Rabu, 21 Maret 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Revitalisasi Device Tua agar Berguna di Ujung Usia

Posted:


CHIP.co.id - Cukup dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini, Anda dapat merevitalisasi device atau perangkat bekas dengan fasilitas-fasilitas baru yang mungkin saja tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Godaan para produsen agar Anda membeli perangkat baru untuk menggantikan perangkat lama selalu akan terjadi. Contohnya adalah smartphone. Mengganti perangkat lama boleh-boleh saja, tetapi perangkat lama tidak perlu dipensiunkan total. Ponsel Nokia lama, misalnya, bisa dialihfungsikan menjadi remote control untuk berbagai perangkat elektronik Anda. Adaptor yang tidak terpakai lagi bisa "dipermak" menjadi sebuah universal charger. Anda pun bisa menjadikan router lama menjadi WLAN repeater untuk memperluas jangkauan jaringan wireless di rumah. Berbagai tips dari CHIP, mulai yang sederhana hingga sedikit kompleks bisa diterapkan agar perangkat lama Anda kembali berguna.

Ponsel sebagai Internet radio


  1. Ponsel yang kompatibel Ponsel lama HTC Touch (Windows Mobile Phone) atau Nokia E52 (pada gambar) yang mendukung koneksi Wi-Fi dan Internet radio (via aplikasi atau browser) dapat difungsikan sebagai internet radio stasioner di kamar atau dapur. Anda tidak membutuhkan kartu SIM. Baterai yang lemah tidak masalah asalkan ponsel masih dapat di­hidupkan karena ponsel tidak dapat dihidupkan jika baterainya rusak atau mati total.
  2. Sambungkan dengan speaker Sambungkan radio tersebut dengan adaptor dan speaker. Agar suaranya optimal, atur level volume ponsel hingga maksimal dan satukan adaptor ponsel dan speaker pada satu steker On-Off. Cobalah membuat kotak untuk menyimpan komponen dan meletakkannya di dalam laci kayu (berfungsi sebagai kotak suara untuk speaker).
  3. Memilih software Nokia E52 sudah menyertakan program Nokia Internet Radio untuk menerima siaran stasiun radio. Windows Mobile 6.5 memiliki beragam pilihan program, misalnya openwebradio.mobi. Pengguna ponsel Android lama dapat menggunakan program Winamp yang menyediakan ribuan stasiun SHOUTcast Radio melalui menu "Shoutcast".

USB Charger dari Adaptor Bekas


  1. Menemukan adaptor yang sesuai Charger yang tertinggal saat baterai ponsel habis sering dialami orang. Sebelum membeli charger tambahan, cobalah merakit charger USB dari adaptor bekas dan kabel USB untuk men-charger device yang memiliki soket yang sama. Pilih adaptor yang memasok tegangan 5 volt dan Ampere yang lebih besar dari yang dibutuhkan.
  2. Menyolder sambungan kabel Potong colokan pada adaptor dan kabel USB yang tidak sesuai dengan ponsel. Kupas lapisan kabel luar hingga terlihat kabel-kabel kecil berwarna. Kabel putih dan hijau pada kabel USB bisa Anda isolasi. Balut kabel utama dan dua kabel berwarna merah dan hitam yang lebih kecil dengan electric tape atau pembungkus kabel (heat shrinkable tubing). Solderlah kabel adaptor dan kabel USB yang berwarna sama agar tersambung dengan baik.
  3. Menyambung kabel Tutup kabel yang telah disolder sebelumnya dengan pembungkus kabel dan kerutkan dengan api kecil atau pemanas khusus. Anda juga dapat mengerutkannya dengan menggosokkan solder panas. Apabila Anda sudah meng­isolasi kedua kabel yang sudah Anda solder tersebut, tutup kembali de­ngan pembungkus kabel dan panaskan lagi agar mengerut.

Teknologi HAMR dari Seagate Akan Capai Hard Disk 60 TB

Posted:



CHIP.co.id - Seagate memperkenalkan kehadiran teknologi penyimpanan Heat Assisted Magnetic Recording (HAMR). HAMR adalah teknik penulisan data secara magnetis dimana media penyimpanannya dipanaskan dengan bantuan sinar laser terlebih dahulu. Dengan teknik ini,  kerapatan hard disk meningkat hingga 1 TB per inci. Untuk diketahui, kapasitas hard disk paling besar saat ini yang banyak beredar di pasaran  baru mencapai 3 TB. Seagate akan menggunakan teknologi terbaru HAMR untuk melipatgandakan kapasitas hard disk produksinya hingga 60 TB (19/3).

Pada umumnya, produsen hard disk meningkatkan densitas dan kapasitas dengan cara menyempitkan piringan bit data, sehingga mampu menampung lebih banyak bit pada setiap inci persegi (square inch) dari ukuran piringan. Dengan menekan jumlah track data, maka akan lebih banyak bit data yang dapat ditampung. Tantangannya adalah, produsen diharapkan mampu menyempitkan bit dan track data tanpa mempengaruhi efek daya magnet, yang akan memutarbalikkan data.

Menurut Seagate, teknologi HAMR mampu memadatkan bit linear sekitar 2 juta bit per inci persegi. Ini artinya kepadatan data bisa ditingkatkan hingga lebih dari 1 triliun bit, atau 1 TB per inci perseginya. Kapasitas tersebut 55 persen lebih tinggi dari densitas hard disk saat ini, yaitu 620 gigabit per inci persegi.

Seagate mengungkapkan, generasi pertama hard disk desktop 3,5 inci perusahaan yang diproduksi dengan teknologi HAMR akan menawarkan kapasitas 6 TB. Sedangkan untuk hard disk notebook (2,5 inci), Seagate akan menawarkan kapasitas 2 TB. Di masa mendatang, dengan teknologi ini pula Seagate menjanjikan hard disk dengan densitas antara 5 hingga 10 TB per inci persegi. Itu artinya Seagate mampu memproduksi hard disk desktop kapasitas 30 hingga 60 TB dan dan hard disk notebook kapasitas 10 hingga 20 TB.

Norton Mobile Security Lindungi Perangkat Samsung Galaxy

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Norton oleh Symantec pada hari ini mengumumkan bahwa Samsung Electronics akan menyediakan Norton Mobile Security. Jajaran perangkat Samsung Galaxy dengan sistem operasi Androidnya, menawarkan secara cuma-cuma selama 90 hari dengan fitur lengkap yang dimiliki oleh aplikasi Norton Mobile Security melalui Samsung Apps (20/3).

Aplikasi Norton Mobile Security hadir dengan berbagai fitur terkini seperti anti pencurian dengan antimalware akan melindungi data penting pengguna dari resiko hilang, pencurian, virus dan ancaman lainnya. Berikut beberapa fitur lengkap yang dimiliki oleh aplikasi Norton Mobile Security:

  • Remote Locate - Aplikasi ini akan menunjukkan lokasi perangkat Samsung Galaxy Anda agar Anda dapat menemukannya jika terselip, hilang ataupun dicuri.
  • Remote Lock - Fitur ini mampu melakukan penguncian perangkat dari jarak jauh melalui internet ataupun SMS, Anda dapat mengamankan data penting dengan mudah dan memblokir akses tanpa izin.
  • Remote Wipe - Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data di ponsel Samsung Galaxy melalui SMS. Ponsel juga akan terkunci secara otomatis jika SIM cardnya diambil atau diganti dengan simcard lain.
  • Anti Malware - Norton Mobile Security akan melakukan scan pada semua file ataupun aplikasi yang diunduh ke perangkat Samsung Galaxy dan secara otomatis mendeteksi atau menghapuskan ancaman keamanan tanpa memperlambat kinerja perangkat.
  • SD Card Scanning - Memberikan Anda pilihan untuk secara otomatis melakukan scan terhadap kartu memori SD saat pengguna memasangnya ke perangkat Samsung Galaxy.
  • Automatic LiveUpdate - Mengunduh dan menginstal update keamanan secara otomatis sehingga memperkecil kemungkinan pengguna mendapat serangan dari penjahat dunia maya.

Norton Mobile Security dapat diunduh dari Samsung Apps melalui situs www.samsungapps.com. Aplikasi  Norton Mobile Security dapat ditemukan pada kategori “Utility” atau dengan melakukan pencarian dengan kata kunci “Norton Mobile Security”.  Aplikasi ini tersedia dalam sembilan bahasa yang meliputi bahasa Korea, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Simplified Chinese, Spanyol, dan Traditional Chinese dengan harga lisensi selama satu tahun  sebesar 139 ribu rupiah.

Microsoft Luncurkan Windows 8 di Bulan Oktober?

Posted:

Sumber Foto: Microsoft

CHIP.co.id - Microsoft dalam waktu dekat akan meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 8. Seperti dilansir dari situs Bloomberg, sistem operasi yang mendukung perangkat PC dan tablet ini rencananya akan dipasarkan sekitar bulan Oktober 2012. Windows 8 disiapkan sebagai pengganti sistem operasi Microsoft sekarang, Windows 7.

Dalam peluncurannya nanti, Windows 8 akan didukung dengan chip dari Intel dan ARM. Untuk chip dari ARM, Microsoft akan menggunakan jenis yang sama dengan yang digunakan iPad. Namun, rencananya hanya ada kurang dari lima perangkat ARM dalam debutnya, dibandingkan dengan perangkat Intel yang akan ada lebih dari 40 perangkat.

"Jika sampai bulan September-Oktober Microsoft belum juga merilis Windows 8, maka mereka akan terjebak tanpa bisa meluncurkan apa pun di tahun 2012," ungkap Michael Gartenberg, seorang analis di Gartner Inc. "Hal terakhir yang Microsoft akan hadapi adalah tidak ada produk mereka yang bisa menandingi iPad, yang sepertinya akan menguasai pasar tablet tahun ini," tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini Windows 8 sudah bisa dinikmati dalam versi Consumer Preview.

Canon Luncurkan 8 Jajaran Kamera PowerShot

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Canon pada hari ini meluncurkan 8 kamera digital PowerShot terbaru, yaitu di seri SX terdapat PowerShot SX260 HS dan SX240 HS; kamera petualang PowerShot D20; dan di seri A menghadirkan PowerShot A4000 IS, A3400 IS, A2400 IS, A2300 dan A810. Berbagai fitur terbaru ditanamkan pada jajaran kamera PowerShot ini yang meliputi kemudahan layar sentuh, super zoom, perekaman video Full HD, hingga GPS. Seluruh jajaran kamera Canon PowerShot ini menggunakan memory card SD, SDHC, atau SDXC sebagai penyimpan hasil foto dan video (20/3).



Merry Harun selaku Direktur Divisi Canon, pt. Datascrip membuka acara peluncuran yang mengambil tempat di Nutz Culture, Crystal Lagoon Area, Senayan City, Jakarta.



Hadir pula Angelie Ivone selaku Marketing Executive Canon Image Communication Products Division pt.Datascrip yang memaparkan seluruh fitur terbaru yang dimiliki oleh 8 kamera Canon PowerShot

Canon PowerShot SX260 HS dan SX240 HS

Kedua kamera Canon PowerShot seri SX ini menggunakan teknologi HS System yang memadukan kecanggihan prosesor DIGIC 5 dengan sensor CMOS 12,1 megapiksel. PowerShot SX260 HS dan SX240 HS memiliki kemampuan zoom optik 20x sehingga menghasilkan foto tajam dan jernih dari jarak dekat ataupun jauh. Kedua kamera ini memberikan rentang zoom yang panjang mulai dari sudut lebar 25mm, dikemas dalam bodi kamera yang ringkas.



Canon PowerShot SX260 HS dilengkapi juga dengan fungsi GPS yang secara otomatis merekam waktu dan lokasi pengambilan foto. PowerShot SX260 HS dan PowerShot SX240 HS dapat merekam aksi gerak cepat dengan perekaman momen secara beruntun berkualitas tinggi hingga 10 foto per detik. 



Fitur baru dengan Face ID dan Intelligent IS (Image Stabilizer) berfungsi secara otomatis menyesuaikan pencahayaan optimal pada wajah dan memilih mode image stabilizer yang paling sesuai sehingga gambar yang dihasilkan tetap tajam sekalipun digunakan saat zoom tinggi. Face ID mampu merekam objek bergerak untuk mendeteksi wajah secara cepat. Pengguna harus melakukam registrasi terlebih dahulu pada kamera, dapat didaftarkan hingga 12 pengguna dengan memasukkan foto wajah, nama dan tanggal lahir.

Canon PowerShot SX260 HS tersedia pilihan warna merah dan hitam dengan harga Rp 3.800.000,- sedangkan PowerShot SX240 HS tersedia warna hitam dan perak dengan harga Rp 3.475.000,-

Canon PowerShot D20

Kamera digital PowerShot D20 hadir dengan teknologi HS System dengan resolusi 12,1 megapiksel dan sensor CMOS. Dirancang khusus untuk melengkapi gaya hidup para penggemar olahraga alam seperti snorkeling atau scuba diving. Kamera ini mampu menangkap momen dengan kualitas prima di tengah medan ataupun kondisi cuaca ekstrim.



Canon PowerShot D20 dengan fitur water-proof mampu digunakan di bawah air hingga kedalaman 10 meter. Untuk penggunaan hingga 40 meter, kamera ini dapat menggunakan waterproof case WP-DC45 yang dibeli secara terpisah.

PowerShot D20 mampu menahan di tempat bersuhu dingin di bawah nol sampai minus 10 derajat celsius tanpa terjadi pembekuan (freeze-proof). Kamera ini juga memiliki konstruksi lapisan kaca ganda berfungsi untuk menyeimbangkan perbedaan suhu di dalam dan di luar kamera untuk mencegah kondensasi atau pengembunan pada lensa.

Fleksibilitas pemotretan mulai dari sudut lebar 28 mm dan zoom optik 5x menjadikan pemotretan lebih mudah dan nyaman. PowerShot D20 hadir dengan pilihan warna biru dan kuning dengan kisaran harga Rp 4.150.000,-

Canon PowerShot Seri A

Terdapat 5 seri yang dihadirkan Canon pada seri PowerShot A dan kelima kamera digital ini dibekali dengan sensor beresolusi tinggi 16 megapiksel, serta lensa sudut lebar 28mm. Jajaran PowerShot A telah dilengkapi dengan teknologi smart auto yang secara otomatis mendeteksi hingga 32 kondisi pemotretan yang berbeda.

Canon PowerShot A4000 IS

Canon PowerShot A4000 IS memiliki zoom optik 8x dan bekerja dengan sensor CMOS berkualitas tinggi, mampu merekam video full HD resolusi 720p. Kamera ini menggunakan prosesor DIGIC 4 dan memiliki layar TFT 3 inci dengan aspek rasio 4:3. PowerShot A4000 IS memiliki dimensi 95,3 x 56,3 x 24,3 mm dengan bobot 145 gram termasuk baterai, memiliki ISO Auto dan range ISO 100 hingga 1600. Canon PowerShot A4000 IS hadir dengan 4 warna pilihan yaitu hitam, biru, merah dan perak dengan harga Rp 2.075.000,-

Canon PowerShot A3400 IS, A2400 IS dan A2300

Canon PowerShot A3400 IS, A2400 IS dan A2300 menggunakan prosesor DIGIC 4 dengan kemampuan zoom 5x. PowerShot A3400 IS menggunakan layar TFT sebesar 3 inci dan untuk PowerShot A2400 IS dan A2300 menggunakan layar TFT 2,7 inci. PowerShot A3400 IS dan A2400 IS juga telah menggunakan teknologi intelligent IS yang mampu menyesuaikan mode image stabilizer sesuai dengan kondisi pemotretan.

PowerShot A3400 IS menjadi kamera Canon pertama yang mengusung kemudahan dengan layar sentuh yang memiliki dimensi 94,4 x 56,3 x 21,3 mm dengan bobot 141 gram dengan baterai. Canon PowerShot A3400 IS hadir dengan 4 warna pilihan yaitu hitam, emas, merah, dan perak dengan harga Rp 1.800.000,-

Canon PowerShot A2400 IS hadir dengan 4 warna pilihan menawan, yaitu hitam, biru, merah muda dan perak dengan dimensi 94,4 x 54,2 x 20,1 mm berbobot 126 gram dengan baterai. Hadir dipasaran dengan harga Rp 1.525.000,-

Canon PowerShot A2300 memiliki dimensi 94,4 x 54,2 x 20,1 mm dengan bobot 125 gram. Hadir dipasaran dengan 4 warna pilihan yaitu hitam, biru, merah dan perak dengan harga Rp 1.250.000,-

Canon PowerShot A810

Canon PowerShot A810 menggunakan prosesor DIGIC 4 dengan layar TFT sebesar 2,7 inci. Kamera ini memiliki zoom 5x dengan focal lenght 5-25 mm yang setara dengan jarak 28-140 mm pada kamera 35 mm. Lensa yang dimiliki juga mampu melakukan foto makro dengan jarak 3-60 cm.

Pada segi daya, hanya PowerShot A810 yang masih menggunakan 2 baterai alkaline AA, mampu merekam momen sebanyak 220 foto, sedangkan jajaran PowerShot lainnya telah menggunakan baterai Lithium. Canon PowerShot A810 memiliki dimensi 94,7 x 61,7 x 29,8 mm dengan bobot 174 gram dengan baterai. Kamera ini hadir dipasaran dengan 2 pilihan warna yaitu hitam dan perak dengan harga Rp 925.000,-

Berita Terkait: Canon Luncurkan 12 Kamera Digital Teranyar

Canon Luncurkan 12 Kamera Digital Teranyar

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di Nutz Culture, Senayan City, Datascrip selaku marketing dan distributor Canon Indonesia, meluncurkan dua belas kamera digital teranyar kelas IXUS dan PowerShot.

"Ketika berbicara fotografi, setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda, untuk itu kami hadirkan berbagai tipe kamera kelas PowerShot dan IXUS terbaru dari Canon. Dua belas kamera terbaru tersebut merupakan seri kamera digital terbaru yang dilengkapi dengan fungsionalitas dan kecanggihan teknologi dalam kemasan desain berwarna menawan yang siap memenuhi kebutuhan para penikmat fotografi," ujar Merry Harun, Direktur Divisi Canon, pt. Datascrip.

Dua belas seri kamera terbaru tersebut terdiri dari empat kamera kelas IXUS dan delapan kamera kelas PowerShot, diantaranya; IXUS 510 HS, IXUS 500 HS, IXUS 240 HS, IXUS 125 HS, PowerShot SX260 HS, PowerShot SX240 HS, PowerShot D20, PowerShot A4000 IS, PowerShot A3400 IS, PowerShot A2400 IS, PowerShot A2300, PowerShot A810.

Keduabelas kamera digital terbaru tersebut mengusung berbagai teknologi terbaru dari Canon yang memberikan kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam membidik momen penting.

Troubleshooting Saat Overclocking

Posted:


CHIP.co.id - Proses paling awal saat menyalakan komputer adalah POST BIOS. Tapi  bagaimanakah jika setelah di-overclock komputer Anda justru tidak mau POST BIOS? Tidak perlu khawatir, simak artikel berikut ini.

Dalam dunia overclocking, pasti akan muncul banyak pertanyaan terutama menyangkut troubleshooting dan permasalahannya. Karena pada dasarnya overclocking adalah proses “Trial and Error”. Saat melakukan overcloking, pastilah Anda akan menemui banyak masalah dan kendala yang bisa berujung pada kerusakan, baik sistem maupun hardware yang digunakan. Anda tidak perlu panik maupun khawatir pada saat terjadi masalah. Karena CHIP telah menyiapkan sebuah artikel khusus seputar troubleshooting dan pemecahannya saat overclocking khususnys seputar BIOS dan antisipasi masalahnya.

Dasar Overclocking

Ide dasar dari sebuah overclocking adalah meningkatkan performa dari sebuah sistem lebih dari yang telah ditentukan oleh pembuatnya, dalam hal ini adalah produsen Hardware itu sendiri. Dari dahulu hingga sekarang, konsepnya selalu sama dan tidak pernah berubah. Yang berubah adalah cara yang digunakan dan berbagai feature yang sengaja ditambahkan oleh berbagai produsen untuk mempermudah overclocking itu sendiri.

Dunia overclocking sendiri selalu bergerak dinamis, sesuai dengan perkembangan komponen hardware itu sendiri. Pada zaman sekarang ini overclocking menjadi sebuah panduan dan penilaian kualitas sebuah produk komponen. Hal ini tidak mengherankan kerena overclocking dianggap sebagai sebuah tes yang akan meningkatkan citra sebuah produk di pasaran. Karena itulah, berbagai produsen berlomba-lomba memberikan berbagai feature yang mendukung overclocking agar pengguna dapat menggunakannya dan menilai sejauh mana kemampuan dan kualitas dari produk itu sendiri.

Namun, apakah yang terjadi apabila berbagai feature overclocking yang telah diberikan ini digunakan oleh orang yang tidak mengetahui atau baru mengetahui tentang overclocking itu sendiri? Berbagai masalah akan muncul. Selain itu, jika tidak dilakukan dengan benar, overclocking dapat menyebabkan kerusakan pada hardware itu sendiri. Meskipun telah dilengkapi dengan Manual Book pada paket penjualannya, dapat dipastikan hanya beberapa orang saja yang akan membaca buku panduan ini. Padahal berbagai permasalahan yang sering muncul biasanya telah dipaparkan dalam buku kecil ini. Jadi ada baiknya untuk membaca Manual Book terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Meskipun Anda telah mengetahui penggunaannya, bisa saja ada sesuatu yang berbeda yang belum ada sebelumnya.

Kembali ke troubleshouting, coba Anda kembalikan lagi ide dasar overclocking itu sendiri dan darimana overclocking itu Anda lakukan. Cara paling mudah dan paling simple tentunya adalah melakukan perubahan pada BIOS agar hardware dapat berjalan diatas standar yang telah ditentukan. Apabila terjadi error saat overclocking maka hal pertama yang harus Anda lakukan mengembalikan BIOS ke kondisi normal agar hardware dapat berjalan dengan normal kembali. Dan mulai kembali melakukan settinggan pada BIOS hingga menemukan settinggan yang benar-benar cocok dengan kondisi hardware Anda.

Lalu apa hubungannya BIOS dengan overclocking? BIOS memiliki kemampuan untuk mengatur kinerja dan kestabilan pada sebuah sistem. Dari sinilah, kegiatan overclocking pertama kali muncul. Dengan merngubah settingan pada BIOS, sebuah hardware mampu berjalan lebih dari yang telah ditentukan. Selain itu,  kegiatan overclocking 80% dilakukan pada BIOS dan sisanya dilakukan melalui software pada windows.

BIOS inilah yang menjadi perhatian utama para produsen motherboard karena dari sinilah kinerja, performa, dan kestabilan  sebuah sistem komputer ditentukan. Ibarat manusia, BIOS inilah yang menjadi roh pada sebuah sistem komputer. Karena bila terjadi kerusakan pada chip BIOS, komputer tidak akan menyala sama sekali. Meskipun kipas dan komponen yang lainnya terlihat normal, tidak akan terlihat tanda-tanda kehidupan pada komputer kita karena CPU tidak berhasil menemukan script pada memory BIOS. Tidak banyak hal yang dapat dilakukan selain mengganti dengan chip BIOS (jika memungkinkan untuk diganti). Tidak mengherankan pada produsen motherboard memberikan solusi pencegahan terjadinya crash pada BIOS yaitu dengan memberikan dua chip bios pada motherboard yang dikenal dengan sebutan Dual- BIOS. Sehingga tidak perlu khawatir saat terjadi crash pada BIOS.

Ketidaksesuaian setting pada BIOS menyebabkan sistem tidak akan melakukan booting ataupun berjalan dengan tidak stabil. Jika BIOS tidak mau melakukan POST BIOS bukan berarti terjadi kerusakan pada chip BIOS-nya, melainkan settingannya saja yang tidak sesuai.  Solusinya cukup mudah dengan melakukan reset pada BIOS sehingga akan kembali ke settingan awal. Dengan demikian, komputer dapat kembali menyala dengan normal.

Lihat halaman selanjutnya untuk cara mereset BIOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar