Selasa, 14 Agustus 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Preorder iPhone 5 dimulai 12 September?

Posted:


CHIP.co.id – Apple dikabarkan sudah mulai membuka preorder iPhone 5 di Amerika Serikat pada saat peluncuran 12 September mendatang. Sedangkan pemesanan internasional kemungkinan akan dimulai 5 Oktober mendatang.

Pemimpin redaksi iMore, Rene Ritchie memberitakan, pengiriman sejak preorder iPhone harus sampai di tangan pelanggan sekitar sembilan hari kemudian. Diharapkan pelanggan di AS dan daerah lain akan dapat membeli perangkat ini mulai 21 September.

Dalam beberapa tahun terakhir, acara peluncuran iPhone dan pre-order  tidak selalu terjadi pada saat yang sama, tahun lalu Apple memperkenalkan iPhone 4S pada tanggal 4 Oktober 2011, dan pre-order tersedia hari Jumat berikutnya pada 7 Oktober. Tahun 2010 lalu, pembeli antusias harus menunggu lebih dari seminggu untuk pre-order iPhone 4.

Ritchie mengatakan, informasi mengenai preorder tersebut datang dari sumber mereka yang sebelumnya telah memberikan informasi akurat tentang tanggal peluncuran iPhone. Sampai saat ini rumor tersebut belum bisa terkonfirmasi, termasuk juga isu peluncuran iPad Mini, dock connector baru untuk perangkat iOS seperti iPod Touch, iPod Nano atau iPhone baru.

Samsung Series 7 Gamer Yellow 3D

Posted:


CHIP.co.id - Samsung baru saja meluncurkan varian notebook teranyarnya, Samsung Series 7 Gamer 3D yang hadir khusus bagi para gamer sejati.

Dibalut warna kuning yang menyegarkan, notebook 17.3 inci hadir dengan kelengkapan tampilan layar 3D 1920 x 1080 LED dan kartu grafis dari AMD Radeon HD 7870M.

Untuk menghadirkan fungsi gaming terbaik, Samsung menyematkan prosesor Intel paling anyar, yakni quad-core Ivy Bridge Core i7 yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan SSD plus 128GB, serta HDD sebesar 1TB.

Sayangnya, notebook khusus gaming yang dibanderol harga รข‚© 2.990 (USD 2.648) hanya akan dipasarkan di sekitaran negara Korea saja. Pasalnya, menurut juru bicara Samsung yang dikutip dari CNET, mereka belum berencana akan memasarkan produk tersebut di Amerika Serikat.

5 Aplikasi Windows Phone Pilihan CHIP untuk Mudik

Posted:


CHIP.co.id - Musim mudik telah tiba! Kegiatan yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama sanak saudara di kampung halaman ini, telah menjadi ritual tahunan di Indonesia. Para pemudik banyak yang melakukan perjalanan mudik menggunakan jalur darat (mobil atau motor pribadi, bus, kereta), jalur laut, maupun jalur udara.

Untuk menemani perjalanan mudik Anda, CHIP.co.id telah menyiapkan beberapa aplikasi khusus platform Windows Phone. Simak dalam artikel berikut ini.

1. Doa Harian

  • Developer: Bright Future Studio
  • Harga: Free
  • Size: < 1 MB
  • Required: Windows Phone 7 ke atas
  • Unduh di sini

Aplikasi ini menyediakan beberapa doa yang umum diucapkan oleh kaum Muslim dalam kesehariannya. Bagi Anda para pemudik tentu ada saatnya lupa dengan beberapa doa tertentu seperti doa sebelum naik kendaraan, doa saat perjalanan, dan sebagainya.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan mereka yang belum hafal atau lupa akan doa-doa tersebut.

2. Archer

  • Developer: Lucky Games
  • Harga: Free
  • Size: 18 MB
  • Required: Windows Phone 7 ke atas
  • Unduh di sini

Untuk menghilangkan rasa jenuh saat dalam perjalanan mudik, tak ada salahnya bila Anda memainkan game ini. Archer memberikan Anda sensasi layaknya seorang atlet pemanah di Olimpiade London 2012 lalu.

Terdapat beberapa mode permainan, yaitu Single Mode, VS Mode, dan Training Mode. Tiap mode memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Namun di Training Mode, Andahanya dituntut untuk berlatih untuk meningkatkan keahlian memanah Anda dalam permainan ini.

3. Effect Suite

  • Developer: Twist Mobile
  • Harga: Free
  • Size: 1 MB
  • Required: Windows Phone 7.5 ke atas
  • Unduh di sini

Effect Suite merupakan sebuah aplikasi pengolah foto layaknya Instagram yang terkenal di platform Android dan iOS. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengubah foto Anda dengan berbagai filter yang telah disediakan.

Setelah melakukan olah foto, Anda dapat menyimpannya di dalam gallery. Selain itu, Anda juga dapat membagikan hasil olah foto Anda melalui email dan Facebook.

4. Jadwal Shalat

  • Developer: Bright Future Studio
  • Harga: Free
  • Size: 1 MB
  • Required: Windows Phone 7.5 ke atas
  • Unduh di sini

Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan jadwal shalat bagi Anda para pemudik. Aplikasi ini berguna bagi Anda yang dalam perjalanan dan tidak melihat adanya masjid di sekeliling Anda.

Jadwal Shalat juga di-update secara online secara otomatis. Hal ini dilakukan untuk menjamin waktu yang tertulis akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

5. CompassDigital

  • Developer: KarthuKoti
  • Harga: Free
  • Size: < 1 MB
  • Required: Windows Phone 7.5 ke atas
  • Unduh di sini

Tentu ada saatnya (bagi pemudik yang menggunakan mobil atau motor pribadi) Anda tersesat atau bingung untuk menentukan arah. Aplikasi ini dapat membantu Anda. Layaknya sebuah kompas sungguhan, aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menentukan arah mata angin.

Sebelum digunakan, aplikasi ini akan melakukan kalibrasi terlebih dahulu agar arah mata angin yang muncul akurat.

Update Informasi Status Kehamilan Anda di Facebook

Posted:


CHIP.co.id - Facebook kembali memperbaharui halaman informasi untuk penggunanya. Setelah beberapa waktu yang lalu Facebook menambahkan fitur informasi untuk pengguna yang memiliki status perkawinan sesama jenis, kali ini Facebook meluncurkan timeline baru yang memungkinkan pengguna berbagi perasaan mereka yang sedang menantikan kehadiran seorang bayi.

Kehamilan adalah hal yang paling membahagiakan bagi seluruh pasangan di dunia. Maka dari itu, pengumuman status menanti kehadiran bayi ini ditambahkan Facebook karena mereka melihat banyaknya news feed pengguna yang menantikan bayi.

Selain update informasi pengguna yang menantikan bayi, Facebook juga menyematkan keterangan lainnya; yakni tanggal sang bayi akan lahir dan juga jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. 

Facebook berharap, dengan adanya informasi tersebut pengguna sosial media mereka dapat berbagi informasi bahagia tersebut dengan para kerabat terdekat.

PANDI Rilis Domain biz.id dan my.id

Posted:

Andi Budimansyah (tengah) saat memberikan penjelasan kepada media

Jakarta, CHIP.co.id - Selain memperkenalkan 12 registrar domain .id, PANDI juga mengumumkan dua domain baru, yakni biz.id dan my.id.

Domain biz.id ditujukan untuk perusahaan berskala mikro, kecil, dan menengah. Kemudian untuk my.id, PANDI lebih menyasar pengguna personal. Untuk pendaftarannya, domain biz.id hanya membutuhkan persyaratan KTP dan NPWP saja. Untuk domain my.id, bahkan lebih mudah lagi, hanya membutuhkan KTP saja.

Pra-registrasi dua domain tersebut akan dilakukan oleh PANDI selama bulan September 2012, dan baru pada 1 Oktober 2012, publik dapat mendaftarkan domain ini langsung ke pihak registrar.

"Masa pra-registrasi ini ditujukan untuk pemilik merek yang terdaftar di Indonesia dan perusahaan pemilik domain .co.id," ujar Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah.

PANDI Perkenalkan 12 Registrar Domain .id

Posted:

Pengurus PANDI bersama 12 Registrar Domain .id

Jakarta, CHIP.co.id - Indonesia merupakan negara pengguna internet tertinggi ke-8 di dunia, nomor 4 di Asia, serta nomor 1 di ASEAN, dengan total 55 juta pengguna dari sekitar 245 juta penduduknya. Mirisnya, pengguna domain .id di Indonesia baru mencapai 87.000-an saja. Kalah dari Singapura dengan 141.000-an pengguna domain .sg, dan Malaysia dengan 200.000-an pengguna domain .my.

"Target kami, pada akhir tahun ini diharapkan akan segera mengungguli Singapura. Dan pada tahun depan akan mengungguli Malaysia," ujar Sigit Widodo, Ketua PANDI.

Untuk meningkatkan penggunaan domain .id, PANDI segera memulai tahap akhir perubahan sistem pengelolaan nama domain .id dari Single Point Registry System (SPRS), menjadi Shared Registry System (SRS). Bertempat di fCone, fX, Jakarta, PANDI memperkenalkan 12 registrar (perusahaan pendaftaran domain). Ke-12 registrar tersebut yaitu:

  1. Rumahweb - Yogyakarta
  2. IDwebhost (Jogjacamp Indonesia) - Yogyakarta
  3. Core Mediatech - Jakarta
  4. Jetcom Netindo - Jakarta
  5. Jasnita Registri Indonesia - Jakarta
  6. Melsa (PT Melvar Lintasusa) - Bandung
  7. Jatis Mobile - Jakarta
  8. CBN - Jakarta
  9. Garuda Internet - Jakarta
  10. Gemilang Antara - Jakarta
  11. Radnet - Jakarta
  12. IM2 - Jakarta

Sigit Widodo, Ketua PANDI

Jadwal penerapan SRS

Pada 24 September mendatang, ke-12 registrar tersebut akan mulai beroperasi, dan hingga tanggal 28 September, PANDI tetap beroperasi sebagai back-up. Dan pada 29 September nanti, PANDI tidak lagi menerima pendaftaran domain, selain go.id dan mil.id.

"Domain go.id dan mil.id adalah milik pemerintah, seharusnya PANDI hanya membantu secara teknis dan administratif saja," ujar Andi Budimansyah, Ketua Umum PANDI.

PANDI juga telah menetapkan 3 bulan masa transisi. Masa transisi ini terhitung mulai tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2012. Selama masa transisi tersebut, PANDI hanya bertugas untuk:

  • PANDI tidak melayani pendaftaran domain baru.
  • PANDI masih menerima renewal domain-domain terdaftar.
  • Registrant dan reseller melakukan migrasi dari PANDI ke registrar.

#HashOut, Talk Show di Media Sosial Pertama dari Yahoo!

Posted:


CHIP.co.id – Yahoo! membuat terobosan baru dengan membuat talk show di media sosial bertajuk #HashOut, menampilan sejumlah nama besar seperti mantan istri Arnold Schwarzenegger yang juga jurnalis, Maria Shriver, profesor Princeton Anne-Marie Slaughter, co-creator “Lost” Damon Lindelof, dan banyak lagi.

Yahoo! menganggap acara tersebut sebagai “cara baru untuk membicarakan berita,” dan mengatakan bahwa #HashOut juga “talk show pertama yang diadakan di media sosial.”

Selain tokoh yang disebutkan di atas, tamu lain yang berpartisipasi dalam acara ini atau #hashout panel, termasuk penulis terkenal Gary Shteyngart, pendiri Jezebel Anna Holmes, dan komedian Baratunde Thurston.

Perusahaan e-commerce dan video streaming, seperti Netflix, Amazon, dan Hulu, juga sudah menjajaki pembuatan konten mereka sendiri selama setahun terakhir, hingga membuat persaingan dengan TV kabel tradisional kian memanas. Ada juga rumor bahwa Twitter sedang mempersiapkan acara reality show di TV.

Untuk #HashOut, Yahoo! mengundang pemirsa potensial untuk log in ke dalam e-mail mereka ketika acara tersebut berlangsung. Belum jelas kapan acara itu akan mengudara, tapi berita lebih jelasnya diduga akan menyusul kemudian.

Aplikasi Android Pilihan untuk Mudik

Posted:

CHIP.co.id – Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jutaan orang akan mudik ke kampung halaman mereka di seantero Nusantara. Bagi Anda yang menempuh jalur darat, terutama kendaraan pribadi dan kendaraan umum siap-siaplah menghadapi kepadatan, bahkan kemacetan lalu lintas.

Agar tidak jenuh selama perjalanan berjam-jam atau untuk membantu memberikan informasi selama perjalanan, tak ada salahnya Anda mengunduh beberapa aplikasi di gadget kesayangan. Jika bingung menentukan pilihan, berikut beberapa aplikasi pilihan CHIP bagi pengguna platform Android.
 
1. Jadwal KA (Indonesia)


• Developer: Gulajava Ministudio
• Harga: Free
• Size: 3.4 Mb
• Requirement: Android 2.1 and up

Aplikasi untuk membantu Anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kereta api. Dalam aplikasi ini Anda dapat melihat jadwal kereta api non-KRL untuk kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, dan Wisata dari stasiun awal keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir. Selain itu, Anda dapat melihat harga tiket atau tarif sesuai dengan kelas kereta api yang dipilih. Anda juga dapat memesan tiket kereta api via Call Center PT KAI karena aplikasi JadwalKA dapat melakukan panggilan langsung ke nomor Call Center PT KAI.
 
2. Indonesian Road Sign Test 


• Developer: Globe Otter
• Harga: Free
• Size: 652 kb
• Requirement: Android 2.0 and up

Kalau Anda pengemudi baru, permainan ini juga cocok untuk mempersiapkan pengemudi tentang arti rambu-rambu lalu lintas sebelum berpergian jauh, seperti mudik atau hanya bersilaturahmi mengunjungi sanak keluarga saat lebaran. Permainan ini akan membantu Anda mengerti rambu-rambu lalu lintas di Indonesia.
 
3. TMC Polda Metro


• Developer: TMC Polda Metro
• Harga: Free
• Size: 704 kb
• Requirement: Android 2.1 and up

Aplikasi resmi dari Pusat Manajemen Lalu Lintas Ditlantas Polda Metro Jaya Indonesia ini sangat memudahkan Anda dalam perjalanan mudik. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain, informasi Pos Polisi untuk mengetahui rute lokasi Anda menuju Pos Polisi. Melihat kejadian Penting (Kecelakaan, Demonstrasi, Kebakaran, dan lain-lain), informasi peta, akses live tweet dari TMC Polda Metro, melihat rekaman CCTV dari Korlantas Polri, dan rekaman CCTV Jasa Marga yang dapat menampilkan keadaan arus jalan Tol. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan Call TMC, Mail TMC, untuk melaporkan (keadaaan lalu lintas) apa pun melalui modul Lapor Kejadian pada Menu Utama.
 
Untuk CCTV Jasa Marga, dapat Anda akses rekaman tol Belmera, Cipularang, Dalam Kota Jakarta, Jagorawi, Jakarta - Cikampek, Jakarta - Tangerang, Lingkar Luar Jakarta, Padalarang - Cileunyi, Palimanan - Kanci, Prof.Dr.Ir Sedyatmo, Semarang, Surabaya - Gempol, dan Surabaya – Madura.
 
4. Daily Roads Voyager


• Developer: DailyRoads
• Harga: Free
• Size: 1.0 Mb
• Requirement: Android 2.1 and up
 
Anda sangat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan Anda saat mudik ke kampung halaman? Melalui aplikasi ini Anda dapat menyimpan memori perjalanan Anda dalam file video. Upload perjalanan Anda! DailyRoads Voyager akan terus merekam video dan meng-capture foto selama perjalanan Anda. Aplikasi ini secara otomatis mencatat segalanya, tapi hanya untuk peristiwa-peristiwa penting untuk disimpan. Anda bisa memilih apa yang harus tersimpan, cukup dengan menyentuh layar, bahkan saat Anda mengemudi.

Mempertahankan video pada kejutan mendadak (misalnya kecelakaan), dikonfigurasi sensitivitas g-force. Secara otomatis juga dapat menentukan alamat jalan dan lokasi saat video / foto yang di capture, serta dapat menampilkan lokasi video / foto pada peta. Pilihan pengaturan brightness dapat mengurangi gangguan saat Anda berkendara mudik di malam hari.
 
5. Azan, Kiblat-MuslimDaily (lite)


• Developer: the WALI Studio
• Harga: Free
• Size: 1.1 Mb
• Requirement: Android 2.1 and up

Dengan aplikasi ini akan membantu perjalanan panjang Anda dalam menentukan jadwal waktu salat berdasarkan koordinat disertai Suara azan dan arah kiblat. Cocok untuk Anda yang sedang dalam perjalanan jauh. Aplikasi ini menggunakan GPS untuk menentukan lokasi kiblat dan jadwal sholat.

 

(Au)

Google PHK 20 Persen Pegawai Motorola

Posted:


CHIP.co.id – Hanya beberapa bulan sesudah diakuisisi Google senilai USD12,4 miliar, Motorola Mobility mulai melakukan restrukturisasi dengan memangkas 20 persen pegawainya. The New York Times melaporkan, lebih sepertiga dari 4.000 pegawai yang diberhentikan akan terjadi di Amerika Serikat dan sepertiga dari 94 kantor Motorola akan ditutup.

Sejauh ini Google belum menjelaskan secara spesifik tentang rencana mereka terhadap Motorola ke depan. Namun, yang jelas dengan akuisisi fantastis tersebut Google kini menguasai ribuan hak paten termasuk paten aplikasi yang dimiliki Motorola.

Sempat beredar spekulasi bahwa Google akan membubarkan perusahaan tersebut dan menjual beberapa bagiannya, khususnya set-top box division yang menyediakan hardware untuk penyedia kabel nasional.

Google mengungkapkan bulan lalu bahwa mereka membayar cukup mahal untuk memperoleh beberapa paten dan teknologi Motorola Mobility. Paten tersebut akan mampu memperkokoh Android, sistem operasi mobile milik Google. Kepada Securities and Exchange Commission, Google melaporkan bahwa nilai terbesar dari pembelian Motorola Mobility atau USD5,5 miliar digunakan untuk membeli paten dan teknologi maju.

CEO Motorola Mobility, Dennis Woodside kepada The Times mengatakan, dengan restrukturisasi ini perusahaannya ingin konsentrasi mengembangkan lebih sedikit ponsel bukannya banyak. Motorola ingin kembali memperkuat citranya dengan hal-hal seperti voice recognition yang bisa memastikan siapa yang berada dalam ruangan, kamera yang lebih baik, dan baterai yang lebih tahan lama.

Memahami Cloud Computing

Posted:

CHIP.co.id - Cloud Computing menjadi sebuah solusi layanan yang saat ini sudah banyak digunakan oleh sejumlah orang atau perusahaan. Apa itu Cloud Computing? Bersama CloudIndonesiA, CHIP memaparkannya dalam artikel berikut ini.

Cloud Computing? Banyak dari Anda yang sudah sering mendengar­ isitilah tersebut. Jika belum, Anda mungkin pernah dengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, “Komputasi Awan”. Ada banyak tulisan untuk menjelaskan Cloud Computing, namun banyak dari penjelasan tersebut yang bersifat teknis sehingga sebagian orang sulit untuk memahami Cloud Computing.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai Cloud Computing, analogi yang bisa digunakan Anda lihat adalah layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk bisa menikmati listrik di rumah, Anda tidak perlu mendirikan infrastruktur berupa pembangkit listrik sendiri bukan? Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ke PLN untuk berlangganan.

Selanjutnya, untuk memakai layanan listrik tersebut, Anda selaku pelanggan tidak perlu pusing untuk memikirkan cara PLN memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda. Yang terpenting, lis­trik menyala untuk kebutuhan sehari-hari dan setiap bulannya Anda harus membayar sesuai pemakaian. Untuk itu, pelanggan tidak perlu mengetahui secara detail cara PLN melakukan perawatan infrastruktur dan sejumlah alat-alat pendukung lainnya.

Nah, analogi dari layanan listrik yang diberikan oleh PLN adalah gambaran dari layanan Cloud Computing. NIST (National Institute of Standards and Technology - www.nist.gov) yang merupakan salah satu bagian dari Departemen Perdagangan di Amerika Serikat mendefinisikan Cloud Computing sebagai model yang memungkinkan kenyamanan, akses jaringan on-demand untuk memanfaatkan bersama suatu sumber daya komputasi yang terkonfigurasi (jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan), dan dapat secara cepat diberikan dengan upaya manajemen yang minimal atau interaksi penyedia layanan. NIST juga menjelaskan bahwa ada lima karakteristik sehingga sebuah sistem  bisa disebut sebagai Cloud Computing, yaitu Resource Pooling, Broad Network Access, Measured Service, Rapid Elasticity, dan Self Service

Resource Pooling: Sumber daya komputasi (storage, CPU, memory, network bandwidth, dan sebagainya) yang dikumpulkan oleh penyedia layanan (service provider) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (service consumers) dengan model multi-tenant. Sumber daya komputasi ini bisa berupa sumber daya fisik ataupun virtual dan juga bisa dipakai secara dinamis oleh para pelanggan untuk mencukupi kebutuhannya.

Broad Network Access: Kapabilitas layanan dari cloud provider tersedia lewat jaringan dan bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, workstation, dan sebagainya.

Measured Service: Tersedia layanan untuk optimalisasi dan memonitor layanan secara otomatis. Dengan monitoring sistem, Anda bisa melihat jumlah resources komputasi yang telah dipakai, seperti bandwidth , storage, processing, jumlah pengguna aktif, dan sebagainya. Layanan monitoring ini merupakan bentuk transparansi antara penyedia layanan dengan konsumen.

Rapid Elasticity: Kapabilitas layanan yang diberikan oleh provider bisa digunakan oleh konsumen secara dinamis berdasarkan kebutuhan. Konsumen dapat dengan mudah meminta kapasitas layanan untuk dinaikkan atau diturunkan. Bagi konsumen, kapasitas layanan yang disediakan ini seolah tidak terbatas dan konsumen dapat memilih kapasitas yang diinginkan setiap saat.

Self Service: Konsumen bisa mengonfigurasi secara mandiri layanan yang ingin dipakai melalui sebuah sistem tanpa interaksi dengan pihak penyedia layanan. Untuk itu, konfigurasi layanan yang dipilih harus tersedia saat itu juga secara otomatis.
Untuk itulah, kelima karakteristik Cloud Computing yang disebutkan oleh NIST harus ada di dalam penyedia layanan (service provider) jika ingin sistem yang dikembangkannya disebut sebagai layanan Cloud Computing.

Layanan Cloud Computing
Setelah dijabarkan mengenai lima karakteristik yang terdapat di dalam sistem layanan Cloud Computing, NIST juga membagi jenis layanan Cloud Computing menjadi tiga. Ketiga layanan Cloud Computing tersebut adalah Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS).  

Software as a Service (SaaS): Melalui layanan jenis ini, pengguna dapat menggunakan software yang telah disediakan oleh penyedia layanan (service provider). Oleh karena itu, pelanggan hanya perlu mengetahui bahwa software yang digunakan bisa berjalan dengan baik dan optimal. Contoh layanan SaaS adalah Office 365, GMail, Yahoo! Mail, Facebook, Twitter, dan sebagainya.
Keuntungan jika menggunakan layanan ini adalah Anda tidak perlu membeli lisensi software lagi. Untuk itu, Anda bisa berlangganan ke penyedia layanan dan membayarnya berdasarkan pada pemakaian.

Platform as a Service (PaaS): Layanan yang memungkinkan pengguna bisa menyewa “rumah” berikut lingkungannya (sistem operasi, network, database engine, framework, dan sebagainya) untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Oleh karena itu, pelanggan tidak perlu repot untuk menyiapkan “rumah” dan melakukan pemeliharaan yang sudah menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Contoh layanan PaaS adalah Heroku, Amazon Web Service, Windows Azure, dan GoogleApp Engine

Keuntungan dari PaaS, pengembang atau pengguna dapat fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu repot memikirkan “rumah” untuk aplikasi yang dikembangkan.

Infrastructure as a Service (IaaS): Layanan Cloud Computing yang memungkinkan pengguna menyewa infrastruktur IT penyedia layanan (unit komputasi, storage, memori, network, dan sebagainya). Untuk lebih mudahnya, layanan IaaS ini dianalogikan seperti Anda menyewa komputer yang masih kosong. Untuk itu, Anda sendiri yang harus mengonfigurasi komputer tersebut sesuai de-ngan kebutuhan. Contoh layanan IaaS adalah Amazon EC2, Rackspace Cloud, Windows Azure, dan sebagainya.

Keuntungan dari IaaS adalah Anda dapat dengan leluasa me­ngon­figurasi komputer virtual yang disewa. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut mengalami kelebihan beban, Anda bisa menambahkan CPU, RAM, atau Storage dengan segera.

Deployment Model Cloud Computing

Menurut NIST, ada empat deployment model Cloud Computing, yaitu Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud, dan Community Cloud.

Public Cloud: Layanan Cloud Computing yang disediakan untuk masyarakat umum. Pengguna bisa langsung mendaftar ataupun memakai layanan yang ada.

Private Cloud: Layanan ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan internal sebuah perusahaan. Biasanya, departemen TI berperan sebagai penyedia layanan dan departemen lain menjadi pengguna. Di sini,  penyedia layanan harus bertanggung jawab sesuai de-ngan standar kualitas layanan yang telah ditentukan, baik infrastruktur, platform, maupun aplikasi yang ada.

Hybrid Cloud: Gabungan dari Public Cloud dan Private Cloud yang diimplementasikan oleh suatu perusahaan. Dalam Hybrid Cloud ini, Anda bisa memilih proses bisnis yang bisa dipindahkan ke Public Cloud dan proses bisnis yang harus tetap berjalan di Private Cloud.

Community Cloud: Layanan yang dibangun eksklusif untuk komunitas tertentu dan penggunanya berasal dari organisasi yang mempunyai perhatian yang sama, misalnya standar keamanan, aturan, compliance, dan sebagainya. Community Cloud bisa dimiliki, dipelihara, dan dioperasikan oleh satu pihak atau lebih dari komunitas tersebut, pihak ketiga, ataupun kombinasi dari keduanya.                              

 

 

**Alex Budiyanto

Founder CloudIndonesiA

EA dan Microsoft Sepakat Membuat Game Bersama

Posted:


CHIP.co.id - Pembuat video game kelas kakap, Electronic Arts (EA) baru saja menyepakati perbincangan dengan Mirosoft untuk sementara waktu beristirahat membuat game untuk konsol.

Rupaya, semakin banyak penikmat game yang beralih dari game konsol ke game smartphone atau tablet, membuat dua raksasa di bidang teknologi tersebut untuk beristirahat membuat game konsol.

Tetapi, kegiatan istirahat tersebut tidak digunakan sia-sia oleh EA ataupun Microsoft untuk berpangku tangan. Ternyata, mereka telah sepakat untuk memperkerjakan lebih dari 200 orang di situs layanan pelanggan di Galway untuk berbondong-bondong mengajak penikmat game untuk beralih menikmati game EA di ponsel Microsoft.

Microsoft yang sedang gencar-gencarnya memperkenalkan platform terbaru mereka, Windows 8 di pasar dunia, tidak ingin para pencinta game terlalu fokus bermain game di Apple atau Google produk, dan beralih ke Windows Phone.

Di lansir dari Bloomberg, Peter Moore selaku CEO EA berbicara di sebuah konferensi Gamescom di Cologne, Jerman, yang mengatakan bahwa EA dan Microsoft sedang mengembangkan game membuat simulator "SimCity" dan beberapa judul game terlaris EA untuk dipasarkan di Windows Phone.

Jam Tangan G-SHOCK Edisi Spesial Ulang Tahun ke-30

Posted:


CHIP.co.id - Merayakan ulang tahun ke-30 yang jatuh di bulan April 2013, G-SHOCK merek jam terkemuka besutan Casio, mengumumkan peluncuran jam tangan teranyarnya yang berdesain spesial ulang tahun berwarna merah.

Jam tangan yang berdesain khas G-SHOCK ini dibalut dalam kemasan berwarna merah dan juga perpaduan emas yang membuat penampilannya lebih menawan. Dengan warna merah yang terinspirasi dari cerahnya matahari terbit tersebut, Casio mencoba memberikan penggunanya kecerahan hari-hari mereka apabila menggunakan jam tangan ini.

Desain yang di remake ulang dari seri DW 5000 yang diluncurkan pada tahun 1983 ini, selain menyuguhkan desain menawan, juga memaksimalkan ketangguhan jam tangan yang tidak mudah rusak dan tahan banting.

Karena terlahir dari konsep yang sangat spesial, Eric Haze selaku graphic designer kelas dunia turut berkontribusi mencerahkan jam tangan G-SHOCK terbaru dengan logo spesial 30 tahun G-SHOCK di dalam packaging yang elegan.

Sayangnya, Casio belum mengumumkan harga pasaran dalam waktu dekat. Untuk mengetahui detail lebih lanjut, simak selalu ulasan CHIP.co.id selanjutnya.

Nikon COOLPIX L610, Compact Kamera dengan Zoom Lens Luar Biasa

Posted:


CHIP.co.id - Nikon baru saja meluncurkan keluarga terbaru COOLPIX, yakni Nikon COOLPIX L610.

Kamera digital yang berharga terjangkau ini telah dilengkapi oleh Nikon zoom lens mengesankan dan telah dilengkapi dengan 14x optical Zoom-NIKKOR ED glass lens dan Easy Auto Mode yang akan membantu Anda memaksimalkan penangkapan foto menakjubkan serta video berkualitas Full HD (1080p).

Nikon New COOLPIX L610 juga menawarkan kinerja fleksibel dari fitur precise autofocus system, layar LCD monitor sebesar 3 inci yang mampu menampilkan layar terang dengan reproduksi warna yang nyata.

Kelengkapan 14x optical Zoom-NIKKOR ED glass lens pada kamera ini juga memungkinkan pengguna untuk memotret objek dengan sudut lebar 25 mm hingga 350 mm. Dengan fitur ini, maka tidak dapat dipungkiri, maka semua jarak objek yang jauh akan menjadi seuper dekat apabila Anda memotret menggunakan Nikon New COOLPIX L610.

Untuk ketersediannya, Nikon New COOLPIX L610 akan mulai berada di pasar pada bulan September 2012 dan harga eceran yang disarankan mulai dari US$249,95. Nikon akan memasarkan pilihan warna menawan Nikon New COOLPIX L610, yakni merah, hitam dan silver.

Smartphone Quad Core LG Optimus 4X HD

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id – Setelah HTC One X dan Samsung Galaxy S III dirilis, kini giliran LG Mobile yang merilis smartphone Android dengan prosesor QuadCore. Inilah LG Optimus 4X, yang merupakan penerus Optimus 2X. Meski bukan yang pertama memasuki dunia QuadCore (Optimus 2X merupakan smartphone dualcore pertama saat itu), tidak berarti Optimus 4X HD bisa diremehkan.

Membawa embel-embel HD, ponsel ini menggunakan layar IPS True HD dengan resolusi 1280x720 piksel (720p). Prosesornya NVIDIA Tegra 3 dengan clock 1.5GHz, prosesor penerus Tegra 2 di Optimus 2X.

Di dalamnya, tertanam memori RAM sebesar 1GB yang bersebelahan dengan memory storagenya sebesar 16GB.

Optimus 4X HD bisa dibilang memiliki desain yang terinspirasi dari LG Prada 3.0. Terlihat dari tampak muka yang full glossy seperti kebanyakan smartphone dan tampak belakang yang terbuat dari plastik dengan tekstur seperti kulit (bergerigi) yang tidak memiliki pola alias acak seperti pada Prada.

Untuk port pada LG Optimus 4X HD hanya ada port micro USB dan port jack audio 3.5mm.

LG Optimus 4X menggunakan kamera 8MP dengan zero lag shutter, serta perekam video full HD 1080p.

·        Operating System Android 4.0 Ice Cream Sandwich

·        Processor Quad Core 1.5 GHz Tegra 3

·        Screen 4.7 inchi HD + Gorilla Glass

·        Internal memory 16GB

·        Baterry 2140mAh

AXIS Kenalkan Fitur Voice Morphing

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pernahkah membayangkan bagaimana bunyi suara Anda apabila menjadi orang lain? AXIS baru saja memperkenalkan peluncuran fitur voice morphing. Fitur baru ini memungkinkan pelanggan AXIS untuk mengubah suara asli mereka dengan menggunakan efek digital.

Hanya dengan Rp1.100 per menit dari panggilannya, pelanggan dapat mengubah suara asli mereka menjadi suara pria atau chipmunk selama 40 detik pertama panggilan mereka. Voice morphing dapat digunakan di semua jenis ponsel.

Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan mengatakan, “Selalu menyenangkan mendengarkan suara lucu seseorang. Di awal peluncurannya, fitur voice morphing tersedia dengan suara pria dan suara chipmunk. Nantinya, akan diikuti dengan serangkaian versi baru untuk dicoba semua pelanggan. Keseruan ini bisa dinikmati dengan mudah, dengan menggunakan fitur voice morphing.”

Daniel melanjutkan, “AXIS adalah operator GSM pertama yang menghadirkan fitur voice morphing di Indonesia. Ini merupakan bagian dari inovasi AXIS untuk memberikan nilai lebih dari sebuah layanan komunikasi seluler, tak hanya layanan dasar seperti menelepon, SMS, dan data namun juga hiburan – bagi semua orang di Indonesia.”

Di awal peluncurannya, voice morphing hanya dapat digunakan apabila menelepon ke sesama pelanggan AXIS. Untuk mengaktifkan fitur voice morphing sangat mudah. Para pelanggan cukup menambahkan nomor kode sesuai pilihan suara pengganti sebelum nomor tujuan, dan langsung dapat menggunakan layanan ini.

Contoh:

  • Dial 1212 untuk merubah suara asli menjadi suara pria
  • Dial 1213 untuk merubah suara asli menjadi suara chipmunk

 

Zakat Semakin Mudah dengan Z-Mobile

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Perkembagan teknologi informasi semakin memudahkan kita dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam membayarkan zakat di bulan Ramadhan ini. Dalam rangka memberikan kemudahan kepada umat Islam dalam membayarkan zakat, Rumah Zakat meluncurkan terobosan baru teknologi zakat yang diberi nama Rumah Zakat (Z-Mobile).

Aplikasi yang kini sudah tersedia untuk para pengguna Blackberry ini memiliki sejumlah fitur seperti kalkulator zakat, fiqh zakat, rekening zakat, dan berita terkini seputar pemberdayaan dana zakat yang dilakukan oleh Rumah Zakat.

“Untuk ke depannya kami akan mengembangkan fitur pembayaran donasi, sehingga melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat membayar Zakat Infak Shadaqah (ZIS), serta dana kemanusiaan lainnya,” ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

Menurut Efendi, sejak diunggah beberapa waktu lalu, sudah lebih dari 10.000 orang mengunduh Z-Mobile melalui blackberry mereka. Hal tersebut menunjukkan jumlah orang yang membutuhkan informasi ZIS serta tempat penyalurannya cukup banyak. “Insya Allah ke depannya aplikasi ini akan bisa diunduh melalui smartphone Android, iPhone, iPad, maupun Windows Phone,” tambahnya.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, lanjut Efendi, maka membayar zakat akan semakin mudah. “Sesuai dengan salah satu slogan kami 'Berbagi itu gampang'. Jadi dengan Z-Mobile masyarakat dapat memanfaatkannya kapan saja di mana saja. Gampangnya, kalau misal bangun tidur ingat mau bayar zakat, bisa langsung bayar di situ,” kata Efendi.

Aplikasi Z-Mobile dikembangkan oleh PT. Dihital Jaya Solusi (Petani Digital). Z-Mobile memudahkan para donatur Rumah Zakat untuk mendapatkan informasi seputar ZIS (Zakat, Infaq, Sadaqah), update kegiatan terbaru Rumah Zakat dalam hal implementasi program-program pemberdayaan, dan melakukan transaksi donasi.

Untuk mengunduh aplikasi Rumah Zakat, silahkan klik link berikut ini : BlackBerry App World.

Mengenal Cloud Computing di CHIP Meet Up v.9

Posted:


CHIP.co.id - Apabila Anda mengikuti gelaran CHIP Meet Up v.9 pada bulan Juli lalu, Anda pasti dapat mengambil beberapa manfaat dari sana. Gelaran CHIP Meet Up yang membahas teknologi komputasi awan (cloud computing) ini mengambil tema "Simplify Your Business Activity".

Hadir dengan menampilkan empat pembicara, yaitu, Alex Budiyanto (Founder CloudIndonesiA), Andreas Kagawa (Country Manager VMWare Indonesia), Gita Surya Rainer (IT Expertise), dan Onno W. Purbo (IT Expertise). Acara ini dihadiri oleh sekitar 120 peserta yang terbagi atas berbagai komunitas dan perusahaan.

(Ki-Ka) Alex Budiyanto dan Andreas Kagawa

Acara ini diawali oleh Alex Budiyanto. Ia membagi pengalamannya di dunia komputasi awan dengan materi yang berjudul "Pengantar Cloud Computing untuk Small Medium Business (SMB)". Alex memberikan saran untuk SMB yang ingin menggunakan cloud computing sebagai kendaraan untuk menuju sukses.

"Saran dari saya yaitu, pelajari SLA dengan seksama, pilih layanan atau produk cloud yang cost effective dan sesuai kebutuhan, sebisa mungkin hindari vendor lock-in, serta bergabunglah dengan komunitas untuk saling sharing pengalaman," ujar Alex. "Anda juga harus mempertimbangkan 2 hal penting, yaitu biaya akses internet yang akan digunakan dan ketergantungan akan internet menjadi lebih besar," tambahnya.

Andreas Kagawa selanjutnya memberikan presentasi yang berjudul "Virtualization and Hybrid Cloud". Dalam presentasinya, Andreas membagi pengalaman bahwa cloud computing membutuhkan virtualization sebagai pendukung meraih kesuksesan.

(Ki-Ka) Gita Surya Rainer dan Onno W. Purbo

Setelah itu, Gita Surya Rainer membedah server dalam presentasi yang berjudul "Bedah Total Server". Ia mengatakan bahwa jangan gunakan sebuah PC sebagai sebuah server. Karena PC tak dirancang untuk dihidupkan selama 24/7.

"Bila menggunakan PC sebagai server, ditakutkan akan terjadi bottle-neck saat pengelolaan data, terjadi pula bottle-neck data jumlah besar pada RAM, panas berlebih pada Hard Disk, dan sebagainya," ujar Gita.

Terakhir, Onno W. Purbo memberikan sebuah petunjuk praktis tentang bagaimana menggunakan cloud computing menggunakan open source. Simak selengkapnya mengenai Cloud Compunting di sini.

 

Timur Tengah Kembali Diserang dengan Virus

Posted:


CHIP.co.id – Para peneliti kembali menemukan operasi spionase komputer yang menggunakan software canggih untuk mengambil banyak data dari ribuan mesin yang sebagian besar berlokasi di Timur Tengah. Kejadian ini mengingatkan orang pada malware Stuxnet yang digunakan untuk merusak reaktor nuklir Natanz, Iran.

Malware baru yang disebut “Gauss” oleh peneliti Kaspersky Lab tersebut berasal dari “pabrik” yang sama yang bertanggungjawab terhadap worm Stuxnet, termasuk juga trojan Flame dan Duqu. Flame dan Duqu diduga diduga digunakan sebagai pengintai sebelum operasi sabotase seperti Stuxnet dilakukan.

Sejak ditemukan Juli lalu, Gauss diketahui telah menginfeksi 2.500 komputer yang terhubung dengan Kaspersky's cloud-based security system, dan peneliti Kaspersky mengatakan puluhan ribu mesin lainnya mungkin juga telah teirnfeksi. Konsentrasi tertinggi dari serangan ini ditemukan di Lebanon, diikuti Israel dan Palestina. Sedangkan Stuxnet sebelumnya menyebar ke hampir 100 ribu komputer, Duqu menginfeksi hanya 50 komputer di sejumlah negara, dan Flame menginfeksi 1.000 sistem di Iran dan negara Timur Tengah lainnya.

"Penemuan Gauss mengindikasikan bahwa mungkin ada banyak malware yang terkait dengan cyber-espionage dalam operai ini,” kata peneliti Kaspersky, Kamis (16/8). “Ketegangan di Timur Tengah saat ini hanya tanda-tanda intensitas cyber-war dan cyber-espionage yang tengah berlangsung.”

Seperti Duqu dan Flame, Gauss sangat modular, dan kodenya mirip dengan Flame. Namun, pembua Gauss gagal menghapus informasi bug sebelum melepaskan malware tersebut, sehingga memungkinkan peneliti mengungkap rincian tentang komputer yang digunakan untuk mengembangkannya.Versi yang dikembangkan pada Desember dan Januari, misalnya, berada di Windows directory c:\documents and settings\flamer\desktop\gauss_white_1, memberikan petunjuk lain Gauss berkaitan erat dengan Flame, yang juga dikenal sebagai Flamer.

Gauss dan Flame juga memiliki command and infrastructure yang sama, code references, dan encryption subroutines. Gauss, yang tampaknya merupakan penghormatan kepada matematikawan dan ilmuwan Jerman Johan Carl Friedrich Gauss, berasal dari nama yang diberikan salah satu pengembang terhadap modul utama. Pengembang tampaknya telah menamai modul lain sesuai nama matematikawan dan filsuf Kurt Godel dan Joseph-Louis Lagrange.

Komponen Gauss yang menginfeksi USB drive mengeksploitasi kerentanan Microsoft Windows yang juga digunakan untuk menyebarkan Stuxnet dan Flame dari komputer ke komputer bahkan ketika mereka tak terhubung ke internet. Microsoft telah memperbaiki bug yang mempengaruhi file dengan ekstensi LNK dua tahun lalu, tapi karena begitu banyak “air-gapped” komputer tidak menerima update software secara reguler. “Inilah yang membuat para korban tetap rentan,” kata Roel Schouwenberg, peneliti senior Kaspersky kepada Arstechnica, Jumat (10/8).

Gauss juga berisi muatan terenkripsi yang sejauh ini belum bisa dipecahkan oleh peneliti Kaspersky. Kode tersebut dimasukkan ke dalam stik USB yang dimasukkan ke dalam mesin yang terinfeksi dan dieksekusi ketika stik USB tersebut terhubung dengan komputer yang tidak terinfeksi kemudian, tapi hanya dalam kondisi yang tidak diketahui. Kaspersky membutuhkan bantuan dari kriptografer kelas dunia untuk memecahkan kode tersebut sehingga mereka bisa mempelajari apa sebenarnya yang dilakukan modul tersebut. Peneliti Kaspersky bisa dihubungi via e-mail di theflame@kaspersky.com

Enksripsi ini bermanfaat untuk menjaga para peneliti dan korban tetap tidak mengetahui apa yang terjadi, tapi bisa juga dirancang untuk mencegah kode Gauss disebarluaskan dan dimodifikasi oleh penyerang penjiplak. “Peluang kode dekripsi ini masuk ke internet sangat, sangat rendah,” kata Schouwenberg. Gauss juga meng-install font kustom yang dikenal sebagai Palida Narrow yang bertujuan agar ia tetap tak dikenali. Peneliti dengan Laboratorium Kriptografi dan Keamanan Sistem,  yang berperan dalam menemukan Stuxnet dan Flame mengatakan, font tersebut mungkin digunakan oleh remote webserver untuk mendeteksi sistem yang terinfeksi.

Temuan lain yang memancing rasa ingin tahu adalah kemampuan Gauss untuk mencuri dan mengawasi data klien Citibank dan PayPal, serta beberapa bank Lebanon.

"Ini pertama kalinya kami mengamati aksi cyber-espionage negara dengan komponen trojan banking,” kata peneliti Kaspersky. “Tidak diketahui apakah operator benar-benar mentransfer dana dari rekening bank korban atau apakah mereka hanya memantau keuangan/dana untuk target tertentu.”

Penargetan sebagian kecil bank menunjukkan para pengembang tidak melengkapi Gauss dengan kemampuan untuk memperoleh keuntungan finansial. “Kami percaya teori bahwa Gauss digunakan untuk mencuri uang yang digunakan untuk membiayai proyek lain seperti Flame dan Stuxnet tidak kompatibel dengan pemikiran bahwa ini adalah serangan yang disponsori negara.” Berikut arsitektur Gauss seperti dirilis Kaspersky Lab

 

Gauss diprogram untuk mengumpulkan rincian teknis tentang koneksi jaringan komputer terinfeksi, proses dan folder, BIOS, CMOS, RAM, drive local, da removable drive. Gauss dikonfigurasi untuk mengunggah data tersebut ke lima server pengendali yang dimatikan bulan lalu sebelum Kaspersky berhasil menginfiltrasinya. Itu artinya Gauss berada dalam status tidak aktif untuk sementara karena mesin yang terinfeksi menunggu server aktif kembali.

Seperti Flame, belum jelas bagaimana korban awalnya diinfeksi Gauss. Belum ada bukti juga Gauss mampu meniru mekanisme update Microsoft Windows, yang menjadi salah satu cara Flame menyebar dari satu mesin ke mesin lainnya dalam local network. 

Lihat juga video bagaimana Stuxnet mensabotase nuklir Iran berikut ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar