Selasa, 20 Maret 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Dukung Program Wisata Air di Medan, XL Uji Jaringan di Sungai

Posted:


Medan, CHIP.co.id - Terkait dengan peringatan Hari Air Sedunia, XL mendukung kampanye mewujudkan wisata air di sungai di Medan. Untuk itu suatu aktivitas lingkungan dilakukan XL dengan dipadukan uji jaringan di sepanjang sungai, akhir pekan lalu.

General Manager Network Northern Sumatera XL, Frenky Tobing, mengatakan, “Kami melakukan uji kemampuan Hot Rod 3G+ di jalur wisata air di sungai-sungai di kota Medan. Ini menjadi uji jaringan di sungai yang pertama kali dilakukan di Indonesia, berarti kami sudah XLangkah Lebih Maju, sudah bisa dan siap berkomunikasi, berinternet ria, bersosial media di atas kapal atau perahu."

Ujicoba dilakukan dengan cara melakukan panggilan Video Call dari Sungai Babura (antara Jalan Wolter Monginsidi dan Jalan Kejaksaan) ke kantor XL di Jl Diponegoro, Medan. Ujicoba kedua dilakukan dengan melakukan browsing di sepanjang Sungai Babura, yang disaksikan langsung di kantor XL oleh wartawan dari berbagai media massa.

Frenky menambahkan, dari pengujian tersebut kecepatan browsing dan internetan di sepanjang sungai Babura paling rendah 430 Kbps, bahkan bisa mencapai 501 Kbps. Dengan kecepatan seperti itu, dipastikan pelanggan dapat mengakses internet sangat cepat. Uji jaringan ini sekaligus menunjukkan bahwa jaringan XL adalah yang terbaik, baik di darat juga di sungai.

Saat ini, jaringan XL didukung oleh 783 BTS di kota Medan. Sebanyak 297 BTS di antaranya adalah BTS 3G. Jaringan HotRod 3G+ bisa diakses di berbagai penjuru kota. Jaringan yang handal tersebut melayani sekitar 1 juta pelanggan di ibu kota Sumatera Utara tersebut.

Indosat Berikan Paket Khusus Sesuai Usia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Melihat perkembangan pengguna ponsel di Tanah Air yang semakin bertambah setiap tahunnya, membuat Indosat kreatif membidik pasar sesuai dengan kelompok usia.

Menurut Insan Prakasa selaku Group Head Segment Management Indosat, pengelompokan usia pengguna ponsel di Indonesia telah memberikan sisi positif bagi Indosat untuk menghadirkan paket berlangganan khusus yang sesuai dengan kegunaan dan manfaat bagi pengguna.

"Jumlah penduduk Indonesia yang kurang lebih sebanyak 240 juta terdiri dari dua kelompok usia pengguna ponsel, yakni 30% pengguna ponsel usia pekerja dan 25% lagi berasal dari kelompok usia anak muda. Jika dilihat dari data tersebut, Indosat pun mengelompokan tiga pasar besarnya; untuk usia 13 - 25 tahun kami menghadirkan paket 'Murah & Gaul', usia 26 - 40 tahun kami memberikan layanan 'Paket Lengkap 24 Jam' ke semua operator, dan khusus kelompok usia anak muda pekerja 13 - 40 diberikan paket tanpa batas," jelas Insan.

Paket Lengkap 24 Jam

Setelah eksis dengan layanan 'Murah & Gaul' untuk kelompok usia muda, di tahun 2012 Indosat juga menambahkan paket khususnya, yakni 'Paket Lengkap 24 Jam'. Paket yang ditargetkan untuk rentang umur 26 - 40 tahun, hadir untuk kalangan pekerja, karyawan, dan wirausaswasta.

"Paket ini diluncurkan karena Indosat melihat trend dari prilaku kelompok usia tersebut yang memerlukan fasilitas komunikasi yang bebas menikmati layanan telepon, SMS, dan Internet ke semua operator lengkap selama 24 Jam," ungkap Insan saat ditemui dalam Media Update Indosat di Restoran Palalada, Grand Indonesia, Jakarta, Senin, 19 Maret 2012.

Pemakaian paket yang dapat dinikmati oleh pelanggan Prabayar dan Pascabayar Indosat ini, berlaku mulai pukul 00.00 – 24.00. Terdapat dua pilihan 'Paket Lengkap 24 Jam', yaitu Harian 24 dan Bulanan 24. Untuk paket Harian 24, pengguna dikenakan biaya Rp 5.000,- untuk menikmati kuota menelepon ke sesama nomor Indosat selama 50 menit, ke operator lain selama 5 menit, layanan SMS sebanyak 50 SMS, dan layanan data hingga 1 MB.

Sedangkan untuk paket Bulanan 24 dikenakan biaya Rp 100.000,- untuk fasilitas-fasilitas, yakni; kuota 1.000 menit menelepon ke sesama Indosat dan100 menit ke operator lain, layanan SMS sebanyak 1.000 SMS, dan layanan data 100 MB.

Telkomsel Uji Coba LTE dengan Smart Car

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id -
Telkomsel mengembangkan Implementasi Long Term Evolution (LTE) sebagai upaya memberikan beragam layanan inovatif melalui akses bergerak (mobile) tanpa batas. Smart Car adalah salah satu penggunaan teknologi LTE yang sudah di uji coba secara langsung pada peresmian Research & Development Center (R&D Center) di Bandung tanggal 5 Desember 2011.

Smart Car menggunakan Mobile connection teknologi LTE diperkuat dengan  Internal Connection berupa MiFi dengan kemampuan modem 4G, Access Point, serta GPS yang dapat dihubungkan melalui Head Unit, Laptop, Tablet, dan Smartphone. Mobile Connection dengan jaringan LTE Telkomsel  memungkinkan terjadi kecepatan akses layanan data antar manusia maupun antar mesin (Machine to Machine), serta didesign untuk tidak menimbulkan interferensi dengan pengguna selain yang ada didalam kendaraan.

LTE merupakan juga arsitektur jaringan berbasis Internet Protocol, dengan tingkat delay yang rendah (low-latency) dan jaminan Quality of Service (QoS) yang menghadirkan kualitas  pengalaman pelanggan layanan data Telkomsel. Kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps bisa dilayani oleh operator telekomunikasi yang dapat memiliki Bandwidth frekuensi sampai dengan 20MHz.

“Di R&D Center, Telkomsel mengembangkan LTE Smart Car, yaitu kendaraan yang memilki konektivitas teknologi LTE untuk mengakses beragam content dan aplikasi seperti LBS (Location Base Sevices), Vehicle Monitoring, Mobile TV, Telkomsel Application Store dan aplikasi bermanfaat lain yang berbasis LTE," ungkap Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division.

LTE Smart Car sendiri, menghadirkan seluruh layanan internet dalam sebuah perangkat mobile. LTE adalah pintu masuk untuk beragam layanan menarik. Sebut saja Voice Over IP, Multi-User Gaming Over IP, High Definition Video On Demand dan Live TV. Terlebih juga, LTE memberikan layanan-layanan real time yang memang alergi terhadap delay.

Lenovo Dukung Bisnis Waralaba di Indonesia

Posted:



Yogyakarta, CHIP.co.id - Lenovo pada hari ini mengumumkan kolaborasi dengan Info Franchise Club untuk menjangkau kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di sektor bisnis waralaba Indonesia. Kolaborasi ini menegaskan Lenovo untuk mendukung pertumbuhan sektor UKM di Indonesia, sehingga UKM dapat memulai bisnis dengan skema waralaba (19/3).

Bisnis waralaba merupakan sektor usaha yang menjanjikan di Indonesia. Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) melaporkan bahwa pendapatan bisnis waralaba pada tahun 2011 mencapai angka 120 triliun. Angka ini diperkirakan akan meningkat sebanyak 20% pada tahun ini hingga mencapai 144 triliun rupiah.

Sandy Lumy selaku Country General Manager, Lenovo Indonesia mengatakan,"Memanfaatkan skema bisnis waralaba adalah alat penting untuk mengembangkan UKM. UKM merupakan pewaralaba (franchisee) dapat bersinergi dengan perusahaan besar sebagai pemberi lisensi waralaba. Kolaborasi dengan Info Franchise Club ini adalah kesempatan besar untuk kami memperkenalkan berbagai teknologi Lenovo yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis waralaba."

Dengan difasilitasi oleh Info Franchise Club, Lenovo telah menandatangani kesepakatan dengan dua pemberi lisensi waralaba besar, Salemba dan Cipta Tour, untuk pengimplementasian teknologi Lenovo di kantor-kantor cabang milik sendiri dan kantor cabang yang diwaralabakan. Melalui proyek Entrepreneurial Spirit with IT Smart Investment Lenovo akan memasok PC yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis waralaba sehingga Salemba dan Cipta Tour dan pewaralaba mereka dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas dan keuntungan bisnis.

Kolaborasi Lenovo dengan Info Franchise Club akan terus berlanjut melalui serangkaian seminar, pertemuan dan workshop di berbagai kota di Indonesia. Pada acara tersebut, Lenovo dan para eksekutif papan atas dari pemberi lisensi waralaba lokal akan berdiskusi dengan calon pewaralaba mengenai berbagai aspek bisnis waralaba sehingga mereka memiliki rasa percaya diri untuk memulai bisnis waralaba. 



Lenovo juga akan menyoroti jajaran teknologi yang cocok untuk bisnis waralaba, yang meliputi produk laptop dan desktop All-in-One seperti laptop ThinkPad T420, ThinkPad X220, ThinkPad Edge E420s & E220s, Lenovo V470 & V470c dan Lenovo B470, dan desktop All-in-One ThinkCentre Edge 91z.

Pertarungan Aplikasi dan Penipuan di App Store

Posted:



CHIP.co.id - Konsumen yang melakukan transaksi di App Store harus berhati-hati dalam menggunakan akun pribadinya. Informasi dari The New York Times dan Bloomberg Businessweek mengungkapkan adanya kasus penipuan dan penggunaan akun pengguna saat melakukan transaksi di App Store (16/3).

Informasi dari The New York Times mengungkapkan adanya akun dari konsumen yang dibajak melalui aplikasi palsu yang diiklankan. Pencipta aplikasi hingga harus berurusan dengan penipuan yang menguras waktu dan sumber daya dalam menangani masalah ini.

Para pengembang aplikasi juga mengeluhkan akan tekanan yang mereka dapatkan untuk bersaing dengan aplikasi lain di App Store. Bahkan para pengembang hingga berlaku brutal dalam menawarkan posisi atas di App Store demi menarik perhatian konsumen dan mendapatkan popularitas.

Tidak jelas bagaimana pada penipu bisa mendapatkan akun konsumen baik password iTunes dan informasi kartu kredit. Di pasar online Cina bahkan terjadi beberapa penjualan untuk akses akun iTunes dengan biaya sekitar $33 hingga $35 untuk mendapatkan 56 akun iTunes.

Ada pula penipuan dengan melalui kode kartu hadiah dari iTunes, dimana konsumen dapat menggunakan kartu Visa prabayar untuk melakukan pembelian aplikasi secara cuma-cuma di App Store.

Apple menghadirkan cara baru berbisnis di App Store yang telah mencakup sekitar 600.000 aplikasi. Apple mendapatkan banyak kritikan dari para pengembang aplikasi dimana memerlukan waktu lama untuk mendapatkan persetujuan akan aplikasi yang telah mereka kirimkan, bahkan tidak jarang mendapatkan penolakan sewenang-wenang.

Posisi populer di App Store memang menjanjikan para pengembang. Terdapat 63 persen yang diunduh pada saat aplikasi berada pada posisi populer di App Store. Peneliti pasar Nielsen juga mengungkapkan bahwa terdapat 100.000 aplikasi yang diunduh setiap harinya. Hal ini tentunya menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit kepada para pengembang aplikasi.

Preview Game: StarCraft II, Heart of the Swarm

Posted:


CHIP.co.id - Heart of the Swarm adalah kelanjutan cerita dari Wings of Liberty yang sebelumnya berfokus pada Jim Reynor dengan pasukan Teran-nya. Kali ini, Heart of the Swarm akan fokus pada Sarah Kerrigan dengan Zerg-nya. Game ini sendiri sedianya akan dirilis pada pertengahan 2012 nanti. Pada akhir cerita Wings of Liberty, Queen of Blade akhirnya dapat di kalahkan dan Sarah Kerrigan akhirnya berhasil berubah menjadi manusia kembali setelah Jim Reynor memanfaatkan artefak kuno Xel’ Naga guna menghentikan serangan-serangan Zerg.

Pada cerita kali ini, Sarah Kerrigan memang telah terbebas dari pengaruh kekuatan Queen of Blades dan kendali Swarm. Namun, Sarah memiliki pemikiran sendiri dan melalui dirinya dalam wujud manusia berusaha mengumpulkan para Zerg yang terpencar di seluruh Koprulu Sector. Tujuan lainnya adalah mereformasi para swarm dalam rangka untuk membalas dendam dan menggulingkan Arcturus Mengsk.

Heart of swarm selain menghadirkan cerita dari sudut pandang yang baru juga menampilkan fitur dan unit yang baru pula. Kurang lebih ada 20 misi campaign yang hampir seluruhnya akan menggunakan Sarah sebagai pahlawannya.

Beberapa screenshot dari game StarCraft II: Heart of the Swarm

Sarah akan selalu memimpin  pasukannya dari depan dan mampu menghancurkan semua perangkat perang yang musuh miliki dengan kemampuan psionic-nya. Tidak seperti sebelumnya, misi pun tidak berakhir jika Sarah mati. Mengapa? Karena dia dapat bangkit kembali jika dibunuh. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya secara agresif untuk melawan musuh yang dihadapi. Sebelum memulai misi, Sarah dapat memilih salah satu Battle Focus untuk di gunakan yang memungkinkannya untuk memiliki satu set kemampuan khusus.

Selain bermutasi, unit Zerg juga dapat berevolusi dengan mengambil DNA dari makhluk lain. Contohnya, Zerg dapat berevolusi menjadi unit yang memiliki sayap setelah menyerap DNA dari makhluk yang bersayap. Tidak hanya itu, Sarah juga akan mendapat bantuan dari seorang ratu Zerg yang akan membantu para Zerg lain untuk berevolusi lebih cepat.

Selaku pengembang, Blizzard juga akan melakukan perubahan terhadap mode Multiplayer StarCraft II, seperti unit dan peta baru. Selain itu, juga akan ada perubahan pada Battle.net yang akan fokus pada Marketplace sehingga pemain dapat memberi rating dan membeli konten yang dibuat oleh pemain lain.

 

Sumber: Majalah CHIP 02/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar