Rabu, 29 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Sharp Merumahkan Sekitar 2.000 Pekerjanya

Posted:


CHIP.co.id - Kabar mengejutkan datang dari Sharp. Perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini dikabarkan merumahkan sekitar 2.000 pekerjanya. Kerugian yang dialami Sharp pada kuarter pertama 2012 disinyalir menjadi penyebabnya.

Dengan melakukan program "pensiun secara sukarela" terhadap 2.000 pekerja ini, Sharp berharap dapat menghemat budget sebesar 27 miliar Yen (sekitar USD344 Juta). Sharp juga mengumumkan bahwa tepat tanggal 15 Desember mendatang, 2.000 pekerja tersebut akan angkat kaki dari pekerjaannya.

Namun, bagi Anda yang bekerja di Sharp tak perlu khawatir. Program "pensiun secara sukarela" ini hanya akan berlaku di wilayah Jepang.

Microsoft Rilis SkyDrive untuk Perangkat Android

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft telah mengeluarkan versi resmi SkyDrive untuk perangkat Android. Hadir di Google Play Store secara gratis, aplikasi SkyDrive ini memungkinkan pengguna Android untuk dapat mengakses semua file dan folder yang dibagi di dalam web dan dokumen yang baru saja digunakan.

Microsoft memungkinkan unggah file dalam jumlah yang lebih dari satu melalui aplikasi Android ini, dan aplikasi Android lainnya juga dapat meng-akses file yang disimpan di SkyDrive.
 
Walaupun Microsoft memungkinkan aplikasi pihak ketiga  untuk Skydrive di dalam Android ini, peluncuran dari aplikasi yang resmi ini mensejajarkan aplikasi ini dengan aplikasi SkyDrive untuk iOS dan Windows Phone. Microsoft sekarang juga bersiap untuk peluncuran  Milestone 4 SkyDrive dengan fitur Recycle Bin, yang didesain sebagai pilihan cadangan untuk pengguna SkyDrive yang tidak sengaja menghapus dokumen mereka.

(Ric)

Uji Samsung Galaxy SIII

Posted:


CHIP.co.id - Smartphone terbaik di dunia dengan layar High Definition ukuran besar, CPU quad-core yang lebih cepat, dan fitur pintar lainnya. Namun, masih ada beberapa poin yang menjadi kekurangan smartphone Samsung ini.

Galaxy S III menanggung beban besar. Smartphone besutan Samsung ini merupakan penerus smartphone Android sebelumnya yang sudah terjual lebih dari 20 juta unit di seluruh dunia. Harapan besar tersebut dijawab Samsung dengan membuat smartphone dengan komponen-komponen berperforma tinggi dan antarmuka TouchWiz yang baru. Dalam pengujian kali ini, kami ingin membuktikan apakah Galaxy S III memang layak memegang predikat ‘produk andalan.’ Kami pun juga akan membandingkan Galaxy S III dengan pesaing satu-satunya yang memiliki CPU empat core, HTC One X.

Seperti prosesor mobile lain, CPU empat core Exynos 4 Quad Galaxy S III berbasis arsitektur ARM Cortex-A9. Namun, Exynos 4 Quad dibuat dengan proses fabrikasi yang lebih kecil (32 nanometer) dan menggunakan bahan High-k-Metal-Gate yang dapat mengurangi risiko bocornya listrik. Bahan tersebut bukan saja membuat Exynos 4 Quad menjadi lebih cepat, namun juga lebih irit daya. Dengan baterai 2.100 mAh, Galaxy S III dapat dipakai menelepon browsing sekitar satu jam lebih lama dibanding HTC One X.

Grafis S III lebih cepat ditampilkan berkat GPU Mali-400 dari ARM, sama seperti yang digunakan pendahulunya. Namun, kali ini Samsung mendongkrak kecepatan clock-nya dari 266 MHz menjadi 400 MHz. Peningkatan tersebut memberikan performa 50% lebih cepat dibandingkan HTC One X dalam uji benchmark GPU. Berbeda dari One X, top model Samsung ini tetap dingin saat memainkan game-game 3D. Saat browsing pun S III bekerja dengan cepat dan mendapat skor lebih tinggi dalam uji JavaScript-Test Browsermark.

Samsung juga memperbesar ukuran layar dari 4,3 inci menjadi 4,8 inci, bidang gambarnya 25% lebih luas. Layar Galaxy S III bahkan 70% lebih luas dari iPhone 4S. Namun ukuran layar tersebut membuat S III tak nyaman digenggam dengan satu tangan, terlebih bagi yang memiliki jari-jari pendek. Sementara resolusi layar S III sama dengan One X, yaitu 720 x 1280 piksel. Ukuran tersebut lebih dari cukup. Pengguna pun tak akan melihat bintik pikselnya dari jarak normal. Samsung menggunakan teknologi layar PenTile Matrix dengan dua subpiksel (merah-hijau atau biru-hijau), alih-alih tiga subpiksel (merah-hijau-biru). Sayangnya, teknologi ini mengakibatkan sedikit blur di pinggir gambar dan distorsi Moiré saat melihat layar dari dekat. Namun kekurangan ini tak begitu kentara karena kerapatan piksel yang tinggi. Yang agak mengganggu adalah pengaturan tingkat kecerahan layar otomatis yang cenderung agak gelap. Karena itu, kami sarankan untuk mengaturnya secara manual saja.

Klon Siri yang bermasalah
Poin-poin yang menjadi kekurangan Galaxy S III kebanyakan terdapat dalam detailnya. S III diharapkan memberikan keunggulan dalam fungsi istimewanya, seperti aplikasi pengenal suara S Voice. Tetapi fungsi ini tidak berjalan dengan baik. Saat diucapkan dengan jelas sekali pun S Voice masih saja salah mengenali ucapan. Selain itu, suara wanitanya pun kurang elegan, cenderung metalis dan tak simpatik. Fungsi yang patut mendapat pujian adalah pendeteksi mata. Selama pengguna melihat ke layar, teknologi Smart Stay akan menjaga layar tetap menyala. Gagasan yang hebat, walau sayangnya Smart Stay membutuhkan pencahayaan yang baik untuk bekerja dengan baik pula. Fungsi baru lain yang dikenalkan adalah fungsi yang dapat membuat pengguna langsung menelepon seseorang dalam daftar kontak, atau menu SMS dengan menempelkan ponsel ke telinga. Jika S III tidak dalam kondisi terkunci, pengguna masih bisa mengakses empat aplikasi quick start. Namun, jika terkunci dengan password atau PIN, hanya numeric pad yang tampil di layar. HTC dengan antarmuka Sense 4 pada One X lebih unggul karena masih bisa mengatur pemutaran musik secara penuh saat perangkat terkunci. Hilangnya feature membuat folder dengan cara drag and drop pada TouchWiz dalam Android 4 juga disayangkan.

Mereka yang sering memotret dengan smartphone akan menyukai feature burst shot yang juga dimiliki One X. Dengan S III, pengguna bisa memotret banyak gambar dengan cara menekan dan menahan tombol shutter. Setelah itu, pengguna dapat memilih foto terbaik dan menghapus foto lain. Kualitas kamera S III untuk sebuah smartphone tergolong bagus. Namun kemampuan white balance-nya kurang saat di bawah cahaya buatan.

Kekurangan utama dari S III adalah casing-nya. Meski menggunakan bahan polikarbonat yang tahan gores dan lebih kuat, casing ini terlihat murahan dibandingkan dengan Nokia Lumia 800 atau HTC One X yang menggunakan bahan yang sama. Hal itu terjadi akibat polesan piano black finish. Tombol Home dalam Smartphone Android 4 memberikan kemudahan untuk membuka ponsel dari keadaan standby, namun sedikit sulit untuk berpindah antar aplikasi. Secara keseluruhan, body Galaxy S III tidak memiliki kekurangan. Galaxy S III sangat ramping untuk ukurannya yang lebar, ringan dan stabil.

Kesimpulan
Galaxy S III adalah smartphone dengan performa terbaik hingga saat ini berkat prosesor empat core yang dimiliki. OS  Android  4 versi terbaru dapat berjalan dengan mulus. pengoperasian ponsel terasa menyenangkan berkat layar 4,8 inci, serta dukungan resolusi High Definition. Umur baterai yang lebih lama juga memberikan nilai tambah tersendiri. Poin yang menjadi kelemahan Galaxy S III adalah material casing yang terlihat murahan. Namun, ponsel terbaik di dunia ini tetap memiliki tampilan yang elegan dan modern.

 

Data Teknis Samsung Galaxy SIII

VERSI SISTEM OPERASI:    Android 4.0.4

SYSTEM-ON-CHIP (ARSITEKTUR/STRUKTUR WIDE):    Exynos 4 Quad (Cortex A9/32 nm)

CPU-CORE/CLOCK :   4/1.400 MHz

GPU:    Mali 400MP

MEMORY: RAM/ FLASH (TERSEDIA):    1.024 MB/11,6 GB

UPLOAD/DOWNLOAD UMTS:     21,1/5,76 MB/s

JENIS LAYAR:    Super-AMOLED

UKURAN LAYAR:    4,8 inchi (60 x 106,3 mm)

RESOLUSI LAYAR:    720 x 1.280 piksel (303 dpi)

FOTO/VIDEO/KAMERA:  8 MP/1.920 x 1.080/•

KAPASITAS BATERAI/DAPAT DILEPAS:  2.100 mAh/•

TIPE KARTU SIM/ NILAI SAR:    Micro-SIM/0,34 W/kg

TV-OUT/USB-HOSTCONTROLLER:    via USB (bawaan)

BLUETOOTH/NFC:    4.0/•

DIMENSI:    136 x 70 x 9 mm

BERAT:    133 gram

 

Bandingkan dengan data teknis HTC One X

VERSI SISTEM OPERASI: Android 4.0.3

SYSTEM-ON-CHIP (ARSITEKTUR/STRUKTUR WIDE): nVidia Tegra 3 (Cortex-A9/40nm)

CPU-CORE/CLOCK : 4/1.500 MHz

GPU: ULP GeForce

MEMORY: RAM/ FLASH (TERSEDIA): 1.024 MB/ 28 GB

UPLOAD/DOWNLOAD UMTS: 21,1/5,76 MBit/s

JENIS LAYAR: Super LCD

UKURAN LAYAR: 4,7 Zoll (58 x 103 mm)

RESOLUSI LAYAR: 720 x 1.280 Pixel (316 dpi)

FOTO/VIDEO/KAMERA: 8 MP/1.920 x 1.080/•

KAPASITAS BATERAI/DAPAT DILEPAS: 1.800 mAh/–

TIPE KARTU SIM/ NILAI SAR:  Micro-SIM/0,91 W/kg

TV-OUT/USB-HOSTCONTROLLER: per USB (MHL)/–

BLUETOOTH/NFC: 4.0/•

DIMENSI: 134 x 70 x 11 mm

BERAT: 135 gram

Samsung Rilis 4 Warna Baru Galaxy SIII

Posted:

CHIP.co.id - Samsung baru saja merilis 4 warna baru Smartphone Galaxy SIII, di antaranya berwarna hitam dan cokelat. Tampilan antarmuka baru ini dinamai “TouchWiz Nature UX.” Samsung mengatakan, warna-warna baru Galaxy SIII terinspirasi oleh alam. 

Meksi blog resmi Samsung menyoroti empat warna alternatif, hanya tiga di antarnaya yang benar-benar baru- model garnet merah telah tersedia secara eksklusif untuk AT & T untuk beberapa bulan terakhir atau lebih. Pilihan terbaru termasuk “amber brown” (yang bisa kita bandingkan dengan warna coklat asli Microsoft Zune yang agak kontroversial), sapphire black (terakhir kali terlihat secara terus-menerus di situs T-mobile), dan abu-abu titanium.

Sayangnya, belum ada kejelasan kapan dan di mana Galaxy SIII dengan warna-warna ini akan tersedia. 

1. Amber brown

 

2. Garnet red

 

3. Sapphire black

4. Titanium grey

 

Baca review Samsung Galaxy SIII di sini.

(Ric)

LG Perkenalkan Varian Terbaru L-Series, Optimus L9

Posted:

CHIP.co.id - LG memperkenalkan keluarga teranyar untuk smartphone L-Series-nya. LG Optimus L9 diplot sebagai penerus kesuksesan L-Series sebelumnya, Optimus L3, Optimus L5, dan Optimus L7.

Mewarisi desain premium L-Series, smartphone ini memiliki ketebalan 9.1 mm dengan bentuk persegi yang diklaim mantap saat digenggan. Di segi layar, Optimus L9 memiliki layar berukuran 4.7 inci dan telah dilengkapi dengan teknologi IPS Display dari LG.

"LG Optimus L9 merupakan smartphone terbaik yang dapat memuaskan penggunanya," ujar Dr. Jongseok Park, CEO LG Mobile Communications Company. "LG akan terus menawarkan nilai lebih melalui produk terbaru kami (LG Optimus L9). Kami juga berharap hal ini dapat memperkuat posisi kami (LG) di pasar smartphone," tambahnya.

Optimus L9 telah dilengkapi dengan beragam fitur terkini seperti QTranslator dan fungsi My Style Keypad, serta QMemoTM. QTranslator diklaim dapat menerjemahkan sekitar 64 bahasa. Fitur ini menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang dapat mengenali huruf yang dipindai menggunakan kamera smartphone tersebut.

Terakhir, fungsi My Style Keypad memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan cara mengetik yang lebih nyaman baik saat menggunakan satu tangan maupun dua tangan.

Spesifikasi LG Optimus L9

  • OS: Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Chipset: 1GHz Dual-Core
  • Main Display: 4.7-inch IPS Display
  • Memory: 1GB DDR2 (RAM) / 4GB e-MMC
  • Camera: 5MP rear / VGA front
  • Battery: 2,150mAh SiO+
  • Size: 131.9 x 68.2 x 9.1mm / 125g
  • Others: DLNA, QMemoTM, QTranslator function, My Style Keyboard function

LG Meluncurkan 2 Monitor IPS

Posted:

Foto: LG

CHIP.co.id – LG meluncurkan dua monitor In-Plane Switching IPS pada Selasa (28/8) kemarin. Yang pertama, dijuluki EA93, merupakan monitor 29 inci dengan resolusi 2.560X1.080 dan aspek rasio 21:9. Dalam hal konektivitas, EA93 menyediakan yang terbaik, menawarkan satu port Dual DVI-D, serta dua port HDMI. Ia juga dilengkapi dengan port USB 3.0.
 
Sementara EA93 dipasarkan sebagai produk untuk para pencari-hiburan yang mencari visual dengan kualitas tinggi dan pengalaman menyenangkan saat menonton, EA83 dirancang khusus untuk “aplikasi grafis yang intensif” yang dibutuhkan oleh para pembuat film, fotografer, dan desainer. EA83 memiliki layar 27 inci dan aspek rasio 16:9. Menurut LG, produk ini akan datang dengan resolusi 2.560X1.440 dan sejumlah port-port, termasuk satu Dual DVI-D, HDMI, dan USB 3.0.
 
LG merilis IPS monitor ini untuk acara tahunan International Franchise Association (IFA) Trade Show di Berlin yang berlangsung besok hingga 5 September mendatang. IFA merupakan pameran produk-produk untuk para konsumen elektronik dan peralatan rumah tangga terbesar di Eropa.

IPS saat ini menawarkan yang terbaik dari kualitas secara keseluruhan, termasuk sudut pandang yang luar biasa, hitam yang pekat, dan warna yang akurat. Sejumlah perusahaan saat ini menjual monitor  IPS, termasuk Dell, NEC, dan Hewlett-Packard.  LG tidak memberitahukan kapan, di mana, atau harga penawaran dari EA83 dan EA93 ini.

(Ric)

Chief Creative Officer Zynga Resmi Undur Diri

Posted:


CHIP.co.id - Mike Verdu hari ini (28/8 waktu US) resmi mengundurkan diri dari Zynga. Verdu merupakan Chief Creative Officer di Zynga selama tiga tahun terakhir. Sebelumnya, Zynga telah ditinggal oleh beberapa petingginya akibat sahamnya yang kian merosot.

"Saya amat bangga dapat ambil bagian di perusahaan yang amat berkembang ini (Zynga)," ujar Mike Verdu. "Selanjutnya, saya akan mengambil langkah baru dan mengambil keputusan untuk mengabdikan diri saya sebagai seorang developer dan mendirikan perusahaan baru," tambahnya.

Setelah keluar dari Zynga, Verdu rencananya akan membuat perusahaan game developer sendiri, dimana Zynga akan menjadi salah satu investornya.

"Mike Verdu telah amat membantu perkembangan Zynga. Dan untuk mendukung karir selanjutnya, kami (Zynga) akan menjadi fondasi dari inovasi Verdu selanjutnya.

Proses Seleksi Tahap I INAICTA 2012 Telah Selesai

Posted:

Inilah Para Juri Pada Proses Penjurian Tahap I INAICTA 2012

CHIP.co.id - INAICTA 2012 kini memasuki tahap akhir. Proses penjurian tahap I pun telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 1.447 peserta yang mendaftar hingga batas waktu penerimaan 30 Juli lalu, kini telah disaring dan dipilih yang terbaik.

“Terima kasih bagi para perserta yang telah memasukan karyanya, selamat bertanding dan semoga melahirkan karya-karya inovatif dan kreatif, sesuai dengan tema kita tahun ini 'Creativity Breakthrough'," ujar A. Haryawirasma (Rasmo), Ketua Tim Pelaksana INAICTA 2012.

Lebih dari 100 juri dari beragam latar belakang seperti, praktisi IT, akademisi, wartawan senior, hingga kaum selebriti sangat antusias dalam proses penjurian tahap I. Proses ini dilaksanakan pada 9 Agustus lalu, dan bertempat di Hotel Novotel, Jakarta, dan dimulai sejak pukul 09.00 hingga waktunya berbuka puasa (saat proses penjurian tahap I masih dalam bulan suci Ramadhan).

”Awareness atau pemahaman dan pengetahuan mengenai ICT ternyata sudah tidak hanya didominasi kota-kota besar, tetapi sudah menembus kota-kota kecil seperti Lumajang, Sidoarja, Cimahi dan Jayapura,” ujar Ninok Leksono, Redaktur Senior Kompas dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara, saat menjadi salah satu juri.

"Mungkin saja akses internet dan informasi kesana terbatas, tapi hal ini tidak mengurangi minat mereka untuk mengikuti dan mengirimkan karya-karya inovatif dan kreatif,” tambahnya.

A99, Kamera SLT Full-frame Pertama Sony

Posted:


CHIP. co.id – Kamera SLT (Single-Lens Translucent) terbaru dari sony, A99, telah dibeberkan detailnya oleh dua blog terkenal mengenai kamera. Kedua blog tersebut Sony Alpha Rumors dan Photo Rumors telah memposting spesifikasi untuk kamera kelas atas ini :
-          sensor full frame 24,3 MP
-          rentang ISO 100-25.600
-          shutter speed maximum higga 1/8000
-          10fps continous shooting
-          Rekaman RAW 14-bit
-          Sistem AF sebesar 102 poin
-          Auto HDR capture
-          60fps Full HD recording
-          HDMI port output
-          Autofocus phase detection
-          Pengambilan gambar tanpa putus
-          Built-in stereo mic
-          Built-in flash dengan guide number 12
-          Filter low pass multi-segment yang baru
-          Teknologi photodiode expansion
-          Teknologi Light Concentration
-          Pengurang “noise” yang selektif
-          Sistem anti debu ultrasonic
-          Image stabilation di dalam body
-          Dua memori slot: kartu SD dan SD+MS
-          USB 2.0

Nampaknya karena baru akan diperkenalkan pada 12 September nani, A99 ini akan menjadi kamera full-frame pertama Sony sejak peluncuran A850 tiga tahun lalu, dan menjadi yang pertama sejak peralihan ke sistem cermin transparan. Spesifikasi lain yang terungkap termasuk viewfinder dengan 2360 ribu dot XGA (seperti yang terdapat pada NEX-7 dan A77), dan layar LCD 3-inchi 921 ribu dot. A99 kabarnya akan tersedia pada akhir Oktober dengan harga yang belum ditentukan.

(Ric)

Iklan Pop up Nexus 7 Mejeng di Homepage Google

Posted:


CHIP.co.id – Google memasang iklan pop up tablet Nexus 7 di bagian bawah homepage mesin pencarian mereka, Rabu (28/8) kemarin. Meski bukan yang pertama kali, tindakan seperti ini termasuk jarang digunakan raksasa internet tersebut.

Sebelumnya Google juga pernah mengiklankan Motorola Droid dan Verizon Wireless pada tahun 2009. Beberapa bulan kemudian, Google juga membuat iklan pop up untuk mendongkrak penjualan Nexus One, yang di kemudian hari terbukti gagal secara penjualan di pasar.

Nexus 7, yang dibuat Asus, merupakan tablet pertama yang dikembangkan Google, dan perangkat pertama yang menjalankan Android 4.1 Jelly Bean. Sejauh ini Nexus 7 baru dijual di Ameriksa Serikat, Inggris, dan masuk ke pasar German, Perancis, dan Spanyol pada Selasa pekan ini.

Jepang Jadi yang Pertama Cicipi LG Optimus G

Posted:

 


Seol, CHIP.co.id - Jepang menjadi negara pertama yang mencicipi LG Optimus G. Publik negeri ini sangat beruntung, karena mendapat kesempatan perdana menjajal smartphone Quad-Core LG berbasis Long Term Evolution (LTE) yang menggunakan chip terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon S4 Pro APQ8064S. Padahal, publik Korea Selatan sebagai negara asal LG sendiri baru dapat memilikinya pada bulan September nanti. 

LG Optimus G merupakan smartphone android 4.0 Ice Cream Sandwich yang menawarkan laju super kencang, ketahanan baterai mumpuni serta layar sentuh teknologi baru dalam balutan desain elegan. Selain dipersenjatai dapur pacu terkini sebagai hasil kerjasamanya dengan Qualcomm, beberapa perusahaan dalam grup besar LG dikabarkan terlibat langsung membidani kelahiran LG Optimus G. 

“LG Optimus G menjadi bagian barisan produk utama paling dinanti dari LG Mobile dalam kompetisi pasar global. Kerjasama erat beberapa perusahaan dalam grup besar LG telah menyumbangkan sentuhan teknologi terbaik dengan satu tujuan. Yaitu, memberikan pengalaman mengesankan bagi penggunanya,” ujar Jong-seok Park, President and CEO LG Electronics Mobile Communications Company.   

Lebih lanjut soal LG Optimus G, ini merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan chip Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064S. Keistimewaan dapur pacu empat inti (quadcore) yang menawarkan kecepatan 1.5GHz ini salah satunya terletak pada fitur Asynchronous Symmetric Multiprocessing (ASMP). Keberadaannya memungkinkan setiap inti dalam dapur pacu bekerja independen dengan menyesuaikan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal yang memberikan ketahanan lebih pada daya baterainya. 

LG Optimus G juga dilengkapi dengan generasi terbaru Adreno 320 GPU membuatnya melaju tiga kali lebih cepat dari Adreno 225 yang terdapat pada prosesor Snapdragon versi sebelumnya. Kecepatan ini membuat permainan dan berkas video resolusi tinggi (High Definition) dapat berjalan mulus dimainkan pada LG Optimus G. 

Terdapat dua kamera dalam LG Optimus G. Kamera utama yang berada pada bagian belakang memiliki sensor 13.0 MP, sementara kekuatan sensor kamera 1.3MP siap di bagian depan untuk penggunaan video chatting. Salah satu yang jadi keunikannya ada pada fitur Cheese Shutter. Dengan fitur ini pengguna dapat mengambil gambar hanya melalui perintah lisan.

 

Sony Tinggalkan Bisnis Drive Optik untuk PC

Posted:

Foto: TigerDirect

CHIP.co.id - Sony akan meninggalkan bisnis pembuatan drive optik untuk PC. Hal ini merupakan pertanda lain bahwa desain PC tradisional sedang memudar. Menurut laporan Asahi Shimbun, Sony meninggalkan bisnis disk optik sebagai bagian dari upaya restrukturisasi.

Laporan serupa juga muncul dalam Yomiuri Shimbun di Jepang. Laporan itu menyebutkan, sekitar 400 orang, baik dalam dan luar negeri, akan ditawarkan pensiun dini. Langkah ini muncul setelah Sony mengumumkan kerugian bersih USD312 juta awal bulan ini

Sony mencoba untuk merestrukturisasi dan beralih ke bisnis yang lebih relevan dengan tren perangkat saat ini. Sony berencana menutup Sony disk Opitarc, divisi optical disk-nya pada bulan Maret tahun depan.

Desain PC tradisional berada di bawah serangan tablet dan gelombang baru laptop ultrabook yang terlalu tipis untuk mengakomodasi optical drive dan biasanya menghindari drive hard disk yang masih menggunakan standar berputar demi mendukung solid-state drive. Dan tren ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan kemunculan Windows 8, ketika perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Hewlett-Packard, Lenovo, dan bahkan Sony memperkenalkan tablet-laptop hybrid yang berangkat dari dari desain PC tradisional.

Seperti yang dikutip dalam Cnet, perwakilan perusahaan komunikasi Sony di Tokyo mengatakan laporan tersebut pada dasarnya benar. Sony Optiarc di Jepang mempekerjakan sekitar 90 orang, sementara ada sekitar 330 karyawan di perusahaan afiliasi di luar negeri.

(Au)

Diluncurkan 5 September, Spesifikasi Motorola Droid Razr M 4G LTE Bocor

Posted:


CHIP.co.id – Hampir seluruh detail handset Android Motorola sudah muncul seminggu sebelum debut resminya. Bahkan, sumber Engadget telah memperoleh spesifikasi dan gambar smartphone penerus Droid Razr (Maxx) tersebut. Jika Anda mengharapkan handset dengan fitur HD, Anda akan merasa kecewa. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang berharap sesuatu yang sederhana, seperti Razr Droid 2. Kini, persiapkan diri Anda untuk kedatangan  .

Smartphone andalan Motorola ini akan menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan prosesor dual-core 1.5GHz MSM8960 Snapdragon S4. Dilengkapi dengan memori internal 8GB dan RAM 1GB, ponsel ini dipersiapkan dengan baik untuk dapat mengimbangi dengan perangkat top lainnya. Kombinasi kamera belakang 8-megapiksel (1080p HD video) dan kamera depan 3 megapiksel seharusnya lebih dari cukup untuk menangkap objek gambar kucing dan sushi. Droid Razr M 4G LTE juga dilengkapi dengan NFC, GSM / UMTS / HSPA + global roaming, ekspansi microSD, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS.

Beralih ke layar sebagai bocoran spesifikasi , ponsel ini terbungkus layar 4,3 inci QHD (960 x 540 piksel) Advanced Super AMOLED dengan Gorilla Glass 2. Engadget menunjukkan Droid Razr M 4G LTE  akan memiliki fitur teknologi panel ColorBoost yang juga terdapat di smartphone Motorola Foton Q.  Layar ini akan berada di antara yang terbaik di pasaran, layarnya bukan HD 720p seperti yang penggemar harapkan. Namun, beberapa informasi, seperti baterai, harga, dan tanggal peluncuran belum bisa terungkap. Mungkin kita akan mengetahuinya setelah acara pers 5 September mendatang.

(Au)

LG Umumkan Smartphone Optimus G dengan Kamera 13 Megapixel

Posted:


CHIP.co.id – LG baru saja mengumumkan smartphone baru andalannya, yang dipersenjatai dengan teknologi 4G LTE dan prosesor Snapdragon quad-core, Selasa (28/8). Dijuluki Optimus G, perangkat ini dirancang untuk memimpin jajaran smartphone LG. Handset andalan ini muncul dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan layar berukuran 4,7 inci HD IPS+ yang menawarkan resolusi 1.280x768. LG membenamkan storage 32GB dan RAM 2GB ke Optimus G, Bluetooth 4.0, dan near-field communication

Mungkin tambahan yang paling mengejutkan adalah kamera belakang beresolusi 13 megapixel untuk melengkapi kamera depan 1,3 megapixel. Menurut LG, Optimus G juga mendukung “live zooming” yang memungkinkan pengguna memperbesar dan memperkecil ketika menonton video. Fitur Cheese Shutter memungkinkan pengguna merekam video setelah memberi perintah suara.

Dari sisi desain, Optimus G muncul dengan pilihan warna hitam atau putih. Bagian depan perangkat perangkat ini menawarkan sebuah layar yang menonkol dengan logo LG dan tiga tombol di bagian bawah layar. Sementara, desain di bagian belakang memiliki pola kaca yang terpolarisasi.

Handset ini akan diluncurkan secara resmi di Korea pada September mendatang. LG akan menawarkan handset tersebut di pasar lain di seluruh dunia di beberapa tempat setelah peluncuran itu. Dengan jadwal peluncuran seperti itu, Optimus G tampaknya akan berhadap-hadapa dengan iPhone 5, yang digosipkan diluncrukan akhir bulan depan.

Sampai saat ini, LG belum menetapkan harga Optimus G.

Adobe Rilis Illustrator baru melalui Creative Cloud

Posted:


CHIP.co.id – Adobe baru saja merilis seperangkat fitur illustrator baru yang dikhususkan untuk pengguna Adobe Creative Cloud, Rabu kemarin (28/8). Fitur ini menyediakan akses online untuk produk-produk Adobe yang paling populer, seperti Creative Suite dengan cara berlangganan.

Di antara fitur-fitur baru Illustrator tersebut, salah satunya adalah File Package. Alat ini memungkinkan pengguna secara otomatis untuk mengemas proyek mereka, (termasuk grafik dan font) menjadi satu folder untuk membuat proyek yang sedang ditangani lebih mudah.

Tambahan baru lainnya, yang bertujuan untuk mempercepat desain dan produksi, adalah kemampuan untuk mencabut gambar yang telah dimasukkan oleh pelanggan atau desainer lain.

Link panel juga mendapat perangkat tambahan, tidak perlu harus mengklik berkali-kali untuk menemukan apakah karya seni dalam sebuah file Illustrator memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk output, kini rincian akan ditampilkan di muka.

Pada bulan September mendatang, Adobe juga akan menambahkan fitur DreamWeaver, dan juga Digital Publishing Suite Single Edition, yang tersedia melalui Creative Cloud. Perangkat lunak tersebut bisa digunakan untuk menerbitkan brosur dan e-book untuk iPad.

(Au)

Apple Patenkan Teknologi Pembayaran Mobile Berbasis NFC

Posted:

CHIP.co.id – Apple baru saja mendapatkan paten teknologi pembayaran mobile via near-field communication. Paten tersebut dijuluki “Konfirmasi pembayaran berbasis gerakan,” yang akan membantu pengguna untuk mengkonfirmasi bahwa transaksi mobile telah selesai ketika menggunakan perangkat seperti iPhone atau iPod.

Salah satu metodenya dengan merujuk pada elemen grafis pada layar yang bisa digerakkan pengguna untuk mengkonfirmasi atau menolak sebuah transaksi. Metode lainnya merujuk pada penggunaan accelerometer untuk merasakan pergerakan perangkat dan meresponsnya dengan memindahkan elemen grafis.

Teknologi pembayaran berbasis near-field communication ini berkembang sering meningkatnya transaksi tanpa penggunakan objek pembayaran fisik seperti kartu kredit atau uang tunai. Sebagai contoh, pembelian online mungkin bisa dilakukan dengan menggunakan informasi kartu kredit yang tersimpan dalam rekening online yang dikelola oleh pedagang atau oleh layanan pembayaran seperti PayPal. Lebih lanjut, informasi rekening keuangan dapat disimpan di perangkat elektronik dan ditransfer menggunakan sarana tanpa kontak, seperti near-field communication (NFC), radio-frequency identification (RFID), atau jaringan, untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Menurut Apple, karena kecepatan pembayaran mobile dalam “alam virtual”, pengguna bisa secara tak sengaja bisa mengotorisasi transaksi atau tidak menyadari akibat tindakannya. Teknologi yang diuraikan dalam paten Apple dirancang untuk memastikan pengguna untuk menghindari jebakan tersebut dengan menerima konfirmasi yang diperlukan.

Karena paten baru saja diberikan Selasa (28/8) kemarin, teknologi tersebut diperkirakan belum akan muncul dalam waktu dekat. Namun, rumor baru-baru ini mengklaim bahwa iPhone 5 bisa meliputi hardware yang diperlukan untuk mengaktifkan pembayaran mobile berdasarkan NFC. Berdasarkan foto yang diduga iPhone terbaru yang dirilis Apple.pro, blog berbasis di Taiwan mengungkapkan bagian misterius baru yang memiliki dimensi sama seperti chip NFC.

Apple Patenkan Teknologi yang Membuat Ponsel Punya Perasaan

Posted:


CHIP.co.id – Bayangkan sebuah ponsel yang secara otomatis mematikan layar dan suaranya ketika dia merasakan sedang berada di dalam bioskop. Teknologi semacam itu tentu akan membuat para pecinta film senang. Teknologi mungkin akan muncul dalam iPhone yang akan datang, setidaknya jika Apple mewujudkan paten yang baru saja didapatkannya menjadi kenyataan.

Paten yang didapatkan Apple pada Selasa (28/8) tersebut digambarkan sebagai sebuah “alat dan metode untuk pelaksanaan kebijakan terhadap perangkat nirkabel.” Teknologi ini merupakan cara untuk mengubah aspek perangkat mobile berdasarkan kejadian atau lingkungan di sekitarnya.
Contohnya, ponsel bisa menonaktifkan suara dan layarnya sendiri jika ia tahu sedang berada di bioskop. Ia juga bisa mencegah komunikasi dengan perangkat lain jika mendeteksi tengah berada di ruang kelas. Atau ia bisa secara otomatis beralih ke mode tidur jika memasuki daerah sensitif dimana suara adalah hal tabu.

Dalam skenario seperti ini, perangkat mobile akan berkomunikasi dengan titik akses jaringan (network access point) yang memberlakukan kebijakan tertentu, seperti membuat handset dalam keadaan diam atau mute. Pengguna bisa memilih menerima atau menolak koneksi dengan titik akses berdasarkan kebijakan tersebut. Sebuah titik akses tunggal juga bisa menawarkan beberapa kebijakan.

Penerapan kebijakan seperti itu bisa rumit. Sebagian besar dari kita tidak suka ketika ponsel orang lain berbunyi di bioskop, perpustakaan, atau tempat umum yang serupa. Tetapi beberap aorang akan hampir pasti keberatan terhadap pembatasan fungsi telepon mereka sendiri.
Untuk saat ini, tentu saja, teknologi “kesadaran situasional”  ini masih berada pada tahap paten Apple. Tetapi menarik juga melihar bagaimana reaksi orang terhadapnya jika diterapkan pada iPhone atau perangkat mobile konsumer lainnya.

Agnes Monica Jadi Brand Ambasador Dell XPS

Posted:

 

Jakarta, CHIP.co.id - Dell Indonesia hari ini mengumumkan penetapan salah satu musisi papan atas Indonesia, Agnes Monica, sebagai brand ambassador Dell XPS. Penyanyi sensasional yang telah melalang dunia tersebut akan mendukung aktivitas pemasaran Dell yang berbentuk iklan TV dan beberapa kegiatan pemasaran offline lini produk XPS.

Lini produk XPS yang ditargetkan untuk kalangan mid-up level tersebut berasa pas dengan personalisasi Agnes Monica yang sempurna, cantik, pintar, kreatif, dan dinamis. "Kami memilih Agnes Monica sebagai brand ambassador terbaru kami untuk produk XPS karena ia memiliki personalisasi sempurna dan dinamis, layaknya kemampuan produk XPS yang serba perfect," ungkap Willy Hendrajudo, CSB & Mobility Senior Marketing Advisor Dell Indonesia.

Produk-produk Dell XPS yang terdiri dari laptop dan desktop premium, menampilkan bentuk dan fungsi tanpa kompromi, performa tangguh lewat desain serta craftmanship yang dipersiapkan dengan matang, ditujukan bagi  profesional, premium female yang menginginkan perangkat komputasi yang elegan, dan pelajar yang membutuhkan sebuah teknologi kompleks dan berkualitas.

Mengamini kemampuan Dell XPS yang cocok dengan kepribadiannya yang sempurna, Agnes Monica menyatakan, "Dell dikenal sebagai salah satu pemain utama dalam industri teknologi. Perusahaan ini berdiri dengan baik dan memproduksi banyak produk berkualitas. Saya sangat bangga dapat bekerjasama dengan label internasional seperti Dell."

 

Bedah Kampus UI 13, Break Your Limit!

Posted:

CHIP.co.id - Bedah Kampus UI merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kampus Universitas Indonesia yang pada tahun 2012 ini akan digelar untuk ke-13 kalinya. Acara Bedah Kampus ini sendiri bertujuan untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai Universitas Indonesia, dari mulai fakultas apa saja yang berada di UI hingga penjurusan. Selain itu, di acara ini juga akan ada penyampaian informasi seputar penerimaan mahasiswa baru di UI.

Bedah Kampus UI ke-13 ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6 dan 7 Oktober 2012. Acara yang memiliki tagline, Break Your Limit! ini akan berlangsung di Balairung, Kampus Baru UI Depok. Bedah Kampus UI ini rencananya dimulai sejak pagi pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Di acara Bedah Kampus ini menghadirkan tokoh nasional dan artis yang merupakan alumni UI, seluruh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) apa saja yang ada di UI, serta mahasiswa berprestasi di UI yang pastinya akan semakin memotivasi Anda untuk masuk UI.

Segera booked tiket Bedah Kampus. Pembelian tiket Bedah Kampus sudah dapat dilakukan secara online di tiket.bkui13.com.

Corsair Akuisisi Raptor Gaming

Posted:

 


Cologne, CHIP.co.id – Corsair mengumumkan akuisisi aset-aset dari Raptor Gaming, produsen periferal PC Gaming yang bermarkas di Heinsberg, Jerman. Didirikan pada 2004, Raptor Gaming memiliki jaringan retail yang kuat di Jerman, pasar video gaming terbesar di Eropa dengan produk-produk yang tersebar luas di jaringan besar seperti Media Markt, Saturn, Real , Kaufland dan Conrad.

Sebagai  bagian dari transaksi ini, Corsair akan menerima product portofolio Raptor Gaming yaitu keyboards, mouse, headset dan asesoris, yang akan membentuk seri baru dari produk gaming Corsair bersama-sama dengan produk yang telah ada, yaitu Vengeance Series. Executives CEO dari Raptor Gaming Dirk Schunk dan COO Heinz-Dieter Ludwig akan terus bekerja secara erat dengan Corsair untuk memfasilitasi transisi ini.

 “Corsair dan Raptor memiliki tujuan yang sama, memberikan PC Hardware terbaik di kelasnya untuk gamer di seluruh dunia” ujar Andy Paul, Presiden dan CEO Corsair. “Jaringan retail yang kuat dari Raptor Gaming akan memungkinkan kami menawarkan range produk  hardware PC yang lebih luas kepada gamer di seantero Jerman”.

“ Sebagai gamer, kami membentuk bisnis Raptor Gaming untuk menciptakan PC Gear berperforma tinggi untuk memberikan gamer pengalaman bermain yang terbaik “ kata Dirk Schunk, CEO dari Raptor Gaming.  “Kekuatan Brand Corsair secara global dengan jaringan distribusi yang telah mendunia akan membuka produk-produk Raptor kepada audiens gamer yang lebih luas ke seluruh dunia. “

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar