Rabu, 15 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


235 Juta Orang Bermain Game di Facebook Tiap Bulan

Posted:


CHIP.co.id - Facebook merilis statistik baru untuk ecosystem and App Center di tengah-tengah acara Game Developers Conference Europe pekan ini.

Jejaring sosial itu melaporkan bahwa ada lebih dari 235 juta orang bermain game di Facebook.com setiap bulan, ini mengalami sedikit peningkatan dari 205 juta pada tahun lalu. Sebagai gambaran, Facebook memiliki lebih dari 900 juta anggota dan terus bertambah.

Facebook secara rutin mempromosikan bahwa pusat aplikasi (App Center) mereka sumber trafik utama dari aplikasi dan permainan, bukan hanya di Facebook, tapi juga perusahaan lain di Silicon Valley. Facebook menegaskan bahwa lebih dari 150 juta orang menggunakan Pusat Aplikasi dalam sebulan terakhir, mendorong pengunduhan 2,4 kali lebih banyak dibanding dasbor apps and game mereka yang lama.

Pengguna yang mengunduh aplikasi dari Pusat Aplikasi yang ditemukan menjadi 35 persen lebih mungkin kembali menggunakan aplikasi tersebut pada hari berikutnya dibandingkan rata-rata pengguna, dan 17 persen lebih mungkin untuk kembali dalam waktu seminggu.

Pada bulan Juli saja, Facebook menyampaikan bahwa mereka telah mendorong konsumen ke iTunes App Store dan Google Play lebih dari 170 juta kali.

Facebook mengumumkan angka-angka selama GDC Eropa karena perwakilan mereka mengatakan bahwa pengembang game memiliki kesempatan besar untuk membangun aplikasi secara lokal dan tumbuh secara global.

Saat ini, Facebook melaporkan bahwa 5 dari 10 pengembang game terkemuka di Facebook berbasis di Eropa –bandingkan dari tahun lalu yang hanya 1 dari 10. Beberapa merek yang dikenal di antaranya, Wooga, Peak Games, dan Rovio.

(Au)

Microsoft Luncurkan Wajah Baru SkyDrive

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft secara resmi merilis desain baru SkyDrive.com, Selasa (14/8). Selain itu, Microsoft juga Windows yang lebih efisien dan integrasi OS X SkyDrive, serta aplikasi Android baru yang akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

SkyDrive.com sekarang mendukung interface berbasis tile yang sesuai dengan gaya visual Microsoft sejak Windows Phone 7. Terdapat juga fitur “instant search” baru yang berfungsi seperti pencarian berbasis desktop dengan hasil update yang dinamis, fitur lainnya termasuk toolbar kontekstual yang memiliki fungsi yang paling umum digunakan, seperti select and drag and drop, dan pilihan penyortiran yang lebih baik..

Adapun sinkronisasi dengan Windows Desktop dan OS X, efisiensi telah ditingkatkan dalam beberapa bidang utama berdasarkan feedback dari pengguna, seperti kecepatan upload foto yang telah ditingkatkan dan “looking for changes” juga sedikit lebih cepat dari sebelumnya. Aplikasi baru ini mungkin akan digelar pekan ini.

Microsoft juga mengumumkan aplikasi Android SkyDrive yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan. Belum ada rincian apa pun tentang aplikasi tersebut, meskipun Microsoft mengatakan bahwa alikasi ini akan sama seperti yang ada pada Windows Phone dan iOS. Secara khusus, pengguna akan dapat browsing, upload, dan berbagi file, membuka file SkyDrive dari aplikasi lain, mengunggah dan menyimpan file dari aplikasi lain ke SkyDrive.

 

(Au)

Akhirnya, Pinterest Hadir di Perangkat Android dan iOS

Posted:


CHIP.co.id - Pinterest, sebuah situs berbagi foto yang bergaya sebuah pinboard, selasa lalu (14/8) meluncurkan aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini telah lama ditunggu oleh penggunanya.

Meskipun Pinterest masih seumur jagung (diluncurkan sekitar bulan Maret 2010), tetapi telah memiliki banyak pengguna yang cenderung "setia". Dari para pengguna inilah banyak permintaan untuk membuat aplikasi di Android, dan belakangan menyusul perangkat iOS.

Untuk Anda yang ingin mengunduh aplikasi Pinterest untuk perangkat Android dan iOS. Silakan buka laman berikut:

Android - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pinterest

iOS - http://itunes.apple.com/us/app/pinterest/id429047995?mt=8

Dan untuk tampilan di masing-masing platform, inilah tampilannya:

Android

iPad

iPhone

Toshiba Batal Membuat Tablet Windows 8 RT, HP Ragu-Ragu

Posted:


CHIP.co.id - Toshiba akan bergabung dengan Hewlett-Packard (HP) melewatkan peluncuran perdana tablet berbasis Windows 8 versi RT. Hal ini menyusul konfirmasi dari Microsoft, Senin (13/8) bahwa Dell, Samsung, dan Lenovo akan merilis tablet berbasis versi Windows 8 yang berjalan pada chip ARM.

Namun, versi RT tidak dapat menjalankan software library besar yang dibuat untuk PC berbasis Intel "x86", walaupun akan memiliki versi dari Microsoft Office.

"Toshiba telah memutuskan untuk tidak memperkenalkan model Windows RT karena komponen yang tertunda sehingga peluncuran tepat waktu tidak mungkin dilakukan," ungkap pihak Toshiba dalam sebuah wawancara dengan CNET. "Untuk saat ini, Toshiba akan fokus membawa produk Windows 8 ke pasaran. Kami akan terus memantau kemungkinan produk Windows RT di masa depan sambil memantau kondisi pasar."

Belum jelas apakah komponen yang tertunda adalah prosesor Texas Instruments yang rencananya digunakan Toshiba. Toshiba belum mau mengkonfirmasi hal ini.

Hewlett-Packard tidak muncul dalam daftar perangkat RT yang direncanakan untuk bulan ini. Meskipun, seperti Toshiba, HP juga diharapkan terus melanjutkan pembuatan tablet berbasis Intel.
Kebanyakan tablet berbasis Intel diharap menggunakan chip "Clover Trail" system on a chip (SoC), dari keluarga prosesor x86 yang hemat listrik.

Tablet Surface Microsoft akan muncul dalam versi RT dan Intel. Surface RT akan diperkenalkan pada tanggal 26 Oktober mendatang, sedangkan Surface berbasis Intel akan diluncurkan pada awal tahun 2013 dengan menggunakan chip Intel seri i chip yang lebih kuat, sama dengan yang digunakan dalam ultrabook.

 

(Au)

Wal-Mart Akuisisi e-commerce Asal China

Posted:


New York, CHIP.co.id - Wal-Mart, departemen store ternama asal Amerika Serikat, baru saja mengakuisisi sebuah e-commerce asal China, Yihaodian.

Dilansir dari washingtonexaminer.com, Wal-Mart berencana meningkatkan saham di perusahaan induk Yihaodian menjadi sekitar 51% dari biasa yang hanya 17%.

Yihaodian telah merintis bisnis e-commerce selama kurang lebih dari empat tahun. Selama masa tersebut, mereka telah menjual lebih dari 180.000 produk, mulai dari bahan makanan, elektronik, hingga pakaian.

Tujuan Wal-Mart mengakuisisi Yihaodian sudah tersirat secara detail, bahwa mereka sedang berusaha untuk mencari akses lebih banyak lagi untuk merangkul para konsumen dari China agar semakin gemar untuk berbelanja online.

Menurut sumber dari Wal-Mart yang terpercaya, Wal-Mart sangat terkesan dengan hasil kerja keras Yihaodian yang kuat, dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis e-commerce di China.

Saat ini, perkembangan bisnis Wal-Mart telah mengoperasikan lebih 10.000 toko ritel di bawah 69 nama yang berbeda di 27 negara. Harga saham Wal-Mart Store Inc saat ini sedang mengalami kenaikan sebanyak 61 sen menjadi US$74,01.

Arab Saudi Larang Nama Domain .gay dan .islam

Posted:


Arab Saudi, CHIP.co.id - Pemerintah Arab Saudi baru-baru ini mengeluarkan larangan tegas bagi para pengguna internet agar tidak membuat alamat domain mereka dengan akhiran; .gay, .bar, .baby, dan .islam.

Larangan tegas ini diajukan oleh Saudi Arabia's Communication and Information Technology Commission (CITC), karena menganggap domain yang berakhiran .gay seperti sedang mempromosikan kegiatan homoseksualitas yang sangat ditentang di negara tersebut.

Menurut CITC terdapat lebih dari 31 larangan domain yang merunut ke isu SARA. Dan mereka pun telah menemukan lebih dari 1.930 domain terkenal menggunakan hal tersebut.

"Banyak masyarakat dan budaya kami yang menganggap homoseksualitas sangat bertentangan dengan moralias, budaya dan agama," ungkap CITC yang dilansir dari CNN.com.

Keberatan Arab Saudi pun sebenarnya tidak terlalu bertele-tele, karena Negara yang memiliki mayoritas umat Muslim tersebut sangat konsen menyoroti isu-isu budaya yang bertentangan dengan agama. Maka, tidak heran apabila mereka juga sangat konsen menyoroti domain yang kontroversial dengan isu seks, minum-minuman keras, perjudian, atau pun agama.

Ketika Johnson & Johnson, perusahaan penyedia perlengkapan bayi asal Amerika Serikat ingin menggunakan nama domain berakhiran .baby, pemerintah Arab Saudi pun segera melarang nama domain tersebut beredar di negara mereka. Karena, mereka menganggap .baby seperti domain yang digunakan oleh para penyedia hosting pornografi.

Selain hal tersebut, Negara ini juga keberatan akan nama domain yang berakhiran .islam. "Kami mengharapkan nama domain tersebut berkaitan dengan isu keagamaan, dan domain tersebut tidak dapat digunakan oleh swasta yang tidak ada sangkut-pautnya dengan agama Islam."

Plus One Projector untuk iPhone 4 dan 4S

Posted:


CHIP.co.id - Century, perusahaan yang memperkenalkan teknologi SATA HDD, kembali meluncurkan teknologi terbarunya, Plus One Projector.

Plus One Projector, projector yang dihadirkan khusus untuk pengguna iPhone 4/4S ini dilengkapi dengan teknologi DLP 35ANSI yang mampu menampilkan gambar skala VGA dengan kontras rasio 1000:1.

Selain itu, projector yang dapat langsung ditempelkan ke badan iPhone 4/4S ini dilengkapi dengan internal baterai berdaya 1.850mAH.

Dengan kemudahan tersebut, Century menawarkan projector yang mampu menayangkan presentasi bisnis dan juga menonton film favorit, tanpa harus membawa perlengkapan yang ribet dan besar.

Sayangnya, Plus One Projector baru akan ada di pasar Jepang di akhir bulan Agustus. Dan harga yang ditawarkan untuk mendapatkan projector yang memiliki berat hanya 125 gram ini adalah ¥25.000 atau sekitar USD317,4.

Far Cry 3, Membunuh atau Dibunuh!

Posted:


CHIP.co.id - Sebagai pemain, Anda akan diajak menjelajahi sebuah pulau yang di dalamnya terdapat peradaban yang mengerikan dan penuh dengan berbagai hal yang tidak bisa diterima akal sehat. Itulah sekilas gambaran game Far Cry 2 (2008) yang pada versi terbarunya ini dikembangkan sekaligus akan dipublish oleh Ubisoft. Masih memanfaatkan engine yang digunakan pada Far Cry 2, Ubisoft menjanjikan bahwa Far Cry 3 akan lebih sempurna.

Dalam game ini Anda akan berperan sebagai Jason Brody, seorang wisatawan yang terdampar di sebuah kepulauan di sekitar Asia Pasifik dan terpisah dari kerabat serta kekasihnya. Demi mencari keluarganya, Jason harus berpetualang menyusuri pulau tersebut. Walaupun masih menganut genre yang sama dengan versi sebelumnya, Far Cry 3 kembali berlatar belakang hutan tropis sebagaimana yang ada di dalam Far Cry 1.

Rupanya, pulau tropis yang selintas terlihat eksotis dikuasai oleh seorang kriminal. Penduduk yang tinggal di pulau tersebut pun hidup sengsara. Di pulau ini, Jason harus berhadapan dengan seorang dokter yang suka membuat obat-obatan dengan bahan baku yang tidak jelas. Dokter tersebut bernama Earnhardt. Sang dokter akan menggunakan Jason sebagai percobaan untuk meracik obat terbaru buatannya. Pada akhirnya, hal ini membuat Jason terlihat trauma dan kondisi ini semakin memperburuk dirinya. Oleh karena itu, hanya ada dua pilihan yang tersisa, yaitu Jason harus membunuh atau dibunuh secara kejam.

Kesan mencekam bukanlah hal yang aneh dalam game Far Cry. Dalam game ini, Anda akan banyak bertemu dengan situasi yang kejam dan keras. Namun, Anda bisa menemukan banyak cara untuk dapat tetap bertahan hidup di pulau ini. Berbagai senjata musuh dapat Anda gunakan, seperti mengambil pisau musuh secara cepat dan membunuh mereka.

Far Cry 3 rencananya akan dirilis pada tanggal 4 Desember 2012. Anda dapat melakukan pre-order pada 29 November 2012 mendatang di situs resminya.

RealPlayer Meluncur di Android, Gratis!

Posted:


CHIP.co.id – RealNetworks, Selasa (14/8), meluncurkan media player lintas platform RealPlayer khusus untuk Android. Sebelumnya RealPlayer hanya tersedia dalam format beta, aplikasi ini berupaya mengurangi kebutuhan Anda terhadap bermacam media player dengan memberikan pilihan untuk mendengarkan musik, menonton film, dan melihat foto hanya dari satu aplikasi.

Jika berminat, Anda bisa mengunduh RealPlayer secara gratis di Google Play Store, namun untuk mendapatkan fitur tambahan seperti equalizer, widgets, dan “personalization tools” Anda harus merogoh kocek USD4,99.

RealNetworks mengklaim aplikasi ini memiliki 11,2 juta pelanggan ketika masih dalam format beta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Co-Founder Twitter Luncurkan Proyek Medium.com

Posted:


CHIP.co.id - Biz Stone dan Evan Williams, dua orang co-founder jejaring sosial Twitter umumkan proyek Medium.com. Medium merupakan sebuah start-up yang diharapkan dapat menjadi jenis baru dari platform penerbitan online.

Platform penerbitan online ini maksudnya adalah layaknya sebuah blog, atau situs berbagi konten seperti Flickr dan Deviantart. Namun, masih belum jelas seperti apa bentuk dari Medium ini. Saat ini pun, Medium masih dalam tahap beta.

"Saat ini, Medium masih jauh dari sempurna. Namun, (harapan kami) akan berkembang pesat seperti riset dan pengalaman kami sebelumnya," ujar Evan Williams.

Apabila Anda tertarik untuk bergabung ke dalam proyek Medium ini, cukup sign-in melalui akun Twitter Anda, dan ikuti langkah selanjutnya.

2 Minggu Sejak Diluncurkan, Outlook Raup 10 Juta Pengguna

Posted:


CHIP.co.id – Dua minggu sejak diluncurkan Microsoft, layanan webmail bergaya Metro Outlook.com sudah mampu menarik minat 10 juta pengguna. Hal ini disampaikan Microsoft bersamaan dengan pengumuman perubahan desain SkyDrive, Selasa (14/8) kemarin.

Sebelumnya juga diberitakan, sebanyak 1 juta pengguna sudah mendaftar di Outlook.com hanya 24 jam sesudah peluncuran.

Namun, belum tentu para pengguna yang mendaftar benar-benar menjadikan Outlook sebagai alamat surat elektronik utama mereka. CHIP sendiri sudah membuka akun di Outlook dan belum pernah menggunakannya untuk mengirim e-mail penting sampai saat ini. Bagaimana dengan Anda?

Trend Micro: Masih Ada Ancaman Spam yang Berkelanjutan di Asia Pasifik

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di Double Bay Resto, Jakarta, Trend Micro merilis APAC Threat Landscape di kuartal kedua 2012 (14/8). Dalam pemetaan keamanan tersebut, terungkap bahwa ancaman keamanan di Asia Pasifik berada dalam kategori ancaman lama, tetapi sedang menjelma dan mengubah metode serangan mereka.

APT yang terjadi paling banyak di India dan Taiwan sedang menemukan metode-metode baru untuk mencegah pendeteksian seperti yang terlihat di IXESHE. Dieja sebagai “i-sushi”, kampanye APT ini menggunakan server-server yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Sementara serangan-serangan lainnya, seperti Police Trojan Attacks menggunakan ransomware yang menargetkan korban-korban dengan cara menelusuri lokasi geografis mereka dan bekerja sebagai pasukan polisi lokal.

Mobile malware juga sedang meningkat seiring dengan kepopuleran smartphone, terutama perangkat-perangkat yang berbasis Android di kawasan Asia Pasifik. Trend Micro telah mengidentifikasi 25.000 aplikasi mobile malware sejak kuartal kedua 2012, dimana terjadi 417 persen peningkatan dibandingkan dengan kuartal pertama, dan riset menunjukkan bahwa hanya satu dari lima perangkat-perangkat mobile memiliki keamanan aplikasi yang telah terinstalasi sebelumnya.

“Alasan kenapa para penjahat fokus untuk melakukan serangan mereka dengan mencuri data pribadi sangatlah sederhana. Hal ini merupakan  kejadian yang terjadi pada pemilik-pemilik usaha kecil  yang bekerja dengan menggunakan berbagai perangkat mobile sehingga memungkinkan mereka menjadi rentan terhadap terjadinya serangan,” ujar Aulia Fajar Huriadi, Business Manager Trend Micro Indonesia.

Aulia Fajar Huriadi saat memberikan penjelasan kepada media

Hal ini meluas ke sosial media di kawasan Asia Pasifik, dimana para penjahat dunia maya mulai menggunakan Pinterest untuk mengarahkan para korbannya ke halaman-halaman phishing atau situs-situs malicious. Pinterest saat ini merupakan situs jejarng sosial media terpopuler ketiga di AS, dimana versi-versi lokal Pinterest telah menyerang beberapa negara di kawasan ini.

Sementara itu, metode lama seperti URL spam dan malicious masih merupakan masalah besar untuk negara-negara seperti India, Korea Selatan, dan Vietnam, masing-masing menempati posisi teratas, kedua dan ketiga sebagai sumber terjadinya spam, dan China adalah penyebar malware yang menempati posisi teratas di Asia Pasifik.

Trend global yang saat ini sedang berkembang adalah adanya peningkatan penggunaan peralatan-peralatan penyerangan yang canggih seperti Automatic Transfer System (ATS), yang memungkinkan penjahat untuk mencuri informasi perbankan saat mereka sedang online. Sementara kejadian-kejadian ATS telah terdeteksi di Eropa, adanya peningkatan jumlah pengguna perbankan online di Asia Pasifik berarti bahwa ATS bisa saja sudah mulai ada.

Dengan adanya pemetaan ancaman keamanan yang dinamis ini, Trend Micro menyarankan agar para pelanggannya menggunakan threat intelligence terhadap serangan-serangan yang terjadi. Adapun komponen-komponen dari strategi pencegahan ini adalah:

  • Tingkatkan visibilitas jaringan, insight dan pengendalian melalui penggunaan solusi-solusi keamanan yang ada.
  • Pilih sebuah solusi keamanan yang menggunakan integrity checks guna menjaga terjadinya perubahan malware di sistem-sistem dan registries yang dapat terjadi secara terus menerus.

Teknologi-teknologi yang tersedia saat ini seperti Deep Discovery memberikan visibilitas, insight, dan pengendalian pada jaringan guna mencegah terjadinya ancaman. Selain solusi-solusi keamanan, organisasi-organisasi harus menyediakan waktu untuk memberikan edukasi kepada para karyawannya terhadap social engineering. Seorang karyawan yang diberdayakan dapat menjadi juru kunci dalam menangkal terjadinya serangan-serangan tersebut.

ASUS Meluncurkan Guest Network Access

Posted:


CHIP.co.id - Asus luncurkan guest network access, jaringan yang dirancang dan didedikasikan untuk beragam karakteristik pengguna. Untuk mendukung hak tersebut, Asus memberikan tujuh pilihan produk wireless router dan modem router Asus seri black diamond dilengkapi dengan guest network access, yang mendukung membuat jaringan yang fungsional bagi beragam pengguna.

Dengan jaringan khusus untuk ‘guest’, pengguna dapat :

  • Menciptakan jaringan untuk kelompok yang berbeda, dengan pembagian bandwidth secara proporsional, contoh koneksi 300Mbps untuk 2 SSID, tiap SSID (Service Set Identifier) maksimal 150Mbps.
  • Membatasi akses tiap grup dengan ID dan password yang berbeda
  • Membatasi waktu penggunaan
  • Membatasi akses intranet ke SSID yang berbeda

Proses konfigurasinya hanya memerlukan tiga langkah mudah sebagai berikut:

Klik gambar untuk lebih jelas

  1. Di menu router tersebut, lihat pada pojok kiri, cari tulisan "Guest Network", lalu klik pilihan tersebut.
  2. Pada pilihan "Network Key", klik pilihan "Enable".
  3. Terakhir, pada menu "The Guest Network provides internet connection for guests but restricts access to your internet", lihat di bagian "Enable?". Anda harus memilih "Enable" dan kemudian klik "Apply".

Dengan membuat beberapa network, pengguna dapat menikmati berbagai keuntungan, seperti:

  • Mempermudah akses untuk guest dengan SSID yang dibuat khusus (misal Asus_Guest1).
  • Mencegah kemungkinan penggunaan data oleh yang tidak berkepentingan dengan membatasi akses melihat SSID lain.
  • Meningkatkan produktivitas untuk pengguna tertentu dengan mengatur kecepatan akses data.
  • Menghemat biaya karena tidak perlu membeli router ataupun paket data Internet tambahan, semua pengguna dapat menggunakan router tersebut.

Pilihan yang Tersedia

Asus telah menawarkan tujuh model yang mendukung multiple network, dengan  pilihan 5 router dan 2 modem router ADSL. Ketujuh model itu adalah :

  1. RT-N66U (maksimal 8 SSID)
  2. RT-N53 (maksimal 5 SSID)
  3. RT-N15U (maksimal 4 SSID)
  4. RT-N12 (maksimal 4 SSID)
  5. RT-N10+ (maksimal 4 SSID)
  6. DSL-N12U (maksimal 4 SSID)
  7. DSL-N10 (maksimal 4 SSID)

Pengguna dapat memilih tipe yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Sebelum membeli, Anda dapat mengecek terlebih dahulu logo di bawah ini (ditandai dengan warna merah) pada kemasan produk untuk memastikan dukungan multiple network.

ZTE Jalin Kerjasama dengan Synnex Metrodata Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ZTE Corporation resmi mengumumkan kemitraan strategis yang dibentuk bersama dengan PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI), salah satu entitas anak PT. Metrodata Electronics, Tbk yang bergerak dalam bidang distribusi produk-produk TI kelas dunia (ICT Distribution).

Mr. Fan Xiaoyong, Managing Director, PT. ZTE Indonesia mengatakan, “Perusahaan ZTE Indonesia terus bertumbuh sejak pertama kali didirikan pada tahun 2001. Untuk semakin memperkuat bisnis ZTE, ditunjuklah Synnex Metrodata Indonesia sebagai mitra strategis resmi. ZTE yakin bahwa kemitraan ini akan menguntungkan kedua belah pihak dan juga memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.”

“Kami sangat bangga bisa menjalin kemitraan dengan Synnex Metrodata Indonesia. Hal ini karena Metrodata merupakan perusahaan lokal distribusi TI yang sudah sejak lama berdiri di Indonesia, memiliki sejarah performa bisnis yang tinggi serta stabilitas perusahaan yang sangat baik”, ditambahkan oleh Susanto Sosilo, Director of Device Division, PT. ZTE Indonesia.

Kemitraan strategis ini diwujudkan dengan penunjukan SMI sebagai distributor resmi untuk produk-produk terminal ZTE di Indonesia, yang bertujuan untuk memperluas cakupan dari ketersediaan produk-produk serta layanan berkualitas dari ZTE, dan diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar di Indonesia secara signifikan.

Produk-produk yang akan tersedia melalui SMI mencakup varian Smartphone, Tablet, serta Dongle ZTE yang sudah sangat populer di masyarakat. Sebagai pengakuan akan kualitas produknya yang bisa diandalkan, secara global ZTE berdiri pada peringkat keempat dalam penjualan handset.

“Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan ZTE. Kemitraan ini sejalan dengan bisnis strategi yang telah ditetapkan perusahaan kami yaitu untuk tetap berinovasi melalui diversifikasi produk. Sebagai perusahaan global yang sudah diakui keandalannya serta kemampuan untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat, baik pengguna pribadi, anggota keluarga, sampai keperluan bisnis, ZTE mampu menghadirkan solusi berkualitas tinggi yang affordable”, kata Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT. Synnex Metrodata Indonesia.

“Selain kualitas produk yang handal, kami juga melihat bahwa ZTE didukung dengan layanan purna jual yang andal”, tambahnya lagi.

Bertambahnya portofolio membuat SMI semakin mengerti kebutuhan pelanggan dalam memilih produk berkualitas dan kelas dunia. Konsumen akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan informasi produk, layanan, ketersediaan produk serta harga yang kompetitif.

Bersamaan dengan diresmikannya kemitraan strategis ini, ZTE juga meluncurkan produk smartphone terbarunya, yaitu ZTE Skate yang berbasis Sistem Operasi Android dan dilengkapi dengan layar 4.3 inci. SMI akan secara ekslusif menangani distribusi produk tersebut ke seluruh wilayah Indonesia.

ZTE Skate Hadir Ramaikan Pasar Smartphone Android Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ZTE Indonesia baru saja meluncurkan smartphone Android terbarunya, ZTE Skate. Smartphone yang dilengkapi dengan Android 2.3 (Gingerbread) ini hadir semarakan pasar smartphone Indonesia yang semakin banyak fitur dan variannya.

Skate pertama kali diluncurkan secara global di Beijing pada tahun 2011 lalu, dan hingga saat ini telah terjual lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia. ZTE Skate diproduksi sesuai standar kualitas Internasional yang ketat. Sehingga, tidak seperti produk lain yang dilarang peredarannya di beberapa negara karena tidak sesuai regulasi yang berlaku, Skate sudah lulus uji kualitas produk untuk bisa digunakan di lebih dari 15 negara, termasuk di Eropa, Amerika, Jepang, dan akhirnya tepat pada tanggal 13 Agustus 2012, akhirnya tiba juga di Indonesia.

ZTE Skate yang memiliki layar lebar 4.3 inch WVGA resolution, menyuguhkan fitur Android Gingerbread yang berbeda dari smartphone biasanya. Layar ZTE Skate tidak hanya lega, namun juga memiliki resolusi WVGA yang tajam, dengan kerapatan hingga 800x480 piksel dan diperkuat dengan chip grafis Adreno 200 dengan akselerasi 3D (41 juta triangle / detik).

Ini berarti pengguna bisa menonton film digital dengan resolusi High Definition dengan mulus, bermain game-game terbaru seperti misalnya Need For Speed atau Final Fantasy dari Google Play Store tanpa perlu membeli perangkat permainan tambahan.

“Dengan ZTE Skate, kami berhasil meluncurkan sebuah perangkat yang sesuai dengan kebutuhan para penggemar gadget, mahasiswa, pengguna profesional serta bisnis. Smartphone dengan ukuran layar 4 inci ke atas biasanya sangat mahal. Tapi tim R&D ZTE berhasil menggabungkan fitur-fitur high-end, performa yang tinggi, dengan desain yang stylish dan harga terjangkau,” kata Susanto Sosilo, Direktur Divisi Terminal ZTE Indonesia.

Kelebihan ZTE Skate terutama adalah layar sentuhnya yang lega berukuran 4.3 inci dengan teknologi sensor kapasitif, audio surround untuk mendukung film, game serta musik berkat fitur Dolby Mobile, Bluetooth, A2DP untuk headset nirkabel, A-GPS untuk peta dan navigasi, serta kamera dengan lensa 5 Megapiksel dan fitur Autofokus. Untuk pengambilan foto yang lebih baik serta mengatasi pencahayaan yang rendah, pengguna bisa menggunakan flash/lampu kilat yang tersedia.

“Kami optimis bahwa ZTE Skate akan lebih populer dari pendahulunya. Selain canggih, bodinya tipis serta enak digenggam. Desain ZTE Skate terinspirasi dari bentuk skate board, dengan sudut kemiringan pada sisi bawah, membuat tampilan ZTE Skate menjadi lebih dinamis dan eksklusif. Desain ini dikembangkan oleh tim R&D ZTE dari paten-paten teknologi yang sudah dimiliki, sehingga membuatnya berbeda dari ponsel-ponsel lain”, tambah Sosilo.

Smartphone ZTE Skate bisa digunakan pada jaringan GSM / GPRS / EDGE 900 / 1800Mhz / UMTS 2100MHz, mendukung standar 3G WCDMA dan kecepatan transfer datanya sudah HSDPA, mencapai 7.2Mbps untuk browsing maupun download yang lancar.

Smartphone ZTE Skate akan segera tersedia di pasaran dengan harga Rp1.900.000 dan didistribusikan secara ekslusif oleh PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI).

iPhone 5 Belum Diluncurkan, iPhone 4S Banting Harga

Posted:


CHIP.co.id - Nampaknya, semakin banyak pengguna smartphone di dunia yang tidak sabar menantikan datangnya iPhone 5. Menurut webpronews.com, beberapa vendor ponsel, seperti; Verizon dan AT&T telah membanting harga iPhone 4S.

Rumor yang menyebutkan bahwa iPhone 5 akan segera keluar di pasar dunia sekitar tanggal 12 September 2012 ini, membuat beberapa vendor telah menawarkan harga spesial untuk iPhone seri pendahulunya.

Dilaporkan bahwa Verizon dan AT&T menjual iPhone 4S sekitar USD179, kemudian ada Sprint memasarkan iPhone 4S sebesar USD159.

Tetapi penawaran harga iPhone 4S yang benar-benar turun sugnifikan datang dari Best Buy. Retailer yang fokus di bidang penjualan barang elektronik asal Amerika Serikat ini menawarkan harga berlangganan iPhone 4S mulai dari harga USD20.

iPhone 5 saat ini menjadi trending topic dunia karena kemampuannya mendukung sistem operasi IOS 6 yang andal. Penampilannya dikabarkan akan sedikit berbeda dari seri iPhone terdahulu yang lebih tipis, membuat orang-orang bertanya-tanya, seperti apa ya iPhone 5 itu?

Bagaimana dengan Anda, berminat untuk membeli iPhone yang katanya akan dilengkapi dengan 19-pin Dock Connector? Simak terus ulasan CHIP.co.id tentang handset besutan Apple Inc. ini.

RIM Siap Menjual Lisensi BlackBerry 10

Posted:


CHIP.co.id - Research In Motion (RIM) mengatakan bahwa mereka siap untuk memberikan lisensi sistem operasi terbaru BlackBerry 10 kepada produsen lain, bahkan mereka mempercepat untuk mengeluarkan perangkat mereka dengan OS BlackBerry 10 pada awal tahun depan.

Platform terbaru ini sedang memasuki pengujian tahap akhir, dan RIM saat ini sedang mempertimbangkan bagaimana perusahaan lain mungkin dapat menggunakannya dalam berbagai produk, sebagaimana dikatakan oleh CEO RIM Thorsten Heins. Blackberry 10 dibentuk pada perangkat lunak yang disebut QNX, yang digunakan dalam mobil, reaktor nuklir dan pesawat tanpa awak (drone).

“QNX telah dilisensi di sektor otomotif, kami dapat melakukannya dengan BB10 jika kami menginginkannya,” ujar Heins, yang telah mulai membawa telepon BB10 untuk keperluannya sendiri, dalam sebuah wawancara di kantor pusat Bloomberg di New York. “Platform ini dapat dilisensikan.”

BB10, yang telah memperbaiki Web browser dan kemampuan untuk berpindah dari aplikasi ke aplikasi lain saat telepon ini sedang beroperasi, adalah sebuah pijakan pertama dari upaya RIM untuk mengambil kembali pangsa pasar dari Apple Inc. dan Google Inc. Memberikan lisensi software ini kepada produsen lain mungkin dapat meningkatkan keyakinan para investor kepada OS ini. Saham RIM langsung melonjak 13 persen pada tanggal 8 Agustus setelah Jefferies & Co berspekulasi bahwa Samsung Electronics mungkin akan membeli lisensi BB10.

Setelah naik selama enam hari berturut-turut naik, saham perusahaan asal Waterloo, Ontario, Kanada itu akhirnya turun 2,7 persen ke level USD8,07 pada saat penutupan perdagangan di NewYork. Saham RIM telah kehilangan nilai hingga 95 persen dari harga tertinggi di pertengahan 2008.

Penjualan yang merosot

Penjualan BlackBerry secara Global anjlok 43 persen di kuartal terakhir. Jajaran produk RIM yang sudah tergolong lama gagal menandingi daya tarik konsumen dari ponsel Android dan iPhone-nya Apple. Heins yakin BB10 akan mengubah nasib RIM.

“Kami berada di sini untuk menang,” katanya. “Kami di sini bukan untuk memperjuangkan tempat ketiga maupun keempat.”

BlackBerry 10 merupakan awal yang baru bagi RIM, yang telah meninggalkan software lama mereka untuk membentuk OS terbaru ini. Susunan yang baru ini akan menggunakan teknologi dari QNX Software System yang telah mereka akuisisi pada 2010 dari Harman International Industries Inc dengan harga pembelian USD200 juta. Dasar dari software ini telah digunakan oleh banyak perusahaan mulai dari Cisco Systems Inc, General Electric Co sampai Caterpillar Inc.

Visi Heins terhadap RIM, perusahaan itu akan memperluas cakupan perangkat-perangkat mereka di luar Smartphone BlackBerry dan tablet Playbook ke daerah lain dari kamputasi mobile, dan ke hal yang dia sebut komunikasi mesin-ke-mesin.

“Smarthpone merupakan bagian dari bisnis kami, tapi kami mencari jalan melampaui ini,” ujar Heins.

(Ric)

LG Optimus Vu Akhirnya Dipasarkan Juga

Posted:


CHIP.co.id - Smartphone teranyar dari LG, LG Optimus Vu akhirnya mulai dipasarkan juga. Dikabarkan melalui situs resminya, hothardware.com, smartphone yang memiliki fitur dan fungsi layaknya Samsung Galaxy Note ini, akan mulai didistribusikan ke market Amerika Serikat di akhir musim panas.

Rencananya, Verizon sebagai vendor ponsel papan atas di negeri Paman Sam tersebut akan memasarkan LG Optimus Vu dengan kelengkapan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Menurut beberapa sumber mengatakan, bahwa Verizon akan membenderol smartphone yang berlayar 5 inci tersebut seharga USD900. Mahal? Sayangnya, harga yang tersebar tersebut barulah harga tentatif, untuk mengetahui harga LG Optimus Vu, simak terus ulasan terhangat tim CHIP.co.id.

Spesifikasi LG Optimus Vu:

  • Dual-band CDMA, 1x EV-DO, HSDPA and LTE connectivity
  • 5" 16M-color capacitive HD-IPS LCD touchscreen of XGA resolution (768 x 1024 pixels)
  • LG Rubberdium stylus and QuickMemo button
  • Android OS 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Dual-core 1.5GHz ARM Scorpion processor, 1GB of RAM, Adreno 220 GPU, Qualcomm MSM8660 Snapdragon chipset
  • 32GB of inbuilt storage
  • 8 MP autofocus camera, face detection and geotagging, front facing 1.3MP camera, video calling, and 1080p @ 30fps video recording
  • Wi-Fi b/g/n and DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
  • NFC connectivity
  • Stereo Bluetooth v3.0
  • DivX/XviD video support
  • Standard 3.5 mm audio jack, Dolby Mobile and SRS sound enhancement
  • Stereo FM radio with RDS
  • MHL TV-out
  • T-DMB TV tuner (Korean area only)

Twitter Akuisisi Clutch.io

Posted:


CHIP.co.id - Kabar terbaru datang dari Twitter!. Kabarnya, jejaring sosial yang berdomisili di San Francisco tersebut baru saja mengakuisisi salah satu developer aplikasi IOS, Clutch.io.

Dalam situs resminya, Clutch.io menjelaskan bahwa mulai per tanggal 13 Agustus 2012, seluruh karyawan mereka telah bekerja dengan tim Twitter, mengembangkan aplikasi Twitter yang dapat berjalan lebih baik lagi di sistem operasi IOS.

"Kami mengumumkan bahwa beberapa minggu mendatang, Clutch.io memiliki server sendiri untuk mengoperasikan layanan terbaru. Sampai tanggal 1 November mendatang, kami sudah mempersiapkan diri untuk meninggalkan hosting server layanan kami," ungkap Clutch.io melalui blog resmi.

Dengan diakuisisi Clutch.io perusahaan microbloging yang terlahir di tahun 2006 silam tersebut kian besar.

Preorder iPhone 5 Dimulai 12 September?

Posted:


CHIP.co.id – Apple dikabarkan sudah mulai membuka preorder iPhone 5 di Amerika Serikat pada saat peluncuran 12 September mendatang. Sedangkan pemesanan internasional kemungkinan akan dimulai 5 Oktober mendatang.

Pemimpin redaksi iMore, Rene Ritchie memberitakan, pengiriman sejak preorder iPhone harus sampai di tangan pelanggan sekitar sembilan hari kemudian. Diharapkan pelanggan di AS dan daerah lain akan dapat membeli perangkat ini mulai 21 September.

Dalam beberapa tahun terakhir, acara peluncuran iPhone dan pre-order  tidak selalu terjadi pada saat yang sama, tahun lalu Apple memperkenalkan iPhone 4S pada tanggal 4 Oktober 2011, dan pre-order tersedia hari Jumat berikutnya pada 7 Oktober. Tahun 2010 lalu, pembeli antusias harus menunggu lebih dari seminggu untuk pre-order iPhone 4.

Ritchie mengatakan, informasi mengenai preorder tersebut datang dari sumber mereka yang sebelumnya telah memberikan informasi akurat tentang tanggal peluncuran iPhone. Sampai saat ini rumor tersebut belum bisa terkonfirmasi, termasuk juga isu peluncuran iPad Mini, dock connector baru untuk perangkat iOS seperti iPod Touch, iPod Nano atau iPhone baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar