Anjing yang terlalu bersemangat akan menawarkan Anda kesempatan dengan hanya menganti password.

 

Bob mungkin sudah lama mati, tapi McGrew menunjukkan bahwa Bob mirip dengan Human Machine Interfaces (HMIs) –perangkat lunak “control panels” untuk sistem SCADA- dan menunjukkan bagaimana keduanya bisa dimanipulasi untuk mengizinkan akses yang tidak sah. McGrew mengatakan bahwa masalah antarmuka spesial-use seperti Bob dan HMI adalah keduanya bergantung pada kemampuannya untuk menjaga pengguna yang tak sah terkunci keluar dari sistem operasi multitasking yang dijalankan di atasnya. “Jika pengguna bisa keluar dari antarmuka itu dan menjalankan kode lain, selesai sudah,” katanya.

 

Dalam salah satu contoh perangkat lunak SCADA HMI yang rentan, Iconic Genesis32, McGrew menemukan bahwa “challenge code” di bagian bawah layar login bisa dengan mudah digunakan untuk mengambil password “darurat” dalam dua cara: baik dengan memintanya dari vendor dengan menelepon bantuan teknis atau dekode secara manual, yang seperti ditunjukkan McGrew sebenarnya jauh lebih mudah daripada kedengarannya. McGrew juga mencatat bahwa password HMI umumnya disimpan dalam XOR key yang mudah disusupi.

Indosat Drive Test Uji Jaringan di Semarang dan Surabaya

Posted:


CHIP.co.id - Memastikan bahwa layanan dan kapasitas jaringan yang telah disiapkan dapat digunakan dengan baik oleh pelanggan selama Ramadhan dan mudik Lebaran, Indosat mengadakan uji jaringan telekomunikasi selulernya di 2 kota yang menjadi jalur utama kegiatan mudik, yaitu Semarang dan Surabaya.

Uji jaringan atau drive test bertujuan untuk memastikan bahwa layanan Indosat di wilayah-wilayah yang menghubungkan berbagai daerah tujuan mudik tersebut dapat diakses dan dinikmati pelanggan dengan nyaman, lancar dan tanpa gangguan.

Beberapa parameter yang diukur, antara lain tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan bila pelanggan melakukan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS oleh pelanggan. Kecepatan pelanggan dalam melakukan browsing data juga diuji, termasuk vidoe streaming.

Uji jaringan dilakukan untuk semua layanan Indosat baik suara, SMS maupun data, di titik-titik dan jalur-jalur padat pemudik. Kegiatan ini pun dilakukan secara mobile terus-menerus (drive test) dari lokasi satu ke lokasi berikutnya.

Pengujian di Surabaya dilakukan di bandara Juanda yang menjadi penghubung penerbangan dari dan ke wilayah Indonesia Bagian Timur. Uji jaringan juga dilakukan stasiun Gubeng yang menjadi penghubung pemudik dari wilayah Barat ke Timur serta sebaliknya. Kebun Binatang Surabaya juga menjadi titik uji jaringan sebagai salah satu tujuan wisata pemudik saat Lebaran.

Dari uji jaringan di Surabaya, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 97.27%, tingkat call drop 0%, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 9 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Kebun Binatang Surabaya memperoleh hasil rata-rata kecepatan 3.02 Mbps. Untuk mengunduh (download) dokumen sebesar 73.67 MB dengan menggunakan perangkat smartphone, hanya membutuhkan waktu 2 menit.

Sementara itu uji jaringan di Semarang sebagai salah satu kota jalur mudik terbesar juga dilakukan di Bandara Ahmad Yani sebagai pintu masuk jalur udara. Kemudian di sepanjang jalur Semarang – Ungaran yang merupakan jalur utama yang cukup padat selama mudik Lebaran karena menghubungkan Jawa Tengah bagian utara ke kota-kota di bagian selatan wilayah tersebut.

Uji jaringan di wilayah ini juga menunjukkan hasil yang positif. Dari uji jaringan di Semarang, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 100 % (2G) dan 98% (3G), tingkat call drop 0 % (2G) dan 2% (3G),  tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 8 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Airport, Lawang Sewu, Terminal Banyumanik, Restauran Godong Salam Semarang memperoleh hasil rata-rata kecepatan 2.1 Mbps. Beberapa indikator pengukuran ini menunjukkan performasi bagus di kedua kota jalur mudik tersebut.

“Melihat performansi yang baik dari beberapa indikator pengukuran selama uji jaringan tersebut, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami selama masa mudik lebaran," ungkap Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Persiapan Indosat Hadapi Kenaikan Trafik Lebaran

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Indosat siap mendukung aktivitas komunikasi pelanggan selama bulan Ramadhan melalui berbagai layanan termasuk kesiapan jaringannya.

“Menyambut Ramadhan serta Idul Fitri tahun ini, Indosat meluncurkan berbagai program yang diharapkan dapat mendukung aktivitas selama masa tersebut. Selain meluncurkan berbagai program yang inovatif, Indosat juga mempersiapkan kualitas jaringannya agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama bulan Ramadhan serta masa mudik Lebaran”, demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Beberapa program yang dilakukan Indosat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggannya  antara lain:

Program Ramadhan Indosat 

Mengusung tema “Ramadhan Makin Penuh Berkah” Indosat telah menghadirkan program Gratis 3 Hari 3 Malam ++,  program VAS Berkah Ramadhan, program Berkah I-Ring Religi serta program Berkah Info Senyum bagi pelanggan selulernya setianya.

Peningkatan Kapasitas Jaringan

Memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, agar pelanggan selulernya  dapat menikmati semua program tersebut dengan nyaman, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasinya. Secara nasional, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa.

Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Miliar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga kuartal pertama 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408.

Kesiapan SNOC 

Indosat juga melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang telah hadir sejak tahun 2004.

Pada tahun 2010, SNOC menempati lokasi tersendiri di Serpong, Tangerang - Banten, dan menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi. SNOC akan memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.

Khusus selama masa Mudik Lebaran, SNOC akan mendukung pusat pemantauan performansi jaringan di Command Centre yang akan beroperasi sejak H-3 hingga H+3 Lebaran.

Indosat Command Center H-3 Sebelum Lebaran 

Khusus menjelang Lebaran atau H-3, setiap tahun Indosat membentuk tim internal yaitu Indosat Command Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional khusus selama Lebaran.

Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Axioo Neon BNE, Notebook Axioo dengan Prosesor AMD

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Jika sebelum-sebelumnya Axioo mengeluarkan notebook yang dipersenjatai oleh Processor Intel, kali ini Axioo ingin memberikan “rasa baru” dalam teknologi notebook yang diluncurkannya, dengan menghadirkan Processor AMD Dual Core di Axioo Neon BNE.

Axioo Neon BNE, regular notebook dengan tampilan bodi keseluruhan berwarna hitam dari bahan metal bertekstur. Neon BNE merupakan reguler notebook keluaran pertama dari Axioo yang menggunakan processor AMD dual core. Keunggulan prosesor ini terletak pada grafis yang ditampilkannya.

Neon BNE dilengkapi dengan graphic controller AMD Radeon HD 6290 Graphics yang mampu menampilkan kualitas grafis lebih baik. Dengan ketipisan sebesar 26 mm, dan berat 1,78 kg, Neon BNE juga dilengkapi optical disk drive untuk membaca dan menyimpan data pada sebuah CD/DVD. Ketahanan baterai selama pemakaian bisa sampai 5 jam.

Tujuan Axioo mengeluarkan Neon BNE adalah untuk memperluas pangsa pasar pengguna produk Axioo. Ada segmen-segmen pengguna tertentu yang lebih memilih notebook dengan processor AMD di dalamnya.

Neon BNE ditujukan untuk pengguna yang menginginkan notebook dengan kemampuan grafis yang baik, konsumsi daya lebih rendah. Terdapat turbo core yang dapat menjaga TDP lebih terkendali, sehingga kinerja processor menjadi lebih ringan.

Terdapat 3 unit USB 2.0 untuk transfer data, VGA out, jack untuk Mic/Headphone, card reader, LAN connector, WiFi, dan Bluetooth. Tak lupa juga Axioo menambahkan fitur HDMI yang dapat disambungkan pada TV HD.

Untuk menikmati teknologi AMD teranyar di dalam notebook yang dibanderol harga Rp2.999.000, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko komputer mitra Axioo di seluruh Indonesia.

Rayakan Masa-Masa Tak Terlupakan di Me The Musical dari Intel

Posted:


CHIP.co.id - Pengguna Facebook akan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan saat mengakses jejaring sosial media tersebut berkat “Me The Musical”, sebuah pengalaman online baru dari Intel Corporation untuk merayakan masa yang pernah kita lewati melalui sebuah film musikal.

“Me The Musical” menciptakan film animasi pribadi yang mengajak pengguna Facebook mengalami perjalanan menyenangkan mengunjungi event-event di dunia, melalui beragam lagu dan tarian.

“Kita harus mengenang berbagai peristiwa menarik di masa lalu  dengan tetap berfokus pada masa depan,” ujar Jayant Murty, Director of Brand Strategy and Integrated Marketing Intel Asia Pacific.

Perjalanan dimulai pada tanggal kelahiran si pengguna, kemudian bergulir dalam bentuk adegan-adegan musikal yang tampil dalam format tiap dekade, sejak era 1950-an hingga masa kini. Film ini juga memberi sentuhan pribadi dengan menyertakan teman-teman Facebook dan berbagai peristiwa penting yang terjadi dalam perjalanan hidup si pemilik akun.

“Hidup bergerak begitu cepat, jadi akan sangat menyenangkan untuk sesekali menengok peristiwa apa saja yang telah kita lalui,” ujar Stephanie Gan selaku Advertising Manager Intel Asia Pasifik.

Pengguna Facebook dapat mengunjungi intel.com/musical dan login menggunakan akun Facebook-nya.“Me the Musical” ini akan dibuka dengan adegan dongeng seekor bangau pengantar yang mengirimkan paket spesial pada tanggal ulang tahun si pengguna.

Sepanjang film musikal ini, si pemilik akun muncul sebagai avatar sederhana dan akan ditemani oleh berbagai avatar teman-teman di akun Facebook-nya. Mereka akan bergerak searah di sebuah alur yang merepresentasikan perjalanan waktu. Film ini diakhiri dengan langkah simbolik menuju masa depan.

"Inti dari ‘Me The Musical’ adalah merayakan berbagai macam hal dan kejadian yang kita alami bersama dan kemudian menyatukan kita,” ujar Murty.

Sina Weibo Kalahkan Twitter Saat Pembukaan Olimpiade London 2012

Posted:


CHIP.co.id - Sina Weibo, web pengekor Twitter yang berbasis di Cina, mengalahkan Twitter saat pembukaan Olimpiade London lalu. Apa yang berhasil dimenangkan Sina Weibo atas Twitter? Tak lain adalah jumlah kicauannya.

Saat pembukaan Olimpiade London lalu, Sina Weibo berhasil mengeluarkan sekitar 119 juta kicauan. Sedangkan Twitter sendiri mengklaim hanya 9,7 juta saja.

Inilah rincian pengguna di belahan dunia manakah yang berkicau paling banyak di dunia saat pembukaan Olimpiade London lalu:

  • Cina 114.570.000 kicauan
  • Britania Raya 2.400.000 kicauan
  • Amerika Serikat 2.380.000 kicauan
  • Australia 390.000 kicauan
  • Afrika Selatan 12.000 kicauan

Saat ini, Sina Weibo mengklaim memiliki lebih dari 300 juta pengguna yang terdaftar. Sebenarnya, jumlah ini lebih sedikit dibandingkan pengguna Twitter yang mencapai miliaran. Dilansir dari Techinasia, hal ini kemungkinan karena pengguna Sina Weibo dapat menggunakan fasilitas yang lebih baik dibanding Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar