Selasa, 18 Oktober 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Thunderbolt 10Gbps, Dua Kali Lebih Cepat dari USB 3.0

Posted:

CHIP.co.id - Interkoneksi perangkat komputer sudah semakin cepat. Produk Apple MacBook Air, MacBook Pro, iMac dan Mac Mini terbaru telah menyediakan teknologi interkoneksi kecepatan tinggi dari Intel yang disebut Thunderbolt. Kecepatan transfer datanya mencapai 10Gbps, dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 (SuperSpeed USB).

Thunderbolt masih menjadi yang tercepat jika dibandingkan dengan teknologi USB 3.0 dengan kecepatan koneksi 5Gbps (Giga bit per detik), eSATA 3Gbps. FireWire 800 Mbps dan USB 2.0 480 Mbps (Mega bit per detik). Menurut Intel, dengan kecepatan transfer data tersebut, Thunderbolt bisa mentransfer full-length film HD kurang dari 30 detik.

Terdapat dua protokol yang bekerja bersama-sama pada Thunderbolt yaitu PCI Express (PCIe) dan DisplayPort. Selain itu Thunderbolt bisa full duplex, artinya dapat menerima dan mengirim data secara simultan di kecepatan 10Gbps. Thunderbolt berbasis teknologi DisplayPort Apple, sehingga Anda tetap bisa menggunakan Mini DisplayPort. Anda juga dapat memakai adapter standar untuk DVI, HDMI, dan VGA.

Kompatibilitas Thunderbolt pada perangkat hard drive dan audio masih menjadi pertanyaan, karena perangkat yang menggunakan Thunderbolt saat ini di pasar hingga artikel ini ditulis hanya perangkat display saja. Selain kompatibilitas, hal lain yang perlu dicermati adalah Thunderbolt merupakan teknologi Intel, artinya Anda tidak akan dapat menemukan Thunderbolt port pada komputer yang menggunakan chipset AMD atau merek CPU lain.

Panasonic KX-MB1500CX Printer All-in-One yang Dikemas Fleksibel

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Panasonic IT Comm baru saja memperkenalkan satu varian produk terbarunya, Smart All-in-One Machine KX-MB1500CX. Dikemas dalam bodi mungil berdimensi 360 x 380 x 203 mm, printer multi fungsi ini sangat cocok digunakan di rumah atau kantor-kantor dengan ukuran ruangan kecil.

Dengan memiliki panel-panel button "One Touch Pannel" yang lengkap pada bagian bodi depan, Anda akan dapat dengan fleksibel mencetak, mengcopy, dan scanner baik dengan posisi duduk maupun saat posisi berdiri.

Printer yang dibanderol harga sekitar USD 990 tersebut memiliki baki tempat penyimpanan kertas yang berada di depan bodi.

Aplikasi Cetak Panasonic Printer KX-MB1500CX

Dengan fitur Easy Print Utility dapat mempermudah proses cetak dokumen dalam file berbeda sekaligus. Maksudnya adalah untuk mengurangi kesalahan cetak, Anda dapat mengecek file pada komputer sebelum mencetaknya, mengatur halamannya atau mengatur format 2in1 bahkan 16in1, bahkan bisa juga menambahkan header, footer atau watermark sebelum pencetakan.

Memiliki kecepatan cetak 18 ppm (A4 Size) / 19 ppm (Letter Size), printer ini hanya mampu mencetak dan meng copy text atau gambar berwarna hitam putih pada plain paper, cards, transparancies, stickers, glossy photo paper, envelopes, dan matte photo paper. Selain itu, toner yang bergabung dalam drum membuat kualitas tinta pada printer ini mampu mencetak sebanyak 2500 halaman.

Quick ID Copy

Untuk mengurangi konsumsi kertas dan menyederhanakan manajemen informasi, Panasonic memberikan fasilitas menggandakan atau mengkopi dua sisi halaman dalam format 2in1, 4in1 atau 8in1.

Color Scanner Function

Meskipun hanya memiliki kemampuan mencetak hitam putih, printer ini ternyata mampu untuk melakukan scaning data yang disimpan dalam format bewarna ke dalam PC. Sehingga mempermudah Anda menyimpan leaflets atau selebaran kantor berwarna ke dalam PC.

Garansi dan Service Center

Untuk mendapatkannya, printer ini sudah mulai dipasarkan sejak tanggal 17 Oktober 2011 di Glodok, Mangga Dua dan juga Hyper Market yang ada di Indonesia, seperti; Carrefour, Giant dan Hypermart. Selain mendapatkan produk berkualitas, IT Comm memberikan pelanggan Panasonic KX-MB1500CX Printer All-in-One garansi dua tahun lamanya.

"Dengan garansi dua tahun dan kualitas printer Panasonic, kami optimis produk kami dapat laku di pasar, karena harganya yang terjangkau. Apalagi kemudahan membeli toner dan service center yang berada di dua belas kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Depansar, Semarang, Yogyakarta, Makasar, Samarinda, palembang dan Pekanbaru) akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan manfaat dari printer ini secara sempurna," ungkap Robert Hidayat, General Manager Panasonic IT Comm menutup pembicaraan.

Empat Juta iPhone 4S Terjual Dalam Waktu 3 Hari

Posted:

CHIP.co.id - Apple menginformasikan pada hari Senin kemarin, bahwa iPhone 4S terjual sebanyak 4 juta dalam waktu 3 hari. Hal ini melewati penjualan iPhone 4 pendahulunya pada tahun lalu yang terjual sebanyak 1,7 juta dalam waktu yang sama (17/10).

Apple mulai melakukan penjualan ponsel pintar iPhone 4S sejak 14 Oktober di Amerika, Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Jepang dan Inggris. Penjualan ini akan terus bertambah di 22 negara lainnya hingga akhir bulan ini.

Apple juga menginformasikan bahwa tercatat sebanyak 25 juta pelanggannya telah melakukan update ke iOS 5, serta tercatat sebanyak 20 juta pengguna telah mendaftarkan diri untuk menggunakan iCloud yang merupakan fitur terkini dari Apple yang memusatkan penyimpanan data dan backup secara komputasi awan.

Sistem operasi terbaru pada perangkat bergerak Apple, iOS 5 memberikan kemudahan dan penambahan 200 fitur baru, termasuk di dalamnya iTunes in the Cloud, Photo Stream, Documents in the Cloud, iBooks pada Newstand, sinkronisasi cepat pada Calendar, Mail dan Contact, bahkan kemudahan fitur Backup secara iCloud, penambahan fitur Find My Friends dan iMessages, dan juga Find My iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac terintegrasi.

Pada tablet iPad 2 pun terdapat penambahan fitur yang sedikit berbeda dibandingkan pada iPhone 4 setelah melakukan upgrade ke iOS 5, seperti terihat adanya fitur Multitasking Gestures, dimana pengguna dapat menggunakan empat atau lima jari untuk:

  • Kembali ke layar Home
  • Mengakses aplikasi yang sedang aktif (multitasking bar) dimana biasanya menggunakan double-tap pada tombol Menu
  • Kemudahan geser ke kiri dan ke kanan untuk dapat mengakses aplikasi yang sedang aktif secara cepat (seperti fitur pada Mac OS X 10.7 Lion )

Freesia City, Social Game Karya Anak Bangsa

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Dhub Digital sebagai satu satu developer Indonesia memberikan nuansa game pada jejaring sosial Facebook dengan konsep permainan yang menarik yaitu Freesia City. Game ini merupakan social game dengan desain fantasy world yang menceritakan kehidupan masyarakat disebuah kota dengan mata pencaharian yang berhubungan dengan bunga dan tanaman. Pemain dapat berkomunikasi dengan pemain lain untuk bertukar item menarik dan bertegur sapa, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk berkenalan secara langsung melalui jejaring sosial Facebook.

Freesia City telah hadir sejak awal 2010 lalu yang dikembangkan selama lebih dari 18 bulan dengan berbagai penambahan fitur dari waktu ke waktu. Freesia City hadir sebagai karya Anak Bangsa dan menjadikan permainan dengan ikon lucu, imut dan tentu saja menyenangkan untuk dimainkan oleh para pecinta social game dari berbagai kalangan.

Konsep permainan Freesia City menceritakan sebuah kota dengan mata pencaharian bercocok tanam dengan bunga, dimana pemain dapat memilih seeds, menanam maupun merangkai bunga. Pemain diberikan kebebasan dalam memilih 3 profesi yang terdapat dalam Freesia City, yaitu sebagai Druid, Gardener, dan Florist.

Dari ketiga profesi ini, para pemain dapat akan mendapatkan coins dan diamond yang dapat digunakan untuk membeli flower seeds, bouquet catalogs ataupun potion recipes. Setiap pemain juga dapat mempercantik rumah mereka dengan coins dan diamond, sehingga memberikan perbedaan yang unik pada masing-masing pemain dalam memainkan setiap karakter yang dimainkannya.

Freesia City memiliki fitur chat yang memudahkan para pemain untuk berinteraksi satu sama lain, juga untuk melakukan pertukaran item atau menambah teman baru pada game ini serta jejaring sosial Facebook.

Untuk menambah coins, diamonds dan experience, pemain dapat berkunjung ke rumah teman mereka, ataupun memainkan mini games arcade yang akan menghasilkan loots beranekaragam. Loots merupakan item yang dibutuhkan untuk membuat flower seeds, bouquet catalogs ataupun potion recipes yang tidak dijual di toko.

Freesia City hadir dengan nuansa Indonesia, dimana terdapat pakaian adat Indonesia, menyesuaikan dengan berbagai acara kebudayaan yang terdapat di Indonesia, yang tentunya ini akan memberikan tampilan karakter yang semakin mendekatkan pemain dengan kebudayaan Indonesia.

Freesia City merupakan hasil karya dari Dhub Digital yang telah berdiri sejak tahun 2009, sebagai salah satu pioneer perusahaan developer dan aplikasi jejaring sosial Facebook di Indonesia. Untuk Anda yang ingin memainkannya, kunjungi situs http://apps.facebook.com/freesiacity.

Oracle Umumkan Tersedianya Oracle Database Appliance

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Oracle mengumumkan tersedianya Oracle Database Appliance yang merupakan perangkat database yang mudah digunakan dengan harga terjangkau dan beroperasi dengan menggunakan Oracle Database 11g Rilis 2 dan Oracle Real Application Cluster pada sebuah 2-node cluster Sun Fire Server yang menjalankan Oracle Linux.

Oracle Database Appliance merupakan sistem rekayasa perangkat lunak, penyimpanan server, dan jaringan yang menawarkan pengoperasian tinggi untuk berbagai OLTP dan database aplikasi data warehouse yang bersifat kustom dan terpaket.

Oracle Database Appliance dibangun dengan menggunakan rilis terbaru dari database pertama di dunia. Oracle Database Appliance mampu melindungi database dari kegagalan server dan penyimpanan dengan Oracle Real Application Clusters dan Automatic Storage Management.

Oracle Database Appliance juga menawarkan sistem lisensi unik berdasarkan pay-as-you-grow untuk Oracle Database dan perangkat lunak terkait dari prosesor yang berinti 2-24. Kemudahan ini memberikan pelanggan untuk dapat menyesuaikan pembelanjaan perangkat lunak dengan pertumbuhan bisnie mereka tanpa perlu melakukan upgrade perangkat keras.

Oracle Database Appliance juga mampu mengurangi biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk membangun dan mempertahankan sistem databae yang selalu beroperasi. Bahkan dengan pemantaun proaktif, pengaturan perangkat lunak dengan sebuah tombol, susunan patch terintegrasi, dan pengembalian status database semula pada kegagalan perangkat keras.

Informasi mengenai Oracle Database Appliance lebih lanjut terlah tersedia pada acara Oracle OpenWorld 2011 yang telah diadakan pada 2-6 Oktober lalu di The Moscone Center, San Francisco melalui situs www.oracle.com/OpenWorld.

Canon Luncurkan Lima Kamera Digital 12 hingga 14 megapixel

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Canon, pada kali ini menghadirkan lima kamera digital saku terbaru yaitu IXUS 1100 HS, IXUS 230 HS, PowerShot S100, PowerShot SX40 HS dan PowerShot SX 150 IS yang memiliki kaya fitur, didukung dengan kemampuan artistik dengan kenyamanan mobilitas. Kelima kamera terbaru Canon mengusung teknologi terbaik yang memiliki terknologi Intelligent IS untuk menghasilkan gambar yang optimal, serta dukungan Canon HS System yang mampu menyempurnakan setiap pemotretan. Peluncuran ini mengambil lokasi di Diagonale, Plasa Senayan, Jakarta (13/10).

Hadir pada acara peluncuran 5 kamera digital terbaru dari Canon adalah Sintra Wong selaku Marketing Manager Canon Image Communications Products Division, PT Datascrip bersama dengan Angelie Ivone selaku Marketing Executive Canon Digital Camera PT Datascrip.

IXUS 1100 HS

Kamera digital IXUS 1100 HS hadir dengan sensor CMOS 12.1 megapixel  dan 12x optical zoom setara dengan 28-336mm. Didukung dengan layar LCD 3.2 inci dengan teknologi Touch Shutter yang sangat mudah digunakan oleh pengguna saat melakukan pengambilan foto. Layar sentuh yang sangat memudahkan pengguna dalam memilih fokus melalui LCD kamera yang secara otomatis akan melakukan pengaturan fokus dan pencahayaan yang tepat.

IXUS 1100 HS hadir dengan 2 pilihan warna yaitu red dan black dengan bentuk yang ramping 21.9 mm. Hadir dipasaran dengan harga Rp 3.450.000,-.

IXUS 230 HS

Kamera digital ini memiliki bentuk yang kompak, kecil dan tipis yang dilengkapi dengan sensor CMOS 12.1 megapixel dan 8x optical zoom setara dengan 28-224mm. Bentuknya yang trendi dan penuh gaya, memberikan kebebasan pengguna untuk berkreasi dengan delapan Creative Filters yakni miniature effect, color swap, toy camera effect, monochrome, fish eye, super vivid, poster & color accent.

IXUS 230 HS hadir dengan 6 pilihan warna yaitu black, blue, pink, green, purple dan silver dengan harga Rp 2.450.000,-.

PowerShot S100

 

Kamera ini terlihat sederhana, namun memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya. Dilengkapi dengan sensor CMSO 12.1 megapixel dengan 5x optical zoom. Kamera ini mampu memberikan gambar superior atas dukungan tiga komponen utama, yaitu lensa Canon F2.0, CMOS sensor, dan prosesor gamber terbaru DIGIC 5. Lensa terbaru 24-120mm memberikan fokus sempurna terhadap ketajaman dan pencahayaan baik untuk pemotretan telephoto maupun wide angle.

Sensor CMOS pada PowerShot S100 mampu menaikkan sensitivitas area penerima cahaya untuk menangkap 1,44 kali lebih banyak dibandingkan sensor konvensional lainnya. ISO yang dimilikinya mampu mencapai ISO 6400 serta dukungan DIGIC 5 yang mampu menangkap gambar dengan noise yang tetap rendah. DIGIC 5 juga mendeteksi sumber cahaya dan melakukan koreksi white balance dari subjek dan latar belakang sehingga memberikan warna foto yang alami.

Canon PowerShot S100 dapat melakukan pengambilan gambar dalam format RAW untuk para penggemar DSLR. Fungsi lainnya yang menarik seperti High-Speed Shooting dengan resolusi penuh, Full HD Movie Recording serta Manual Control. Canon PowerShot S100 hadir dipasaran dengan harga Rp 4.350.000,-.

PowerShot SX40 HS

Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS 12.1 megapixel, lensa wide angle 24mm dan 35x optical zoom yang menghadirkan kemudahan pengguna dalam melakukan pemotretan dalam ruangan sempit hingga jarak yang sangat jauh. Canon menanamkan tombol Zoom Framing Assist untuk memberikan dukungan saat pengambilan foto pada jarak jauh.

Untuk kenyamanan pengguna, PowerShot SX40 HS dilengkapi dengan layar LCD Vari-angle 2.7 inci yang memudahkan pengguna dalam memotret di berbagai sudut yang sulit dijangkau. Kamera ini mampu menangkap dengan kecepatan tinggi hingga 10.3 fps pada resolusi penuh. Canon PowerShot SX40 HS juga dapat sekaligus mengambil foto saat sedang merekam video dan bisa dilengkapi juga dengan Speedlite EOS untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih optimal.

Canon PowerShot SX40 HS hadir dipasaran dengan harga Rp 4.600.000,-.

PowerShot SX 150 IS

Kamera berkemampuan 14.1 megapixel disertai dengan dukungan 12x optical zoom yang setara dengan 28-336mm, juga hadir dengan layar LCD sebesar 3.0 inci. PowerShot SX 150 IS dilengkapi juga dengan fitur Smart Auto Mode yang secara otomatis mendeteksi kondisi pemotretan berbeda hingga 32 scene.

Anda juga dapat memberikan nuansa foto menjadi lebih menarik dan unik dengan 8 Creative Filters, serta hadirnya fitur Photo Book function yang memberikan kemudahan dalam melakukan penyusunan foto pada suatu folder untuk selanjutnya memudahkan proses pencetakan.

Canon PowerShot SX 150 IS menggunakan baterai AA yang memudahkan Anda dalam melakukan travelling sehingga tidak memerlukan sumber listrik. PowerShot SX 150 IS hadir dengan harga pasaran Rp 2.350.000,- melalui Datascrip sebagai distributor tunggal digital Canon di Indonesia.

Sejumlah Vendor PC akan Kembangkan Produk Berbasis Windows 8

Posted:

CHIP.co.id - Sejumlah vendor PC seperti HP dan Dell, dikabarkan akan menjelajah ke dalam pengembangan produk menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft berbasis tablet, Windows 8. Menurut sumber seperti ditulis oleh Digitimes.com, tablet PC berbasis Windows 8 akan muncul di kuartal ketiga, 2012.

Amazon yang muncul di pasar dengan produk terbaru, Kindle Fire, dikabarkan memicu pertarungan harga tablet PC murah, terutama dengan produk tablet PC yang dikemas sistem operasi Android. Sumber menyebutkan beberapa vendor sedang mencari platform alternatif lain agar bisa bersaing di pasar tablet PC.

Kabar lain juga mengabarkan, Apple akan meluncurkan tablet PC baru di antara iPad 2 dan iPad 3 untuk mengalahkan Amazon Kindle Fire yang berukuran 7 inci. Harga tablet PC baru tersebut sekitar 250 hingga 299 Dollar Amerika, dan akan muncul pada paruh pertama 2012.

Pertarungan tablet PC akan makin seru di 2012 jika melihat langkah yang diambil para vendor dari pemilihan platform sistem operasi hingga penentuan harga yang diperkirakan akan semakin murah. Sejumlah tren tablet PC memperkirakan Acer dan Asustek masih akan tetap menggunakan platform Android, sementara Dell dan Lenovo akan menajamkan fokus ke pengguna bisnis, serta belum ada kabar pasti vendor yang akan memasang platform Windows 8. 

Sumber: Digitimes.com

Indosat Cegah Layanan Merugikan Pelanggan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Menanggapi maraknya isu penyedotan pulsa yang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan oleh pelanggan seluler, PT Indosat Tbk menyatakan akan mencegah upaya dan praktek yang berpotensi dapat merugikan pelanggan, termasuk praktek penipuan yang memanfaatkan layanan pesan pendek (SMS) dengan berbagai modusnya.

Sejak maraknya keluhan pelanggan terkait layanan SMS Premium tersebut, hingga saat keluhan pelanggan tentang hal ini telah turun kurang lebih sebesar 400%.

Hal ini tidak dapat dilepaskan dari berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan Indosat antara lain :

  • Mengimplementasikan konfirmasi 2 tingkat dimana sebelum berlangganan pelanggan akan ditanya ulang apakah pelanggan yakin akan berlangganan layanan bersangkutan.
  • Memberlakukan single key "STOP" utk melakukan Unreg atau menghentikan layanan bersangkutan.
  • Menerapkan  Single Short Code untuk berhenti layanan.
  • Melakukan audit data dari CP secara berkala.
  • Melakukan mekanisme kontrol sehingga trafik yang dikirim melalui Content Provider (CP) akan selalu melalui Indosat dan dicek keabsahan dari  nomor tersebut.
  • Mengimplementasikan sistem denda dan sanksi bagi CP yang layanannya mendapat komplain dari pelanggan dalam batas jumlah tertentu.

“Sebagai perusahaan yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), Indosat mentaati ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, berkomitmen menghindari praktek-praktek bisnis yang tidak sehat yang berpotensi merugikan pelanggan dalam bentuk apapun, melalui berbagai upaya penyempurnaan baik yang bersifat preventif maupun memberi solusi terbaik," demikian dinyatakan Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product Development & Management Indosat.

Selain upaya preventif tersebut, Indosat selalu berupaya menyempurnakan proses dan prosedur penanganan keluhan pelanggan sehingga pelanggan tetap nyaman dalam menggunakan layanan dari Indosat.

IBM Internet Security System Perkenalkan GX7800 IPS

Posted:

Sumber Gambar: IBM Security Solutions, IBM X-Force® 2011 Mid-year Trend and Risk Report

CHIP.co.id - Pertumbuhan dunia bisnis saat ini banyak didorong oleh perkembangan internet, oleh karena itu keamanan di internet menjadi kunci sukses sebuah bisnis. IBM Internet Security System (ISS), sebuah divisi di IBM, baru saja memperkenalkan GX7800, sebuah IPS (Intrution Prevention System) melalui Seraphim, selaku distributor IBM khusus untuk sistem keamanan internet, di Hotel Shangri-La,  Jakarta, Kamis, 14/10/11 lalu.

GX7800 adalah alat IPS unggulan terbaru yang diklaim IBM sebagai yang tercepat di pasar dengan lebih dari 20Gbps inspeksi keamanan. Alat ini termasuk juga antarmuka jaringan cepat 10GbE serta fitur lain yang belum dimiliki IPS tradisional, seperti aplikasi keamanan web yang terintegrasi dan Data Loss Prevention (DLP). Alat ini ideal ditujukan bagi perusahaan berskala besar, enterprise, dan Service Provider.

GX7800 IPS selain dikemas dengan teknologi dari IBM juga didukung oleh IBM X-Force, tim pengembang dan riset khusus untuk sistem keamanan internet. IBM X-Force melakukan studi dan mengawasi tren threats termasuk vulnerabilities, exploit dan active attacks, virus dan malware, spam, phishing, malicious web content. IBM X-Force memberikan layanan proteksi konten keamanan bagi konsumen IBM agar dapat mengatasi kondisi kritis dan ancaman yang setiap saat bisa muncul.

10 Operator Tegaskan Komitmen Pengawasan Penyalahgunaan SMS Premium

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Selama lebih dari tiga minggu, masyarakat Indonesia disibukan dengan berita tentang pencurian pulsa yang sangat merugikan pelanggan. Akibat dari semakin banyak pelanggan yang komplain, maka BRTI pun menyerukan akan memberhentikan layanan SMS Premium dari operator per tanggal 18 Oktober 2011.

Mendengar pemberitahuan BRTI tersebut, hari ini 10 operator telepon Indonesia bersama Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) mengadakan Press Conference di Hotel Kempinski, Jakarta (17/10), menjawab keresahan publik, terhadap dugaan praktek-praktek penyalahgunaan SMS berisi, iklan promosi yang mengakibatkan berkurangnya pulsa pelanggan.

"Industri telekomunikasi dibangun dengan niat baik bagi bangsa ini. Tak ada niat sedikitpun dari seluruh anggota kami untuk menjalankan praktek usaha yang tak beretika sehingga terjadi keresahan dan kerugian masyarakat," ujar Sarwoto Atmosutarno, Ketua Umum ATSI.

Selain itu semua, operator telekomunikasi yang tergabung dalam ATSI juga sepakat untuk semakin mengintensifkan upaya sosialisasi dan edukasinya pada pelanggan sehingga pelanggan dapat menghindari upaya penyalahgunaan layanan SMS.

"ATSI tetap mendorong anggotanya untuk terus tanggap dalam menanggapi setiap keluhan, mengintensifkan upaya komunikasi dengan pelanggannya, baik dalam melakukan upaya edukasi maupun mendapatkan masukan yang dapat digunakan bagi peningkatan kualitas layanannya," tambah Sarwoto.

Untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan, ATSI menghimbau operator untuk mengedukasi pelanggan yang terkena pencurian pulsa untuk melaporkan pengaduan Call Center di masing-masing operator.

Setiap laporan yang masuk ditindaklanjuti secara serius sebagai salah satu bentuk tanggung jawab operator. Termasuk melaksanakan testitusi kepada para pelanggan yang terbukti dirugikan. Hal ini dilakukan sesuai dengan mekanisme dan kebijakan Operator Telekomunikasi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar