Selasa, 28 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Inikah Wujud Sony Vaio Duo 11?

Posted:


CHIP.co.id - Dilansir dari situs Pocketnow, muncul bebagai gambar yang disinyalir merupakan tablet teranyar Sony yang telah ditanamkan Windows 8. Tablet ini kemungkinan akan dinamakan Vaio Duo 11.

Mengapa Duo? Karena layaknya Microsoft Surface, tablet ini juga memiliki sebuah keyboard fisik yang langsung menempel dengan tablet tersebut. Pocketnow juga melaporkan bahwa tablet ini berukuran sekitar 11 inci.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi dan kapan tablet ini akan dirilis.

Mark Zuckerberg Bertemu Pengguna Facebook Tertua di Kantor Barunya

Posted:


CHIP.co.id - Ada sebanyak 955 juta pengguna aktif Facebook di dunia. Rata-rata pengguna aktif Facebook berusia remaja, mulai dari umur 20 tahun dan beberapa berusia lansia di atas 55 tahun. Tetapi, rentang usia pengguna Facebook tersebut berhasil dipatahkan oleh Florance Detlor yang memiliki usia 101 tahun yang beberapa hari lalu bertandang ke kantor pusat Facebook.

Nenek yang berasal dari Menlo Park, California ini membuat akun Facebooknya sejak bulan Agustus 2009. Dikutip dari Mashable, Florance yang lulus dari Occidental Collage di tahun 1932 ini sengaja membuat akun Facebook untuk mencari buku-buku bagus untuk dia baca sambil menghabiskan waktu senjanya.

Menghargai Nenek sebagai pengguna aktif akun Facebook tertua di dunia ini, Mark Zuckerberg, CEO and Founder Facebook bersama dengan COO Facebook, Sheryl Sandberg menyambut kedatangan Florance ke kantor pusat Facebook yang sekarang berlokasi dekat dengan rumahnya di California.

Sandberg yang senang menemui Florance, langsung mengunggah foto pertemuan penuh arti tersebut ke akun Facebooknya. “Honored to meet Florence Detlor, who at 101 years old is the oldest registered Facebook user. Thank you for visiting us Florence!," ungkapnya.

Foto yang telah di unggah Sandberg tersebut langsung menarik perhatian pengguna Facebook, dengan memberikan 5.000 likes. Dan uniknya, ada saja kakek-kakek yang berusia 102 dan 103 tahun menggoda kecantikan si Florance.

Solusi Infrastruktur Cloud Lengkap dari VMware

Posted:


San Francisco, CHIP.co.id - Pada acara VMworld 2012, VMware meluncurkan solusi terlengkap infrastruktur dan produk manajemen Cloud, berikut keahlian teknis dan dukungan ekosistem untuk membantu pelanggan mendorong tingkat efisiensi dan memperbaiki kesigapan operasional.

Inti dari pengumuman VMworld 2012 adalah, VMware vCloud Suite 5.1 terbaru –solusi pertama yang menghantarkan software-defined datacenter. Rangkaian solusi vCloud mengintegrasikan keunggulan portofolio virtualisasi, infrastruktur Cloud dan manajemen VMware ke dalam satu SKU sehingga menyederhanakan adopsi teknologi berbasis Cloud.

“Di VMworld, VMware dan para mitranya telah mengambil langkah berani menuju TI yang lebih sederhana, dengan menawarkan kepada pelanggan semua yang mereka butuhkan untuk membangun, mengoperasikan dan mengelola lingkungan Cloud,” kata Paul Maritz, CEO VMware. “VMware vCloud Suite mengantarkan software-defined datacenter, yakni arsitektur yang dibutuhkan untuk menerapkan Cloud Computing.”

Software-Defined Datacenter mewujudkan apa yang selama ini dijanjikan oleh Cloud Computing, yakni layanan TI yang sigap, elastis, efisien, dapat diandalkan, dengan cara memperluas manfaat virtualisasi ke semua wilayah dalam datacenter –komputasi, storage, jaringan dan layanan ketersediaan serta keamanan terkait.

Arsitektur Software-Defined Datacenter mengabstraksikan seluruh sumber daya piranti keras dan menyatukan mereka ke dalam satu pool kapasitas, sehingga memungkinkan otomasi untuk mendistribusikan kapasitas komputasi secara aman dan nyaman sesuai kebutuhan aplikasi. Penyewa atau pelanggan yang menggunakan Software-Defined Datacenter dapat mengoperasikan beberapa datacenter virtualnya sendiri dari kumpulan sumber daya komputasi, storage, jaringan dan keamanan yang terisolasi.

“TI masa kini mensyaratkan agar organisasi mengambil pendekatan holistik ketika merencanakan, membangun dan mengoperasikan infrastruktur, terutama ketika memasuki era baru Cloud Computing,” kata Don Henderson, Chief Technology Officer, NYSE Technologies.

“Di NYSE Euronext, kami tidak hanya merangkul Cloud Computing sebagai fondasi strategi TI korporasi, kami memperluas nilainya kepada sejumlah organisasi layanan keuangan yang ingin memodernisasi operasional TI mereka dengan memanfaatkan teknologi dan keahlian Cloud dari VMware untuk menawarkan Cloud komunitas yang pertama di industru keuangan.”

VMware vSphere 5.1 – Platform teruji bagi berbagai aplikasi

Fondasi dari VMware vCloud Suite adalah versi terbaru dari platform virtualisasi yang paling banyak dipakai di dunia, yang di dalamnya sudah termasuk lebih dari 100 peningkatan dan fitur baru untuk menawarkan tingkat layanan tertinggi bagi seluruh aplikasi, termasuk beban kerja bisnis kritikal dan aplikasi yang I/O-sensitive dan low-latency.

Di antara sejumlah peningkatan kunci dalam VMware vSphere 5.1 adalah VM yang lebih kuat, serta beberapa inovasi guna membantu pelanggan menghindari downtime tak terencana, termasuk kemampuan jaringan yang lebih handal.

VMware vSphere 5.1 akan mendukung Virtual Machine (VM) hingga 64 CPU virtual.

Untuk menjaga VM tetap bekerja 24 jam dan 7 hari seminggu, VMware telah meningkatkan kemampuan VMware vMotion sehingga mampu melakukan migrasi VM secara live tanpa membutuhkan storage bersama.

Solusi VMware vSphere 5.1 juga memperkenalkan VMware vSphere Data Protection™ untuk memudahkan pencadangan dan pemulihan (back-up and recovery)  pada VM, VMware vSphere Replication untuk proteksi bencana yang berbiaya efektif, dan VMware vShield Endpoint untuk keamanan VM secara lebih efisien.

VMware vSphere 5.1 juga akan dilengkapi dengan sejumlah peningkatan pada VMware vSphere Distributed Switch, termasuk kemampuan untuk mendukung hingga lebih dari 500 networked host untuk setiap switch terdistribusi.

Dengan kemampuan Network Health Check, Configuration Backup and Restore, Roll-Back and Recovery yang baru, VMware vSphere 5.1 Distributed Switch menyederhanakan penggelaran, manajemen dan penyelesaian masalah pada jaringan virtual. Selain itu, VMware vSphere 5.1 kini juga mendukung single-root I/O virtualization (SR-IOV) guna mengoptimalkan kinerja jaringan untuk aplikasi yang latency-sensitive

Fitur-fitur baru dalam VMware vSphere 5.1


Inti dari solusi VMware vCloud Suite adalah serangkaian layanan software-defined datacenter yang menerapkan prinsip-prinsip virtualisasi yaitu abstraksi, pengumpulan (pooling) dan otomasi ke dalam domain dari storage, jaringan, keamanan dan ketersediaan.

VMware vCloud Director mengatur provisi dari layanan-layanan tersebut untuk menciptakan datacenter virtual (VDC) lengkap dan bisa dipakai, hanya dalam hitungan menit. VMware vCloud Director 5.1 terdiri dari sejumlah peningkatan signifikan sehingga mampu mendukung VDC “elastis” yang mencakup aneka jenis klaster VMware vSphere hingga 30.000 VM. VMware vCloud Director 1.5 memiliki API yang sudah disempurnakan serta framework yang lengkap sehingga pelanggan bisa mengubungkan layanan infrastruktur pihak ketiga.

VMware vCloud Director 5.1

Melalui peluncuran vCloud Suite, VMware memberikan solusi Software-Defined Networking dan keamanan yang terdepan guna mengatasi salah satu hambatan utama untuk mencapai tingkat kesigapan Cloud Computing yang diharapkan– yakni jaringan.

VMware vCloud Networking and Security menghadirkan jaringan dan layanan infrastruktur virtual secara dinamis yang sepenuhnya lepas dan terpisah dari piranti keras jaringan fisik.

Melalui vCloud Networking and Security, pelanggan bisa membuat jaringan logical untuk setiap aplikasi atau tenant, lalu mengisolasikan lalu lintas jaringan antar aplikasi  dalam satu organisasi –terlepas dari hambatan-hambatan atau batasan-batasan jaringan fisik. Dengan membuat pool kapasitas jaringan di atas peranti keras jaringan apa saja, vCloud Networking and Security bisa dengan mudah mendukung puluhan ribu jaringan virtual terisolasi secara lebih sederhana dengan kemudahan operasional dalam membuat dan mengelola VM.

VMware vCloud Networking and Security menggabungkan protokol VXLAN dan layanan keamanan aplikasi VMware vShield untuk menawarkan kemampuan Software-Defined Networking lengkap dan solusi lengkap untuk virtualisasi jaringan. –mulai dari switching virtual hingga lapisan tervirtualisasi.  Solusi ini juga akan dilengkapi dengan framework yang lengkap untuk mendukung integrasi solusi keamanan dan jaringan dari pihak ketiga.

VMware vCloud Networking and Security.

Untuk memastikan ketersediaan aplikasi dan pemulihan Software-Defined Datacenter secara cepat, vCenter Site Recovery Manager 5.1 memudahkan pemulihan bencana, perencanaan, sekaligus memastikan pemulihan bisa diprediksikan hasilnya melalui pengujian dan rencana eksekusinya.

Solusi VMware vCenter Site Recovery Manager 5.1 juga bisa mendukung migrasi datacenter dan menghindari bencana. Solusi ini mampu berintegrasi dengan VMware vSphere Replication dan sejumlah teknologi replikasi yang lain dari mitra-mitra VMware. Solusi VMware vCenter Site Recovery Manager didukung oleh ekosistem penyedia  layanan yang luas yang menawarkan layanan “pemulihan bencana ke Cloud” sehingga pelanggan mendapatkan manfaat dari vCenter Site Recovery Manager tanpa perlu melakukan investasi pada infrastruktur failover.

Fitur-fitur vCenter Site Recovery Manager 5.1

Setelah datacenter semakin digerakkan oleh piranti lunak, pelanggan memiliki kesempatan untuk menyederhanakan dan mengotomasi manajemen operasional untuk mencapai efisiensi dan tingkat kesigapan Cloud Computing.  Solusi VMware vCloud Suite sudah mencakup vFabric Application Director, vCenter Operations Management Suite dan vCloud Connector untuk mempercepat provisi aplikasi, memindahkan beban kerja antar Cloud, dan menghadirkan otomasi cerdas untuk perencanaan kapasitas, manajemen performa dan kepatuhan.

“Sebagian besar penerapan Private Cloud akan dibangun dari fondasi virtualisasi –memvirtualisasikan komputasi, storage, jaringan dan ketersediaan untuk membuat sebuah pool sumber daya- akan membantu mengurangi biaya modal dan biaya operasional, serta yang lebih penting, mempercepat penghantaran layanan,” kata Tom Bittman, VP and Distinguished Analyst, Gartner.

Dukungan Industri yang Luas terhadap VMware vCloud Suite

Komunitas mitra VMware, kini mencapai lebih dari 55.000 mitra, terus menjadi kunci dalam menyediakan solusi Cloud Vmware bagi pelanggan. Solusi VMware vCloud Suite yang baru akan didukung oleh jairngan mitra yang luas, mencakup mitra teknologi dan vendor piranti lunak independen (ISV), penyedia solusi, penyedia layanan dan integrator sistem, serta tiap produsen piranti keras global utama.

Ilmuwan Mulai Meng-hack Pikiran dengan Perangkat Murah

Posted:


CHIP.co.id – Apakah rahasia terdalam di pikiran Anda aman? Bisakah pencuri mengecoh agar Anda mengungkapkan pin ATM atau password komputer hanya dengan memikirkannya?

Secara terori, hal ini bisa terjadi. Ivan Martinovic dari University of Oxford dan koleganya di University of Geneca dan University of California at Berkeley menjelaskan penelitian itu dalam makalah berjudul “On the Feasibility of Side-Channel Attacks With Brain-Computer Interfaces” yang dipresentasikan awal bulan ini di 21st USENIX Security Symposium.

Riset ini diinspirasi oleh meningkatnya jumlah permainan dan aplikasi pikiran lainnya yang tersedia untuk perangkat Electroencephalography (EEG) murah untuk kosumen seperti headset Emotiv EPOC, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer hanya dengan menggunakan pikiran mereka. Pengembang jahat bisa membuat aplikasi “brain spyware” yang dirancang untuk menipu pengguna agar memikirkan informasi sensitif, yang kemudian dicuri.

Penelitian ini difokuskan pada sinyal otak P300, yang sering dikeluarkan ketika sesuatu yang bermakna dikenali. Hal ini juga sudah dipertimbangkan dalam merancang detektor kebohongan terbaru.

Sebanyak 28 subjek penelitian yang menggunakan headset Emotiv ditunjukkan gambar-gambar seperti angka, kartu bank, ATM, dan wajah orang ketika ditanyai sejumlah pertanyaan spesifik dengan target informasi spesifik. Gelombang otak mereka, khususnya P300, ditangani dengan perangkat lunak pengilah sinyal. Hasilnya, informasi pribadi yang diambil dari uji coba ini lebih akurat 15-40 persen ketimbang hanya dengan menebak.

“Sinyal EEG yang ditangkap mengungkapkan informasi pribadi pengguna, seperti kartu bank, nomor PIN,” demikian kesimpulan para peneliti.

“Data sinyal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, dan perangkatnya tidak dibuat untuk mendeteksi pola semacam ini. Tapi kita bisa melihat dari penelitian ini, kita bisa mendapat informasi lebih baik dari sekadar menebak,” kata Martinovic.

Dia mencatat bahwa kualitas perangkat EEG dan sinyal yang dihasilkannya pasti akan meningkat, dan penjahat bisa memanfaatkan hal tersebut.

“Ada pertanyaan tentang apakah ada potensi serangan yang lebih canggih, bisakah kita menanamkan serangan ini di video, game online?”

Di masa depan ketika Anda memainkan tokoh seperti Profesor X dalam film X-men dan mengendalikan sesuatu dengan pikiran Anda, berhati-hatilah terhadap pencuri.

Strategi Integrasi Flash dari Hitachi Data Systems

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hitachi Data Systems Corporation, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hitachi, Ltd., mengumumkan strategi bertahap menggabungkan teknologi flash baru dan orisinil di seluruh portofolio solusi TI skala menengah dan korporasi. Perusahaan juga akan menawarkan serangkaian peranti flash terintegrasi dengan teknologi manajemen memori flash baru yang dikembangkan oleh Hitachi, Ltd.

Melalui pemanfaatan teknologi baru ini, produk-produk berbasis flash yang ditawarkan perusahaan akan mencapai performa yang lebih baik dengan skala yang bisa diperluas, serta kapasitas yang lebih besar dibandingkan produk solid-state yang tersedia di pasaran saat ini.

Hitachi Data Systems juga mengumumkan ketersediaan fitur akselerasi flash pada solusi Hitachi Virtual Storage Platform (VSP) sehingga solusi tersebut bisa mencapai lebih dari 1.000.000 random read IOPS. Peningkatan performa hingga 3  kali lipat dari VSP yang ada saat ini itu akan membantu pelanggan meningkatkan konsolidasi sistem dan tingkat densitas virtual machine hingga 100%, menahan biaya modal dan biaya operasional, sekaligus memperbaiki kualitas layanan pada sistem terbuka dan aplikasi virtual.

“Hingga kini, penggunaan media flash untuk bisa efektif memenuhi tuntutan performa tinggi dan aplikasi berbasis Cloud yang sensitif dengan waktu masih terbatas karena karakteristik memori flash dan performa controller-nya. Kondisi ini telah memaksa pelanggan untuk melakukan berkompromis terhadap masalah biaya, kapasitas dan daya tahan,” tutur Roberto Basilio, Vice President, Infrastructure Platforms Product Management, Hitachi Data Systems.

“Melihat kecenderungan ini, Hitachi menyadari bahwa langkah yang tepat untuk menggabungkan media flash di seluruh infrastruktur TI adalah dengan mengembangkan solusi berdasarkan kekayaan intelektual Hitachi yang asli. Komponen controller memori flash rancangan Hitachi memungkinkan kami menghadirkan serangkaian produk lengkap yang sejak awal dirancang untuk mengakselerasi pekerjaan komputasi Big Data, aplikasi mission-critical dan database. Cara ini membutuhkan pemrosesan secara real time, ketahanan kelas enterprise, namun dengan meninggalkan jejak lingkupan yang kecil," tambahnya.

Roadmap pengembangan flash Hitachi Data Systems mencakup server, storage dan berbagai appliance untuk mempercepat komputasi, caching dan penggunaan media storage berkinerja tinggi. Fondasi dari strategi ini dibangun di atas controller memori flash baru rancangan Hitachi, Ltd. yang memiliki performa dan ketangguhan yang tinggi. Controller baru ini menawarkan sejumlah keuntungan, yaitu:

Throughput berkesinambungan tercatat 4 kali lebih besar daripada generasi solid-state drives (SSD) saat ini yang berbasis teknologi multi-level cell (MLC), dan berikut ini adalah fitur utamanya:

  • Daya tahan hingga lima tahun untuk beban kerja kelas enterprise.
  • Kompresi inline zero block .
  • Fungsi penghapusan secara aman (Secure Erase).
  • Flash Memory Controller terbaru ini menghadirkan solusi flash efisien yang dapat mempercepat komputasi aplikasi mission-critical yang membutuhkan pemrosesan secara real time, daya tahan kelas korporasi,  keamanan dan jejak lingkungan hidup yang kecil. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup indexing, database OLTP, sistem pendukung pengambilan keputusan, email dan infrastruktur desktop virtual -Virtual Desktop Infrastructure (VDI).

Akselerasi Flash Baru untuk Solusi Hitachi VSP
Kunci pada fase awal dari strategi pengembangan teknologi flash Hitachi Data Systems adalah terciptanya fitur akselerasi flash untuk solusi Hitachi VSP yang tersedia saat ini. Pilihan performa baru ini mampu:

  • Meningkatkan batas skalabilitas VSP hingga tiga kali.
  • Menurunkan waktu tanggap I/O hingga 50%.
  • Meningkatkan Hitachi Dynamic Tiering dan nilai perangkat flash.
  • Secara umum, membantu pelanggan VSP meningkatkan kinerja lebih dari 2 kali lipat dengan beban kerja OLTP pada umumnya.


Fitur akselerasi flash yang baru ini bisa didapatkan tanpa mengganggu operasional sistem melalui satu kunci lisensi. Para pelanggan VSP dapat mencoba manfaat fitur akselesari flash ini dengan menghubungi perwakilan Hitachi Data Systems untuk mendapatkan izin pengujian. Fitur ini sudah tersedia bagi pelanggan VSP baru maupun yang sudah ada melalui pembaruan microcode.

Tarif Fleksibel Telepon Internasional dari Bakrie Telecom

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) selaku operator layanan telepon Esia, kembali melakukan terobosan dengan memberikan tarif murah untuk layanan telepon internasionalnya. Tarif baru ini bahkan membuat tarif telepon internasional Bakrie Telecom sekarang jauh lebih murah dibanding telepon lokal.

Untuk tarif telepon internasional ke lebih dari 100 negara Bakrie Telecom menerapkan tarif mulai dari Rp149/menit hingga Rp7.999/menit. Tarif murah ini rata-rata lebih hemat 40% dibanding tarif yang ada di pasaran saat ini.

“Langkah efisiensi yang berhasil kami lakukan di sisi routing pada mitra usaha penyedia layanan telepon internasional via internet protocol (IP) memungkinkan Bakrie Telecom memberikan harga murah dibanding tarif operator lainnya. Bahkan jauh lebih murah dibanding telepon lokal," papar Rakhmat Junaidi, Director Corporate Services PT Bakrie Telecom Tbk.

Sebagai ilustrasi Rakhmat membandingkan tarif internasional ke Singapura atau Kanada yang dikenakan harga Rp149 per menit jauh lebih murah dibanding jika pelanggan telepon ke Surabaya yang harganya Rp2.500,- per menit. Tarif telepon internasional tersebut bisa dikatakan 16 kali lebih murah dibanding tarif telepon lokal.

Meskipun harganya bisa ditekan murah tapi Rakhmat menjamin Bakrie Telecom tetap mengedepankan kualitas. “Bagi kami kualitas layanan terbaik harus kami berikan pada pelanggan, baik dari sisi harga, kejernihan suara hingga koneksi yang stabil dan terjaga baik."

Dijelaskannya lebih lanjut penawaran tarif telepon internasional fleksibel tersebut merupakan bagian dari lima tahap revitalisasi Bakrie Telecom. Pertama meliputi program penyehatan dan penguatan keuangan perusahaaan. Kedua, penguatan organisasi, budaya perusahaan dan governance. Ketiga, kembali ke inti kekuatan BTEL yaitu one brand, one price (Esia), tetapi dengan banyak opsi produk. Keempat, mendorong pertumbuhan revenue dari data. Kelima, peningkatan kualitas produk dan layanan pelanggan.

“Tarif murah ini terutama berkaitan dengan upaya Bakrie Telecom untuk kembali ke inti kekuatan yang memberikan berbagai pilihan pada pelanggan dengan kualitas produk dan layanan premium," katanya.

Rakhmat berkeyakinan penawaran tarif telepon internasional murah ini akan semakin mendorong kinerja positif Bakrie Telecom yang telah terbukti pada kuartal kedua 2012. Pada tiga bulan terakhir ini kondisi keuangan perusahaan memperlihatkan hasil membaik dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat meskipun masih harus menghadapi tantangan besar dalam iklim persaingan industri telekomunikasi yang makin ketat.

“Terobosan Bakrie Telecom akan terus berlanjut. Dengan budaya winning spirit, kami akan terus menciptakan dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Esia," tutup Junaidi.

Marissa Mayer Rekrut CEO Lockerz ke Yahoo!

Posted:


CHIP.co.id - Marissa Mayer kembali meneruskan langkahnya merevolusi Yahoo!. Setelah sebelumnya membajak Andrew Schulte dan Anne Espiritu dari Google, kini Marissa merekrut CEO Lockerz, Kathy Savitt.

Kathy Savitt direkrut sebagai Chief Marketing Officer (CMO) baru Yahoo!.  Sebelum mendirikan Lockerz pada 2009 lalu, Savitt merupakan CMO untuk American Eagle Outfitters dan VP of Strategic Communications, Content, and Initiatives di Amazon.

"Kami sangat bahagia menyambut Kathy Savitt di Yahoo!,"ujar Marissa Mayer. "Pengalamannya untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap Amazon, American Eagle Outfitters dan Lockerz akan sangat penting bagi masa depan Yahoo!," tambahnya.

Lockerz sendiri merupakan situs berbagi konten foto yang memiliki 45 juta pengunjung tetap. Dan khusus bagi pengguna UberSocial di BlackBerry dan Android sudah tak asing dengan Lockerz.

Spesifikasi Galaxy Note 2

Posted:


CHIP.co.id - Meski baru akan dirilis dalam IFA show di Berlin pekan depan, spesifikasi phablet Galaxy Note 2 sudah muncul di internet. Dikabarkan, layar Galaxy Note 2 akan bertambah menjadi 5,5 inci dari sebelumnya 5,3 inci, 1.280x720 pixel, dan layar super AMOLED.

Selain itu, Galaxy Note 2 juga sudah dibekali Android 4.1 Jelly Bean, dengan prosesor 1,4GHz quad-core Exynos 4412 dan menawarkan konektivitas 4G LTE. Kamera belakang 8 megapixel, storage 16GB atau 32GB akan dibenamkan dalam perangkat ini.

Rumor ini sebenarnya bukan yang pertama kali karena sebelumnya sejumlah media juga sudah pernah memuat spesifikasi perangkat yang oleh Samsung disebut sebagai gabungan tablet dan phone itu. Pada Juni lalu, media di Korea Selatan menyebut, Galaxy Note 2 akan dilengkapi prosesor dual-core dan resolusi layar 1.680x1.050 pixel.
 
Para penggemar Galaxy Note agaknya mesti bersabar menunggu pengumuman resmi hingga pekan depan saat Samsung merilis secara resmi pada IFA 2012. IFA 2012 akan dibuka secara resmi 31 Agustus sampai 5 September mendatang.

8 Produk Samsung yang Kemungkinan Dilarang Dijual di AS

Posted:


CHIP.co.id – Setelah dimenangkan Pengadilan San Jose, California dalam gugatan melawan Samsung pekan lalu, Apple mulai membidik 8 dari 28 produk Samsung yang terlibat dalam kasus ini agar dilarang dijual di Amerika Serikat.

Kedelapan produk tersebut adalah, Galaxy S 4G, Galaxy S2 AT&T, Galaxy S2 Skyrocket, Galaxy S2 T-Mobile, Galaxy S2 Epic 4G, Galaxy S Showcase, Droid Charge dan Galaxy Prevail. Dalam permohonannya, Apple menjabarkan paten yang terbukti dilanggar perangkat tersebut di pengadilan, yang berlangsung sebulan dan baru diputus pekan lalu.

Perangkat dengan pelanggaran paling banyak adalah Galaxy S 4G karena melanggar dua paten desain Apple, tiga paten utilitas, dan dua paten tampilan (trade dress):



Daftar tersebut tidak termasuk Galaxy Tab 10.1, yang juga dinyatakan melanggar paten utilitas Apple, tapi tidak melanggar paten desainnya. Merujuk pada putusan itu, Samsung, Minggu (26/8) sudah mengajukan agar pengadilan mengeluarkan putusan pendahuluan agar larangan penjualan Galaxy Tab 10.1 di Amerika Serikat dicabut.

NASA Luncurkan Satelit Berbasis Android

Posted:


CHIP.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana membuat nanosatelit dengan menggunakan hardware Google Nexus sebagai otak operasi satelit. Hal ini merupakan salah satu siasat lembaga itu untuk bertahan di tengah-tengah pemotongan anggaran mereka oleh pemerintahan Barack Obama.

The Verge, Minggu (26/8) melaporkan, satelit PhoneSat 1.0 akan mampu memonitor “kesehatannya” sendiri dan melaporkan kepada insinyur NASA di pusat kendali di bumi jika ada efek buruk luar angkasa terhadap hardware-nya.

Satelit ini juga bisa di-upgrade dengan kemampuan menerima dan memancarkan gelombang radio sehingga insinyur di bumi tetap bisa mengendalikannya. Selain itu, PhoneSat 1.0 juga dilengkapi panel tenaga surya dan transponder GPS.

Melalui cara ini, NASA ke depan bisa meluncurkan satelit dengan berbagai tujuan, seperti menguji coba teknologi atau komponen baru untuk penerbangan luar angkasa dan mengobservasi bumi secara murah.

Selanjutnya, dengan merangkul teknologi konsumen ini dan berpegang teguh pada tujuan dasar dari misi, NASA telah mempertahankan total biaya USD3.500 untuk setiap satelit. Harga yang rendah itu merupakan elemen yang penting dari rencana agensi tersebut untuk terus melanjutkan perkembangan teknologi satelit dengan cara yang cepat.

NASA mengibaratkan pendekatan mereka ke doktrin “release early, release often” nya Silicon Valley. Tiga sistem PhoneSats NASA (dua 1.0 dan unit tungga 2.0) ini dijadwalkan akan meroket akhir tahun ini, jadi kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik bagaimana kelayakan satelit bertenaga smartphone di kemudian hari.

(Ric)

Samsung Investasikan USD975 Juta untuk Teknologi Masa Depan

Posted:


CHIP.co.id - Dilansir dari situs ZDNet, Samsung dikabarkan mengucurkan dana sebesar USD975 Juta untuk penelitian chip generasi terbaru. Dengan berinvestasi sebanyak itu, Samsung telah bergabung dengan TSMC dan Intel yang telah dulu melakukan penelitian.

Dana tersebut di bagi menjadi USD345 Juta untuk penelitian selama lima tahun ke depan, dan USD630 Juta dalam bentuk saham ekuitas. Secara total, Samsung, Intel, dan TSMC akan mendapatkan saham minoritas sebesar 3 persen. Saham minoritas tersebut memiliki nilai sebesar USD4,81 Miliar.

Penelitian ini diprakarsai oleh ASML, sebuah perusahaan chip yang berbasis di Belanda. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengikat pelanggan, serta mempercepat pengembangan teknik litografi baru. Litografi terbaru ini dapat dibilang sebagai ultraviolet ekstrim. Chip generasi terbaru ini diharapkan dapat digunakan pada berbagai gadget murah.

Penelitian ini juga ditujukan agar dapat menciptakan sebuah generasi chip terbaru yang dapat diproduksi lebih murah.

Pendukung Jokowi-Basuki Ekspresikan Dukungan via YouTube

Posted:


CHIP.co.id - Selain media untuk berbagi video pengetahuan, musik, atau informasi terbaru, Youtube juga banyak dimanfaatkan sebagai sarana promosi diri untuk meraih ketenaran secara instan. Melalui video lucu seperti Shinta dan Jojo atau Norman Kamaru, orang bisa cepat dikenal, bahkan menjadi artis karena menunjukkan bakat dan kreativitasnya.

Namun, Youtube juga berpotensi digunakan oleh politikus yang tengah berkampanye memperebutkan jabatan publik, tak terkecuali kandidat gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilukada DKI Jakarta.

Pada tanggal 25 Agustus lalu misalnya, seseorang dengan ID cameoproject mengunggah video klip kampanye yang, uniknya, diberi deskripsi “ini bukan kampanye, hanya curahan hati sekelompok simpatisan yang mewakili manusia yang rindu perubahan di jakarta... enjoy!”. Padahal, jelas-jelas video ini mendukung pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Video berdurasi 3:22 menit itu merupakan parodi lagu “What Makes You Beautiful” milik One Direction. Video ini mengisahkan aktivitas warga Ibu Kota Jakarta sehari-hari. Ia menggambarkan 4 karakter utama yang mengalami kerasnya kehidupan Kota Jakarta, mulai dari kemacetan, pungli, dan pelayanan publik yang bobrok.

Lirik dalam lagu asli pun diubah oleh mereka dengan kritikan-kritikan, dan keluhan yang tentu pernah dialami sebagian besar warga Jakarta. Tak ketinggalan tuntutan segudang janji-janji pemerintah yang belum terealisasi pun turut menjadi bagian dari lirik dalam lagu parodi ini. Pada akhir bait lirik lagu ini disebutkan, “Ku butuh Mas Jokowi.... Jokowi dan Basuki....”.

Video dibuka dengan adegan seorang pria baru bangun pagi yang hendak menuju ke kelurahan. Dalam perjalanan, dia terjebak kemacetan. Bahkan, hak pejalan kaki yang terenggut karena maraknya sepeda motor dan gerobak penjual keliling yang menggunakan trotoar sebagai jalur dadakan juga diangkat dalam video ini. Sesampainya di kelurahan, keempat tokoh tersebut dilayani oleh Pak Lurah yang berkumis seperti Gubernur DKI Fauzi Bowo, namun dengan syarat harus membayar sejumlah uang pelicin.

Di akhir video, 4 karakter utama tersebut mengubah busananya dengan kemeja kotak-kotak yang identik dengan pasangan Jokowi-Basuki. Para pemain yang terlibat dalam video ini pun terlihat melibatkan banyak orang dari berbagai etnis. Sampai berita ini diterbitkan berita tersebut telah ditonton 150.000 penonton lebih.

(Au)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG Kenalkan Smartphone Quad-Core Berbasis LTE

Posted:


Seoul, CHIP.co.id – LG sangat serius dalam pengembangan smartphone terbaru yang bakal menjadi smartphone Quad-Core terbaru berbasis Long Term Evolution (LTE). Setelah mengkonfirmasi penggunaan chip terbaru Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064S, LG menyematkan berbagai teknologi dengan fokus pada peningkatan performa. Beberapa perusahaan yang tergabung dalam grup dari vendor elektronik yang berbasis di Korea Selatan tersebut terlibat secara langsung dari awal pengembangannya.

“Smartphone terbaru ini kami siapkan benar untuk mendukung LG Mobile dalam kompetisi pasar global. Kerjasama erat dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam grup besar LG telah menyumbangkan sentuhan teknologi terbaik dengan satu tujuan. Yaitu, memberikan pengalaman mengesankan bagi penggunanya,” ujar Jong-seok Park, President and CEO LG Electronics Mobile Communications Compa-ny.

Jong-seok Park menyatakan, kerjasama LG dengan beberapa perusahaan dalam grupnya akan membuat smartphone Quad-Core berbasis LTE terbarunya tak hanya menawarkan kinerja super cepat dari prosesornya. Lebih dari itu, kolaborasi ini akan menjadikan smartphone Quad-Core LTE LG ini memiliki daya baterai yang lebih tahan lama, layar lebih cerah, panel touchscreen terbaru yang terbungkus dalam dimensinya yang lebih ramping.

Daya tahan baterai yang lebih perkasa ini hasil dari teknologi milik LG Chemical. Sebagai perusahaan kimia tertua dan terbesar di Korea Selatan, LG Chemical dikenal sebagai innovator dalam pengembangan baterai bagi mobil bertenaga listik. LG Chemical membawa hasil ciptaannya berupa baterai berkekuatan 60 persen lebih efisien dibanding dengan baterai smartphone lainnya.

Meskipun berdaya lebih perkasa, dikatakan baterai ini memiliki dimensi ketipisan yang mirip dengan baterai lainnya. Hal ini berkat pengembangan LG Chemical yang memberi kepadatan lebih tinggi pada baterai smartphone Quad-Core LTE LG.

Sementara untuk bagian layar, pengembangan diserahkan pada LG Display. Sebagai perusahaan di bawah grup LG yang menyuplai panel layar bagi industri elektronik, LG Display menyiapkan layar dengan kecerahan lebih tinggi dari AMOLED namun dengan konsumsi daya lebih rendah.

Menyandang nama True HD IPS+, layar terbaru ini memiliki kepadatan piksel mencapai 320 pixels per inch (ppi) dan stripe RGB IPS panel dengan resolusi 1280x768 piksel. Sementara tingkat kecerahannya mencapai 470 nits dengan konsumsi daya 70% lebih rendah dalam tampilan layar berlatar belakang warna putih.

Di bagian lain, memperkuat kemampuan layar sentuh smartphone Quad-Core LTE baru LG ini, hadir teknologi dari LG Innotek. Perusahaan penyedia solusi teknologi yang tergabung dalam grup besar LG ini meningkatkan investasi pada bagian R&D untuk mengembangkan G2 Touch Hybrid Display. Teknologi ini mengeliminasi gap (jarak)  antara lapisan layar kaca dan panel LCD yang dijumpai pada smartphone dengan touchscreen sebelumnya. Hasilnya, ketebalan panel berkurang hingga 30%.

Dengan berbagai pengembangan ini, Jong-seok Park menyatakan LG siap untuk membuat standar baru dalam pasar smartphone global.

“Kerjasama strategis dengan perusahaan dalam grup sendiri memungkinkan kami memiliki kontrol yang lebih baik bagi pengembangan smartphone ke depan. Hal ini menjadi modal kuat yang masih sedikit dimiliki perusahaan pembuat smartphone lain di dunia,” kata Jong-seok Park.

Saham Terus Merosot, Zynga Ditinggal Para Petingginya

Posted:


CHIP.co.id – Sedikitnya empat manager Zynga kelur pada bulan ini seiring dengan malambatnya pertumbuhan dan merosotnya harga saham perusahaan pembuat game online tersebut, sehingga mengurangi nilai kompensasi mereka. Demikian dilaporkan Bloomberg, (24/8) mengutip dua sumber yang diminta namanya dirahasiakan.

Erik Bethke, general manager yang membawahi “Mafia Wars 2,” mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia pergi bulan ini. Alan Pathmore, general manager dari game “CityVille” yang populer pergi untuk bekerja di Kixeye Inc., ujar perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan kemarin. Ya-bing Chu, wakil presiden di divisi mobile Zynga, dan Jeremy Strauser, seorang general manager, juga mengundurkan diri pada bulan ini.

Harga saham Zynga telah menurun 68 persen IPO pada Desember lalu, menekan nilai ekuitas yang digunakan untuk mengkompensasi staf. CEO Mark Pincus memberikan pilihan bantuan kepada semua pekerja tetap untuk membendung pengunduran diri.

“Zynga akat terus memimpin industri dengan bakat terbaik dalam pengembangan game sosial,” ujar Dani Dudeck, juru bicara Zynga. “Kami bangga akan kerja keras tim ini untuk menciptakan generasi baru di dunia game sosial.”

Bethke, yang bergabung dengan Zynga di tahun 2009 saat perusahaan itu mengakuisisi startup gaming, GoPets, mengatakan, dia beristirahat dari pekerjaan. Saham Zynga telah naik 2 sen ke level USD3,27 pada penutupan perdagangan di New York. Saham mereka telah jatuh 65 persen tahun ini.

Pada 8 Agustus, perusahaan tersebut mengatakan bahwa John Schappert berhenti sebagai chief operating officer dan board director. Perombakan manajemen telah membuatnya kehilangan kewenangan untuk mengawasi operasi kunci perusahaan.

Pincus memulai reoganisasi pada bulan Juli untuk membangkitkan kembali pertumbuhan dan membantu agar kapitalisasi perusahaan lebih baik dengan beralih ke game untuk perangkat mobile.

Zynga melaporkan penjualan dan keuntungan di kuartal kedua bulan lalu yang sedikit lebih rendah dari prediksi para analis. Menurut mereka, perubahan oleh facebook membuat pengguna sulit menemukan game-game yang ada.

(Ric)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar