Sabtu, 10 Maret 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Bank OCBC NISP Manfaatkan Kekuatan Virtualisasi VMware

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - VMware, Inc. pada hari ini mengumumkan bahwan PT Bank OCBC NISP Tbk telah memanfaatkan kekuatan virtualisasi VMware untuk membangun infrastruktur data center yang dinamis dan andal untuk menghantarkan berbagai aplikasi bisnis (8/3).

Melalui VMware vSphere, OCBC NISP telah meningkatkan keandalan sistem core banking, berhasil melakukan konsolidasi server fisik untuk mengurangi biaya, dan membantu meringankan tekanan beban kerja pada fasilitas data center.

OCBC NISP telah memasang VMware vSphere pada 144 server fisik yang didistribusikan di 10 casis blade yang terhubung ke storage area network. Aplikasi yang berjalan di atas VMware termasuk sistem front-end aplikasi core banking, intranet, database Microsoft SQL Server, SAP Fixed Assets, Oracle PeopleSoft Human Resources Management System, Oracle Database dan Oracle Applications. Tim TI yang terdiri dari teknisi VMware dan staf TI OCBC NISP membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikan proses migrasi.

"Virtualisasi telah banyak mengubah bagaimana konsumsi sumber daya TI dan penghantaran layanan TI dalam organisasi jasa keuangan," kata Andreas Kagawa, Country Manager, VMware Indonesia."VMware mendapat kehormatan untuk menjadi mitra teknologi strategis OCBC NISP untuk dapat membantu membawa bisnis mereka ke jenjang yang lebih tinggi dalam hal efisiensi dan keandalan TI melalui pemanfaatan model IT-as-a-Service."

"Melalui VMware vSphere, kami mampu mengkonsolidasikan infrastruktur server fisik kami dari 12 rak server menjadi hanya dua," kata Filipus Suwarno, Kepala Divisi TI Bank OCBC NISP. "Kemampuan untuk mengelola infrastruktur virtual dari konsol tunggal juga mengurangi waktu administrasi server kami sebesar 30 persen sehingga staf TI kami bisa fokus pada isu-isu strategis dan menjalankan proyek bisnis."

VMware vSphere membantu infrastruktur virtual memberikan performa yang sama dengan menjalankan SQL Server di atas server fisik, terutama karena setiap mesin virtual dapat diperluas hingga empat CPU virtual dan 256GB RAM.

Setelah server kantor cabang berjalan di atas infrastruktur virtual yang menggantikan mesin fisik, OCBC NISP mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengirim berkas core banking berukuran besar melalui jaringan untuk setiap cabang setiap malamnya, dari rata-rata 3 jam menjadi hanya 30 menit. Kemampuan ini memastikan bank lebih tahan terhadap masalah jaringan dan pemadaman listrik, sekaligus meningkatkan produktivitas dan tingkat kepuasan pelanggan.

Melalui pembagian beban kerja yang merata di data center perusahaan, OCBC NISP juga mampu untuk mendukung seluruh jaringan kantor cabang dari satu lokasi, sesuai kebutuhan. Bank tersebut juga sudah menguji kemampuan pemulihan bencana dan menemukan bahwa jika salah satu datacenter mengalami pemadaman parah, semua sistem bisa dialihkan ke situs lain hanya dalam 30 menit.

ECS Workshop Merakit PC 2012

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Elitegroup Computer System (ECS), perusahaan yang memproduksi motherboad, kartu grafis dan perangkat keras lain, mengundang mahasiswa dan pengguna antusias PC di Indonesia untuk hadir dan bergabung dalam rangkaian kegiatan ECS "Workshop Merakit PC 2012". Kegiatan yang melibatkan beberapa merk industri terkemuka seperti AMD, Chimei, Western Digital, VenomRX dan Roccat, akan diselenggarakan secara roadshow di berbagai kampus di 10 kota di Indonesia (6/3).

Roadshow ECS kali ini mengajak peserta, baik yang mahir dan pemula digabungkan dalam wadah pembelajaran, berbagi dan diskusi bagaimana cara membangun PC secara otodidak dan cara overclocking yang aman. Pada kesempatan yang sama, ECS dan para mitra akan mengungkap beberapa teknologi terbaru yang termasuk dalam ECS "Nonstop Teknologi".

ECS “Workshop Merakit PC 2012” dilaksanakan dalam dua hari yang terdiri dari empat sesi, dimana setiap sesi para peserta akan praktek langsung cara merakit PC dengan motherboard ECS Black Series, instalasi sistem operasi dan troubleshooting. Peserta diharapkan akan memperoleh pengalaman yang berbeda dalam workshop ini dan akan berkempatan memperoleh hadiah berupa motherboard ECS, perangkat gaming dari Roccat dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Roadshow pertama akan dilakukan di Universitas Pancasila pada tanggal 14-15 Maret 2012. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi jejaring sosial Facebook ECS Elitegroup Indonesia atau ECS-Workshop Merakit PC 2012 Road to Jakarta.

Its My Career, I Decide: Temukan Arti Hidup Anda

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Kesaint Blanch Publishing sebagai salah satu divisi dari PT Kesaint Blanch Indah, meluncurkan buku "It`s My Career, I Decide" yang terbagi dalam 2 pilihan bahasa. Buku yang digabungkan berbagai pertanyaan dengan jurnal pribadi pembaca, ditulis oleh Cynthia Wihardja hadir dengan ulasan menarik, informatif, dan tentunya membangkitkan inspirasi kepada pembaca dalam melihat kemajuan karir dan hidup Anda (22/2).

Acara peluncuran buku "It`s My Career, I Decide" di Toko Buku Kinokunia Plaza Senayan, Jakarta dengan durasi singkat selama 1 jam, menghadirkan inspirasi menarik dari Cynthia kepada para pengunjung yang hadir. Cynthia memaparkan ulasan awal dengan menggiring akan hal mengapa setiap orang mau melakukan pekerjaannya, apakah sesuatu hal yang harus dilakukan, hal yang ingin dilakukan, passion pada diri sendiri dalam melakukan pekerjaan, ataupun sebagai panggilan jiwa dalam melakukannya.

Buku ini juga memberikan inspirasi mengenai karir yang Anda lakukan setiap harinya. Karir yang Anda lakukan dengan rotasi hidup seperti komidi putar yaitu bangun tidur, berangkat kerja, pergi tidur, dan begitu seterusnya, membuat sebuah pertanyaan dasar, “Apakah ini cukup?“

Cynthia pada kesempatan yang sama juga menceritakan mengenai karir yang dijalaninya selama bertahun-tahun, membentuk sebuah kepribadian dengan segudang rencana ambisius untuk masa depannya. Ada tiga alasan mengapa Cynthia mau berbagi dan mengajak pembaca untuk menyelami dan menjawab dengan jujur dari buku ini, dimana ia ingin memberi inspirasi kepada Anda akan hal yang dibatasi oleh posisi Anda, memperlihatkan strategi pola pikir, dan untuk berbagi inspirasi dari mentor-mentor terbaik yang selama ini pernah ia temui.



Strategi untuk memajukan diri Anda disajikan oleh Cynthia dalam akronim DEAL yang berisi sbb:

  • Dare - Seberapa beranikah Anda untuk menjadi manusia sukses?
  • Excellent - Supada Anda dapat dipromosikan, Anda harus melakukan pekerjaan dengan hasil yang menakjubkan (excellent), pada bagian aini akan diungkapkan mengenai passion apa yang Anda miliki.
  • Ask - Lakukan dan gali dari kesadaran Anda untuk mengidentifikasi peluang disekitar Anda. Jika sudah melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin, lakukan permintaan akan hasil kerja Anda.
  • Lead - Setelah Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dari yang lain, sudah waktunya Anda menjadi seorang pemimpin, yang memberikan jalan dan dorongan serta inspirasi bagi rekan lainnya, dengan begitu, Anda dapat selalu termotivasi untuk selalu bergerak maju, pun menantang diri Anda sendiri di perusahaan lainnya.

Pertanyaan lain yang cukup menggelitik dari Cynthia mengenai DEAL tersebut, apakah Anda dapat dan mau melakukan DEAL? Jika sudah hingga disisi L (Lead), ulangi ke awal (Dare) sehingga perputaran itu akan terus memotivasi diri Anda sendiri. Cynthia juga mengajak Anda untuk selalu optimis dan mencari apa arti hidup Anda (Find Your Self), ini waktunya Anda bangun dan mencari keberadaan arti hidup Anda.

Akhir kata, buku "It`s My Career, I Decide" tidak hanya untuk melihat dan mendalami karir yang sedang Anda miliki pada saat ini, juga menemukan keberadaan apakah motivasi yang Anda inginkan dalam hidup ini. Sudahkah Anda menemukan jawaban akan apa arti hidup Anda? Temukan jawabannya melalui buku sekaligus jurnal dari It`s "My Career, I Decide" yang sudah berada dipasaran dengan kisaran harga 90 ribu rupiah.

Angry Birds Seasons Cherry Blossom Festival

Posted:



CHIP.co.id - Angry Birds pada bulan Januari 2012 sudah menghadirkan nuansa Imlek dengan Angry Birds Seasons Year of The Dragon dan Komik Angry Birds Year of The Dragon, kali ini dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan, kembali hadir update terbarunya yaitu Angry Birds Seasons Cherry Blossom Festival.

Angry Birds Seasons Cherry Blossom Festival menghadirkan 15 level di awal permainan, memberikan nuansa pink sesuai tema yang dipilihnya, dan CHIP mencoba beberapa level awal yang tidak terlalu sulit ditaklukan.

Angry Birds Seasons ini telah menghadirkan total 187 level untuk seri tahun 2011 yang terbagi menjadi 45 level Trick or Treat; 25 level Season's Greedings; 18 level Hogs And Kisses; 18 level Go Green, Get Lucky; 18 level Easter Eggs; 30 level Summer Pignic; dan 33 level Moon Festival.

Pada seri tahun 2012, telah hadir 30 level Haw'O'Ween; 75 level Wrech The Halls; 15 level Year of The Dragon; dan yang terbaru adalah 15 level Cherry Blossom. Sehingga total pilihan level untuk seri 2012 adalah 145 level. Secara keseluruhan, Angry Birds Seasons telah menghadirkan 332 level yang menantang Anda untuk menaklukan sekumpulan babi hijau.

Untuk Anda yang ingin memainkan seri terbaru dari Angry Birds ini, lakukan update melalui Android Market atapun App Store dan secara otomatis akan menambahkan level Cherry Blossom Festival. Untuk Anda yang belum memilikinya, Anda dapat mengunduhnya pada perangkat iPhone ataupun iPod dengan harga $0,99 atau untuk iPad seharga $1,99, serta untuk perangkat Android, Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma.

Kotak dan Mungil dari Mouse Logitech Cube

Posted:



CHIP.co.id - Pernahkah kalian bertanya mengapa mouse yang ada dipasaran saat ini memiliki bentuk yang terbilang konvensional? Bentuk mouse yang terdapat lengkungan disisi atas yang berfungsi dengan bentuk tangan manusia saat menggenggamnya, pun bentuknya yang memiliki lengkungan di semua sisi, namun bagaimana jika sebuah mouse berbentuk kotak?

Logitech menghadirkan sebuah inovasi dengan bentuk yang merubah paradigma diatas, dimana kehadiran mouse Logitech Cube berbentuk kotak dan mungil, bahkan hanya lebih tinggi dari baterai AA. Logitech Cube hadir dengan 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih, dimana mouse portabel ini berfungsi untuk kontrol slide presentasi.

Logitech Cube memiliki tombol on/off di sisi belakang, juga terdapat sebuah receiver yang dapat terhubung hingga 6 perangkat. Untuk ketahanan daya, mouse ini menyediakan sebuah port usb untuk pengisian baterai selama 1,5 jam untuk full charge. Indikator baterai akan berwarna merah jika daya sudah dalam kondisi kritis.

Bentuknya yang kotak dan terbilang sangat cocok untuk penggunaan travel, Anda cukup menaruhnya di saku Anda. Untuk pengontrolan, mouse ini cukup menekan disisi depan yang serupa dengan fungsi klik kiri, sedangkan untuk klik kanan, tekan pada sisi tengah. Untuk fungsi scrolling, geser jari Anda ke atas dan ke bawah. Dan untuk fungsi mode presentasi, angkat mouse ini, sehingga sensor optik tidak menyentuh meja atau alas, tekan di sisi depan yang akan berfungsi untuk slide berikutnya, untuk slide sebelumnya, lakukan hal yang serupa, namun mouse dalam terbalik.

Logitech Cube dipasarkan dengan harga berkisar USD 69,99.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar