Selasa, 23 Agustus 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Komitmen Toshiba dalam Menjaga Bumi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Disela-sela peluncuran dua series TV terbarunya, Regza LED AL10 dan Junior Power TV HV10, Toshiba turut memaparkan kembali kampanye ECO Style sebagai pencitraan perusahaan yang turut mendukung kampanye cinta lingkungan.

"Sebelum maraknya kampanye mengenai penggunaan produk serta penerapan kehidupan yang ramah lingkungan, Toshiba sudah menerapkan sistem ramah lingkungan di perusahaan dan seluruh produk yang diproduksi. Buktinya adalah sebuah kampanye ECO Style yang dimulai sejak tahun 2010," tutur Hisao Ishiyama, Presiden Direktur PT Toshiba Visual Media Network Indonesia.

Sistem ECO Style adalah sebuah komitmen perusahaan yang menjamin seluruh proses produksi maupun material dan suku cadang yang digunakan telah memiki standar ramah lingkungan.

Untuk periode 2010 - 2012, Toshiba menerapkan sistem manajemen lingkungan yang proaktif sebagai tolak ukur dan strategi untuk mendukung perubahan struktur bisnisnya dalam hal pelestarian lingkungan.

Di dalam ECO Style terdapat tiga prinsip dasar yang dipegang kukuh oleh Toshiba, yakni:

  • Green of Process maksudnya adalah proses produksi dari seluruh produk Toshiba harus aman dan tidak memberikan efek negatif terhadap lingkungan.
  • Green of Product artinya Toshiba menghasilkan produk ramah lingkungan.
  • Green of Technology adalah Toshiba menghasilkan inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan memungkinkan manusia untuk semakin peduli terhadap alam semesta, seperti misalnya penggunan energi matahari sebagai pengganti energi listrik dan batrai isi ulang.

"Kami sangat selektif dalam memilih bahan baku serta suku cadang untuk produk-produk kami, karena semua harus sesuai dengan standar RoHS (restriction of the use of certain hazardous subtances in electrical and electronic equipment) yang tidak mengandung bahan berbahaya bagi lingkungan dan juga manusia," jelas Ardi Nursalim, Section Manager Innovation & Promotion Section Factory Planning Departement, PT Toshiba Consumer Products Indonesia.

Hal lain yang diterapkan oleh Toshiba dalam komitmennya untuk menjaga kelestarian lingkungan antara lain adalah seluruh produknya telah memenuhi standar hemat energi, hal ini sudah dibuktikan dengan diraihnya Australian Star Index, karena mampu menghasilkan produk yang hemat energi.

Seluruh produk Toshiba merupakan produk yang mudah untuk diurai sehingga tidak akan meninggalkan limbah berbahaya yang dapat mengganggu lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari dua series TV terbaru Toshiba, yaitu Regza LED AL10 dan Junior Power TV HV10 yang telah dilengkapi dengan teknologi LED backlight, sehingga keduanya sangat hemat dalam hal penggunaan energi listrik.

"Kedepannya kami akan terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk TV yang berteknologi tinggi namun ramah lingkungan. Karena kami cinta bumi ini dan tidak ingin bumi ini rusak karena limbah teknologi," tutup Ardi.

Toshiba Regza HV10, TV Layar Datar yang Dibanderol Harga TV Tabung

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Toshiba baru saja meluncurkan satu lagi series TV terbarunya, Toshiba Regza Junior Power TV HV10 di Kembang Goela, Selasa (16/8). Televisi yang dilengkapi dengan LED backlight ini hadir dengan kualitas gambar tajam dan desain yang ramping, namun dibanderol harga layaknya TV Tabung.

Didukung oleh fitur Meta Brain Pro dengan 8-bit video processing untuk menghasilkan reproduksi gambar lebih realistis dengan gradasi halus serta intensitas warna yang lebih hidup.

"Tersedia dalam ukuran kecil 19 inci, Regza HV10 dibanderol harga mulai dari Rp.1.099.000,- memiliki harga minimalis tetapi menawarkan teknologi LED berkualitas. Menjadikan TV ini sebagai pilihan sempurna untuk beralih dari TV Tabung ke era TV LED," ungkap Fransisca Maya, Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia.

Selain ukuran 19 inci, Regza HV10 juga tersedia dalam ukuran 24 inci dan 32 inci. Tak ketinggalan, masih ada fitur pendukung tayangan High Definition untuk menyempurnakan sesi menonton tayangan kesayangan.

"Regza HV10 telah didukung oleh teknologi ECO style, sehingga TV ini hanya memakai energi daya yang rendah, hanya sekitar 22 watt saja. Jadi selain meminimalkan tagihan listrik, TV ini juga mampu melestarikan lingkungan," jelas Fransisca di sela peluncuran produk TV Toshiba.

Toshiba Regza AL10, Menawarkan Teknologi TV LED Hemat Energi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya gaya hidup ramah lingkungan, mendorong Toshiba untuk terus berinovasi menciptakan produk ECO Style yang aman terhadap kesejahteraan lingkungan. Salah satu produk yang termasuk dalam rangkaian ECO Style adalah Regza AL10 yang memiliki keunggulan teknologi TV LED hemat energi.

"Menerapkan sistem ECO Style, Regza AL10 secara maksimal dirancang menggunakan teknologi dan proses produksi yang aman terhadap lingkungan, karena dibangun sesuai dengan standar RoHS (Restriction of the Use of Certain Hazardous Substances in Electrical Equipment) yang melarang menggunaan 6 bahan berbahaya; Kadmium, Kromium Heksavalen, Timbal, Pobromobipenil, Merkuri, dan Polibromodipenileter," jelas Fransisca Maya, Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia.

Teknologi LED backlight yang dimiliki oleh Regza AL10 memiliki berbagai keunggulan, yakni menghasilkan gambar dengan kontras yang tajam, namun mengkonsumsi energi minim. Selain itu, konsep desain minimalis nan ramping Regza AL10 mempermudah konsumen menempatkannya di ruang manapun di rumah.

Terdapat pula fitur Power Meta Brain dengan 10-bit video processing yang menghasilkan lebih dari 1 juta warna bergradasi halus dan nyata. Dilengkapi dengan intelligent backlight control, konsumen juga dapat mengoptimalkan kontras gambar dan menyesuaikan dengan kondisi gambar berbeda-beda.

"Kami melihat tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan gaya hidup ramah lingkungan. Karena itu kami hadirkan Regza AL10 yang mampu menghasilkan tayangan gambar berkualitas, tetapi mampu meminimalisir penggunaan listrik," tambah Fransisca di sela-sela peluncuran dua produk TV hemat energi milik Toshiba di Kembang Goela, Selasa (16/8).

Harga Toshiba Regza AL10

Tersedia dalam dua ukuran TV 32 inci dan 40 inci, Toshiba membanderol Regza AL10 dengan harga mulai dari Rp.3.799.000,- sampai dengan Rp.6.999.000,-.

Fast Five The Movie Official Game

Posted:

CHIP.co.id - Film Fast & Furious 5 yang baru saja hadir di Indonesia sejak awal pekan lalu, kini telah tersedia dalam permainan di perangkat iPad dan iPad 2 yang dibuat oleh Gameloft. Dengan tetap mengetengahkan tema balapan di jalan raya, Fast Five The Movie Official Game memberikan unsur menarik dalam setiap lokasi balapan yang terbagi dalam 10 chapter. CHIP memberikan ulasan singkat seputar game Fast Five pada perangkat iPad dan iPad 2 untuk Anda.

Sosok Brian O'Connor yang diperankan oleh Paul Walker menjadikan sosok utama dalam permainan ini. Dalam menu utama, Anda akan diberikan pilihan seperti Quick Race untuk langsung melakukan balapan, atau dengan mode Career yang akan menambah jajaran mobil impian Anda dan bahkan dapat melakukan kustomisasi pada mobil baik pada mesin ataupun pada sisi luar mobil. Untuk mode Multiplayer Anda pun dapat melakukan balapan dengan kerabat Anda, baik secara online, ataupun melalui Wi-Fi dan Bluetooth dengan perangkat iPad lain.

Pada Chapter awal, Anda akan diberikan pilihan mode permainan seperti misi Elimination yang akan memberikan tantangan untuk melakukan balapan dengan menyenggol mobil lawan; misi Drift untuk melakukan aksi drifting dalam waktu kurang dari 2 menit; misi Time Attack dimana Anda melakukan balapan untuk mendapatkan 3 posisi terdepan dengan mengalahkan lawan-lawan Anda; dan misi Drag dimana Anda melakukan aksi drag race di jalanan dengan lintasan pendek bersama 4 mobil lawan.

Pada awal permainan, Anda akan mengendarai mobil Fever R4 yang seiring berjalannya waktu pada mobe Career, Anda dapat melakukan pembelian pada mobil berikutnya. Dengan kemenangan yang Anda peroleh pada setiap mode, Anda akan mendapatkan uang yang pada nantinya dapat melakukan kustomisasi, pada bagian mesin dan tampilan mobil.

Tersedia sekitar 15 mobil pilihan untuk Anda dalam permainan ini. Berbagai pilihan mobil selain mobil pertama yang Anda kemudikan, akan terdapat mobil-mobil lain seperti Wheelie XTE, Dodge Charge 1970, Slipper Z2, Comet, Cranky MJ4F, Exploder X3C, Gecko, Dodge Police Charger 2011, Hurricane KL6, Dodge Charger 2010, Beast, Dodge Challenger 2011, Jet T7 dan Gutzilla TripleTurbo.

Dalam setiap aksi balapan yang Anda mainkan, Anda juga akan mendapatkan poin saat dapat menyenggol mobil lawan hingga terjatuh, dan akan diberikan screenshot saat Anda berhasil menjatuhkan lawan. Pada sisi atas balapan juga terdapat waktu tempuh jika untuk dapat membalap mobil di depan Anda. Tersedia peta lintasan dan posisi mobil Anda dari 10 mobil lawan.

Di tengah permainan juga Anda dapat melakukan perubahan kontrol, dimana terdapat 3 pilihan kontrol, yaitu dengan akselerasi pergerakkan iPad, dengan tap kiri-kanan, atau dengan menggunakan stir, yang semuanya itu dapat menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam menguasai mobil dalam lintasan.

Setiap perpindahan chapter, akan dihadirkan cerita yang kurang lebih serupa dengan versi layar lebar. Anda juga akan mendapatkan tambahan pilihan mobil setiap perpindahan chapter yang tentunya dapat Anda gunakan untuk mengalahkan mobil-mobil lawan. Untuk dapat berpindah chapter, Anda harus mendapatkan poin yang akan Anda dapatkan saat menyelesaikan salah satu misi, sebagai contoh pada misi Time Attack, Anda harus mendapatkan posisi di 3 besar untuk mendapatkan 3 poin.

Untuk Anda yang belum terbiasa melakukan balapan mobil, terdapat menu panduan yang akan memberikan pengarahan bagaimana menguasai mobil, juga panduan untuk mampu menyelesaikan setiap misi.

Secara keseluruhan, Fast Five The Movie Official Game memberikan aksi balapan liar yang menarik untuk dimainkan. Penguasaan mobil yang terdapat beberapa pilihan, menjadikan aksi balapan mobil dapat disesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam menggerakkan arah kiri-kanan, yang tentunya Anda tidak lagi direpotkan untuk menekan gas yang sudah berjalan secara otomatis. Handling menjadi lebih mudah, hanya memerlukan penguasaan gerak kiri-kanan dan rem, juga terdapat tombol turbo untuk melepaskan nitro yang akan memberikan tambahan daya pada mobil Anda dalam seketika.

Cerita yang hadir setiap perpindahan chapter memberikan waktu Anda untuk melepas ketegangan bermain, dukungan suara dan iringan musik pun sangat memberikan nuansa kental dari versi layar lebarnya. Yang pasti, permainan di perangkat iPad ini hadir untuk Anda yang tentunya sangat menggemari permainan balapan mobil, terutama Fast & Furious. Untuk Anda yang telah menonton film layar lebarnya, tentunya akan memberikan pengalaman menarik saat memainkan game ini, untuk Anda yang belum menonton, akan diberikan gambaran bagaimana game ini serupa dengan beberapa sekuel dari film layar lebarnya.

Tidak terdapat demo untuk game ini di perangkat iPad dan iPad 2, sehingga untuk Anda yang ingin memiliki, Anda dapat melakukan pembelian di Apple AppStore dengan harga USD 4.99 dengan ukuran file sekitar 441 MB.

Apple iTunes Rilis Versi 10.4.1 dengan Sejumlah Perbaikan

Posted:

CHIP.co.id - Apple iTunes 10.4.1 hadir dengan sejumlah perbaikan kecil. Update versi 10.4.1 telah hadir di Software Update yang menutup beberapa celah dan isu kompatibilitas (23/8).

Perbaikan yang hadir pada iTunes 10.4.1 mencakup :

  • Perbaikan mencakup update pada QuickTime 7.7
  • Perbaikan akan masalah dimana ketidakkonsisten yang terjadi pada keyboards dari pihak ketiga.
  • Isu pengalokasian alamat saat penambahan artwork pada lagu dan video
  • Perbaikan isu akan ketidakresponsif yang terjadi saat pembelian film HD
  • Perbaikan masalah dimana iTunes memakan waktu lama dari kalkulasi waktu pada Mac
  • Perbaikan isu pada alaman dengan dukungan VoiceOver

Lintasarta Raih Juara di Ajang The 7th Customer Service Championship-Service Star Awards 2011

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) kembali mendapat penghargaan dan merebut juara umum ke-2 dalam ajang bergengsi The 7th Customer Service Championship-Service Star Awards 2011. Bertempat di Balai Sarbini Jakarta (16/08), dengan penganugrahan penghargaan tersebut ini merupakan tahun ketiga Lintasarta berpartisipasi dan mendapat penghargaan di ajang ini.

Ajang yang diikuti oleh berbagai bidang industri antara lain Banking, Telekomunikasi, Finance, dan masih banyak lagi, Lintasarta mengirimkan sepuluh orang kandidat dan hampir dari semua kandidat berhasil meraih dua penghargaan.

Berikut ini adalah penghargaan yang berhasil diperoleh oleh Lintas Arta:

  • Kurniawan D. Prasetyo meraih penghargaan Gold Achievement Award untuk level Frontliner dengan kategori Back Office, dan juga meraih The Most Valuables Service Star Frontliner.
  • Untuk kategori Call Center Septa Setiadi (Customer Assistant Representative Lintasarta) meraih penghargaan The Most Improve Service Star Frontliner.
  • Kadek Agus Yudhana (Assistant Manager Customer Representative Group 3 Lintasarta) meraih dua penghargaan sekaligus yaitu The Most Constructive Service Star Team Leader dan The Most Constructive Service Star Team Leader.
  • Untuk kategori Walk In Center Dwi Eko Joko Lelono, (Assistant Manager Customer Representative Group 2 Lintasarta) meraih The Most Dependable Service Star Team Leader.
  • Gunung Kartiko (Manager Corporate Customer Relations 1 Lintasarta) meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Juara 1 Service Star Manager dan The Best Study Case Manager Level.
  • Untuk kategori Silver, Novita Sari meraih Juara 2 CRM Talent dan The Most Dependable CRM Talent. Didit Rachmadi meraih  Juara 2 CRM Talent untuk kategori Gold

Prestasi yang diraih pada ajang bergengsi tersebut menjadi penghargaan  yang sangat berarti bagi Lintasarta, karena apa yang telah diraih itu  merupakan pengalaman dan evaluasi atas penanganan berbagai kasus yang telah terjadi dan ditangani oleh tim Lintasarta.  President Director Lintasarta Samsriyono Nugroho dan Business Director Dido Priadi juga merasa bangga dengan raihan prestasi tersebut.  

“Alhamdulillah hasilnya cukup membanggakan, selain tentunya ilmu dan pengetahuan serta pengalaman benchmarking dengan peserta perusahaan lain. Tugas selanjutnya adalah bagaimana kita bisa menularkan pengalaman ini dan memperkuat LA menjadi perusahaan yang customer centric disegala lini,” ungkap Gunung Kartiko-peraih 1st Winner Service Star Manager.

Waroeng Expres, Game Kuliner dan Budaya Indonesia

Posted:

CHIP.co.id - Waroeng Ekspres saat ini telah hadir dalam 2 seri yaitu Waroeng Ekspres dan Waroeng Ekspres Jawa. Game yang diluncurkan oleh Aksara Games Studio ini merupakan sebuah game yang bertemakan kuliner dan budaya Indonesia. Kegemaran masyarakat pada kuliner serta pentingnya pengenalan budaya dan kuliner Indonesia pada bangsa Indonesia menjadi latar belakang dari pembuatan game ini.

Game Waroeng Ekspres ini secara umum menceritakan tentang kisah pemuda yang berjuang menjadi seorang entrepreneur kuliner yang sukses. Pemain bertugas melayani pesanan pembeli dari berbagai daerah dengan cepat dan tepat dimana pembeli akan memesan makanan dengan komposisi yang berbeda-beda. Permainan ini terdiri dari 3 level dimana akan terdapat menu baru makanan tradisional Indonesia di tiap levelnya. Para pemain dapat saling bersaing nilai melalui online highscores.

Waroeng Ekspres Jawa merupakan sekuel game tersebut yang memiliki gameplay dan user experience lebih baik dari seri sebelumnya, tentunya hal tersebut membuat permainan menjadi semakin menarik dan menyenangkan.

Waroeng Ekspres saat ini telah dapat diunduh di Ovi Store dan dapat dimainkan di handphone Nokia baik Nokia Qwerty Series 40 and Series 60 maupun Nokia Touch Symbian^3. 

Info tentang Aksara Game Studio bisa dilihat pada link berikut ini: Aksara Game Studio

PANDI Menerapkan Standar Baru Domain id

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) baru saja mengumumkan akan mengganti sistem registry yang selama ini digunakan dengan standar baru. Perihal ini diungkapkan oleh Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah, pada acara perkenalan dan pemaparan program pengurus baru PANDI periode 2011-2014 di FCone - FX, Kamis (18/8/2011).

Selama ini, PANDI tidak hanya berfungsi sebagai registry yang bertugas membuat kebijakan dan mengelola domain id, tetapi sekaligus berfungsi sebagai registrar dan juga reseller yang menjual domain kepada masyarakat pengguna. Segera dalam beberapa bulan mendatang, PANDI hanya akan melakukan fungsi sebagai registry. Fungsi sebagai registrar akan diserahkan pada perusahaan-perusahaan yang mampu dan memenuhi persyaratan.

Bersamaan dengan perubahan ini, PANDI akan menerapkan standar kebijakan internasional dalam dalam pengelolaan nama domain id. Dalam masa transisi ini, PANDI melakukan kerja sama teknis dengan perusahaan GMO Registry dari. GMO selama ini berpengalaman sebagai registry domain dot so, registrar terakreditasi ICANN sejak 1999 dan terdaftar sebagai anggota Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD) dan Africa Top Level Domain (AfTLD).

“Saat ini di seluruh dunia terdaftar sekitar 200 juta nama domain internet dan hanya 250 ribu yang terdaftar di Indonesia. Dari 250 ribu nama domain yang digunakan di Indonesia, hanya 58 ribu di antaranya menggunakan domain dot id. Jadi hanya sekitar 23 persen yang menggunakan domain dot id di Indonesia. Prosentase ini sangat kecil apabila, dibandingkan dengan Inggris atau Jepang,” papar Andi Budimansyah, Ketua Umum PANDI.

Jajaran Pengurus Baru PANDI Periode 2011 - 2014

Selain memaparkan tentang penggantian sistem registry domain internet di Indonesia, PANDI juga memperkenalkan jajaran pengurus barunya untuk periode 2011 - 2014. Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh kepengurusan baru PANDI periode 2011-2014 adalah meningkatkan penggunaan nama domain dot id oleh masyarakat dan komunitas Indonesia.

“Kami ingin masyarakat Indonesia bangga menggunakan domain dot id seperti masyarakat Jepang bangga menggunakan dot jp, atau masyarakat Inggris bangga menggunakan domain dot uk,” jelas Andi.

Salah satu hal yang menyebabkan masyarakat enggan menggunakan domain dot id, menurut Andi terjadi karena pandangan negatif tentang tata cara pendaftaran domain yang sulit. “Sebagian dari anggapan itu memang ada benarnya, dan kami akan bekerja keras memperbaikinya," tambah Andi.

Pengurus baru PANDI berjanji akan mendengarkan masukan dari publik dan komunitas, termasuk usulan untuk membuat domain tingkat dua baru dan menjual domain dot id. “Kami tengah mempelajari kemungkinan-kemungkinan itu dan tidak menutup kemungkinan domain dot id bisa digunakan oleh masyarakat. Kalaupun kami tetap melakukan proteksi, tak lama lagi ICANN juga akan merilis dot anything. Jadi tidak ada gunanya,” tutup Andi.

Berikut ini adalah jajaran pengurus baru PANDI 2011 - 2014:

  • Badan Pengawas: Giri Suseno (Ketua Badan Pengawas), Roy Rahajasa Yamin (Anggota), Neil El Himam (Anggota)
    Wahyoe Prawoto (Anggota), Basuki Suhardiman (Anggota)
  • Badan Pengurus: Andi Budimansyah (Ketua  Umum), Yudho Giri Sucahyo (Ketua), John Sihar Simanjuntak (Ketua), Sigit Widodo (Ketua), Ifik Arifin (Ketua)
  • Badan Pelaksana Harian: Direktur Eksekutif : Tinuk Andriyanti, Wakil Direktur : J. Maeran Sunarto

The First 3D Gaming Competition FIFA Online 2

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - The First 3D Gaming Competition FIFA Online 2 merupakan kompetisi game pertama yang menggunakan efek 3D di Indonesia. Kompetisi game ini diselenggarakan oleh Majalah HotGame yang bekerjasama dengan LG yang menghadirkan sederetan LG Cinema 3d Monitor dan IAHGames yang memberikan dukungan game Fifa Online 2. Kompetisi ini digelar selama satu hari yang mengambil tempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta yang bertepatan dengan acara peluncuran LG Cinema 3D Monitor (19/8).

Kompetisi ini merupakan ajang yang mampu memuaskan hasrat gamer Indonesia untuk berkompetisi dan membuktikan diri sebagai gamer sejati melalui game Fifa Online 2. Selain itu gamer juga dapat merasakan efek 3D yang dihasilkan oleh LG Cinema 3D Monitor selama bermain game yang memberikan pengalaman tersendiri saat berkompetisi.

Pemilihan game Fifa Online 2 dalam ajang The First 3D Gaming Competition untuk memberikan pengalaman dengan nuansa berbeda dari kompetisi pada umumnya. Kehadiran tes grafis Fifa Online 2 yang menawan untuk gamer, serta grafis visual 3D yang didukung oleh LG Cinema 3D Monitor tentunya.

Fifa Online 2 merupakan game online resmi yang diadaptasi dari seri game FIFA yang populer dan telah hadir dengan versi Bahasa Indonesia pada Maret lalu. Game ini dibawa oleh IAHGames ke Asia Tenggara pada tahun 2008, dan tercatat berjuta-juta penggemar bola telah memainkan game ini. Fifa Online 2 memberikan gameplay yang realistis dan fitur khusus seperti fellowship mode dimana para pemain dapat membentuk kllub dan mengambil bagian di dalam kompetisi untuk mendapatkan hadiah in-game.

Di akhir acara, Susanto selaku Product Manager of Monitor, PT LG Electronics Indonesia memberikan sejumlah hadiah kepada pemenang. Pemenang 1 mendapatkan uang senilai 2,5 juta rupiah beserta 1 unit LG Cinema 3D Monitor; pemenang ke-2 mendapatkan uang senilai 1,5 juta rupiah beserta 1 unit LG Digital Photo Frame; serta pemenang ke-3 dan ke-4 mendapatkan uang senilai 1 juta rupiah dan 500 ribu rupiah dan masing-masing menerima 1 unit LG External Slim.

Berita Terkait : Awali Era 3D dengan LG Cinema 3D Monitor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar