Kamis, 29 Maret 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Nirmana Award: Apresiasi Bagi Desainer Muda Indonesia

Posted:


CHIO.co.id - Kompetisi desain Nirmana Award telah dibuka. Ajang apresiasi bagi desainer muda ini bertujuan memantapkan ekosistem dunia kreatif di Indonesia, terutama dengan menggali potensi lokal yang selama ini luput dari perhatian industri. Nirmana Award mengajak desainer muda untuk menunjukkan warna kreasi Indonesia dalam bidang ilustrasi dengan membuat sebuah karya yang mengangkat nilai-nilai lokal sebagai titik awal pembuatan karya. 

Tema Nirmana Award tahun ini adalah “Warna Kreasi Indonesia”. Melalui tema ini, Nirmana Award ingin mengangkat budaya lokal Indonesia melalui karya desainer muda. Budaya lokal yang dimaksud tidak terbatas pada bentuk fisik seperti batik, gamelan, wayang, tetapi juga kebudayaan non-fisik seperti ragam hias, adat, dan tradisi lokal dari segala penjuru Indonesia.

Nirmana Award membuka enam kategori kompetisi yaitu Desain Ilustrasi, Motion Graphic, Desain T-Shirt, Comic Strip, Digital Imaging, dan Tipografi. Duabelas juri telah didaulat untuk memilih karya terbaik desainer muda Indonesia. Setiap kompetisi akan dikawal oleh tiga orang juri yang ahli dibidangnya. Beng Rahardian, “Mice” Misrad, Aditya Yoga, Yasser Rizky, Wahyu Aditya, Bona Soetirto, dan Chris Lie adalah beberapa dari juri yang dipilih Nirmana Award. Elemen penjurian yang penting diketahui oleh peserta adalah aspek originalitas dan craftmanship.

Pendaftaran

Kompetisi ini terbuka untuk desainer muda Indonesia berumur 19 sampai dengan 25 tahun. Entri dibuka mulai tanggal 1 Maret 2012 dan akan ditutup pada 29 April 2012. Seluruh entri pada kompetisi desain Nirmana Award bebas biaya. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu entri karya. Panitia membuka dua jalur pengiriman entri yaitu melalui email dan melalui pos. Pengumuman finalis akan disampaikan pada tanggal 6 Mei 2012 melalui website nirmana award. Finalis akan berkesempatan mengikuti karantina finalis dari tanggal 23 – 26 Mei 2012 di Jakarta. Peserta harus mengikuti seluruh syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia. Syarat dan ketentuan kompetisi dapat dilihat melalui  website resmi Nirmana Award

Finalis yang terpilih akan mendapat kesempatan memamerkan karyanya di fX lifestyle xenter. Pemenang akan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan iMac. Masing-masing kategori akan dipilih lima finalis yang berkesempatan mengikuti workshop kreatif bersama pelaku industri kreatif diantaranya Yoris Sebastian dan Glenn Marsalim.

Selain kompetisi desain, Nirmana Award juga akan menggelar Roadshow sepanjang Februari hingga Maret. Terdapat juga talkhsow, creative gathering, job fair, pameran karya, dan acara puncak Malam Anugerah pada tanggal 26 Mei 2012 di Jakarta. Selengkapnya mengenai rangkaian acara Nirmana Award dapat diperoleh di http://nirmanaaward.com 


Nokia Luncurkan Asha 302

Posted:

 


CHIP.co.id - Nokia hari ini meluncurkan satu keluarga Asha terbaru, Nokia Asha 302. Ponsel QWERTY premium ini memiliki fitur kemampuan push email, kalender, dan kontak yang bisa disinkronisasi dengan Mail for Exchange. Fitur tersebut menjadi yang pertama dimiliki dalam ponsel Series 40. 

Asha 302 memiliki dimensi 115.2 x 58.9 x 13.5 mm dan hadir dalam 3 pilihan warna menawan; Dark Grey, White, dan Plum Red. Berbeda dengan seri Asha terdahulu, Asha 302 kini dilengkapi dengan prosesor 1 GHz dan berkemampuan kecepatan data 3.5 G - HSDPA dan WiFi. Dengan fitur tersebut, Nokia berharap pengguna akan semakin dipermudah dalam berselancar Internet.

"Hari ini kami perkenalkan keluarga baru Nokia Asha 302 yang telah dilengkapi dengan layanan data 3G HSDPA. Jadi, ponsel ini sangat menyenangkan digunakan untuk browsing dan download lagu resmi dari musik Indonesia," ujar Martin Chirotarrab, President Director Nokia Indonesia, saat dijumpai di acara press launch Nokia Asha 302 di The Annex Buiding, Kamis - 29 Maret 202.

Nokia Browser

Dibanderol harga ekonomis Rp 1.150.000, ponsel yang dilengkapi papan ketik QWERTY ini menjanjikan pengalaman Internet yang cepat dan terjangkau lewat layanan Nokia Browser. Nokia Browser adalah browser Internet yang dikembangkan Nokia sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi kompresi data hingga 90%, Nokia Browser menghadirkan pengalaman akses internet lebih cepat. Kelebihan lainnya dari browser ini adalah tampilan yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan pengguna. Nokia Browser juga menjadi portal ke ribuan aplikasi web favorit.

 

Motorola FIRE XT Hadir Awal April

Posted:

 


CHIP.co.id – Motorola Mobility hari ini (29/03) mengumumkan akan memasarkan smartphone Android yang ‘budget-friendly’ untuk pasar Indonesia, Motorola FIRE XT. Smartphone Android 2.3 Gingerbread ini disebut Motorola menggabungkan kombinasi fitur, desain modern, dan kebutuhan social networking untuk penggunanya. FIRE XT akan mulai dipasarkan pada 3 April mendatang.

Motorola FIRE XT mengusung layar sentuh 3,5 inci resolusi HVGA. OS Android 2.3 dalam FIRE XT dijalankan dengan chipset 800 MHz. Motorola juga memasang dua kamera, di depan dan belakang FIRE XT. Kamera belakang FIRE XT beresolusi 5 megapiksel dengan fitur otomasi fokus dan flash terintegrasi. Sementara kamera depannya beresolusi VGA untuk keperluan video call.

Untuk membedakan dirinya dengan kompetitor, Motorola memiliki  antarmuka Moto Switch. Kelebihan antarmuka ini adalah pengguna bisa beralih antar mode umum dengan pekerjaan (work-centric). “Smartphone telah menjadi bagian integral seseorang, karena itu penting bagi smartphone agar bisa memberikan akses hiburan dan fitur praktis yang diinginkan mereka,” terang Robert van Tilburg, Senior Regional Sales Director Motorola South Asia.

Untuk memasarkan FIRE XT, Motorola bekerjasama dengan sejumlah gerai modern. Gerai-gerai tersebut antara lain Erafone, TokoPDA, Carrefour, Lotte Mart, Best Denki dan Electronic City. Harga yang ditawarkan untuk smartphone ini mulai dari Rp 1,399 juta.

video introduction Motorola FIRE XT:

http://www.youtube.com/watch?v=Q40plF9681E

Spesifikasi Motorola FIRE XT:

  • Andorid 2.3 Gingerbread
  • Dual-band HSDPA/Quad-band EDGE
  • Layar HVGA 3,5” dengan layar sentuh kapasitif
  • Kamera 5 MP auto-fokus dan built-in flash
  • Kamera depan VGA
  • Antarmuka Moto Switch
  • Chipset 800 MHz
  • Memori onboard 512 MB
  • Memori eksterbal 2 GB disertakan (ekspansi hingga 32 GB)
  • Akses layanan Google Mobile
  • Radio FM dengan RDS support
  • WiFi b/g/n, WiFi hotspot hingga 5 clients

 


 

IDC: 2016 Android Ungguli Windows

Posted:

 

 

CHIP.co.id - Lembaga survei IDC baru-baru ini mengeluarkan hasil riset terbarunya tentang perolehan pangsa pasar perangkat berkemampuan Internet (smartphone, tablet PC, dan PC). Yang menarik, perangkat Android dengan CPU ARM diprediksi akan mengungguli perangkat Windows pada tahun 2016 nanti.

Jika dibandingkan dengan riset IDC tahun 2011, Windows PC dengan CPU kompatibel x86 memimpin dengan raihan pangsa pasar 35,9%. Sementara Android dengan CPU ARM hanya memperoleh pangsa pasar 29,4%, dan iOS dengan 14,6%. IDC meramalkan dalam lima tahun mendatang situasinya akan berbalik. Popularitas Windows diprediksi akan semakin menyusut. 

Pada tahun 2016 mendatang IDC meramalkan Windows hanya mampu menguasai pasar sebesar 25,1% dan Apple iOS diperkirakan 17,3%. Sementara Android akan terus meraih popularitas dan menguasai pasar dengan share 31,1%. Menurut Tom Mainelli, Research Director Mobile Connected Devices IDC, pertumbuhan Android ini dipicu oleh maraknya perangkat Android dengan harga terjangkau. 

Disebutkan juga oleh IDC, perangkat “connected” (smartphone, tablet, dan PC yang terhubung Internet) akan melampaui jumlah 1,1 milyar pengiriman dalam tahun ini. Sementara pada tahun 2016 nanti,  menurut IDC jumlah perangkat pintar tersebut akan melejit hingga 1,84 milyar. Angka tersebut nyaris dua kali lipat pengiriman di tahun 2011 (1 Milyar).


 

 

Gedebuk Coy! Ajak Game Developer Buka Rahasia Industri Game

Posted:


Bandung, CHIP.co.id – Komunitas Gedebuk lagi-lagi mengajak lebih dari 25 pengembang game di Indonesia dan media untuk berdiskusi mengenai industri game. Acara dengan tajuk Gedebuk Coy! (Game Developer Buka-bukaan Coy!) ini diselenggarakan pada hari Jumat 30 Maret 2012. Di ajang Gedebuk Coy! ini, pengembang game akan ‘buka-bukaan’ membahas berbagai isu hangat yang terjadi di dunia game developer. 

Selain itu, Gedebuk juga mengadakan diskusi panel tentang seberapa pentingnya unsur lokal dalam sebuah game. Diskusi panel ini menghadirkan pembicara seperti Ivan Chen dari Anantarupa Studio, Eko Nugroho dari Kummara, Ricky dari Amulet Studio, Fahmi dari Nusantara Online, dan Frida Dwi dari Agate Jogja. Prediksi trend game yang akan datang juga akan dikupas oleh Wimindra Lee dari Agate Studio dan beberapa perwakilan dari game publisher.

Tak kalah pentingnya, dalam mini conference di Bandung ini, game developer lokal dan perwakilan dari media juga akan berbagi tips & trick bagaimana mempublikasikan game di media. Rencananya yang akan menjadi pembicara diskusi panel adalah Burhan Solihin dari Tempo, Wicak Hidayat dari KompasTekno, Deni Yudiawan dari Pikiran Rakyat dan sebagai moderator ditunjuk Wiku Baskoro dari DailySocial .

Turut berpartisipasi dalam acara ini diantaranya adalah Agate Studio, Agate Jogja, Amulet Studio, Altermyth, Awaken Dreams Studio, Bounty Studio,  Chowdown Games, Dongskar Pedongi, Hompimplay, Joyverter Entertainment, Jotter Production,  Nightspade , Own Games, Soybean, Tinker Games, Toge Productions, Teelos Games Studio, Vostrix Interactive. Mereka berasal dari berbagai kota seperti Bandung, Cimahi, Yogyakarta, Jakarta, Malang hingga Surabaya.

Gedebuk Coy! merupakan wujud kepedulian komunitas Gedebuk dalam memajukan industri game Indonesia. Siapapun dapat bergabung langsung di http://gedebuk.org/.

Mungil dan Praktis dari SanDisk Cruzer Fit CZ33

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - SanDisk kembali meluncurkan USB flashdisk seri Cruzer yaitu SanDisk Cruzer Fit CZ33. Flashdisk terbaru dari SanDisk ini merupakan generasi Cruzer dengan disain dan bentuk terkecil, bahkan memiliki ukuran tidak lebih dari diameter uang logam seratus rupiah.

SanDisk Cruzer Fit CZ33 dengan disain yang mungil, memberikan kemudahan dan hemat tempat, juga tidak mudah tersenggol saat flashdisk ini terpasang pada laptop Anda. Flashdisk berukuran mini ini sangat cocok untuk digunakan pada netbook, laptop, ataupun tablet.

Cruzer Fit CZ33  sudah dilengkapi dengan piranti lunak dari SecureAcces, memberikan keamanan data dan backup online pada usb flashdisk. Piranti Lunak SecureAcces memberikan keamanan dengan enkripsi AES 128-bit yang mendukung untuk sistem operari Windows dan Mac.

Flashdisk SanDisk Cruzer Fit CZ33  tersedia dengan kapasitas 4 GB, 8 GB, 16 GB dan 32 GB, dengan harga mulai dari $8 bergaransi selama 5 tahun. Media penyimpanan terkecil di seri Cruzer ini sudah tersedia sejak awal 2012 melalui PT Astrindo Senayasa, distributor resmi SanDisk di Indonesia.

Harry Potter Hadir dalam bentuk E-Books

Posted:



CHIP.co.id
- Harry Potter setelah hadir dalam versi buku, sejak tahun 1997 dengan buku pertamanya yaitu Harry Potter and the Sorcerer's Stone, kali ini hadir dalam versi E-Books. Tujuh buku karya JK Rowling mengenai dunia penyihir Harry Potter, kini dapat Anda nikmati di perangkat bergerak dalam format digital (27/3).

Harry Potter yang pada awalnya hadir dalam bentuk buku, tercatat telah terjual hingga 450 juta buku di seluruh dunia. Harry Potter, sang tokoh penyihir imajinasi dari JK Rowling, telah hadir pula ke layar lebar hingga 8 film, dan baru pada tahun 2012 ini pada akhirnya hadir dalam format digital.

Peralihan dari format kertas ke digital memakan waktu yang cukup lama, dikarenakan proses JK Rowling dalam mempertahankan hak cipta sebagai sang penulis. Perubahan ke format digital ini juga memerlukan persiapan infrastruktur agara transaksi dilakukan secara online, dan cara pengunduhan yang memudahkan pembacanya.

E-Books Harry Potter telah tersedia melalui situs Pottermore Shop yang dapat diakses juga di Kindle Store dan Google Play. Tiga buku pertama dari Harry Potter dijual dengan harga $7,99 sedangkan empat buku lainnya dengan harga $9,99. Untuk edisi komplit, ditawarkan juga dengan harga $61,65 untuk keseluruhan buku Harry Potter, bahkan tersedia juga dalam versi digital audio dengan harga $266,98.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar