Jumat, 10 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Samsung Galaxy Note 10.1 Dibanderol USD644

Posted:


CHIP.co.id - Samsung Galaxy Note 10.1, penerus Galaxy Note dengan layar lebih besar, akan dijual di Hong Kong pada 16 Agustus. Tablet 3G itu akan dijual seharga HKD4,998 (sekitar USD644), sementara Galaxy Note 10.1 varian WiFi akan menyusul akhir bulan ini. Samsung mengatakan bahwa versi 4G LTE juga akan segera tersedia. Sempat pula dikabarkan bahwa model LTE tersebut akan dirilis akhir tahun ini.

Dengan layar 10,1 inci sebagai fitur utamanya, Galaxy Note 10.1 juga memiliki stylus S-Pen, yang dapat digunakan untuk menggambar dan menulis dengan perangkat tersebut. Dilengkapi dengan prosesor quad-core 1.4GHz dan RAM 2GB, Galaxy Note 10.1 menawarkan ugpgrade yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Galaxy Note 10.1 menjalankan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, dan resolusi layar 1280x800 pixel. Memiliki memori 16GB yang bisa ditingkatkan melalui slot SD card. Perangkat ini juga dilengkapi kamera 5MP di bagian belakang dengan kamampuan merekam video 720p, dan kamera depan 2MP. Perangkat ini diharapkan akan tersedia secara global pada akhir bulan ini.

(Au)

RIM Lolos Dari Hukuman Denda Rp1,3 Triliun

Posted:


CHIP.co.id - Masih ingat dengan berita kami mengenai RIM yang didenda USD147,2 juta karena melanggar hak paten milik Mformation Technologies? perkembangan terbaru mengenai kasus ini menunjukkan bahwa RIM berhasil memenangkan kasus ini.

Pengadilan Distrik AS untuk distrik Utara California telah membatalkan putusan pengadilan San Fransisco dan memberikan “motion for judgment as a matter of law” kepada RIM. Motion for judgment as a matter of law adalah mosi yang dibuat oleh salah satu pihak selama persidangan bahwa pihak lawan tidak memiliki cukup bukti untuk mendukung kasusnya. Menurut RIM, pengadilan menemukan bahwa bukti dalam kasus ini tidak cukup mendukung putusan juri di pengadilan San Fransisco.

“Kami menghargai pertimbangan yang cermat dari hakim mengenai kasus ini. RIM tidak melanggar paten dari Mformation dan kami sangat senang akan kemenangan ini,” ujar Steve Zipperstein, chief legal officer RIM, dalam sebuah pernyataan kemarin. “Tujuan dari sistem paten adalah untuk mendorong terciptanya inovasi baru, tetapi sistem ini kadang-kadang masih sering dimanfaatkan untuk mengejar tujuan-tujuan lain.”

Mformation menggugat RIM pada tahun 2008, menuduh bahwa RIM telah melanggar teknologi dalam perangkat BlackBerry. Akan tetapi RIM telah berpendapat bahwa mereka tidak melakukan kesalahan dan paten dari Mformation sama sekali tidak sah.

Bulan lalu, Juri tidak setuju dan menemukan bahwa BlackBerry Enterprise Server RIM, sebuah software yang dapat membuat RIM mengatur perangkatnya dari jarak jauh, melanggar paten dari Mformation dalam 18,4 juta ponsel BlackBerry.

Atas masalah itu, juri mendenda USD8 atas setiap ponsel yang terhubung ke BlackBerry Enterprise Server, dan RIM harus membayar total denda sebesar USD147,2 juta. Walaupun RIM tidak perlu lagi untuk membayar jumlah denda itu, Mformation masih dapat mengajukan banding atas putusan pengadilan. 

(Ric)

Atasi Koneksi Internet dengan Kepuasan Maksimal dari ASUS Pro Qos

Posted:


Taipei, CHIP.co.id - Wireless router dan modem router Asus seri black diamond kini dibekali dengan fitur Pro QoS pada firmware WRT, memungkinkan pengguna untuk mengatur prioritas kebutuhan bandwidth Internet dari berbagai aplikasi.

Apabila Anda mengalami kendala Menggunakan Bandwidth yang Terbatas, aplikasi ini mampu meminimalisir masalah tersebut dengan menyuguhkan pengaturan bandwidth yang rata tergantung dari penggunaan jaringan internet di rumah.

Pada umumnya di sebuah rumah menggunakan satu wireless router, dan tanpa pengaturan bandwidth. Akibatnya, mungkin saja timbul beberapa kendala ketika mereka menggunakan Internet secara bersamaan, seperti:

1. Terjadi lag ketika bermain game online
2. Butuh waktu lama untuk download email
3. Buffering Youtube menjadi sangat lambat
4. Koneksi kerap terputus saat melakukan video/voice call

Fitur Pro QoS pada Asus WRT, user interface baru yang tersedia pada router Asus, adalah solusi mudah dan efektif untuk mengatur bandwidth Internet. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

1.   Menentukan prioritas bandwidth upload dan download (kb/s)
2.   Mengatur prioritas untuk beragam aplikasi: tertinggi, tinggi, sedang, rendah dan terendah
3.   Secara fleksibel menyesuaikan bandwidth, sehingga dapat mengoptimalkan bandwidth yang tersedia

Hingga saat ini, Asus telah menawarkan dua model yang mendukung Pro QoS, yaitu RT-N66U dan RT-N16. Selanjutnya akan hadir pula model lainnya pada semester kedua tahun 2012, yakni; Kinerja terbaik: RT-N56U, RT-N53, dan DSL-N55U dan jaringan yang lengkap: RT-N15U, DSL-N12U. Dengan demikian, pengguna bisa memilih model yang paling sesuai dengan pilihan dan kebutuhan penggunaan mereka.

Qtel Grup Sambut Ramadhan dengan Berbagai Kegiatan Sosial

Posted:


Doha, CHIP.co.id - Grup Qtel, perusahaan komunikasi internasional yang beroperasi di Asia dan Timur Tengah, bersama dengan masyarakat di masing-masing negara menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan menyelenggarakan berbagai  kegiatan kepedulian sosial selama bulan suci ini.

Grup Qtel  saat ini melayani  hampir 84 juta pelanggan di seluruh dunia, menghadirkan berbagai program Ramadhan yang paling komprehensif. Masing-masing operator anggota grup menghadirkan berbagai program yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal di tiap negara, dengan tetap mempertahankan benang merah kepedulian kepada komunitas dan masyarakat, serta upaya pengentasan kemiskinan.

"Ramadhan adalah momen spesial bagi Grup Qtel dan momen besar bagi kami untuk hadir melalui berbagai program khusus yang berbeda dengan kegiatan kepedualian masyarakat yang biasa kami lakukan selama ini,” disampaikan Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al-Thani, Chairman Qtel Group.

Program Qtel - Qatar adalah Kampanye Alkhair (kebaikan) yang dilaksanakan melalui berbagai kunjungan ke sejumlah rumah sakit, donasi dan proyek besar memperbaiki rumah masyarakat kurang mampu di berbagai  negara, dengan merekrut para sukarelawan dari berbagai negara tersebut.

Qtel Qatar juga menekankan pentingnya komunikasi dan silaturahmi kepada sesama, melalui program tarif spesial Mobile Internet yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat menghubungi orang-orang terkasih mereka, terhubung dengan sanak saudara serta kerabat mereka.

Di Palestina, Wataniya, memilih kegiatan inspiratif yang menggabungkan antara sponsorship, penggalangan dana sekaligus penghematan biaya promosi. Kegiatan inspiratif ini meliputi kerjasama dengan LSM yang mengurusi anak-anak cacat, memberikan makanan berbuka puasa di berbagai tempat termasuk di titik lampu lalu lintas (khususnya tempat-tempat dimana orang-orang yang berpuasa masih dalam perjalanan menuju rumah namun telah tiba waktu berbuka), serta berbagai program strategis bersama Pemerintah di Ramallah dan dan Nablus.

Di Kuwait melalui operator Wataniya, menyediakan lebih dari 500 paket buka puasa yang didistribusikan setiap hari kepada mereka yang membutuhkan, dan dalam rangka meningkatkan ibadah dan keimanan, perusahaan juga membantu memproduksi CD Quran oleh Ulama yang sangat dihormati yaitu Sheikh Fahad Al-Kanderi.

Sementara itu, Asiacell di Iraq, mengisi Bulan Suci ini untuk melaksanakan kampanye membantu keluarga miskin di Baghdad, Kirkuk, Najaf, Karbala dan Erbil.

Nawras di Oman, Ramadhan menjadi tradisi untuk perayaan dan sekaligus melaksanakan kegiatan CSR,  termasuk kegiatan karyawan dalam rangka 8 Tahun Perjalanan Perusahaan. Inisiatif ini telah menyentuh ratusan ribu jiwa, dan kegiatan kunjungan tim relawan puasa ke berbagai organisasi amal di 13 kota dan desa di seluruh Kesultanan selama 10 hari, termasuk Omani Wanita Asosiasi, dan Al Noor Asosiasi untuk orang buta.

Qtel Grup juga mendukung kegiatan Ramadhan di luar Timur Tengah dan Afrika Utara dengan memahami kebutuhan khusus masyarakat di wilayah Asia.

Di Indonesia,untuk mendukung kegiatan mudik masyarakat Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringannya menghadapi kenaikan trafik telekomunikasi, meningkatkan kapasitas layanan suara hingga sekitar 924 juta menit per hari - meningkat 140% dibandingkan trafik reguler hari biasa. Kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,4 miliar per hari (meningkat 60%), dan layanan data sampai 120 terabyte per hari (meningkat hampir 200%).

Didukung oleh peningkatan kapasitas jaringan, Indosat menawarkan pelanggan layanan gartis bicara, SMS dan Internet selama tiga hari tiga malam setelah melakukan isi ulang. Inovasi lain selama Ramadhan adalah program Berkah Info Senyum,  donasi yang dapat dilakukan pelanggan dengan menukar Poin Senyum menjadi sumbangan yang akan disalurkan untuk membantu kegiatan kemanusiaan di seluruh Indonesia, serta layanan VAS Ramadhan VAS yang berisi content terkait dengan tema di Bulan Suci. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan Dompet Dhuafa. Juga pelaksanaan  kegiatan dengan berbuka bersama dan donasi bagi sejumlah yayasan yatim piatu.

"Tidak peduli di mana Grup Qtel berada di dunia, kami bertekad untuk merayakan kebersamaan dan meningkatkan nilai kehidupan. Ramadhan adalah kesempatan yang sangat khusus dan kami bangga untuk membawa semangat inklusif untuk setiap negara dan masyarakat dimana bisnis kami beroperasi," tambah Yang Mulia Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al-Thani.

ASUS dan ASROCK Motherboard Terbaik Agustus 2012

Posted:

CHIP.co.id - Futuremark, sebuah lembaga riset yang biasanya mengetes benchmarks PC mulai dari 3DMark, PCMark, Peacekeeper dan Powermark, meluncurkan hasil riset mereka tentang Motherboard Terbaik di Bulan Agustus 2012.

Dalam hasil riset tersebut, disebutkan bahwa motherboard ASUS dan ASROCK menempati posisi tertinggi dalam daftar Motherboard Terbaik di Bulan Agustus 2012.

HTC Umumkan Perangkat Windows Phone 8 Bulan Depan?

Posted:


CHIP.co.id - HTC dikabarkan akan mengikuti jejak Nokia dengan meluncurkan smartphone berbasis Windows Phone 8 bulan depan. Situs Cina, WPDang melaporkan bahwa HTC akan mengumumkan perangkat Windows Phone 8 baru di sebuah acara pada minggu ketiga bulan September mendatang.

Microsoft diharapkan dapat menyelesaikan software Windows Phone 8 ini pada bulan September, dan perangkat akan siap digunakan pada bulan November nanti. Namun, adanya kabar acara-acara di bulan September ini menunjukkan bahwa perangkat berbasis Windows Phone 8 mungkin bisa muncul lebih awal dari yang dijadwalkan.

Sebelumnya Nokia diisukan sedang mempersiapkan dua Lumia Windows Phone 8 pada 5 September mendatang. Sementara HTC diperkirakan menjadikan Zenith sebagai perangkat utama dengan layar Super LCD 2 berukuran 4,7 inci, kamera 8MP dan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon.

Jika isu ini benar, mungkin hal ini mencerminkan keinginan Microsoft untuk mengungkap perangkat generasi berikutnya sebelum acara peluncuran iPhone 5 oleh Apple yang kabarnya dihelat 12 September nanti.

Selain Zenith, HTC berencana mengeluarkan “Rio” yang dilengkapi layar WVGA 4 inci, HSPA 14,4 Mbps, dan kamera 5MP dengan video berkemampuan 720p. Prosespr Rio hanya 512 MB. Di atas Rio, ada lagi “Accord” dengan layar Super LCD 2 4,3 inci 720p, kamera 8MP dan kemampuan merekam video 1080p, HSPA+ 42Mbps, NFC support, dan RAM 1GB.

Jelajahi 400 Ribu Galaksi via Peta Digital Alam Semesta

Posted:


CHIP.co.id - Sloan Digital Sky Survey (SDSS) merilis peta alam semesta terbesar yang pernah ada dalam format digital 3D, yang dipotret oleh teleskop dengan lensa berdiameter 2,5 meter di Apache Point Observatory, New Mexico. Terdiri-dari sekitar 400.000 galaksi, peta tersebut mencakup galaksi yang telah ada sejak alam semesta berumur separuh dari usianya saat ini.

Video di web SDSS juga menyediakan pemandangan sebagian besar alam semesta. Ini adalah yang pertama dari tiga peta seluruh galaksi yang ingin dibuat SDSS-III Baryon Oscillation Spectroscopic Survey (BOSS).

Ketika selesai, proyek ini akan berhasil mengukur lokasi dari 1,5 juta galaksi. Jika perjalanan visual tidak cukup memuaskan rasa lapar Anda terhadap semua hal yang berhubungan dengan Astrologi, informasi lebih lanjut dari rilis data survei terbaru bisa dilihat di situs SDSS-III.

Permainan Google Doodles: Soccer

Posted:

CHIP.co.id -  Google Doodles hari ini (10/8), Google Doodles: Soccer, merupakan sekuel permainan interaktif edisi Olimpiade London 2012 yang keempat melanjutkan edisi-edisi sebelumnya yaitu Hurdles (Lari Gawang), Basketball dan Slalom Canoe.

Dalam Google Doodles: Soccer, anda akan berperan sebagai penjaga gawang sepakbola. Cara bermainnya cukup mudah, anda hanya perlu menekan tombol kanan dan kiri untuk bergerak dan tombol spasi untuk melompat. Cobalah untuk menahan bola sebanyak mungkin. Permainan ini dapat anda nikmati di www.google.com hari ini (10/8) atau di www.google.com/doodles/soccer-2012. Selamat mencoba dan kalahkan rekor CHIP hari ini.

Gigabyte Luncurkan Dua Notebook Andalannya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di Planet Hollywood, Jakarta, Gigabyte meluncurkan 2 buah notebook andalannya,Ultrabook U2442 V dan Notebook Gaming P2542G, Kamis (9/8). Kedua notebook ini telah ditanamkan teknologi GPU NVIDIA GeForce yang berbasis NVIDIA Kepler.

"Indonesia adalah negara pertama yang menjadi tempat peluncuran Gigabyte Notebook ini," ujar Vincent Liu, Special Assistant GM Director - Product Division Gigabyte.

Ultrabook U2442V

Ultrabook keluaran Gigabyte ini memiliki desain yang diklaim modis dan sangat ringkas untuk dibawa ke mana-mana dengan ketebalan 18,5 - 21 mm dan berbobot 1,59 kg. Selain itu, U2442V juga telah memikiki fitur berperforma tinggi yang biasanya ditemukan di notebook besar.

Dipersenjatai dengan prosesor Inter Core i5 Generasi ke-3, U2442V dapat menyuguhkan performa luar biasa. Prosesor ini juga diklaim memiliki tegangan standar. U2442V memiliki desain dua ventilasi udara. Dua ventilasi ini terbagi untuk GPU dan CPU, sehingga diklaim efisien dalam membuang udara panas.

U2442V menggunakan backlight pada keyboardnya, sehingga memudahkan saat mengetik di tempat bercahaya redup. Untuk segi konektivitas, U2442V telah dilengkapi USB 3.0, Bluetooth 4.0, hingga Wi-Fi 2T2R dengan antena ganda.

(Ki-Ka) Notebook Gaming P2542G dan Ultrabook U2442V

Notebook Gaming P2542G

Notebook ini merupakan notebook gaming yang memiliki ukuran layar 15,6 inci. P2541G memiliki desain yang diklaim menyerupai desain mobil sport premium.

P2542G dikemas dengan prosesor Intel Core i7 Quad-Core generasi ke-3 dan GPU NVIDIA GeForce GTX 660M yang berarsitektur Kepler. Perpaduan ini diklaim dapat menghadirkan multitasking yang ekstrem dan game yang bergrafis terbaik. Saat dilakukan pengujian dengan 3DMark Vintage, skor yang didapatlkan sejumlah 12.194.

Selain semua teknologi di atas, P2542G juga dilengkapi dengan Blu-Ray ODD dan memiliki layar berukuran FullHD 1920 x 1080. Untuk sound, notebook ini menggunakan teknologi THX TruStudio Pro.

Ketersediaan

Kedua notebook ini belum tersedia di pasaran, dan diperkirakan akan tersedia paling lambat akhir bulan Agustus ini. Apabila tertarik dengan Ultrabook U2442V, Anda harus merogoh kocek sekitar USD 999 - 1.299. Sedangkan Notebook Gaming P2542G, Anda harus merogoh kocek lebih dalam sekitar USD 1.399 - 1.599.

40 Persen Merek Top Dunia Eksis di Instagram

Posted:


CHIP.co.id – Sebuah kajian yang dilakukan oleh Simply Measured, perusahaan penganalisis media sosial menunjukkan bahwa 40 persen merek dagang paling terkenal di dunia (Interbrand 100) ada di Instagram. Kajian mengenai bagaimana merek-merek tersebut digunakan di Instagram dirilis bersamaan dengan peluncuran Instagram analytics tool.
 
Hasil penelitian ini cukup menakjubkan karena instagram masih relatif muda sebagai jejaring sosial, dan sampai saat ini baru tersedia secara terbatas di smartphone berplatform Android dan iOS.
 
Walaupun angka ini belum mendekati angka Facebook (98%), maupun Twitter (94%) tetapi Simply Measured memfokuskan pada fakta bahwa pada awal 2011 Instagram memiliki 15 juta pengguna dan sekarang telah memiliki 80 juta pengguna. Instagram, yang dikeluarkan pada Oktober 2010, berharap bahwa mereka dapat memiliki 100 juta pengguna pada September mendatang, sedangkan Facebook harus melewati empat tahun untuk mendapatkan pengguna sebanyak itu, dan Twitter pun harus menempuh lima tahun.
 
“Pertumbuhan yang pesat ini telah menawarkan peluang pemasaran yang besar dan merek-merek dagang terkenal telah menaruh perhatian secara serius mengenai hal ini,” ujar CEO Simply Measured, Adam Schoenfeld.


MTV tercatat sebagai merek dagang nomor 1 di Instagram dengan 813.201 pengguna, diikuti oleh Starbucks dengan 758.146 pengguna. Merek top lainnya termasuk Burberry, Nike, GE, dan Gucci.  McDonalds, yang merupakan penghuni nomor 6 di daftar Interbrand, hanya bisa berada di urutan ke-10 dalam. Sementara Coca-cola, nomor 1 dalam urutan Interbrand, tidak masuk dalam daftar 10 besar.
 
Mayoritas merek top di Instagram menggunakan akun mereka secara aktif. Sebanyak 25 persen di antaranya memposting sedikitnya 1 foto per minggu. Adapun pengguna paling aktif adalah Tiffany & Co., Audi, Hermes, Gucci, Mercedes-Benz, BMW, dan Armani. 

 

(Ric)

 

 

Langgar Privasi, Google Setuju Bayar Denda Rp213 Miliar

Posted:


CHIP.co.id - Google telah setuju untuk membayar denda sebesar USD22,5 juta atau sekitar Rp213 miliar untuk menyelesaikan tuntutan privasi oleh komisi perdagangan federal Amerika Serikat (FTC) bahwa raksasa pencarian itu telah mengabaikan pengaturan pengguna browser Safari milik Apple.

Ini merupakan denda pelanggaran terbesar untuk suatu perusahaan yang pernah dikumpulkan FTC. Sebelumnya, Google telah melanggar perjanjian privasi dengan FTC pada  awal tahun ini, ketika mengubah pengaturan privasi Safari. Google mengaku menghindari pengaturan privasi dalam Safari, sebuah langkah yang memungkinkan pengiklan melacak pengguna dengan cara yang tidak diinginkan.

"Rekor denda terhadap pelanggaran pengaturan browser dalam masalah ini mengirimkan pesan yang jelas kepada semua perusahaan di bawah perintah privasi FTC,”ucap Jon Leibowitz, Ketua FTC bidang Perjanjian. "Tidak peduli seberapa besar atau kecil, semua perusahaan harus mematuhi perintah FTC dan menjaga privasi yang mereka janjikan kepada konsumen, atau mereka akan membayar berkali-kali lipat dari biaya jika mereka patuh sejak awal."

Dalam pernyataannya kemarin (9/8), FTC mengatakan bahwa denda adalah “obat yang tepat”, seraya menambahkan bahwa penyelesaian ini adalah demi kepentingan publik.

Google mengambil keuntungan dari jaringan iklannya DoubleClick untuk menyimpan cookie yang mampu melacak aktivitas pengguna dan menampilkan iklan terarah di berbagai situs, yang kemudian menyebabkan kasus mencuat.
 
Meskipun Google harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, perusahaan tersebut memiliki lebih dari cukup uang untuk membayar denda ini. Laporan kuartal terakhir pada 30 Juni, Google menghasilkan keuntungan sebesar USD2,8 miliar dari pendapatan sebesar USD12,2 miliar. Saham Google diperdagangkan naik USD 1,02 menjadi USD643,25 per lembar, menyusul berita mengenai denda FTC. 

(Au)

Samsung Dikritik karena Diduga Eksploitasi Pekerja Anak

Posted:


CHIP.co.id - Pabrik HEG Electronics, dimana DVD player dan ponsel Samsung dirakit, penuh dengan pelanggaran hak-hak buruh, Badan engawas Tenaga Kerja di Cina pun direpotkan.

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari Cnet, pabrik HEG Electronics di Huizhou, China, diduga mempekerjakan anak di bawah usia 16 tahun dan memaksa karyawan pabrik bekerja dengan jam kerja yang panjang.

"Perusahaan telah jelas melanggar undang-undang tenaga kerja Cina," ungkap pihak Badan Pengawas Tenaga Kerja China.

Menurut laporan Badan Pengawas Tenaga Kerja China dari seorang penyidik yang menyamar bekerja di HEG, pekerja anak adalah hal yang lazim di pabrik tersebut, dan anak-anak menghadapi kondisi berat yang sama dengan orang dewasa, tapi diupah kurang. Semua 2.000 karyawan diduga diwajibkan untuk bekerja antara 11 sampai 13 jam per hari dan hanya diberi istirahat 40 menit untuk makan. Selain itu, laporan daftar makanan pekerja dan kondisi asrama digambarkan sebagai kondisi yang mengerikan.

Samsung sendiri sudah menanggapi masalah ini dengan mengirimkan tim investigasi ke lapangan.

"Samsung Electronics telah melakukan dua inspeksi di dua tempat terpisah, terhadap kondisi kerja HEG tahun ini, tetapi mereka tidak menemukan penyimpangan pada inspeksi itu," ungkap seorang juru bicara Samsung dengan CNET. "Sebuah tim pemeriksa yang terdiri dari personil kantor pusat Samsung Korea dikirim ke Huizhou, Cina pada tanggal 9 Agustus (hari ini) dan akan segera melakukan penyelidikan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki masalah yang mungkin muncul.

Samsung Electronics merupakan perusahaan yang memiliki standar tertinggi pada kondisi kerja, dan kami mencoba untuk mempertahankan fasilitas kami dan fasilitas dari mitra perusahaan di seluruh dunia," jelasnya lagi.

Laporan Badan Pengawas Tenaga Kerja China terhadap tindakan HEG muncul setelah laporan serupa yang terjadi pada produsen iPad dan iPhone Apple, Foxconn. Pengawas menuduh Foxconn memiliki standar perburuhan yang sangat buruk, beberapa pekerja bunuh diri.

(Au)

Ubah Android Anda Jadi Game Konsol dengan GameKlip

Posted:


CHIP.co.id - Layar sentuh yang ada di smartphone Android memang ampuh untuk beberapa game. Namun, saat memainkan game seperti Pro Evolution Soccer dan Grand Theft Auto tentu saja menjadi lebih rumit.

Atas alasan tersebut, diciptakanlah GameKlip. Sebuah alat untuk menyangga smartphone Android Anda, sehingga dapat dimainkan dengan sebuah Sony Dualshock 3 (stik PS3).

Sebelumnya, Anda harus mengunduh aplikasi Sixaxis Compatible Checker terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah smartphone Anda dapat terhubung dengan Sony Dualshock 3 via jaringan nirkabel. Namun, Anda harus melakukan root terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Tetapi, apabila smartphone Anda ternyata tidak kompatibel, ada solusi dengan menggunakan GameKlip versi kabel.

Microsoft Buka Pendaftaran Build 2012 Developer Conference

Posted:

CHIP.co.id - Seperti yang dijanjikan, Microsoft membuka pendaftaran untuk BUILD 2012 pada 8 Agustus kemarin. Acara developer Microsoft akan diselenggarakan di kampus Redmond, kantor pusat Microsoft pada tanggal 30 Oktober tahun ini.

Pendaftaran awal untuk 500 orang  pertama dikenakan biaya sebesar USD1.595, dengan full price sebesar USD2.095, dan sedikit ruang untuk para akademisi seharga USD995. Microsoft mengatakan mereka akan fokus pada Windows 8 di BUILD 2012 bersamaan dengan Windows Azure, Windows Phone 8, Windows Server 2012, dan Visual Studio 2012.

Bersamaan dengan proses pendaftaran, Microsoft juga mengungkapkan brand Windows Phone 8. Seperti yang diharapkan, dan dicurigai selama Windows Phone Summit pada bulan Juni lalu, Microsoft menggunakan logo bergaya Metro seperti yang dibuat untuk Windows 8. Banyak yang mengharapkan Microsoft menjelaskan tentang hasil akhir software development tools untuk Windows Phone 8 di BUILD 2012. Software Development Kit yang bocor baru-baru ini mengungkapkan sejumlah fitur dalam sistem operasi mobile terbaru Microsoft.

Sampai berita ini ditulis,  pendaftaran awal BUILD 2012 sudah penuh terisi hanya dalam waktu sejam setelah dibuka. Belum ada agenda yang dipublikasikan dalam situs BUILD 2012 seperti halnya acara serupa tahun lalu.

 

Menurut situs Build 2012, selain membahas Windows 8, teknisi Microsoft yang akan menangani acara tersebut juga akan berbagi informasi tentang Windows Phone 8, Windows Azure, Xbox, Kantor 365, Bing, Visual Studio 2012, dan Internet Explorer. Tapi Windows 8 diperkirakan akan menjadi bintang dari acara Build 2012.

Situs Build 2012 menyebutkan bahwa fokus terbesar acara adalah "Bagaimana merancang dan membangun aplikasi Windows 8 yang indah. Cara menjual aplikasi Anda di Windows 8 Store dan menghasilkan uang."

Ada sekitar 450 aplikasi Windows 8 di Windows Store pada saat ini.

(Au)

Facebook Gelar Kompetisi di Jakarta 13 September

Posted:


CHIP.co.id – Facebook akan menggelar Facebook Developer World HACK 2012, acara yang mengundang para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi di Facebook dan memenangkan tiket perjalanan ke San Fransisco.

Acara ini berlangsung sejak Agustus sampai September di beberapa kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta pada 13 September mendatang pda pukul 09.00-21.00 dengan tiket seharga Rp236.375

Acara dimulai di tanggal 23 Agustus di Austin, Texas, menyusul kemudian Vancouver, Canada. Di Amerika Selatan dan Tengah, acara berlangsung di Mexico City, Buenos Aires, Argentina, dan São Paulo, Brazil, sepanjang bulan Agustus.

Selain itu, World Hack 2012 juga digelar di Berlin, Barcelona, Warsawa, and Moscow. Adapun di Asia, selain Jakarta, acara dihelat di Taipei, dan Bangalore, India. Pengembang yang hadir dalam World Hack 2012 memiliki kesempatan bertemu dengan petinggi Facebook dan mendapatkan pembekalan di bidang social gaming, Open Graph, dan mobile apps. Demo dan contoh kode juga akan tersedia, termasuk bantuan langsung dari insinyur Facebook selama acara yang berlangsung 8 jam.

Dalam tiap acara, peserta individual atau tim akan diminta mengembangkan aplikasi di Facebook Open Graph, aplikasi terbaik akan mendapatkan hadiah utama tiket ke kantor Facebook di San Fransisco.

“Acara World HACK dirancang untuk membawa cerita developer Facebook ke sejumlah kota baru –yang menjadi rumah komunitas developer paling dinamis dan berkembang pesat,” kata Facebook developer advocate James Pearce dalam blog resmi Facebook.

“Tahun ini, untk mengakui bahwa komunitas pengembang berbakat yang kami temui di seluruh dunia, tim terbaik yang kami lihat di tiap benua juga akan memenangkan perjalanan ke San Fransisco untuk mengunjungi kantor pusat kami dan tim Facebook.”

Selain untuk developer yang sudah memiliki aplikasi di Facebook, acara ini juga terbuka untuk umum yang tertarik membuat aplikasi di Facebook.

Berminat mendaftar? silakan kunjungi alamat berikut ini.

Vidinterest, Berbagi Konten Video Layaknya Pinterest

Posted:


CHIP.co.id - Vidinterest merupakan sebuah web yang kurang lebih memiliki fungsi  sama dengan Pinterest. Bedanya, Vidinterest hanya dapat berbagi konten video.

Vidinterest diciptakan oleh Surfmandu, sebuah perusahaan TI yang berbasis di Nepal. Dengan Vidinterest, Anda dapat membagikan konten video yang Anda sukai. Namun, terbatas hanya yang bersumber di YouTube, Vimeo, dan Dailymotion.

Saat ini Vidinterest masih dalam tahap beta. Meskipun begitu, Anda telah dapat mencoba layanan berbagi video ini di laman web www.vidinterest.com.

Android Masih Menguasai Pasar Smartphone di Kuartal Kedua 2012

Posted:


Chip.co.id - Setelah berkuasa atas pesaing OS smartphone lainnya di kuartal pertama 2012, Andoid makin menunjukkan dominasi mereka di pasar smartphone dengan menguasai pasar pada kuartal kedua ini. Sementara iOS berada di posisi ke-2, dan diikuti oleh Blackberry dan Symbian di tempat ke-3, dan ke-4. Windows Phone sedang naik daun, tapi baru menguasai 3,5 persen saja.

Data yang dikeluarkan oleh IDC (International Data Corporation) ini tidak beda jauh dengan data yang telah dikeluarkan oleh Canalys Analysts. Menurut IDC, Android menguasai pasar dengan penjualan yang mencapai 68,1% dan iOS hanya mendapatkan 16,9% saja, sementara menurut Canalys, Android menguasai 68.1 persen dan iOS 16,4 persen.

Penjualan Android di kuartal ke-2 pada 2012 hampir sama dengan penjualan seluruh smartphone pada kuartal 2, 2011. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan Android dibandingkan dengan kuartal 2 tahun lalu mencapai 110,4%. Sementara iOS hanya bertumbuh sebesar 28,0%

Fakta yang menarik di sini adalah bahwa Samsung menyumbangkan penjualan mencapai 44% terhadap Android, dan hal ini mengukuhkan Samsung sebagai pabrikan smartphone terbesar.

(Ric)

Pacu Adrenalin Anda dengan Bermain Top Gun: Hard Lock

Posted:

CHIP.co.id - Judulnya mungkin akan mengingatkan Anda pada film tahun 80-an yang dibintangi oleh Tom Cruise. Game Top Gun: Hard Lock ini memang diadaptasi dari film tersebut. Hal menarik lainnya, sejumlah pesawat tempur yang terdapat di dalam game ini sesuai dengan bentuk sebenarnya.

Namun, Anda tidak berperan sebagai Maverick, aktor utama dalam film Top Gun tersebut. Dengan latar belakang kondisi saat ini, Anda akan berperan sebagai Spider, seorang pilot terbaik lulusan dari sekolah Angkatan Laut yang disebut "Top Gun".  Anda akan ditemani beberapa penerbang pesawat tempur yang andal sehingga saat melakukan pertempuran di udara (dogfight) dengan musuh terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendengarkan percakapan pilot lainnya saat di udara yang acap kali terdengar konyol layaknya di film Top Gun.

Anda akan memulai beberapa misi pertempuran di udara, mulai dari sekadar patroli, melakukan pengintaian, menghancurkan sejumlah objek sasaran, hingga mempertahankan sejumlah objek vital tertentu. Saat bertempur, Anda akan berhadapan dengan banyak musuh. Pesawat-pesawat tempur Destroyer, Cruiser, hingga SAM Radar akan siap menjatuhkan Anda dari berbagai arah.

Misi yang Anda emban sangat bervariasi dan kerap multitasking. Contohnya, ketika Anda harus menjatuhkan pesawat lawan, saat itu pula Anda harus melindungi pasukan yang ada di darat. Game ini juga sangat menguras adrenalin karena Anda harus menyelesaikan semua misi yang terbilang panjang. Ketika Anda tertembak oleh musuh dan jatuh, Anda pun tidak perlu khawatir karena game ini menyediakan sejumlah checkpoint sehingga Anda tidak perlu mengulang kembali misi yang sedang dijalankan.

 Anda akan diminta untuk menerbangkan pesawat F14 Tomcat, F15, F16, F22 Raptor, hingga F35 Lightning. Lawan yang Anda hadapi akan mengendalikan berbagai pesawat tempur jenis lainnya, seperti Mig-23, Mig-35, Sukhoi Su-27, hingga Su-35. Gameplay game ini menyerupai Ace Combat atau Tom Clancy’s Hawx yang memiliki model Arcade atau Flight Action. Dalam pertempuran, Anda akan dilengkapi peluru dan misil yang tidak terbatas. Dengan begitu, Anda bisa bebas menembak untuk menjatuhkan lawan tanpa takut kekurangan peluru.

Yang perlu diperhatikan adalah jeda waktu reload sesudah menembakan sebuah misil karena mesin penembak akan cepat panas jika digunakan secara terus menerus. Namun, Anda bisa memilih beberapa set misil yang dapat dibawa terbang, seperti long range, short range, dan bomb. Jika pesawat rusak, pesawat pun akan kembali normal dalam waktu tertentu. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa ditembak jatuh.

Dengan AI, Anda pun tidak akan merasakan sulitnya landing. Anda cukup mengarahkan pesawat ke depan landasan dan selanjutnya akan diambil alih oleh AI. Satu-satunya yang terlihat real adalah ketika pesawat meledak menabrak gedung atau jatuh ke daratan.

Feature menarik lainnya dalam game ini adalah Hard Lock. Feature ini memungkinkan Anda mengunci pesawat lawan dan Anda bisa fokus untuk membidiknya tanpa harus takut menabrak atau jatuh ke daratan. Saat pesawat lawan sudah terkunci, terdapat sejumlah Quick Time Event (QTE), yaitu tingkat kecepatan Anda untuk bereaksi atau menekan tombol tertentu sesuai dengan yang muncul di layar.

Makin baik dan cepat respon yang Anda lakukan, jarak penguncian akan menjadi semakin dekat dan lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengunci dan menembakkan misil ke arah lawan. Namun, jika Anda salah ketika melakukan QTE, posisi lawan justru akan mengejar dari belakang dan siap untuk mengunci pesawat Anda. Untuk membalikkan keadaan, Anda harus menunggu QTE berikutnya sambil bertahan dan menghindar dari kuncian lawan. QTE ini juga akan muncul ketika Anda diincar oleh misil lawan. Di QTE akan terdapat pilihan, seperti menghindar atau membuang Flare.

Game ini menyediakan Mode Campaign dan Mode Dangerzone yang akan memberikan tantangan lebih karena Anda harus bertahan dari ancaman serangan musuh dalam jumlah masif. Menariknya, Anda dapat memilih pesawat yang ingin Anda terbangkan, misil yang perlu dibawa, hingga mewarnai badan pesawat. Untuk meng-unlock pesawat, membawa misil yang diinginkan, dan mewarnainya, Anda harus menyelesaikan sejumlah misi pada Mode Campaign atau Dangerzone. Dengan begitu, ketika bermain dalam format multiplayer, perlengkapan tempur Anda sudah komplit.

Pada multiplayer, Anda bisa bermain secara co-op ataupun versus. Pada modus co-op, Anda dapat bermain hingga empat orang untuk menyelesaikan beberapa misi yang tersedia. Sementara pada modus versus, Anda bisa bermain hingga 16 orang dengan dua mode pilihan, yaitu mode Deathmatch atau Team Deathmatch.

Spesifikasi Minimum

  • OS: Windows XP SP3, Windows Vista, atau Windows 7
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo @2.0Ghz, AMD Athlon 64 X2 4200+ atau yang setara
  • Memori: 2 GB
  • HDD: 8 GB
  • VGA: NVIDIA GeForce 8800 GT 512 MB atau ATI Radeon HD 3870

Tidak ada komentar:

Posting Komentar