Kamis, 09 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


IBM Finance Forum 2012 Selesaikan Solusi TI untuk Industri Keuangan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - IBM baru saja menyelenggarakan IBM Finance Forum 2012. Acara tersebut diselenggarakan guna untuk membantu para profesional keuangan mengatasi tantangan dalam mengukur performa bisnis, menyediakan input untuk strategi perusahaan, mendorong penghematan biaya di tingkat perusahaan dan mengelola resiko.

Saat ini ada desakan untuk meraih visibilitas, wawasan dan kendali yang lebih tinggi untuk mewujudkan stabilitas keuangan perusahaan. Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan ini, perusahaan harus lebih berfokus pada pelaporan yang komprehensif, pembuatan model skenario, pengoptimalisasian, serta perencanaan dan peramalan yang lebih efektif. Bagian keuangan harus dapat mewujudkan sebuah perusahaan yang lebih pintar melalui efisiensi operasional, sehingga merangsang transparansi dalam mengelola resiko dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

IBM Finance Forum ini akan membahas bagaimana para eksekutif keuangan dapat membantu mewujudkan keputusan perusahaan yang lebih baik melalui wawasan bisnis yang lebih kokoh dengan menggunakan solusi-solusi IBM, seperti IBM Analytics dan Cognos. Solusi-solusi ini memungkinkan para manajer keuangan untuk mengantisipasi kesenjangan performa antara ramalan, target dan hasil nyata dalam pengelolaan keuangan penting.

Solusi yang dikedepankan adalah Key Risk Indicators (KRI) pengelolaan pendapatan, pengeluaran dan modal dalam format executive dashboard. Format ini terdapat Built-in Key Risk Indicators (KRIs) yang merupakan sarana peringatan dini jika terjadi kerentanan di bidang bisnis utama.

IBM memiliki alat ukur kematangan analitik perusahaan yang disebut AQ atau Analytic Quotient. Pada dasarnya, AQ mengukur kesenjangan antara hasil nyata dan hasil potensial yang harus diraih perusahaan. Solusi Business Analytics dapat mentransformasikan proses pengambilan keputusan perusahaan, terutama di bidang lembaga dan layanan keuangan lainnya, dengan otomatisasi proses, kegesitan organisasional yang lebih baik, serta wawasan-wawasan baru yang menghasilkan keuntungan dan pertumbuhan yang dapat dieksploitasikan secara berkala.

Kepatuhan dan pengelolaan resiko tetap menjadi permasalahan utama yang dihadapi perusahaan-perusahaan. Tingginya biaya kepatuhan dan upaya untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi keuangan dan resiko operasional adalah beberapa keprihatinan utama mereka. Selain itu, data yang semakin menggunung, banyaknya sistem yang tidak terhubung, peraturan yang berubah-ubah dan iklim bisnis yang dinamis, semakin menambah kerumitan dalam mewujudkan sebuah gambaran lengkap tentang resiko yang dihadapi perusahaan.

“Banyak perusahaan yang menghadapi tantangan mengatasi tingginya biaya kepatuhan, selain kesulitan mewujudkan gambaran yang lengkap dan handal tentang resiko keuangan dan operasional yang mereka hadapi. Program kepatuhan dan resiko yang dijalankan perusahaan-perusahaan ini berbiaya tinggi, terkotak-kotak dan tidak memberikan informasi resiko yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang efektif,” jelas Nina K. Wirahadikusumah, Country Manager Software Group, IBM Indonesia.

Di IBM Finance Forum ini, sesi tentang Kepengaturan, Resiko dan Kepatuhan menjelaskan sebuah pendekatan yang lebih baik untuk menjalankan program-program resiko dan kepatuhan, dengan pembahasan khusus tentang platform Governance, Risk and Compliance (GRC) kelas Enterprise yang mendemontrasikan sebuah arsitektur resiko dan kepatuhan yang umum.

Direktur Pelaksana Indonesia Bankers Association for Risk Management (BARa), Mr. Pardi Sudrajat mengatakan, “Pengimplementasian pengelolaan resiko (risk management) melibatkan penggunaan data secara intensif dalam proses pengukuran dan pemonitoran berbagai resiko perbankan. Solusi TI benar-benar diperlukan agar bank dapat menyediakan data yang butuhkan, selain untuk proses pengukuran resiko itu sendiri. Di samping itu, bank juga harus memiliki sebuah sistem informasi manajemen yang handal untuk membuat laporan tentang profil resiko bank agar manajemen senior dapat mengambil keputusan secara lebih baik, di sini suatu solusi TI juga berperan penting.”

Forum ini juga menampilkan solusi IBM Cognos 10 terbaru yang dapat merubah inovasi menjadi proses pembuatan model perencanaan, analisa dan profitabilitas. Sesi ini juga menjelaskan kemajuan di bidang piranti lunak IBM Business Analytics, menjabarkan bagaimana perusahaan dapat membuat sistem pembuatan model perencanaan, analisa dan profitabilitas yang menghubungkan performa operasional dengan performa keuangan agar perusahaan dapat mengantisipasi dan menindak-lanjuti peluang dan risiko bisnis secara lebih efektif.

Cara Mencoba Google Knowledge Graph

Posted:

CHIP.co.id - Google secara resmi meluncurkan layanan Google knowledge graph secara global mulai tanggal 9 Agustus hari ini. Fitur baru yang disebut model pencarian cerdas tersebut mampu memahami kata-kata sehari-hari serta hubungan mereka satu sama lain. Sejauh ini fitur tersebut hanya tersedia di Google versi berbahasa Inggris.

Jadi, bagi Anda yang hendak mencobanya silakan masuk ke Google.com, bukan Google.co.id yang biasanya disetting default. Berikut contoh CHIP dengan menggunakan browser Opera

1. Buka alamat Google.com di browser Anda. Biasanya Google secara default akan masuk ke versi bahasa Indonesia. Ubahlah ke versi bahasa Inggris dengan mengklik tombol Google.com di pojok kanan bawah.

 

2. Nah, sekarang Anda sudah berada di Google berbahasa Inggris dan tinggal mengetik hal yang Anda cari seperti di bawah ini.

Gampang kan?

Top Gun: Hard Lock, Bertempur di Udara

Posted:

CHIP.co.id - Judulnya mungkin akan mengingatkan Anda pada film tahun 80-an yang dibintangi oleh Tom Cruise. Game Top Gun: Hard Lock ini memang diadaptasi dari film tersebut. Hal menarik lainnya, sejumlah pesawat tempur yang terdapat di dalam game ini sesuai dengan bentuk sebenarnya.

Namun, Anda tidak berperan sebagai Maverick, aktor utama dalam film Top Gun tersebut. Dengan latar belakang kondisi saat ini, Anda akan berperan sebagai Spider, seorang pilot terbaik lulusan dari sekolah Angkatan Laut yang disebut "Top Gun".  Anda akan ditemani beberapa penerbang pesawat tempur yang andal sehingga saat melakukan pertempuran di udara (dogfight) dengan musuh terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendengarkan percakapan pilot lainnya saat di udara yang acap kali terdengar konyol layaknya di film Top Gun.

Anda akan memulai beberapa misi pertempuran di udara, mulai dari sekadar patroli, melakukan pengintaian, menghancurkan sejumlah objek sasaran, hingga mempertahankan sejumlah objek vital tertentu. Saat bertempur, Anda akan berhadapan dengan banyak musuh. Pesawat-pesawat tempur Destroyer, Cruiser, hingga SAM Radar akan siap menjatuhkan Anda dari berbagai arah.

Misi yang Anda emban sangat bervariasi dan kerap multitasking. Contohnya, ketika Anda harus menjatuhkan pesawat lawan, saat itu pula Anda harus melindungi pasukan yang ada di darat. Game ini juga sangat menguras adrenalin karena Anda harus menyelesaikan semua misi yang terbilang panjang. Ketika Anda tertembak oleh musuh dan jatuh, Anda pun tidak perlu khawatir karena game ini menyediakan sejumlah checkpoint sehingga Anda tidak perlu mengulang kembali misi yang sedang dijalankan.

 Anda akan diminta untuk menerbangkan pesawat F14 Tomcat, F15, F16, F22 Raptor, hingga F35 Lightning. Lawan yang Anda hadapi akan mengendalikan berbagai pesawat tempur jenis lainnya, seperti Mig-23, Mig-35, Sukhoi Su-27, hingga Su-35. Gameplay game ini menyerupai Ace Combat atau Tom Clancy’s Hawx yang memiliki model Arcade atau Flight Action. Dalam pertempuran, Anda akan dilengkapi peluru dan misil yang tidak terbatas. Dengan begitu, Anda bisa bebas menembak untuk menjatuhkan lawan tanpa takut kekurangan peluru.

Yang perlu diperhatikan adalah jeda waktu reload sesudah menembakan sebuah misil karena mesin penembak akan cepat panas jika digunakan secara terus menerus. Namun, Anda bisa memilih beberapa set misil yang dapat dibawa terbang, seperti long range, short range, dan bomb. Jika pesawat rusak, pesawat pun akan kembali normal dalam waktu tertentu. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa ditembak jatuh.

Dengan AI, Anda pun tidak akan merasakan sulitnya landing. Anda cukup mengarahkan pesawat ke depan landasan dan selanjutnya akan diambil alih oleh AI. Satu-satunya yang terlihat real adalah ketika pesawat meledak menabrak gedung atau jatuh ke daratan.

Feature menarik lainnya dalam game ini adalah Hard Lock. Feature ini memungkinkan Anda mengunci pesawat lawan dan Anda bisa fokus untuk membidiknya tanpa harus takut menabrak atau jatuh ke daratan. Saat pesawat lawan sudah terkunci, terdapat sejumlah Quick Time Event (QTE), yaitu tingkat kecepatan Anda untuk bereaksi atau menekan tombol tertentu sesuai dengan yang muncul di layar.

Makin baik dan cepat respon yang Anda lakukan, jarak penguncian akan menjadi semakin dekat dan lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengunci dan menembakkan misil ke arah lawan. Namun, jika Anda salah ketika melakukan QTE, posisi lawan justru akan mengejar dari belakang dan siap untuk mengunci pesawat Anda. Untuk membalikkan keadaan, Anda harus menunggu QTE berikutnya sambil bertahan dan menghindar dari kuncian lawan. QTE ini juga akan muncul ketika Anda diincar oleh misil lawan. Di QTE akan terdapat pilihan, seperti menghindar atau membuang Flare.

Game ini menyediakan Mode Campaign dan Mode Dangerzone yang akan memberikan tantangan lebih karena Anda harus bertahan dari ancaman serangan musuh dalam jumlah masif. Menariknya, Anda dapat memilih pesawat yang ingin Anda terbangkan, misil yang perlu dibawa, hingga mewarnai badan pesawat. Untuk meng-unlock pesawat, membawa misil yang diinginkan, dan mewarnainya, Anda harus menyelesaikan sejumlah misi pada Mode Campaign atau Dangerzone. Dengan begitu, ketika bermain dalam format multiplayer, perlengkapan tempur Anda sudah komplit.

Pada multiplayer, Anda bisa bermain secara co-op ataupun versus. Pada modus co-op, Anda dapat bermain hingga empat orang untuk menyelesaikan beberapa misi yang tersedia. Sementara pada modus versus, Anda bisa bermain hingga 16 orang dengan dua mode pilihan, yaitu mode Deathmatch atau Team Deathmatch.

Spesifikasi Minimum

  • OS: Windows XP SP3, Windows Vista, atau Windows 7
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo @2.0Ghz, AMD Athlon 64 X2 4200+ atau yang setara
  • Memori: 2 GB
  • HDD: 8 GB
  • VGA: NVIDIA GeForce 8800 GT 512 MB atau ATI Radeon HD 3870

Update Aplikasi 9GAG Teranyar untuk iPhone

Posted:


CHIP.co.id - Apakah Anda termasuk orang yang punya selera humor tinggi? Atau Anda salah satu penikmat humor kelas internasional ala 9GAG? Jika iya, apakah Anda sudah mengunduh aplikasi 9GAG di iPhone Anda?

Apabila Anda belum mengunduh aplikasi tersebut, segeralah mengunduhnya di App Store, karena hari ini 9GAG Inc. baru saja meluncurkan versi upgrade teranyar 9GAG apps versi 1.0.1.

9GAG, yang merupakan situs humor internasional yang belakangan ini sedang naik daun, karena berhasil menyuguhkan humor dengan Meme Face yang fenomenal, dan berbagai sindiran-sindirian lucu para tokoh ternama.

Aplikasi 9GAG terbaru di iPhone lebih menyenangkan untuk digunakan. Soalnya, aplikasi ini akan mempermudah Anda mendapatkan humor terbaru, terhangat dan paling lucu dari 9GAG untuk iPhone atau iPod Touch Anda.

Bermain PAC-MAN dengan Teknologi HTML 5 Lebih Cepat

Posted:


CHIP.co.id - Masih ingatkah Anda dengan permainan legenda PAC-MAN? Jikalau Anda sudah ingat, apakah Anda juga masih ingat kemampuan bermain PAC-MAN di komputer jadul yang kadang suka ngelag dan lama?

Untunglah, dengan semakin maju zaman dan juga teknologi telah meluncurkan beberapa inovasi yang tidak terbatas setiap waktu. Salah satu inovasi terbaru yang menyenangkan datang dari Namco. Sebagai developer game PAC-MAN, NAMCO melebarkan sayap teknologi mereka dengan mengadakan kerja sama dengan Microsoft dan juga Internet Explorer hadirkan PAC-MAN yang lebih besar dan semakin cepat dari sebelumnya.

Dengan mengandalkan teknologi HTML 5 dan akselerasi dari Internet Explorer 9, maka Anda dapat memainkan PAC-MAN di http://worldsbiggestpacman.com/ dalam beragam varian level berbeda yang lebih cepat dan menyenangkan pastinya.

Jika Anda termasuk seseorang yang jago memainkan PAC-MAN, di situs tersebut, Anda dapat berlomba-lomba memperebutkan gelar juara di Global Stats bersama dengan para pemain PAC-MAN di seluruh dunia.

Tetapi, apabila Anda termasuk ke dalam kategori orang yang kreatif, di situs ini juga menawarkan ide kreatif Anda untuk membuat Maze PAC-MAN sendiri. Tertarik? Selamat Mencoba!

Pencarian Terpopuler Seputar Ramadhan di Yahoo! Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Tidak terasa bulan Ramadhan telah memasuki pertengahan, dan tinggal menghitung hari lagi Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Di bulan suci Ramadhan yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia, Yahoo! Indonesia mencatat data pencarian paling populer.

Search Trend Yahoo! menggabungkan jutaan pencarian yang dilakukan setiap harinya di berbagai properti Yahoo! untuk memberikan gambaran mengenai apa yang dipikirkan dan dibahas oleh pengguna. Pencarian mewakili pengguna dan hal-hal yang penting bagi pengguna: baik mood yang berubah-ubah maupun perilaku pengguna Internet di seluruh dunia.

Berikut ini pencarian paling populer terkait Ramadhan di Yahoo!:

  • Zakat fitrah: Salah satu kewajiban umat muslim dalam menyempurnakan ibadahnya di bulan Ramadhan ini adalah menunaikan zakat fitrah yang batas waktunya adalah sampai sebelum salat Id.
  • Model baju gamis: Model baju gamis menjadi salah satu pencarian yang populer karena banyak orang yang ingin mengetahui model baju gamis yang sedang tren untuk dipakai saat beribadah tarawih maupun salat Id dan lebaran nanti.
  • Jadwal puasa Ramadhan: Jadwal puasa Ramadhan menjadi salah satu pencarian terpopuler. Selain untuk mengetahui jadwal mulai dan berbuka puasa, jadwal ini juga berguna sebagai petunjuk untuk menunaikan salat lima waktu dengan tepat waktu.
  • Jadwal Imsakiyah: Imsakiyah merupakan waktu sebelum adzan shubuh berkumandang. Imsakiyah bukanlah awal puasa, namun berguna sebagai pengingat umat untuk menyelesaikan makan sahur dan mulai bersiap-siap untuk menunaikan salat subuh.
  • Butik busana muslimah: Informasi mengenai butik busana muslimah dicari pengguna untuk memperoleh rekomendasi tempat untuk membeli busana muslimah.
  • Al-Qur’an online: Banyak orang memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan ini dengan membaca Al-Qur'an untuk mendapatkan lebih banyak pahala dan Al-Qur'an online sepertinya menjadi salah satu pilihan praktis untuk membaca Al-Qur'an melalui Internet.
  • Kaftan 2012: Baju kaftan yang asal muasalnya dari Persia, saat ini tengah populer di kalangan muslim. Baju yang memiliki ciri khas berupa kain lebar di bagian lengan ini mulai mengalami banyak perubahan dan variasi seperti yang dipakai oleh artis Syahrini.
  • Resep kue lebaran: Lebaran identik dengan kue-kue kering yang disajikan di rumah untuk menyambut tamu. Tidak sedikit pula yang memilih untuk membuatnya sendiri daripada membelinya di toko kue.
  • Resep buka puasa praktis: Resep buka puasa praktis menjadi salah satu pencarian terpopuler karena berbuka puasa akan lebih mudah dengan menyajikan sesuatu yang nikmat namun praktis dan tentunya terdapat banyak sekali pilihan resep yang tersedia.
  • Info mudik gratis: Lebaran juga identik dengan tradisi mudik dan banyak perusahaan, departemen pemerintah, maupun komunitas yang menyelenggarakan mudik gratis setiap tahunnya. Ada banyak juga kesempatan mudik gratis yang terbuka untuk umum.

Destinasi Online Ramadhan

Dalam rangka bulan suci Ramadhan, Yahoo! Indonesia juga meluncurkan destinasi online Ramadhan baru yang dirancang untuk menghibur, menginspirasi, serta menghubungkan komunitas muslim di seluruh Indonesia dengan menyediakan konten spiritual dan gaya hidup yang eksklusif.

Destinasi online Ramadhan Mubarak menawarkan pengalaman sehari-hari yang unik sepanjang bulan Ramadhan bagi pengguna yang mencari inspirasi, informasi maupun hiburan dengan konten digital premium. Pembaca juga dapat berbagi foto-foto Ramadhan melalui situs mikro melalui grup Flickr: http://www.flickr.com/groups/1979200@N21/.

Penampilan Ramping dan Cantik Ultrathin Samsung Series 5 NP535U3C

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – Pesatnya perkembangan Ultrabook yang dijual di pasaran saat ini memberi sebuah tantang tersendiri bagi Samsung, yang sekarang turut mengeluarkan produk Ultrathin. Tidak hanya sangat tipis, Samsung Series 5 NP535U3C ini juga dibangun dengan prosesor AMD Dual-Core A6-4455M Accelerated Processor (2.1GHz, 2MB L2 Cache).

Keunikan Samsung Series 5 NP535U3C ini adalah ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan Ultrabook biasa. Dengan ukuran ukuran dimensi 12.4 inchi (W) x 8.6 inchi (H) x 0.58 inchi (D), membuat Samsung Series 5 NP535U3C disebut sebagai Ultrathin.

Samsung Series 5 NP535U3C memiliki ukuran layar 13.3 inchi dengan resolusi 1366 x 768 pixels berteknologi 300 nits SuperBright™ Technology dan dibekali dengan graphics card AMD Radeon™ HD 7500G Graphics.

Dapat dilihat pada bagian atas 1 set keyboard Samsung Series 5 NP535U3C terdapat sebuah panel speaker dengan 4W Stereo dengan SoundAlive™ Sound Technology.

Pada bagian bawah terdapat sebuah penutup yang dapat digunakan untuk membuka HHD yang berkapasitas 500 Gigabyte dan juga RAM DDR3 berukuran 4 Gigabyte.

Samsung Series 5 NP535U3C juga dilengkapi dengan web camera 1.3 Megapixel HD.

Noise Isolating Design Headphone, Sennheiser HD 449

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – berbagai macam headphone dari berbagai produsen audio ternama dapat dijumpai di dunia. Dari beberapa produsen ternama tersebut, Sennheiser merupakan produsen-perangkat peripheral bagi pada gamers. Meski demikian, produk mereka tetap layak dipertimbangkan, seperti yang terbaru, Sennheiser 449 HD yang dapat menjamin gambar suara yang detail yang seimbang.

Pada bagian earcup Sennheiser HD 449 juga terdapat sebuah engsel yang dapat diputar dan dapat dipanjangkan earcupnya.

Sennheiser HD 449 dilengkapi dengan kabel extension tambahan sepanjang 1.6 meter yang memungkinkan Anda memilih panjang kabel yang optimal sesuai dengan keinginan Anda.

Sennheiser HD 449 juga dilengkapi dengan 6.3 mm adapter plug.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan sebuah pouch untuk dapat menyimpan headphone Anda dengan nyaman.

Penampakan Lenovo ThinkPad Windows 8 Tablet

Posted:

CHIP.co.id - Pada saat acara New York's Museum of Modern Art, Lenovo memperkenalkan penampakan teranyar ultrabook untuk kelas bisnisnya, ThinkPad dan ThinkPad Windows 8 tablet.

Acara yang sekaligus menandai ulang tahun ke-20 merek ThinkPad itu, berikan kesempatan kepada para pengunjung yang datang untuk menjamah tiga ThinkPad terbaru, yakni; ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad T430u, dan ThinkPad Tablet 2.

ThinkPad X1 Carbon


Pertama kali dilihat secara kasat mata Mei 2012 lalu, ThinkPad X1 Carbon ultrabook 14 inci dengan tampilan extensive hands-on look yang luas. Di acara tersebut, Lenovo memamerkan dan sekaligus membanderol ultrabook tersebut mulai dari USD1,399 - 1,849. Tentu saja, semakin mahal harga ultrabook yang ditawarkan karena Lenovo telah menyematkan SSD 256 GB.

ThinkPad T430u


Preview di CES 2012, seri ultrabook lain dari Lenovo ThinkPad T430u akan segera dipasarkan di bulan Agustus berbarengan dengan ThinkPad X1 Carbon. Sekilas memang penampakan ultrabook terbaru Lenovo tersebut agak sama, tetapi Lenovo menawarkan harga dan kualitas yang lebih minimalis dibandingkan dengan ThinkPad X1 Carbon.

Dengan finishing berwarna matte-black, ultrabook ini memiliki bobot kurang dari 4 pound dan tebal hanya 0.8 inci. Harga yang ditawarkan untuk ultrabook mulai dari USD 779.

ThinkPad Tablet 2


Tidak seperti dua ultrabook yang ditawarkan pertama kali di atas, Lenovo berikan produk inovasi teranyarnya, ThinkPad Tablet 2. Tablet berukuran 10.1 inci ini sudah dilengkapi dengan sistem interface Microsoft terbaru, yakni Windows 8.

Dilaporkan oleh Cnet, tablet multifungsi dengan tebal 9.8 mm ini akan menjalankan prosesor Intel Atom bersama dengan Windows 8 Pro. Sayangnya, untuk harga dan jadwal pemasarannya belum diumumkan Lenovo. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Google Knowledge Graph, Langkah Kecil Menuju Komputer Star Trek

Posted:


CHIP.co.id – Mengenakan sweater biru sambil menenteng gelas minuman berwarna hitam, Amit Singhal dengan tenang masuk ke ruang rapat mini yang didominasi warna kuning cerah di kantor pusat Google, Mountain View, California, Kamis (9/8). Vice President dan Google Fellow dengan tanggung jawab untuk pengembangan pencarian (search) di Google itu kemudian duduk membuka laptop seraya menghadap layar besar di depannya.

“Selamat pagi,” katanya mengawali pembicaraan dengan para wartawan yang terpisah ribuan kilometer di lain benua. Sejumlah jurnalis, di antaranya dari Jepang, Hongkong, China, Thailand, Malaysia, Australia, dan Indonesia, pagi tadi memang diundang perwakilan resmi Google di negara masing-masing untuk melihat langsung presentasi Amit mengenai fitur terbaru yang disebut Google Knowledge Graph.

Knowledge graph sejatinya telah diluncurkan secara terbatas di Amerika Serikat sejak Mei 2012 lalu. Setelah melalui pengembangan serius, Google akhirnya meluncurkannya secara global mulai 9 Agustus ini. Meskipun, layanan ini baru tersedia dalam Google berbahasa Inggris.

Fitur baru yang disebut model pencarian cerdas tersebut mampu memahami kata-kata sehari-hari serta hubungan mereka satu sama lain. Jadi, ketika Anda mengetik kata di mesin pencari, Google akan menampilkan hasil yang paling relevan Anda butuhkan di halaman pencarian.

Misalkan ketika Anda mencari “Ubud”, Google akan menampilkan hasil pencarian teratas yaitu hotel dan cara pemesanan hotel di Ubud bali. Apakah itu yang Anda cari? atau Anda mencari Ubud yang merupakan nama daerah di Bali? Nah, fitur knowledge graph akan muncul di sebelah kanan halaman dengan menampilkan Ubud, satu nama kabupaten di Bali lengkap dengan petanya dari Google Maps. Di bawah peta terdapat deskripsi singkat yang merujuk langsung ke laman Wikipedia dan bisa dibaca lebih lanjut dengan meng-klik tautan situs.

Selain itu, muncul pula informasi cuaca di Ubud, sekaligus penunjuk waktu lokal. Google bahkan menampilkan tempat-tempat menarik di Ubud yang sering menjadi tujuan para wisatawan, misalkan Monkey Forest, Goa Gajah, Museum Puri Lukisan, Agung Rai Museum of Art, dan Neka Art Museum.


Begitu juga jika kita mencari “Coldplay”, akan muncul foto dan deskripsi singkat mengenai band Coldplay di sebelah kanan yang bersumber dari Wikipedia.

Di bawahnya, Google manampilkan keterangan tentang tahun berdirinya band asal Inggris itu, anggota, record labels, dan penghargaan yang pernah mereka terima. Hebatnya lagi, Google juga menunjukkan album pertama hingga terakhir Coldplay ditambah jadwal konser mereka dalam waktu paling dekat.

 

Amit yang sudah bekerja di bidang pencarian selama lebih dari 20 tahun -12 tahun di antaranya di Google- menjelaskan, knowledge graph adalah langkah kecil Google untuk mewujudkan “komputer Star Trek” sekaligus mengubah cara pencarian secara dramatis. Selama ini, kata dia, “Kami cukup bagus dalam mencocokkan string teks, termasuk sinonim, kesalahan eja, pertanyaan dan banyak lagi. Tapi kami tidak tahu apa yang Anda inginkan.”

Pria yang sudah menulis 30 lebih makalah ilmiah dan memiliki berbagai paten ini melanjutkan, di masa depan Google ingin memetakan seluruh benda objek di dunia nyata ke dalam komputer. Ia menyebut mimpi ini sebagai cawan suci atau “holy grail” dalam dunia komputer saat ini. “Jadi bukan sekadar homepage.”

Mengapa Komputer Star Trek?

Amit sempat terbatuk-batuk kecil di sela-sela presentasi yang berlangsung melalui Google Hangout, dan slide disampaikan via Google Docs yang dibantu oleh seorang asisten perempuan. Setelah meminta maaf, dan mengambil minuman, pria keturunan India itu bercerita tentang impian masa kecilnya. Sewaktu bocah, Amit mengaku sangat gemar dengan serial Star Trek yang bercerita tentang petualangan manusia ke angkasa luar. Dia sering membayangkan menjadi Kapten James Kirk di pesawat Enterprise yang mempunyai komputer canggih yang mampu menjawab semua pertanyaannya.

“Dengan knowledge graph kita kain dekat dengan komputer Star Trek,” katanya. “Kami akan mengerti pertanyaan Anda lebih baik. Anda tak perlu mencari lebih jauh informasi yang Anda butuhkan tapi mendapatkan apa yang Anda inginkan.”

Secara umum, Knowlede graph merangkum konten relevan seputar yang Anda cari, termasuk fakta-fakta kunci yang cenderung dibutuhkan atau mungkin tertarik. Ia juga memberikan hasil yang cukup baik bagi tengara, selebritas, kota, tim olahraga, bangunan, fitur geografis, film, karya seni dan lain-lain. Saat ini knowledge graph berisi lebih dari 500 juta benda objek, serta lebih dari 3,5 miliar fakta tentang dan hubungan antara objek yang berbeda.

Informasi mengenai keseluruhan objek dan fakta dan hubungan antar objek ini dikumpulkan Google melalui berbagai macam sumber, termasuk Wikipedia, CIA The World Factbook, dan sumber bebas lainnya. Beberapa pertanyaan dari China dan Hongkong sempat mempertanyakan, apakah pemeringkatan situs yang ditampilkan knowledge graph bisa dibidik oleh pengiklan. Amit mengatakan, Google memiliki kebijakan jelas bahwa iklan dan hasil pencarian dipisahkan oleh dinding yang jelas. Dia juga menampik knowledge graph merupakan saingan Wikipedia.

Kapan Knowledge graph muncul di Indonesia?

Saat ini, Knowledge graph baru tersedia dalam mesin pencarian Google versi bahasa Inggris. Saat ditanya mengenai kemungkinannya dalam versi bahasa lain, Amit tidak memberikan tenggat waktu yang tegas. Namun, meski menghadirkan Knowledge graph dalam berbagai bahasa adalah tantangan yang sangat berat, dengan nada optimistis Amit menjawab bahwa kemungkinan ke arah sana tidak sama sekali tertutup. “Kami masiih mencari solusi memperluas knowledge graph ke bahasa lain, tapi ini sangat menantang,” katanya.

Pagi itu, Amit sekaligus juga memperkenalkan fitur baru pencarian melalui akun Gmail. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mencari sesuatu langsung dari akun Gmail mereka. Saat Google menampilkan hasil pencarian di web, pengguna tetap bisa membaca kotak surat atau inbox mereka yang ditempatkan di sebelah kanan halaman hasil pencarian. Jika tak ingin kotak surat tersebut dilihat orang lain, pengguna bisa menutupnya secara langsung. Sayangnya fitur ini juga baru tersedia di Amerika Serikat.

55 Hotel Ekslusif Berikan Diskon Sambut Hari Merdeka Malaysia ke-55

Posted:


Singapura, CHIP.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Merdeka Malaysia yang ke-55 yang jatuh pada tanggal 31 Agustus, agoda.com, berikan penawaran ekslusif diskon spesial menginap di 55 Hotel Ekslusif di Malaysia.

Hari Kemerdekaan Malaysia di tahun 2012 yang dikenal secara lokal sebagai Hari Merdeka ke-55, menyuguhkan beberapa destinasi terbaik untuk menikmati budaya Malaysia yang disuguhkan manis bagi para turis lokal dan internasional.

Dengan pilihan ke-55 hotel ekslusif di beberapa destinasi terbaik, maka para pengunjung dapat menonton Parade Merdeka, Flypast Militer, garis pantai indah di Langkawi atau Pangkor, pelabuhan bersejarah di perairan Melaka, dan tidak lupa Port Dickson Blue Lagoon yang fenomenal.

Wisatawan yang ingin menghindari panas, dapat menuju ke bukit-bukit hijau dari Cameron Highlands, atau Kota Kinabalu untuk beberapa kegiatan relaksasi dengan alam.

Kuching juga merupakan tujuan menyenangkan bagi mereka yang memiliki akhir pekan panjang, karena di lokasi ini menawarkan campuran lezat makanan lokal, tempat - tempat bersejarah, pasar, museum dan kawasan pejalan kaki tepi laut yang mempesona.

Agoda.com memiliki penawaran hotel Malaysia di masing-masing destinasi dan berlaku selama akhir pekan Hari Kemerdekaan yang panjang. Untuk mendapatkan penawaran hebat ini, klik pada salah satu penawaran hotel di bawah ini, atau kunjungi http://www.agoda.com/55thHariMerdeka untuk melihat penawaran yang ada di seluruh negara.

Solusi Keamanan Bagi Korporasi dari Datascrip

Posted:

(Ki-Ka) Yenni Suhartanto – Marketing Manager PT Datascrip, Nita Lafau – Marketing Executive PT Datascrip, Henry Sudarman – Marketing Executive PT Datascrip dan Sylvia Lionggosari –  Division Director PT Datascrip

Jakarta, CHIP.co.id - Keamanan merupakan masalah terpenting bagi tiap orang dewasa ini. Hal ini timbul karena cukup seringnya terjadi masalah keamanan, seperti teror bom, perampokan, dan lain-lain.

Untuk itu, Datascrip menghadirkan jajaran produk terbarunya yang diklaim dapat mencegah terjadinya masalah keamanan tersebut. Bertempat di Demang Resto, Jakarta, Datascrip menghadirkan solusi keamanan dengan memperkenalkan Secure SM-501 dan Astrophysics 7View-XRay (8/8).

(Ki-Ka) Secure SM-501 dan Astrophysics 7View-XRay

Secure SM-501 merupakan solusi untuk masalah time management dan sistem keamanan bagi pelaku bisnis. Secure SM-501 didesain dengan tampilan yang elegan. Selain itu, juga telah memiliki kemampuan weatherproof yang dapat melindunginya dari air dan perubahan cuaca. Tak ada masalah bila meletakan alat ini di luar ruangan (outdoor). Alat ini juga dapat mengidentifikasi sidik jari palsu, baik yang terbuat dari kertas, karet, gelatin, maupun silikon.

Sedangkan Astrophysics 7View-XRay, adalah sebuah mesin pemindai yang memiliki 7 sudut pindai. Sehingga memudahkan serta mempercepat proses pengecekan barang. Alat pemindai initelah memiliki kemampuan identifikasi dengan fasilitas 6 warna, sehingga dapat membedakan tiap barang yang masuk dengan lebih spesifik.

Google Knowledge Graph Resmi Diluncurkan Secara Global

Posted:


CHIP.co.id – Google secara resmi meluncurkan layanan Google knowledge graph secara global mulai tanggal 9 Agustus hari ini. Fitur baru yang disebut model pencarian cerdas tersebut mampu memahami kata-kata sehari-hari serta hubungan mereka satu sama lain. Jadi, ketika Anda mengetik kata di mesin pencari, Google akan menampilkan hasil yang paling relevan Anda butuhkan di halaman pencarian.

Misalkan ketika Anda mencari “Ubud”, Google akan menampilkan hasil pencarian teratas yaitu hotel dan cara pemesanan hotel di Ubud bali. Apakah itu yang Anda cari atau Anda mencari Ubud yang merupakan nama daerah di Bali? Nah, fitur knowledge graph akan muncul di sebelah kanan halaman dengan menampilkan Ubud, satu nama kabupaten di Bali lengkap dengan petanya dari Google Maps. Di bawah peta terdapat deskripsi singkat yang merujuk langsung ke laman Wikipedia dan bisa dibaca lebih lanjut dengan meng-klik tautan situs.

Selain itu, muncul pola informasi cuaca di Ubud, sekaligus penunjuk waktu lokal. Google bahkan menampilkan tempat-tempat menarik di Ubud yang sering menjadi tujuan para wisatawan, misalkan Monkey Forest, Goa Gajak, Museum Puri Lukisan, Agung Rai Museum of Art, dan Neka Art Museum.

Sayangnya, sampai sejauh ini knowledge graph yang pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada Mei 2012 ini baru tersedia dalam bahasa Inggris.

Pagi tadi, Vice President dan Google Fellow, Amit Singhal dari kantor pusat Google di Mountain View, California menyempatkan diri berbicara dengan sejumlah jurnalis dari berbagai negara Asia, termasuk CHIP melalui konferensi video. Simak laporan lengkapnya hanya di CHIP.

Secure SM-501, Mesin Fingerprint yang Anti Pemalsuan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Selain mesin pemindai Astrophysics 7View-XRay, Datascrip juga menhadirkan Secure SM-501, sebuah solusi bagi masalah absensi dan keamanan di berbagai gedung perkantoran.

Secure SM-501 hadir dengan tampilan yang elegan dan diklaim memiliki fungsi keamanan yang andal, cepat, dan nyaman untuk proses absensi karyawan. Selain itu, alat ini juga dibekali dengan kemampuan weatherproof, sehingga aman walaupun diletakan di luar ruangan (outdoor).

Dengan teknologi biometric yang dimilikinya, Secure SM-501 diklaim dapat mendeteksi saat ada sidik jari palsu yang mencoba absen. Alat ini dapat mengidentifikasi sidik jari yang terbuat dari kertas, film, karet, silikon, maupun gelatin.

"Teknologi yang dimiliki Secure SM-501 memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan perusahaan. Dimana dapat meminimalisir terjadinya penyusupan, serta mencegah karyawan saat melakukan kecurangan absensi," ujar Yenni Suhartanto, Marketing Manager PT Datascrip.

Alat ini juga memiliki teknologi patented seacrh algorythm, sehingga proses deteksi sidik jadi menjadi lebih cepat dan akurat. Lalu, dengan teknologi automatic finger scan membuat Secure SM-501 dapat menyala otomatis hanya saat ada jari yang diletakan. Teknologi ini membuat alat ini menjadi lebih ramah ingkungan dan irit tenaga.

Untuk pengoprasian, alat ini fleksibel dimana penggunanya dapat mendaftarkan ke-sepuluh jarinya di terminal biometrik sebagai akses untuk verifikasi. Lalu, pengguna juga dapat memilik metode akses yang digunakan. Baik dengan jari saja, jari & PIN, PIN saja, kartu, maupun kombinasi semuanya. Alat ini juga dapat beroperasi secara mandiri atau dikelola melalui PC atau server.

Astrophysics 7View-XRay, Permudah Proses Pindai Barang

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Saat memasuki sebuah gedung atau bandara, Anda pasti sering diminta untuk memasukan tas/barang bawaan ke dalam sebuah alat pemindai, bukan? Namun, seringkali proses tersebut terlampau memakan waktu, atau kadang tak dilakukan tindakan apapun meskipun alat tersebut mengeluarkan bunyi peringatan.

Mencegah hal tersebut, Datascrip memperkenalkan Astrophysics 7View-XRay. Sebuah alat pindai yang memiliki kemampuan Surround View atau kemampuan untuk memindai dari 7 posisi yang berbeda (-21°, -14°,-7°, 0°, 7°, 14°, 21°). Dengan kemampuan ini, 7View-XRay diklaim dapat memberikan jaminan keamanan tingkat tinggi baik di gedung perkantoran, hotel, bandara, maupun tempat-tempat lainnya.

"Astrophysics 7View-XRay hadir dengan inovasi yang memudahkan saat melakukan inspeksi dan identifikasi barang bawaan setiap pengunjung gedung, bandara, maupun pelabuhan laut," ujar Yenni Suhartanto, Marketing Manager PT Datascrip.

Alat pemindai ini memiliki kemampuan untuk membedakan tiap barang hingga 6 warna. Hal ini dapat membantu untuk lebih rinci dan spesifik terhadap tiap barang yang masuk. Misalkan, dalam sebuah koper terdapat benda yang mengandung minyak dan mengandung alkohol. Astrophysics 7View-XRay dapat membedakannya dengan membaca benda mengandung minyak menjadi berwarna coklat dan benda yang mengandung alkohol menjadi berwarna jingga (orange).

Permain Google Doodle: Slalom Canoe

Posted:

 

CHIP.co.id - Google kembali menampilkan permainan olahraga dalam rangka turut memeriahkan Olimpiade London 2012. Hari ini (9/8), Google Doodle: Slalom Canoe dapat anda mainkan di www.google.com atau www.google.com/doodles/slalom-canoe-2012.

Cara bermainnya adalah anda hanya perlu mengontrol gerak perahu kano ini dengan menggunakan tombol kanan dan kiri. Akan tetapi sepanjang lintasan terdapat beberapa objek yang akan ditemui yaitu gerbang slalom (jika anda lewati maka akan menambah kecepatan anda dalam permainan) dan obyek penghambat yaitu batu dan katak. Penasaran? silahkan langsung dicoba dan kalahkan rekor CHIP hari ini.

 

 

 

Lihat Permainan Google Doodles sebelumnya:

Google Doodles: Basketball

Google Doodles: Hurdles

 

 

Kumpulan Rumor iPhone 5

Posted:


CHIP.co.id – Rumor iPhone 5 masih terus berkembang sampai saat ini. Dipercaya banyak orang Apple akan merilih perangkat terbaru penerus iPhone 4S itu pada bulan September mendatang. Beberapa media sudah pernah merilis beberapa fitur baru yang diperkirakan akan disematkan di iPhone 5, termasuk juga fitur atau aplikasi yang dibuang, seperti Youtube, dan Google Maps.

Berikut perkembangan isu iPhone 5 yang dirangkum dari Cnet, Rabu (8/8).
 
7 Agustus 2012
Kembali ke layar yang lebih tinggi
Salah satu rumor iPhone 5 paling populer mengemuka lagi ketika 9to5Mac melaporkan bahwa Apple sudah menguji layar yang lebih tinggi untuk ponsel mereka selanjutnya. 9to5Mac menggunakan iOS development tools untuk mesimulasi layar dengan resolusi 640x1.136 pixel, yang membut ponsel tersebut memiliki 5 baris ikon disusun secara vertikal di atas dock, bukan 4 baris seperti pada iOS 5.



Konektor 9 pin
Banyak kabar yang menyebutkan bahwa Apple akan menciutkan konektor 30 pin menjadi 19 atau 8, namun belakangan kemungkinan menjadi 9 pin lebih mengemuka. 9to5Mac mengatakan mereka telah menemukan string kode untuk konektor 9 pin di versi beta terbaru dari iOS 6. 



6 Agustus , 2012
SIM yang lebih kecil
Isu ini berawal ketika situs dari Perancis memuat penampan kartu SIM yang diduga untuk iPhone 5. Ukurannya lebih kecil dibanding penampan SIM iPhone 4S. Jika benar, baterai iPhone 5 akan lebih besar.



2 Agustus 2012
Dock connector menyusut menjadi 8 pin
Saat ini, iPhone memiliki konektor 30 pin, tapi rumor berhembus kencang bahwa Apple akan memperkecil ukurannya, tidak hanya untuk iPhone, tapi juga iPad dan iPod.

Layar mulai dikirim Agustus
Sharp, perusahaan Jepang yang memproduksi layar untuk iPhone baru Apple, mengatakan mereka akan mulai mengirimkan modelnya ke luar. Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai peluncuran ponsel tersebut, Presiden Sharp Takashi Okuda mengatakan kepada wartawan di Tokyo bahwa layar iPhone akan dikirim sekarang sesuai dengan peluncuran di tahun 2012.

July 30, 2012
Rekaman iPhone 5 dirilis.
Bulan Juni, sebuah video yang menunjukkan iPhone baru dirilis di Interwebs, dan diikuti spekulasi. Pada tanggal 30 Juli, video lain dari situs Jepang Macotacara kembali muncul.



27 Juli 27 2012
Isu seputar Near Field Communication (NFC) muncul lagi.
Isu ini mengemuka ketika Apple memohon paten chip NFC yang dipakai dalam produk-produk Apple, termasuk iPhone. Judul permohonan paten itu adalah "System and Method For Simplified Control of Electronic Devices," dan menggambarkan NFC berfungsi sebagai remote control untuk televisi, kamera, dan DVR.

Dock yang lebih kecil
Manufaktur case iPhone di Chine memposting foto case iPhone 5, dan memasukkan juga perangkat ke dalamnya. Perangkat yang diduga iPhone 5 itu bukan hanya lebih tinggi dibanding iPhone 4S, tapi pin konektornya juga lebih pendek.

24 Juli 2012
Pernyataan ambigu CEO Apple
Selama konferensi pers tentang laporan keuangan Apple pada kuartal ketiga, CEO Apple Tim Cook samar-samar menanggapi pertanyaan analis tentang produk transisi Apple pada musim gugur. Cook mengatakan, “ada antisipai luar biasa terhadap produk kami selanjutnya di luar sana dan berdasarkan apa yang telah Apple berikan di masa lalu, jumlah spekulasi ini beralasan.”

Tips Mengamankan UKM dari Serangan Malware

Posted:

Jakarta, CIP.co.id - Untuk mengurangi risiko-risiko usaha kecil dan menengah yang semakin rawan terhadap serangan-serangan malware, Symantec menganjurkan pelanggan untuk melakukan upaya pertahanan secara mendalam, menjaga patched sistem, dan mengaplikasikan praktek-praktek terbaik berikut ini:

Gunakan strategi-strategi pertahanan mendalam: Tekankan penggunaan beberapa sistem pertahanan yang overlap dan saling mendukung untuk untuk menjaga dari kegagalan-kegagalan single point pada teknologi tertentu atau metode perlindungan apapun. Ini seharusnya termasuk pemasangan firewall yang diupdate secara berkala, gateway antivirus, deteksi gangguan, sistem perlindungan dari gangguan dan solusi-solusi gateway keamanan Web di seluruh jaringan.

Pengawasan untuk ancaman di jaringan, kerentanan dan penyalahgunaan brand:

  • Pantau gangguan jaringan, upaya penyebaran, dan pola-pola trafik mencurigakan lainnya
  • Pantau upaya-upaya koneksi ke host yang diketahui berbahaya atau mencurigakan
  • Terima peringatan-peringatan untuk kerentanan dan ancaman baru di semua platform-platform vendor untuk remediasi proaktif
  • Pantau penyalahgunaan brand melalui peringatan domain dan laporan situs palsu.


Antivirus di endpoint saja tidak cukup
Pada endpoint (desktop/laptop) antivirus berbasis signature saja tidak cukup untuk melindungi dari ancaman-ancaman dan alat-alat serangan berbasis web yang ada saat ini. Pasang dan gunakan produk keamanan endpoint lengkap yang memiliki lapisan perlindungan tambahan termasuk:

  • Pencegahan gangguan endpoint yang melindungi dari kerentanan yang tidak di-patch agar tidak dieksploitasi, melindungi dari serangan rekayasa sosial dan mencegah malware masuk ke endpoints
  • Perlindungan browser terhadap serangan berbasis web yang disamarkan.
  • Perlindungan dari malware berbasis-file Heuristic yang memberikan perlindungan lebih cerdas melawan serangan-serangan yang tidak dikenali.
  • Solusi-solusi reputasi berbasis file dan web yang memberikan ranking risiko dan reputasi aplikasi dan website manapun untuk mencegah malware polimorfik yang bermutasi dengan cepat.
  • Kemampuan-kemampuan pencegahan berbasis perilaku yang melihat perilaku aplikasi-aplikasi dan malware, dan mencegah malware.
  • Pengaturan kontrol aplikasi yang bisa mencegah aplikasi dan plug-in browser mengunduh konten berbahaya tanpa izin.
  • Pengaturan kontrol perangkat yang mencegah dan membatasi jenis perangkat USB yang digunakan.

 
Lindungi website dari serangan-serangan MITM dan infeksi malware
Hindari mengkompromikan hubungan terpercaya Anda dengan pelanggan dengan:

  • Implementasikan Always On SSL
  • Pindai website Anda setiap hari dari malware
  • Atur secure flag untuk cookies semua sesi
  • Secara berkala analisa kerentanan website Anda
  • Memilih SSL Certificates dengan Extended Validation untuk menampilkan bar alamat browser hijau kepada pengguna website
  • Menampilkan trust mark yang telah diakui di tempat-tempat yang terlihat jelas di website Anda untuk menginspirasi pelanggan Anda dan menunjukkan komitmen Anda terhadap keamanan.

Dapatkan sertifikat-sertifikat digital dari otoritas sertifikat yang telah mapan dan terpercaya yang menunjukkan praktek-praktek keamanan yang memuaskan.

Lindungi kunci-kunci pribadi Anda
Implementasikan praktek-praktek keamanan yang kuat untuk mengamankan dan melindungi kunci-kunci pribadi Anda, terutama jika Anda menggunakan sertifikat-sertifikat digital.

Symantec merekomendasikan agar organisasi-organisasi:

  • Menggunakan infrastruktur Test Signing dan Release Signing yang terpisah
  • Menyimpan kunci-kunci di perangkat hardware kriptografik yang aman yang tidak bisa diutak-utik
  • Mengimplementasikan pengamanan fisik untuk melindungi aset Anda dari pencurian


Gunakan enkripsi untuk melindungi data sensitif
Implementasikan dan terapkan kebijakan keamanan untuk mengenkripsi data yang sensitif. Akses ke informasi sensitif harus dibatasi. Ini harus termasuk solusi Data Loss Protection (DLP), yaitu suatu sistem yang mengidentifikasi, memonitor dan melindungi data. Ini tidak hanya berfungsi untuk mencegah pelanggaran data tapi juga membantu untuk mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh potensi kebocoran data dari dalam perusahaan.
 
Gunakan Data Loss Prevention untuk membantu mencegah pelanggaran data

Implementasikan solusi DLP yang bisa menemukan lokasi data sensitif, memonitor penggunaannya dan melindunginya agar tidak hilang. Pencegahan kehilangan data harus diimplemetasikan untuk memonitor aliran data saat meninggalkan organisasi melalui jaringan dan mengawasi penyalinan data sensitif ke perangkat eksternal atau website. DLP harus dikonfigurasikan untuk mengidentifikasi dan mencegah penyalinan atau pengunduhan data sensitif yang mencurigakan. DLP seharusnya juga digunakan untuk mengidentifikasi aset-aset data rahasia atau sensitif pada sistem-sistem file jaringan dan PC sehingga perlindungan data yang seharusnya seperti enkripsi bisa digunakan untuk mengurangi risiko kehilangan.
 
Implementasikan kebijakan mengenai media yang bisa dipindahkan

Dimana perangkat-perangkat praktis membatasi perangkat tanpa izin seperti hard drive portable dan media yang bisa dipindahkan lainnya. Perangkat seperti ini bisa memperkenalkan malware dan memfasilisasi pelanggaran properti intelektual – sengaja ataupun tidak sengaja. Jika perangkat media eskternal mendapatkan akses secara otomatis, pindai perangkat tersebut untuk mencegah virus dalam jaringan dan gunakan solusi DLP untuk mengawasi dan membatasi penyalinan data rahasia ke perangkat penyimpanan eskternal yang tidak dienkripsi.
 
Update penanggulangan keamanan Anda  berulangkali dan cepat
Dengan lebih dari 403 juta varian unik malware yang dideteksi Symantec tahun 2011, perusahaan besar seharusnya mengupdate definisi keamanan virus dan pencegahan gangguan paling tidak setiap hari, kalau tidak beberapa kali dalam sehari.
 
Agresif dalam melakukan update dan patch
Update, patch dan beralih dari browser, aplikasi dan plug-ins browser lama dan tidak aman ke versi terbaru yang tersedia menggunakan mekanisme update otomatis dari vendor. Kebanyakan vendor software getol melakukan patch kerentanan software yang terekspos. Namun patch seperti ini hanya bisa efektif jika diadopsi di lapangan. Waspada dalam memasang image-image korporat standar yang berisi browser, aplikasi, dan plug-ins browser versi lama yang sudah ketinggalan jaman dan tidak aman. Jika mungkin otomasikan pemasangan patch untuk mempertahankan perlindungan terhadap kerentanan di seluruh organisasi.
 
Terapkan ketentuan kata sandi yang efektif
Pastikan kata sandi panjang; paling tidak 8-10 karakter dan terdiri dari huruf dan angka. Sarankan pengguna untuk tidak menggunakan kembali kata sandi yang sama pada beberapa situs web dan memberitahukan kata sandi dengan orang lain seharusnya tidak dilakukan. Kata sandi harus diganti secara teratur, paling tidak setiap 90 hari. Hindari menuliskan kata sandi.
 
Batasi lampiran email
Konfigurasi server-server mail untuk memblokir atau menghapus email yang berisi lampiran file yang biasa digunakan untuk menyebarkan virus seperti file .VBS, .BAT, .EXE, .PIF, dan.SCR. Perusahaan-perusahaan harus meneliti ketentuan-ketentuan untuk .PDF yang dibolehkan sebagai lampiran email.
 
Pastikan Anda telah memiliki prosedur respon terhadap infeksi dan insiden

  • Pastikan Anda memiliki informasi kontak vendor-vendor keamanan Anda, ketahui siapa yang akan Anda hubungi, dan langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan jika satu atau lebih sistem Anda terinfeksi.
  • Pastikan bahwa solusi backup-and-restore tersedia untuk memulihkan data yang hilang atau terganggu saat terjadi serangan atau kehilangan data yang besar.
  • Gunakan kemampuan-kemampuan deteksi pasca infeksi dari gateway web, solusi-solusi keamanan endpoint dan firewall untuk mengidentifikasi sistem-sistem yang terinfeksi.
  • Isolasi komputer-komputer yang terinfeksi untuk mencegah risiko infeksi lebih jauh dalam organisasi
  • Jika layanan-layanan jaringan dieksploitasi oleh kode berbahaya atau ancaman-ancaman lainnya, non-aktifkan atau blokir akses ke layanan-layanan tersebut sampai patch diaplikasikan.
  • Lakukan analisa forensik pada komputer-komputer manapun yang terinfeksi dan perbaiki dengan menggunakan media terpercaya tersebut.

 

UKM Semakin Rawan Diserang Hacker

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Usaha kecil dan menengah semakin rawan terhadap serangan-serangan malware oleh sekelompok kejahatan terorganisir yang ingin memperoleh keuntungan secara ekonomis. Demikian dikatakan Darric Hor, Country Director, Symantec Indonesia saat menyampaikan Symantec Intelligence Report bulan Juni 2012 di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (7/8).

Darric menjelaskan, serangan terarah dan advanced persistent threats (APTs) terhadap UKM umumnya berlangsung dalam 4 tahap. Pertama, serangan trojan yang disusupkan dalam file USB, setelah berhasil masuk ke dalam PC, file tersebut masuk dalam tahap discovery atau menemukan sasaran-sasaran yang telah dirancang lalu mencuri informasi berharga korban, seperti kartu kredit, akun bank dan sebagainya. Yang terakhir, trojan mengirimkan semua informasi itu ke server induknya.

“Hal ini biasanya tidak berlangsung cepat, tapi berbulan-bulan, mungkin 6 bulan kemudian kita baru menyadari sejumlah uang kita hilang, ditransfer ke sejumlah rekening secara bersamaan,” kata Darric. "Kerugiannya bisa miliaran."

Di tempat yang sama, Fransiskus Andi Indromojo, Technical Consultant, Symantec Indonesia menambahkan, UKM menjadi sasaran para hacker utnuk mencuri informasi. Dalam beberapa kasus, kata dia, APT sering kali bermula dari file USB. Misalkan, Anda menyalin file dari internet yang tidak aman, lalu di dalam file sering ada HTML yang apabila diklik ternyata meridirect ke server penyerang.



“Trojan biasanya tidak merusak, tapi menyamar dan mentransfer informasi penting ke server pusatnya,” katanya. “APT tumbuh subur di UKM karena persaingan antar mereka.”

Berdasarkan Symantec Intelligence Report Juni 2012, 35% dari serangan dengan sasaran khusus (58 per hari) selama enam bulan terakhir ditujukan ke perusahaan dengan 250 atau kurang karyawan. Seperti yang dilaporkan dalam  ISTR terbaru, angka ini sebesar 18% pada akhir Desember 2011. Selama semester pertama tahun tersebut, jumlah total dari serangan dengan sasaran khusus setiap harinya terus meningkat dengan laju minimum 24% dan rata-rata 151 serangan diblok setiap harinya selama bulan Mei dan Juni.

Perusahaan-perusahaan besar yang memiliki karyawan lebih dari 2.500 masih merupakan target terbesar serangan, dengan rata-rata 69 serangan diblok setiap harinya. Industri Pertahanan (sub kategori Sektor Publik) menjadi sasaran serangan paling populer selama semester pertama tahun 2012, dengan rata-rata serangan sebanyak 7,3 perhari. Sektor Kimia/Farmasi dan Manufaktur tetap bertahan di nomor dua dan tiga.

Lalu bagaimana mencegahnya?

Microsoft Diminta Tak Luncurkan Tablet Surface

Posted:


CHIP.co.id – CEO Acer JT Wang mengatakan bahwa Microsoft perlu berpikir dua kali mengenai peluncuran tablet Surface karena akan mengganggu ekosistem komputasi dan mengubah kawan menjadi lawan.

Dalam wawancara dengan Financial Times, Wang mengatakan “Kami sudah menyampaikan agar Microsoft berpikir ulang. Berpikir dua kali. Tablet Surface akan membuat dampak negatif besat terhadap ekosistem dan merek lain mungkin akan bereaksi negatif. Ini bukan bidang Anda jadi tolong berpikir dua kali.”

Wang melanjutkan dengan menyarankan bahwa Microsoft terus maju dengan rencana membaut tablet, Acer mungkin akan menjadikan raksasa software itu sebagai saingan.

“Jika Microsoft terjun ke bisnis perangkat keras, apa yang harus kami lakukan? Haruskah kami masih mengandalkan Microsoft, atau sebaiknya kami mencari alternatif lain?" ujarnya.

Kritik terhadap ambisi Microsoft memasuki bisnis tablet bukanlah yang pertama. Senior Vice President Acer untuk wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika,  Oliver Ahrens kepada Reuters pernah mengatakan bahwa strategi Microsoft menyaingi Apple dengan tablet Surface akan gagal. Hal itu dikatakannya tak lama setelah Microsoft memperkenalkan Surface kepada khalak.

"Saya tidak berpikir itu akan berhasil karena Anda tidak bisa menjadi pemain hardware dengan dua produk," katanya. "Microsoft bekerja sama dengan dua lusin vendor PC di seluruh dunia, termasuk orang-orang lokal, sedangkan Apple sendiri, Apple lebih bisa melakukan melakukan apa yang diinginkannya."

Dalam laporan tahunannya yang terbaru, Microsoft tersirat menyadari bahwa mengembangkan Windows untuk PC dan perangkat mobile mungkin akan berakibat negatif terhadap hubungannya dengan produsen peralatan asli.

“Meskipun banyak pengguna yang melihat perangkat ini sebagai pelengkap PC, prevelansi perangkat ini mungkin akan membuatnya lebih susah menarik minat developer untuk platform kami,” kata Microsoft dalam laporannya bulan lalu. “Selain itu, perangkat Surface akan bersaing dengan produk yang dibuat oleh Original Equipment Manufacturer (OEM) kami, yang mungkin mempengaruhi komitmen mereka terhadap platform kami.”

(au)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar