Minggu, 14 Agustus 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


ESET Mobile Security untuk Android

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ESET secara resmi mengumumkan, ESET Mobile Security untuk Android sebagai versi Release Candidate. Adapun versi Release Candidate adalah satu tahapan terakhir sebelum sebuah produk secara resmi diluncurkan ke publik. Salah satu produk terakhir antivirs dari ESET memberikan failitas proteksi terhadap tiga operating systems yang banyak digunakan pada smartphone yaitu Symbian, Windows Mobile and Android.  Saat ini, versi Release Candidate sudah bisa didownload untuk trial, di website www.eset.com.

"ESET Mobile Security untuk Android, memasuki tahap sebagai Release Candidate dengan membawa serangkaian fitur hasil pengembangan terbaru yang akan menambah portofolio dari produk-produk versi BETA," jelas Miroslav Majtaz, Mobile Security Product Manager di ESET.

Beberapa waktu belakangan ini banyak beredar SMS Trojan horse yang menyamar sebagai media player, dan memulai infiltrasinya dari jaringan komnikasi di Rusia. Sekali saja terinstall, maka dengan segera aplikasi tersebut akan menyebarluaskan pesan teks dari perangkat smartphone milik anda ke nomor-nomor premium numbers, akibatnya, anda akan menanggung biaya tagihan telepon yang membengkak. 

Pengaman-pengaman untuk mencegah pihak lain untuk mengakses seperti password-yang melindungi smartphone, dan setting auto-lock, tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, karena kedua fitur tersebut dapat disetting didalam system yaitu pada menu Location & Security.

Sekalipun anda tidak pernah kehilangan smartphone, aplikasi-aplikasi yang bisa didownload masih menjadi ancaman, karena bisa dengan mudah masuk ke perangkat smartphone lalu menyebarkan informasi berharga yang tersimpan di dalam smartphone tersebut. Hal ini perlu diwaspadai karena tidak semua aplikasi tersebut memberikan informasi sesuai dengan fungsinya.

"Karena perkembangan teknologi internet belakangan ini memiliki korelasi dengan keamanan inilah yang kemudian menjadi titik tolak pengembangan produk solusi keamanan untuk perangkat komunikasi mobile, terutama yang berbasis Android," tambah Yudhi Kukuh, Technical Director PT. Prosperita – ESET Indonesia.

Ada pun kemampuan andalan fitur ESET Mobile Security untuk Android, hasil pengembangan yang pada Release Candidate Version adalah:

  • Trusted friend - Trusted friend adalah fitur yang mampu me-reset password milik user, jika suatu ketika user lupa, Trusted Friend juga memberikan SMS peringatan segera setelah ada SIM card yang tidak dikenal dimasukan kedalam smartphone.
  • Improved Antispam –  Fasilitas keamanan tambahan untuk memblok panggilan telepon “Calling Line Identification Restriction (CLIR)“.
  • Unique behaviour-based detection  ̶  Memberikan peringatan tentang semua aktifitas mencurigakan yang tertuju ke smartphone anda. Semua aplikasi, files, folders dan SD  cards akan discann secara berkala untuk mencegah masuknya segala bentuk threat yang baru muncul. 
  • SMS/MMS Antispam  ̶  Memungkinkan user untuk memisahkan kontak-kontak yang bisa dipercaya via customizable black - atau whitelist atau hanya dengan mem-block pesan-pesan dari nomor yang tidak dikenal. 
  • Call Interceptor  ̶  Mem-blok panggilan-panggilan yang tidak diinginkan baik masuk maupun panggilan keluar, fitur tersebut akan sangat bermanfaat terutama bagi para orang tua untuk bisa memantau tagihan telepon jika perangkat smartphone dipegang oleh anak. 
  • Security Audit dengan Built-in Task Manager yang memberikan informasi tentang fungsi-fungsi penting dari perangkat komunikasi, termasuk usia penggunaan battery, free disk space, running processes, Bluetooth, dan device visibility.
  • Fresh, New User Interface   ̶  grafis dan lay out yang dibuat sesuai kebutuhan agar memudahan untuk mengeksplorasi OS android pada smartphone.
  • Anti-Theft Security System  ̶  System keamanan berlapis yang memungkinkan user untuk melakukan pengawasan terhadap data yang disimpan didalam smartphone – jika perangkat smartphone hilang atau dicuri. 
  • SIM Matching – dengan fitur ini user bisa membuat daftar SIM card yang boleh masuk ke Android device, sehingga dapat menghindari penyalahgunaan dengan SIM yang tidak semestinya.
  • GPS Localization  ̶  melokalisir posisi telepon yang hilang atau dicuri dengan perintah yang diberikan secara remote.
  • Remote Lock   ̶  Memblok panggilan telepon secara remote untuk mencegah incoming call yang tidak dikenal dan berusaha mangakses data telepon. Remote Wipe  ̶  Menghapus semua nomor telepon yang tidak penting secara remote hanya melalui perintah yang dikirim lewat SMS.
  • Uninstall Protection  ̶   Mengamankan smartphone dari perintah untuk melakukan un-install Mobile Security dari pihak yang tak dikenal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar