Jumat, 03 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Sudah 1.447 Peserta Mendaftar INAICTA 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Industri TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tidak dapat dipungkiri lagi saat ini telah menjadi salah satu keunggulan kompetitif dalam bersaing bagi suatu negara. Sebagai produk yang dihasilkan dari kreativitas dan kemampuan ilmu pengetahuan, industri TIK menjadi sandaran masa depan yang tidak akan habis untuk digali dan dikembangkan.

Dengan latar belakang tersebut, INAICTA (Indonesia ICT Award) kembali diadakan. Saat ini, INAICTA 2012 adalah ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-6, INAICTA yang diselenggarakan untuk mendorong terus berkembangnya produk-produk TIK lokal dibarengi dengan peningkatan kualitasnya.

Dengan mengambil tema; "Creativity Breakthrough, Mendorong Tumbuhnya Kreativitas Industri TIK Lokal Menuju Pasar Global", INAICTA 2012 sejak diresmikan tanggal 10 April 2012, sudah terdapat 1447 peserta yang mendaftar hingga per tanggal 30 Juli 2012.

A. Haryawirasma (Rasmo), Ketua Tim Pelaksana INAICTA 2012 mengatakan, “Kami sangat senang memasuki tahun ke 6 penyelenggaraan INAICTA terus menjadi ajang yang diminati oleh tidak hanya pengembang perseorangan, tapi juga bagi perusahaan-perusahaan lokal. INAICTA merupakan lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia."

Jumlah perserta tersebut terdiri dari:
•    290 akun terdaftar sebagai Professional - Individu.
•    217 akun terdaftar sebagai Professional - Kelompok.
•    192 akun terdaftar sebagai Professional - Perusahaan/Lembaga.
•    310 akun terdaftar sebagai Student - Individu.
•    438 akun terdaftar sebagai Student - Kelompok

Selain mengadakan kompetisi, INAICTA 2012 juga mengadakan eksebisi Green IT untuk mensosialisasikan peran TIK dalam menanggulangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim. Pihak-pihak yang dapat berpartisipasi dalam eksebisi ini adalah perusahaan yang produk ataupun layanannya telah mengadopsi go green seperti hemat energi, meminimalkan limbah yang tak ramah lingkungan, hingga inisiatif memanfaatkan energi yang terbarukan bagi perangkat TIK.

Rasmo menambahkan, menambahkan ”Rangkaian acara INAICTA 2012 ini akan sampai pada acara puncaknya tanggal 14 – 15 September 2012 di Jakarta Convention Center (JCC) dimana akan diselenggarakan Digitalpreuner Program, Roadshow, Publikasi dan Promosi, Konferensi, Workshop, Ekshibisi yang dapat dikunjungi untuk memperlihatkan kreativitas dan inovasi dari para talenta muda TIK Indonesia serta acara Penganugerahan INAICTA 2012.” demikian tutup Rasmo.

Gingerbread Masih Jadi Android Terpopuler

Posted:


CHIP.co.id - Google telah merilis versi Android terbarunya, Jelly Bean (Android 4.1). Namun, saat ini masih belum terlalu dominan di pasaran. Terbukti dari diagram dan tabel di atas.

Tercatat, Gingerbread masih menguasai pangsa pasar Android di seluruh dunia. Gingerbread unggul jauh dari peringkat kedua, Ice Cream Sandwich dengan selisih sekitar 44 %. Lalu, Frozen Yoghurt (Froyo) berada di peringkat selanjutnya dengan 15,5 %. Sementara Jelly Bean, yang notabene merupakan seri terbaru, hanya memiliki pangsa pasar sejumlah 0,8 %.

Diagram dan tabel ini dibuat oleh developers.google.com berdasarkan pada jumlah perangkat Android yang mengakses Google Play dalam jangka waktu 14 hari yang berakhir pada tanggal 1 Agustus lalu.

83 Juta Akun Facebook Palsu, Indonesia Termasuk Juara

Posted:


CHIP.co.id – Sebanyak 83 juta atau 8,7 persen dari akun aktif Facebook yang mencapai 920 juta per bulan adalah akun duplikat, spammer atau bukan benar-benar manusia. Jumlah akun palsu tersebut sedikit lebih besar di pasar negara berkembang seperti Turki dan Indonesia.

CNN Melaporkan bahwa Facebook secara aktif melacak pengguna yang melanggar aturan layanan dan menutup akun tersebut. Sekitar 4,8 persen dari pengguna aktif Facebook per bulan menggunakan akun duplikat dengan memakai nama palsu.

“Di Facebook kami sangat berkomitmen untuk mencari dan menonaktifkan akun palsu,” kata Chief Security Officer Faceebook Joe Sullivan kepada CNN baru-baru ini. “Seluruh platform kami didasarkan padaorang yang menggunakan identitas asli mereka.”

Facebook sudah menggolongkan ke-83 juta akun palsu tersebut ke dalam tiga kategori, akun duplikat, akun misklasifikasi dan akun yang tak diinginkan. Akun duplikat sebanyak 4,8 persen (45,8 juta). Berdasarkan syarat dan kondisi layanan, pengguna tidak diperbolehkan memiliki lebih dari satu akun personal Facebook atau membuat akun atas nama orang lain. Misalnya, orangtua membuatkan akun Facebook untuk anaknya adalah pelanggaran aturan karena anak di bawah 13 tahu dilarang memiliki akun Facebook.

Sementara akun yang misklasifikasi adalah profil personal yang dibuat untuk perusahaan, kelompok atau hewan peliharaan. Jenis profile semacam itu mencapai 22,9 juta. Sedangkan kelompok ketiga adakah yang terkecil, sekitar 1,5 persen dari akun aktif pengguna, tapi termasuk paling bermasalah. Ada 14,3 juta akun yang tak diinginkan yang dipercaya Facebook dibuat untuk tujuan khusus yang melanggar aturan perusahaan, misalkan untuk spamming.
 
"Kami percaya prosentasi akun yang ganda atau palsu lebih rendah di pasar negara maju seperti Amerika Serikat atau Australia dan lebih tinggi di pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Turki,” kata Faceboook berdasarkan sampling penelitian.

Dell Precision M4700 dan M6700, Mobile Workstation yang Andal

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Dell mengumumkan generasi berikut dari mobile workstation, yakni Dell Precision  M4700 dan M6700 bagi insinyur dan profesional di bidang desain yang membutuhkan performa dan kehandalan yang tak tertandingi ke manapun pekerjaan mereka menuntut.

Dell tetap membangun kepemimpinan workstation-nya dengan dua sistem baru-nya, yakni Dell Precision M4700 dan M6700 – merupakan mobile workstation berukuran 15-inci dan 17-inci yang paling tangguh dari Dell.

M4700 merupakan workstation mobile dari Dell berukuran 15-inci dengan portabilitas dan performa yang luar biasa, sementara Dell Precision M6700 memberikan kemampuan fixed workstation dan memiliki performa grafis yang lebih tinggi dengan layar berukuran  17-inci.

“Keluarga workstation mobile terbaru dari Dell ini menawarkan performa, kehandalan dan desain tanpa kompromi,” kata Pieter Lydian, Managing Director Dell Indonesia.

Performa Go-Anywhere

Dell Precision M4700 dan M6700 menggunakan prosesor-prosesor terkini dari Intel Core i5, i7 dan Extreme Edition dengan Turbo Boost Technology untuk mendapatkan performa yang optimal serta pilihan grafis profesional yang luas, termasuk kartu grafis NVIDIA Quadro K-series GPUS dan AMD FirePro. M6700 merupakan mobile workstation yang pertama dan satu-satunya yang menawarkan AMD FirePro M6000 dengan PCIe x16 Gen 3 untuk mendapatkan throughput data cepat.

Sebagai tambahan, Dell memberikan DDR3 SDRAM hingga 32GB system memory dan 1600MHz memory speed dan 1866MHz memory hingga 16GB, ini merupakan memori tercepat yang tersedia untuk mobile workstation, yang digunakan untuk mendapatkan performa tinggi dan akses cepat pada kumpulan data yang besar. Juga ditawarkan opsi SATA3 512GB solid state drive (SSD).

Kedua sistem tersebut memiliki ruang upgrade yang luar biasa dalam bentuk RAID 0/1/5 dan tiga perangkat storage dengan total storage hingga 1,8TB untuk M4700 dan hingga empat perangkat storage dengan total storage mencapai hingga 2,8TB untuk M6700. Ini berarti bahwa Dell Precision mobile workstation tidak hanya memberikan graphic-intensive designs dengan cepat, tetapi juga dapat menyimpannya secara lokal di manapun mereka berada.

Dengan memberikan janji sebagai pengganti desktop,  M4700 dand M6700 menawarkan port-port dengan rangkaian yang lebih luas, di mana memungkinkan penggunanya untuk melakukan koneksi ke berbagai format dan perangkat tanpa harus membawa dongles yang banyak, meningkatkan storage dan melakukan koneksi ke layar yang jumlahnya lebih banyak. Port I/O termasuk dua USB 3.0, dua USB 2.0 dan satu eSATA / USB combo port  dan tiga  integrated video ports - satu VGA, satu HDMI dan satu DisplayPort 1.2.

“Kami terus membangun sejarah dalam pengembangan teknologi workstation yang inovatif dengan menawarkan solusi NVIDIA 3D Vision Pro pertama, Gen 3 graphics dan 1866MHz memory  dalam mainstream mobile workstation, yang memungkinkan para pelanggan kami untuk memberikan pekerjaan dan desain yang kreatif menjadi nyata dengan cepat di manapun lokasi mereka," ujar Lydian.

Galaxy Note 2 Diluncurkan 29 Agustus

Posted:


CHIP.co.id – Samsung Electronics akan meluncurkan smartphone Galaxy Note terbaru pada 29 Agustus mendatang, atau diperkirakan dua minggu sebelum Apple meluncurkan generasi iPhone selanjutnya. Peluncuran smartphone dengan layar 5,5 inci itu akan dilakukan di acara Galaxy S III-style Samsung Mobile Unpacked di Berlin.

“Kami berencana untuk memperkenalkan Galaxy Note selanjutnya di acara Samsung Mobile Unpacked in Berlin pada 29 Agustus,”  kata juru bicara Samasung, Jumat (3/8) tanpa elaborasi lebih lanjut. Acara ini akan berlangsung dua hari sebelum pembukaan pameran perdagangan peralatan elektronik terbesar di Eropa, IFA.

Media di Korea Selatan berspekulasi Galaxy Note 2 mungkin akan berukuran 5,5 inci atau lebih besar dari pendahulunya, prosesor lebih cepat dan kamera yang lebih baik.

Seagate Gagal Capai Target Penghasilan Pada Q4

Posted:


CHIP.co.id - Seagate mengumumkan hasil finansial untuk kuartal dan tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012. Sepanjang kuartal keempat, dalam basis GAAP perusahaan tersebut mencatat pemasukan sebesar kurang lebih USD4,5 miliar, margin kotor sebesar 33,1%, penghasilan bersih sebesar USD1,0 miliar dan laba cair per saham USD2,37. Dalam basis non-GAAP, yang tidak mencakup dampak bersih dari beberapa barang tertentu. Seagate mengumumkan margin kotor sebesar 33,6% dan laba cair per saham sebesar USD2,41.

Selama kuartal Juni, Seagate menghasilkan sekitar USD1,4 miliar tunai dari operasional, dividen tunai berbayar sebesar USD106 juta dan menggunakan sekitar USD1,2 miliar untuk menebus hampir 45 juta saham biasa. Melewati paruh pertama dari tahun kalender 2012, Seagate telah menebus kira-kira 88 juta saham biasa, yang mewakili 19% dari semua kapitalisasi pasar perusahaan. Kas, barang-barang setara kas, kas terbatas, serta investasi jangka pendek semuanya mencapai total USD2,2 miliar di akhir kuartal keempat, yang merupakan kenaikan runut sebanyak USD67 juta.

Untuk tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012, dalam basis GAAP, Seagate mengumumkan penghasilan sebesar USD14,9 juta, margin kotor sebanyak 31,4%, pemasukan bersih sebesar USD21,9 miliar dan laba cair per saham sebesar USD6.49. Untuk dana di luar GAAP, perusahaan ini mencatat margin kotor sebesar 31,7% dan laba cair per saham sebanyak  USD6.75. Dalam tahun fiskal 2012, Seagate mengembalikan lebih dari 85% dari arus kas untuk para pemegang saham dalam bentuk dividen dan penebusan saham.

“Seperti yang kami umumkan sebelumnya, kami kecewa karena tidak mampu untuk mencapai angka penghasilan serta margin seperti yang telah kami rencanakan dalam kuartal keempat ini, yang menerima dampak dari terlalu cepatnya kebangkitan kembali industri setelah sebelumnya menemui gangguan rantai suplai dan permasalahan yang menyangkut kualitas penyuplai di daerah terpencil yang kami alami,” ujar Steve Luczo, CEO Seagate.

“Meskipun begitu, kami tetap merasa puas telah merampungkan pencatatan atas pemasukan dan pengiriman unit untuk kuartal Juni ini, sehingga Seagate dapat melanjutkan pengembalian nilai untuk para pemegang saham melalui dividen dan pembelian kembali saham.”

Western Digital Umumkan Catatan Keuangan di Tahun Fiskal 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Western Digital Corp. mengumumkan kenaikan pendapatan sebesar USD12,5 miliar dan laba bersih sebesar USD1,6 miliar, atau USD6,58 per lembar saham untuk tahun fiskal 2012, dibandingkan dengan tahun fiskal 2011, pendapatan sebesar USD9,5 miliar dan laba bersih sebesar USD726 juta atau US$3,09 per lembar saham.

Laba bersih non-GAAP, fiskal 2012 adalah sebesar USD2,1 miliar atau USD8,61  per lembar saham, dibandingkan dengan tahun fiskal 2011 laba bersih sebesar USD770 juta atau USD3.28 per lembar saham. Hasil fiskal GAAP dan non-GAAP tahun 2012 termasuk hasil dari anak perusahaan HGST yang baru diakuisisi  tanggal 8 Maret sampai dengan akhir fiskal 2012.

“Fiskal 2012 merupakan yang periode paling menantang dan menggairahkan di sepanjang 42 tahun sejarah kami,” ujar John Coyne, CEO Western Digital.

Untuk kuartal keempat yang berakhir pada 29 Juni 2012, Western Digital (WD) mengumumkan pendapatan sebesar USD4.8 miliar, pengiriman hard drive sebanyak 71,0 juta dan laba bersih sebesar USD745 juta, atau USD2,87 per lembar saham.

Laba bersih non-GAAP sebesar USD872 juta, atau USD3,35 per lembar saham. Kuartal tahun lalu, perusahaan ini mengumumkan pendapatan sebesar USD2,4 miliar, laba bersih sebesar USD158 juta, atau USD0,67 per lembar saham, dan mengirimkan 53,8 juta hard drive. Laba bersih Non-GAAP pada kuartal tahun lalu sebesar USD193 juta, atau  USD0,81 per lembar saham.

“Pada kuartal Juni, permintaan tersebut sejalan dengan perkiraan kami  saat pengiriman industri mencapai 157 juta unit, melengkapi total pengiriman HDD untuk tahun ini sebanyak 599 juta unit. WD dan anak perusahaan kami HGST memiliki kinerja yang melampaui rencana di Q4, memberikan produk-produk besar dengan eksekusi konsisten, menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang kuat, margin kotor dan arus kas," jelas Coyne.

WD menghasilkan USD1,1 miliar dalam bentuk tunai dari operasional selama kuartal bulan Juni, sehingga total uang tunai dan setara uang tunai yang dimiliki menjadi sebesar USD3,2 miliar. Selama kuartal ini WD melunasi hutang sebesar USD558 juta dan menghabiskan USD604 juta untuk membeli kembali 16 juta saham dari common stock.

“Saat menghadapi dua bencana alam besar dan menyelesaikan proses akuisisi terbesar sepanjang sejarah industri, kami telah mencapai pertumbuhan pendapatan melebihi 31% dan lebih dari dua kali lipat penghasilan per lembar saham," ungkap Coyne.

Jelang Lebaran, Axis Klaim Siap Hadapi Lonjakan Trafik

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - AXIS telah melakukan berbagai upaya untuk menjamin kualitas, stabilitas, dan keandalan jaringan, guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama hari raya Idul Fitri. AXIS telah mengalokasikan investasi besar untuk perluasan wilayah jangkauan sepanjang tahun ini, meningkatkan kapasitas layanan suara hingga dua kali lipat dan  kapasitas layanan data hingga hampir 10 kali.

"Selama hari raya Idul Fitri, AXIS memprediksi akan terjadi lonjakan trafik layanan suara hingga 50%, layanan data lebih dari 3 kali lipat dan SMS dua kali. Namun, jaringan AXIS telah dipersiapkan untuk mengatasi kenaikan trafik sehingga kami dapat mempertahankan kualitas layanan bagi pelanggan," ungkap Michael McPhail, Chief Technology Officer AXIS.

Sejalan dengan dukungan AXIS menyediakan komunikasi yang lancar menjelang Hari Raya Idul Fitri, AXIS telah menyelesaikan uji kualitas jaringan secara menyeluruh di sepanjang jalur terpadat arus mudik di Pulau Jawa. Hasil uji kualitas jaringan mulai dari Merak, Jawa Barat sampai Banyuwangi, Jawa Timur menunjukkan bahwa jaringan AXIS telah siap untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan dapat diandalkan kepada seluruh pelanggan AXIS selama hari raya Idul Fitri.

“Hasil uji jaringan yang dilakukan menunjukkan kinerja yang sangat baik dari jaringan kami di sepanjang jalur mudik di Jawa. Hasil uji kualitas jaringan 2G AXIS menunjukkan bahwa dari 3.274 panggilan yang dilakukan saat uji kualitas jaringan dilakukan, rata-rata keberhasilan panggilan (Call Setup Success Rate) sangat baik 99,14%, rata-rata tingkat kesuksesan panggilan mulai tersambung hingga percakapan berakhir (Call Completion Success Rate) sangat baik 98,90%, maximum data throughput sangat baik 260,1 kbps, rata-rata kekuatan sinyal -67,4 dBm dan rata-rata kualitas sinyal sangat baik 0.9. Sementara itu, hasil uji kualitas jaringan 3G AXIS menunjukkan bahwa dari 793 panggilan yang dilakukan saat uji coba dilakukan CSSR baik 98,36%, CCSR baik 97,85%, maximum data throughput sangat baik 3.056 kbps, rata-rata kekuatan sinyal -86,6 dBm dan rata-rata kualitas sinyal baik -7,86 dB," jelas McPhail.

“Idul Fitri adalah saat yang membahagiakan bagi kebanyakan pelanggan kami, kami ingin memastikan bahwa kami menyediakan layanan yang sebaik mungkin selama saat istimewa ini dan memudahkan pelanggan menyampaikan sukacita atau sekedar ucapan selamat hari raya Idul Fitri melalui internet, pesan melalui SMS atau langsung menelepon keluarga dan orang-orang yang dicintai," kata Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan.

ThinkPad, Laptop Perkasa untuk Segmen Korporat dan UKM

Posted:


CHIP.co.id – Bagi kalangan korporat serta usaha kecil dan menengah, laptop atau PC yang berkinerja maksimal saja tidaklah cukup. Mereka umumnya sangat memperhatikan unsur keamanan, tidak hanya mengamankan data penting perusahaan dari serangan dunia maya, tapi juga kerusakan fisik, baik karena faktor manusia maupun alam.

Salah satu PC terkemuka yang namanya sudah melegenda dalam hal ini adalah ThinkPad buatan Lenovo, yang tahun ini akan memasuki seri yang kedua puluh. Bertempat di Mezza9 Restaurant, FX Lifestyle X'nter Mall, Jakarta, kemarin (2/8), PT Lenovo Indonesia kembali meluncurkan anggota baru dari mesin Think khusus untuk korporat dan UKM, yakni ThinkPad T430, ThinkPad X230, ThinkPad Edge430 dan ThinkPad Edge130. Masing-masing dijual mulai dari Rp15,990 juta, Rp15,990 juta, Rp6,819 juta dan Rp5,990.

Salah satu yang mendapat sorotan khusus sore itu adalah ThinkPad T430 yang memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 30 jam dengan tambahan battery slice opsional melalui satu kali pengisian baterai dan pilihan power-saving aktif. Varian ini juga didukungan prosesor Core hingga i7, TurboBoost dan chip grafis Intel HD onboard, pilihan layar 14 Inci dan HD+ serta kualitas suara jernih dengan teknologi Dolby Advanced Audio 2.0.

Techincal Manager Lenovo Indonesia Aziz Wonosari mengatakan, seluruh varian baru laptop ThinkPad sudah dilengkapi Intel core I generasi ketiga Ivy Bridge, serta teknologi Turbo Boost yang mampu mempercepat proses booting hingga 40 persen lebih.

“Selama ini kalau booting file tersebar di beberapa sektor sehingga memakan waktu lama. Di ThinkPad, file tidak tersebar, hanya di satu sektor sehingga booting lebih cepat,” kata Aziz.

Secara umum, ThinkPad juga sudah dilengkapi fitur rapid resume dimana laptop bisa menyala kembali dari posisi sleep dalam waktu kurang dari 2 detik. Meski daya tahannya lama, baterai ThinkPad hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk 75 persen pengisian.

Fitur lainnya Automatic Protection System, dimana empat sensor di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan dapat mendeteksi ketika laptop tidak dalam posisi stabil. Jika ada goncangan, hard disk akan off sementara untuk mengamankan data.

Namun, demonstrasi paling menarik sore itu adalah uji daya tahan rangka dan layar ThinkPad T 430S yang disebut Roll Cacge Hybrid. Laptop berbobot 1,75 kg ini tidak mengalami keretakan ketika dijatuhkan berulang-ulang ke lantai karena terbuat dari carbon fiber dan carbon glass yang jamak dipakai di mobil Formula 1. Bahkan, ThinkPad tidak bermasalah ketika diinjak dengan dua kaki oleh orang dewasa.



Lalu, bagaimana jika Anda tak sengaja menumpahkan air ke atas keyboard? Tidak usah panik karena ThinkPad sudah dilengkapi 2 saluran khusus untuk membuang air 5 kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Aziz juga menggarisbawahi teknologi Bootshield yang konon hanya ada di ThinkPad. Bootshield memproteksi startup file, sehingga ketika Anda menginstall aplikasi, termasuk antivirus, proses start dan shut down tidak akan menjadi lambat.

Meski baru berjalan di sistem operasi Windows 7, seluruh varian ThinkPad sudah siap menjalankan Windows 8 ketika sistem operasi itu secara resmi dirilis Microsoft 26 Oktober mendatang. Bagi kawula muda, desain ThinkPad agaknya sangat tidak menarik karena terkesan klasik, serius atau old fashioned. Desain keyboard baru yang nyaman digunakan untuk mengetik juga tidak terlalu istimewa dari segi estetika.

Aziz menjelaskan, ThinkPad memang sengaja didesain serius dan lebih mengutamakan performa karena sasarannya adalah korporat, UKM atau pekerja desain yang membutuhkan kemampuan komputasi tinggi.

Buffalo meluncurkan MiniStationâ„¢ Thunderbolt

Posted:

 

CHIP.co.id - Buffalo Technology hadir kembali dengan produk barunya yaitu Buffalo MiniStation Thunderbolt (Buffalo Ministation HD-PATU3). Produk baru ini melengkapi jajaran Buffalo MiniStation sebelumnya (HD-PXTU2, HD-PCU2, HD-PCTU3, HD-PNTU3, HD-PZU3), akan tetapi kali ini Buffalo MiniStation Thunderbolt dilengkapi dengan Thunderbolt dan USB 3 dalam satu paket harddisk portable.

"Buffalo bekerja sama dengan Intel meluncurkan solusi penyimpanan harddisk  eksternal portable pertama di dunia yang menghadirkan dual interface yaitu USB 3.0 dan Thunderbolt", ungkap Osamu Tomita, Country Manager Buffalo Technology Indonesia dalam press release.

"Dengan semakin berkembangnya industri IT di Indonesia, Buffalo melihat bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial. Ditambah beragamnya perangkat yang digunakan oleh pengguna di Indonesia, Buffalo MiniStation merupakan jawaban atas keberagaman tersebut. MiniStation Thunderbolt akan tersedia di partner ECS Indo Jaya yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Andy Shien, Buffalo Product Manager PT. ECS Indo Jaya, distributor resmi Buffalo di Indonesia.

Desain Buffalo MiniStation terinspirasi dari desain Mac yang berbalutkan alumunium. Desain ini memang ditujukan kepada para pengguna Mac karena akses Thunderbolt yang sudah tersedia. Dengan adanya port USB 3.0, produk ini tetap dapat menjadi pilihan yang baik untuk para pengguna PC.

Port USB 3.0 dapat memberikan kecepatan hingga 5 GBps dan dukungan teknologi Thunderbolt membuat produk ini mencapai kecepeatan akses file hingga 10GBps. Bukan hanya itu saja, penawaran Buffalo MiniStation Thunderbolt juga diberikan lengkap dengan semua kabel yang dibutuhkan termasuk kabel Thunderbolt (seharga USD50).

Microsoft Tak Lagi Gunakan Kata Metro?

Posted:


CHIP.co.id - Beredar rumor yang mengatakan bahwa Microsoft tidak akan lagi menggunakan kata "Metro" dalam tiap UI di Windows 8 dan Windows Phone. Dikutip dari The Verge, Microsoft mengambil langkah ini setelah mengadakan rapat rahasia dengan "rekanan penting dari Eropa".

The Verge mengabarkan bahwa telah beredar memo di kalangan Windows Team yang membenarkan rumor tersebut. Karena itu, Windows Team sedang menyusun nama baru untuk UI di Windows 8 dan Windows Phone. Untuk saat ini, Microsoft akan menggunakan nama "Windows 8 style UI".

Selama ini, Microsoft telah menggunakan "Metro" sebagai nama bagi tampilan muka di beberapa produk andalannya. Seperti di Windows Phone, Office 2013 Preview, dan yang teranyar, outlook.com.

Borderland 2, Game FPS Terbaru dari 2K Games

Posted:

CHIP.co.id - Sekitar pertengahan September 2012, game Borderlands 2 yang ditunggu-tunggu oleh pencintanya akan segera dirilis. Dengan latar belakang lima tahun setelah peristiwa Borderland versi sebelumnya, Anda masih diajak untuk menjelajahi Planet Pandora.

Tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh pengembang dalam game ini. Game ini masih memadukan tipe permainan First Person Shooter dengan elemen RPG. Namun, sebagai kelajutan dari game sebelumnya, Gearbox selaku pengembang memoles game ini menjadi lebih cantik dengan menambahkan berbagai variasi.

Salah satu yang baru dari Borderlands 2 adalah adanya penambahan dua karakter baru, yaitu Salvador sang Gunzerker dan Maya dari kelas Siren. Yang tidak kalah menarik, semua karakter dalam game ini memiliki kemampuan baru yang sudah ditingkatkan. Selain itu, Anda pun bisa meng-customize sesuai keinginan. Contohnya, Gunzerker memiliki kemampuan yang dapat mengombinasikan penggunaan dua senjata sekaligus.

Kemampuan Artificial Intelligence musuh juga telah ditingkatkan dan memiliki level kesulitan penaklukan yang lebih beragam. Tidak hanya itu, mereka (musuh) dapat saling menyembuhkan sesama pasukan. Hal lainnya, Pandora kali ini terlihat lebih hijau, subur, dan memiliki pemandangan yang menarik dibandingkan pada Borderlands 1. Sedangkan dari segi visual, game ini memiliki gaya grafis cell-shade yang menarik dan memanfaatkan dukungan full 3D motion cell shade pertama di dunia.

Hal terpenting yang terdapat dalam game Borderlands 2 adalah jenis persenjataan yang ada. Anda akan menemukan banyak jenis senjata dan senjata-senjata tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara merampas dari musuh atau menyelesaikan sejumlah misi tertentu.

Yang tidak kalah menarik, Borderlands 2 telah menyematkan beberapa merek pada tiap senjata yang ada. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memilih senjata yang tepat untuk digunakan, seperti Tediore, Vladof dan Bandits.

Borderlands 2 akan dirilis oleh 2K Games pada 18 September 2012.

Smartfren Perkenalkan Promo Tarif Gratis Nelpon Sahur

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di Hotel Akmani, Smartfren memperkenalkan promo tarif gratis nelpon sahur (2/8). Promo ini dimaksudkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Tarif gratis telepon saat sahur ini dapat digunakan setelah melakukan pemakaian (baik data, sms, atau voice) sebesar Rp5.000 pada jam 06.00 - 23.59 WIB. Setelah itu, promo ini dapat dinikmati selama 5 menit mulai jam 00.00 - 05.59 WIB.

"Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini merupakan saat yang tepat bagi Smartfren untuk terus mendekatkan diri dengan pelanggan. Karena itu, Smartfren memberikan tarif gratis telepon saat sahur ini," ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputi CEO Smartfren.

Promo tarif nelpon sahur ini sendiri telah berlangsung sejak 18 Juli lalu, dan akan berakhir pada 18 Agustus 2012 mendatang.

Temukan Cerita Menarik di Facebook Stories

Posted:


CHIP.co.id – Facebook baru saja meluncurkan situs baru yang bertujuan mengoleksi berita-berita menarik berdasarkan tema yang berbeda tiap bulan, Kamis (2/8). Situs baru yang dinamai Facebook Stories itu, pada edisi pertamanya bulan ini mengambil tema “remembering” – berisi video mengenai seorang lelaki India yang kehilangan memori tiap kali dia bangun pagi.

Video tampil dalam format HD sehingga enak dilihat dengan kualitas suara yang jernih. Menariknya, Facebook juga menggandeng salah satu majalah terbaik di dunia The New Yorker.

“Kami bekerja sama dengan The New Yorker, yang pustakawannya mencari arsip majalah untuk mencari beberapa karya terbaiknya khusus mengenai memori. Ketiga berita ini juga sudah tersedia di situs majalah tersebut secara gratis,” demikian keterangan dalam Facebook Stories.

Tiga karya yang dimaksud, yakni Scars oleh David Owen, Remember This oleh Alec Wilkinson dan Mnemonist oleh E.B White. Anda juga bisa melihat infografis yang menunjukkan bagaimana pengguna Facebook berbagi kenangan penting seperti perjalanan atau menikah, dan pengguna juga bisa mengirimkan cerita, meskipun Facebook yang akan memutuskan apa yang ditampilkan dalam situs tersebut.

“Kami ingin membuat tempat dimana kita merayakan cerita-cerita bagus,” kata Tucker Bounds dari Facebook kepada ABCNews.

Temukan video perdana yang dimuat Facebook Stories di sini.

Ini Dia Tampilan Layar Windows 8

Posted:


CHIP.co.id -  Hanya sehari setelah Microsoft mengatakan bahwa final build Windows 8 telah dirilis ke produsen tablet dan PC, tampilan layar (screenshot) sistem operasi baru itu sudah bocor di internet, termasuk aplikasi built-in di dalamnya seperti Xbox SmartGlass, Bing, kamera dan banyak lagi. 


Meskipun pelanggan Microsoft Developer Network (MSDN) dan TechNet belum akan secara resmi menerima akses mendapatkan Windows 8 sampai 15 Agustus, Windows 8 versi Enterprise sudah tersedia luas di berbagai situs berbagi file.



Versi yang dibocorkan adalah Windows 8 edisi “N” yang tidak menyertakan salinan paket Windows Media Player. Microsoft dipaksa membuat Windows edisi N spesial setelah Komisi Uni Eropa bahwa Microsoft perlu menyediakan salinan Windows tanpa Windows Media Player di dalamnya.

Screenshot Windows 8 pertama kali diposting di Neowin forums dan dikembangkan lebih lanjut oleh LiveSide. Tampilan itu menunjukkan desain akhir untuk aplikasi Windows 8. Beberapa aplikasi, seperti Mail, tampaknya tidak banyak berubah. Yang berubah signifikan adalah aplikasi People dengan tambahan tab baru Social and Favorites. Sedangkan tab What’ new dan tab Me dihapuskan.

Bahkan permainan klasik Windows seperti Solitaire dan Minesweeper juga dirombak. Yang hilang dari screenshot yang dibocorkan itu adalah aplikasi News, Sports and Travel yang pertama kali diperkenalkan Microsoft dalam versi terakhir Windows 8 Release Preview. 

Lenovo Keluarkan PC Baru untuk UKM dan Perusahaan Besar

Posted:

CHIP.co.id - Lenovo memperkenalkan produk PC Think terbaru untuk segmen usaha kecil dan menengah serta perusahaan besar yang didukung oleh prosesor 3rd Generation Intel Core dan Lenovo Enhanced Experience 3 for Windows 7. PC bisnis baru itu, antara lain notebook ThinkPad T430, ThinkPad X230 dan ThinkPad Edge E430, ThinkPad Edge E130, desktop ThinkCentre M29p "tiny", desktop ThinkCentre Edge 92 dan desktop all-in-one ThinkCentre M72z dan M92z.

Lenovo juga mengumumkan ketersediaan ThinkStation S30, C30, D30, dan E31 di Indonesia, empat workstation baru yang dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon terbaru. Thinkstation ini diklaim menampilkan fungsionalitas yang ditingkatkan dan desain yang inovatif saat memberikan solusi yang tidak berisik, hemat energi dan bertenaga.

Aziz Wonosari, Technical Manager PT Lenovo Indonesia mengatakan, banyak sekali teknologi dan fitur baru yang ditawarkan perusahaannya untuk meningkatkan kinerja PC dan laptop baik untuk UKM dan perusahaan besar yang membutuhkan komputasi berat. Aziz mencontohkan, di jajaran ThinkPad misalnya kini dilengkapi desain keyboard yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

“Keyboard di ThinkPad baru, jaraknya lebih lebar, sekitar 2 milimeter, sehingga memudahkan saat mengetik,” katanya di sela-sela peluncuran produk tersebut di Mezza9 Restaurant, FX Lifestyle X'nter Mall, Jakarta (2/8).

Selain itu, laptop tersebut juga dilengkapi 2 penampan air di bagian bawah untuk mengantisipasi seandainya pengguna tak sengaja menumpahkan air ke atas keyboard. Air akan secara otomatis mengalir ke lubang khusus sehingga tak sampai membasahi main board. Fitur lengkap produk-produk tersebut akan dibahas dalam berita CHIP selanjutnya.

Sebagai informasi, ThinkPad T430, Edge E430 dan Edge E130 tersedia mulai Agustus melalui mitra-mitra bisnis Lenovo dengan harga masing-masing mulai Rp15,990 juta, Rp6,819 juta dan Rp5,990 juta. Sementara Desktop ThinkCentre M29p “tiny”, ThinkCentre M27z AIO dan ThinkCentre Edge 92 tersedia mulai Agustus dengan harga masing-masing mulai Rp6,60 juta, Rp7,50 juta dan Rp10,989 juta. ThinkStation E31, S30, C30 dan D30 tersedia saat ini dengan harga masing-masing mulai Rp11 juta, Rp16 juta, Rp26 juta dan Rp28 juta.

Emerson Network Power: Daya Arus DC 400V Lebih Menguntungkan

Posted:


CHIP.co.id - Meningkatnya biaya energi dan permintaan daya, ditambah dengan pengadopsian sumber daya energi terbarukan, ikut mendorong pengadopsian arsitektur daya baru, seperti direct current (DC) 400 V. Arsitektur daya ini memungkinkan jaringan dan bisnis yang lebih efisien. Emerson Network Power, mengidentifikasi dan menganalisa empat aplikasi yang akan diuntungkan dari kehadiran teknologi distribusi daya DC 400V sebagai alternatif dari arsitektur daya tradisional.

Teknologi daya arus bolak balik (AC) dan arus searah (DC) terus berevolusi sejak Tesla dan Edison bersaing pada akhir 1800-an untuk menghasilkan metode distribusi arus untuk jaringan listrik. Pada saat itu, tidak ada teknologi arus DC yang aman dan hemat untuk penggunaan jarak jauh sementara arus AC cepat menjadi aus. Kini, penggunaan arus DC untuk jarak jauh bisa menghemat biaya, energi terbarukan berdasarkan arus DC terus bertumbuh, dan hampir semua peralatan teknologi bekerja dengan arus DC. Jaringan listrik tetap mendistribusikan arus AC, namun, menciptakan inefisiensi yang terus naik di dunia yang semakin butuh daya dan berorientasi teknologi.

“Kemajuan dalam teknologi pengkonversian daya, ditambah dengan pesatnya pertumbuhan peralatan berbasis arus DC, menciptakan lingkungan dimana distribusi arus DC 400V harus, dan sedang, dipertimbangkan secara aktif,” ujar Mark Murril, Director of 400V DC Power Initiatives, Emerson Network Power.

Saat ini, Emerson Network Power melihat empat pengaplikasian utama untuk teknologi DC 400V: kantor pusat telekomunikasi, data center, gedung-gedung perkantoran dan sarana transportasi, masing-masing memiliki alasan yang berbeda untuk mengadopsi teknologi ini.

Telekomunikasi: Mengurangi tembaga, dan biaya, di kantor pusat

Tidak seperti jaringan listrik, jaringan telekomunikasi telah lama menggunakan distribusi daya DC, utamanya karena keandalan yang tinggi dan performa kualitas sinyal yang baik. Ketika peralatan telekomunikasi beralih ke teknologi DC berbasis silikon, keselarasan antara distribusi arus DC yang sudah ada dan peralatan berbasis DC sudah berjalan, dan biaya dan efisiensi tetap mungkin diraih.

Sebagai contoh, DC 400V sangat pas untuk penghantar arus tinggi jarak jauh, karena bisa mengurangi biaya instalasi dan biaya operasional serta meningkatkan manajemen kabel dibanding DC -48V. Keuntungan ini diraih berkat pengurangan penggunaan kabel tembaga sebesar 80%, yang ikut menurunkan biaya dan waktu yang diperlukan untuk instalasi. Selain itu, berkurangnya line yang hilang biasanya juga akan meningkatkan efisiensi energi end-to-end, yang semakin mengurangi biaya operasional.

Data center: Mengurangi kerugian konversi

Logika di balik arus DC 400V pada data center didorong oleh kebutuhan akan ketersediaan yang tinggi, efisiensi yang tinggi dan total biaya yang lebih rendah. Karena kegunaan arus AC pada akhirnya harus dikonversi ke arus DC untuk penggunaan seluruh perangkat TI dan karena sistem penyimpanan energi (baterai, flywheels, dan lain-lain) dan sumber daya terbarukan menyediakan arus DC, arsitektur arus DC biasa membutuhkan konversi daya yang lebih sedikit dari jaringan ke chip.

Mengurangi konversi ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga bisa meningkatkan ketersediaan daya penting melalui penyederhanaan distribusi dan pengurangan titik-titik penurunan arus pada jalur daya. Lebih jauh lagi, arus DC tidak memerlukan penyeimbangan fase atau pertimbangan harmonis (antara arus dan voltase), menghapus arus hilang karena  penurunan rating (penggunaan daya) peralatan.

Gedung perkantoran: Energi terbarukan mendorong migrasi dan manfaat

Terlepas dari motivasi finansial atau perkotaan, saat ini semakin banyak pemilik gedung dan operator yang menggunakan solusi pintar yang mengurangi konsumsi energi dengan memanfaakan materi dan sumber daya energi terbarukan. Menggunakan pembangkit listrik terbarukan on-site, bisa mengurangi bahkan meniadakan pengambilan arus dari jaringan.

Hal ini penting untuk DC 400V karena sumber daya terbarukan menghasilkan arus DC, artinya menggunakannya untuk aplikasi berarus AC pada gedung memerlukan konversi ganda dari DC ke AC, mengurangi efisiensi pembangkit listrik terbarukan. untuk menghindari konversi ekstra ini, arsitek dan para insinyur sedang mendesain fasilitas dengan distribusi daya “microgrid” (jaringan mikro) 400V di seluruh atau di beberapa area gedung atau kampus. Solusi ini meningkatkan efisiensi daya sistem, menyederhanakan kelistrikan microgrid, dan meningkatkan reliabilitas dan di saat yang sama mengurangi biaya operasional.

Transportasi: Telah menggunakan distribusi arus DC, lebih banyak akan menguntungkan

Berbagai jenis moda transportasi (mobil, kapal laut, angkutan massal, lokomotif, mesin-mesin konstruksi dan lain-lain) mengintegrasikan arus DC untuk pendorong motor dan beban lain untuk meningkatkan efisiensi dan menghemat bahan bakar. Misalnya, pada industri kapal laut dan lokomotif, arus DC semakin banyak dimanfaatkan untuk propulsi (penggerak) dan beban angkut. Demikian juga, ketika mobil dan bis dengan daya listrik atau hybrid semakin banyak, arus DC menjadi pilihan logis untuk pengisian ulang yang lebih cepat dan penggunaan daya pada sistem kendaraan.

Pada kendaraan sejenis ini dan lainnya, arus DC akan digunakan dengan teknologi distribusi yang ada saat ini dan teknologi distribusi 400V seiring perkembangan menuju sistem hybrid dan elektrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar