Senin, 06 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Kartu Berlagu, Kirim Kartu Ucapan Lewat Video

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT. Bank CIMB. Niaga Tbk (CIMB Niaga) meluncurkan inovasi terbaru penyampaian ucapan selamat (season greetings) untuk Hari Raya Keagamaan serta Hari Besar Nasional, dalam bentuk digital media (video). Kartu ucapan yang berbentuk video ini, dapat diperoleh melalui jaringan sosial (Facebook CIMB Indonesia).

Penggunaan digital media melalui jaringan sosial ini sebagai alternatif atas komunikasi sejenis yang telah ada sebelumnya, yang ditayangkan di media-media konvensional, seperti media cetak, billboard atau media komunikasi lainnya.

Arwin Rasyid, Presiden Direktur CIMB Niaga mengungkapkan, saat ini, komunikasi lewat jaringan sosial merupakan salah satu jenis komunikasi yang efektif, efisien, dan tepat sasaran, mengingat semakin banyak masyarakat yang menggunakan media komunikasi jenis ini.

Arwin menambahkan, video ucapan selamat dari CIMB Niaga, ditampilkan dalam bentuk "Kartu Berlagu", menghadirkan kelompok paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu bertema Hari Raya Keagamaan serta Hari Besar Nasional. Khusus bulan Agustus, akan ditampilkan lagu-lagu bertema Kemerdekaan dan Idul Fitri. Kelompok paduan suara tersebut beranggotakan 19 orang, yang terdiri-dari beragam kalangan, baik dari internal CIMB Niaga maupun dari luar CIMB Niaga.

"Untuk dapat mengakses video ini, terlebih dahulu pengirim pesan harus masuk ke Facebook fanpage CIMB Indonesia, dan meng-klik fitur "Kartu Berlagu". Selanjutnya, cukup tuliskan pesan yang akan dikirim, pilih lagu yang diinginkan serta cantumkan teman yang akan menerima ucapan ini. Nantinya, penerima pesan akan menerima pesan berikut lagu yang dibawakan oleh paduan suara," jelas Arwin, Senin (6/8).

"Kartu Berlagu" sudah bisa diakses di Facebook fanpage CIMB Indonesia terhitung 1 Agustus 2012. Satu kali pengiriman pesan dapat disampaikan ke 20 teman di Facebook, dan pengiriman pesan dapat dilakukan berkali-kali. Selanjutnya, penerima "Kartu Berlagu" juga bisa mengirimkan ke teman-teman yang masuk ke dalam jaringannya, dan begitu seterusnya sehingga terjadi efek viral (berkelanjutan).

Menurut Arwin, jenis komunikasi seperti ini cenderung lebih mudah diingiat. Selain itu, melalui "Kartu Berlagu" , penerima pesan menjadi lebih tergugah perasaannya, karena merasa lebih dilibatkan secara personal.

Arwin menambahkan, selain memperkenalkan inovasi terbaru dalam penyampaian season greetings, CIMB Niaga juga mengajak masyarakat untuk melakukan aksi sosial melalui penyampaian "Kartu Berlagu." Caranya, untuk setiap kartu yang dikirimkan, CIMB Niaga akan mendonasikan sebesar Rp1.000 ke panti-panti asuhan yang telah ditunjuk.

"Jadi, semakin banyak ucapan yang dikirim, maka semakin banyak pula dana yang bisa dikumpulkan untuk mereka yang membutuhkan. Hasilnya, silahturahmi tetap terjaga, amal kita pun terus bertambah," tutup Arwin.

Apple Akuisisi Rival Pinterest ?

Posted:

Tampilan laman The Fancy (inset: Joe Einhorn)

CHIP.co.id - Muncul rumor yang mengatakan bahwa Apple akan mengakuisisi The Fancy. The Fancy sendiri merupakan sebuah startup yang mirip dengan Pinterest. Di Amerika Serikat sendiri, The Fancy mulai berkembang pesat dan mulai diperhitungkan.

Dikutip dari Business Insider, pihak Apple telah mengadakan perbincangan dengan CEO The Fancy, Joe Einhorn. Dikabarkan, Apple akan mengucurkan dana sektar USD100 juta untuk mempermulus proses akuisisi ini.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada kepastian kapankah kesepakatan akan terjadi.

10 Deteksi Malware Teratas di Indonesia Juli 2012

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Terjadi pergeseran konstelasi di 10 besar malware yang terdeteksi di wilayah jagat maya Indonesia selama bulan Juli 2012 lalu, apabila dibandingkan Juni 2012.

Tidak ada malware baru yang sangat istimewa hingga mampu menginfeksi demikian hebat hingga masuk di 10 besar, jadi malware di Indonesia masih didominasi oleh malware bulan lalu seperti: seperti WIN32/Ramnit.A, LNK/Autostart.A, Win32/Somoto.A, dan hanya berbeda di eskalasinya saja sehingga posisi  malware di tangga 10 besar ada yang mengalami perubahan.

Sementara itu, Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia mengatakan “Selama Bulan Juli 2012 yang lalu memang relatif tidak ada malware istimewa yang mampu menginfeksi demikian hebat di Indonesia, sehingga masuk di 10 besar, DNS Changer pun sebarannya sangat kecil dan tidak terbukti seperti yang digembar-gemborkan. Malware lama seperti Ramnit, dan Sality masih mendominasi dan masih banyak menginfeksi komputer di Indonesia.”

Berikut, adalah 10 teratas malware yang terdeteksi di jagatmaya Indonesia selama bulan Juli 2012.

1. WIN32/Ramnit.A

Virus yang dikenal bandel, dan membuat pengguna internet terganggu. Hingga bulan Juli  lalu cukup banyak laporan komputer yang diserang oleh Ramnit. Setelah mengalami penurunan di bulan-bulan sebelumnya, Ramnit kembali bertengger di puncak sejak Mei lalu hingga Juli ini.

Virus berjenis trojan ini relatif aktif dalam penyebarannya. Untuk pengguna ESET, dapat dipastikan setiap usaha penyebarannya secara otomatis dapat diblok. Untuk non pengguna ESET berikut tips dari Technical Support ESET Indonesia: Download dan install ESET lalu aktifkan registrasi nya (baik trial ataupun berbayar), Lalu lakukan scan via safe mode, atau gunakan ESET Sysrescue yang dapat digenerate dari komputer lain noninfected yang sudah diinstall ESET.

2. LNK/Autostart.A

LNK/Autostart.A adalah nama lain Win32/CplLnk.A, yaitu threat yang dibuat secara khusus, atau malware shortcut yang memanfaatkan celah, dan belakangan ini juga dimanfaatkan oleh varian-varian dari Win32/Stuxnet. Ketika user membuka sebuah folder yang berisi malware shortcut dengan menggunakan aplikasi yang menampilkan shortcut icon, maka malware tersebut akan aktif secara otomatis.

Malware berkategori worm ini sempat menghebohkan, setelah kembali aktif selama beberapa hari dan terdeteksi di Amerika Serikat dan Iran. Dampak serangan worm in meluas di beberapa negara besar yaitu 58% di Amerika serikat, 30% Iran, 4% lebih Rusia. 

3. Win32/Ramnit.F

Malware berjenis trojan ini mampu meng-copy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi. Virus ini biasanya bersembunyi di dalam aplikasi office, bahkan game. Dengan kemampuannya membuka firewalls dan menyamar menjadi program fake untuk mengumpulkan data penting seperti data transaksi, data keuangan sehingga sanagat dianjurkan untuk segera menghapus jika ditemukan adanya indikasi virus Win32/Ramnit.F ini karena potensial menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan di dalamnya.

4. Win32/Sality.NBA

Win32.Sality.NBA adalah salah satu program jahat ilegal yang ada pada Windows. Program tersebut mampu mangambil alih resources system dan memperlambat kinerja komputer. Beberapa program sejenis seringkali muncul dalam bentuk pesan-pesan maupun banner iklan sehingga mengganggu proses kerja. Sementara itu, malware juga merusak data yang tersimpan didalam komputer.

5. Win32/Somoto.A

Sebuah program komputer dalam bentuk adware yang berbahaya. Modusnya tampil sebagai iklan, user yang tidak waspada akan meng-klik dan seketika itu juga malware Win32/Somoto.A akan menginstall malware didalam komputer korban.

Setelah berada didalam, Somoto.A selalu memunculkan pop-up banner. Malware ini akan selalu terintegrasi dengan bugs komputer lain seperti keylogger, backdoors, dll. Pekerjaan utama dari malware ini sebenarnya adalah merekam semua aktifitas online korban dan mengirimkan data penting korban ke komputer lain tanpa diketahui oleh si korban.

6. HTML/Iframe.B.Gen

Adalah sejenis trojan yang berbahaya, dan mampu membajak komputer berbasis Windows lalu menginstall backdoor di komputer tersebut.Html/Iframe.B.Gen mampu mematikan software antivirus, sekaligus memonitor aktivitas browsing user, bahkan menghapus registry entries.

Kehadiran malware yang diidentifikasi ESET sebagai HTML/Iframe.B.Gen juga bisa mengakibatkan sistem operasi pada komputer tidak mampu bekerja sama sekali sehingga sangat membahayakan keamanan semua data yang tersimpan didalam komputer.

7. Win32/Ramnit.H

Malware yang memanfaatkan security flaws agar hacker pengendalinya bisa masuk dan mengambil alih komputer yang menjadi target melalui koneksi jaringan.

Ramnit.H adalah malware berjenis trojan, dimana setelah berada di dalam komputer, ia akan mengirimkan file-file berbahaya, dan melakukan aktifitas tertentu, yang berdampak pada mandeknya kinerja komputer hanya dengan menambahkan entri file ke sistem registry dan sistem operasi.

Ramnit.H juga mampu memonitor aktifitas online korban, kemudian mencuri data-data keuangan seperti data kartu kredit, password, user name. Malware yang diidentifikasi ESET sebagai Win32/Ramnit.H in juga mampu mematikan sistem keamanan.

8. INF/Autorun.gen

Deteksi terhadap INF/Autorun.Gen digunakan untuk menguraikan serangkaian malware yang menggunakan file autorun sebagai cara untuk mengkonfirmasi komputer-PC target yang berhasil diserang.

File tersebut berisikan informasi program yang dikembangkan untuk mampu melakukan run secara saat perangkat bergerak (misal USB flash Disk dan perangkat lain yang sejenis diakses oleh user yang menggunakan PC berbasis Windows).

Perangkat sistem keamanan ESET mengenali malware INF/Autorun yang telah ter-install dan memodifikasi file autorun.inf, advance heuristic pada system keamanan ESET juga mengidentifikasi INF/Autorun sebagai salah satu dari keluarga besar malware.

9. Win32/Virut.NBP

Win32/Virut.NBP adalah polymorphic file infector, yang terhubung dengan jaringan IRC dan dapat dikntrol secara remote. Malware tersebut menyerang Executable file. Oleh sebab itu saat terinstall, Win32/Virut.NBP akan langsung mencari executables file dengan ekstensi .exe dan .scr.

Operasi yang dilakukan setelah terinstall adalah mengirimakan data dan perintah dari remote computer atau dari Internet. Selanjutnya remote computer akan berkomunikasi dengan server yang menggunakan IRC protocol, yaitu irc.zief.pl dan proxim.ircgalaxy.pl

10. LNK/Exploit.CVE-2010-2568

LNK/Exploit.CVE-2010-2568 adalah hasil deteksi generic untuk malware shortcut files yang     dirancang khusus sehingga mampu masuk melalui celah pada Windows. Celah CVE-2010-2568 adalah yang  umum dimasuki oleh Trojan dan biasanya menjadi satu bagian dari malware lain yang ikut masuk melalui celah Windows tersebut.

Meski update Windows telah dilakukan untuk menambal celah CVE-2010-2568, upaya untuk memanfaatkan celah tersebut masih tetap berjalan dengan cara menjadi bagian dari bots maupun bagian dari malware lainnya dengan modus menjadi vektor infeksi.

XL Bagikan Donasi untuk Anak Yatim dan Orang Miskin

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bulan suci Ramadhan menjadi waktu terbaik bagi umat Muslim untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama. Mengambil filosofi Ramadhan tersebut, XL dan Majelis Taklim Karyawan XL menyalurkan donasi yang meliputi santunan bagi anak yatim, pembenahan Mushalla, dan pemberdayaan komunitas bagi keluarga kurang mampu.

Direktur Operasional XL, Willem Lucas Timmermans menyerahkan donasi tersebut kepada lembaga yang ditunjuk, dalam acara Buka Puasa di Grha XL, Jumat (03/08).

Wim mengatakan, "Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam, di mana setiap Muslim termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga donasi dari karyawan ini akan bisa diteruskan di hari-hari ke depan, termasuk di luar Ramadhan. Bagaimana pun juga memang masih banyak saudara-saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan kita."

Donasi santunan bagi anak yatim akan diberikan kepada 800 anak melalui Yayasan Rumah Yatim dan 15 yayasan yang tersebar di berbagai daerah. Sementara itu, bekerja sama dengan Yayasan Nuansa Jakarta, XL menyelenggarakan program "Xlalu Berbagi" berupa pemberdayaan kepada 100 keluarga kurang mampu di Cilincing, Jakarta Utara. Kemudian Program Benah Mushalla kerjasama XL dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan menjangkau 50 bangunan Mushalla di sejumlah daerah di Jawa.

Kegiatan donasi lainnya, bekerjasama dengan PKPU, XL menyelenggarakan "Belanja Bareng Anak Yatim" dengan mengajak 150 anak yatim di sejumlah daerah di Jakarta, antara lain dalam kegiatan sosial di bulan Ramadhan. Melalui kegiatan "Xlalu Peduli", karyawan turut memberikan sejumlah donasi untuk 100 anak yatim, termasuk juga melakukan bakti sosial ke Desa Selawi, Bogor.

Seagate Akuisisi Saham dan Kepemilikan Lacie

Posted:


CHIP.co.id - Seagate Technology plc dan LaCie S.A, mengumumkan dirampungkannya pembelian seluruh saham Phillipe Spruch dan afiliasinya oleh Seagate, mewakili 64.5% dari saham LaCie dengan harga provisional €4.05 per saham. Dirampungkannya transaksi ini mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh Kementrian Keuangan Perancis dan Badan Antitrust Amerika Serikat serta Jerman.

Sebagai hasil dari rampungnya transaksi ini, Seagate akan mendaftarkan sebuah proses penawaran tender tunai sederhana untuk saham LaCie yang masih tersisa ke Autorité des marches financiers Perancis, sebuah badan pengatur proses keuangan di sana.

Harga yang akan dibayarkan ke Phillipe Spruch dan afiliasinya mungkin akan meningkat sebesar 3% menjadi €4.17 per saham, sehingga dalam enam bulan mendatang dimulai dari hari ini, Seagate akan memegang sekurangnya 95% dari saham kapital dan hak voting untuk LaCie.

Melanjutkan diskusi dengan Board of Directors LaCie, terutama dengan anggota independen, Seagate sudah meningkatkan harga penawaran yang akan didaftarkan dalam penawaran tendernya menjadi €4.50 per saham LaCie (tanpa tambahan harga 3% apabila diterapkan prosedur squeeze-out). Seagate akan melakukan sebuah prosedur squeeze-out pada harga yang sama €4.50 dolar per saham LaCie apabila sudah memegang sekurangnya 95% saham dan hak voting untuk LaCie.

HP Percepat Inovasi Aplikasi untuk Cloud

Posted:


CHIP.co.id - HP memberikan penawaran terbarunya untuk membantu menghasilkan aplikasi inofatif untuk lingkungan hybrid dan cloud. Penawaran ini dapat membantu meningkatkan kolaborasi antara tim pengembangan, testing, infrastruktur, dan operasional.

Untuk itu, HP memperkenalkan versi terbaru dari HP Application Lifecycle Management (ALM) dan HP Performance Center (PC). Kedua software yang diperkenalkan HP ini diklaim dapat membantu perusahaan untuk mendorong laju inovasi level enterprise dengan menghasilkan aplikasi secara kontinu yang memanfaatkan fitur baru Lab Management Automation dan Continious Application Performance Delivery.

"Kami (HP) memikirkan bagaimana usaha Anda dapat berkembang, dan mampu mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga Anda dapat mengambil peluang yang telah ada di depan mata," ujar Paul Muller, VP Marketing Software, HP.

HP ALM 11.5 telah menyediakan laporan yang terkonfigurasi dengan informasi aktual mengenai kemajuan pengembangan aplikasi. Selain itu, HP ALM 11.5 ini juga telah terintegrasi dengan software HP Enterprise Collection yang dapat menampilkan percakapan berbasis konteks ala social media, antara stakeholder utama di seluruh lifecycle aplikasi.

Dengan penawaran baru ini, penggunanya dapat mendapat keuntungan, antara lain:

  • Membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat melalui kolaborasi yang lebih baik antar tim pengembangan aplikasi.
  • Meningkatkan efisiensi developer dengan menggunakan HP Application Lifecycle Intelligence 2.6 yang telah diperbaharui.

Sementara itu, HP PC 11.5 yang diperbaharui diklaim dapat meningkatkan kualitas aplikasi sebelum dirilis dengan menggunakan Continous Application Performance Delivery. Fitur baru ini memungkinkan tim operasional dan testing untuk berbagi data performa secara real-time. Selain itu, keuntungan lain yang akan didapat oleh klien, antara lain:

  • Mengidentifikasi dan mendiagnosa performa bottlenecks yang potensial dengan mengimpor data produksi hasil monitoring dari software HP Business Service Management.
  • Mempercepat konfigurasi testing dengan mengimpor metrik monitoring aplikasi dari HP SiteScope.

ASRock Z77 Extreme4 Mendapatkan Tom’s Hardware 2012 Approved Award

Posted:


Taipei, CHIP.co.id -  ASRock Inc yang menyebut dirinya "Award-aholic motherboard player", mengumumkan bahwa produk terlaris perusahaan motherboard itu, Z77 Extreme4 telah mengalahkan banyak pesaingnya dan memenangkan penghargaan 2012 Approved Award dari industri terkemuka media IT, Tom’s Hardware.

Secara Global Tom’s Hardware baru-baru ini mereview beberapa motherboard seri Z77 yang berada di kisaran harga USD160, memberikan gambaran secara mendalam gambaran tentang jenis-jenis peningkatgan yang bisa diharapkan oleh pembeli mainstream. Editor Tom’s Hardware, Thomas Soderstrom menguji tujuh motherboard Z77 dengan kisaran harga USD160, termasuk motherboard dari Asus, Gigabyte, Biostar, ECS, Intel, MSI, dan tentu saja ASRock. ASRock dengan semangat menyampaikan berita besar bahwa Z77 Extreme4 adalah pemenang sejati dan telah dipilih menjadi penerima Tom’sHardware 2012 Approved Award yang bergengsi.

Z77 Extreme4

Thomas Soderstrom mencatat “ASRock berambisi menguasai dunia overclocking secara serius dengan Z77 Extreme4-nya, berupaya keras merancangnya ke dalam regulator voltage CPU. ……. Dengan tambahan USD5, ASRock’s Z77 Extreme4 menambahkan sepasang port USB 3.0 dan sepasang konektor SATA 6Gb/s.”

Z77 Extreme4, Motherboard yang paling popular dari ASRock Intel 7-series motherboard revolution, dengan fitur epic chipset cooling, Premium Gold Caps, Digi Power dan 8 + 4 power phasing design yang pasti akan menjadi partner terbaik untuk PC Ivy Bridge Anda.
Motherboard Z77 Extreme4 digabungkan dengan rock-solid components dan aplikaso software tweak-friendly yang melayani hampir semua kebutuhan Anda.

ASRock A55M-DGS, Motherboard Windows 8 Bersertifikat AMD

Posted:


Taiwan, CHIP.co.id - Tidak ada yang menarik perhatian bagi para pengguna sistem operasi terbaru selain Windows 8. ASRock dengan gembira produk terbarunya motherboard Windows 8 yang dengan sertifikat AMD. Maka dengan peluncuran produk terbaru tersebut, ASRock adalah produsen motherboard pertama yang lulus mendapatkan sertifikat Windows 8 hardware di dunia.

ASRock juga dengan bangga memberitahukan bahwa Mainboard A55M-DGS juga berhasil mendapatkan logo Windows 8. Ditambah lagi, ASRock A55M-DGS adalah sebagai Windows 8 pertama di dunia yang bersertifikat sebagai AMD platform motherboard.

AMD AMP Kit Hadir dengan Motherboard ASRock/Fatal1ty 990FX Professional

Posted:


Taipei, CHIP.co.id - Perusahaan Motherboard No.3 di Dunia, ASRock Inc. mengumumkan bahwa top-of-the-range Fatal1ty 990FX Professional kini mendukung teknologi processor AMD AMP (AMD Memory Profile) terbaru yang memungkinkan overclocker dengan mudah mendapatkan kecepatan lebih dari modul memori mereka. Perusahaan utama motherboard Fatal1ty 990FX professional adalah satu-satunya on-sale motherboard yang menawarkan AMD AMP memori overclocking kit di pasar konsumen!

Motherboard ASRock/Fatal1ty 990FX Professional bahkan menyatukan Intel’s exclusive XMP profile, plus AMD’s hottest AMP support untuk overclocking. Ini adalah motherboard AMD chipset pertama di dunia yang mendukung baik berbasis Intel XMP dan AMD AMP kit overclocking memori.

Tampilan mewah UEFI interface yang dilengkapi dengan wajah Mr. Wendel, ketika menginstal AMD’s memory modules, UEFI dapat memuat dengan baik antara AMD AMP Profile dan Intel’s XMP Profile. BIOS UEFI adalah cara terbaik dan termudah untuk overclock RAM. Jika Anda menghubungkan ASRock’s 990FX Professional dan AMP-capable memory modules, memori overclocking melalui AMP profile bisa menjadi one-button process yang saling berdekatan.

Ketika ini dihadirkan untuk RAM overclocking, Anda mampu mendapatkan pegangan yang tepat dengan motherboard yang sesuai. Para penggila Fatal1ty 990FX Professional adalah board yang tanpa kompromi mampu mengalahkan yang lain dengan kinerja dan fitur yang luar biasa. Fatal1ty 990FX Professiona juga dilengkapi dengan kapasitor premium gold dan special Fatal1ty Mouse Port. Board tersebut bahkan mendukung much-anticipated AMD AMP profile sehingga mudah untuk mendapatkan kinerja memori maksimum dari sistem anda.

Facebook Blokir Akun Selena Gomez

Posted:


CHIP.co.id – Facebook memblokir akun Selena Gomez. Namun, bukan Selena Gomez, penyanyi asal Amerika Serikat yang juga kekasih Justin Bieber. Selena Gomez yang jadi korban adalah seorang gadis asal New Mexico.

Kejadiannya bermula ketika Rabu (1/8) lalu, Selena hendak masuk ke akun Facebooknya dan ditolak dengan pesan: “Disabled –Inauthentic Account.” Dia yakin Facebook merasa dirinya melanggar aturan

“Dilarang meniru siapa pun atau apa pun. Gadis 18 tahun bernama lengkap Selena Miranda Gomez ini mengaku tak pernah berniat meniru akun Selena Gomez si penyanyi.

"Aku bukan seorang peniru..namaku bukan miliknya di laman Facebook-ku. Faktanya, aku bahkan menuliskan nama tengahku di FB untuk menjernihkan kebingungan. Aku tak punya teman yang terkenal. Aku tak mengacu diriku sebagai (Selena yang terkenal), dan aku tak punya satu pun fotonya di laman Facebook-ku.”

Tidak mengherankan, ada lebih dari satu Selena Gomez di dunia. Aktris dan penyanyi Amerika itu mungkin yang paling terkenal, tapi tentu saja ada orang lain yang namanya sama dengan dia. Gomez adalah nama keluarga umum Spanyol, dan tentu saja Selena bukan nama depan yang unik.

Kejadian ini bukan yang pertama kali di Facebook. Tahun lalu mereka juga pernah memblokir akun Mark Zuckerberg, seorang pengacara kebangkrutan asal Indianapolis karena kesamaan namanya dengan CEO Facebook.

Idle Worship, Permainan Seru Saat Anda Menjadi Tuhan

Posted:


CHIP.co.id – Jika bosan dengan permainan yang biasa Anda mainkan, mungkin Idle Worship bisa menjadi alternatif. Game ini membuat Anda bertindak sebagai tuhan yang punya kuasa menciptakan pengikut, mengirim nabi, menjawab doa atau menghukum pengikut Anda dengan bencana alam, serangan monster dan lainnya.

 

Cerita berawal sebelum permulaan waktu di sebuah pulau di pinggir pantai, yang sudah dihuni mahluk seperti burung. Anda sebagai tuhan menciptakan pengikut dari pasir, namun gagal. Lalu Anda menciptakannya lagi dari air, tapi hasilnya tidak bagus sampai tiba akhirnya Anda menciptakan pengikut dari air dan pasir, ternyata hasilnya bagus. Karena alamnya adalah politeistik, Anda bukanlah satu-satunya tuhan. Oleh karena itu, tujuan Anda ialah menciptakan agama dengan pengikut terbesar.

Game ini juga dilengkapi fitur membuat mukjizat, menciptakan monster laut, badai tornado, hujan meteor, memberi berkat dan kutukan, menghukum pengikut dengan petir atau mengabulkan doa agar mereka percaya. Untuk mendapatkan kekuatan-kekuatan tersebut, Anda bisa membelinya dengan koin emas, seperti di permainan Farmville.

Seperti agama dalam dunia nyata, Idle Worship juga memungkinkan Anda mengirim nabi untuk para makhluk ciptaan. Pencipta game ini, Idle Games juga menyediakan fitur untuk mendongkrak jumlah pengguna dengan menganjurkan Anda mengundang orang lain untuk bermain dengan embel-embel kalimat “bahkan tuhan membutuhkan teman.” Untuk meningkatkan kekuatan, Anda juga bisa membeli energi dengan harga paling tinggi USD100. Pembayaran dilakukan melalui kartu kredit.

 

Dalam satu wawancara Maret lalu yang dimuat di website resmi mereka, CEO Idle Games Jeffrey Hyman mengatakan, “pemain bisa membuat hal-hal baik yang tidak berbahaya, misalnya meciptakan anak kelinci yang lucu, atau kerbau liar, dan bisa menyiksa mereka dengan cara paling kejam.”

Pada promosi resminya di Facebook, disebutkan Idle Worship adalah permainan tuhan, (secara teknis Idle Worship adalah permainan tuhan politeistik) dimana Anda mencoba untuk membangun teman-teman seagama, orang asing, dan populasi “Mudlings.”

Selain memiliki seni dan animasi yang tidak ada duanya di Facebook, Idle Worship memungkinkan Anda bermain serentak, artinya bersama teman dan orang asing, semuanya secara real time.

Tertarik? Silakan kunjungi pusat aplikasi di akun Facebook Anda.

Kacamata Ini Mampu Turunkan dan Naikkan Berat Badan

Posted:


CHIP.co.id - Para peneliti di Universitas Tokyo telah menemukan sepasang kacamata yang mungkin dapat membantu orang menurunkan berat badan dengan membuat seolah-olah apa yang mereka makan lebih besar dari yang sebenarnya.

Dengan mengenakan kacamata ini, ukuran Oreo normal  akan terlihat seperti ukuran donat, dan donat akan terlihat seperti ukuran pizza personal.

"Ada gagasan tergantung pada apakah ukuran atau porsinya besar dan kecil, jumlah makanan yang dikonsumsi orang akan mengalami perubahan," kata Michitaka Hirose dalam sebuah video di YouTube. "Jadi kami pikir akan menarik untuk mencoba konsep itu menggunakan komputer.”

Kacamata komputerisasi ini menggunakan suatu algoritma yang memungkinkan mereka memperbesar ukuran makanan. Namun, makanan yang sebenarnya di tangan tetap pada ukuran sebenarnya. Itulah yang membuat makanan tampaknya jauh lebih besar. Dan pemakai kacamata hanya melihat gambar yang berubah.

Kacamata tersebut tampak sedikit aneh, tapi tampaknya berhasil. Menurut laporan AFP, dalam percobaan di laboratorium Hirose, relawan memakan kue 10 persen lebih sedikit ketika kue tersebut tampak 50 persen lebih besar.

Kacamata tersebut juga bisa digunakan oleh mereka yang ingin menaikkan berat badan. Ketika ukuran kue tampak dua per tiga dari ukuran yang sebenarnya, rekawan memakan kue 15 persen lebih banyak.

Hirose tidak berencana untuk menjual kacamata dietnya, karena tampak rumit dan tidak praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Mountain Lion Perpendek Usia Baterai Mac

Posted:


CHIP.co.id – Banyak pengguna Mac melaporkan bahwa mengunduh OS X 10.8 (Mountain Lion) menyebabkan daya tahan baterai mengalami penurunan besar pada MacBook Pro dan MacBook Air. Para pengguna tersebut telah memposting tentang masalah ini di forum support Apple sejak peluncuran Mountain Lion pada tanggal 25 Juli. Namun, tampaknya Apple kini baru menyelidiki masalah ini.

Pengguna mengatakan bahwa daya baterai yang dilaporkan oleh sistem mereka lebih rendah secara signifikan setelah mengunduh Mountain Lion -dalam beberapa kasus, daya baterai hanya separuh dibanding jika menggunakan Mac OS X Lion. Baterai juga lebih cepat habis, lebih dari satu pengguna mengklaim bahwa pengguna dapat melihat indikator kapasitas baterai turun.

Penyebab masalah ini mungkin karena adanya file permission erorr, meningkatnya penggunaan CPU ketika aplikasi dalam posisi idle, dan masalah akses jaringan. Namun, meskipun ada teori ini, belum ada identifikasi dan perbaikan yang jelas.

Minggu ini, Apple mulai menghubungi pengguna yang telah melaporkan masalah tersebut dalam support forum. Perwakilan forum dari Cupertino telah meminta pengguna untuk log data aktivitas monitor dan mengumpulkan informasi sistem untuk menentukan penyebab masalah.

Dalam salah satu uji coba tak ilmiah Jumat pagi pekan lalu menunjukkan bahwa daya tahan baterai mungkin lebih rendah di bawah Mountain Lion di MacBook Air 2010. Sebelumnya, saat menjalankan Mac OS X Lion, sistem biasanya akan melaporkan daya baterai sekitar 4,5 jam dengan seperangkat aplikasi dalam keadaan terbuka. Dengan Mountain Lion, daya baterai hanya dilaporkan hanya di bawah 3,5 jam pada kondisi yang sama, itu artinya terdapat penurunan sekitar 20 persen. Baterai juga tampaknya kehilangan 1 persen pengisian setiap 2 menit.

Masih perlu lebih banyak tes untuk membuktikan secara meyakinkan bahwa Mountain Lion tidak menguras baterai lebih cepat.

(au)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar